Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ToniGun wrote:Hhhmmm..kelihatannya menarik juga Eneos Sustina 5W30 yg encer dengan TBN tinggi.
Jadi pede dipakai sampai 12 bulan menggunakan bbm premium.
Ada yg punya data kandungan TBN Q8 Formula Special G Long Life 5W30 gak ya?
Ngubek2 google belum dapat2 juga datanya.
Sdh pernah intip2 di situ Om, tapi tidak ada informasi TBN nya.
Tapi dari situ ane jd tau kalau masih lebih encer Eneos Sustina 5W30 daripada Q8 Formula Special G Long Life 5W30.
Anyway...thank you Om, sdh sudih berbagi...
ariesto wrote:lg pake oli To**l Quar** 7000 10w-40 API SN semi-syn di ipah gara2 promo. kok menurut meter badan nubi masi lbh enak Dedemit*u Eco Touring 10w-30 SM Mineral tp kt yg jual nya dedemit ga rekomen krn mineral base ga tahan panas dan jarak jauh, ktnya cpt bikin kerak pdhl klo suara mesin lebih alus pake dedemit.
@Om Turbo: mau tanya emg sgtu cupu nya kualitas oli dedemit*u? nubi aga deg2an jg klo ga tahan panas krn ini oli favorit (kantong) nubi dan sblm2 nya selalu drain interval 3500-4000 km ga pernah lebih spy ga kerak. Mohon bimbingan suhu..
Paling bener bawa test ke lab spt Petrolab
Oli2 zaman skg didisain utk bisa dipakai sesuai rekomendasi interval service manual di buku manual mobil
At least bisa dipake 7500 km
Kecuali kalo mobil setahun cuman jalan 4000 km ya buang dahhh
ariesto wrote:lg pake oli To**l Quar** 7000 10w-40 API SN semi-syn di ipah gara2 promo. kok menurut meter badan nubi masi lbh enak Dedemit*u Eco Touring 10w-30 SM Mineral tp kt yg jual nya dedemit ga rekomen krn mineral base ga tahan panas dan jarak jauh, ktnya cpt bikin kerak pdhl klo suara mesin lebih alus pake dedemit.
@Om Turbo: mau tanya emg sgtu cupu nya kualitas oli dedemit*u? nubi aga deg2an jg klo ga tahan panas krn ini oli favorit (kantong) nubi dan sblm2 nya selalu drain interval 3500-4000 km ga pernah lebih spy ga kerak. Mohon bimbingan suhu..
Paling bener bawa test ke lab spt Petrolab
Oli2 zaman skg didisain utk bisa dipakai sesuai rekomendasi interval service manual di buku manual mobil
At least bisa dipake 7500 km
Kecuali kalo mobil setahun cuman jalan 4000 km ya buang dahhh
Siipp lah, tenkyu Om Turbo atas pencerahan nya. PD aja lah pake dedemit, muraah dan udh cukup buat nubi.
hadiyanfaz2 wrote:Om turbo... Kemarin ada teman yg bilang. Makin tua usia mobil makin rawan pakai oli encer. Artiny nklo mobilio 2014 saya udah usia 5thn lebih, apakah harus gantinoli ke yg lebih kental? Biasanya saya pakai 0W20
Mbeling wrote:Siang Om...
Nubie sekedar sharing...
Utk bensin yg harga bersahabat dan menurut saya perform oke dari sekian merk yg pernah trial : Castrol stop start 10W-30, API SN tapi standard MB nya ga tau 229.3 atau 229.3 yaaa... Mesin alus dan bertenaga... kalo pake 5W-30 menurut saya kok agak kasar dikiiittttt...
Utk diesel blm bisa ngomong banyak... tapi menurut saya Fastron diesel pertamina std CI-4 itu oke... Saya apply di innova turbo diesel intercooler.
Nuhun
vigoderoza wrote:Om Turbo, mau tanya dunk.. Oli yg sekelas dgn Q8 T800 10w40 ada ga ya? Soalnya di graha adanya cuma kemasan galonan euy.. Buat dipake di ipah D4D AT 2013 std ting2.. Maunya sih yg ekonomis dan bisa dipakai 10 rb km krn buat mobil operasional. 10 rb km biasanya dlm waktu 4 bln. Kalo shell hx7 ga bisa sampe 10rb km ya?
Trus di ipah D4D AT 12 yg ane pake sehari2 (220 hp) selama ini kan selalu pake M1 0w40, terakhir ganti oli cobain pake Mobil Delvac 1 5W40 kok terasa lebih berat dan lebih kasar ya suara mesinnya? Padahal kan si delvac 1 khusus dibuat utk diesel dan lbh kental
TIA
Wihhhhh... Om KM ngeri amat powernya... xixixixixix...
M1 0W-40 udah jarang kah?? baru mau ikutan kloteran kalo ada...
Ane malah pake kuda laut sekarang... wkwkwkwkwk...
Eeh ada Om DM.. Ipah om DM juga udh stage 2 pasti jg udh mantep surantep powernya..xixixixi..
Fastron diesel itu kekentalannya brp om? Full ato semi syn? Harganya brapaan tu seliternya?
M1 0W40 msh banyak kok dipasaran, ane biasa ambil sm Om Kumiz, ato di Graha jg ada..
Maaf Mau tanya nich pada suhu2 yg dah berpengalman,... kalau ipah diesel AT tahun 2013 2KD di kasih Oli TOP 1 HD PLUS 10W-30 API CI-4 / COMMON RAIL Synthetic apakah worth....? Karena sebelumnya pakai rimula 4x..15w40.yang performannya dirasa agak berat dan BBM agak boros...apakah menggunakan oli yg lebih encer dengan buntut 30 akan berpengaruh pada seal2 maupun bearing2 mesin di ipah 2KD? Dan bagaimana pengaruh thdp performa mesin? Thank's
hadiyanfaz2 wrote:Om turbo... Kemarin ada teman yg bilang. Makin tua usia mobil makin rawan pakai oli encer. Artiny nklo mobilio 2014 saya udah usia 5thn lebih, apakah harus gantinoli ke yg lebih kental? Biasanya saya pakai 0W20
Sent from my LG-D838 using Tapatalk
mohon pencerahannya om turbo dan suhu2 lainnya
kalo tidak ada penguapan oli ngapain ganti yang lebih kental?
ekiiii wrote:Emang top 1 masih ada dipasaran? Pengalaman dengan oli buntut 40 tidak menguap.
Yup...karena karena masih ada di pasaran, makanya penasaran om...jangan kan di toko/bengkel di online shop pun masih tersedia. ....coba aja googling ,ini oli bagaimana sih performannya di zamannya.... penasaran dengan kata2 khusus common rail sintetik oli... gak tau rapornya gimana terdahulu. .........
hadiyanfaz2 wrote:Om turbo... Kemarin ada teman yg bilang. Makin tua usia mobil makin rawan pakai oli encer. Artiny nklo mobilio 2014 saya udah usia 5thn lebih, apakah harus gantinoli ke yg lebih kental? Biasanya saya pakai 0W20
Sent from my LG-D838 using Tapatalk
mohon pencerahannya om turbo dan suhu2 lainnya
kalo tidak ada penguapan oli ngapain ganti yang lebih kental?
tp apakah benar kerapatan komponen2 makin renggang seiring berjalannya usia pakai mobil, sehingga penggunaan oli encer jadi ga relevan dan ga efektif lagi (apalagi harga oli encer lumayan mahal) gimana pendapat om marmut?
Mohon pencerahannya om turbo atau rekan-rekan lainnya..
Baru angkat Toyota wish 2005, mesin 1zz-fe
Owner sebelumnya pakai FK Ma**imo freshing 5w-30
Apa sudah sesuai dan oke ya oli tsb? Atau ada saran subtitusinya?
hadiyanfa wrote:
tp apakah benar kerapatan komponen2 makin renggang seiring berjalannya usia pakai mobil, sehingga penggunaan oli encer jadi ga relevan dan ga efektif lagi (apalagi harga oli encer lumayan mahal) gimana pendapat om marmut?
ya sudah pasti. namanya komponen bergerak saling bergesekan, lama kelamaan jadi aus, cuma perkara waktu aja. makin bagus kualitasnya, makin lama ausnya. pelumas hanya membantu mengurangi friksi.
tks om marmut penjelasannya. tp ketika usia mobil makin tua dan selama tidak ada penguapan, ga jadi masalah kan memakai oli encer, even kerapatan mesin semakin renggang karena usia mesin makin jebot?
susumilo wrote:Mohon pencerahannya om turbo atau rekan-rekan lainnya..
Baru angkat Toyota wish 2005, mesin 1zz-fe
Owner sebelumnya pakai FK Ma**imo freshing 5w-30
Apa sudah sesuai dan oke ya oli tsb? Atau ada saran subtitusinya?
hadiyanfa wrote:om turbo mohon petunjuknya terkait redline 0W20, dikasih harga 195rb, mau saya coba setelah Amsoil SS 0W20 lulus tes 15rb KM
Oli 20 weight ya jangan kelewat dipaksakan utk jarak tempuhnya
Btw bagus juga si RL kalo skg jual 0W20
tks om TM penjelasannya. niatnya sih pengen ngebuktiin claim si Amsoil yg bisa 15rb mil jika severe service condition. ya ga berani sampai benar2 15rb mil, olehkarenanya nyoba 15rb km aja. sekalian buktiin claim militec yg bisa memperpanjang umur pakai Oli. tiap penambahan 1rb km, selalu saya cek level di dipstick, apakah ada pengauapan atau tidak.
sejauh ini pakai amsoil ss yg 0W20 sangat puas, lebih baik ketimbang HAO Gold 0W20 dan FK Massimo trinity 0W20. apalagi ketika ditambah militec, tarikan dan suara mesin tambah halus. tp setelah baca2 review luar, ternyata si amsoil ini masih masuk Group IV, penasaran dg Group V (ester) ketemu royal puple, redline dan motul V300, dan yg paling ekonomis ya redline.