Lebih baik dibiarkeun saja om, nanti ga ada yg tanggepin lama2 juga bosan sendiri orangnya disini. Percuma dikasitau juga ngeyel. FC untuk seri AT milik teman saya seputaran BSD betul sih 1:10-11, mgkn nanti sesudah 5k-10k bisa sedikit lebih baik max di 1:12. Kalau M/T n niat injek gas serta ganti gigi se-ideal mungkin ya bisa saja memang sih 1:13-14 untuk area BSD.PRBS wrote: Mon Feb 26, 2018 5:34
Ini ipahnya d4d apa 2.7?
Kabin lebih sempit dari ipah, power jauh dibawah ipah (kalau d4d & 2.7) build qulity interior malah lebih proper punya ipah.. kalo FC yaa anggap saja 1:9-1:11
Untuk gantikan avanza ya bagus, beda di GC dan fitur.. untuk jok kekny sama aja kek avanza (ukurannya sama)..
Btw kenapa ada kaset rusak di post2 atas? Katanya kita iri dengki semua.. trus situ korban persekusi.. masih betah juga ternyata disini..
All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Nah betul ini.. kebetulan saya tinggal di bsd, dan kalau rutenya cuma dalkot bsd - bintaro / PIM bolak balik aja, lumayan irit hahahajosomba wrote: Mon Feb 26, 2018 5:50Lebih baik dibiarkeun saja om, nanti ga ada yg tanggepin lama2 juga bosan sendiri orangnya disini. Percuma dikasitau juga ngeyel. FC untuk seri AT milik teman saya seputaran BSD betul sih 1:10-11, mgkn nanti sesudah 5k-10k bisa sedikit lebih baik max di 1:12. Kalau M/T n niat injek gas serta ganti gigi se-ideal mungkin ya bisa saja memang sih 1:13-14 untuk area BSD.PRBS wrote: Mon Feb 26, 2018 5:34
Ini ipahnya d4d apa 2.7?
Kabin lebih sempit dari ipah, power jauh dibawah ipah (kalau d4d & 2.7) build qulity interior malah lebih proper punya ipah.. kalo FC yaa anggap saja 1:9-1:11
Untuk gantikan avanza ya bagus, beda di GC dan fitur.. untuk jok kekny sama aja kek avanza (ukurannya sama)..
Btw kenapa ada kaset rusak di post2 atas? Katanya kita iri dengki semua.. trus situ korban persekusi.. masih betah juga ternyata disini..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
owwh yg nik 2017 ya, kirain nik 2018patrickstar wrote: Mon Feb 26, 2018 4:55
disini ada yg nawarin diskon kepala 5 om, ada di trit diskon, tapi type g
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Sun Feb 18, 2018 3:25
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Ane pake ant r at...sehari2 di kisaran bintaro-jombang-pdk kacang 1:10 aja ga dapet gan, jalannya kecil and padat. Kalo pas ke tol lancar baru deh dapet di atas 1:15...sayangnya ke tol paling maksimal seminggu sekali doank...wkwkwkPRBS wrote: Mon Feb 26, 2018 5:52Nah betul ini.. kebetulan saya tinggal di bsd, dan kalau rutenya cuma dalkot bsd - bintaro / PIM bolak balik aja, lumayan irit hahahajosomba wrote: Mon Feb 26, 2018 5:50Lebih baik dibiarkeun saja om, nanti ga ada yg tanggepin lama2 juga bosan sendiri orangnya disini. Percuma dikasitau juga ngeyel. FC untuk seri AT milik teman saya seputaran BSD betul sih 1:10-11, mgkn nanti sesudah 5k-10k bisa sedikit lebih baik max di 1:12. Kalau M/T n niat injek gas serta ganti gigi se-ideal mungkin ya bisa saja memang sih 1:13-14 untuk area BSD.PRBS wrote: Mon Feb 26, 2018 5:34
Ini ipahnya d4d apa 2.7?
Kabin lebih sempit dari ipah, power jauh dibawah ipah (kalau d4d & 2.7) build qulity interior malah lebih proper punya ipah.. kalo FC yaa anggap saja 1:9-1:11
Untuk gantikan avanza ya bagus, beda di GC dan fitur.. untuk jok kekny sama aja kek avanza (ukurannya sama)..
Btw kenapa ada kaset rusak di post2 atas? Katanya kita iri dengki semua.. trus situ korban persekusi.. masih betah juga ternyata disini..
Btw, kok bisa di 5k-10k jadi lebih irit ya dibanding dibawah 5k? Mungkin bisa dijelasin nih suhu2
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 352
- Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
- Location: Kalimantan
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Tadinya saya mau mencari informasi mengenai Rush/Terios baru buat ngegantiin Innova bensin 2008, tp setelah sampe sini kayanya mending tetap keep Innova aja, paling mau di facelift biar jd lebih segar
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Sebenernya gabisa dipatok angka manapun sih om, cuman statistik pribadi aja piara mobil selalu antara 5k-10k baru deh dia FC stabil dan cenderung ke lebih irit daripada pas baru2 dipake. Alasannya simpel sih, break-in period. Bisa aja mobil om di 2k atau 3k atau 4k udah selesai break-in nya dan FC konstan.Myrc2203 wrote: Mon Feb 26, 2018 18:31 Ane pake ant r at...sehari2 di kisaran bintaro-jombang-pdk kacang 1:10 aja ga dapet gan, jalannya kecil and padat. Kalo pas ke tol lancar baru deh dapet di atas 1:15...sayangnya ke tol paling maksimal seminggu sekali doank...wkwkwk
Btw, kok bisa di 5k-10k jadi lebih irit ya dibanding dibawah 5k? Mungkin bisa dijelasin nih suhu2
Ralat: Sebenernya "inreyen" atau break-in period udah dari pabrik sih dan kalau menurut bukman maks 1000KM dipakai gentle dulu (alias break-in sampe 1000KM resminya), tapi tetap aja pengalaman saya selama ini selalu setelah 5K kadang setelah 10k (Nissan Juke nih dulu yg setelah 10k) baru stabil FC-nya cenderung lebih ke arah irit.

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Wed Feb 14, 2018 4:31
- Location: Depok
- Daily Vehicle: Mio
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
naksir ANR buat gantiin freed yang udah hampir 6 tahun ... tapi masih wait and see karena nyonya pengen HR-V
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Fri Feb 02, 2018 10:14
- Daily Vehicle: mercedes
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Berikut kutipan tentang Hill Start Assist menurut Kompas.com:
"HSA adalah sebuah fitur yang membantu mobil agar tidak mundur saat tengah menanjak. Lahirnya fitur ini dilatarbelakangi kasus mobil yang tiba-tiba mundur ke belakang saat berhenti di tanjakan."
pertanyaannya, kalau untuk mobil transmisi Matic, buat apa fitur ini ya?
karena kalau maticnya sehat, di tanjakanpun dari N ke D harusnya kendaraan tidak mundur ke belakang kan?
mohon pemahaman dari senior2
"HSA adalah sebuah fitur yang membantu mobil agar tidak mundur saat tengah menanjak. Lahirnya fitur ini dilatarbelakangi kasus mobil yang tiba-tiba mundur ke belakang saat berhenti di tanjakan."
pertanyaannya, kalau untuk mobil transmisi Matic, buat apa fitur ini ya?
karena kalau maticnya sehat, di tanjakanpun dari N ke D harusnya kendaraan tidak mundur ke belakang kan?
mohon pemahaman dari senior2

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Sun Feb 18, 2018 3:25
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Kalo nanjak lumayan curam dari kondisi berhenti trus mau jalan bakal tetep mundur sih gan pas pindah dari injek rem ke gaspapinski wrote: Thu Mar 01, 2018 1:59 Berikut kutipan tentang Hill Start Assist menurut Kompas.com:
"HSA adalah sebuah fitur yang membantu mobil agar tidak mundur saat tengah menanjak. Lahirnya fitur ini dilatarbelakangi kasus mobil yang tiba-tiba mundur ke belakang saat berhenti di tanjakan."
pertanyaannya, kalau untuk mobil transmisi Matic, buat apa fitur ini ya?
karena kalau maticnya sehat, di tanjakanpun dari N ke D harusnya kendaraan tidak mundur ke belakang kan?
mohon pemahaman dari senior2![]()
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
klo sangat curam tetep mundur om... gak usah ditanjakan yang aneh-aneh, di parkiran mall aja... sering sudut kemiringannya gak manusiawi. Udah terlanjur naik terus ada mobil di depan tiba-tiba berenti.papinski wrote: Thu Mar 01, 2018 1:59 Berikut kutipan tentang Hill Start Assist menurut Kompas.com:
"HSA adalah sebuah fitur yang membantu mobil agar tidak mundur saat tengah menanjak. Lahirnya fitur ini dilatarbelakangi kasus mobil yang tiba-tiba mundur ke belakang saat berhenti di tanjakan."
pertanyaannya, kalau untuk mobil transmisi Matic, buat apa fitur ini ya?
karena kalau maticnya sehat, di tanjakanpun dari N ke D harusnya kendaraan tidak mundur ke belakang kan?
mohon pemahaman dari senior2![]()
Oh ya, HSA bukan sepenuhnya mencegah "melorot", tapi hanya "menahan sebentar", memberi extra reaction time sekian detik pada drivernya. Dengan kondisi perseneleng mesti di posisi D dan direm, kalo di posisi N 100% melorot karena logika ECU nya cuma ngerti N = berenti a.k.a kondisi tidak jalan, nggak peduli posisi mobilnya lagi miring atau datar.
Klo di mobil Honda saya kondisi nanjak biasanya saya pake fitur autohold nya saja... HSA buat skilled driver sih nggak terlalu perlu, tinggal tahan rem dan gas bersamaan atau menggunakan rem parkir.
tapi persentase banyaknya driver yang mudah panik apalagi kaum wanita rasanya lebih butuh fitur ini.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 77
- Joined: Sat Jan 13, 2018 16:16
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Terios
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
IMHOpapinski wrote: Thu Mar 01, 2018 1:59 Berikut kutipan tentang Hill Start Assist menurut Kompas.com:
"HSA adalah sebuah fitur yang membantu mobil agar tidak mundur saat tengah menanjak. Lahirnya fitur ini dilatarbelakangi kasus mobil yang tiba-tiba mundur ke belakang saat berhenti di tanjakan."
pertanyaannya, kalau untuk mobil transmisi Matic, buat apa fitur ini ya?
karena kalau maticnya sehat, di tanjakanpun dari N ke D harusnya kendaraan tidak mundur ke belakang kan?
mohon pemahaman dari senior2![]()
HSA cocok buat yg baru belajar nyetir mobil, membantu sekali. tapi klo profesional driver ga begitu butuh, lebih menantang maen kecepatan kaki dari rem ke gas
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Lebih tricky lagi buat mobil yg handbrakenya di kaki (footbrake) such as freed, camry, serena, etc..
Kalo serena, udah sistemnya footbrake, ga punya HSA pula hahaha.. kalau posisi lagi dikemang (ada tanjakan curam yg menuju antasari), dan posisi lagi berhenti.. wah sangat ribet..
Injek pedal footbrake -> ubah posisi N untuk masuk ke gear D/L - (sambil dirasa mobil bergerak maju) - baru lepas footbrake..
Ribet.
Kalo serena, udah sistemnya footbrake, ga punya HSA pula hahaha.. kalau posisi lagi dikemang (ada tanjakan curam yg menuju antasari), dan posisi lagi berhenti.. wah sangat ribet..
Injek pedal footbrake -> ubah posisi N untuk masuk ke gear D/L - (sambil dirasa mobil bergerak maju) - baru lepas footbrake..
Ribet.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
bener um, harus skillful nyetirnya
kalo ga ya siap2 mundur di tanjakan
vsc juga atau tc ga perlu kalo professional apa lg udah tau bakal masuk surga karena anak soleh
kalo ga ya siap2 mundur di tanjakan
vsc juga atau tc ga perlu kalo professional apa lg udah tau bakal masuk surga karena anak soleh
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1074
- Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Mantap om..momodgalakk wrote:
IMHO
HSA cocok buat yg baru belajar nyetir mobil, membantu sekali. tapi klo profesional driver ga begitu butuh, lebih menantang maen kecepatan kaki dari rem ke gas
Cuma kayaknya kalo professional driver tidak akan ambil resiko yang tidak perlu. Lebih baik tarik hand brake dan lepas pelan2 sambil gas dan lepas kopling..
Kalo pamer driver mungkin perlu pamer kecepatan kaki dan tangan sih..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1074
- Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Melengkapi aja..ChZ wrote:klo sangat curam tetep mundur om... gak usah ditanjakan yang aneh-aneh, di parkiran mall aja... sering sudut kemiringannya gak manusiawi. Udah terlanjur naik terus ada mobil di depan tiba-tiba berenti.papinski wrote: Thu Mar 01, 2018 1:59 Berikut kutipan tentang Hill Start Assist menurut Kompas.com:
"HSA adalah sebuah fitur yang membantu mobil agar tidak mundur saat tengah menanjak. Lahirnya fitur ini dilatarbelakangi kasus mobil yang tiba-tiba mundur ke belakang saat berhenti di tanjakan."
pertanyaannya, kalau untuk mobil transmisi Matic, buat apa fitur ini ya?
karena kalau maticnya sehat, di tanjakanpun dari N ke D harusnya kendaraan tidak mundur ke belakang kan?
mohon pemahaman dari senior2![]()
Oh ya, HSA bukan sepenuhnya mencegah "melorot", tapi hanya "menahan sebentar", memberi extra reaction time sekian detik pada drivernya. Dengan kondisi perseneleng mesti di posisi D dan direm, kalo di posisi N 100% melorot karena logika ECU nya cuma ngerti N = berenti a.k.a kondisi tidak jalan, nggak peduli posisi mobilnya lagi miring atau datar.
Klo di mobil Honda saya kondisi nanjak biasanya saya pake fitur autohold nya saja... HSA buat skilled driver sih nggak terlalu perlu, tinggal tahan rem dan gas bersamaan atau menggunakan rem parkir.
tapi persentase banyaknya driver yang mudah panik apalagi kaum wanita rasanya lebih butuh fitur ini.
Kalo di T32, kalo berhenti di tanjakan yang tidak terlalu curam, di MID tidak ada perubahan apa-apa, jadi ini memang mobil ditahan oleh gaya dorong torque converter.
Sedangkan kalo berhenti di tanjakan yang lebih curam, seperti di parkiran mall, MID chassis control langsung menunjukkan gambar mobil miring sambil Ban nya ketip2 warna biru gitu, menandakan kalo HSA bekerja. Kalo sudah gini, kalo setelah 3 detik kita lepas rem tidak di gas, mobil akan langsung melorot.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
wah klo di T32 sih enak banget ada indikator gambar mobil yang bisa ngerti... saya juga kalo usil gerakin setir T32 papa saya agak agresif dia bisa baca.liemivan86 wrote: Thu Mar 01, 2018 8:16 Melengkapi aja..
Kalo di T32, kalo berhenti di tanjakan yang tidak terlalu curam, di MID tidak ada perubahan apa-apa, jadi ini memang mobil ditahan oleh gaya dorong torque converter.
Sedangkan kalo berhenti di tanjakan yang lebih curam, seperti di parkiran mall, MID chassis control langsung menunjukkan gambar mobil miring sambil Ban nya ketip2 warna biru gitu, menandakan kalo HSA bekerja. Kalo sudah gini, kalo setelah 3 detik kita lepas rem tidak di gas, mobil akan langsung melorot.

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
rasanya HSA itu lebih diperlukan oleh mobil manual yang udah DBW karena secara umum respon DBW itu lemottttt
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 258
- Joined: Wed Feb 27, 2013 6:03
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
hmm..kbtln sy dsni lg pk mbl yg menganut foot brake..PRBS wrote: Thu Mar 01, 2018 7:44 Lebih tricky lagi buat mobil yg handbrakenya di kaki (footbrake) such as freed, camry, serena, etc..
Kalo serena, udah sistemnya footbrake, ga punya HSA pula hahaha.. kalau posisi lagi dikemang (ada tanjakan curam yg menuju antasari), dan posisi lagi berhenti.. wah sangat ribet..
Injek pedal footbrake -> ubah posisi N untuk masuk ke gear D/L - (sambil dirasa mobil bergerak maju) - baru lepas footbrake..
Ribet.
kl sy sih mlh lbh konsen ya, krn tiap bagian dah jelas fungsinya..tgn kiri cm buat gear, kaki kiri cmn buat foot brake, kaki kanan gas& rem.
jd flow nya : tgn kiri pindahin gear k D -> kaki kiri mulai injak footbrake unutk lepas lock = kaki kanan mulai injak gas dikit -> kaki kiri lepas..
ya ini mslh kbiasaan aja sih..kl dah biasa ya sma aja..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
IMHO ngga ada hubungan antara DBW sama HSA om.iwing wrote: Thu Mar 01, 2018 9:05 rasanya HSA itu lebih diperlukan oleh mobil manual yang udah DBW karena secara umum respon DBW itu lemottttt
HSA cuma ngejaga biar mobil ngga melorot aja pas lg nanjak, lemot atau ngga tergantung sistem DBW nya.
fitur HSA lebih cocok di mobil matic, kalo mobil manual sih buat saya pribadi lebih seneng bergantung sama handbrake aja.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
sistem DBW lemot, gas diinjaknya kapan tapi respon mesin nya kapan. kalo ditanjakan ya pasti melorot dulu. sangat berbeda sama gas yang masih pakai kabel/kawat, begitu gas diinjak, mesin langsung respon. mungkin sama2 melorot nya tapi kalo DBW lebih melorot kwkwkwkkwkwevanbngdor wrote: Thu Mar 01, 2018 9:49IMHO ngga ada hubungan antara DBW sama HSA om.iwing wrote: Thu Mar 01, 2018 9:05 rasanya HSA itu lebih diperlukan oleh mobil manual yang udah DBW karena secara umum respon DBW itu lemottttt
HSA cuma ngejaga biar mobil ngga melorot aja pas lg nanjak, lemot atau ngga tergantung sistem DBW nya.
fitur HSA lebih cocok di mobil matic, kalo mobil manual sih buat saya pribadi lebih seneng bergantung sama handbrake aja.
imho
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
wah mungkin itu ngimbangin kopling sama gas nya aja om yg kurang presisi.iwing wrote: Thu Mar 01, 2018 10:03sistem DBW lemot, gas diinjaknya kapan tapi respon mesin nya kapan. kalo ditanjakan ya pasti melorot dulu. sangat berbeda sama gas yang masih pakai kabel/kawat, begitu gas diinjak, mesin langsung respon. mungkin sama2 melorot nya tapi kalo DBW lebih melorot kwkwkwkkwkwevanbngdor wrote: Thu Mar 01, 2018 9:49IMHO ngga ada hubungan antara DBW sama HSA om.iwing wrote: Thu Mar 01, 2018 9:05 rasanya HSA itu lebih diperlukan oleh mobil manual yang udah DBW karena secara umum respon DBW itu lemottttt
HSA cuma ngejaga biar mobil ngga melorot aja pas lg nanjak, lemot atau ngga tergantung sistem DBW nya.
fitur HSA lebih cocok di mobil matic, kalo mobil manual sih buat saya pribadi lebih seneng bergantung sama handbrake aja.
imho
Ogut coba avanza mesin NR yang terkenal lemot gas nya sih ngga sampe melorot.
Ngga pake handbrake pun ngga pernah melorot bgt.
Solusinya kalo pake manual ya sebelum handbrake dilepas, posisi kopling&gas harus udah siap jalan, jgn handbrake yg dilepas duluan.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
yayayaya selama ini klo agak nanjak ya pake handbrake sebelum jalan. cuma kalo misal gak pake handbrake (hanya mengandalkan rem biasa/kaki) trus posisi gas netral (kondisi berhenti lama), nah pas jalan tapi gak melorot dulu (sistem DBW) tanpa menggunakan handbrake itu sih keren omevanbngdor wrote: Thu Mar 01, 2018 10:13wah mungkin itu ngimbangin kopling sama gas nya aja om yg kurang presisi.iwing wrote: Thu Mar 01, 2018 10:03sistem DBW lemot, gas diinjaknya kapan tapi respon mesin nya kapan. kalo ditanjakan ya pasti melorot dulu. sangat berbeda sama gas yang masih pakai kabel/kawat, begitu gas diinjak, mesin langsung respon. mungkin sama2 melorot nya tapi kalo DBW lebih melorot kwkwkwkkwkwevanbngdor wrote: Thu Mar 01, 2018 9:49
IMHO ngga ada hubungan antara DBW sama HSA om.
HSA cuma ngejaga biar mobil ngga melorot aja pas lg nanjak, lemot atau ngga tergantung sistem DBW nya.
fitur HSA lebih cocok di mobil matic, kalo mobil manual sih buat saya pribadi lebih seneng bergantung sama handbrake aja.
imho
Ogut coba avanza mesin NR yang terkenal lemot gas nya sih ngga sampe melorot.
Ngga pake handbrake pun ngga pernah melorot bgt.
Solusinya kalo pake manual ya sebelum handbrake dilepas, posisi kopling&gas harus udah siap jalan, jgn handbrake yg dilepas duluan.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 340
- Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
- Daily Vehicle: terios
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Asal saat kondisi di-handbrake, kemudian rem kaki dilepas dan hasilnya mobil tidak mundur, HSA gak begitu dibutuhkan.
Tapi ada kondisi tanjakan yang handbrake saja tidak cukup. Tetap melorot. Harus dibantu rem kaki. Nah itu baru butuh HSA supaya lebih aman angkatan awal tidak melorot nanti.
Jimny saya dulu gak ngefek handbrakenya, karena remnya di kopel (cmiiw). Pernah parkir di jalan agak miring eh pindah tempat sendiri
Maaf OOT mod
Tapi ada kondisi tanjakan yang handbrake saja tidak cukup. Tetap melorot. Harus dibantu rem kaki. Nah itu baru butuh HSA supaya lebih aman angkatan awal tidak melorot nanti.
Jimny saya dulu gak ngefek handbrakenya, karena remnya di kopel (cmiiw). Pernah parkir di jalan agak miring eh pindah tempat sendiri

Maaf OOT mod

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Kopling lepas setengah dulu sampe posisi udah nyangkut, abis itu langsung deh buru2 pindah kaki ke pedal gas. Kalo mesin mobil tenaganya pas2an sih ya heel&toe aja om.iwing wrote: Thu Mar 01, 2018 10:18
yayayaya selama ini klo agak nanjak ya pake handbrake sebelum jalan. cuma kalo misal gak pake handbrake (hanya mengandalkan rem biasa/kaki) trus posisi gas netral (kondisi berhenti lama), nah pas jalan tapi gak melorot dulu (sistem DBW) tanpa menggunakan handbrake itu sih keren om
Maklum om, pas belajar mobil dr awal langsung belajar posisi setengah kopling nanjak maju, nanjak mundur, ngga boleh pake handbrake. Sebelum belajar di jalan raya jg waktu itu belajar parkir nanjak dulu, maju-mundur bikin angka 8, dll.
Karena kebetulan garasi rumah ane itu mesti belok patah dan nanjak, jd ya udah terbiasa om.


1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
sori ada keliru, maksud postingan saya diatas itu bukan posisi gas netral tapi posisi transmisi netralevanbngdor wrote: Thu Mar 01, 2018 10:26Kopling lepas setengah dulu sampe posisi udah nyangkut, abis itu langsung deh buru2 pindah kaki ke pedal gas. Kalo mesin mobil tenaganya pas2an sih ya heel&toe aja om.iwing wrote: Thu Mar 01, 2018 10:18
yayayaya selama ini klo agak nanjak ya pake handbrake sebelum jalan. cuma kalo misal gak pake handbrake (hanya mengandalkan rem biasa/kaki) trus posisi gas netral (kondisi berhenti lama), nah pas jalan tapi gak melorot dulu (sistem DBW) tanpa menggunakan handbrake itu sih keren om
Maklum om, pas belajar mobil dr awal langsung belajar posisi setengah kopling nanjak maju, nanjak mundur, ngga boleh pake handbrake. Sebelum belajar di jalan raya jg waktu itu belajar parkir nanjak dulu, maju-mundur bikin angka 8, dll.
Karena kebetulan garasi rumah ane itu mesti belok patah dan nanjak, jd ya udah terbiasa om.
![]()
![]()
rasanya emang jam terbang saya yang masih kurang jauh om. jadi kalo kondisi tanjakan trus rem kaki dan kondisi transmisi netral, waktu jalan pasti melorot dulu kalo gak dibantu handbrake

main setengah kopling sih gak masalah dalam kondisi jalan tanjakan yang kayak gmn cuma kasihan koplingnya
