HouseOfDetailing wrote:Small displacement dengan hi rev???gelooo...emangnya F1 apa?ketemu tanjakan minta bantuan orang buat dorong lah,torquenya pun kalah ama mesin jahit di rev bawah.Hebat...ada yang outsmart engineer pabrik yang mikirin bikin turbo fast spool di mesin kecil.Berarti mereka salah semua yah main turbo,harusnya mesin kecil hi rev semua hmm...
buktinya torsinya cukup buat bikin tuh ban brio spin
masalahnya pabrikan dgn cc kecil n/a high displacement mesinnya lebih susah lulus uji emisi dan bikin n/a dgn hp tinggi jg gak gampang
pertama hitung2an musti presisi, material mesin jg musti yg lebih bagus tahan panas dan ringan
belom lagi urusan torsi yg kurang di N/A
dan masalah pajak dan fuel consumption
solusinya turboin aja
cc bisa dikecilin tax murah torsi dapet HP dapet belom lagi gampang di tunning tinggal chip up
tapi masalahnya dgn mesin turbo kebanyakan torsi di rpm rendah akhirnya kalo mobilnya chasisnya gak bisa imbangin torsinya bisa bikin org gak berani full trotle di tikungan....
belom lagi RPM kebanyakan mesin turbo lebih rendah mesin bensin na umum kebanyakan redline di 6500 tapi turbo cuma di 6000
efeknya ke engine notenya kurang galak kalo n/a sampe 9000rpm aja engine notenya lebih enak di denger itu, yg gw kejar dari hi revving small engine.
torsi yg keluar pas di tikungan buat hajar full trotle tahan sampe rpm tinggi suaranya juga galak biarpun cuma peresan tebu....
sudah banyak pabrikan yg nyerah maen n/a ferarri pun nyerah honda nyerah, bmw nyerah sisa tinggal lambo aja ...