Panther Users...! Part 2
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Thu May 07, 2015 14:32
Re: Panther Users...! Part 2
Suhu2 sekalian, mau tanya donk..
Ane pake panther grand touring 2012, gimana caranya supaya suspensinya enak? Apanya yg perlu dperbaiki/ditambah? Soalnya kena lobang dikit goyangnya kerasa bgt..
Ane pake panther grand touring 2012, gimana caranya supaya suspensinya enak? Apanya yg perlu dperbaiki/ditambah? Soalnya kena lobang dikit goyangnya kerasa bgt..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Panther Users...! Part 2
Kemaren saya pulang dari Batu lewat Cangar, Pacet, Mojosari.z3r099 wrote:Suhu2 sekalian, mau tanya donk..
Ane pake panther grand touring 2012, gimana caranya supaya suspensinya enak? Apanya yg perlu dperbaiki/ditambah? Soalnya kena lobang dikit goyangnya kerasa bgt..
Nah, di tanjakan (kalo dari Pacet ke Batu) sy banyak ketemu mobil lokal Isuzu Panther.
Back to Panther, kalau dpt barang mulus harga 200 jt sikat aja..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 43
- Joined: Sat Feb 04, 2017 9:07
Re: Panther Users...! Part 2
Wah, tanjakan cangar Om?ginting wrote: Wed Jun 13, 2018 6:17Kemaren saya pulang dari Batu lewat Cangar, Pacet, Mojosari.z3r099 wrote:Suhu2 sekalian, mau tanya donk..
Ane pake panther grand touring 2012, gimana caranya supaya suspensinya enak? Apanya yg perlu dperbaiki/ditambah? Soalnya kena lobang dikit goyangnya kerasa bgt..
Nah, di tanjakan (kalo dari Pacet ke Batu) sy banyak ketemu mobil lokal Isuzu Panther.
Back to Panther, kalau dpt barang mulus harga 200 jt sikat aja..
IMG_20180611_121712.jpg
Kabarnya banyak mobil yang rem nya sampe berasap yah ketika lewat situ, emg turunannya curam yah Om?
Kemarin bagaimana Om pas lewat sana?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Panther Users...! Part 2
Ya, bener..Coltbiru wrote:Wah, tanjakan cangar Om?ginting wrote: Wed Jun 13, 2018 6:17Kemaren saya pulang dari Batu lewat Cangar, Pacet, Mojosari.z3r099 wrote:Suhu2 sekalian, mau tanya donk..
Ane pake panther grand touring 2012, gimana caranya supaya suspensinya enak? Apanya yg perlu dperbaiki/ditambah? Soalnya kena lobang dikit goyangnya kerasa bgt..
Nah, di tanjakan (kalo dari Pacet ke Batu) sy banyak ketemu mobil lokal Isuzu Panther.
Back to Panther, kalau dpt barang mulus harga 200 jt sikat aja..
IMG_20180611_121712.jpg
Kabarnya banyak mobil yang rem nya sampe berasap yah ketika lewat situ, emg turunannya curam yah Om?
Kemarin bagaimana Om pas lewat sana?
Yang curam itu kalau dari Batu ke Pacet. kalo sebaliknya sih banyakan tanjakan tajam..
Kalau dari Batu sampe Cangar itu naek landai..
Begitu sampe puncaknya turunan banyak yg patah dan turunan panjang terus menerus yg bikin rem panas..
banyak tulisan "wajib istrahat..
dinginkan rem"..
Tapi jalurnya indah dan mulus lus lus...banyak bikers lewat situ..pacaran di hutan hutan cangar...
Di jalanan hutan lindung banyak monyet2 liar... istri saya kasih jeruk..langsung teman2nya menghadang di jalan minta jatah juga..
ini contoh fotonya yg adavdi HP saya..sisanya di komputer ya, oom.
.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 43
- Joined: Sat Feb 04, 2017 9:07
Re: Panther Users...! Part 2
Wah, indah banget viewnya om... Kabutnya bikin pengen, hehe
Thanks Om sharingnya..
Thanks Om sharingnya..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 43
- Joined: Sat Feb 04, 2017 9:07
Re: Panther Users...! Part 2
O iya, kemarin sempat istirahat dinginkan rem juga yah Om?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Panther Users...! Part 2
Ini foto lokasi tempat video viral yg ada motor matic terbang dan menghantam pengaman (dibawah).Coltbiru wrote:Wah, indah banget viewnya om... Kabutnya bikin pengen, hehe
Thanks Om sharingnya..
ini link videonya :
https://youtu.be/-2PPaq2fk-s
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Panther Users...! Part 2
Sorry, foto Sarangan dan Cemoro Kandang keikut....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Panther Users...! Part 2
https://youtu.be/gq6EfBPnYTA
ini contoh video .
motornya dari Pacet ke arah Batu ( Cangar itu masih masuk wilayah Batu).
ini contoh video .
motornya dari Pacet ke arah Batu ( Cangar itu masih masuk wilayah Batu).
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 110
- Joined: Wed Jun 01, 2016 5:57
- Location: Tangerang
Re: Panther Users...! Part 2
Keren foto2nya om Ginting...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Wed Apr 11, 2018 4:16
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Isuzu Panther
Re: Panther Users...! Part 2
replyz3r099 wrote: Wed Jun 13, 2018 5:27 Suhu2 sekalian, mau tanya donk..
Ane pake panther grand touring 2012, gimana caranya supaya suspensinya enak? Apanya yg perlu dperbaiki/ditambah? Soalnya kena lobang dikit goyangnya kerasa bgt..
ganti shock breaker yg bagus billstein, boge , oldman emu.
itu aja sudah banyak membantu
salam budidiesel85
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Panther Users...! Part 2
mau nanya nih, untuk tipe LS dan LV/LM kok harganya terpaut jauh banget, selain double blower dan interior apa lagi yg membedakan ya?
apakah peredaman dan suspensi juga beda?
lagi mau ganti ke panther kapsul buat operasional harian..
apakah peredaman dan suspensi juga beda?
lagi mau ganti ke panther kapsul buat operasional harian..
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Sun Mar 18, 2018 10:51
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Ford Everest
Re: Panther Users...! Part 2
Oom senior, mohon informasi & pencerahan kenapa Panther LV thn 2010 seal krukas nya gampang rembes yaaa ?? saya sdh tanya ke bengkel langganan, katanya memang itu salah satu kelemahan nya, padahal saya beli partnya asli dan bukan kw. terima kasih sebelumnya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Wed Apr 11, 2018 4:16
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Isuzu Panther
Re: Panther Users...! Part 2
r1409 » 23 Jul 2018, 22:18
mau nanya nih, untuk tipe LS dan LV/LM kok harganya terpaut jauh banget, selain double blower dan interior apa lagi yg membedakan ya?
apakah peredaman dan suspensi juga beda?
lagi mau ganti ke panther kapsul buat operasional harian..
reply:
LS sound sistemnya yang pintu belakang ada dua , trus ada wiper, jam di dashboard warna hijau,
double blower, interior mirip-2, kalo di exterior ada spoiler, footstep, stripping kanan kiri, roof rail,.
ya jelas beda wong LS FULL VARIASI ama lebi lengkap consolenya. plus speakernya lebi banyak.
salam diesel
Budidiesel85
mau nanya nih, untuk tipe LS dan LV/LM kok harganya terpaut jauh banget, selain double blower dan interior apa lagi yg membedakan ya?
apakah peredaman dan suspensi juga beda?
lagi mau ganti ke panther kapsul buat operasional harian..
reply:
LS sound sistemnya yang pintu belakang ada dua , trus ada wiper, jam di dashboard warna hijau,
double blower, interior mirip-2, kalo di exterior ada spoiler, footstep, stripping kanan kiri, roof rail,.
ya jelas beda wong LS FULL VARIASI ama lebi lengkap consolenya. plus speakernya lebi banyak.
salam diesel
Budidiesel85
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Wed Apr 11, 2018 4:16
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Isuzu Panther
Re: Panther Users...! Part 2
Wesling » 24 Jul 2018, 13:43
Oom senior, mohon informasi & pencerahan kenapa Panther LV thn 2010 seal krukas nya gampang rembes yaaa ?? saya sdh tanya ke bengkel langganan, katanya memang itu salah satu kelemahan nya, padahal saya beli partnya asli dan bukan kw. terima kasih sebelumnya
reply :
seal as kruk gampang rembes itu banyak sebabnya. misal tidak memperhatikan cooling alias radiator.
sehingga suhu mesin panas. pendinginan tidak optimal. ada juga pengerjaan yang tidak rapih
alias asal asalan (faktor bengkel). seal bisa kena itu kalo ada yg tdk beres dari mesin.
selain faktor U.
Salam diesel
budidiesel85
Oom senior, mohon informasi & pencerahan kenapa Panther LV thn 2010 seal krukas nya gampang rembes yaaa ?? saya sdh tanya ke bengkel langganan, katanya memang itu salah satu kelemahan nya, padahal saya beli partnya asli dan bukan kw. terima kasih sebelumnya
reply :
seal as kruk gampang rembes itu banyak sebabnya. misal tidak memperhatikan cooling alias radiator.
sehingga suhu mesin panas. pendinginan tidak optimal. ada juga pengerjaan yang tidak rapih
alias asal asalan (faktor bengkel). seal bisa kena itu kalo ada yg tdk beres dari mesin.
selain faktor U.
Salam diesel
budidiesel85
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Panther Users...! Part 2
coba diperhatikan permukaan kruk as yang bersinggungan langsung dengan seal, apakah ada lecet/aus?Wesling wrote: Tue Jul 24, 2018 6:43 Oom senior, mohon informasi & pencerahan kenapa Panther LV thn 2010 seal krukas nya gampang rembes yaaa ?? saya sdh tanya ke bengkel langganan, katanya memang itu salah satu kelemahan nya, padahal saya beli partnya asli dan bukan kw. terima kasih sebelumnya
kalau sudah aus mau tidak mau musti "tambah daging" atau kalau mau lebih aman lagi ya ganti kruk as.
salah satu cara termudah bisa bikin seal yang diameternya lebih kecil dari aslinya. tapi ini sifatnya hanya sementara dan hasilnya tidak 100% aman dari bocor/rembes.
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Sun Mar 18, 2018 10:51
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Ford Everest
Re: Panther Users...! Part 2
@Marmut, terima kasih pak buat pencerahannya.... akan saya perhatikan hal tsb karena udah ganti seal berkali2 dan selalu rembes
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Panther Users...! Part 2
yg ane tanyakan adalah selain interior.budidiesel85 wrote: Thu Aug 02, 2018 8:47 LS sound sistemnya yang pintu belakang ada dua , trus ada wiper, jam di dashboard warna hijau,
double blower, interior mirip-2, kalo di exterior ada spoiler, footstep, stripping kanan kiri, roof rail,.
ya jelas beda wong LS FULL VARIASI ama lebi lengkap consolenya. plus speakernya lebi banyak.
salam diesel
Budidiesel85
diperjelas aja, selain interior dan variasi. lebih ke bagian yg tidak terlihat, seperti peredam (pintu, firewall, engine hood, karet pintu) lalu handling dan suspensinya, apakah beda?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 918
- Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49
Re: Panther Users...! Part 2
kayaknya peredaman nya om, ane naik LS/GT rasanya lebih tenang dibanding LV (apalagi LM)..r1409 wrote: Fri Aug 03, 2018 14:36yg ane tanyakan adalah selain interior.budidiesel85 wrote: Thu Aug 02, 2018 8:47 LS sound sistemnya yang pintu belakang ada dua , trus ada wiper, jam di dashboard warna hijau,
double blower, interior mirip-2, kalo di exterior ada spoiler, footstep, stripping kanan kiri, roof rail,.
ya jelas beda wong LS FULL VARIASI ama lebi lengkap consolenya. plus speakernya lebi banyak.
salam diesel
Budidiesel85
diperjelas aja, selain interior dan variasi. lebih ke bagian yg tidak terlihat, seperti peredam (pintu, firewall, engine hood, karet pintu) lalu handling dan suspensinya, apakah beda?
kalo handling dan suspensi sama ajah kayaknya
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Wed Apr 11, 2018 4:16
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Isuzu Panther
Re: Panther Users...! Part 2
r1409 wrote: ↑03 Aug 2018, 21:36
budidiesel85 wrote: ↑02 Aug 2018, 15:47
LS sound sistemnya yang pintu belakang ada dua , trus ada wiper, jam di dashboard warna hijau,
double blower, interior mirip-2, kalo di exterior ada spoiler, footstep, stripping kanan kiri, roof rail,.
ya jelas beda wong LS FULL VARIASI ama lebi lengkap consolenya. plus speakernya lebi banyak.
salam diesel
Budidiesel85
yg ane tanyakan adalah selain interior.
diperjelas aja, selain interior dan variasi. lebih ke bagian yg tidak terlihat, seperti peredam (pintu, firewall, engine hood, karet pintu) lalu handling dan suspensinya, apakah beda?
kayaknya peredaman nya om, ane naik LS/GT rasanya lebih tenang dibanding LV (apalagi LM)..
kalo handling dan suspensi sama ajah kayaknya
reply:
mungkin bener om rakean... kalo LS/GT peredamnya lebih banyak dari pada versi LV/LM.
hehe
, handling dan suspensi sama aja. betul.
Salam Budidiesel85
budidiesel85 wrote: ↑02 Aug 2018, 15:47
LS sound sistemnya yang pintu belakang ada dua , trus ada wiper, jam di dashboard warna hijau,
double blower, interior mirip-2, kalo di exterior ada spoiler, footstep, stripping kanan kiri, roof rail,.
ya jelas beda wong LS FULL VARIASI ama lebi lengkap consolenya. plus speakernya lebi banyak.
salam diesel
Budidiesel85
yg ane tanyakan adalah selain interior.
diperjelas aja, selain interior dan variasi. lebih ke bagian yg tidak terlihat, seperti peredam (pintu, firewall, engine hood, karet pintu) lalu handling dan suspensinya, apakah beda?
kayaknya peredaman nya om, ane naik LS/GT rasanya lebih tenang dibanding LV (apalagi LM)..
kalo handling dan suspensi sama ajah kayaknya
reply:
mungkin bener om rakean... kalo LS/GT peredamnya lebih banyak dari pada versi LV/LM.
hehe

Salam Budidiesel85
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Panther Users...! Part 2
barusan dapet GT 2008, km 143rb.
abis cek ke BeRes, SA menganjurkan untuk:
1. ganti master kopling. katanya sudah kurang enak. ane ga tau seharusnya yg "enak" untuk panther seperti apa, tapi ane coba sih masih oke. gak ada efek nyendal (smooth2 aja), dan tidak keras.
2. ganti kuadran transmisi. tuas transmisinya buat oper gigi memang kurang akurat, dan di posisi N kalo digoyang terasa agak kocak/oblak. tapi ga ada bunyi aneh selama pemakaian.
3. ganti bushing per belakang. sudah retak2, ane liat memang begitu.
dari 3 anjuran tersebut, apakah semuanya perlu?
karena kalo nomer 1, menurut ane masih oke aja. apa indikatornya master kopling harus ganti?
untuk nomer 2, apa itu kuadran transmisi? googling ga nemu, apa istilahnya beda? apa ini bukan bushing/bos tuas transmisinya aja? karena hasil googling malah untuk keluhan ini solusinya ya bushing/bos tuas transmisi.
untuk nomer 3, setuju sih, memang udah retak.
lalu untuk pengerjaan, apakah mending sekalian di BeRes semua? dengan syarat pasti harus pake parts ori dari mereka.
thanks infonya..
abis cek ke BeRes, SA menganjurkan untuk:
1. ganti master kopling. katanya sudah kurang enak. ane ga tau seharusnya yg "enak" untuk panther seperti apa, tapi ane coba sih masih oke. gak ada efek nyendal (smooth2 aja), dan tidak keras.
2. ganti kuadran transmisi. tuas transmisinya buat oper gigi memang kurang akurat, dan di posisi N kalo digoyang terasa agak kocak/oblak. tapi ga ada bunyi aneh selama pemakaian.
3. ganti bushing per belakang. sudah retak2, ane liat memang begitu.
dari 3 anjuran tersebut, apakah semuanya perlu?
karena kalo nomer 1, menurut ane masih oke aja. apa indikatornya master kopling harus ganti?
untuk nomer 2, apa itu kuadran transmisi? googling ga nemu, apa istilahnya beda? apa ini bukan bushing/bos tuas transmisinya aja? karena hasil googling malah untuk keluhan ini solusinya ya bushing/bos tuas transmisi.
untuk nomer 3, setuju sih, memang udah retak.
lalu untuk pengerjaan, apakah mending sekalian di BeRes semua? dengan syarat pasti harus pake parts ori dari mereka.
thanks infonya..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Panther Users...! Part 2
r1409 wrote: Tue Aug 21, 2018 14:41 barusan dapet GT 2008, km 143rb.
abis cek ke BeRes, SA menganjurkan untuk:
1. ganti master kopling. katanya sudah kurang enak. ane ga tau seharusnya yg "enak" untuk panther seperti apa, tapi ane coba sih masih oke. gak ada efek nyendal (smooth2 aja), dan tidak keras.
2. ganti kuadran transmisi. tuas transmisinya buat oper gigi memang kurang akurat, dan di posisi N kalo digoyang terasa agak kocak/oblak. tapi ga ada bunyi aneh selama pemakaian.
3. ganti bushing per belakang. sudah retak2, ane liat memang begitu.
dari 3 anjuran tersebut, apakah semuanya perlu?
karena kalo nomer 1, menurut ane masih oke aja. apa indikatornya master kopling harus ganti?
untuk nomer 2, apa itu kuadran transmisi? googling ga nemu, apa istilahnya beda? apa ini bukan bushing/bos tuas transmisinya aja? karena hasil googling malah untuk keluhan ini solusinya ya bushing/bos tuas transmisi.
untuk nomer 3, setuju sih, memang udah retak.
lalu untuk pengerjaan, apakah mending sekalian di BeRes semua? dengan syarat pasti harus pake parts ori dari mereka.
thanks infonya..
1. minta ke SA untuk kasih contoh master kopling yang sehat seperti apa jadi bisa ada perbandingan secara langsung.
2. mungkin yang dimaksud adalah bushing. ada bushing yang terbuat dari plastik, ada yang dari karet. untuk panther saya belum pernah lihat bahannya terbuat dari apa. kalau tuas transmisi terasa oblak ya alangkah baiknya segera ganti bushing.
3. retak rambut atau pecah? kalau dilihat dari usia, sebaiknya diperiksa juga bushing lainnya seperti bushing arm depan, dan diganti apabila perlu.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Panther Users...! Part 2
tadi pake lagi siangnya sambil dirasakan lebih dalam, ketika injak kopling lalu masuk reverse, perpindahan tuas terasa "grek". cuma untuk gigi mundur aja, dan terasa kalo baru injak kopling lalu masuk R. kalo kopling sudah diinjak dan masuk gigi lain dulu lalu ke R lagi, tidak bunyi. kalo habis "grek" tadi balik ke N lalu ke R lagi tanpa lepas kopling, juga tidak bunyi.marmut wrote: Tue Aug 21, 2018 15:47 1. minta ke SA untuk kasih contoh master kopling yang sehat seperti apa jadi bisa ada perbandingan secara langsung.
2. mungkin yang dimaksud adalah bushing. ada bushing yang terbuat dari plastik, ada yang dari karet. untuk panther saya belum pernah lihat bahannya terbuat dari apa. kalau tuas transmisi terasa oblak ya alangkah baiknya segera ganti bushing.
3. retak rambut atau pecah? kalau dilihat dari usia, sebaiknya diperiksa juga bushing lainnya seperti bushing arm depan, dan diganti apabila perlu.
ini bener master koplingnya ya?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Panther Users...! Part 2
r1409 wrote: Wed Aug 22, 2018 6:55
tadi pake lagi siangnya sambil dirasakan lebih dalam, ketika injak kopling lalu masuk reverse, perpindahan tuas terasa "grek". cuma untuk gigi mundur aja, dan terasa kalo baru injak kopling lalu masuk R. kalo kopling sudah diinjak dan masuk gigi lain dulu lalu ke R lagi, tidak bunyi. kalo habis "grek" tadi balik ke N lalu ke R lagi tanpa lepas kopling, juga tidak bunyi.
ini bener master koplingnya ya?
bisa jadi master kopling, bisa jadi dari yang lainnya semisal oli transmisi terlalu kental atau plat kopling.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Wed Apr 11, 2018 4:16
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Isuzu Panther
Re: Panther Users...! Part 2
halooo mana suaranya Panther userrrr