
Mana nih sharingnya????
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Makanya ada yg namanya asuransi kan bos...maxx wrote:mungkin benar... body gampang remuk gitu bisa meredam benturan lebih baik... tapi mobil2 jaman sekarang... tabrakan dikit aja bisa remuk sampai ke chasis.... alhasil biaya perbaikan jadi lebih banyak, bahkan umumnya mending jual beli baru lagi ...
wah mau kasih komentar apa ya... sekarang berdoa saja semoga tidak terjadi apa-2.. lha wong cicilan sudah jalan, apakah kita mau klaim supaya mempertebal body.. khan gak mungkin.. hehehetzalie wrote:Isinya jadi kurang menarik nih.....kenapa yg punya freed jarang ada komentarnya ya?![]()
Mana nih sharingnya????
kalo tabrakan gitu, sama asuransi diganti mobil atau mobil yang rusak diperbaiki ya? ataukah ada batasan tertentu kerusakannya?FortunerMan wrote:Makanya ada yg namanya asuransi kan bos...maxx wrote:mungkin benar... body gampang remuk gitu bisa meredam benturan lebih baik... tapi mobil2 jaman sekarang... tabrakan dikit aja bisa remuk sampai ke chasis.... alhasil biaya perbaikan jadi lebih banyak, bahkan umumnya mending jual beli baru lagi ...
makanya mobil sekarang platnya cendrung lebih tipis. gak terlalu masalah kalo crash test. setahu ane, dengan adanya crumple zone, harusnya kabin tetap aman. syaratnya adalah ketika crash test pintu harus dapat terbuka dengan baik dan kabin gak bertekuk. seharusnya sih ini ditentukan oleh chassis. bukan oleh tebal/tipisnya plat body..bGTR wrote:istilah "kaleng" buat dalemannya agak susah buat define kekuatan struktur dalam..
mobil itu makin lama "keliatan" makin tipis, tapi kuat.
lebih pentingin kandungan high tensile steel, biar dapet ringan-tipis ("kaleng"nya) sekaligus rigid dan kuat, daripada besi2 gede standar yg besar/berat. tapi cara ini bikin cost higher.
body luar harus dibikin crumple, bayangin injury klo cara bikin safety body mobil semua ke arah Bus/truk, trus saling tabrakan.
Ada 2 tipe asuransi, all risk atau total loss only. Kalo All Risk, di senggol motor juga boleh diperbaiki..+ Total loss.maskopat wrote:kalo tabrakan gitu, sama asuransi diganti mobil atau mobil yang rusak diperbaiki ya? ataukah ada batasan tertentu kerusakannya?FortunerMan wrote:Makanya ada yg namanya asuransi kan bos...maxx wrote:mungkin benar... body gampang remuk gitu bisa meredam benturan lebih baik... tapi mobil2 jaman sekarang... tabrakan dikit aja bisa remuk sampai ke chasis.... alhasil biaya perbaikan jadi lebih banyak, bahkan umumnya mending jual beli baru lagi ...
Buset.. kalo pake plat tebel 2cm... << ini body tank kalah tebel neh .. ha ha ha ha... bisa aja nih si bos 42nermanFortunerMan wrote:Ini untuk membuktikan bahwa safety tidak hanya bergantung dr ketebalan bodi. Buat apa ngomongin perbedaan teknologi beda 40 thn, kalo hanya sesimple ketebalan bodi? Thn 1900 juga udah bisa ngukur ketebalan.maxx wrote:@Fortunerman: teknologi beda 40thn.. ini ga fair.... coba comparenya jangan sama chevy bel air... tapi kalau mau fair di comparenya dg Chevy malibu 2009 dg konstruksi yg sama tp pakai plat lebih tebal 0.3 micron dan chasis lebih tebal 0.5mm .. mana lebih baik crash testnya?
Kenapa tidak ketebalan 2 cm saja? Kenapa hanya 0,5mm? Tentu ada perhitungan balance antara safety, fuel efficiency (berat), dan juga harga kendaraan tersebut. Mau tebal 2cm, mungkin safety jadi lebih baik, tapi bensin lebih boros karena berat, dan harga gak bisa segitu lagi.
Crash testnya Freed sudah terbukti, front, side, tinggal pilih...tinggal google aja.
pertanyaan saya udah ada yg punya jawabannya belum....?? hiks..hiks....jalu wrote:mumpung lagi rame bahas masalah dar der dor crash test...nubie ingin bertanya.....
Jika suatu mobil merek A...dengan ketebalan plat 0.6 lalu dilakukan crash test dan hasilnya bagus.....setelah itu mobil merek A tsb di spec down dengan ketebalan plat 0.4 misalnya....jika dilakukan crash test thd yang spec down tsb..apakah hasil crash test akan sama bagusnya dengan spec awal atau ada perubahan ?
nah..ada yg bisa kasi pencerahan...???
bener... pakai high tensile steel ... kalau saja high tensile steelnya sedikit lebih tebal 0.3mm ajaaaa deh... tentunya lebih baik kan? (sekali lagi tanpa mikirin power to weight ratio and cost production) .. kita bicarain murni soal rigid body aja lohhh...maskopat wrote:makanya mobil sekarang platnya cendrung lebih tipis. gak terlalu masalah kalo crash test. setahu ane, dengan adanya crumple zone, harusnya kabin tetap aman. syaratnya adalah ketika crash test pintu harus dapat terbuka dengan baik dan kabin gak bertekuk. seharusnya sih ini ditentukan oleh chassis. bukan oleh tebal/tipisnya plat body..bGTR wrote:istilah "kaleng" buat dalemannya agak susah buat define kekuatan struktur dalam..
mobil itu makin lama "keliatan" makin tipis, tapi kuat.
lebih pentingin kandungan high tensile steel, biar dapet ringan-tipis ("kaleng"nya) sekaligus rigid dan kuat, daripada besi2 gede standar yg besar/berat. tapi cara ini bikin cost higher.
body luar harus dibikin crumple, bayangin injury klo cara bikin safety body mobil semua ke arah Bus/truk, trus saling tabrakan.
balik lagi secara logika... yg 0.4 pasti lebih buruk ...apalagi kalo tebal chasis yg dikurangi.jalu wrote:pertanyaan saya udah ada yg punya jawabannya belum....?? hiks..hiks....jalu wrote:mumpung lagi rame bahas masalah dar der dor crash test...nubie ingin bertanya.....
Jika suatu mobil merek A...dengan ketebalan plat 0.6 lalu dilakukan crash test dan hasilnya bagus.....setelah itu mobil merek A tsb di spec down dengan ketebalan plat 0.4 misalnya....jika dilakukan crash test thd yang spec down tsb..apakah hasil crash test akan sama bagusnya dengan spec awal atau ada perubahan ?
nah..ada yg bisa kasi pencerahan...???
Makanya saya bilang kenapa gak 2cm aja? Kenapa ada magic number 0,5? Kan secara logika makin tebal makin bagus. Toh tidak ada pertimbangan apa2 lagi (di dunia awang2 mana nih, gak ada pertimbangan harga, FC, performance, dllmaxx wrote:Buset.. kalo pake plat tebel 2cm... << ini body tank kalah tebel neh .. ha ha ha ha... bisa aja nih si bos 42nermanFortunerMan wrote:Ini untuk membuktikan bahwa safety tidak hanya bergantung dr ketebalan bodi. Buat apa ngomongin perbedaan teknologi beda 40 thn, kalo hanya sesimple ketebalan bodi? Thn 1900 juga udah bisa ngukur ketebalan.maxx wrote:@Fortunerman: teknologi beda 40thn.. ini ga fair.... coba comparenya jangan sama chevy bel air... tapi kalau mau fair di comparenya dg Chevy malibu 2009 dg konstruksi yg sama tp pakai plat lebih tebal 0.3 micron dan chasis lebih tebal 0.5mm .. mana lebih baik crash testnya?
Kenapa tidak ketebalan 2 cm saja? Kenapa hanya 0,5mm? Tentu ada perhitungan balance antara safety, fuel efficiency (berat), dan juga harga kendaraan tersebut. Mau tebal 2cm, mungkin safety jadi lebih baik, tapi bensin lebih boros karena berat, dan harga gak bisa segitu lagi.
Crash testnya Freed sudah terbukti, front, side, tinggal pilih...tinggal google aja.
Bener banget yg dibilang.. Secara realita jaman sekarang ini >>> agar dapat menggunakan mesin kecil 1500cc, menekan cost of production (bukan harga jual, tau sendiri untungnya honda kan?) dan power to weight ratio lebih besar.. maka digunakan plat body seringan mungkin yg tentunya tetap mempertimbangkan safety pengemudi dan penumpang yg optimum, .. TAPIII... tetap saja secara logika kalau saja freed dg konstruksi yg sama dimana plat bodynya lebih tebal 0.3mm dan plat chasis lebih tebal 0.5mm ... harusnya bisa lebih rigid dan kokoh, << ini diluar bicara soal FC, cost of production dan power to weight ratio.
Ya kalo asal aja ya jelas saja lebih buruk, tapi kan ini namanya menuduh tanpa bukti. Tidak ada bukti ketebalan bodi Freed buatan Jepang sama buatan Thailand atau Indonesia berbeda. Tidak mudah mengurangi ketebalan bodi seenaknya, pasti part2nya gak akan presisi pemasangannya - banyak yg harus di design ulang...mana bisa Honda Indonesia begini2an?jalu wrote:pertanyaan saya udah ada yg punya jawabannya belum....?? hiks..hiks....jalu wrote:mumpung lagi rame bahas masalah dar der dor crash test...nubie ingin bertanya.....
Jika suatu mobil merek A...dengan ketebalan plat 0.6 lalu dilakukan crash test dan hasilnya bagus.....setelah itu mobil merek A tsb di spec down dengan ketebalan plat 0.4 misalnya....jika dilakukan crash test thd yang spec down tsb..apakah hasil crash test akan sama bagusnya dengan spec awal atau ada perubahan ?
nah..ada yg bisa kasi pencerahan...???
Iya setuju, semua udah ada itungannya.FortunerMan wrote:Kan udah di itung semua ama insinyurnya....makanya ada crash test depan...ada crash test samping, malah ada rollover test buat SUV. Bodi mobil jaman dulu tebal, OK - tapi ilmunya jauh. Ini ilustrasinya, 2009 Chevy Malibu lawan 1959 Chevy Bel Air. Bel Air pasti lebih tebal...kokoh keliatannya, senggol motor pasti mental...DOHC wrote:betul.... kalo emang mo atasnamakan safety, jgn smua bagian mobil dibikin kaleng krpuk, tapi yah crumple zone nya aja, nah kalo di bagian pintu2 samping, dll nya yah tetep harus pake plat yg tebel donk, kan safety buat penumpang jg kalo ada apa2... rangka kuat tapi pas tabrakan pelat mblesek masuk gara2 pelat nya ketipisan sama aja membunuh passenger nya jg...
Nah ini maksud ane nihGTR wrote:istilah "kaleng" buat dalemannya agak susah buat define kekuatan struktur dalam..
mobil itu makin lama "keliatan" makin tipis, tapi kuat.
lebih pentingin kandungan high tensile steel, biar dapet ringan-tipis ("kaleng"nya) sekaligus rigid dan kuat, daripada besi2 gede standar yg besar/berat. tapi cara ini bikin cost higher.
body luar harus dibikin crumple, bayangin injury klo cara bikin safety body mobil semua ke arah Bus/truk, trus saling tabrakan.
ane jadi teringat sm LC-70 yg kekar ...apakah itu body luarnya juga dibangun dengan struktur crumple zone ....??GTR wrote:body luar harus dibikin crumple, bayangin injury klo cara bikin safety body mobil semua ke arah Bus/truk, trus saling tabrakan.
sini2 om risol(es).... ane sambit nya kaga pake cellphone (lah wong cuman ada satu2 nya).... tp ane sambit nya pake noken as, yg gede logh, DOHC punya.....Risol1 wrote: Iya setuju, semua udah ada itungannya.
Kita2 yg bukan sekolah/kerja di bidang beginian mungkin bingung juga koq bisa pelat besi lebih tipis tapi lebih kuat.
Pelat besi yg ketebelan engga selalu bikin passengers jadi lebih aman. Mungkin juga menurut itungan si insinyur kalo pelatnya ketebelan jadi mengurangi elastisitas crumple nya pada waktu terjadi kecelakaan, dll....
Memang pasti ada juga faktor cost saving, tapi di jaman persaingan tinggi gini pabrikan mobil biasanya ogah maen2 dengan faktor safety. ngiritnya gak signifikan tapi reputasinya hancur berantakan![]()
contoh "bodoh"nya di dunia cell phone aja, dulu ane pernah punya cell phone dari jaman motorola batu bata, startec, dll yg tebel2...kalo jato sedikit aja casing nya pada retak, sekarang cell phone udah pada tipis2 tapi jato berulang kali juga gak retak2 tuh casing.
kabor ah entar disambit cellphone sama om DOHC
Ya pokoke... gw yakin banget kalo plat body setidaknya 0.8-0.9mm lebih bagus dari pada yg 0.6mm, .. ga perlu bicara extreme sampai 2cm, kita omong realita aja... mobil2 <thn 2000 plat bodynya masih tebal2 0.8-0.9mm, makanya yg dulu2 lebih tahan benjut dan bukan berarti mobil2 thn 2000 ga safety kan dibanding yg sekarang dg plat tipis kan? .. sekarang hampir semua mobil japz.. pakai plat 0.6mm .. ketoel stang motor aja dah dekok dalem....FortunerMan wrote:Makanya saya bilang kenapa gak 2cm aja? Kenapa ada magic number 0,5? Kan secara logika makin tebal makin bagus. Toh tidak ada pertimbangan apa2 lagi (di dunia awang2 mana nih, gak ada pertimbangan harga, FC, performance, dllmaxx wrote: Buset.. kalo pake plat tebel 2cm... << ini body tank kalah tebel neh .. ha ha ha ha... bisa aja nih si bos 42nerman
Bener banget yg dibilang.. Secara realita jaman sekarang ini >>> agar dapat menggunakan mesin kecil 1500cc, menekan cost of production (bukan harga jual, tau sendiri untungnya honda kan?) dan power to weight ratio lebih besar.. maka digunakan plat body seringan mungkin yg tentunya tetap mempertimbangkan safety pengemudi dan penumpang yg optimum, .. TAPIII... tetap saja secara logika kalau saja freed dg konstruksi yg sama dimana plat bodynya lebih tebal 0.3mm dan plat chasis lebih tebal 0.5mm ... harusnya bisa lebih rigid dan kokoh, << ini diluar bicara soal FC, cost of production dan power to weight ratio.)?
Faktanya yg ada Freed crash test resultsnya bagus, ntah berapapun tebal bodinya itu urusan insinyurnya. Kalo bisa aman dengan ketebalan X untuk mencapai target price Y, kenapa di pertebal lagi? Makin tebal makin berat...konsumen yg rugi bensin, konsumen yg rugi performa. Makin tebal makin tinggi ongkos produksi...konsumen yang rugi harga (org dagang mana mau rugi).
high tensile ini maksudinya apa ya?Risol1 wrote:Nah ini maksud ane nihGTR wrote:istilah "kaleng" buat dalemannya agak susah buat define kekuatan struktur dalam..
mobil itu makin lama "keliatan" makin tipis, tapi kuat.
lebih pentingin kandungan high tensile steel, biar dapet ringan-tipis ("kaleng"nya) sekaligus rigid dan kuat, daripada besi2 gede standar yg besar/berat. tapi cara ini bikin cost higher.
body luar harus dibikin crumple, bayangin injury klo cara bikin safety body mobil semua ke arah Bus/truk, trus saling tabrakan.
gak yakin sih kalo LC70 pake crumple zone..jalu wrote:ane jadi teringat sm LC-70 yg kekar ...apakah itu body luarnya juga dibangun dengan struktur crumple zone ....??GTR wrote:body luar harus dibikin crumple, bayangin injury klo cara bikin safety body mobil semua ke arah Bus/truk, trus saling tabrakan.![]()
ini pertanyaan nubie....monggo para pakar menjawab....
hm.. gak ngerti kalo alasan ini.. soalnya cukup sering jargon2 yang sebenernya UUD juga...DOHC wrote:jangan2 ini ada konspirasi antara atpm2 dan persatuan bengkel body repair nehh...![]()
bahasa marketing tingkat tinggi u/ menyampaikan meskipun plat tipissssss kek kaleng krupuk tp kuat, agar diterima oleh konsumen kalo plat body tipissss... >> ha ha ha... boong banget ya.. tetap aja lebih kuat yg lebih tebal meskipun lebih tebalnya cuma 0.2mmmaskopat wrote: high tensile ini maksudinya apa ya?