
[WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
Eheeeeem.......... 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
Pembeli saham ya jangan dibandingkan dengan produsen dong bro......Captivated wrote:kbneran disinggung mslh saham/komodity/future... ini bs jd contoh yg baik
bgmn "tdk bijaknya" para pembeli (terutama funds) yg menyebabkan harga meningkat luar biasa diluar bts logika
setelah balik ke posisi "waras", resultnya byk perusahaan tumbang (bhkn yg sekelas giant)
produsen (petani, perusahaan minyak, dll) ga bakal rugi dgn kondisi bgini, malah mrk ketawa haha-hihi
yg sengsara? pembeli/spekulan! salah sndiri knapa mau ikut "arus irrasional"
kl dianalogikan ke market mobil : TAM rugikah dgn perilaku pembeli indonesia? existing fortie owners rugikah?
mknya gw blg kmrn, yg kasian adlh future buyers yg hrs byr dgn harga yg jauh lbh mahal dr harga yg seharusnya
kecuali TAM nekat nurunin harga, tp mana mgkn... selama msh ada supporter/simpatisan/fans yg msh mau beli (fortie) brp pun hrganya

Pembeli saham bandinginnya dengan penjual saham (atau yg sama2 spekulan), produsen dibandingin dengan konsumen (yg sama2 berkecimpung di sektor riil dan nikmatin produk riil, bukan di sektor investasi/sektor tuker2an kertas "berharga")
Saham itu kan pada hakikatnya adalah kaya zero sum game, artinya kalo ada 1 dollar/rupiah untung, berarti disisi lain ada 1 dollar/rupiah yg rugi (atau yg akan rugi/unrealized loss.....kalo sahamnya belum dijual), Artinya bisa ditarik kesimpulan kalo risk si penjual dan si pembeli saham adalah sama gedenya.
Gak ada yg mao maen saham/investasi kalo "game"nya berat sebelah, di derivativ option sekalipun, yg keliatannya menguntungkan salah satu pihak, tetep aja sama risknya.....karena yg risknya lebih gede dicompensate dengan gedenya option fee.
Memang bisa gara2 faktor spekulasi, harga di jack up tinggi melebihi valuasi perush tsb. Tapi sebaliknya juga karena faktor spekulasi, harga saham bisa turun drastis alias lebih kecil daripada valuasi perush sebenernya.
Sebenernya spt yg saya bilang sebelumnya, kurang ada korelasi antara trend harga saham dgn trend harga mobil karena trend harga saham itu adalah naik turun, naik turun terus......Gak mungkin saham naiiiiikkkk terus, gak pernah turun.
Saham kalo udah rally naik, pasti sebentar lagi bakal rally untuk turun, jadi kalo liat grafik harga saham, itu dia naik turun naik turun naik turun terus tapi long term cenderung naik (kalo perush sehat), dan sebaliknya kalo perush sakit.
Sedangkan harga mobil (fortie sekalipun) gak begitu.......kalo udah naik susah turunnya. Disini yg beli duluan yg untung, bisa nikmatin mobil yg sama dengan harga lebih murah. Tapi perlu diingat kalo harga naik terus kaya Fortie ini, pembeli yg sekarang beli pun tetep untung karena bisa nikmatin Fortie dimasa depan (yg harganya di masa depan nanti akan jauh lebih mahal) dengan harga sekarang ini. Makanya orang2 "nubruk" teruss

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
Maksudnya "bisa2nya mitsu/ktb" tuh gimana bro? Jadi kalo Camry/Corolla atau Accord/Civic apakah juga bisa2nya TAM/HPM?Captivated wrote:mknya gw blg ini bisa2nya mitsu/ktb ajaRisol1 wrote: Lancer, cuma karena mesinnya pake 2000cc, gak membuat dia menjadi sebuah Galant. Mobil2 kaya civic, corolla, mazda3, focus, yg pantarannya Lancer juga pake mesin 2000cc.
Nah saya juga nanya pertanyaan yg sama ke KTB: "Kemana galantnya???" Karena di luar negeri, new galant penggantinya galant hiu aja udah mao ganti model lagi![]()
Maksud saya dengan Galant "dianak tirikan" itu adalah:
Galant hiu yg umurnya udah 11 tahun dan modelnya gak pernah diganti2 (Padahal di luar negeri Galant hiu udah ada penggantinya semenjak 2003, tapi gak pernah dimasukkin kemari), disuruh maju ke medan perang dan "bertempur" dengan saingan2nya yg mukanya masih pada seger2: Camry, Accord, Teana itu udah 2 x ganti model semenjak generasi galant hiu........Ya gimana mao menang tuh galant???
Juga kelas calon2 pembeli camry/accord/teana gitu gak seenaknya aja bisa substitusi galant dengan lancer......mereka ogah compare lancer dengan camry/accord/teana![]()
Sedangkan Lancer gak pernah diabandon sama KTB, setiap ada model baru, masih dibawa ke mari, dan karena itu juga mungkin Lancer lebih bagus popularitasnya sehingga resale value terdongkrak juga dibanding Galant.
Bener lancer 2006 kebawah juga jatoh kalo dibanding civic/altis, tapi kalo dibanding galant, masih bagusan lancer kayaknya.
Coba aja liat Lancer sei 05 sama galant hiu 05 kayaknya bekasnya masih mahal lancer 05, sedangkan biasanya kalo umur baru 4 tahun, kelas camry/accord biasanya masih lebih mahal harga bekasnya (cukup signifikan) dibanding kelas corolla/civic. Tapi kayaknya ini gak terjadi di kasus galant.
di negara2 laen lancer ex dijual pake nama galant fortis, yg mnrt gw harusnya pake nama itu krn kemiripan wajah antara g.fortis dgn galant generasi terakhir di indo
kl ga salah, galant stlh thn 2002 didiskontinue oleh KTB

Mitsu kasi nama "Galant" untuk mobil mid size nya, dan nama "Lancer" untuk mobil small size nya, dan IMO, itu bukan "bisa2nya" mitsu, emang udah policy "dari sono"nya
Gak ada hub-nya apakah ada kemiripan muka atau tidak, yg pasti galant fortis itu bukanlah sebuah Galant, melainkan cuma sebuah Lancer, cuma namanya aja ada berbau bau Galant (ane jg bingung disini sama Mitsu sebenernya)

Memang bener galant udah didiskontinue (Tapi gak thn 02, soalnya yg thn 05 aja masih ada), saya cuma pake contoh galant karena mao menunjukkan bahwa mitsu bekas gak gitu diminati + harga jual jatoh, bukan semata2 karena kondisi mobil jelek aja (Spt kata bro Maskopat karena Mitsu sering dibawa ngebut), tapi ada juga karena dari faktor2 lain yg disebabkan oleh penjualnya/company nya atau hal2 yg "dibawa" oleh si produk yg sebenernya gak ada hub dengan bagus jeleknya produk itu sendiri.
Soalnya kemaren itu ada yg nanya kenapa produk2 mitsu pada jelek2 resale valuenya/kurang diminati......ane cuma berusaha kasi masukkan aja kalo kita melihat dari sisi lain (selain sisi produknya sendiri)

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
Emang udah saatnya fortie diesel dipakein VN Turbo tuh, soalnya kalo AT cape hati bawanya kalo beratnya kaya gitu sih Jom.ZombiEE wrote:ane barusan menumpang temen ane ke taman simalem sewaktu tujuh belasan....fortie m/t diesel...7org penumpang..ajubile..tarikan berat bgt sewaktu nanjak..forget bout 2nd gear...kalo matic gimana yah??ini dalam konteks mobil standar tanpa ubahan apa2..

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
Wan abu jadi supir angkot aja deh....Abu2 wrote:@risol : sesekali ane masuk dong dalam cerita skenario ente....![]()

Mulai cerita lagi nih: "Misalnya ane suruh sopir ane Wan Abu ke tokonya om Mandala dan beli spare part yg lebih mahal 2000 perak........dstdst" huehuehuehuehue

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
Wah, saya salah tangkep ya? hehehehe....sori2 kalo salah tangkepGTR wrote:apa mungkin maksud bro captivated, memang ada nilai / hasil yg bermanfaat dibalik sekedar spec teknis doang.
secara kalo just compare dari spec teknis doang yah nanti pun udah kalah dari merk2 "baru" kaya bro risol bilang.

Soalnya cuma liat dari tulisan bro Captivated di bawah ini, dan karena punya pemikiran yg beda, saya jabarin disini deh hehehehe.....
Captivated wrote:produsen akan cenderung menaikkan harga suatu produk ketika laku keras, sampe pada satu titik ketika konsumen 'jenuh' dan tidak mampu/mau lg mengikuti (membeli) produk tsb
laen soal kalo produk tsb mmg unggul dlm byk hal (spek teknis)
tp kl 2 produk hmpr sama, tp harga beda jauh... gmn coba?
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
Si poster bilang kalo chassis Innova dan Fortuner sama, kenapa Fortie jadi mahal. Saya cuman mau kasitau, walaupun chassis Innova.Hilux.Fortuner memang sama (dr Hilux), tp di kolongnya tidak sama.GTR wrote:true offroader memang yg chassis pendek & terutama lebih ringan, misal Pajero short daripada Pajero long.
makanya positioning toyota untuk LC200 adalah "king of 4wd", biar lebih pas.
jumlah baut roda innova - fortuner (atau hilux Scab - Dcab) tidak korelasi langsung ke perbedaan chassis, perbedaan utama jumlah baut roda adalah dari wheel-hub-assy di balik rem; termasuk kalo sampe ada "penyesuaian suspensi maupun rem" masing2 untuk model lebih ceper & berbobot lebih ringan, termasuk misal di S-CAB lain.
udah biasa ada perbedaan hub roda di mobil chassis sama misal : phanter 4 lug dan phanter 6 lug... s/d "sasis" civic gen lama ada 4 / 5 lugs hub, maupun beda rem disc dan tromol di roda.
kalo perbedaan dari hub ini dianggap beda, nanti fortuner dan hilux Dcab pun akan lebih beda lagi, karena perbedaan konstruksi suspensi belakang jauh lebih berbeda daripada perbedaan komponen hub roda.
Kalo soal long chassis vs short chassis...mestinya si poster fair bilang semua SUV long chassis bukan true off roader. Mau gak dia ngakuin LC dan Pajero bukan true off roader karena long chassis seperti Fortuner...saya rasa tidak

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
"Kolong"nya yah sama yah antara innova dan fortuner, s/d sebagian lubang2 additional buat baut2 di sasis.
pembedaan dikit2 di suspensi, mesin, transmisi, rem yg beda ceper/bobot buat varian lain, tidak selalu berhubungan langsung ke perbedaan sasis.
Atau saya masih belum nangkep perspektif "kolong" dari bro Fm..
pembedaan dikit2 di suspensi, mesin, transmisi, rem yg beda ceper/bobot buat varian lain, tidak selalu berhubungan langsung ke perbedaan sasis.
Atau saya masih belum nangkep perspektif "kolong" dari bro Fm..

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
Ya ini maksud saya kolong....atau isi kolong mungkin lebih tepat. Chassisnya ya sama (beda sedikit sih ukurannya, yg persis exactly itu chassis Hilux/Fortuner...menurut sumber saya di pabrik TAM)GTR wrote:"Kolong"nya yah sama yah antara innova dan fortuner, s/d sebagian lubang2 additional buat baut2 di sasis.
pembedaan dikit2 di suspensi, mesin, transmisi, rem yg beda ceper/bobot buat varian lain, tidak selalu berhubungan langsung ke perbedaan sasis.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
hmm post ini memang gitu yah...Risol1 wrote:Wah, saya salah tangkep ya? hehehehe....sori2 kalo salah tangkepGTR wrote:apa mungkin maksud bro captivated, memang ada nilai / hasil yg bermanfaat dibalik sekedar spec teknis doang.
secara kalo just compare dari spec teknis doang yah nanti pun udah kalah dari merk2 "baru" kaya bro risol bilang.![]()
Soalnya cuma liat dari tulisan bro Captivated di bawah ini, dan karena punya pemikiran yg beda, saya jabarin disini deh hehehehe.....Captivated wrote:produsen akan cenderung menaikkan harga suatu produk ketika laku keras, sampe pada satu titik ketika konsumen 'jenuh' dan tidak mampu/mau lg mengikuti (membeli) produk tsb
laen soal kalo produk tsb mmg unggul dlm byk hal (spek teknis)
tp kl 2 produk hmpr sama, tp harga beda jauh... gmn coba?
tapi kalo liat pembicaraan umum, kayanya juga mengarah ke manfaat2 lain yg dirasakan, walaupun memang sumber nya yah dari spec. tapi spec baru jadi isapan jempol kalo terbukti tidak bermanfaat, mungkin.
misal segi spec teknis mesin - transmisi, dimana bisa jadi sudah dirasa bermanfaat ke segi kelincahan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 745
- Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
emg termasuk avanza, walopun blm separah fortie. tp krn trednya bhs fortie, fokus ke fortie duluRisol1 wrote: hehehehe......kirain lagi ngomongin Avanza (bukannya awalnya ngomongin ttg avanza harga bekas bisa hampir nempelin harga baru?), taunya balik lagi ke Fortie.
![]()
Kalo dinaikkin 50 jt, abis itu tetep "ditubruk" sama konsumen, artinya harga pasarnya Fortie memang harga awal+50jt, yg juga berarti bahwa harga jual Fortie dulu kemurahan. Kalo dinaikkin lagi sampe 500 jt pun dan demand tetep tinggi, artinya harga pasar Fortie memang ada di level 500 jt. Tapi kalo TAM maksa terus naikkin harga, pasti ada saat dimana setelah melewati satu titik harga tertentu harga fortie akan membuat salesnya menurun. Nah sebagai produsen, disinilah mereka harus hati2 nge-set harganya. Tapi kalo ane liat sekarang2 ini, harga naik malah salesnya makin banyak......Yg artinya harga pasarnya masih belum kena (Ekuilibrium pricenya belum kena, masih ada kemungkinan naik lagi, apalagi kalo dibarengin inovasi2 lain misal dgn keluarnya all new Fortie)
Dan hal itu bukan konsumen "memberi angin", karena sekali lagi konsumen tuh gak pernah mao buang duitnya secara cuma2 kalo engga ada return buat dia sendiri.
Seperti analogi ttg rumah PI Vs LB kemaren, sebenernya saya mo kasi liat bahwa jualan mobil itu bukan cuma jualan barang beroda empatnya aja, tapi merupakan satu kesatuan paket beserta embel2nya dan hal2 lain yg mengikuti mobil tsb, yg biasanya bukan sesuatu yg keliatan (tangible). Melalui analogi rumah tsb, saya cuma mao memberi sedikit alternatif ttg cara pandang kita thd pola pemilihan mobil di masyarakat, terutama masyarakat sini. Bahwa dalam membeli rumah itu, kita engga cuma liat bahan materialnya, kualitas finishingnya, fitur2nya, TAPI juga melihat faktor2 lain misalnya fasilitas komplek, keamanan, perceived quality dari letak tanah, sampe ke faktor gengsi.
Situasi ini (naikkin harga fortie 50 jt tapi tetep laku aja) gak harus terjadi di pasar monopoli aja. Kalo pasar monopoli artinya konsumen gak punya pilihan lain, alias barang bobrok pun harus dibeli kalo engga naik ojek kemana2....... Kalo di kasus ini, adalah murni pasar yg bicara. Murni harga ditentukan oleh pasar.
ya konsumen ikut andil "memberi angin"
sederhana aja sbnrnya : naik 5jt dibeli, naik 50jt ttp dibeli... pdhl kenaikan harga itu tanpa alasan yg jelas (mbl ybs tdk ada penambahan/peningkatan performa/kualitas/fitur).
jgn ngomong mslh kurs yak, cek kurs skrg brp? apalg ngomong mslh diskon, taon lalu waktu harga forti 2.5d <300jt diskonnya malah bs lbh gede dr skrg
mknya gw bilang "skema/arus irrasional" krn pasar (pembeli) trs ngikut harga fortie pdhl hmpr ga ada alasan fundamental
mgkn analogi kl di harga minyak thn lalu... naik trs pdhl supply/demand ga ada mslh. opec udh tambah produksi, harga msh ditembak terus (dlm hal ini opec sih seneng2 aja sbnrnya) sampe pd satu titik dmn org2 pd nyerah (yg rugi besar adlh yg beli minyak >$100)
ini yg dinamakan irrasional. bgtu >$100 org2 udh pd teriak : ini gila! (bukan cm irrasional lg) tp byk funds/spekulan yg blg : ga tuh, minyak bs tembus $200 loh

itu jg ttp murni pasar berbicara loh... tp pasar yg irrasional/gila

utk kasus otomotif khusus di indo mmg agak unik... price list hmpr ga mgkn turun (kecuali didiskon)
mknya gw blg kenaikan harga fortie ini merugikan future buyer yg hrs nebus (unit yg sama dgn thn2 sblmnya) dgn harga yg lbh mahal dr seharusnya. iya kl stlh mrk beli harga fortie msh terus naik, lah kl pas beli hrga fortie lsg stagnan (krn asumsi hrga mbl ga mgkn turun) misal di angka 500jt, psti ada imbas ke resale value sdkt byk
rame2 org nganggap fortie kemahalan shg harga mbl bekas fortie depresiasinya misal 100jt. org yg beli fortie waktu harga 350 msh ketawa, yg beli 400 msh bs senyum2, lah yg beli 500 gmn nasibnya? ini kl cm mslh resale, gmn ketika udh beli dan banding2in ama performa/fitur/kualitas yg ditawarkan ternyata akhirnya mrk kecewa?
pasti muncul pertanyaan : loh knp beli? kan mrk berharap stlh beli 500jt, harga fortie bisa 600,700, mgkn 1m??? kan lmyn tuh...

org yg beli mbl nyambi jd spekulan... ahahahaa

mgkn skrg br segelintir org (trmasuk gw) yg ngoceh2 mslh ini dan mmg bukan suara mayoritas... besok2 sapa tau???
ttp sah2 aja kan beropini, toh gw jg ngasih bukti bukan cm sekedar jualan obat

pertanyaan sdrhana : kalo ada toko sblh yg jual brg yg sama, penjualnya ramah, variasi brgnya sm byk, dan servisnya spt om mandala... tp murah 2rbRisol1 wrote: Analogi lainnya supaya lebih jelas:
Misal Ada sodagar Sparepart namanya om Mandala, dan ada pengusaha angkot namanya Risol.
risol beli dmn?
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
Ini analogi yg keliru, karena yg diomongkan disini bukan barang(merek/model) yang sama.Captivated wrote:pertanyaan sdrhana : kalo ada toko sblh yg jual brg yg sama, penjualnya ramah, variasi brgnya sm byk, dan servisnya spt om mandala... tp murah 2rb
risol beli dmn?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 745
- Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
betul psr blg "belum skrg"... itu biasa buat anak/perusahaan mbl baru (merk2 jap jg prnh ngalamin hal bgini, dijelek2in ama merk us/eropa dulu)Risol1 wrote: Sekali lagi kalo orang cuma liat dari spek teknis produk, dan gak peduli thd faktor2 lain yg dibawa dari mobil tsb (termasuk gengsi), maka yg semestinya berjaya di dunia sekarang adalah produk2 Malay dan China.....karena mereka udah bisa membuktikan bisa membuat mobil murah dengan fitur2 segudang.
Tapi buktinya gak kan? Pasar bilang "Tidak Sekarang"............![]()
Bukti lainnya juga udh dikasi sama GM dan Chrysler yg hampir terlikuidasi. Semua resep bro Captivated diatas udah diikutin sama GM/Chrysler tuh, spek teknis tinggi2 dan harga murah.
Mobil2 domestik disini dengan harga yg sama dengan rival jepangnya bisa dapet mesin setingkat diatas, fitur2 jauh lebih lengkap, dan kalo ngitung rebate/cashback2-nya, jato2nya bisa lebih murah dari mobil jepang/eropa sekelas.......Tapi pasar berkata lain. Perceived quality itu gak cuma diliat dari spek teknis semata bro![]()
tp herannya kok pasar ngomong bgtu sambil ikut mompain harga mbl yg "sdh skrg"???
setau ane, gm di n.america mulai jual murah br bbrp thn trakhir. itupun utk mbl2 tertentu utk ngabisin stok (krn inventory tinggi)
tp kerugian di taun2 sblmnya udh sgt gede gara2 produk2 yg boros dan overpriced
knp overpriced? dluar mslh inefisiensi dan labor cost, sampe awal thn 2000-an msh cukup byk org2 amrik yg nganggap produk buatan detroit lbh unggul dr jap
mknya gm terlena dgn hal ini, ga mslh dgn biaya buruh dan biaya2 laen, toh laku jg
bgtu mindset org amrik berubah, nah lo... cilaka 12! mau ngirit biaya2 operasional udh susah, apalg ngirit biaya overhead? mknya kolaps
tp gm di asia (dan mgkn eropa) jualan produk2 bagus dgn harga murah udh lmyn lama
mknya gm asia biasa2 aja waktu gm america kena chapter 11
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 745
- Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
dmn gw menganalogikan produsen = pemegang saham???Risol1 wrote: Pembeli saham ya jangan dibandingkan dengan produsen dong bro......![]()
Pembeli saham bandinginnya dengan penjual saham (atau yg sama2 spekulan), produsen dibandingin dengan konsumen (yg sama2 berkecimpung di sektor riil dan nikmatin produk riil, bukan di sektor investasi/sektor tuker2an kertas "berharga")
Saham itu kan pada hakikatnya adalah kaya zero sum game, artinya kalo ada 1 dollar/rupiah untung, berarti disisi lain ada 1 dollar/rupiah yg rugi (atau yg akan rugi/unrealized loss.....kalo sahamnya belum dijual), Artinya bisa ditarik kesimpulan kalo risk si penjual dan si pembeli saham adalah sama gedenya.
Gak ada yg mao maen saham/investasi kalo "game"nya berat sebelah, di derivativ option sekalipun, yg keliatannya menguntungkan salah satu pihak, tetep aja sama risknya.....karena yg risknya lebih gede dicompensate dengan gedenya option fee.
Memang bisa gara2 faktor spekulasi, harga di jack up tinggi melebihi valuasi perush tsb. Tapi sebaliknya juga karena faktor spekulasi, harga saham bisa turun drastis alias lebih kecil daripada valuasi perush sebenernya.
Sebenernya spt yg saya bilang sebelumnya, kurang ada korelasi antara trend harga saham dgn trend harga mobil karena trend harga saham itu adalah naik turun, naik turun terus......Gak mungkin saham naiiiiikkkk terus, gak pernah turun.
Saham kalo udah rally naik, pasti sebentar lagi bakal rally untuk turun, jadi kalo liat grafik harga saham, itu dia naik turun naik turun naik turun terus tapi long term cenderung naik (kalo perush sehat), dan sebaliknya kalo perush sakit.

pemegang saham lbh tepat dianalogikan dgn existing owner (fortie)
produsen ya TAM/TMC
bener... saham ada naik-turunnya, dan harga mbl kl udh naik susah turunnya
justru itu mknya kita sbg pembeli hrs bs memberikan "kontrol" spy harganya jgn naik tanpa ada alasan jelas
ttp membeli produk yg makin n makin overpriced sangatlah tdk bijak
skl lg gw ga bs melarang org beli fortie, terserah ybs... gw cm memberikan opini

kalo naik terus... kl suatu saat berhenti krn org2 udh nyerah?Risol1 wrote: Sedangkan harga mobil (fortie sekalipun) gak begitu.......kalo udah naik susah turunnya. Disini yg beli duluan yg untung, bisa nikmatin mobil yg sama dengan harga lebih murah. Tapi perlu diingat kalo harga naik terus kaya Fortie ini, pembeli yg sekarang beli pun tetep untung karena bisa nikmatin Fortie dimasa depan (yg harganya di masa depan nanti akan jauh lebih mahal) dengan harga sekarang ini. Makanya orang2 "nubruk" teruss

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
Sekarang pembeli Fortuner dituduh spekulan. Makanya ada klub Fortuner, yg hari2 ngomongin...kapan ya Fortuner kita naik harga lagiCaptivated wrote:emg termasuk avanza, walopun blm separah fortie. tp krn trednya bhs fortie, fokus ke fortie duluRisol1 wrote: hehehehe......kirain lagi ngomongin Avanza (bukannya awalnya ngomongin ttg avanza harga bekas bisa hampir nempelin harga baru?), taunya balik lagi ke Fortie.
![]()
Kalo dinaikkin 50 jt, abis itu tetep "ditubruk" sama konsumen, artinya harga pasarnya Fortie memang harga awal+50jt, yg juga berarti bahwa harga jual Fortie dulu kemurahan. Kalo dinaikkin lagi sampe 500 jt pun dan demand tetep tinggi, artinya harga pasar Fortie memang ada di level 500 jt. Tapi kalo TAM maksa terus naikkin harga, pasti ada saat dimana setelah melewati satu titik harga tertentu harga fortie akan membuat salesnya menurun. Nah sebagai produsen, disinilah mereka harus hati2 nge-set harganya. Tapi kalo ane liat sekarang2 ini, harga naik malah salesnya makin banyak......Yg artinya harga pasarnya masih belum kena (Ekuilibrium pricenya belum kena, masih ada kemungkinan naik lagi, apalagi kalo dibarengin inovasi2 lain misal dgn keluarnya all new Fortie)
Dan hal itu bukan konsumen "memberi angin", karena sekali lagi konsumen tuh gak pernah mao buang duitnya secara cuma2 kalo engga ada return buat dia sendiri.
Seperti analogi ttg rumah PI Vs LB kemaren, sebenernya saya mo kasi liat bahwa jualan mobil itu bukan cuma jualan barang beroda empatnya aja, tapi merupakan satu kesatuan paket beserta embel2nya dan hal2 lain yg mengikuti mobil tsb, yg biasanya bukan sesuatu yg keliatan (tangible). Melalui analogi rumah tsb, saya cuma mao memberi sedikit alternatif ttg cara pandang kita thd pola pemilihan mobil di masyarakat, terutama masyarakat sini. Bahwa dalam membeli rumah itu, kita engga cuma liat bahan materialnya, kualitas finishingnya, fitur2nya, TAPI juga melihat faktor2 lain misalnya fasilitas komplek, keamanan, perceived quality dari letak tanah, sampe ke faktor gengsi.
Situasi ini (naikkin harga fortie 50 jt tapi tetep laku aja) gak harus terjadi di pasar monopoli aja. Kalo pasar monopoli artinya konsumen gak punya pilihan lain, alias barang bobrok pun harus dibeli kalo engga naik ojek kemana2....... Kalo di kasus ini, adalah murni pasar yg bicara. Murni harga ditentukan oleh pasar.
ya konsumen ikut andil "memberi angin"
sederhana aja sbnrnya : naik 5jt dibeli, naik 50jt ttp dibeli... pdhl kenaikan harga itu tanpa alasan yg jelas (mbl ybs tdk ada penambahan/peningkatan performa/kualitas/fitur).
jgn ngomong mslh kurs yak, cek kurs skrg brp? apalg ngomong mslh diskon, taon lalu waktu harga forti 2.5d <300jt diskonnya malah bs lbh gede dr skrg
mknya gw bilang "skema/arus irrasional" krn pasar (pembeli) trs ngikut harga fortie pdhl hmpr ga ada alasan fundamental
mgkn analogi kl di harga minyak thn lalu... naik trs pdhl supply/demand ga ada mslh. opec udh tambah produksi, harga msh ditembak terus (dlm hal ini opec sih seneng2 aja sbnrnya) sampe pd satu titik dmn org2 pd nyerah (yg rugi besar adlh yg beli minyak >$100)
ini yg dinamakan irrasional. bgtu >$100 org2 udh pd teriak : ini gila! (bukan cm irrasional lg) tp byk funds/spekulan yg blg : ga tuh, minyak bs tembus $200 loh![]()
itu jg ttp murni pasar berbicara loh... tp pasar yg irrasional/gila![]()
utk kasus otomotif khusus di indo mmg agak unik... price list hmpr ga mgkn turun (kecuali didiskon)
mknya gw blg kenaikan harga fortie ini merugikan future buyer yg hrs nebus (unit yg sama dgn thn2 sblmnya) dgn harga yg lbh mahal dr seharusnya. iya kl stlh mrk beli harga fortie msh terus naik, lah kl pas beli hrga fortie lsg stagnan (krn asumsi hrga mbl ga mgkn turun) misal di angka 500jt, psti ada imbas ke resale value sdkt byk
rame2 org nganggap fortie kemahalan shg harga mbl bekas fortie depresiasinya misal 100jt. org yg beli fortie waktu harga 350 msh ketawa, yg beli 400 msh bs senyum2, lah yg beli 500 gmn nasibnya? ini kl cm mslh resale, gmn ketika udh beli dan banding2in ama performa/fitur/kualitas yg ditawarkan ternyata akhirnya mrk kecewa?
pasti muncul pertanyaan : loh knp beli? kan mrk berharap stlh beli 500jt, harga fortie bisa 600,700, mgkn 1m??? kan lmyn tuh...![]()
org yg beli mbl nyambi jd spekulan... ahahahaa![]()
mgkn skrg br segelintir org (trmasuk gw) yg ngoceh2 mslh ini dan mmg bukan suara mayoritas... besok2 sapa tau???
ttp sah2 aja kan beropini, toh gw jg ngasih bukti bukan cm sekedar jualan obat![]()

Sebenernya inti argumen ini menurut anda Fortuner kemahalan, sementara ribuan orang lain merasa tidak (no.1 selling SUV).
Sementara yang menurut anda worth it, relatif tidak digubris. Malah pendatang baru (PS) sudah melahap market share lumayan dengan santainya...padahal sama2 dari merek yg resalenya dianggap jelek...tp laris manis aja tuh.
Kalau banyak yang merasa kecewa dengan Fortuner, tentu tidak akan laku lagi. Tapi justru sebaliknya makin tua (dr 2005 lho) makin laku - tapi tentu respon anda adalah konsumen Indonesia bodoh dan anda pintar/rasional sendiri

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 745
- Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
bisa2nya mitsu/ktb = satu mbl bisa dinamain dua, bs galant bs lancer. terserah agennya mitsu mau pake yg manaRisol1 wrote: Maksudnya "bisa2nya mitsu/ktb" tuh gimana bro? Jadi kalo Camry/Corolla atau Accord/Civic apakah juga bisa2nya TAM/HPM?![]()
Mitsu kasi nama "Galant" untuk mobil mid size nya, dan nama "Lancer" untuk mobil small size nya, dan IMO, itu bukan "bisa2nya" mitsu, emang udah policy "dari sono"nya
Gak ada hub-nya apakah ada kemiripan muka atau tidak, yg pasti galant fortis itu bukanlah sebuah Galant, melainkan cuma sebuah Lancer, cuma namanya aja ada berbau bau Galant (ane jg bingung disini sama Mitsu sebenernya)![]()
Memang bener galant udah didiskontinue (Tapi gak thn 02, soalnya yg thn 05 aja masih ada), saya cuma pake contoh galant karena mao menunjukkan bahwa mitsu bekas gak gitu diminati + harga jual jatoh, bukan semata2 karena kondisi mobil jelek aja (Spt kata bro Maskopat karena Mitsu sering dibawa ngebut), tapi ada juga karena dari faktor2 lain yg disebabkan oleh penjualnya/company nya atau hal2 yg "dibawa" oleh si produk yg sebenernya gak ada hub dengan bagus jeleknya produk itu sendiri.
Soalnya kemaren itu ada yg nanya kenapa produk2 mitsu pada jelek2 resale valuenya/kurang diminati......ane cuma berusaha kasi masukkan aja kalo kita melihat dari sisi lain (selain sisi produknya sendiri)

galant fortis bukan galant??? brarti salah dong mitsu jepang yg ngasih nama galant fortis buat jualan di jap

thn 2004 waktu mau ngambil kuda, salesnya blg kl galant udh diskontinue sjk 2 thn lalu
mknya gw asumsi thn 2002 galant didiskontinue ama KTB
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
Mungkin maksud si Risoles, walaupun Lancer dinamakan Galant...kalau ukurannya masih segitu (compact sedan) - tidak akan bisa bersaing atau disamakan dengan Camry/Accord (mid/full size sedan).Captivated wrote:galant fortis bukan galant??? brarti salah dong mitsu jepang yg ngasih nama galant fortis buat jualan di jap![]()
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 745
- Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
fortie 2005-mid 2008 blm overpriced, malah reasonable (mnrt gw)FortunerMan wrote: Kalau banyak yang merasa kecewa dengan Fortuner, tentu tidak akan laku lagi. Tapi justru sebaliknya makin tua (dr 2005 lho) makin laku - tapi tentu respon anda adalah konsumen Indonesia bodoh dan anda pintar/rasional sendiri
fortie produk jelek? sapa blg?
fortie 2009 overpriced? yes bangets

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
masalahnya ada ga yang seperti om tulis? atau lebih murah 2 ribu tapi servis masih kalah dari yang lain? atau malah hal lain yang lebih penting juga kalah dari punyanya om mandala? kalo ada, sudahlah tentu orang milih yang om bilang, tapi nyatanya ga ada IMO.Captivated wrote:pertanyaan sdrhana : kalo ada toko sblh yg jual brg yg sama, penjualnya ramah, variasi brgnya sm byk, dan servisnya spt om mandala... tp murah 2rb
risol beli dmn?
btw om mandala top bgt ya.

No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
Kalo menurut ane sih, alasan orang beli Fortuner bensin 2009 :
1. Ga suka sama mesin diesel.
2. Model yg masih up to date.
3. Selama 4 tahun beredar belom pernah ada denger keluhan ini itu (ga ada kerusakan yg berarti)
4. Ga kebeli LC
5. Brand Toyota = jaringan beres n resale value.
6. Penampilan gagah/maskulin.
7. Long lasting look (ga cepat kemakan trend/model)
8. Banyak dipake sama pejabat
1. Ga suka sama mesin diesel.
2. Model yg masih up to date.
3. Selama 4 tahun beredar belom pernah ada denger keluhan ini itu (ga ada kerusakan yg berarti)
4. Ga kebeli LC

5. Brand Toyota = jaringan beres n resale value.
6. Penampilan gagah/maskulin.
7. Long lasting look (ga cepat kemakan trend/model)
8. Banyak dipake sama pejabat

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
mayoritas karena panampilan...mandala1 wrote:Kalo menurut ane sih, alasan orang beli Fortuner bensin 2009 :
1. Ga suka sama mesin diesel.
2. Model yg masih up to date.
3. Selama 4 tahun beredar belom pernah ada denger keluhan ini itu (ga ada kerusakan yg berarti)
4. Ga kebeli LC
5. Brand Toyota = jaringan beres n resale value.
6. Penampilan gagah/maskulin.
7. Long lasting look (ga cepat kemakan trend/model)
8. Banyak dipake sama pejabat
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
Oh iya ada yg kelupaan, menurut ane Fortie skr dgn harga 416jt ga overprice koq....malah worth bangets....jika dibandingkan dgn Prado yg nb memiliki mesin (2700cc vvti) n transmisi yg sama (Fortie 4x4).....
Kalo di lihat lebih dalam lagi, harga2 sparepart asal jepang n thailand naik cukup signifikan....yg tentunya berakibat pada kenaikan unit jadinya,, belum lagi proses import yg lumayan ketat n rumit.
Malah menurut ane yg overprice itu mobil ckd yg kandungan lokal nya hampir mencapai 80% dari total keseluruhan unit jadi.
Kalo di lihat lebih dalam lagi, harga2 sparepart asal jepang n thailand naik cukup signifikan....yg tentunya berakibat pada kenaikan unit jadinya,, belum lagi proses import yg lumayan ketat n rumit.
Malah menurut ane yg overprice itu mobil ckd yg kandungan lokal nya hampir mencapai 80% dari total keseluruhan unit jadi.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
tapi 95% fortuner yg beredar kan 4x2 om...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
saya setuju. fortuner tampilannya benar2 bikin ngiler. gagah, besar, kokoh dan tinggi. disinilah menurut saya faktor besar menangnya beberapa produk toyota: bisa bikin model yang mampu bikin ngiler orang secara umum. sedang produk dari produsen lain 'kena'nya ke segmen2 tertentu saja dari pemakainya.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
yep, kalo ogut sampe milih fortuner ataupun merk lain di thread ini or PS karena alasan penampilan. soal tangguh di offroad dll udah ga jadi bahan pertimbangan. soalnya beli mobil segitu, treatment nya beda ga bakal pake jorok2/ancur2an kaya pickup buat dagang misalnya.