vincewonk wrote:diveblues wrote:vincewonk wrote:
btw sempet nyoba XV, handlingnya sigap banget ya untuk mobil yg agak tinggi GCnya. dibanding kompetitor yg harganya beda dikit spt outlander PX, wah jauh deh XV lebi worth. Subaru memang fun to drive, walaupun interiornya biasa aj. sepupu di Colorado ada yg pakai outback sudah 5thn sudah hampir 200rb km odonya, katanya fine2 aja reliable bgt mobilnya. ada yg bs info pajak tahunannya XV atau Forester? apa dikategorikan 4x4? seperti Ford Ranger 2007 pajaknya 4jt-an. yg 4x2 separuhnya aja.
awd subaru dibandingkan 4x4 biasa kayaknya beda deh bro. Symetrical awd subaru itu mirip kayak quattro-nya audi, xDrive bmw atau 4motionnya volkswagen.
Jadi fungsinya bukan buat offroad sebenernya, buat handling aja, CMIIW.
Udah pernah test handling awd subaru di hujan deras? bener2 kayak masih jalan di aspal kering handlingnya, padahal genangan air dimana2

oh AWD vs 4x4 emang beda sih, menurut gw yg true 4x4 bisa lock diff dan ada low range hehehe. spt rangernya om. maksud gw sih lebi ke perhitungan pajaknya.
test di basah belom om hahaha, kbetulan nyobanya pas kering saja. nanti deh kalo pergi ke rumah temen yg punya XV sengaja pas basah hahaha. meninggalkan kesan mendalam sih subaru memang. dgn harga 350jt sbenernya worth bgt. drpd beli outlander PX. masalah CVT lemot, kayaknya emang CVT didesain buat fuel economy, beda sama Dual Clutch spt DSGnya VW golf tsi, sayang kurang enak jalan pelan nyundul2 kalo salah ngegas hehe
masih bingun kok bisa2nya subaru ngejual mbl AWD semurah ini wkwkwk

di STNK tulisanya kendaraan apa yah? minibus atau jeep?
klw liat dari marketing campaign dan arah engineernya sih, malah AWDnya subaru di desain lebih untuk offroad....... mungkin satu-satunya pure AWD *full automatic tampa input driver* yg di desain untuk offroad wkwkwk
yup subaru AWD CVT tidak pakai transfercase, tp pke Haldex di gardan blkng. ini mirip dgn AWD modern umum, yg beda selain desain symetrisnya, juga kalibrasi VDC +TC nya yg jauh lebih agresif di banding mbl AWD lain kaya captiva dan lain. apalagi forester dengan mode X-Modenya yg didesain khusus untuk offroad dan medan berat.
klw subaru yg MT sih pke transfercase viscouscoupling.... di beberapa versi terdahulu sih ada lowrange nya.. wkwkw
LSD di forester ada di versi 2.5XT, d XV kurang tw nih.. tp dgn kualitas VDCnya mestinya uda cukup ngebantu. apalagi X-mode kemampuanya bisa nyamain difflock di ke 3 diff aja tu kerjanya. sekaligus ngejaga tetap ngerayap saat turun terjal layaknya di low gear.
BMW xdrive center diffnya full open, cuma ngandalin e-LSD aja bwat bagi daya dan torque vectoring, untuk handling.
honda SH-AWD *super handling-AWD* jelas fokusnya di handling
punya GTR R35 haldexnya sampai di pasang di sisi driveshaft kanan kiri mahal dan berta, tp efektif bwat handling.
AUDI Quattro Yg lama pakai Center diff torsen... ini mantep untuk AWD. karna handling tetep baik sekaligus traksi layaknya 4x4 partime, dan minim elektronis. di beberapa model terbaru diganti Haldex.
VW ada yg Haldex ada yg torsen juga.
Liat accelnya forester 2.0 XT 280ps CVT 0-60mph 5.6s wow, cvt uda ga lemot lagi.. wkwk
kemarin ngobrol2 sama salesnya, yg garansi 5th/100rb itu engine only yah? kaki2 sampai gearbox hanya 1 thn katanya?
