Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 01
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 175
- Joined: Thu Jul 12, 2012 0:34
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
Kalau menurut saya.. power to weight ratio dari body mungkin ada pengaruhnya meskipun tidak signifikan .. (82 kg)
Tapi yg paling berpengaruh disini adalah diameter velg! Os 17 inch.. cx5 touring 19 inch.. otomatis lebih berat dan lebih boyo.. (asumsi mesinnya sama)
Imho, selisih 1 kg di velg (poros roda) bisa merepresentasikan 10 kg di body. So misalnya selisih masing2 velg 3 kg, jadi 30 x 4 velg = 120 kg.. belum lg bila dihitung dari berat ban yg digunakan (makin besar ukuran ban otomatis makin lebar dan makin berat)
Analoginya gampang aja knp 1 kg di poros roda bia dianggap 10 kg di body.. coba seseorang angkat barbel / pemberat (dipinggul) 1 kg aja kiri kanan dan disuruh lari.. pasti ga ada masalah.. nah begitu pemberatnya dipindah ke tumit kaki dan disuruh lari.. pasti lebih pelan en berat larinya..
Mangkanya di forum luar juga pada bilang cx5 yg standar 17 inch jauh lebih responsif.daripada cx5 with 19 inch rims
Tapi yg paling berpengaruh disini adalah diameter velg! Os 17 inch.. cx5 touring 19 inch.. otomatis lebih berat dan lebih boyo.. (asumsi mesinnya sama)
Imho, selisih 1 kg di velg (poros roda) bisa merepresentasikan 10 kg di body. So misalnya selisih masing2 velg 3 kg, jadi 30 x 4 velg = 120 kg.. belum lg bila dihitung dari berat ban yg digunakan (makin besar ukuran ban otomatis makin lebar dan makin berat)
Analoginya gampang aja knp 1 kg di poros roda bia dianggap 10 kg di body.. coba seseorang angkat barbel / pemberat (dipinggul) 1 kg aja kiri kanan dan disuruh lari.. pasti ga ada masalah.. nah begitu pemberatnya dipindah ke tumit kaki dan disuruh lari.. pasti lebih pelan en berat larinya..
Mangkanya di forum luar juga pada bilang cx5 yg standar 17 inch jauh lebih responsif.daripada cx5 with 19 inch rims
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 808
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:44
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
maksud ane bukan masalah om maxxmaxx wrote:masalah cvt gimana?pcx wrote:yup penasaran banget sama klaim bagasi dan head room row 2 di OS yang sempit banget. selain cvt nya juga![]()
sayang banget belom sempet liat di PS![]()
temen yang sudah liat katanya mobil nya kecil banget, malah lebih imut dari Rush dan Terios.
pengen liat unitnya langsung, baru lebih mantep ketimbang foto ato crita doank.
tapi review master2 SM memang sungguh![]()
ayo ditambah lagi yang sudah test drive
IMO .. u/ full auto mmg di set u/ fuel eco, kalo mo performa switch ke sport mode... thats it... no problem with cvt OS.
lebih kecil dari Rush?.. he he he... compact looks iya.. tp kalo lebih kecil sih kaga ya... didalam cabin lebih luas dari pada Rush. kalo bagasi mungkin lebih besar (panjang) rush.

ane tertarik paddle shift nya OS sih dan liat di SM sini banyak yang compare dengan Jazz i-DSI 2004 /GD3. ane juga dulu pernah pakai ni boil secara paddle shift nya masih dinamakan steermatic dan ber CVT.
CVT nya Jazz memang pengaruh banget ke tarikan mesin sehingga ketika HPM rilis Jazz VTEC taon 2005, sudah tanpa CVT kayaknya......cmiiw
generasi ANJ baru dinamakan paddle shift dan tetap tanpa CVT.
kalo matic biasa di OS GLS ane ga minat, mending manual saja (taon 2012 kok masih 5 speed)
kuno donk. harusnya 6

penasaran banget sama temen ane itu, akhirnya iseng2 liat spec nya Rush
Rush : 4405 x 1745 x 1740 wb 2685
OS: 4295 x 1770 x 1625 wb 2670
berarti OS memang imut banget ni

apalagi Suzuki GV. so pasti lebih gede di banding OS ni

ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 432
- Joined: Tue Aug 10, 2010 0:41
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
jazz 05 vtech maisih cvt om. cvt hilang pass anj. fyi untuk pasar jepang sepertinya anj tetap masih ada line up cvt. matic toyota juga mengarah ke cvt termasuk nissan yg gemar cvt dengan paten xtronic.
kalo os gls matic cvt juga om. hanya glx yg manual 5 speed.
btw jangan lupa rush dan gv ada konde yg bikin angka panjang kendaraan jd melar
jd mmg os smart size kalo di uk sih saingan sama nissan qashqai
btw sy belum tes cx5 coz dealer dekat rumah hanya ada 1 unit yg ada dipajang dan punya orng.
kalo punya dana lebih dan pengen tampil beda dengan fitur komplit ambil cx5 touring. review saya pikir momod kita lebih piawai dan ada topik khusus.
yg bakal saigin cx5 adalah all new escape di 2013 kalo ga ada halangan dan jadi agenda FMI. tahun ini Fmi fokus ke alll new ranger dan all new focus hb dan sedan
tapi kalo kubaca ini tahun suv dimana cx5, os dan an crv bakal hadir bareng
kalo os gls matic cvt juga om. hanya glx yg manual 5 speed.
btw jangan lupa rush dan gv ada konde yg bikin angka panjang kendaraan jd melar
jd mmg os smart size kalo di uk sih saingan sama nissan qashqai
btw sy belum tes cx5 coz dealer dekat rumah hanya ada 1 unit yg ada dipajang dan punya orng.
kalo punya dana lebih dan pengen tampil beda dengan fitur komplit ambil cx5 touring. review saya pikir momod kita lebih piawai dan ada topik khusus.
yg bakal saigin cx5 adalah all new escape di 2013 kalo ga ada halangan dan jadi agenda FMI. tahun ini Fmi fokus ke alll new ranger dan all new focus hb dan sedan
tapi kalo kubaca ini tahun suv dimana cx5, os dan an crv bakal hadir bareng
Last edited by daeng_if on Sun Jul 15, 2012 16:08, edited 1 time in total.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 175
- Joined: Thu Jul 12, 2012 0:34
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
bro pcx.. jazz idsi maupun vtec gd3 taun berapapun pakai cvt untuk matic nya.. all new jazz ge8 baru pakai matic hidrolik konvensional..
Untuk os, yg tipe px maupun yg gls.. dua2 nya memakai.transmisi cvt (ga ada bedanya) yg membedakanadalah keberadaan paddle shift di os.px, di os gls gak pake paddle shift.
Untuk os, yg tipe px maupun yg gls.. dua2 nya memakai.transmisi cvt (ga ada bedanya) yg membedakanadalah keberadaan paddle shift di os.px, di os gls gak pake paddle shift.
Last edited by kykyhalim4 on Sun Jul 15, 2012 16:11, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 104
- Joined: Thu Jan 10, 2008 9:05
- Location: Jakarta, Indonesia
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
Om kykyhalim4, mungkin benar juga yah om...secara pada umumnya makin besar diameter velg makin berat bobotnya. Tentu ada juga teknik pembuatan velg yang canggih seperti forging, dimana hasilnya velg ukuran besar tapi lebih ringan daripada velg yang ukurannya sama persis tapi dibuat dengan teknik casting. Cuma biasanya sih seperti yang saya bilang di atas...kykyhalim4 wrote:Kalau menurut saya.. power to weight ratio dari body mungkin ada pengaruhnya meskipun tidak signifikan .. (82 kg)
Tapi yg paling berpengaruh disini adalah diameter velg! Os 17 inch.. cx5 touring 19 inch.. otomatis lebih berat dan lebih boyo.. (asumsi mesinnya sama)
Imho, selisih 1 kg di velg (poros roda) bisa merepresentasikan 10 kg di body. So misalnya selisih masing2 velg 3 kg, jadi 30 x 4 velg = 120 kg.. belum lg bila dihitung dari berat ban yg digunakan (makin besar ukuran ban otomatis makin lebar dan makin berat)
Analoginya gampang aja knp 1 kg di poros roda bia dianggap 10 kg di body.. coba seseorang angkat barbel / pemberat (dipinggul) 1 kg aja kiri kanan dan disuruh lari.. pasti ga ada masalah.. nah begitu pemberatnya dipindah ke tumit kaki dan disuruh lari.. pasti lebih pelan en berat larinya..
Mangkanya di forum luar juga pada bilang cx5 yg standar 17 inch jauh lebih responsif.daripada cx5 with 19 inch rims
Selain bobot, akselerasi atau performa kendaraan juga tergantung oleh banyak faktor lain sih...semisal gearing dari gigi transmisi, kurva torsi dari mesin, seberapa efisiennya transfer tenaga dari mesin ke transmisi, dari transmisi ke gardan hingga akhirnya ke ban yang nempel ke jalan.
Bahkan throttle response atau mapping pedal gas pun bisa memberikan persepsi dan efek tertentu relatif terhadap akselerasi. Habis, jaman sekarang kan rata-rata mobil pedal gas-nya sudah pakai sensor alias elektronik. Kalau mapping pedal gas-nya dibikin agresif, hasilnya mobil bisa ngacir karena katup di throttle body udah kebuka lebar sehingga pasokan udara segar dalam volume banyak bisa dihisap sama mesin, meskipun injak pedal baru sedikit. Sebaliknya kalau dibikin jadi kaya ECO mode, mau bejek gas full pun mobil terasa lemot karena komputernya tidak perintahkan katup di throttle body untuk membuka penuh.
Kaya yang pernah saya baca di salah satu majalah otomotif, mereka ada review alat yang bisa mengubah mapping pedal gas, dari normal bisa jadi Eco atau Sport. Hasilnya akselerasi-nya beda, konsumsi BBM-nya pun beda. Di-tes-nya di Nissan GL, mobil full standar kecuali ditambahin dengan alat tersebut.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 432
- Joined: Tue Aug 10, 2010 0:41
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
kalo mobil kayak gini veleg aseli parik rata2 masih casting om.hehe
kalo line up mitsu yg pake velg forging adanya di evo x. itu type tertentu tentunya
kalo line up mitsu yg pake velg forging adanya di evo x. itu type tertentu tentunya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
Iya betul bro maxx, kalau mobil dgn transmisi tiptronic (matic yg bisa manual) memang harus dipindah ke mode sport nya biar performa mesin jadi galak. X-trail saya jg begitu soalnya. Kalau CR-V harus pencet tombol O/D (Over Drive) biar galak.ga perlu sih menit pertama langsung di bejeg ... sudah di set sama mitsu sptnya u/ full auto itu difungsikan sbg city cruising yg ga lagi butuh2 banget u/ bejeg2 dan set ecu fuel economy .... sdgkan u/ sport mode (tanpa paddle shiftpun, dg tuas gear juga bisa di type GLS) karakter mesin berubah (by ECU sptnya) ... mesin jadi galak di bejeg ngikut aja smp mo menyentuh redline autoshift gigi pindah sendiri tapi non stop lgs nyusss terus2an... buat sy sih settingan spt ini udah asik banget dah.... ga perlu lagi tuh piggy back u/ setting eco dan sport .. sudah ada di OS
Pas pake sport mode tarikan berubah, lebih responsif, shift di RPM lebih tinggi, engine brake lebih terasa jg.
Udah pasti OS ini asik banget dipakenya krn dia ada magnesium paddle-shift (dingin dan kuat bahannya), asik banget buat yg seneng ngebut atau akselerasi di luar kota atau pegunungan

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 175
- Joined: Thu Jul 12, 2012 0:34
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
Yup bro bodapa.. alat itu namanya throttle control.. udah banyak merk nya di pasaran.. saya sendiri pakai throttle control dari dastek unichip untuk mengatasi lemotnya drive by wire bawaan boil...
Dan salah satu kelebihannya dastek, dia bisa setting respon transmisi matic nya.. jadi proses kick down lebih cepat dari standarnya..
Btw.. musti nunggu masa endrayen lewat dulu neh baru colok unichip.. hix hix.. masi lama donk..
Dan salah satu kelebihannya dastek, dia bisa setting respon transmisi matic nya.. jadi proses kick down lebih cepat dari standarnya..
Btw.. musti nunggu masa endrayen lewat dulu neh baru colok unichip.. hix hix.. masi lama donk..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 432
- Joined: Tue Aug 10, 2010 0:41
Re: OS vs CX5
thank om max bisa compare apple to apple. btw hrga cx5 sepertinya bulum naik 410 touring dari awal launching. coba deh cek info medi saat launching. semoga ga salahmaxx wrote:mo share .. tp ini IMO ya... mungkin beda opini sama orang lain
Hari ini gw test CX5 dan OS di Artha gading yg kebetulan ada parade test drive
kondisi 5 orang penumpang dewasa dg berat 48-50kg 1orang, 70-80kg 4orang.
OS vs CX5
performa mesin
CX5 kalah performa mesinnya, baik di full auto apalagi di sport mode. ditanjakan parkian artha (lumayan tinggi dan curam) full auto CX5 agak kerepotan spt ngeden.. smp musti pindah ke sport mode gear 1 baru enak nanjaknya, kalo OS ga ada kesusahan berarti dibanding CX5 pada full auto sekalipun.
sayang, Ga sempat coba berhenti di tengah tanjakkan parkiran .. pasti akan lebih aktual dlm kondisi bila sedang jalan ke puncak macet.
Kalo drag time ... gw pegang OS
Interior
Terkesan lebih mewah CX5, kalo OS terkesan lebih simple & plain, tapi IMO bahan yg digunakan OS u/ interior ga jelek amat .. bagian d.board dan d.trim ada part yg memakai bahan empuk2... dan kalo di teliti jelas2 itu bahannya ga murahan.
Leather seat .. keduanya pakai campuran alias tidak full leather dimana bagian part2 tertentu pakai bahan synthetic, kualitas leather yg digunakan tidak jauh berbeda kelasnya cuma beda pada texture kulitnya.
Kekedapan suara mesin yg masuk ke ruang kabin >> CX5 lebih baik dibanding OS.
Space cabin CX5 dan OS saat berada dalam cabin isi 5 orang .. tidak dirasakan perbedaan yg berarti, tapi space bagasi lebih luas CX5.
Exterior
CX5 berkesan besar, gagah dan mewah
OS berkesan Sporty, Compact, Agressif.
Feature
pada type tertinggi feature yg ditawarkan oleh keduanya tidak jauh berbeda
OS PX 325jt
CX5 410jt (baru naik)
dg harga terpaut 85jt menjadi bargain tersendiri yg menarik buat konsumen, its value for money compact SUV, fresh modern sporty style, fun to drive thanks to sport mode yg responsif.
ukuran bagasi os kecil salah satu disebabkan krn ban serep pake full size sedangkan cx5 reduce size for emergency only. coba deh cek situs luar kalo pake rudece size juga lumayan bagasinya. ini sih kali penyesuain buat orang kita katanya kalo dikasi ban emegency dibilang kayak ban sepeda. hehe
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 432
- Joined: Tue Aug 10, 2010 0:41
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
maksud turbo belum aktif gimana? belum nyetuh rpm operasi turbonya ya? atau mmg ada tobol untuk on off turbo kayak game aja.maxx wrote:Btw intermeso dikit .. , .. gw juga nyoba Audi A4 1.8L Turbo...
ya ampun.. itu mesin delicious banget ya padahal turbo blm aktif dan masih full auto .. belum sport mode paddle shift .. ada settingan driving style segala ... 610jt sih..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
Sudah bnyk yg test-drive dan liat unit nya di pameran. Termasuk saya jg udh liat di pameran BSM hari minggu, untuk test drive belum sempet dan harus ke showroom Mitsubishi. Yg dipajang 2 unit OS PX warna hitam dan biru metalic.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
Panoramic roof nya salah satu nilai jual OS tipe PX, langsung saya coba
Pengoperasian cover panoramicnya mudah secara otomatis dgn pencet tombol di plafond, bisa buka, tutup dan stop (bisa diatur sendiri dgn tombol stop ini). Ada tombol lampu untuk menyalakan lampu LED yg menyorot keatas di sebelah kiri dan kanan sepanjang panoramic roof.

Pengoperasian cover panoramicnya mudah secara otomatis dgn pencet tombol di plafond, bisa buka, tutup dan stop (bisa diatur sendiri dgn tombol stop ini). Ada tombol lampu untuk menyalakan lampu LED yg menyorot keatas di sebelah kiri dan kanan sepanjang panoramic roof.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
Unit OS tipe PX warna biru metallic
Interior simple dan serba hitam. Untuk dashboard dan doortrim sebagian bahannya empuk (leather) dan sebagian plastic. Menurut saya kualitas interior lebih baik dari CR-V.
Duduk di depan tidak ada masalah, posisi driver top banget, jok semi racing
support ke badan dan nyaman (supportif), kalau belok tajam badan ga akan ikut kegeser.
Duduk dibelakang menurut saya lumayan tegak walaupun ada 2 step reclining. Tuasnya di atas sandaran jok belakang dgn sistem pencet. Space jok belakang tidak bisa senyaman CR-V. Ini karena dimensi OS yg lebih pendek. Tapi dibandingkan Juke, memang OS lebih baik.
Interior simple dan serba hitam. Untuk dashboard dan doortrim sebagian bahannya empuk (leather) dan sebagian plastic. Menurut saya kualitas interior lebih baik dari CR-V.
Duduk di depan tidak ada masalah, posisi driver top banget, jok semi racing

Duduk dibelakang menurut saya lumayan tegak walaupun ada 2 step reclining. Tuasnya di atas sandaran jok belakang dgn sistem pencet. Space jok belakang tidak bisa senyaman CR-V. Ini karena dimensi OS yg lebih pendek. Tapi dibandingkan Juke, memang OS lebih baik.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
TV JVC dgn konektivitas lengkap, Bluetooth bisa untuk telepon dan konektor USB di laci, support MP3, DVD
Speedometer dgn MID full graphic display
Speedometer dgn MID full graphic display
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 165
- Joined: Fri Oct 19, 2007 12:18
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
Wuihh saya suka tuh sama ambient lighting yg di panoramic roofnya.. 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1319
- Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
- Location: Surabaya
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
wow, bro digitall mantap banget, sampe difoto2 segala. lengkap lagi foto2nya.
ruang kaki jok belakang tdk jadi masalah, yg jadi masalah itu ketegakannya.
hahaha..
saya tanya salesnya kenapa dibuat sperti ini, padahal space di bagasi bisa diambil sedikit demi kenyamanan jok belakang. dia tdk bisa jawab apa2, cuma ehmm.. ehmm.. ehmm..
ruang kaki jok belakang tdk jadi masalah, yg jadi masalah itu ketegakannya.
hahaha..
saya tanya salesnya kenapa dibuat sperti ini, padahal space di bagasi bisa diambil sedikit demi kenyamanan jok belakang. dia tdk bisa jawab apa2, cuma ehmm.. ehmm.. ehmm..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1319
- Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
- Location: Surabaya
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
btw, USB HU di laci, buat ngecharge handphone bisa, output 1A. hehehe..
butuh kabel data saja, anggap seperti ngecharge di PC atau laptop.
butuh kabel data saja, anggap seperti ngecharge di PC atau laptop.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 104
- Joined: Thu Jan 10, 2008 9:05
- Location: Jakarta, Indonesia
Re: OS vs CX5
Om maxx...betul bahwa pada akhirnya terpulang kepada pribadi lepas pribadi. Ada yang menanggap selisih 85 jt itu nggak masuk diakal, tapi ada juga yang menanggap selisih yang sama itu worth it banget especially buat sebuah CBU.maxx wrote: soal harga... terpaut itu CBU maupun tidak.. itu adalah harga yg kita bayar secara real u/ barang yg kita dapat.
Kalo rela bayar lebih mahal 85jt .. why not? you got what you paid .. right?![]()
Yang saya tergelitik ingin tahu itu adalah: berapa harga dalam rupiah sebuah persepsi akan rakitan luar negeri dibandingkan dengan rakitan dalam negeri bagi konsumen Indonesia pada umumnya?
Ambil contoh begini: bayangkan ada 2 Mitsu OS tipe PX. Apapun mengenai keduanya sama persis, bedanya yang satu dirakit oleh tangan orang Jepang di Jepangnya sana, sementara yang satunya lagi rakitannya KTB di Indonesia. Jika OS tipe PX yang CKD harganya 325 jt, berapakah harga OS tipe PX "made in Japan" yang masih wajar buat konsumen Indonesia? Pasti lebih tinggi karena ada bea masuk dan pajak pertambahan barang mewah, tapi setelah memfaktorkan kedua hal tersebut, jadinya berapa? 335 jt? 345 jt? 355 jt? 365 jt atau lebih?
Kenapa saya bertanya begini? Karena selama ini konsumen Indonesia mempunyai persepsi bahwa rakitan luar negeri pasti lebih bagus dibandingkan dengan rakitan lokal, dan menurut saya hal ini sangat disadari dan dimanfaatkan betul oleh pihak ATPM dalam men-setting harga kendaraan serta mempromosikannya.
Jadi misalnya lagi om, katakanlah rata-rata konsumen Indonesia menganggap bahwa kendaraan rakitan Jepang mempunyai persepsi dengan nilai rupiah sebesar 100 juta. Secara antara Mitsu OS dan Mazda CX-5 mempunyai fitur dan kelengkapan yang hampir berimbang, sehingga bisa dikatakan keduanya tidak ada keunggulan yang berarti dari sektor tersebut. Berarti yang menjadi pembeda adalah harga nominal yang ditawarkan.
Agar lebih apple-to-apple lagi komparasi-nya, faktor lokasi perakitan di-seimbangkan juga secara nominal rupiah. Jika mengacu pada persepsi Japan CBU mempunyai nilai sebesar 100 jt seperti contoh di atas, ada 2 cara: Bisa harga OS tipe PX dinaikkan sebesar 100 juta, atau harga CX-5 diturunkan sebesar 100 juta. Anggaplah si OS yang dinaikkan, jadi ceritanya kali ini si OS pindah lokasi perakitan ke Jepang, trus diimpor oleh KTB dan dijual di Indonesia. Jadi harga si OS menjadi 325 juta + 100 juta = 425 juta.
Nah, setelah adjusting for spec dan lokasi perakitan, ditemukan parity atau keseimbangan antara OS tipe PX dng CX-5 Touring. Dengan demikian, harga untuk komparasi apple-to-apple menjadi 425 juta vs. 410 juta (atau 419? Katanya udah naik). Kalau begitu, jika menurut persepsi konsumen Indonesia bahwa CBU Jepang lebih OK, berarti CX-5 masih lebih murah dari Mitsu OS dan lebih worth it untuk dibeli.
Ini semua contoh lho om...pake kata "misalnya"...saya nggak bilang CX-5 lebih worth it to buy; ini hanya pemikiran pribadi saya saja, yang mengamati fenomena bahwa konsumen Indo umumnya lebih menghargai hasil rakitan luar negeri dibandingkan dalam negeri. jadi saya bertanya dalam hati, "emang berapa duit sih, harga dari fenomena atau persepsi ini?"
Btw, saya bertanya tidak hanya ke Om maxx saja, tapi saya berharap sesepuh SM yang lain sudi untuk memberikan pandangannya mengenai hal di atas ini. Mohon maaf kalau kelihatannya saya hijack thread ini, apa perlu saya buka thread sendiri? Mohon sarannya.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
ni mobil kayaknya laris manis bak breadtalk.........
kalo digeber suara mesinnya agak berisik yah
matic CVT nya responsip banget, very nice...........
kalo digeber suara mesinnya agak berisik yah
matic CVT nya responsip banget, very nice...........
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2782
- Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
- Location: surabaya rek
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
DI luar sono , OS dan CX5 sendiri top entrynya udah beda 30-35jt bro .
Jadi masuk sini apalagi satunya CBU JPN , pasti lbh mahal lagi . Cm saya mmg berharap CX5 yg touring bs 400jt sih
Tp anda kurang tepat juga komparasinya krn OS disandingkan tepat kl ama si Qashai ( sayang NMI ga ngebawa ini mbl ) . Yg paling kesedot tentunya pasar duo korea , sportage dan tucson . Xtrail juga akan goyah sptnya .
CRV yg baru pun saya kira si pinjos akan mikir dua kali ttg kebijakan klasiknya utk menyunat mobil , moga2 aja yg all new crvnya nanti masuk dengan fitur yang less sunat deh. Hari gini konsumen udah pinter.
Saya pribadi blm liat jeroan dan TD OS , tp kl liat CX5 , dari bahan dan feelridenya , kl OS bisa mendekati berarti OS ini bener2 value for money banget krn fiturnya yg ajib gila tp wa yakin gak lama bakal jadi 340jt.
Jadi masuk sini apalagi satunya CBU JPN , pasti lbh mahal lagi . Cm saya mmg berharap CX5 yg touring bs 400jt sih

Tp anda kurang tepat juga komparasinya krn OS disandingkan tepat kl ama si Qashai ( sayang NMI ga ngebawa ini mbl ) . Yg paling kesedot tentunya pasar duo korea , sportage dan tucson . Xtrail juga akan goyah sptnya .
CRV yg baru pun saya kira si pinjos akan mikir dua kali ttg kebijakan klasiknya utk menyunat mobil , moga2 aja yg all new crvnya nanti masuk dengan fitur yang less sunat deh. Hari gini konsumen udah pinter.
Saya pribadi blm liat jeroan dan TD OS , tp kl liat CX5 , dari bahan dan feelridenya , kl OS bisa mendekati berarti OS ini bener2 value for money banget krn fiturnya yg ajib gila tp wa yakin gak lama bakal jadi 340jt.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 311
- Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
Btw, ada yang sdh perhatiin gak os ini kl udh dijalan raya dibandingin mobil2 jenis lain secara size keliatan kecil terintimidasi atau size lumayan besar ?
Soalnya kmrn test drive kan cm didlm mbl gak perhatiin mbl ini dr luar dibanding mobil2 lainnya. Soalnya mau inden ane n istri kok ragu ya dgn 325jt secara size kok gak keliatan wah untk sizenya, ntar dikira orang seharga avanza n rush.hehehe
Padahal kl liat n ngerasain mesin, n fiturnya yg komplit bgt jd terttarik nih.
Mesin : ok
Transmisi: ok cvt lembut+ canggih ada padlsfht
Entertain ok
Dashboard ok mlh lbh bgs ini bhnnyabketimbng ps nfortuner yg hard plastik, ini bbrp bagian soft. Cm desainnya aj sederhana.
Jok kulit n empuk perasaan lbh empk dr ps ane
Panoramic n lampunya bikin ngiler
Start stop engine, mid, audio kontrol stir, climate contrl semuanya ok
Cuma kok tiada gading yang retak, bagasi kurang gede n fisiknya kok ya kecil like sya*ri** kok ya gak dibikin like lun*may*.heheehe
Om2 yg udh inden harga jadi brp ? Ada discount gak ? Bonusnya apa aj ?
Soalnya kmrn test drive kan cm didlm mbl gak perhatiin mbl ini dr luar dibanding mobil2 lainnya. Soalnya mau inden ane n istri kok ragu ya dgn 325jt secara size kok gak keliatan wah untk sizenya, ntar dikira orang seharga avanza n rush.hehehe
Padahal kl liat n ngerasain mesin, n fiturnya yg komplit bgt jd terttarik nih.
Mesin : ok
Transmisi: ok cvt lembut+ canggih ada padlsfht
Entertain ok
Dashboard ok mlh lbh bgs ini bhnnyabketimbng ps nfortuner yg hard plastik, ini bbrp bagian soft. Cm desainnya aj sederhana.
Jok kulit n empuk perasaan lbh empk dr ps ane
Panoramic n lampunya bikin ngiler
Start stop engine, mid, audio kontrol stir, climate contrl semuanya ok
Cuma kok tiada gading yang retak, bagasi kurang gede n fisiknya kok ya kecil like sya*ri** kok ya gak dibikin like lun*may*.heheehe
Om2 yg udh inden harga jadi brp ? Ada discount gak ? Bonusnya apa aj ?
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
Emang beda kelas, body CX-5 lebih gede, airbag lebih banyak, stability control. Dari tampang aja udah beda kelas IMO.campoeran wrote:DI luar sono , OS dan CX5 sendiri top entrynya udah beda 30-35jt bro .
Jadi masuk sini apalagi satunya CBU JPN , pasti lbh mahal lagi .
Nah kalo lawan Tucson/Sportage....goodbye Koreas :p
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
CX5 type sport itu sptnya saya lihat pakai velg 17kan? .. type sport yg saya test drive, kalo penilaian selain performa mesin saya lihat yg type topnya.kykyhalim4 wrote:Kalau menurut saya.. power to weight ratio dari body mungkin ada pengaruhnya meskipun tidak signifikan .. (82 kg)
Tapi yg paling berpengaruh disini adalah diameter velg! Os 17 inch.. cx5 touring 19 inch.. otomatis lebih berat dan lebih boyo.. (asumsi mesinnya sama)
Imho, selisih 1 kg di velg (poros roda) bisa merepresentasikan 10 kg di body. So misalnya selisih masing2 velg 3 kg, jadi 30 x 4 velg = 120 kg.. belum lg bila dihitung dari berat ban yg digunakan (makin besar ukuran ban otomatis makin lebar dan makin berat)
Analoginya gampang aja knp 1 kg di poros roda bia dianggap 10 kg di body.. coba seseorang angkat barbel / pemberat (dipinggul) 1 kg aja kiri kanan dan disuruh lari.. pasti ga ada masalah.. nah begitu pemberatnya dipindah ke tumit kaki dan disuruh lari.. pasti lebih pelan en berat larinya..
Mangkanya di forum luar juga pada bilang cx5 yg standar 17 inch jauh lebih responsif.daripada cx5 with 19 inch rims
jadi harusnya bukan masalah di velg.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
kan saya bilang compact suv.. tp kalo dibilang "imut banget" sih ga juga ya.. masih lebih imut jukepcx wrote: maksud ane bukan masalah om maxx![]()
ane tertarik paddle shift nya OS sih dan liat di SM sini banyak yang compare dengan Jazz i-DSI 2004 /GD3. ane juga dulu pernah pakai ni boil secara paddle shift nya masih dinamakan steermatic dan ber CVT.
CVT nya Jazz memang pengaruh banget ke tarikan mesin sehingga ketika HPM rilis Jazz VTEC taon 2005, sudah tanpa CVT kayaknya......cmiiw
generasi ANJ baru dinamakan paddle shift dan tetap tanpa CVT.
kalo matic biasa di OS GLS ane ga minat, mending manual saja (taon 2012 kok masih 5 speed)
kuno donk. harusnya 6![]()
penasaran banget sama temen ane itu, akhirnya iseng2 liat spec nya Rush
Rush : 4405 x 1745 x 1740 wb 2685
OS: 4295 x 1770 x 1625 wb 2670
berarti OS memang imut banget ni![]()
apalagi Suzuki GV. so pasti lebih gede di banding OS ni
kalo sama rush memang kalah panjang... tp interior lebih lega (lebar) OS drpd rush, malah ga terasa beda dg CX5 lega interiornya.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012
baik itu casting maupun forged ... lingkar diameter roda berpengaruh terhadap akselerasi .. ini sudah pasti hitam diatas putih dehdaeng_if wrote:kalo mobil kayak gini veleg aseli parik rata2 masih casting om.hehe
kalo line up mitsu yg pake velg forging adanya di evo x. itu type tertentu tentunya

cuma kemarin yg CX5 yg saya test drive itu type sport (yg harganya 380jt) ... yg saya lihat sih masih pakai velg 17, bukan 19" spt type touring.
Kalo u/ compare feature dlsb saya lihat2nya type CX5 touring.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport