Klo pelat kuning dapet subsidi, malah lebih menguntungkan jualan bbm subsidi ntar... Anyway, kebijakan 2 harga spt ini sangat rawan penyelewengan, juga tidak fair. Sama2 bayar pajak, sama2 punya tanggung jawab kepada negara kok satu golongan dapet kemudahan lebih. Maksudnya jualan bbm subsidi itu nggak cuma ke pemakai pribadi, tapi ke industri, yg ada di perbatasan juga jualan ke negara tetangga.DOHC wrote:yah bgitulah kbijakan nya si kurus.... ribet dan agak aneh.... masi tahapan pencitraan kali...
mendingan terapin aj aturan yg lebi simple... mobil pelat hitam, pelat merah wajib non subsidi, pelat kuning dpt premios harga subsidi..mobil2 angkutan barang pelat hitam, ada mekanisme (bsa brupa kupon atau jatah per minggu) utk dapetin bbm subsidi terbatas... ribet tp at least bkin rada susah penyelewengan bbm subsidi ini.... beress.... persoalan takut ntuh pelat kuning atau angkutan malah jadi jualan bensin eceran, yaelah, brapa banyak sehh pengguna mobil pribadi mau beli bensin literan tuang sebtol2 tiap kali ngisi bbm...
atau kalo doi doyan make kartu2 ini itu... nahh bkin lah kartu jatah bensin utk pihak2 yg tertentu... trus harga non subsidi di lepas ke harga pasar dan di update tiap ari...
Belum lagi nanti accountingnya di SPBU, di depot, kalau lakunya non subsidi tapi ngakunya subsidi, sama aja negara rugi duitnya masuk ke pengusaha nakal. Cost nya tinggi banget utk implementasi jualan produk sama tapi harga beda.