Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
indeskey wrote: Mon Jan 27, 2020 9:33
Om Omnibus dan om DOHC, saran mungkin bisa dibikin trik DIYan di seraya. om2 b2 saya lihat sering DIY jadi bisa share pengalamannya dan kita2 bisa ikut dan berani DIY.
suwun.
hehe maaf ga ada waktunya om, lagian di youtube banyak kok bagus2. jd DIY jg hrs belajar terus2an krn selalu ada cara2 baru yg lbh mempersingkat waktu pengerjaan atau menambah wawasan baru.
btw om sdh bisa apa aja diy nya? kl ga salah sampai bersihin TB sendiri kan?
Omnibus wrote: Sun Jan 26, 2020 13:33
mantapp om DOHC .... itu yg Flag dr sononya udah dpt speeder crank yg kaya engkol itu ya? sering kepake ga itu? pernah liat org pake pas pasang baut cyl head utk rapetin aja bukan kencengin soalnya kan banyak bautnya jd pake itu cepet.
kl tone sy jg pake impact socketnya bbrp tapi bukan set. memang bagus sekelas ktc
Kadang kepake om, buat bongpas baut chasis, dl sering dipinjem tetangga jg buat kencengin baut chasis truk engkol nya
om .... kl belum tau speeder crank cara pakainya gini
Kira2 kl d mobil emg bagian ap om yg sesuai pake speeder crank itu, kl enjin head blm perna, mobil2 ane masi sehat enjin nya
Biasa ane pake buat kencengin baut chassis atau kaki2 hrv ane, soalnya kl pake ratchet takut jebol, dan ane ga punya breaker bar.
Kl pake speeder crank lebi enak posisi tangan pas kencengin
HOHOHO mari kita lanjutkan ..... berhubung hari sedang hujan terus enaknya liatin tools ....
BAHCO Vernier Caliper (Sigmat); KS TOOLS Disc Brake Vernier Caliper -- yg bawah utk ngukur ketebalan disc brake sebelum dibubut, bedanya ada tonjolan di ujungnya utk mempermudah pengukuran di setiap TITIK sepanjang area disc brake. Saran: Kl mau beli sigmat digital belilah yg ada tombol HOLD nya. memang lebih mahal tp mempermudah pengukuran, pas dilepas angka tdk berubah.
DSC_4747 2.jpg
DSC_4755 2.jpg
KS TOOLS Brake Piston Reset Tool. Kegunaannya utk menekan masuk kembali piston di caliper disc brake ketika mengganti brake pads.
DSC_4748 2.jpg
BAHCO Penjepit Selang dan Sumbat Pipa. Kegunaannya utk menjepit selang radiator atau membuat buntu selang rem atau selang vacuum selama dilepas.
DSC_4754 2.jpg
DSC_4753 2.jpg
BERGEN Power Probe; LASERTOOLS (UK) Test Light. Power probe kegunaannya utk memberi listrik ke komponen yg akan ditest, power source langsung dr aki, panjang kabelnya 5 meter lebih jd bisa dipakai di seluruh bagian mobil sampai ke belakang. Bisa juga dipakai utk test apakah power and ground bagus atau tidak. Dan jg utk cek voltase. Ini versi murah dr Power Probe III USA yg lebih mahal dan sangat berguna sekali.
DSC_4749 2.jpg
DRAPER Brake Fluid Quality Checker. Jika probe nya dimasukkan ke minyak rem kegunaannya utk melihat kandungan air sehingga apakah harus diganti atau tidak minyak remnya.
DSC_4746 2.jpg
AUTEL MD802 Scan Tool. Ini utk komunikasi dgn komputer mobil membaca ada trouble codes apa saja dan parameter2 lainnya.
DSC_4752.JPG
DSC_4750 2.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
marmut wrote: Mon Jan 27, 2020 4:37
ini warisan dari kakek almarhum yang pernah saya ceritakan di halaman sebelumnya,
20200127_111416.jpg
20200127_111328.jpg
bisa jadi umur saya sama atau bahkan lebih muda dari fukung brand itu. tapi sampai saat ini belum pernah mengecewakan saya.
kalau yang 2 ini, lagi (lumayan) sering terpakai, merk wipro,
20200127_110957.jpg
20200127_112019.jpg
nah, buat buka mur/baut roda, sudah cukup pakai ini,
20200127_112734.jpg
yang 1 ini sisa-sisa kejayaan masa lalu,
20200127_111742.jpg
Om .... ganti oli disedot ya pake wipro itu? kl mau masukin oli transmisi pakai apa biasanya om?
sy lg nyari yg bagusan yg rapi buatannya jd ga bocor2 blepotan kemana2. untungnya mobil yg skrg bisa diisi dr atas
Fukung itu merk terkenal dr lama, skrg udah ga ada kayanya yg jual barunya.
Haha sama sy jg msh simpan timing light Hella. kemarin pakai iseng2 di jazz masih nyala lho udah lama di gudang.
Om..om...klo konci torsi yg harganya 400rban, lumayan ga c ? Soalny bakalan jarang beut dipake, apa mending tekiro atau sata sekalian ? Butuh bt torsi s/d 110nm saja.
Tq infonya
Nggak video sih om, cukup foto2 dan langkah2 hehe.
Saya sih cuma ganti oli mesin ama cvt, bersihin tb dari semprot skg lap2 doang. Semprot ait sama map. Kuras minyak rem sekalian ngasih grease caliper. Isi freon ac. Terakhir tambal ban hahaha.
Omnibus wrote:
indeskey wrote: Mon Jan 27, 2020 9:33
Om Omnibus dan om DOHC, saran mungkin bisa dibikin trik DIYan di seraya. om2 b2 saya lihat sering DIY jadi bisa share pengalamannya dan kita2 bisa ikut dan berani DIY.
suwun.
hehe maaf ga ada waktunya om, lagian di youtube banyak kok bagus2. jd DIY jg hrs belajar terus2an krn selalu ada cara2 baru yg lbh mempersingkat waktu pengerjaan atau menambah wawasan baru.
btw om sdh bisa apa aja diy nya? kl ga salah sampai bersihin TB sendiri kan?
zanira wrote: Mon Jan 27, 2020 11:57
Om..om...klo konci torsi yg harganya 400rban, lumayan ga c ? Soalny bakalan jarang beut dipake, apa mending tekiro atau sata sekalian ? Butuh bt torsi s/d 110nm saja.
Tq infonya
kunci torsi itu spt alat ukur lainnya, semakin mahal semakin presisi umumnya. menurut booklet hasil test yg disertakan kunci torsi high-end accuracy errornya 3-4%.
nah yg mau dibeli 400 rb itu cek aja barangkali ada booklet hasil testnya. kl utk non-critical job (cylinder head) atau safety job (brake, wheels) maka accuracy error sampai 6-7% msh acceptable. itu kl booklet nya ada dan bisa dipercaya hasilnya itu, bukan tipu2.
intinya kl bukan buat pekerjaan yg menuntut akurasi tinggi boleh2 aja om....
indeskey wrote: Mon Jan 27, 2020 12:05
Nggak video sih om, cukup foto2 dan langkah2 hehe.
Saya sih cuma ganti oli mesin ama cvt, bersihin tb dari semprot skg lap2 doang. Semprot ait sama map. Kuras minyak rem sekalian ngasih grease caliper. Isi freon ac. Terakhir tambal ban hahaha.
nih om bbrp cenel yg bagus, detail dan menurut sy cara2nya proper, ada South Main Auto, Fix It Angel, ChrisFix. Yg lbh advance ada DiagnoseDan. Kl diagnosis tingkat dewa ada ScannerDanner. Tontonin aja semua videonya dijamin jago deh om.... hehehe
Om .... ganti oli disedot ya pake wipro itu? kl mau masukin oli transmisi pakai apa biasanya om?
sy lg nyari yg bagusan yg rapi buatannya jd ga bocor2 blepotan kemana2. untungnya mobil yg skrg bisa diisi dr atas
-
saya pake vakum pompa itu cuma buat ATF, bleeding rem, sama sedot sisa oli mesin. karena kalo sedot oli mesin langsung lama banget prosesnya walaupun disambung langsung pakai kompresor.
buat isi oli transmisi saya pake hand pump merk tekiro yang 800ml. saya modifikasi sedikit, hand pump-nya saya ganti pake quick coupler dan kraan kecil buat sambung ke kompresor. besok saya kasi liat fotonya.
DOHC wrote: Mon Jan 27, 2020 10:27
Kira2 kl d mobil emg bagian ap om yg sesuai pake speeder crank itu, kl enjin head blm perna, mobil2 ane masi sehat enjin nya
Biasa ane pake buat kencengin baut chassis atau kaki2 hrv ane, soalnya kl pake ratchet takut jebol, dan ane ga punya breaker bar.
Kl pake speeder crank lebi enak posisi tangan pas kencengin
btw, utk vernier caliper nya yg digital gt, cara nyimpen nya gmana yah ?
ane ad satu vernier caliper digital mitutoyo, kelamaan dsimpen malah rusak, lcd nya kaya gosong gt jadi nya, binggung gmana btulin nya, mahal pisan pula pas beli nnya
Last edited by DOHC on Mon Jan 27, 2020 14:55, edited 1 time in total.
indeskey wrote: Mon Jan 27, 2020 12:05
Nggak video sih om, cukup foto2 dan langkah2 hehe.
Saya sih cuma ganti oli mesin ama cvt, bersihin tb dari semprot skg lap2 doang. Semprot ait sama map. Kuras minyak rem sekalian ngasih grease caliper. Isi freon ac. Terakhir tambal ban hahaha.
Omnibus wrote:
indeskey wrote: Mon Jan 27, 2020 9:33
Om Omnibus dan om DOHC, saran mungkin bisa dibikin trik DIYan di seraya. om2 b2 saya lihat sering DIY jadi bisa share pengalamannya dan kita2 bisa ikut dan berani DIY.
suwun.
hehe maaf ga ada waktunya om, lagian di youtube banyak kok bagus2. jd DIY jg hrs belajar terus2an krn selalu ada cara2 baru yg lbh mempersingkat waktu pengerjaan atau menambah wawasan baru.
btw om sdh bisa apa aja diy nya? kl ga salah sampai bersihin TB sendiri kan?
wahh kl ud bsa ganti oli2, bongpas TB dan sensor2, servis rem.. itu mahh ud jago om, dl ane suru montir toda bersihin sensor MAP aj bengong, yg ad malah mau nyemprot rumah sekering..
DIY itu modal nya niat, nekat ama pure hobby aj, sisanya ntar biar mengalir sendiri.. ane aj pertama kl bongkar timing cover ipah tuwir ane modal nekat doank, pipa bypass coolant ampe patah, ancurin seal2, ama buang duit ke mbok tukang urut pinggang..
mbah, utk diperkosa level bengkel rumahan, impact gun nya si AEG awet ga ? trus kl buka baut kruk as bsa ga, palagi kruk as yg masi perawan belasan taon ga perna dibuka ?
marmut wrote: Mon Jan 27, 2020 4:37
ini warisan dari kakek almarhum yang pernah saya ceritakan di halaman sebelumnya,
20200127_111416.jpg
20200127_111328.jpg
bisa jadi umur saya sama atau bahkan lebih muda dari fukung brand itu. tapi sampai saat ini belum pernah mengecewakan saya.
kalau yang 2 ini, lagi (lumayan) sering terpakai, merk wipro,
20200127_110957.jpg
20200127_112019.jpg
nah, buat buka mur/baut roda, sudah cukup pakai ini,
DIY itu modal nya niat, nekat ama pure hobby aj, sisanya ntar biar mengalir sendiri.. ane aj pertama kl bongkar timing cover ipah tuwir ane modal nekat doank, pipa bypass coolant ampe patah, ancurin seal2, ama buang duit ke mbok tukang urut pinggang..
selain nekat, akal pikiran logika sehat musti dipake juga.
dan bukti kalo DIY itu sangat baik, mbok tukang urut pinggang kebagian rejeki toh...?
DOHC wrote: Mon Jan 27, 2020 15:01
mbah, utk diperkosa level bengkel rumahan, impact gun nya si AEG awet ga ? trus kl buka baut kruk as bsa ga, palagi kruk as yg masi perawan belasan taon ga perna dibuka ?
itu AEG punya hopeng owe, tadinya dia pake buat muterin propeler mesin pesawat aeromodeling dowang. udah lebih dari setaun lalu owe copet dan dipaksa rodi buat buka mur/baut roda sama baut-baut keras, Alhamdulillah Puji Tuhan 98% berhasil menunaikan tugas.
baut kruk as depan? tergantung mobilnya mbah, ada beberapa mesin yang bukanya gampang banget kok... kalo yang keras minta ampun mau ga mau ya pake stang panjang sama pake SST dadakan buat nahan flywheel.
Haha... Emang kejadian ini, wong lawan kancingan bemper/fender ada yg model cungkil ama tusuk, nusuknya nggak kira2 ambles ilang itu klip [emoji28]. Pasang cable ties sambil muter2 toped hahaha.
Emang proper hand tools itu wajib ada untuk setiap jenis pekerjaan. Kalau pas bongkar stuck ya mbalik lagi nggak jadi hahaha...
Omnibus wrote:Hahaha lucu2 komennya
DIY jg harus punya mental ..... kuat mental kl sesuatu tdk berjalan dgn semestinya
mental utk mulai terbiasa dgn sumpah serapah keluar dr mulut secara otomatis pas ketemu baut yg susah dibuka
mental utk menahan kekecewaan yg mendalam pas mur baut jatuh tp nyangkut ga tau dimana
Beberapa channel ini memang jadi rujukan om. sama beberapa channel lokal buat motor.
Omnibus wrote:
indeskey wrote: Mon Jan 27, 2020 12:05
Nggak video sih om, cukup foto2 dan langkah2 hehe.
Saya sih cuma ganti oli mesin ama cvt, bersihin tb dari semprot skg lap2 doang. Semprot ait sama map. Kuras minyak rem sekalian ngasih grease caliper. Isi freon ac. Terakhir tambal ban hahaha.
nih om bbrp cenel yg bagus, detail dan menurut sy cara2nya proper, ada South Main Auto, Fix It Angel, ChrisFix. Yg lbh advance ada DiagnoseDan. Kl diagnosis tingkat dewa ada ScannerDanner. Tontonin aja semua videonya dijamin jago deh om.... hehehe
indeskey wrote: Tue Jan 28, 2020 0:52
Haha... Emang kejadian ini, wong lawan kancingan bemper/fender ada yg model cungkil ama tusuk, nusuknya nggak kira2 ambles ilang itu klip [emoji28]. Pasang cable ties sambil muter2 toped hahaha.
Emang proper hand tools itu wajib ada untuk setiap jenis pekerjaan. Kalau pas bongkar stuck ya mbalik lagi nggak jadi hahaha...
nah ntu dia, pernah mau ganti oli gardan apa transmisi gitu lupa, drain plug nya ga bisa ngebuka krn ga punya kuncinya, mbalik lagi ga jadi. Om DOHC bilang sy niat kumpulin tools ya gara2 kejadian gini ..... apalagi kl udah setengah jalan baru stuck .... hahahaha asemmmm
indeskey wrote: Tue Jan 28, 2020 0:57
Beberapa channel ini memang jadi rujukan om. sama beberapa channel lokal buat motor.
@ Omnibus, ini hand pump yang biasa dipakai buat isi oli transmisi dan gardan,
20200128_085623.jpg
saya rubah bagian belakangnya yang sebelumnya oli musti dipompa manual dengan tangan, sekarang tinggal colok selang dari kompresor dan tugas kraan mengatur aliran udaranya,
20200128_085637.jpg
20200128_090421.jpg
musti berhati-hati saat muter kraan, kalau tidak, bisa pesta oli gardan.....
josomba wrote: Mon Jan 27, 2020 16:12
Mudah2an mobil owe ndak perlu dites pake alat terakhir ngana......
oooo.... itu bisa buat test knalpot mobil ngana bocor apa tidak. langsung ketauan.
Omnibus wrote: Mon Jan 27, 2020 22:29
Hahaha lucu2 komennya
DIY jg harus punya mental ..... kuat mental kl sesuatu tdk berjalan dgn semestinya
mental utk mulai terbiasa dgn sumpah serapah keluar dr mulut secara otomatis pas ketemu baut yg susah dibuka
mental utk menahan kekecewaan yg mendalam pas mur baut jatuh tp nyangkut ga tau dimana
sumpah serapah seperti kapten haddock dan kalimat-kalimat kebon binatang sudah barang tentu jadi menu utama saat lagi putus asa...
Omnibus wrote: Tue Jan 28, 2020 1:10
nah ntu dia, pernah mau ganti oli gardan apa transmisi gitu lupa, drain plug nya ga bisa ngebuka krn ga punya kuncinya,
-
jamannya belum kenal kunci trelek ukuran 3/8", saya buka drain plug transmisi carry pake as gagang pintu. langsung masuk plek tinggal jepit pake vise grip.... hehehehe....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
marmut wrote: Tue Jan 28, 2020 2:21@ Omnibus, ini hand pump yang biasa dipakai buat isi oli transmisi dan gardan,
20200128_085623.jpg
saya rubah bagian belakangnya yang sebelumnya oli musti dipompa manual dengan tangan, sekarang tinggal colok selang dari kompresor dan tugas kraan mengatur aliran udaranya,
20200128_085637.jpg
20200128_090421.jpg
musti berhati-hati saat muter kraan, kalau tidak, bisa pesta oli gardan.....
kreatif tenan ente om ..... ntar mau ikutin ah idenya. he he
sumpah serapah seperti kapten haddock dan kalimat-kalimat kebon binatang sudah barang tentu jadi menu utama saat lagi putus asa...
jamannya belum kenal kunci trelek ukuran 3/8", saya buka drain plug transmisi carry pake as gagang pintu. langsung masuk plek tinggal jepit pake vise grip.... hehehehe....
itu drain plug 'kotak dalam' ukurannya bisa macem2 ternyata om .... belum lagi yg hex segi enam. malah citroen itu bentuknya segitiga. di foto bahco drain plug socket sy itu ada semua jenis. ya ga pernah punya citroen sih dan kayanya ga akan beli citroen juga, pokoknya tools nya ada dulu aja .....
itu drain plug 'kotak dalam' ukurannya bisa macem2 ternyata om .... belum lagi yg hex segi enam. malah citroen itu bentuknya segitiga. di foto bahco drain plug socket sy itu ada semua jenis. ya ga pernah punya citroen sih dan kayanya ga akan beli citroen juga, pokoknya tools nya ada dulu aja .....
untung saya ngga pernah tertarik sama sitrun, nggilani.....
kalo drain plug jejepangan umumnya antara 3/8" atau 1/2", saya langsung pake trelek aja bisa pas. yang konyol bmw, drain plug transmisi sama gardan ada yang pake L14 sama L17. males beli, saya bikin dari baut, yang penting fungsinya....
Mumpung ingat.
Kalo tools khusus buat megangin klem selang radiator ada gak sih?
Selama ini kalo ngelepas klem selang radiator saya pake tang (plier) bengkok, trus saya pindahin ke pralon 2".
Kenapa mesti dipindahin ke pralon? Krn kalo dibiarin lepas gitu aja (ditaro di lantai), itu pas jepit ulang kalo mo dipasang, 90% kemungkinan pasti kepleset trus mental entah ke mana.
Begitu juga kalo mindahin ke pralon, atau dari pralon mo dipasang lagi, pasti deg2xan takut mental.