Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

tzalie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 124
Joined: Tue Sep 04, 2007 12:12

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by tzalie »

Isinya jadi kurang menarik nih.....kenapa yg punya freed jarang ada komentarnya ya? :big_peace:
Mana nih sharingnya????
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by jalu »

mumpung lagi rame bahas masalah dar der dor crash test...nubie ingin bertanya.....

Jika suatu mobil merek A...dengan ketebalan plat 0.6 lalu dilakukan crash test dan hasilnya bagus.....setelah itu mobil merek A tsb di spec down dengan ketebalan plat 0.4 misalnya....jika dilakukan crash test thd yang spec down tsb..apakah hasil crash test akan sama bagusnya dengan spec awal atau ada perubahan ?

nah..ada yg bisa kasi pencerahan...??? :ungg:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by GTR »

istilah "kaleng" buat dalemannya agak susah buat define kekuatan struktur dalam..
mobil itu makin lama "keliatan" makin tipis, tapi kuat.
lebih pentingin kandungan high tensile steel, biar dapet ringan-tipis ("kaleng"nya) sekaligus rigid dan kuat, daripada besi2 gede standar yg besar/berat. tapi cara ini bikin cost higher.

body luar harus dibikin crumple, bayangin injury klo cara bikin safety body mobil semua ke arah Bus/truk, trus saling tabrakan.
FortunerMan

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by FortunerMan »

maxx wrote:mungkin benar... body gampang remuk gitu bisa meredam benturan lebih baik... tapi mobil2 jaman sekarang... tabrakan dikit aja bisa remuk sampai ke chasis.... alhasil biaya perbaikan jadi lebih banyak, bahkan umumnya mending jual beli baru lagi ... :P
Makanya ada yg namanya asuransi kan bos...
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by €lj€p€ »

tzalie wrote:Isinya jadi kurang menarik nih.....kenapa yg punya freed jarang ada komentarnya ya? :big_peace:
Mana nih sharingnya????
wah mau kasih komentar apa ya... sekarang berdoa saja semoga tidak terjadi apa-2.. lha wong cicilan sudah jalan, apakah kita mau klaim supaya mempertebal body.. khan gak mungkin.. hehehe
hati-hati di jalan aja deh....
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by maskopat »

FortunerMan wrote:
maxx wrote:mungkin benar... body gampang remuk gitu bisa meredam benturan lebih baik... tapi mobil2 jaman sekarang... tabrakan dikit aja bisa remuk sampai ke chasis.... alhasil biaya perbaikan jadi lebih banyak, bahkan umumnya mending jual beli baru lagi ... :P
Makanya ada yg namanya asuransi kan bos...
kalo tabrakan gitu, sama asuransi diganti mobil atau mobil yang rusak diperbaiki ya? ataukah ada batasan tertentu kerusakannya? :frm_salut:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by maskopat »

GTR wrote:istilah "kaleng" buat dalemannya agak susah buat define kekuatan struktur dalam..
mobil itu makin lama "keliatan" makin tipis, tapi kuat.
lebih pentingin kandungan high tensile steel, biar dapet ringan-tipis ("kaleng"nya) sekaligus rigid dan kuat, daripada besi2 gede standar yg besar/berat. tapi cara ini bikin cost higher.

body luar harus dibikin crumple, bayangin injury klo cara bikin safety body mobil semua ke arah Bus/truk, trus saling tabrakan.
makanya mobil sekarang platnya cendrung lebih tipis. gak terlalu masalah kalo crash test. setahu ane, dengan adanya crumple zone, harusnya kabin tetap aman. syaratnya adalah ketika crash test pintu harus dapat terbuka dengan baik dan kabin gak bertekuk. seharusnya sih ini ditentukan oleh chassis. bukan oleh tebal/tipisnya plat body..b :mrgreen:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
FortunerMan

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by FortunerMan »

maskopat wrote:
FortunerMan wrote:
maxx wrote:mungkin benar... body gampang remuk gitu bisa meredam benturan lebih baik... tapi mobil2 jaman sekarang... tabrakan dikit aja bisa remuk sampai ke chasis.... alhasil biaya perbaikan jadi lebih banyak, bahkan umumnya mending jual beli baru lagi ... :P
Makanya ada yg namanya asuransi kan bos...
kalo tabrakan gitu, sama asuransi diganti mobil atau mobil yang rusak diperbaiki ya? ataukah ada batasan tertentu kerusakannya? :frm_salut:
Ada 2 tipe asuransi, all risk atau total loss only. Kalo All Risk, di senggol motor juga boleh diperbaiki..+ Total loss.
Kalo Total Loss only...kalo dihajar maling atau mobil kerusakan diatas 75%(kalo gak salah segini persentasenya) dr harga mobilnya...diganti sesuai harga mobil. Misalnya asuransi 3 thn, mobil hilang thn kedua diganti 80%, thn ketiga 60%.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by maxx »

FortunerMan wrote:
maxx wrote:@Fortunerman: teknologi beda 40thn.. ini ga fair.... coba comparenya jangan sama chevy bel air... tapi kalau mau fair di comparenya dg Chevy malibu 2009 dg konstruksi yg sama tp pakai plat lebih tebal 0.3 micron dan chasis lebih tebal 0.5mm .. mana lebih baik crash testnya?
Ini untuk membuktikan bahwa safety tidak hanya bergantung dr ketebalan bodi. Buat apa ngomongin perbedaan teknologi beda 40 thn, kalo hanya sesimple ketebalan bodi? Thn 1900 juga udah bisa ngukur ketebalan.

Kenapa tidak ketebalan 2 cm saja? Kenapa hanya 0,5mm? Tentu ada perhitungan balance antara safety, fuel efficiency (berat), dan juga harga kendaraan tersebut. Mau tebal 2cm, mungkin safety jadi lebih baik, tapi bensin lebih boros karena berat, dan harga gak bisa segitu lagi.

Crash testnya Freed sudah terbukti, front, side, tinggal pilih...tinggal google aja.
Buset.. kalo pake plat tebel 2cm... << ini body tank kalah tebel neh .. ha ha ha ha... bisa aja nih si bos 42nerman

Bener banget yg dibilang.. Secara realita jaman sekarang ini >>> agar dapat menggunakan mesin kecil 1500cc, menekan cost of production (bukan harga jual, tau sendiri untungnya honda kan?) dan power to weight ratio lebih besar.. maka digunakan plat body seringan mungkin yg tentunya tetap mempertimbangkan safety pengemudi dan penumpang yg optimum, .. TAPIII... tetap saja secara logika kalau saja freed dg konstruksi yg sama dimana plat bodynya lebih tebal 0.3mm dan plat chasis lebih tebal 0.5mm ... harusnya bisa lebih rigid dan kokoh, << ini diluar bicara soal FC, cost of production dan power to weight ratio.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by jalu »

jalu wrote:mumpung lagi rame bahas masalah dar der dor crash test...nubie ingin bertanya.....

Jika suatu mobil merek A...dengan ketebalan plat 0.6 lalu dilakukan crash test dan hasilnya bagus.....setelah itu mobil merek A tsb di spec down dengan ketebalan plat 0.4 misalnya....jika dilakukan crash test thd yang spec down tsb..apakah hasil crash test akan sama bagusnya dengan spec awal atau ada perubahan ?

nah..ada yg bisa kasi pencerahan...??? :ungg:
pertanyaan saya udah ada yg punya jawabannya belum....?? hiks..hiks.... :ungg:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by maxx »

maskopat wrote:
GTR wrote:istilah "kaleng" buat dalemannya agak susah buat define kekuatan struktur dalam..
mobil itu makin lama "keliatan" makin tipis, tapi kuat.
lebih pentingin kandungan high tensile steel, biar dapet ringan-tipis ("kaleng"nya) sekaligus rigid dan kuat, daripada besi2 gede standar yg besar/berat. tapi cara ini bikin cost higher.

body luar harus dibikin crumple, bayangin injury klo cara bikin safety body mobil semua ke arah Bus/truk, trus saling tabrakan.
makanya mobil sekarang platnya cendrung lebih tipis. gak terlalu masalah kalo crash test. setahu ane, dengan adanya crumple zone, harusnya kabin tetap aman. syaratnya adalah ketika crash test pintu harus dapat terbuka dengan baik dan kabin gak bertekuk. seharusnya sih ini ditentukan oleh chassis. bukan oleh tebal/tipisnya plat body..b :mrgreen:
bener... pakai high tensile steel ... kalau saja high tensile steelnya sedikit lebih tebal 0.3mm ajaaaa deh... tentunya lebih baik kan? (sekali lagi tanpa mikirin power to weight ratio and cost production) .. kita bicarain murni soal rigid body aja lohhh... :)

belum lama ini customer gw tlp .. cerita kalau innova dia abis tabrakan... dan tabrakannya ga parah2 amat.. tp kena smp chasis, .. meskipun asuransi.. tetap saja kalau di betulin pasti dah ga enak... ya ujung2nya di LEMBIRU.

Itulah mobil2 jaman sekarang yg body kaleng krupukz ... u/ meredam tabrakan pasti rusak parah... yg penting penumpang selamat meskipun mobil rusak parah.

Well.. safe driving aja deh... toh kita di suguhi yg ada spt itu kan?
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by maxx »

jalu wrote:
jalu wrote:mumpung lagi rame bahas masalah dar der dor crash test...nubie ingin bertanya.....

Jika suatu mobil merek A...dengan ketebalan plat 0.6 lalu dilakukan crash test dan hasilnya bagus.....setelah itu mobil merek A tsb di spec down dengan ketebalan plat 0.4 misalnya....jika dilakukan crash test thd yang spec down tsb..apakah hasil crash test akan sama bagusnya dengan spec awal atau ada perubahan ?

nah..ada yg bisa kasi pencerahan...??? :ungg:
pertanyaan saya udah ada yg punya jawabannya belum....?? hiks..hiks.... :ungg:
balik lagi secara logika... yg 0.4 pasti lebih buruk ...apalagi kalo tebal chasis yg dikurangi.
tapi stw gw... yg dipakai mobil 2 japz sekarang 0.6mm dan sudah paling tipis u/ plat body .. ini aja kalo di teken2 jempol dah membal2 body mobilnya, kalo pake 0.4.. buset deh.. di sentil bisa penyok tuh.. :D

fyi, 0.6mm... kalo body di jitak keras udah bisa penyok, coba aja deh :D
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
FortunerMan

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by FortunerMan »

maxx wrote:
FortunerMan wrote:
maxx wrote:@Fortunerman: teknologi beda 40thn.. ini ga fair.... coba comparenya jangan sama chevy bel air... tapi kalau mau fair di comparenya dg Chevy malibu 2009 dg konstruksi yg sama tp pakai plat lebih tebal 0.3 micron dan chasis lebih tebal 0.5mm .. mana lebih baik crash testnya?
Ini untuk membuktikan bahwa safety tidak hanya bergantung dr ketebalan bodi. Buat apa ngomongin perbedaan teknologi beda 40 thn, kalo hanya sesimple ketebalan bodi? Thn 1900 juga udah bisa ngukur ketebalan.

Kenapa tidak ketebalan 2 cm saja? Kenapa hanya 0,5mm? Tentu ada perhitungan balance antara safety, fuel efficiency (berat), dan juga harga kendaraan tersebut. Mau tebal 2cm, mungkin safety jadi lebih baik, tapi bensin lebih boros karena berat, dan harga gak bisa segitu lagi.

Crash testnya Freed sudah terbukti, front, side, tinggal pilih...tinggal google aja.
Buset.. kalo pake plat tebel 2cm... << ini body tank kalah tebel neh .. ha ha ha ha... bisa aja nih si bos 42nerman

Bener banget yg dibilang.. Secara realita jaman sekarang ini >>> agar dapat menggunakan mesin kecil 1500cc, menekan cost of production (bukan harga jual, tau sendiri untungnya honda kan?) dan power to weight ratio lebih besar.. maka digunakan plat body seringan mungkin yg tentunya tetap mempertimbangkan safety pengemudi dan penumpang yg optimum, .. TAPIII... tetap saja secara logika kalau saja freed dg konstruksi yg sama dimana plat bodynya lebih tebal 0.3mm dan plat chasis lebih tebal 0.5mm ... harusnya bisa lebih rigid dan kokoh, << ini diluar bicara soal FC, cost of production dan power to weight ratio.
Makanya saya bilang kenapa gak 2cm aja? Kenapa ada magic number 0,5? Kan secara logika makin tebal makin bagus. Toh tidak ada pertimbangan apa2 lagi (di dunia awang2 mana nih, gak ada pertimbangan harga, FC, performance, dll :P)?

Faktanya yg ada Freed crash test resultsnya bagus, ntah berapapun tebal bodinya itu urusan insinyurnya. Kalo bisa aman dengan ketebalan X untuk mencapai target price Y, kenapa di pertebal lagi? Makin tebal makin berat...konsumen yg rugi bensin, konsumen yg rugi performa. Makin tebal makin tinggi ongkos produksi...konsumen yang rugi harga (org dagang mana mau rugi).
FortunerMan

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by FortunerMan »

jalu wrote:
jalu wrote:mumpung lagi rame bahas masalah dar der dor crash test...nubie ingin bertanya.....

Jika suatu mobil merek A...dengan ketebalan plat 0.6 lalu dilakukan crash test dan hasilnya bagus.....setelah itu mobil merek A tsb di spec down dengan ketebalan plat 0.4 misalnya....jika dilakukan crash test thd yang spec down tsb..apakah hasil crash test akan sama bagusnya dengan spec awal atau ada perubahan ?

nah..ada yg bisa kasi pencerahan...??? :ungg:
pertanyaan saya udah ada yg punya jawabannya belum....?? hiks..hiks.... :ungg:
Ya kalo asal aja ya jelas saja lebih buruk, tapi kan ini namanya menuduh tanpa bukti. Tidak ada bukti ketebalan bodi Freed buatan Jepang sama buatan Thailand atau Indonesia berbeda. Tidak mudah mengurangi ketebalan bodi seenaknya, pasti part2nya gak akan presisi pemasangannya - banyak yg harus di design ulang...mana bisa Honda Indonesia begini2an?

Kalo dibalik...dipertebal jadi 2cm, pasti lebih kuat - tapi harga jadi berapa? FC jadi berapa? Apa gak lebih boyo lagi? Kalo udah ditebelin jadi 2 centi, minta mesin yg gedean biar gak boyo...tapi harga gak mau naik :P Ya sulit...

Kalo soal harga mahal, yah itu relatif masing2 lah. Tapi kalo bilang Freed tidak safe sudah salah. Kalo mau nuduh Freed Indonesia lebih tipis dr Freed Jepang mana buktinya. Honda sudah menawarkan produk yg cukup aman (objectip), kalo soal harganya pantes atau tidak ya subjektip.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by Risol1 »

FortunerMan wrote:
DOHC wrote:betul.... kalo emang mo atasnamakan safety, jgn smua bagian mobil dibikin kaleng krpuk, tapi yah crumple zone nya aja, nah kalo di bagian pintu2 samping, dll nya yah tetep harus pake plat yg tebel donk, kan safety buat penumpang jg kalo ada apa2... rangka kuat tapi pas tabrakan pelat mblesek masuk gara2 pelat nya ketipisan sama aja membunuh passenger nya jg...
Kan udah di itung semua ama insinyurnya....makanya ada crash test depan...ada crash test samping, malah ada rollover test buat SUV. Bodi mobil jaman dulu tebal, OK - tapi ilmunya jauh. Ini ilustrasinya, 2009 Chevy Malibu lawan 1959 Chevy Bel Air. Bel Air pasti lebih tebal...kokoh keliatannya, senggol motor pasti mental...
Iya setuju, semua udah ada itungannya.
Kita2 yg bukan sekolah/kerja di bidang beginian mungkin bingung juga koq bisa pelat besi lebih tipis tapi lebih kuat.

Pelat besi yg ketebelan engga selalu bikin passengers jadi lebih aman. Mungkin juga menurut itungan si insinyur kalo pelatnya ketebelan jadi mengurangi elastisitas crumple nya pada waktu terjadi kecelakaan, dll....
Memang pasti ada juga faktor cost saving, tapi di jaman persaingan tinggi gini pabrikan mobil biasanya ogah maen2 dengan faktor safety. ngiritnya gak signifikan tapi reputasinya hancur berantakan :mrgreen:

contoh "bodoh"nya di dunia cell phone aja, dulu ane pernah punya cell phone dari jaman motorola batu bata, startec, dll yg tebel2...kalo jato sedikit aja casing nya pada retak, sekarang cell phone udah pada tipis2 tapi jato berulang kali juga gak retak2 tuh casing.
kabor ah entar disambit cellphone sama om DOHC :ngacir:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by Risol1 »

GTR wrote:istilah "kaleng" buat dalemannya agak susah buat define kekuatan struktur dalam..
mobil itu makin lama "keliatan" makin tipis, tapi kuat.
lebih pentingin kandungan high tensile steel, biar dapet ringan-tipis ("kaleng"nya) sekaligus rigid dan kuat, daripada besi2 gede standar yg besar/berat. tapi cara ini bikin cost higher.

body luar harus dibikin crumple, bayangin injury klo cara bikin safety body mobil semua ke arah Bus/truk, trus saling tabrakan.
Nah ini maksud ane nih :frm_salut:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by jalu »

GTR wrote:body luar harus dibikin crumple, bayangin injury klo cara bikin safety body mobil semua ke arah Bus/truk, trus saling tabrakan.
ane jadi teringat sm LC-70 yg kekar ...apakah itu body luarnya juga dibangun dengan struktur crumple zone ....?? :ungg:
ini pertanyaan nubie....monggo para pakar menjawab.... :big_peace:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 674
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by Dogies »

AFAIK.... di Indonesia sepertinya hasil crash test belum menjadi bahan marketing suatu ATPM dalam mempromosikan jualan mobilnya (selama ini brosur2/banner/dll. belum mencantumkan hal tsb.).
Why..?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by DOHC »

Risol1 wrote: Iya setuju, semua udah ada itungannya.
Kita2 yg bukan sekolah/kerja di bidang beginian mungkin bingung juga koq bisa pelat besi lebih tipis tapi lebih kuat.

Pelat besi yg ketebelan engga selalu bikin passengers jadi lebih aman. Mungkin juga menurut itungan si insinyur kalo pelatnya ketebelan jadi mengurangi elastisitas crumple nya pada waktu terjadi kecelakaan, dll....
Memang pasti ada juga faktor cost saving, tapi di jaman persaingan tinggi gini pabrikan mobil biasanya ogah maen2 dengan faktor safety. ngiritnya gak signifikan tapi reputasinya hancur berantakan :mrgreen:

contoh "bodoh"nya di dunia cell phone aja, dulu ane pernah punya cell phone dari jaman motorola batu bata, startec, dll yg tebel2...kalo jato sedikit aja casing nya pada retak, sekarang cell phone udah pada tipis2 tapi jato berulang kali juga gak retak2 tuh casing.
kabor ah entar disambit cellphone sama om DOHC :ngacir:
sini2 om risol(es).... ane sambit nya kaga pake cellphone (lah wong cuman ada satu2 nya).... tp ane sambit nya pake noken as, yg gede logh, DOHC punya..... :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by maxx »

FortunerMan wrote:
maxx wrote: Buset.. kalo pake plat tebel 2cm... << ini body tank kalah tebel neh .. ha ha ha ha... bisa aja nih si bos 42nerman

Bener banget yg dibilang.. Secara realita jaman sekarang ini >>> agar dapat menggunakan mesin kecil 1500cc, menekan cost of production (bukan harga jual, tau sendiri untungnya honda kan?) dan power to weight ratio lebih besar.. maka digunakan plat body seringan mungkin yg tentunya tetap mempertimbangkan safety pengemudi dan penumpang yg optimum, .. TAPIII... tetap saja secara logika kalau saja freed dg konstruksi yg sama dimana plat bodynya lebih tebal 0.3mm dan plat chasis lebih tebal 0.5mm ... harusnya bisa lebih rigid dan kokoh, << ini diluar bicara soal FC, cost of production dan power to weight ratio.
Makanya saya bilang kenapa gak 2cm aja? Kenapa ada magic number 0,5? Kan secara logika makin tebal makin bagus. Toh tidak ada pertimbangan apa2 lagi (di dunia awang2 mana nih, gak ada pertimbangan harga, FC, performance, dll :P)?

Faktanya yg ada Freed crash test resultsnya bagus, ntah berapapun tebal bodinya itu urusan insinyurnya. Kalo bisa aman dengan ketebalan X untuk mencapai target price Y, kenapa di pertebal lagi? Makin tebal makin berat...konsumen yg rugi bensin, konsumen yg rugi performa. Makin tebal makin tinggi ongkos produksi...konsumen yang rugi harga (org dagang mana mau rugi).
Ya pokoke... gw yakin banget kalo plat body setidaknya 0.8-0.9mm lebih bagus dari pada yg 0.6mm, .. ga perlu bicara extreme sampai 2cm, kita omong realita aja... mobil2 <thn 2000 plat bodynya masih tebal2 0.8-0.9mm, makanya yg dulu2 lebih tahan benjut dan bukan berarti mobil2 thn 2000 ga safety kan dibanding yg sekarang dg plat tipis kan? .. sekarang hampir semua mobil japz.. pakai plat 0.6mm .. ketoel stang motor aja dah dekok dalem.... :big_peace:
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by DOHC »

jangan2 ini ada konspirasi antara atpm2 dan persatuan bengkel body repair nehh... :e-think: :e-think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by maskopat »

Risol1 wrote:
GTR wrote:istilah "kaleng" buat dalemannya agak susah buat define kekuatan struktur dalam..
mobil itu makin lama "keliatan" makin tipis, tapi kuat.
lebih pentingin kandungan high tensile steel, biar dapet ringan-tipis ("kaleng"nya) sekaligus rigid dan kuat, daripada besi2 gede standar yg besar/berat. tapi cara ini bikin cost higher.

body luar harus dibikin crumple, bayangin injury klo cara bikin safety body mobil semua ke arah Bus/truk, trus saling tabrakan.
Nah ini maksud ane nih :frm_salut:
high tensile ini maksudinya apa ya? :e-think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by maskopat »

jalu wrote:
GTR wrote:body luar harus dibikin crumple, bayangin injury klo cara bikin safety body mobil semua ke arah Bus/truk, trus saling tabrakan.
ane jadi teringat sm LC-70 yg kekar ...apakah itu body luarnya juga dibangun dengan struktur crumple zone ....?? :ungg:
ini pertanyaan nubie....monggo para pakar menjawab.... :big_peace:
gak yakin sih kalo LC70 pake crumple zone..
issue lain dari struktur mobil adalah aman bagi pedestrian. dengan begini, jadilah mobil aman. tapi seperti yang dibilang oleh om maxx. tapi dampaknya, seperti new civic yang nabrak motor.. hidung new civicnya remuk, tapi motornya aman.. :mrgreen:

yah, semua ada trade off nya lah..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by maskopat »

DOHC wrote:jangan2 ini ada konspirasi antara atpm2 dan persatuan bengkel body repair nehh... :e-think: :e-think:
hm.. gak ngerti kalo alasan ini.. soalnya cukup sering jargon2 yang sebenernya UUD juga...
engineering is about business.... :mrgreen:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by maxx »

maskopat wrote: high tensile ini maksudinya apa ya? :e-think:
bahasa marketing tingkat tinggi u/ menyampaikan meskipun plat tipissssss kek kaleng krupuk tp kuat, agar diterima oleh konsumen kalo plat body tipissss... >> ha ha ha... boong banget ya.. tetap aja lebih kuat yg lebih tebal meskipun lebih tebalnya cuma 0.2mm
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport