Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
carfreak89 wrote: Mon Jan 17, 2022 17:03
Hola tolong tanya dong suhu2 disini.. untuk mesin subaru sti ej257 di manual book req nya 5w30, saya selama ini pakai liquimoly toptec 4605 5w30.. nah ini saya pengen cobain ganti ke ptt syn 5w30 aman ngga ya buat mesin turbo? Thank u
Subaru awd turbo, STI pula
minimal kiu eight 5w30 dex 1 gen 2
Krn mesin turbo, max per 7rb km ganti nya
Oo kl turbo better dex 1 gen 2 ya gan? Dulu pake q8 ft8700 di 2gd oli enak sih pake sampe 9000an.. tapi terakhir mau beli lagi sisa stok lama ama barangnya kosong2 katanya importirnya lg problem apa gmn gitu akhirnya ganti pake ptt.. skg q8 uda banyak lg ya di pasaran?
Iya kl ganti olinya saya buat setahun sekali paling jalan cuma 2000-3000 km aja..
Turbo bensin , direct inject kalo cc kecil dibawah 1500cc harus pake yang dex 1 gen 2. Kalo belom direct injection pake dexos 1 gen 1 kita sama dexos 2 juga gak masalah.
Ft8700 udah lama discontinue, digantikan dengan 8800 dan 8900. So far kita gak ada problem supply chain sih, barang selalu rutin masuk.
Cobain aja gan, 8800 even better than 8700
carfreak89 wrote: Mon Jan 17, 2022 17:03
Hola tolong tanya dong suhu2 disini.. untuk mesin subaru sti ej257 di manual book req nya 5w30, saya selama ini pakai liquimoly toptec 4605 5w30.. nah ini saya pengen cobain ganti ke ptt syn 5w30 aman ngga ya buat mesin turbo? Thank u
Ini masih stock ato udah modif dan remap? Dan pemakaian seperti apa, apakah suka trackday?
Fully stock.. ga ada remap.. pemakaian buat daily aja, kota2 sama luar kota.. bukan buat trackday gan.. biasa interval 1 thn sekali, pemakaian 3000an.. q8 rekomen yg seri apa gan?
Kalo fully stock sih udah debest yang di recommend tadi Special D1 5w30(dexos 1 gen 2) atau G long life 5w30 (dexos 2 gen 1) juga bagus.
sahabatq8 wrote: Tue Jan 18, 2022 1:28
Ini masih stock ato udah modif dan remap? Dan pemakaian seperti apa, apakah suka trackday?
Fully stock.. ga ada remap.. pemakaian buat daily aja, kota2 sama luar kota.. bukan buat trackday gan.. biasa interval 1 thn sekali, pemakaian 3000an.. q8 rekomen yg seri apa gan?
Kalo fully stock sih udah debest yang di recommend tadi Special D1 5w30(dexos 1 gen 2) atau G long life 5w30 (dexos 2 gen 1) juga bagus.
untuk dex 1 gen 2 dan dex 2 gen 1 perbedaan speknya jauh ya om?
carfreak89 wrote: Tue Jan 18, 2022 2:10
Fully stock.. ga ada remap.. pemakaian buat daily aja, kota2 sama luar kota.. bukan buat trackday gan.. biasa interval 1 thn sekali, pemakaian 3000an.. q8 rekomen yg seri apa gan?
Kalo fully stock sih udah debest yang di recommend tadi Special D1 5w30(dexos 1 gen 2) atau G long life 5w30 (dexos 2 gen 1) juga bagus.
untuk dex 1 gen 2 dan dex 2 gen 1 perbedaan speknya jauh ya om?
Beda use sih, kalo mobil normal mesin skyactive mazda misalnya ato mesin toyota duaduanya bisa. Tapi kalo di civic turbo, crv turbo (karena turbo , direct injection, cc 1500) perlu oli yang anti-lspi. Nah dexos 1 gen 2 itu udah comply anti-lspi. Mobil tersebut yang butuh oli khusus kalo dikasih oli biasa , mesinnya akan seperti knocking halus di rpm rendah jadi lebih cepet rusak mesinnya.
Poster LSPI-01.png
Kalo g long life (dexos 2) itu juga bisa untuk bensin dan diesel, jadi kalo kyk bmw 520d itu pakenya g long life.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
sahabatq8 wrote:
Kalo fully stock sih udah debest yang di recommend tadi Special D1 5w30(dexos 1 gen 2) atau G long life 5w30 (dexos 2 gen 1) juga bagus.
untuk dex 1 gen 2 dan dex 2 gen 1 perbedaan speknya jauh ya om?
Beda use sih, kalo mobil normal mesin skyactive mazda misalnya ato mesin toyota duaduanya bisa. Tapi kalo di civic turbo, crv turbo (karena turbo , direct injection, cc 1500) perlu oli yang anti-lspi. Nah dexos 1 gen 2 itu udah comply anti-lspi. Mobil tersebut yang butuh oli khusus kalo dikasih oli biasa , mesinnya akan seperti knocking halus di rpm rendah jadi lebih cepet rusak mesinnya.
Poster LSPI-01.png
Kalo g long life (dexos 2) itu juga bisa untuk bensin dan diesel, jadi kalo kyk bmw 520d itu pakenya g long life.
Subaru awd turbo, STI pula
minimal kiu eight 5w30 dex 1 gen 2
Krn mesin turbo, max per 7rb km ganti nya
Oo kl turbo better dex 1 gen 2 ya gan? Dulu pake q8 ft8700 di 2gd oli enak sih pake sampe 9000an.. tapi terakhir mau beli lagi sisa stok lama ama barangnya kosong2 katanya importirnya lg problem apa gmn gitu akhirnya ganti pake ptt.. skg q8 uda banyak lg ya di pasaran?
Iya kl ganti olinya saya buat setahun sekali paling jalan cuma 2000-3000 km aja..
Kalau dexos 1 gen 2 khusus bensin toh?
Ya bs pake Q8 atau kalau mau hemat ya pake GMtech aja, harga setengah, tapi 8 bulan ganti lah..
Aslinya sih semua oli bisa aja, yang penting asli. Cuma harus diingat oli murah biasa feel + OCI nya ga sebagus oli mahal.
iya kayanya jangan yg murah2 banget deh.. biar lebih aman sayang mesinnya
Subaru awd turbo, STI pula
minimal kiu eight 5w30 dex 1 gen 2
Krn mesin turbo, max per 7rb km ganti nya
Oo kl turbo better dex 1 gen 2 ya gan? Dulu pake q8 ft8700 di 2gd oli enak sih pake sampe 9000an.. tapi terakhir mau beli lagi sisa stok lama ama barangnya kosong2 katanya importirnya lg problem apa gmn gitu akhirnya ganti pake ptt.. skg q8 uda banyak lg ya di pasaran?
Iya kl ganti olinya saya buat setahun sekali paling jalan cuma 2000-3000 km aja..
Klo dex1 gen2 itu oli yg didesign buat mesin bensin, mbah.
Q8 di sini ada juragan nya,
Sahabatq8
iya gan ini saya carinya kali ini buat mesin bensinnya subaru.. cuman dulu pengalaman pake q8 bagus.. hehehe..
Oo kl turbo better dex 1 gen 2 ya gan? Dulu pake q8 ft8700 di 2gd oli enak sih pake sampe 9000an.. tapi terakhir mau beli lagi sisa stok lama ama barangnya kosong2 katanya importirnya lg problem apa gmn gitu akhirnya ganti pake ptt.. skg q8 uda banyak lg ya di pasaran?
Iya kl ganti olinya saya buat setahun sekali paling jalan cuma 2000-3000 km aja..
Kalau dexos 1 gen 2 khusus bensin toh?
Ya bs pake Q8 atau kalau mau hemat ya pake GMtech aja, harga setengah, tapi 8 bulan ganti lah..
Aslinya sih semua oli bisa aja, yang penting asli. Cuma harus diingat oli murah biasa feel + OCI nya ga sebagus oli mahal.
iya kayanya jangan yg murah2 banget deh.. biar lebih aman sayang mesinnya
Oo kl turbo better dex 1 gen 2 ya gan? Dulu pake q8 ft8700 di 2gd oli enak sih pake sampe 9000an.. tapi terakhir mau beli lagi sisa stok lama ama barangnya kosong2 katanya importirnya lg problem apa gmn gitu akhirnya ganti pake ptt.. skg q8 uda banyak lg ya di pasaran?
Iya kl ganti olinya saya buat setahun sekali paling jalan cuma 2000-3000 km aja..
Klo dex1 gen2 itu oli yg didesign buat mesin bensin, mbah.
Q8 di sini ada juragan nya,
Sahabatq8
iya gan ini saya carinya kali ini buat mesin bensinnya subaru.. cuman dulu pengalaman pake q8 bagus.. hehehe..
iya mbah, ini subaru STI pula
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Subaru awd turbo, STI pula
minimal kiu eight 5w30 dex 1 gen 2
Krn mesin turbo, max per 7rb km ganti nya
Oo kl turbo better dex 1 gen 2 ya gan? Dulu pake q8 ft8700 di 2gd oli enak sih pake sampe 9000an.. tapi terakhir mau beli lagi sisa stok lama ama barangnya kosong2 katanya importirnya lg problem apa gmn gitu akhirnya ganti pake ptt.. skg q8 uda banyak lg ya di pasaran?
Iya kl ganti olinya saya buat setahun sekali paling jalan cuma 2000-3000 km aja..
Turbo bensin , direct inject kalo cc kecil dibawah 1500cc harus pake yang dex 1 gen 2. Kalo belom direct injection pake dexos 1 gen 1 kita sama dexos 2 juga gak masalah.
Ft8700 udah lama discontinue, digantikan dengan 8800 dan 8900. So far kita gak ada problem supply chain sih, barang selalu rutin masuk.
Cobain aja gan, 8800 even better than 8700
iye gan.. next time mau cobain lagi yg dieselnya q8.. udah sampe 8900 aja yah serinya ketinggalan jauh saya..
sahabatq8 wrote:
Kalo fully stock sih udah debest yang di recommend tadi Special D1 5w30(dexos 1 gen 2) atau G long life 5w30 (dexos 2 gen 1) juga bagus.
untuk dex 1 gen 2 dan dex 2 gen 1 perbedaan speknya jauh ya om?
Beda use sih, kalo mobil normal mesin skyactive mazda misalnya ato mesin toyota duaduanya bisa. Tapi kalo di civic turbo, crv turbo (karena turbo , direct injection, cc 1500) perlu oli yang anti-lspi. Nah dexos 1 gen 2 itu udah comply anti-lspi. Mobil tersebut yang butuh oli khusus kalo dikasih oli biasa , mesinnya akan seperti knocking halus di rpm rendah jadi lebih cepet rusak mesinnya.
Poster LSPI-01.png
Kalo g long life (dexos 2) itu juga bisa untuk bensin dan diesel, jadi kalo kyk bmw 520d itu pakenya g long life.
nah kl 2500 cc bensin turbo, lbh cocok pakai yg dex 1 gen 2 mestinya ya? kl buat sekali2 buat geber2an yg special d1 masih mumpuni kah? soalnya mesinnya mobil ini puanas banget hehehe..
Klo dex1 gen2 itu oli yg didesign buat mesin bensin, mbah.
Q8 di sini ada juragan nya,
Sahabatq8
iya gan ini saya carinya kali ini buat mesin bensinnya subaru.. cuman dulu pengalaman pake q8 bagus.. hehehe..
iya mbah, ini subaru STI pula
hehehe iyaa mbah.. lagi pengen cobain oli merk lain.. uda pake liquimoly 4 thn'an.. cuma mau cari yg lain ini kadang bingung soalnya bensin turbo jd coba tanya2 disini dulu, kl nonturbo mau cobain macem2 masih berani.. makasih ya infonya ntar saya cobain main2 ke lapaknya om sahabatq8..
carfreak89 wrote:
nah kl 2500 cc bensin turbo, lbh cocok pakai yg dex 1 gen 2 mestinya ya? kl buat sekali2 buat geber2an yg special d1 masih mumpuni kah? soalnya mesinnya mobil ini puanas banget hehehe..
2500cc turbo gak ada keperluan khusus jadi pake g long life yang dexos 2 juga bisa. 22nya sama cocok, tapi kalo g long life di Q8nya udah recommended buat race use. Kalau gebernya misalnya di tol aja, 5w30 kita sih gak masalah apa lagi mesin juga masih standard. Kalau mau dibawa ke sirkuit sekali sekali, bisa coba yang excel long life 0w40 proteksi mesin lebih bagus saat extrim panas.
Salah satu bengkel high performance yang kita masuk, ownernya juga pake sti, udah 500+ hp masih aman pake Q8
Punten suhu2 perlendiran, nubi mau nanya dong. Kalo misalnya kita ganti oli dan merek serta jenis oli yg dipake jg ikut ganti (gak sama gitu mereknya antara oli yg lama dan yang baru), itu ada perlu perlakuan khusus gak ya? Apa perlu di flush atau diapain dulu gitu?
Maapkeun kalo misalnya pertanyaannya konyol, maklum
rakyatwkwkland wrote: Tue Jan 18, 2022 6:55
Punten suhu2 perlendiran, nubi mau nanya dong. Kalo misalnya kita ganti oli dan merek serta jenis oli yg dipake jg ikut ganti (gak sama gitu mereknya antara oli yg lama dan yang baru), itu ada perlu perlakuan khusus gak ya? Apa perlu di flush atau diapain dulu gitu?
Maapkeun kalo misalnya pertanyaannya konyol, maklum
Oli mesin cukup ganti filter aja , kalo oli transmisi sebaiknya flush/kuras total.
carfreak89 wrote:
nah kl 2500 cc bensin turbo, lbh cocok pakai yg dex 1 gen 2 mestinya ya? kl buat sekali2 buat geber2an yg special d1 masih mumpuni kah? soalnya mesinnya mobil ini puanas banget hehehe..
2500cc turbo gak ada keperluan khusus jadi pake g long life yang dexos 2 juga bisa. 22nya sama cocok, tapi kalo g long life di Q8nya udah recommended buat race use. Kalau gebernya misalnya di tol aja, 5w30 kita sih gak masalah apa lagi mesin juga masih standard. Kalau mau dibawa ke sirkuit sekali sekali, bisa coba yang excel long life 0w40 proteksi mesin lebih bagus saat extrim panas.
Salah satu bengkel high performance yang kita masuk, ownernya juga pake sti, udah 500+ hp masih aman pake Q8
mantul gan
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
carfreak89 wrote:
nah kl 2500 cc bensin turbo, lbh cocok pakai yg dex 1 gen 2 mestinya ya? kl buat sekali2 buat geber2an yg special d1 masih mumpuni kah? soalnya mesinnya mobil ini puanas banget hehehe..
2500cc turbo gak ada keperluan khusus jadi pake g long life yang dexos 2 juga bisa. 22nya sama cocok, tapi kalo g long life di Q8nya udah recommended buat race use. Kalau gebernya misalnya di tol aja, 5w30 kita sih gak masalah apa lagi mesin juga masih standard. Kalau mau dibawa ke sirkuit sekali sekali, bisa coba yang excel long life 0w40 proteksi mesin lebih bagus saat extrim panas.
Salah satu bengkel high performance yang kita masuk, ownernya juga pake sti, udah 500+ hp masih aman pake Q8
oh siap iya harganya lumayan lebih murah yg g long life ye.. btw sy cek di tokoijo yg g long life tinggal 2 bj doang stoknya? iya cuma buat geber2 di tol aja, blm pernah turun sirkuit
dulu pernah coba pake 5w40 tapi jd lbh berat buat akselerasinya dibanding 30, mungkin 40 lbh stabil ya buat penguapan kl uda suhu panas? kan soalny ej25nya subaru bnyk yg makan oli..
wah mantep 500 hp +.. tp kl uda spec [cencored] gitu pakenya biasanya lbh kental lagi ga sih?
carfreak89 wrote:
nah kl 2500 cc bensin turbo, lbh cocok pakai yg dex 1 gen 2 mestinya ya? kl buat sekali2 buat geber2an yg special d1 masih mumpuni kah? soalnya mesinnya mobil ini puanas banget hehehe..
2500cc turbo gak ada keperluan khusus jadi pake g long life yang dexos 2 juga bisa. 22nya sama cocok, tapi kalo g long life di Q8nya udah recommended buat race use. Kalau gebernya misalnya di tol aja, 5w30 kita sih gak masalah apa lagi mesin juga masih standard. Kalau mau dibawa ke sirkuit sekali sekali, bisa coba yang excel long life 0w40 proteksi mesin lebih bagus saat extrim panas.
Salah satu bengkel high performance yang kita masuk, ownernya juga pake sti, udah 500+ hp masih aman pake Q8
oh siap iya harganya lumayan lebih murah yg g long life ye.. btw sy cek di tokoijo yg g long life tinggal 2 bj doang stoknya? iya cuma buat geber2 di tol aja, blm pernah turun sirkuit
dulu pernah coba pake 5w40 tapi jd lbh berat buat akselerasinya dibanding 30, mungkin 40 lbh stabil ya buat penguapan kl uda suhu panas? kan soalny ej25nya subaru bnyk yg makan oli..
wah mantep 500 hp +.. tp kl uda spec [cencored] gitu pakenya biasanya lbh kental lagi ga sih?
klo udah trackday sih main hi rpm terus.
bisa jadi itu oli w40 buat track day malah encernya = spt w20 yg dipakai dlm kondisi normal.
karena makin panas suhu mesin, makin encer oli nya.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
carfreak89 wrote:
nah kl 2500 cc bensin turbo, lbh cocok pakai yg dex 1 gen 2 mestinya ya? kl buat sekali2 buat geber2an yg special d1 masih mumpuni kah? soalnya mesinnya mobil ini puanas banget hehehe..
2500cc turbo gak ada keperluan khusus jadi pake g long life yang dexos 2 juga bisa. 22nya sama cocok, tapi kalo g long life di Q8nya udah recommended buat race use. Kalau gebernya misalnya di tol aja, 5w30 kita sih gak masalah apa lagi mesin juga masih standard. Kalau mau dibawa ke sirkuit sekali sekali, bisa coba yang excel long life 0w40 proteksi mesin lebih bagus saat extrim panas.
Salah satu bengkel high performance yang kita masuk, ownernya juga pake sti, udah 500+ hp masih aman pake Q8
oh siap iya harganya lumayan lebih murah yg g long life ye.. btw sy cek di tokoijo yg g long life tinggal 2 bj doang stoknya? iya cuma buat geber2 di tol aja, blm pernah turun sirkuit
dulu pernah coba pake 5w40 tapi jd lbh berat buat akselerasinya dibanding 30, mungkin 40 lbh stabil ya buat penguapan kl uda suhu panas? kan soalny ej25nya subaru bnyk yg makan oli..
wah mantep 500 hp +.. tp kl uda spec [cencored] gitu pakenya biasanya lbh kental lagi ga sih?
Stoknya lagi abis di official store kita, lusa restock. 500+ hp minimum pake 0w40. Kalo buat om cuma di tol-tol doang 5w30 udah bener, kalo 5w40 iya pasti lebih berat tarikannya.
rakyatwkwkland wrote: Tue Jan 18, 2022 6:55
Punten suhu2 perlendiran, nubi mau nanya dong. Kalo misalnya kita ganti oli dan merek serta jenis oli yg dipake jg ikut ganti (gak sama gitu mereknya antara oli yg lama dan yang baru), itu ada perlu perlakuan khusus gak ya? Apa perlu di flush atau diapain dulu gitu?
Maapkeun kalo misalnya pertanyaannya konyol, maklum
Oli mesin cukup ganti filter aja , kalo oli transmisi sebaiknya flush/kuras total.
Siap mbah, terima kasih atas infonya. Ini cmn mau ganti oli mesin doang kok. Pingin nyoba ganti sama yg bagusan lah dari ecstar bawaan beres sijuki. Noted, berarti ganti filter seperti biasa dah cukup lah ya.
2500cc turbo gak ada keperluan khusus jadi pake g long life yang dexos 2 juga bisa. 22nya sama cocok, tapi kalo g long life di Q8nya udah recommended buat race use. Kalau gebernya misalnya di tol aja, 5w30 kita sih gak masalah apa lagi mesin juga masih standard. Kalau mau dibawa ke sirkuit sekali sekali, bisa coba yang excel long life 0w40 proteksi mesin lebih bagus saat extrim panas.
Salah satu bengkel high performance yang kita masuk, ownernya juga pake sti, udah 500+ hp masih aman pake Q8
oh siap iya harganya lumayan lebih murah yg g long life ye.. btw sy cek di tokoijo yg g long life tinggal 2 bj doang stoknya? iya cuma buat geber2 di tol aja, blm pernah turun sirkuit
dulu pernah coba pake 5w40 tapi jd lbh berat buat akselerasinya dibanding 30, mungkin 40 lbh stabil ya buat penguapan kl uda suhu panas? kan soalny ej25nya subaru bnyk yg makan oli..
wah mantep 500 hp +.. tp kl uda spec [cencored] gitu pakenya biasanya lbh kental lagi ga sih?
klo udah trackday sih main hi rpm terus.
bisa jadi itu oli w40 buat track day malah encernya = spt w20 yg dipakai dlm kondisi normal.
karena makin panas suhu mesin, makin encer oli nya.
Iya bener kl high rpm trs olinya mesti di kentelin ya panasnya luar biasa.. kl daily paling panas kena macet2an pas siang bin terik
2500cc turbo gak ada keperluan khusus jadi pake g long life yang dexos 2 juga bisa. 22nya sama cocok, tapi kalo g long life di Q8nya udah recommended buat race use. Kalau gebernya misalnya di tol aja, 5w30 kita sih gak masalah apa lagi mesin juga masih standard. Kalau mau dibawa ke sirkuit sekali sekali, bisa coba yang excel long life 0w40 proteksi mesin lebih bagus saat extrim panas.
Salah satu bengkel high performance yang kita masuk, ownernya juga pake sti, udah 500+ hp masih aman pake Q8
oh siap iya harganya lumayan lebih murah yg g long life ye.. btw sy cek di tokoijo yg g long life tinggal 2 bj doang stoknya? iya cuma buat geber2 di tol aja, blm pernah turun sirkuit
dulu pernah coba pake 5w40 tapi jd lbh berat buat akselerasinya dibanding 30, mungkin 40 lbh stabil ya buat penguapan kl uda suhu panas? kan soalny ej25nya subaru bnyk yg makan oli..
wah mantep 500 hp +.. tp kl uda spec [cencored] gitu pakenya biasanya lbh kental lagi ga sih?
Stoknya lagi abis di official store kita, lusa restock. 500+ hp minimum pake 0w40. Kalo buat om cuma di tol-tol doang 5w30 udah bener, kalo 5w40 iya pasti lebih berat tarikannya.
Tadi keliru liatnya yg g/d1 5w30 pantesan kok lbh murah banget.. Pas baca2 lagi baru sadar kl mestinya yg special g dex 2..
Iya buat harian enak pake yg 5w30 buat stop n go pun lbh enteng.. cuman emang sih ej25 ini riwayatnya banyak yg boros oli, untungnya punya sy aman.. coba pp sby-bali total hampir 500 km masih aman dlm batas wajar..
carfreak89 wrote: Tue Jan 18, 2022 7:45
oh siap iya harganya lumayan lebih murah yg g long life ye.. btw sy cek di tokoijo yg g long life tinggal 2 bj doang stoknya? iya cuma buat geber2 di tol aja, blm pernah turun sirkuit
dulu pernah coba pake 5w40 tapi jd lbh berat buat akselerasinya dibanding 30, mungkin 40 lbh stabil ya buat penguapan kl uda suhu panas? kan soalny ej25nya subaru bnyk yg makan oli..
wah mantep 500 hp +.. tp kl uda spec [cencored] gitu pakenya biasanya lbh kental lagi ga sih?
Stoknya lagi abis di official store kita, lusa restock. 500+ hp minimum pake 0w40. Kalo buat om cuma di tol-tol doang 5w30 udah bener, kalo 5w40 iya pasti lebih berat tarikannya.
Tadi keliru liatnya yg g/d1 5w30 pantesan kok lbh murah banget.. Pas baca2 lagi baru sadar kl mestinya yg special g dex 2..
Iya buat harian enak pake yg 5w30 buat stop n go pun lbh enteng.. cuman emang sih ej25 ini riwayatnya banyak yg boros oli, untungnya punya sy aman.. coba pp sby-bali total hampir 500 km masih aman dlm batas wajar..
Iya, kalo g/d1 kurang recommend buat mesin turbo high performance. Jauh lebih bagus G long life
om om semua, mau tanya dong siapa tahu ada yg paham
Mobil VW Tiguan 2013 saya, kl menurut buku manual kan oli nya bisa 5W-30 atau 5W-40, apa sih bedanya?
apa ada alasan tertentu kapan pakai yg 5W-30 dan kapan yg 5W-40?
vic9090 wrote: Sat Jan 22, 2022 8:27
om om semua, mau tanya dong siapa tahu ada yg paham
Mobil VW Tiguan 2013 saya, kl menurut buku manual kan oli nya bisa 5W-30 atau 5W-40, apa sih bedanya?
apa ada alasan tertentu kapan pakai yg 5W-30 dan kapan yg 5W-40?
terima kasih
5w40 lebih kental dari yang 5w30. Kalau misalnya pake 5w30 olinya cepet nguap karena panas, brati lebih baik dikasih 5w40. 5w40 dibanding 5w30 tarikan akan serasa sedikit lebih berat dan bbm lebih boros, tapi suara biasanya lebih halus.
Pengalaman saya sih untuk VW pake 5w30 yang bagus itu masih ok, kecuali kalo mesinnya di modif + untuk track.
Kalau mau liat liat boleh liat produk Q8 namanya VX long life itu oli komplit approval vwnya.