AD74YA wrote:Ban serep beda ukuran sebenernya antara lazim dan nggak lazim... Banyak mobil menggunakan ban serep space saver biar hemat tempat dan tidak membebani mobil - ini masih lazim sampai sekarang...
Ban serep dengan velg normal nah ini yang paling lazim...
Mengenai ban serep ukuran normal tapi beda ukuran itu yang udah agak gak lazim sekarang... Biasanya dipake di mobil-mobil jadul... Mobil2 modern yang lain harusnya kalo gak ukuran normal ya space saver kalau gak malah gak ada serep sama sekali tapi ban nya RFT.
Agak lucu ya ban nya captiva menganut yang beda ukuran, terus tempat ban serep ga cukup buat ukuran 17". Mungkin kalau pakai space saver nggak kuat kali menahan beban SUV nya... Berarti ada kekurangan desain Captiva ini sehingga ga bisa muat ukuran bawaanya.. Nggak apa-apa sih sebenernya tapi bener itu unsur safety perlu diingat...
Yang penting captiva user saat pakai ban serep, selalu inget, ban yg 'asli' kudu cepet2 ditambal kalo bocor. Ibaratnya, mungkin ini maksudnya yang penting asal bisa gelinding dulu nemuin tukang tambal ban kali ya...
Mobil >300jt tapi kok rasanya jadi seperti memperlakukan ban serep Kisup sih?
Oia, sedikit mengingatkan aja, mumpung ada yang bahas ban serep...Walaupun mobilnya beda..
Pekan lalu, mumpung ane lagi senggang banget waktunya, nyempetin cek ban serep.Turunin ban, cuci bersih. Sekalian mau isi bensin, sekalian aja ban serep masukin kabin dlo.
Habis isi bengsin (sengaja beli bensin Tjap Kerang, biar bisa isi angin biasa. Males mompa ke spbu Tjap P, udh dimonopoli penjual gas Nitrogen), langsung mobil dibawa ke pengisian angin... Pertama, isi 4 ban, terakhir baru isi ban serep. Begitu ane set di ukuran 36psi, dan mau ngisi, WOILA, ternyata tekanannya tinggal 16psi!
So, rutin2lah ngecek ban serep anda.. Ngga perlu tiap bulan.. Mungkin 3 bulan sekali.. Cmiiw..
jangan sampe pas apes ban bocor, begitu ganti serep, malah serepnya kempis / kurang angin pula..