Koleksi hand tools [Part 11]
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
Mbah Yanuaraa dan sesepuh disini om DOHC, om Marmut, om Omnibus, om Blloewy, om Gentongxz
Dan yang lain
Tolong tanya, kalau grease ini Timken Moly GR 219 cocoknya untuk daerah mana?
Apakah cocok untuk Ball joint, long tie rod dan rackteer?
https://www.tokopedia.com/surgaboys/gre ... vf%3Dfalse
Dan yang lain
Tolong tanya, kalau grease ini Timken Moly GR 219 cocoknya untuk daerah mana?
Apakah cocok untuk Ball joint, long tie rod dan rackteer?
https://www.tokopedia.com/surgaboys/gre ... vf%3Dfalse
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
kl ngana kan liat diri sendiri n baju milik sendiri pasti langsung ngehDOHC wrote: Thu Jul 14, 2022 9:42mata ngana kurang tajem berarti
kita orang aj ud ngeh liat makanya diemin dr kmaren![]()
![]()
btw, itu waktu kita orang lg mantau sekitar bengkel hyundai, siapa tau ad yg bsa ta paranin malem2 , ehh malah ke gep ketauan![]()
![]()
![]()
![]()

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
pertanyaan kaya gini kl pabrik mobil nanya ke engineering consultant bayarannya gede nih ...DOHC wrote: Thu Jul 14, 2022 9:45mbah
misal termostat itu buka nya di 86 derajat, trus fan baru idup di 100 derajat, maka otomatis suhu kerja mesin di kisaran 90an nyaris 100 derajat kan
nahh skrg misalnya ad coolant yg titik didih nya 105 ama 130, apakah yg 105 bakal bkin mesin lebi panas (scara dia lebi gampang mendidih) ktimbang yg 130 (karena ia lebi susah mendidih ) ??![]()
![]()

to make the boring story short (kl kata Car Ninja), ada kemungkinan bikin lbh panas pantad krn udah deket titik didih n sebagian mungkin (di water jacket closest to top cylinder) sdh mulai masuk state overheated steam. krn udah jd uap dia udah ga sebagus yg msh dlm state liquid dlm hal heat transfer. belom lagi faktor konsentrasi coolant (coolant < water dlm hal heat transfer) n heat soak kl diperhitungkan juga.
sebenernya harusnya pertanyaan ke mbah taufik ini. mbah taufik barangkali mau jawab mendetail?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
wuanjirrrr
wagonklasse pula
ini kan harga janda nya jg burem nehh
serem bener si mbah skrg mobil2 nya



numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
hmmmOmnibus wrote: Thu Jul 14, 2022 11:39pertanyaan kaya gini kl pabrik mobil nanya ke engineering consultant bayarannya gede nih ...DOHC wrote: Thu Jul 14, 2022 9:45mbah
misal termostat itu buka nya di 86 derajat, trus fan baru idup di 100 derajat, maka otomatis suhu kerja mesin di kisaran 90an nyaris 100 derajat kan
nahh skrg misalnya ad coolant yg titik didih nya 105 ama 130, apakah yg 105 bakal bkin mesin lebi panas (scara dia lebi gampang mendidih) ktimbang yg 130 (karena ia lebi susah mendidih ) ??![]()
![]()
to make the boring story short (kl kata Car Ninja), ada kemungkinan bikin lbh panas pantad krn udah deket titik didih n sebagian mungkin (di water jacket closest to top cylinder) sdh mulai masuk state overheated steam. krn udah jd uap dia udah ga sebagus yg msh dlm state liquid dlm hal heat transfer. belom lagi faktor konsentrasi coolant (coolant < water dlm hal heat transfer) n heat soak kl diperhitungkan juga.
sebenernya harusnya pertanyaan ke mbah taufik ini. mbah taufik barangkali mau jawab mendetail?
berarti wajip ganti ke coolant yg lebi kentel ya mbah.. hmm ya ya
mbah taufik mah mancing nya pake TW stw tuh
Last edited by DOHC on Thu Jul 14, 2022 11:57, edited 1 time in total.
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
nahh ini coba nanya ke mbah 69 deh, scara dia diem2 insinyur nya enjin2 daihatsublloewy wrote: Thu Jul 14, 2022 10:42Nubie coba jawab...DOHC wrote: Thu Jul 14, 2022 9:45mbah
misal termostat itu buka nya di 86 derajat, trus fan baru idup di 100 derajat, maka otomatis suhu kerja mesin di kisaran 90an nyaris 100 derajat kan
nahh skrg misalnya ad coolant yg titik didih nya 105 ama 130, apakah yg 105 bakal bkin mesin lebi panas (scara dia lebi gampang mendidih) ktimbang yg 130 (karena ia lebi susah mendidih ) ??![]()
![]()
Batas temperature overheatnya nyala.brp dulu mbah?
![]()


ampe suhu brapa fan nyala aj ybs tau
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
Profith83 wrote: Thu Jul 14, 2022 10:55 Mbah Yanuaraa dan sesepuh disini om DOHC, om Marmut, om Omnibus, om Blloewy, om Gentongxz
Dan yang lain
Tolong tanya, kalau grease ini Timken Moly GR 219 cocoknya untuk daerah mana?
Apakah cocok untuk Ball joint, long tie rod dan rackteer?
https://www.tokopedia.com/surgaboys/gre ... vf%3Dfalse
ada di antara part 2 sampai 8. coba cari lagi. lengkap kok penjelasannya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
Saya setuju om Omni. Tujuan titik didih tinggi supaya tidak terjadi gelembung, supaya permukaan besi yang panas tetap nempel 100% sama coolant, sehingga heat transfer lebih cepat.DOHC wrote: Thu Jul 14, 2022 11:55hmmmOmnibus wrote: Thu Jul 14, 2022 11:39pertanyaan kaya gini kl pabrik mobil nanya ke engineering consultant bayarannya gede nih ...DOHC wrote: Thu Jul 14, 2022 9:45
mbah
misal termostat itu buka nya di 86 derajat, trus fan baru idup di 100 derajat, maka otomatis suhu kerja mesin di kisaran 90an nyaris 100 derajat kan
nahh skrg misalnya ad coolant yg titik didih nya 105 ama 130, apakah yg 105 bakal bkin mesin lebi panas (scara dia lebi gampang mendidih) ktimbang yg 130 (karena ia lebi susah mendidih ) ??![]()
![]()
to make the boring story short (kl kata Car Ninja), ada kemungkinan bikin lbh panas pantad krn udah deket titik didih n sebagian mungkin (di water jacket closest to top cylinder) sdh mulai masuk state overheated steam. krn udah jd uap dia udah ga sebagus yg msh dlm state liquid dlm hal heat transfer. belom lagi faktor konsentrasi coolant (coolant < water dlm hal heat transfer) n heat soak kl diperhitungkan juga.
sebenernya harusnya pertanyaan ke mbah taufik ini. mbah taufik barangkali mau jawab mendetail?
berarti wajip ganti ke coolant yg lebi kentel ya mbah.. hmm ya ya
mbah taufik mah mancing nya pake TW stw tuh
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4040
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
Menurut nubi lanjut pake yg titik didih 105 aja mbah.. heat transfernya lebih bagus dibanding yg 130 ntuh..DOHC wrote: Thu Jul 14, 2022 9:45mbah
misal termostat itu buka nya di 86 derajat, trus fan baru idup di 100 derajat, maka otomatis suhu kerja mesin di kisaran 90an nyaris 100 derajat kan
nahh skrg misalnya ad coolant yg titik didih nya 105 ama 130, apakah yg 105 bakal bkin mesin lebi panas (scara dia lebi gampang mendidih) ktimbang yg 130 (karena ia lebi susah mendidih ) ??![]()
![]()
Krn heat transfernya lebih optimum maka lebih bagus buat jaga suhu kerja mesin.. otomatis jg jauh dri mendidih sih itu coolantnya (asumsi cooling system normal).
Kalau pakenya 130 ya iya titik didih mmg lebih tinggi. Namun heat transfer lebih lambat.. akibatnya suhu kerja mesin kemungkinan jd lebih tinggi.
Ini sekedar pemikiran nubitol ya mbah, bkn by data

Jd tinggal pilih mau suhu kerja mesin normal apa suhu kerja mesin sedikit lebih tinggi

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4040
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
Grease bagus itu mbah.. ada kandungan molybdenum disulfide nya.. boleh aja dipake di papan gilesan ituProfith83 wrote: Thu Jul 14, 2022 10:55 Mbah Yanuaraa dan sesepuh disini om DOHC, om Marmut, om Omnibus, om Blloewy, om Gentongxz
Dan yang lain
Tolong tanya, kalau grease ini Timken Moly GR 219 cocoknya untuk daerah mana?
Apakah cocok untuk Ball joint, long tie rod dan rackteer?
https://www.tokopedia.com/surgaboys/gre ... vf%3Dfalse

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
jawaban bagus mbahyanuarra wrote: Thu Jul 14, 2022 12:50Menurut nubi lanjut pake yg titik didih 105 aja mbah.. heat transfernya lebih bagus dibanding yg 130 ntuh..DOHC wrote: Thu Jul 14, 2022 9:45mbah
misal termostat itu buka nya di 86 derajat, trus fan baru idup di 100 derajat, maka otomatis suhu kerja mesin di kisaran 90an nyaris 100 derajat kan
nahh skrg misalnya ad coolant yg titik didih nya 105 ama 130, apakah yg 105 bakal bkin mesin lebi panas (scara dia lebi gampang mendidih) ktimbang yg 130 (karena ia lebi susah mendidih ) ??![]()
![]()
Krn heat transfernya lebih optimum maka lebih bagus buat jaga suhu kerja mesin.. otomatis jg jauh dri mendidih sih itu coolantnya (asumsi cooling system normal).
Kalau pakenya 130 ya iya titik didih mmg lebih tinggi. Namun heat transfer lebih lambat.. akibatnya suhu kerja mesin kemungkinan jd lebih tinggi.
Ini sekedar pemikiran nubitol ya mbah, bkn by data![]()
Jd tinggal pilih mau suhu kerja mesin normal apa suhu kerja mesin sedikit lebih tinggi![]()
biar bingung si mbah delko sama fitur heater seat yg ga bisa di turn off.

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 351
- Joined: Mon May 27, 2019 13:07
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
Mau titik 105º atau 130º harusnya ga perlu takut mendidih sih kalau masih di sekitaran 90º-100º, karena kan ada tutup yang bisa nahan tekanan. Kalau pake tutup 0,9 atm misalnya bisa jadi naik titik didihnya dari 105º jadi 120º.DOHC wrote: Thu Jul 14, 2022 9:45mbah
misal termostat itu buka nya di 86 derajat, trus fan baru idup di 100 derajat, maka otomatis suhu kerja mesin di kisaran 90an nyaris 100 derajat kan
nahh skrg misalnya ad coolant yg titik didih nya 105 ama 130, apakah yg 105 bakal bkin mesin lebi panas (scara dia lebi gampang mendidih) ktimbang yg 130 (karena ia lebi susah mendidih ) ??![]()
![]()
Terkait pandad panas bingung juga sih... apa karena transfer panas lebih bagus jadinya lebih banyak panas yang kebuang sama radiator jadinya udara lebih panas, tapi kan radiator ada di bemper ya...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
lha ybs memang duduk diatas radiator mbah........ mangkanya cross joint-nya mateng kaya ndog asin di pinggiran jalan raya brebes.

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
nerugaayanuarra wrote: Thu Jul 14, 2022 12:50Menurut nubi lanjut pake yg titik didih 105 aja mbah.. heat transfernya lebih bagus dibanding yg 130 ntuh..DOHC wrote: Thu Jul 14, 2022 9:45mbah
misal termostat itu buka nya di 86 derajat, trus fan baru idup di 100 derajat, maka otomatis suhu kerja mesin di kisaran 90an nyaris 100 derajat kan
nahh skrg misalnya ad coolant yg titik didih nya 105 ama 130, apakah yg 105 bakal bkin mesin lebi panas (scara dia lebi gampang mendidih) ktimbang yg 130 (karena ia lebi susah mendidih ) ??![]()
![]()
Krn heat transfernya lebih optimum maka lebih bagus buat jaga suhu kerja mesin.. otomatis jg jauh dri mendidih sih itu coolantnya (asumsi cooling system normal).
Kalau pakenya 130 ya iya titik didih mmg lebih tinggi. Namun heat transfer lebih lambat.. akibatnya suhu kerja mesin kemungkinan jd lebih tinggi.
Ini sekedar pemikiran nubitol ya mbah, bkn by data![]()
Jd tinggal pilih mau suhu kerja mesin normal apa suhu kerja mesin sedikit lebih tinggi![]()


kl gt tetep stick di coolant encer aj d mbah


numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
nahh iniiiTaufiq6210 wrote: Thu Jul 14, 2022 13:18Mau titik 105º atau 130º harusnya ga perlu takut mendidih sih kalau masih di sekitaran 90º-100º, karena kan ada tutup yang bisa nahan tekanan. Kalau pake tutup 0,9 atm misalnya bisa jadi naik titik didihnya dari 105º jadi 120º.DOHC wrote: Thu Jul 14, 2022 9:45mbah
misal termostat itu buka nya di 86 derajat, trus fan baru idup di 100 derajat, maka otomatis suhu kerja mesin di kisaran 90an nyaris 100 derajat kan
nahh skrg misalnya ad coolant yg titik didih nya 105 ama 130, apakah yg 105 bakal bkin mesin lebi panas (scara dia lebi gampang mendidih) ktimbang yg 130 (karena ia lebi susah mendidih ) ??![]()
![]()
Terkait pandad panas bingung juga sih... apa karena transfer panas lebih bagus jadinya lebih banyak panas yang kebuang sama radiator jadinya udara lebih panas, tapi kan radiator ada di bemper ya...
baru keingetan
berarti jangan2 masalanya di insulator dek ama korsi yg ud sobek atau ancur kl


numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
kl gitu bok0ng jij hrs dilapisin alumunium foil.DOHC wrote: Thu Jul 14, 2022 13:58nahh iniiiTaufiq6210 wrote: Thu Jul 14, 2022 13:18Mau titik 105º atau 130º harusnya ga perlu takut mendidih sih kalau masih di sekitaran 90º-100º, karena kan ada tutup yang bisa nahan tekanan. Kalau pake tutup 0,9 atm misalnya bisa jadi naik titik didihnya dari 105º jadi 120º.DOHC wrote: Thu Jul 14, 2022 9:45
mbah
misal termostat itu buka nya di 86 derajat, trus fan baru idup di 100 derajat, maka otomatis suhu kerja mesin di kisaran 90an nyaris 100 derajat kan
nahh skrg misalnya ad coolant yg titik didih nya 105 ama 130, apakah yg 105 bakal bkin mesin lebi panas (scara dia lebi gampang mendidih) ktimbang yg 130 (karena ia lebi susah mendidih ) ??![]()
![]()
Terkait pandad panas bingung juga sih... apa karena transfer panas lebih bagus jadinya lebih banyak panas yang kebuang sama radiator jadinya udara lebih panas, tapi kan radiator ada di bemper ya...
baru keingetan
berarti jangan2 masalanya di insulator dek ama korsi yg ud sobek atau ancur kl![]()
![]()
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
mbah
btw si sreten dah beli biem baru lg tuh, and damnn, he 's just 31 and already living up my dream


numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
baru 31 ya? tua bener kirain udah > 37 gitu ya
living up your dream? yakin mbah muka mau kecipratan washer fluid basi? wakakakaka
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
Lupa dulu mbah pernah rekomen pennzoil. Maafin yah pelupa saya.yanuarra wrote: Thu Jul 14, 2022 12:55Grease bagus itu mbah.. ada kandungan molybdenum disulfide nya.. boleh aja dipake di papan gilesan ituProfith83 wrote: Thu Jul 14, 2022 10:55 Mbah Yanuaraa dan sesepuh disini om DOHC, om Marmut, om Omnibus, om Blloewy, om Gentongxz
Dan yang lain
Tolong tanya, kalau grease ini Timken Moly GR 219 cocoknya untuk daerah mana?
Apakah cocok untuk Ball joint, long tie rod dan rackteer?
https://www.tokopedia.com/surgaboys/gre ... vf%3Dfalse![]()
Ada pendapat mbah, bagus mana timken sama penzoil?
Kalau dari gambarnya saya lihat penzoil ada mobil MPV, truck, trailler dan tertulis jelas untuk ball joint.
Baru sadar kemarin lihat lihat.
Tapi terlanjur beli mau dibuat grease apa
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
marmut wrote: Thu Jul 14, 2022 13:35
lha ybs memang duduk diatas radiator mbah........ mangkanya cross joint-nya mateng kaya ndog asin di pinggiran jalan raya brebes.
![]()



-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
Mobil apa mbah kok ada panas di bawah kursi?DOHC wrote: Thu Jul 14, 2022 13:58nahh iniiiTaufiq6210 wrote: Thu Jul 14, 2022 13:18Mau titik 105º atau 130º harusnya ga perlu takut mendidih sih kalau masih di sekitaran 90º-100º, karena kan ada tutup yang bisa nahan tekanan. Kalau pake tutup 0,9 atm misalnya bisa jadi naik titik didihnya dari 105º jadi 120º.DOHC wrote: Thu Jul 14, 2022 9:45
mbah
misal termostat itu buka nya di 86 derajat, trus fan baru idup di 100 derajat, maka otomatis suhu kerja mesin di kisaran 90an nyaris 100 derajat kan
nahh skrg misalnya ad coolant yg titik didih nya 105 ama 130, apakah yg 105 bakal bkin mesin lebi panas (scara dia lebi gampang mendidih) ktimbang yg 130 (karena ia lebi susah mendidih ) ??![]()
![]()
Terkait pandad panas bingung juga sih... apa karena transfer panas lebih bagus jadinya lebih banyak panas yang kebuang sama radiator jadinya udara lebih panas, tapi kan radiator ada di bemper ya...
baru keingetan
berarti jangan2 masalanya di insulator dek ama korsi yg ud sobek atau ancur kl![]()
![]()
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 734
- Joined: Sat Sep 19, 2015 17:13
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
untuk ball joint kayaknya dah bisa itu mbah..,NLGI 2 extreme pressure ( EP) ,dah ada moly 5%Profith83 wrote: Thu Jul 14, 2022 10:55 Mbah Yanuaraa dan sesepuh disini om DOHC, om Marmut, om Omnibus, om Blloewy, om Gentongxz
Dan yang lain
Tolong tanya, kalau grease ini Timken Moly GR 219 cocoknya untuk daerah mana?
Apakah cocok untuk Ball joint, long tie rod dan rackteer?
https://www.tokopedia.com/surgaboys/gre ... vf%3Dfalse

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 734
- Joined: Sat Sep 19, 2015 17:13
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
pakai ini mbah .. di jamin dingin ..,ampe dua bola pingpong membeku...Omnibus wrote: Thu Jul 14, 2022 14:59kl gitu bok0ng jij hrs dilapisin alumunium foil.DOHC wrote: Thu Jul 14, 2022 13:58nahh iniiiTaufiq6210 wrote: Thu Jul 14, 2022 13:18
Mau titik 105º atau 130º harusnya ga perlu takut mendidih sih kalau masih di sekitaran 90º-100º, karena kan ada tutup yang bisa nahan tekanan. Kalau pake tutup 0,9 atm misalnya bisa jadi naik titik didihnya dari 105º jadi 120º.
Terkait pandad panas bingung juga sih... apa karena transfer panas lebih bagus jadinya lebih banyak panas yang kebuang sama radiator jadinya udara lebih panas, tapi kan radiator ada di bemper ya...
baru keingetan
berarti jangan2 masalanya di insulator dek ama korsi yg ud sobek atau ancur kl![]()
![]()





You do not have the required permissions to view the files attached to this post.