Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by NYoman »

newrubble wrote:sy koreksi dikit ttg fokker-100*

bukan backbone merpati tapi sempatiair ...sembilanperwiratinggi (umar, rono, dodo, mono, mitro, raden, mumun, hono, lisa)

sempatiair adalah global launch customer fokker-70 (construction number 11529 reg. PK-JGI dan 11532 reg. PK-JGJ ) the first in asia with in-seat individual LCDscreen entertainment system in all J and Y travel classes and all recaro seats covered with genuine leather

hanya dua dari sepuluh units yg sempati pesan ... sanggup dibuat fokker** dan ferry flight ke jkt 1995.03.09 (JGI yg skrg jadi PH-EZL austrian airlines) dan 1995.03.17 (JGJ skrg under austrian airlines PH-EZR)

**1996.03.15 hogeraad van amsterdam judge rulings declared fokker bankrupcy ending its 84yr presence in aviation industry

*smua fokker 100s and 70s sempati saat masih active punya registration alphabetical order PK-JG...
Thk's a lot om rubble~
Sayang sekali perusahaan dan pengguna nya juga bangkrut..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by newrubble »

ya benar tail mounted engine pair mmg punya xtra audible noise n less drag on main wing pair serta more simplified gear set structure n lbh aman kalo lionair yg operate

kalo ada yg ingat lionair PK-LMN yg overshoot (alm.dwi mawastono ada dikiri n dikanan ada survived steve liesdek) 2004.11.30 di solo n tabrak kuburan itu engine pair tetap idup ssdh pesawat at resting point (yg kiri skrg ada di pakistan n kanan ada di iran)
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by NYoman »

DOHC wrote:sdikit oot...

sebenernya plus minus enjin di sayap ama di body blakang pesawat apa yahh...
Salah satu nya adalah cabin noise, lebih senyap bila diletakan di belakang. Tail mounted, posisi mesin menjadi lebih tinggi dan tentu saja membuat mesin lebih "safe" ketika berada di sloppy runway. Sayap juga mendapat udara lebih bersih karena tidak ada mesin disana. Kelemahan? Saat service mesin susah untuk di bongkar pasang saat terjadi kerusakan pada mesin. Serta beberapa mengatakan pesawat menjadi berat dibelakang karena mounting cukup berat. dan masalah cabin noise tidak sepenuhnya benar..

Pada mesin di pylon, mesin lebih mudah di service serta struktur pada bagian belakang juga lebih sedikit sehingga lebih ringan karena tidak memegang mesin beserta bagian penyangga mesin. Center of gravity yang lebih baik serta memungkinkan untuk meletakan mesin lebih dari 1 tiap sisi. FYI Boeing yang paling advance dalam peletakan pylon mounting.

Tapi, tapi, tapi
Ada juga yang menaruh 4 mesin dengan konfigurasi tail mounted.. Yap Il-62 yang cukup fenomenal, karena mereka tidak bisa menghitung bagaimana mesin tersebut harus diletakan akhirnya di cantelin aja dibelakang.
Image
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by MitshuToyo »

Hah ?? Siapa yg bikin treat neh.. kemanaa pula orangnya.. :big_bored:

Pesawat yg mengagumkan (bagiku)..
Dulu 747. Bentuk aneh tapi sangar. Bisingnya minta ampon.
Skrg A380.. senyapnya bagus.. apalagi di upper deck.
Sayangnya main deck terasa salah desain untuk posisi cross beam; kalau duduk di pinggir kerasa jauh ke jendela.
Di Ganjel bantal masih kurang. Tapi bisa intip2 baris depan dan belakang krn celah yang menganga.. :big_blushing:

Posisi upper deck yg bisnis lebih baik. Tapi entah dulu gmn designernya... seperti gawean karoseri bus kota, pipa2, bentuk kotak2, plus gak ergonomis, lebih bagus 777. Misalna posisi colokkan jack headphone ditaroh di baris depannya dan jauh. Sangat gak nyaman kalau ada penumpang sebelah pengen keluar, hrs Copot sana sini. seharusnya sudah diposisikan di arm rest.
Lainnya, kalau diperhatikan sistem locking landing gear juga berisik.. tiap dikeluarin pasti seperti suara balok jatoh dari atap..
Lagi nginjek rem..
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by newrubble »

[quote=]

... masalah cabin noise tidak sepenuhnya benar..

[/quote]

yah antar engine sama ... tapi yg satu tail n yg lain under(low)wing mounted

references sy itu (annual) in-cabin noise index ...baik lloyd, willis, JLT, aon maupun marsh&maclennan releases ...

mrk yg kluar wang kalo ada occurrence ... accident maupun incident
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by newrubble »

c-140 jetstar 17th sqn.auri (out of topic krn sy bicara terlalu panjang disini)

ini adalah cerita panjang bgmn us airforce one ada n bgmn boeing 737-900er bisa FAA certified

sblm us federal govt.punya airforce one fleet mrk th 1961 mau tau bgmn aircraft fleet yg akan digunakan punya high durability level ditangan inexperienced user ... sama spt th 2005 boeing ingin 900er series ingin agar lineup.ini flight test in real commercial operation ditangan inexperienced thirdworld operator yg (nantinya) outcome bisa submit utk FAA certification

nah th 1961 ada G2G grant dari us president berupa satu unit c-140 jetstar yg kmudian auri registered t-17845 and christianed "irian" **

[[** th 1969 -1976 utk bergaya ... ibnu sutowo tarik pesawat ini sbg businessjet pertamina n bbrp x dipakai dia n istri n anakanak ke newyork dg registrasi pk-pjh ... kmudian jadi pk-pjs ... silakan artikan sendiri H dan S itu siapa meski H a.k.a S hanya enam x pakai ... terahir 1976 "irian" dijual ke spore u tutup utang pertamina dan ahirnya unit ini destroyed 1997.08 dg us registration N88JM]]

IRIAN (ty google)
2015-11-28 21.05.41.png
puas dg gratisan ini soekarno minta dua units yg sama ... th 1964 datang t-9446 (ahirnya a-9446) "sapta marga" (armoured dg anti-missile flare) th 1965 datang last unit t-1645 (a-1645) "pancasila" (dulu "pantja sila") dg armoury n self defense spec yg sama spt 9446 dan ... us airforce one *

[[* ballistic shield n anti missile flare system di ambil us govt saat 1972 operation peace pony ...p51 mustang tambahan datang ke auri sbg bridging units sebelum f86 sabre sampai]]

2 yg trahir bisa diliat di airforce museum di jocja (1) dan di garuda training center kedoya (1)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by DOHC »

NYoman wrote:
DOHC wrote:sdikit oot...

sebenernya plus minus enjin di sayap ama di body blakang pesawat apa yahh...
Salah satu nya adalah cabin noise, lebih senyap bila diletakan di belakang. Tail mounted, posisi mesin menjadi lebih tinggi dan tentu saja membuat mesin lebih "safe" ketika berada di sloppy runway. Sayap juga mendapat udara lebih bersih karena tidak ada mesin disana. Kelemahan? Saat service mesin susah untuk di bongkar pasang saat terjadi kerusakan pada mesin. Serta beberapa mengatakan pesawat menjadi berat dibelakang karena mounting cukup berat. dan masalah cabin noise tidak sepenuhnya benar..

Pada mesin di pylon, mesin lebih mudah di service serta struktur pada bagian belakang juga lebih sedikit sehingga lebih ringan karena tidak memegang mesin beserta bagian penyangga mesin. Center of gravity yang lebih baik serta memungkinkan untuk meletakan mesin lebih dari 1 tiap sisi. FYI Boeing yang paling advance dalam peletakan pylon mounting.

Tapi, tapi, tapi
Ada juga yang menaruh 4 mesin dengan konfigurasi tail mounted.. Yap Il-62 yang cukup fenomenal, karena mereka tidak bisa menghitung bagaimana mesin tersebut harus diletakan akhirnya di cantelin aja dibelakang.
Image
ok thanks info nya om...

btw, bagi ane yg fenomenal malah ampe 3 mesin sgala, 2 di wings, satu di tail blakang.... boros banget ane liatnya... entah buat apa tuh tujuan nya... tp skrg kyanya ud nyaris ga ad yg make pswat kaya gini yah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by newrubble »

bicara tri engined aircraft sy ingat L-1011 tristar jaman kecil dulu ikut alm.ayah n ibu sy sering ke hongkong mulai pertama x 1974 sampai jaman kuliah (ssdh itu kalo mau kmn pun ya bayar sendiri)

sept 1975 sampai oct 1996 cathay pacific dominated by the tristar ... sampai sy hafal bbrp cabin crews yg sering ktmu

ada duapuluh units tristar-s under cathay's fleet terbagi dlm tiga delivery batch ... first batch pasti punya registration order VR-HH- dimulai HHK (aircraft one) hingga HHY (aircraft seven) ** (urutan: HHK, HHL, HHX, HHG, HHV, HHW, HHY)

second delivery dg registration order VR-HO- dari VR-HOA hingga HOK *** (urutan: HOD, HOA, HOB, HOC, HOF, HOE, HOH, HOG, HOI, HOJ, HOK)

third / last tristar delivery ada dua units VR-HMV (1990 join - 1995 phase out) dan HMW (1993.03.08 - 1995.09.19)

yg bagus dlm cathay operation itu lockheed tdk pernah alami accident apapun n smua retired in airworthy state. smua cockpit crews yg (pernah).operate(d) tristar under the swire group (cathay's major shareholders) akui ini widebody (jaman itu) yg paling roomy cockpit area maupun px individual zoning (dibanding DC-10 dan B747) dan kemampuan dia bawa spare engine under wing utk maintenance / repair

meskipun bgt ... final decision to acquire tristar was not based on commercial but high level politically motivated ... in 1974 when the board of the swire group had final say to purchase DC-10 the british govt.(the colonial master of hongkong and holder of one golden share of the swire group) stepped in and request the board to reconsider and alternatively offer L-1011 lockheed with rollsroyce RB-211 engine set

rollsroyce at the time was under the british govt. trusteeship struggle hard and desperate to survive that brit icon from (legal).bankrupcy due to oil crisis .. the yomkippur / ramadan war on egypt-syria-iraq vs israel(1973.10 oil per barrel usd 2.90 skyrocketed to usd 11.65 in 1974.01 dan tetap tinggi saat "muslim oil" embargo to north america and western europe lifted ssdh itu)
Prast84
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: Sun Dec 30, 2012 12:48

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by Prast84 »

paling banter hanya naik 739 ER punya Lion sisanya dibawah itu kaya 732,735,F100.F75 sama MD 82/83
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by haristk7 »

Image

Tristar ya ? Salah satu classic trijet widebody tercantik dijamannya, dan juga paling canggih.........dan ironis, ya, ironis, karena terlalu canggih itu...

Image

Engineer Lockheed memberikan segala macam teknologi tercanggih di masa itu ke L1011, dan percaya dengan cara itu mereka bisa menjadi market leader di pasar..

Image

Yang pernah naik Boeing 787 mungkin pernah ngerasain kacanya yang "Self-tinting"/"self-diming", percaya atau tidak, teknologi itu pernah hadir 40 tahun yang lalu, di Tristar...tp karena cost terlalu mahal, akhirnya diabaikan..

Image

Tristar paling diingat karena kecanggihannya di zamannya, jauh lebih canggih dari Boeing 747-100/200/300 dan DC-10 series, terutama masalah avionik, pesawat ini punya sistem namanya AFCS (Avionic Flight Control System). Sistem ini adalah satu kesatuan dari beberapa sistem yang meliputi:
1. APFDS (Autopilot Flight Director System)
2. SCS (Speed Control System)
3. PFCES (Primary Flight Control Electronic System)
4. Triple Inertial Navigation System
5. SAS (Stability Augmentation System)
6. DLC (Direct Lift Control).

Di dalam sistem AFCS, sudah termasuk subsystems dari Lockheed bernama advanced BITE (Built In Test Equipment) system yang memberikan informasi, constant fault monitoring, recording, and output tests on various subsystems.

Image

salah satu sistem paling canggih di AFCS ini adalah CAT IIIB approach and autoland system. Sistem ini tersedia di Tristar dari awal dan memberikan kemampuan pesawat mendarat sendiri dengan jarak pandang ke runway (RVR, Runway Visual Range) cukup 150 feets (-+46 meter) saja dengan decision altitude bisa kurang dari 50 feets (15 meter saja) dari atas permukaan tanah..fitur yang berguna untuk airlines yang beroperasi ke wilayah yang sering tertutup kabut..

Image
However, it was on May 25, 1972 that the system truly came of age when a completely automatic flight from Palmdale to Dulles International was completed, demonstrating the capabilities of the advanced avionics package.

Takeoff through climb, cruise, descent, landing, and roll out was done without a human hand on the controls. The system was monitored on the flight deck through a display that annunciated the 12 modes of the AFCS system.


Image
Tristar juga mempunyai kemudi ala fly-by-wire, walaupun masih simpel, yang bernama ACS (Active Control System), di beberapa kasus, sistem ini berhasil membuat konsumsi bahan bakar berkurang dan menghasilkan efisiensi bahan bakar yang baik

bacaan mengenai betapa canggihnya L-1011 Tristar bisa dilihat disini --> http://www.airlinereporter.com/2015/09/ ... 1-tristar/ (sekaligus referensi tulisan saya)

Saking canggihnya Tristar, dia tidak laku ? kenapa ? ini yang terjadi di dunia penerbangan, terlalu canggih = high operating cost, hal yang sama dialami oleh Fokker 70/100, F-4D Skyray, YF-23 Blackwidow, dan beberapa pesawat lainnya..program Tristar ini membuat Lockheed keluar selamanya (L100 itu hanya civilized version dari C130 Herky, not an entirely civilian aircraft built from scratch) dari divisi pesawat penumpang dan nyaris membuat Lockheed bangkrut...

Image

Image

Image

Image
one of the last regular Tristar passanger ops in Europe, circa 2000s
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by newrubble »

jan-mar 2015 RAF tawarkan tristar K1 & KC1tankers most recently retired from british fleet ke indo AF

tapi rupanya tdk ada positive response

indo lbh tertarik yg bekas tapi undergone major refirbishment ... pdhl existing spec militarized tristar (9.units, all 500 series ex pan-am & british a/w) bisa operate sampai 20thn lg (entered into military service 1984 )

sama.spt militerized boeing 707-300 advanced usaf (34).n saudia (5) n france (4) n uk (5) (boeing e3sentry aew&c) entered into service 1977 to now n next 30more yr. (dulu: awacs)

K-1 bisa pairing dg boeing 737-2x9 surveiller indo airforce (3) yg hanya 3 di dunia lengkap dg slammar (side looking multimission airborne radar) apalagi K1 RAF bisa interface dg slammar

bedanya slammar indo blm bisa beyond visual scan

diatas e3sentry masih ada e6mercury (dulu e6hermes) 1987-skrg (usaf:16)
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by NYoman »

Nah itu dia, dalam dunia aviasi yang dibutuhkan adalah pesawat yang benar-benar dibutuhkan oleh airline dan customer alias penumpang nya. Terlalu canggih bingung pakai atau bingung perawatan yang menjadi serba mahal.. Pesawat yang biasa-biasa saja serta mudah dirawat dengan reability yang baik pasti dipilih oleh airline.. Low maintenance cost, easy to maintenance, sparepart serta fuel per seat lebih rendah dibanding kompetitor menjadi senjata paling ampuh dibanding teknologi yang paling wah.. Teknologi paling "wah" adalah bonus dari kriteria yg saya sebutkan diatas
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by nyotnyet »

Saya ga apal type2 pesawat, tp inget pernah naik pesawat mesin di belakang, lupa juga punya maskapai mana (lokal kayanya), duduk di seat paling belakang, hasilnya kuping saya dengung terus kena suara mesinnya...

Truss pas di singapore prnh liat pesawatnya british airways...guedeee banget...ga tau pula typenya apa...hahaha

Oh ya, kalo mau mendarat jendela harus dibuka napa ya? Sori oot

Soul Red zoom zoom
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by DOHC »

nyotnyet wrote:
Oh ya, kalo mau mendarat jendela harus dibuka napa ya? Sori oot
kl ga salah,

biar kl ad ap2, penumpang bsa ngasi tau pramugari nya... dan kl just in case pesawat kecelakaan, mata penumpang ud kebiasa ama kondisi keadaan di luar pesawat, jd pas mau evakuasi, ga buang2 waktu.... ini terutama pas malam hari... atau in worst case, pendaratan darurat di laut atau hutan...

cmiiw...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by maskopat »

@om Nyoman, bombardier, ini kata bini ane yang pernah naek dari makasar ke sorong, nyaman banget. lebih nyaman daripada 737.
apa karena struktur narrow body, mesin di belakang atau karena sayap diletakkan lebih ke belakang?

trus yang sukho SSJ ini yang beberapa tahun lalu nabrak gunung di sukabumi bukan ya?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Prast84
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: Sun Dec 30, 2012 12:48

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by Prast84 »

sorry om OOT dikit

disini ada yng main flight simulator gak??
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by NYoman »

@om kopat
Kekedapan bisa berasal darimana saja. Boeing 737NG sudah mendapat sertifikasi kebisingan tingkat 4 tapi tetap kebisingan masih kalah dengan beberapa pesawat yang lebih kecil seperti CRJ, EMB maupun SSJ.. Salah satu pengaruhnya adalah drag di area wing dan engine cover yang membuat agak bising. Lainnya? Ada, mesin yang digunakan memiliki daya dorong yang lebih kecil sehingga suara semburan angin yang dihasilkan tidak sekeras mesin yang lebih besar. Beberapa mesin lebih besar yang hening adalah mesin2 buatan GE (GENx dan LeAP) dan RR Trent seri 800 dan XWB.. Serta mesin buatan Engine Alliance (kerjasama GE-PW)

Ya, SSJ ini memang yang menabrak gunung salak beberapa waktu lalu bukan kesalahan pesawat tapi pilot..
Last edited by NYoman on Mon Nov 30, 2015 2:38, edited 1 time in total.
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by NYoman »

DOHC wrote:
nyotnyet wrote:
Oh ya, kalo mau mendarat jendela harus dibuka napa ya? Sori oot
kl ga salah,

biar kl ad ap2, penumpang bsa ngasi tau pramugari nya... dan kl just in case pesawat kecelakaan, mata penumpang ud kebiasa ama kondisi keadaan di luar pesawat, jd pas mau evakuasi, ga buang2 waktu.... ini terutama pas malam hari... atau in worst case, pendaratan darurat di laut atau hutan...

cmiiw...
Saat paling kritis dalam penerbangan adalah ketika Take Off dan Landing, di waktu ini mengapa dilarang kita menutup penutup jendela, menyalakan telpon genggam, melepas earphone maupun dimming lampu ke paling rendah intensitasnya.

Membuka Penutup : Supaya kita bisa melihat keadaan sekitar, serta posphor di emergency light bisa menyerap cahaya yang cukup untuk disimpan agar menyala terang saat harus memandu penumpang untuk keluar dari kabin.
Telepon Genggam : Radio yang digunakan untuk komunikasi adalah radio satu arah, dan pernahkah anda sedang diatas speaker lalu terkena sinyal handphone? Nah gangguan ini yang menyebabkan komunikasi antar ATC dan pilot terganggu. Misal waktu memberi arahan pada pilot lalu terganggu suara krrtt krtt krrtt suara arahan ATC terputus suara tersebut. Bahaya bukan ketika landing dan takeoff? Bisa menyebabkan misskom antara ATC dan pilot apalagi di bandara yang sangat ramai seperti Jakarta-Bali dan Surabaya.
Earphone : Supaya kita bisa mendengarkan sejara rinci apa saja yang arahan yang diberi oleh awak kabin ketika terjadi kecelakaan (amit2 jangan sampai)
Dimming Lampu : Agar mata terbiasa dengan lampu posphor di bawah alias emergency lamp.

CMIW


Trijet? I love Trijet!
Salah satu yang terbaik adalah Tristar, sayangnya kurang laku. DC-10 dan MD-11? Lovely.. Era ini termasuk luarbiasa, kita bis amelihat berbagai macam jenis pesawat terbang unik. Trijet, Single Aisle serta jumbojet yang berkeliaran..

Lihat betapa simplenya instrument Tristar, belum full glass cockpit tapi sangat simple dan ya terlihat modern..
Image

Trijet? How about Trimotor?
Britten Norman Trislander
Image
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
speedfreak
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: Tue Jul 31, 2007 8:07

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by speedfreak »

kalau bicara fokker100 dan sempati air jadi inget dengan "arisan di udara" nya yg sempati air lakukan di tiap flight, di mana dari potongan boarding pass akan dikocok seperti arisan dan akan diambil 1 untuk ditetapkan sebagai pemenang dan akan mendapat 1 tiket gratis untuk penerbangan berikutnya.

metode promosi yang cukup efektif pada jamannya.
sayang sekali akhirnya maskapai ini bangkrut.


dan untuk bombardier, pernah nyoba beberapa kali pesawatnya garuda indonesia rute balikpapan-makassar, kalau bicara nyaman menurut saya memang nyaman namun karena terbiasa dengan boeing 737 series yg ukuran bodinya gembung dan high ceiling, ketika naik bombardier ini terasanya lebih "sempit" karena ceiling nya tidak terlalu tinggi. pun hand carry luggage juga ga bisa terlalu besar karena kapasitas cabin baggage di atas kepala itu tidak terlalu besar juga.
Prast84
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: Sun Dec 30, 2012 12:48

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by Prast84 »

speedfreak wrote:kalau bicara fokker100 dan sempati air jadi inget dengan "arisan di udara" nya yg sempati air lakukan di tiap flight, di mana dari potongan boarding pass akan dikocok seperti arisan dan akan diambil 1 untuk ditetapkan sebagai pemenang dan akan mendapat 1 tiket gratis untuk penerbangan berikutnya.

metode promosi yang cukup efektif pada jamannya.
sayang sekali akhirnya maskapai ini bangkrut.
bukan gratis om tapi potongan klo gak salah soalnya dulu demen bgt dpt apalagi kl seat sebelah kosong saya suka sodorin tiket saya ke pramugari
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by nyotnyet »

Oh i see...jadi gitu ya...
Lha kalo waktu udah di udara, hp boleh dinyalakan?
Di film2 kok org naik pesawat pada main hp...hahahaha

Soul Red zoom zoom
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by NYoman »

nyotnyet wrote:Oh i see...jadi gitu ya...
Lha kalo waktu udah di udara, hp boleh dinyalakan?
Di film2 kok org naik pesawat pada main hp...hahahaha
Silahkan gunakan handphone di mode airplane, begitu pula dengan laptop, ipod dan kamera.. Beberapa maskapai menyediakan wifi gratis (first dan bussiness, berbayar bila di kelas ekonomi) sehingga memungkinkan untuk berkomunikasi via VOIP di pesawat. Beberapa pesawat jaman dulu bisa menelpon dengan telepon yang tersedia di samping kursi (firstclass) dengan menggesek kan kartu kredit (Singapore Airlines adalah pionir dalam hal ini, layanan pertama di dunia).
Berhubung UU kita melarang penggunaan telepon genggam di mode apapun mungkin bisa di matikan sejenak saja atau lepas dari ponsel sementara.

FYI di 35.000ft-41.000 ft agak susah mendapat sinyal GSM dan kalaupun dapat cepat sekali baterai terkuras.
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
Prast84
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: Sun Dec 30, 2012 12:48

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by Prast84 »

om kalo selama pengisian bahan bakar dan pax tidak turun HP juga gak boleh dipake ya soalnya sering pas pengisian bahan bakar pax tetap dipesawat biasanya di UPG sama DPS
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by NYoman »

Di SUB pun juga dan di berbagai bandara juga, kenapa? Karena komunikasi radio langsung antara si Pilot dengan Ground Handling alias operator pengisi dan lain-lain (baca penjelasan saya tentang sinyal GSM mengganggu komunikasi radio satu arah di pesawat).. Headphone gede yang dipakai sama Ground Handling itu bukan sekedar pentup telinga dengan noise canceling, padahal itu sebetulnya adalah sebuah radio komunikasi seperti HT untuk komunikasi dengan pilot.. Tau sendiri bila ada frekuensi radio di speaker analog yang terjadi adalah krieet krrrttt.. Bahaya misskom
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by newrubble »

Prast84 wrote:
speedfreak wrote:kalau bicara fokker100 dan sempati air jadi inget dengan "arisan di udara" nya yg sempati air lakukan di tiap flight, di mana dari potongan boarding pass akan dikocok seperti arisan dan akan diambil 1 untuk ditetapkan sebagai pemenang dan akan mendapat 1 tiket gratis untuk penerbangan berikutnya.

metode promosi yang cukup efektif pada jamannya.
sayang sekali akhirnya maskapai ini bangkrut.
bukan gratis om tapi potongan klo gak salah soalnya dulu demen bgt dpt apalagi kl seat sebelah kosong saya suka sodorin tiket saya ke pramugari
namanya "sandiwara"
sy pernah dapat dua x ...yg pertama x th1994 saat jakarta - dili via denpasar (sy ingat krn di dps sy beli pizza sebentar u mauhudu n mauhunu interview mrk di markas satgassus dili yg wkt itu under kolonel sugiharto n johny lumintang masih pangkat kolonel sbg danrem di east timor)

jadi pulangnya gratis dili jkt

yg kedua pas jkt upg inagurational flight dg f70 th95 ... tapi sy minta di ulang krn (sy brangkat bareng hasan sudjono n saiful islam) sptnya diatur spy sy yg dpt

ahirnya satu ibu ibu yg dpt

th99 sy ketua tim pemberes likuidasi sempati dr sisi IMF di ibra/bppn ... kurator (bankrupcy receivership) sy serahkan ke munir fuady krn dia punya bid paling bagus

sejak itu hasan tdk mau omong lg dg sy ... sampai skrg