om, klw pajero did dgn escape 3ltr om, tarikanya asik mana? 165psvs203ps?351nm VS 265Nm?sting wrote:Laporan senior2, besok mo nyoba touring ke Bandung, jd tadi pagi ke bengkel spooring langganan.
Waduh ternyata u spooring Pajero lebih mahal sedikit dari Escape, kerna Pajero Did kedua roda belakng juga perlu disetel. Padahal umumnya yg spooring belakang sedan. Kecuali sekarang untuk New CRV 2007, New Xtrail 2008, Bmw X5. Pantesan waktu diangkat u cuci, ban belakang kiri kanan Pajero menekuk kesisi dalam banyak jadi aneh banget keliatannya.
jadi tambah salute dah ama Pajero, 10 tahun lalu udah pake multilink depan belakang.
Hidup Pajero !
Yth Bang Billy, Om Abu2, Om Gmx, Om Risol1 and om senior laennya.
mo nanya dgn suspensi multilink kayak sedan, bukannya rentan rusak dan butuh maintenance. Kok di SUV tertentu pakai dan Suv lain tidak dipakai, emang kalo di SUV apa ngak cepet rusak ? Kalo cepet rusak, gw kawatir nih pajero lewat jalan jelek terus, tp di service record pajero ini, gw lihat belum pernah ganti apa2 di kaki2nya dan kemarin2 lewat lubang jelek, poldur ngak ada bunyi2 dari sistim kaki2. thx
klw suspensi.. om jgn kawatir mungkin systemnya sama2 multilink tpi material yang di pakai jelas sangat beda...dan oleh pabriknya sudah di perhitungkan untuk heavy use apalgi untuk mobil sekelas pajero. selain itu, suspensi blkng pajero itu multilink dobel wishbone with coil.. setw sih dobel wishbone itu koinstruksi independen yang pling kuat.. karena di tahan oleh 4 arm yg membentuk segitiga di atas dan bawah, dan di hubungkan balljoint ke spindelnya, sehinga harus di spooring juga..lalu yg bikin ditambahakn nama multilink,karna salah satu armnya ada yg beda panjang fungsinya utk membantu artikulasi suspensi, sangat cocok untuk oprut, pajero sih mending xtrail, CRV, blkngnya pke macpherson, dgn arm lebih sedikit dan kurus2 suspensi juga kaku bngt, riskan nih
durabilitasnya pasti di atas mobil lain apa lgi sedan, tpi inget ini tetep FIss jd jgn terlalu sadis...
pic suspensi pajero gen3
thx
:beer