--> CAMPOERAN:
Kalau g salah sampe tgl 5 juli, emang tadi blom sempet ke tp?
Tadi sempetin liat pameran launching FREED di TP3 Surabaya,
Kesan pertama pas liat exterior, mobil ini terlihat sangat mungil (banyangin jazz dipanjangin dikit lhah) malah dari luar terlihat lebih kecil dari XeniZa (kesannya)
Setelah masuk interior dan mencoba duduk di baris ke 2 dan ketiga, tingkat kelegaannya terasa lebih baik dibanding XeniZa, namun untuk kelapangan kaki beda tipis menang GL (2cman) tapi untuk kelapangan head room GL kalah, di sisi lain,sliding kursi baris kedua cukup mumpuni, jadi bisa memberi ruang kaki lebih bagi penumpang baris ke3. Dengan catatan tinggi pengemudi maks 170cm, dan kursinya dimajuin jadi memberi kelegaan bagi penumpang baris ke2 juga.
Untuk desain, terutama interior saya akui kehebatan team
Honda dalam menyiasati keterbatasan ruang, sehingga dapat menghadirkan sebuah mobil dengan desain yang cukup kompak, sehingga lincah bermanuver di kemacetan jalan, Namun masih memberikan ruang yang cukup lega di bagian interiornya. tapi yang paling menarik perhatian saya adalah desain dashboardnya, Top Markotob dah!!!
Untuk Tingkat kelegaan penumpang dibanding dengan Inova/Krista, Freed kalah telak, ipah selain bisa muat 8 org masih ada ruang untuk bagasi seperlunya, ruang bagasi freed tersa kurang bila terisi 7 penumpang, dan rasanya baris ketiga kurang lebar untuk mengakomodir 3 orang dewasa ( palagi kalo semok²

). Bila dibanding dengan XeniZA Freed menang tipis, dan dengan GL Freed menang di headroom, Legroom kalah tipis, jadi saya katakan masih lega Freed daripada GL.
Sayangnya HPM tidak menghadirkan yang versi 8 seater di indonesia (3 penumpang di baris kedua), karena seringnya traveling dengan 5-6 penumpang, selama ini pakai Kijang LGX jadi penumpang hanya menempati baris kedua dan di baris ketiganya lebih sering saya manfaatkan untuk ruang bagasi barang bawaan keluarga. Saya harap nantinya pihak HPM dapat menghadirkan varian ini (8seter/ yg katanya di jepang dijual dengan harga lebih murah daripada yg 7seat) di Indonesia, untuk mengakomodir keluarga yg sedikit lebih besar. karena bila menelaah lagi rasanya Freed lebih ditujukan untuk keluarga kecil
Untuk performance belom bisa kasih komentar, karena tadi liatnya malam jadi TD udah ditutup. Saya sendiri belom ada pengalaman dengan mobil matic jadi rasanya tidak pantas juga saya untuk mengomentarinya. Silakan bro² yang lain yang udah TD aja kasih info ke kita²
Untuk listnya :
1. sliding door electric ( dimana gak ditemukan pd inova dan GL )
2. desain unik di kelas MPV ( ini sekali lagi subjektif tp pasti dijadikan poin ama sales2 honda)
3. Irit ( karena 1500cc ) , ama GL 1500cc ada sih, tp ipah 2.0
4. desain kursi berundak2 (seperti tangga dari depan ke belakang) ini siasat cerdas untuk legroom sempit.. perhatikan aja kursi depan ke belakang kan nggak rata.. ini salah satu yang membuat cabin pasti terasa lapang Legroom masih tersa kurang
5. walkthrough cabin, jadi bisa jalan dr depan ke belakang langsung .
6. Baby Alphard Trully ha..ha..(kali ya dibanding luxio..), beli mobil perlu personifikasi...
7. Great Dashboard, banyak bikin orag tertarik
Minus :
1. Tidak ada double blower, atau kasih seperti yg punya GL (pas pameran tadi banyak yg meragukan A/C Freed)
2. 3 Penumpang dibaris ke2 (Ipah kan ada versi 8 seat dan versi capt seat