Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
yanuarra wrote: Sun Sep 06, 2020 2:56
Astagaa saya khilap beli lagi olinya... Barusan beli yg 0w30 API SP... Yg kmren dtg 0w30 API SN aja belom dituang
Masih betah sm amsoil yg udah jalan 9.300 km(8 bln)..
Tenang
Anda ga sendiri koq om
Saya aj masi ad stok selusin liter oli d rumah, ptt ad, eneos ad.. dikit lg khilaf mo beli aisin jg
Tinggal ini atf yg blom diskon hore neh
Aseliiii, ikutan kalap beli lagi pakai account anak, hahahahaha
Kapan lalu ada main ke bengkel, lihat oli kixx G1 Full syntetic 5W30 API SN plus Islac GF5, sebelahnya ada pula oli Kixx G1 full syntetic 0W30 API SN/CF. Kira kira diatas kertas bagus mana ya suhu suhu diatas kertas unt bensin?
Kixx secara harga yg 0W30 lbh mahal dikit.
Sampe segitunya ya ngeluarin varian yg hampir2 sama.
Kl soal oli sama ngelitik, saya tarik benang merah simpelnya kl misal pake oli jelek = tarikan berat. Pasti biar reach performance mobil yg kita mau hrs bejek gas lebih dalem. Jdnya pembakaran dipaksa terus baru ngelitik. Benerkah om DOHC sama omnibus?
itu yg om bilang juga bisa terjadi. krn pas gas lebih dibejek kan secara otomatis ignition timing jd lbh advance sementara laju rpm tertahan.
tp kasusnya om 3nr-ve yg nanya ini kita hrs tanya jg apakah sebelum ganti oli sdh ngelitik ngga. hrs dipastikan sebab ada suspect busi, even iridium, pemakaiannya sdh 70rb km. sebaiknya dicek kondisinya, aus, kotor ataupun gapnya. jika perlu ganti. juga faktor lain spt carbon build up.
kl ngelitiknya hanya setelah ganti oli (kita anggap ceteris paribus kondisi lainnya sama spt sebelumnya termasuk kualitas BBM yg ada di tanki), salah satu kemungkinan olinya kurang cocok dgn system dual vvt-i nya yg menyebabkan valve timing latency. bisa viskositasnya krg sesuai (meskipun sama SAE nya bisa ada perbedaan dikit2 kekentalannya), kandungan additive nya, atau jg excessive foaming (terlalu berbuih) yg semuanya mempengaruhi kemampuan oli tsb menahan tekanan utk menjalankan fungsi vvti dgn semestinya sesuai perintah ecu yg sdh kasih command utk actuate vvti dgn derajat2 spesifik. oli yg bagus seharusnya dlm kondisi paling ideal mampu actuate vvti sesuai perintah ecu dgn tepat derajatnya dan tanpa jeda.
buktinya om dohc, setelah sy saranin ubah merk oli gejalanya ngelitik ipahnya improving.
sdh ya ... nanti ada yg ga setuju krn belum lihat org bawa tabung oksigen utk nafas.
Berhubung ngomongin 3nr ane mau sharing, penggunaan oli beda merk beda jenis berpengaruh di salah satu unit di rumah. Entah kenapa kemarin coba tuang oli 0w20 Prancis yg bisa pake di mesin bensin - diesel dan sempet rame di bli2 tiba2 knocking mulai timbul lagi dan lebih intens dibanding saat dulu pakai tmo 10w40. Sementara saat pakai q8 knocking amat jarang terjadi
well wrote: Sun Sep 06, 2020 14:27
Kapan lalu ada main ke bengkel, lihat oli kixx G1 Full syntetic 5W30 API SN plus Islac GF5, sebelahnya ada pula oli Kixx G1 full syntetic 0W30 API SN/CF. Kira kira diatas kertas bagus mana ya suhu suhu diatas kertas unt bensin?
Kixx secara harga yg 0W30 lbh mahal dikit.
Sampe segitunya ya ngeluarin varian yg hampir2 sama.
D part sebelum owe pernah share pake ni oli, cuman kemaren2 pake bentar doang 2-3k ajah, keburu kepo pengen coba ptt 0w-30
pas pake kixx ini, persis abis pake unil 0w-20 ... kalau dirasa2 sih, seperti mirip2 aja... pas pake ptt, sedikit doang berasa lebih berat ... not bad juga sih ntuh oli ..... botolnya sama plek sama aisin .... jd owe pikir sama aisin mungkin dr blending plant yg sama.
sy juga mau belajar om...sekalian nimbrung
di beres oli standard-nya 5w-30 acea a5/b5 api cf
kalo secara api yang cuma cf...apa betul lebih jelek daripada oli diesel 15w-40 yg sudah api ch atau ci?
atau engine 2gd mmg cuma butuh api cf?
kompresorz wrote: Mon Sep 07, 2020 2:38
baru ngeh tnyata ada oli tmo diesel dijual n sangat murah dibanding auto 2000...selama ini gado2..shel helik n tmo....
buat kuras oli PTT yang hampir 5000km...baru 1 x pake....
spek sama A5/B5 ngpn bayar buat ptt yang mahal....