[WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Abu2 »

ahhh..itu perasaan ente aja Jomb, ato ente kebanyakan minum teh tarik kaliiii :upss:
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

Risol1 wrote: IMO, Ya itulah pasar yg berbicara. Sebenernya saya engga ngerti maksud "konsumen membiarkan atau memberi angin kepada produsen untuk menaikkan harga" di tulisan diatas.

Konsumen gak pernah beri angin ke siapa2 bro (alias konsumen gak pernah "nyumbang" duit ke produsen), konsumen beli produk tsb karena menguntungkan juga buat dia. Nah dititik pertemuan dari "tarik menarik" keuntungan tsb lah terjadi yg namanya harga beli atau harga jual yg biasanya gak jauh2 dari harga pasar (atau harga yg ditentukan oleh pasar). Jadi produsen2 tsb sebenernya gak dikasi keringanan apa2 dari konsumen.
market/pasar = penjual dan pembeli, plus kdg2 ada broker/makelar di tengah :mrgreen:
konsumen "membiarkan/memberi angin" : produsen naikin harga 5jt dibeli, naik 50jt jg ttp dibeli :frm_bang_head:
kondisi ini bs terjadi ketika monopoli atau tdk ada opsi laen tersedia... tp utk kasus fortie? ga monopoli dan byk opsi2 laen tersedia
coba begitu naik 5jt konsumen rame2 stop beli, bisakah produsen naikin 50jt?
ini bs jd berantai, contoh : waktu mau jual ps, pihak mitsu/ktb pake patokan harga fortie buat acuan, harga hmpr sama tp fitur/acc dilebihin dan menang performa
ini jg agak coba2 sbnrnya, mknya awalnya ga berani pasang target tinggi2... eh setelah ketauan dagangannya laris manis, target baru dinaikin plus harganya... hahahaha
pdhl mgkn dijual 310jt jg bs, knp jd 370jt? kan acuannya market leader (fortie)... :ngacir:
Risol1 wrote: Ibaratnya: Kalo orang mao beli rumah yg terletak di pondok indah dgn harga lebih mahal daripada rumah yg terletak di lebak bulus (Padahal secara geografis, PI dan lebak bulus hampir sama letaknya, juga rumahnya sama gedenya dan sama fitur2nya), apakah artinya konsumen atau orang2 tsb "membiarkan" atau "memberi angin" kepada developernya Pondok Indah yg jual tu rumah dgn harga lebih mahal daripada rumah di LB?
Apakah semestinya konsumen marah2 atau mengancam engga akan beli rumah di pondok Indah tsb kalo harganya gak diturunkan supaya sama dengan harga rumah di lebak bulus? ya silakan, tapi si "pasar" bilang: "Kalo lu gak mao, masih banyak nih yg ngantri pengen milikin tu rumah di PI"

Apakah namanya konsumen "membiarkan" atau "memberi angin" ke developer pondok indah kalo mereka jualan rumah yg lebih kecil tapi dengan harga yg sama dengan rumah yg lebih besar di lebak bulus?
waduh, krg ngerti jg mslh rumah di pi dan lbk bulus (ga punya sih) :mrgreen:
tp kalo rumah mgkn ada bbrp clue :
- kualitas material (cat, keramik, atap, dll)
- detil/finishing
- perabotan yg disediakan (not/partly/fully furnished)
- infastruktur (jalan, taman, lampu2, dll)
- keamanan
- fasilitas umum (tmpt belanja, sekolah, kantor, dll)
- dan terutama : GENGSI
jd size bs sama tp harga bs berlipat2 bedanya, tinggal kejelian para pembeli (yg bijak) utk menimbang plus minusnya (tp kl mslh gengsi... no komen dah)
dan YA! kl konsumen rame2 ga mau beli rmh di pi pasti developernya berpikir seribu kl spy bs compete :
- nurunin margin
- spek down
- bikin perumahan laen yg harga tanahnya lbh murah dr di pi

knp harga tanah di pi mahal? krn njop-nya jg udh tinggi
knp njop-nya tinggi? krn harga tanahnya udh mahal duluan... ini namanya kompor-mengompori :mrgreen:
siapa menciptakan harga2 tsb? penjual-pembeli-pemerintah, msg2 ada porsi kontribusinya

ada bbrp kasus dmn developer merugi akibat udh beli tanah mahal2 (njop tinggi), eh ga laku2 jg jualannya... entah krn pembeli udh pintar2 (ga mau diseret GENGSI), ato marketnya emg udh jenuh, ato ada isu2 tak sedap, ato hal2 laen
hoki2an jg kl mslh property :e-think:
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

Risol1 wrote: Yah gimana ..... :mrgreen: .
kalo keunggulan cuma diukur dari spek teknis, berarti sekarang yg paling unggul ya proton lah.... atau produk otomotif dari China. Mereka2 kayaknya pasti unggul di spek teknis, kalo melihat dari sisi harga......Jadi kalo patokannya begitu (Keunggulan = Spek tinggi), ya ane susah juga ngomongnya.
bener, produk dr cina dan malaysia udh hrs ditanggapi serius oleh pembeli maupun produsen (pesaing)
tinggal mslh spek yg ditawarkan (produk2 dr cina biasanya performa mesinnya msh agak lemah) plus "tkt penerimaan" dr pembeli
knp rame2 bikin pabrikan di negara2 ketiga? safe cost & efisiensi toh?
ga mslh dibikin dmana, yg pntg kualitas yg dihasilkan setara
Risol1 wrote: Yg namanya harga mobil baru kan bukan kaya kurva bro, maksudnya kaya parabola gitu yg setelah di titik puncak lalu mulai turun terus. Harga mobil baru kan bisa dipastikan jarang turun.

Bukan kaya beli saham, yg kalo udah rally u/ beli sehingga harga naik, pasti sebenetar lagi bakalan rally u/ jual sehingga harga turun :mrgreen:

Ya sekali lagi bijak atau engganya orang dalam memilih avanza kan bukan kita yg pantes nilai bro, melainkan balik lagi ke konsumen2 tsb. Mereka cuma bereaksi aja thd kondisi pasar
bener, mksd gw kurva yg landai/curam... komoditi pun susah bikin puncak kurva-nya krn kita ga tau seberapa tinggi harga akan naik
hr ini minyak $75 besok2 bs $150, udh puncak? blm tentu sapa tau esoknya lg bs $170, dst
utk kasus fortie, bbrp bulan terakhir kurva harga fortie cukup curam dan blm tau kapan landainya (slama msh ada yg nguber, kyknya bakal curam terus nih)

kbneran disinggung mslh saham/komodity/future... ini bs jd contoh yg baik
bgmn "tdk bijaknya" para pembeli (terutama funds) yg menyebabkan harga meningkat luar biasa diluar bts logika
setelah balik ke posisi "waras", resultnya byk perusahaan tumbang (bhkn yg sekelas giant)
produsen (petani, perusahaan minyak, dll) ga bakal rugi dgn kondisi bgini, malah mrk ketawa haha-hihi
yg sengsara? pembeli/spekulan! salah sndiri knapa mau ikut "arus irrasional" :mrgreen:
kl dianalogikan ke market mobil : TAM rugikah dgn perilaku pembeli indonesia? existing fortie owners rugikah?
mknya gw blg kmrn, yg kasian adlh future buyers yg hrs byr dgn harga yg jauh lbh mahal dr harga yg seharusnya
kecuali TAM nekat nurunin harga, tp mana mgkn... selama msh ada supporter/simpatisan/fans yg msh mau beli (fortie) brp pun hrganya :big_weee:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by ZombiEE »

Abu2 wrote:ahhh..itu perasaan ente aja Jomb, ato ente kebanyakan minum teh tarik kaliiii :upss:
bener nih...kaenya ane bisa no duluan.... :drinking: :drinking: :frm_bang_head:
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

Risol1 wrote: Lancer, cuma karena mesinnya pake 2000cc, gak membuat dia menjadi sebuah Galant. Mobil2 kaya civic, corolla, mazda3, focus, yg pantarannya Lancer juga pake mesin 2000cc.

Nah saya juga nanya pertanyaan yg sama ke KTB: "Kemana galantnya???" Karena di luar negeri, new galant penggantinya galant hiu aja udah mao ganti model lagi :e-think:

Maksud saya dengan Galant "dianak tirikan" itu adalah:
Galant hiu yg umurnya udah 11 tahun dan modelnya gak pernah diganti2 (Padahal di luar negeri Galant hiu udah ada penggantinya semenjak 2003, tapi gak pernah dimasukkin kemari), disuruh maju ke medan perang dan "bertempur" dengan saingan2nya yg mukanya masih pada seger2: Camry, Accord, Teana itu udah 2 x ganti model semenjak generasi galant hiu........Ya gimana mao menang tuh galant???

Juga kelas calon2 pembeli camry/accord/teana gitu gak seenaknya aja bisa substitusi galant dengan lancer......mereka ogah compare lancer dengan camry/accord/teana :mrgreen:

Sedangkan Lancer gak pernah diabandon sama KTB, setiap ada model baru, masih dibawa ke mari, dan karena itu juga mungkin Lancer lebih bagus popularitasnya sehingga resale value terdongkrak juga dibanding Galant.

Bener lancer 2006 kebawah juga jatoh kalo dibanding civic/altis, tapi kalo dibanding galant, masih bagusan lancer kayaknya.
Coba aja liat Lancer sei 05 sama galant hiu 05 kayaknya bekasnya masih mahal lancer 05, sedangkan biasanya kalo umur baru 4 tahun, kelas camry/accord biasanya masih lebih mahal harga bekasnya (cukup signifikan) dibanding kelas corolla/civic. Tapi kayaknya ini gak terjadi di kasus galant.
mknya gw blg ini bisa2nya mitsu/ktb aja
di negara2 laen lancer ex dijual pake nama galant fortis, yg mnrt gw harusnya pake nama itu krn kemiripan wajah antara g.fortis dgn galant generasi terakhir di indo
kl ga salah, galant stlh thn 2002 didiskontinue oleh KTB :mrgreen:
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

Denger2 malah fortie diesel matik udah disapu abis ready stoknya yg baru se-ratusan unit,, skr malah inden lama lagi.......
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by ZombiEE »

ane barusan menumpang temen ane ke taman simalem sewaktu tujuh belasan....fortie m/t diesel...7org penumpang..ajubile..tarikan berat bgt sewaktu nanjak..forget bout 2nd gear...kalo matic gimana yah??ini dalam konteks mobil standar tanpa ubahan apa2..
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

Captivated wrote: mknya gw blg ini bisa2nya mitsu/ktb aja
di negara2 laen lancer ex dijual pake nama galant fortis, yg mnrt gw harusnya pake nama itu krn kemiripan wajah antara g.fortis dgn galant generasi terakhir di indo
kl ga salah, galant stlh thn 2002 didiskontinue oleh KTB :mrgreen:
Betul om, Galant udah discontinued di KTB n kayaknya sih ga bakal di jual lagi deh, sama kayak Kuda.......prediksi sy paling2 ntar berikutnya yg bakal masuk lagi adalah Fuzion buat di segment MPV lagi,, skr mungkin lagi ngebangun image lagi lewat PS nya..... :)
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

ZombiEE wrote:ane barusan menumpang temen ane ke taman simalem sewaktu tujuh belasan....fortie m/t diesel...7org penumpang..ajubile..tarikan berat bgt sewaktu nanjak..forget bout 2nd gear...kalo matic gimana yah??ini dalam konteks mobil standar tanpa ubahan apa2..
Yg naik orang atau kingkong semua jom? :e-think:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by ZombiEE »

seukuran2 ente dan ane lhah oom...sama YY itu tuh...(awas..ane aduin ke die..ente ngmg die kingkong..) :big_slap: :big_slap:
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

^^ waaaksss......kalo itu seeeehhh.....ane kaga heran deh..... itu mobil di naikin nt sama dia be-2an ajah pastinya udah ngebul banget knalpotnya..... :upss:




..........kabur dulu sebelom dilaporin ke nenek2 pemakan segala.......... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by ZombiEE »

mandala1 wrote:^^ waaaksss......kalo itu seeeehhh.....ane kaga heran deh..... itu mobil di naikin nt sama dia be-2an ajah pastinya udah ngebul banget knalpotnya..... :upss:




..........kabur dulu sebelom dilaporin ke nenek2 pemakan segala.......... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
terpaksa lah ane aduin ke KPM....heuheuheuheue....ati2 yeeyyy
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

Waaak.......malem ini mesti off dulu fb nya.......takyuuuuuut........ :ngacir:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

Captivated wrote: mknya gw blg ini bisa2nya mitsu/ktb aja
di negara2 laen lancer ex dijual pake nama galant fortis, yg mnrt gw harusnya pake nama itu krn kemiripan wajah antara g.fortis dgn galant generasi terakhir di indo
kl ga salah, galant stlh thn 2002 didiskontinue oleh KTB :mrgreen:
secara ane mitsu lovers, fyi, galant versi berikutnya tetap ada di luaran sana. generasi ke sembilan.
lancer ex emang masih seri berikutnya dari lancer. karena secara spek, gak ada lagi sedan di bawah lancer.
di taiwan, kelasnya galant pake nama grunder.. bisa dilhat di url ini http://grunder.mitsubishi-motors.com.tw/
di hongkong, lancer pake nama namanya "lancer fortis", di jepang "galant fortis"
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

^^mungkin maksud nya KTB om.... keliatannya sih KTB emang belon ada rencana mau jual Galant dulu selama waktu yg belum ditentukan,, kalo di luar sono sih emang ada generasi2 Galant baru.......
ga ngerti deh alasan nya apa, atau ada faktor 'trauma' mungkin? :e-think:
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

roadtrain99 wrote:wow, hebat2 bgt tulisan disini...bebrp hr ga masuk sm udah maju bebrp page..

kalo sepengalaman gw, biasanya org beli mobil yg dipikirin kemampuan duit nya, merk/tampang/mobilmesin/dipake utk apa mobil tsb. kalo resale sih sptnya rata2 urusan belakangannya. kalo resale penting banget, semuanya nanti pk ipah/avanza.

*imo* kayaknya agak berlebihan klo sasis monokok dianggap loyo, sebab, di wrc sedan spt lancer/subaru/peugeout/ford dll beterbangan. walaupun sudah diperkuat dgn roll bar ini itu, pasti sasis nya jg udah hrs kuat.

ctv awd setau gw jg memang bukan utk "rock crawling". pengalaman pk monokok suv dr merk lain termasuk toyota selama ini ga ada masalah. Kemarin jg sempet test ctv sendiri (ada foto nya di bbrp page yg lalu), setelah itu ga ada bunyi2 atau patah. Malah sempet dibilang kalo lwt jalan hancur, bisa rusak, ternyata gw lewat yg blm jd jalan, masih baik2 sasisnya. Ada jg di internet foto2 ctv lagi ditest, atau nyebrang sungai. Ada jg iklan cw nyetir captiva sambil narik mobil towing cm dgn kekuatan fwd, kalo ga kuat harusnya udah patah ya. cuma ya lagipula, realitynya jarang deh org beli mobil beginian utk di "ancur2in". Lc yg feature 4wd nya komplit aja jarang bgt gw mainin utk offroad, ngapain jg yaa...

anyway, sekedar nyampein aja, mumpung lg dibicarain.
Dari autoc*r versi indonesia edisi oktober 2005 hal46-48 (boleh dicari), ada test drive 42ner 4wd.
disitu ditulis:
Namun pihak TAM sendiri mengakui tidak memposisikan 42ner sbg true off-roader. Dalam konteks ini saya setuju, karena menempatkan 42ner sbg true off-roader bisa jadi harapan yang berlebihan
(saya disitu = penulis/tester, bukan gw)
si tester kembali tulis lagi di paragraph lain setelah testing
ya, sekali lagi saya tidak memproyeksikan 42ner sbg true off-roader di medan berat.
Disitu jg dibilang wheelbase 42ner yg panjang menjadi kendala utk offroad sebab si tester bilang dari segi "break over angle" lebih riskan, dan ktnya dek bawah sempet 'nyangkut'. sedangkan utk urusan transmisi nya, dia bilang jgn berharap semaju off roader lain yg punya HDC, panel L nya bisa menahan laju saat down hill tapi jangan diposisikan utk kegiatan ekstreme.

itu gw cuma meng"highlight" segi 4wd nya aja yaa...dari majalah lho, bukan wiki atau opini pemakai awam, namun dari org yg memang sudah kerjaan testing mobil. dan pastinya bukan imo.

trus spt yg di copas oleh captivated dari wiki tentang penggunaan ladder frame utk cutting cost, di artikel yg sama jg ditulis,
..sbg bagian dari proyek global IMV, tyt meluncurkan hilux vigo, innova & 42ner. Yg pertama pickup, mpv dan terakhir suv. artinya ketiganya memiliki kesamaan mendasar, chassis dan mesin. "ya, kata kuncinya adalah efisiensi. Dengan demikian kami bs memproduksi model dan unit dalam skala yg besar, dgn cost yg efisien pula," ungkap Rachmad basuki, product planning manager PT. TAM. Sekaligus, soal 42ner, basuki menegaskan soal chassis ladder frame yg digunakan, sama dgn yg lainnya.
nah yg terakhir gw agak bingung, maksudnya chassis nya sama dgn ipah juga?
klo memang utk efficiency, kontras jg dgn hrg otr nya yg bs dibilang mahal jika masih sealiran ipah, klo gt mahal dimana ya...
1. Jadi kalo Landcruiser lebih panjang lagi wheelbase...lebih gak cocok lagi dong buat offroading? :mrgreen:
2. Kalo transmisi 4WD Fortuner (yg persis sama dengan Landcruiser Prado) gak cocok buat offroading...berarti percuma punya Prado mahal2. Jadi kalo HDC = true offroader. Berarti LC 80 gak ada apa2nya dong ya sama SUV yg punya HDC :mrgreen:
3. Soal nyangkut, LC200 pun dibilang rawan nyangkut. Semua mobil bisa nyangkut.
4. Innova, Hilux, dan Fortuner memang sama platform (udah 100 kali dibahas), platform Hilux. Cuman kolong bawah berbeda, kalo mau belajar, dr jumlah baut roda saja sudah beda. Innova dan single cab Hilux baut 5 roda. Hilux D-Cab dan Fortuner 6 baut.
Memang IMV ini sukses berat buat Toyota, malah ditiru hampir plek oleh Mitsubishi dengan trio Pajero Sport/Fuzion/Triton (dengan platfom Triton).
5. Jadi menurut reviewer ini bilang Hilux bukan mobil off roader juga dong hihihi...nah ini lucu.
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

mandala1 wrote:
Captivated wrote: mknya gw blg ini bisa2nya mitsu/ktb aja
di negara2 laen lancer ex dijual pake nama galant fortis, yg mnrt gw harusnya pake nama itu krn kemiripan wajah antara g.fortis dgn galant generasi terakhir di indo
kl ga salah, galant stlh thn 2002 didiskontinue oleh KTB :mrgreen:
Betul om, Galant udah discontinued di KTB n kayaknya sih ga bakal di jual lagi deh, sama kayak Kuda.......prediksi sy paling2 ntar berikutnya yg bakal masuk lagi adalah Fuzion buat di segment MPV lagi,, skr mungkin lagi ngebangun image lagi lewat PS nya..... :)
Iya om setuju. Ini udah jalurnya emang. Seperti trio Toyota yg dibuat berbasis Hilux (Innova/Hilux/Fortuner), Mitsubishi mencontek dengan trio yg berbasis Triton (Fuzion/Triton/Pajero Sport).
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

Captivated wrote:market/pasar = penjual dan pembeli, plus kdg2 ada broker/makelar di tengah :mrgreen:
konsumen "membiarkan/memberi angin" : produsen naikin harga 5jt dibeli, naik 50jt jg ttp dibeli :frm_bang_head:
kondisi ini bs terjadi ketika monopoli atau tdk ada opsi laen tersedia... tp utk kasus fortie? ga monopoli dan byk opsi2 laen tersedia
coba begitu naik 5jt konsumen rame2 stop beli, bisakah produsen naikin 50jt?
ini bs jd berantai, contoh : waktu mau jual ps, pihak mitsu/ktb pake patokan harga fortie buat acuan, harga hmpr sama tp fitur/acc dilebihin dan menang performa
ini jg agak coba2 sbnrnya, mknya awalnya ga berani pasang target tinggi2... eh setelah ketauan dagangannya laris manis, target baru dinaikin plus harganya... hahahaha
pdhl mgkn dijual 310jt jg bs, knp jd 370jt? kan acuannya market leader (fortie)... :ngacir:
Betul, ATPM akan mencari untung atau mencari aman sebisa mungkin. Makanya Captiva tidak naik 50 juta...karena akan melewati batas 'sebisa mungkin' - bisa2 yg masuk showroom karyawan cleaning service doang :P

Mungkin saja pihak Mitsubishi menggunakan Fortuner sebagai acuan harga - tapi mereka bukan org bego main ngikut aja, pasti dihitung juga untung/rugi untuk perusahaan. Dan tentu mereka akan hati2 nge set harga, secara di mobil pribadi mereka kurang sukses sebelumnya.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

roadtrain99 wrote:kalo sepengalaman gw, biasanya org beli mobil yg dipikirin kemampuan duit nya, merk/tampang/mobilmesin/dipake utk apa mobil tsb. kalo resale sih sptnya rata2 urusan belakangannya. kalo resale penting banget, semuanya nanti pk ipah/avanza.
Bukannya sekarang ini fenomena tsb udah bener2 terjadi bro? :mrgreen: Terbukti dengan Avanza dan Ipah yg selalu menempati podium satu dua di total sales nya.
Memang bener kemampuan duit, tampang, dan spek teknis mobil adalah faktor2 pokok yg menentukan sales mobil tsb. Tapi kalo diliat dari keinginan pasar domestik Indonesia, kayaknya resale value termasuk salah satu faktor pokok diatas, bukan cuma "urusan belakangan", terutama untuk mobil2 yg harganya ekonomis.

Memang sih pasti bakal ada yg bilang bahwa resale value dan sales kaya ayam dan telor.......engga jelas duluan mana? :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:market/pasar = penjual dan pembeli, plus kdg2 ada broker/makelar di tengah :mrgreen:
konsumen "membiarkan/memberi angin" : produsen naikin harga 5jt dibeli, naik 50jt jg ttp dibeli :frm_bang_head:
kondisi ini bs terjadi ketika monopoli atau tdk ada opsi laen tersedia... tp utk kasus fortie? ga monopoli dan byk opsi2 laen tersedia
coba begitu naik 5jt konsumen rame2 stop beli, bisakah produsen naikin 50jt?
ini bs jd berantai, contoh : waktu mau jual ps, pihak mitsu/ktb pake patokan harga fortie buat acuan, harga hmpr sama tp fitur/acc dilebihin dan menang performa
ini jg agak coba2 sbnrnya, mknya awalnya ga berani pasang target tinggi2... eh setelah ketauan dagangannya laris manis, target baru dinaikin plus harganya... hahahaha
pdhl mgkn dijual 310jt jg bs, knp jd 370jt? kan acuannya market leader (fortie)... :ngacir:
hehehehe......kirain lagi ngomongin Avanza (bukannya awalnya ngomongin ttg avanza harga bekas bisa hampir nempelin harga baru? :e-think: ), taunya balik lagi ke Fortie. :mrgreen:

Kalo dinaikkin 50 jt, abis itu tetep "ditubruk" sama konsumen, artinya harga pasarnya Fortie memang harga awal+50jt, yg juga berarti bahwa harga jual Fortie dulu kemurahan. Kalo dinaikkin lagi sampe 500 jt pun dan demand tetep tinggi, artinya harga pasar Fortie memang ada di level 500 jt. Tapi kalo TAM maksa terus naikkin harga, pasti ada saat dimana setelah melewati satu titik harga tertentu harga fortie akan membuat salesnya menurun. Nah sebagai produsen, disinilah mereka harus hati2 nge-set harganya. Tapi kalo ane liat sekarang2 ini, harga naik malah salesnya makin banyak......Yg artinya harga pasarnya masih belum kena (Ekuilibrium pricenya belum kena, masih ada kemungkinan naik lagi, apalagi kalo dibarengin inovasi2 lain misal dgn keluarnya all new Fortie :mrgreen: )

Dan hal itu bukan konsumen "memberi angin", karena sekali lagi konsumen tuh gak pernah mao buang duitnya secara cuma2 kalo engga ada return buat dia sendiri.
Seperti analogi ttg rumah PI Vs LB kemaren, sebenernya saya mo kasi liat bahwa jualan mobil itu bukan cuma jualan barang beroda empatnya aja, tapi merupakan satu kesatuan paket beserta embel2nya dan hal2 lain yg mengikuti mobil tsb, yg biasanya bukan sesuatu yg keliatan (tangible). Melalui analogi rumah tsb, saya cuma mao memberi sedikit alternatif ttg cara pandang kita thd pola pemilihan mobil di masyarakat, terutama masyarakat sini. Bahwa dalam membeli rumah itu, kita engga cuma liat bahan materialnya, kualitas finishingnya, fitur2nya, TAPI juga melihat faktor2 lain misalnya fasilitas komplek, keamanan, perceived quality dari letak tanah, sampe ke faktor gengsi.

Situasi ini (naikkin harga fortie 50 jt tapi tetep laku aja) gak harus terjadi di pasar monopoli aja. Kalo pasar monopoli artinya konsumen gak punya pilihan lain, alias barang bobrok pun harus dibeli kalo engga naik ojek kemana2 :mrgreen: ....... Kalo di kasus ini, adalah murni pasar yg bicara. Murni harga ditentukan oleh pasar.

Analogi lainnya supaya lebih jelas:
Misal Ada sodagar Sparepart namanya om Mandala, dan ada pengusaha angkot namanya Risol.
Di daerah Serang, yg jualan sparepart bukannya cuma Mandala, tapi ada Burak, Garuda, Sriwijaya, dll.......dan harga2 mereka pun sangat bersaing.
Tapi si Risol udah kenal sama toko Mandala udah sejak lama, Risol juga udah percaya sama om Mandala bahwa kalo dia bilang asli, ya memang barang asli, begitu pun sebaliknya. Mandala juga udah sejak lama buka toko disitu jadi masyarakat Serang jg udah percaya gak takut dibohongin.
Tapi sayangnya, toko mandala kalo jual spare part lebih mahal 2rb perak dibanding toko2 lain TAPI JUGA, walaupun lebih mahal, mandala kasi jaminan 2 bulan u/ sparepart, abis itu tokonya cukup lengkap jadi si Risol kalo belanja 20 macem sparepart, cukup ke 1 toko aja dibanding harus pergi ke 20 toko yg berlainan, juga Om Mandala kalo kita engga bisa pasang sparepartnya, bisa telp dia langsung dan dia bisa bantuin Via telp atau kalo perlu bisa dateng ke pool angkotnya si Risol......

Nah tapi kenapa udah tau harga lebih mahal, tapi si Risol tetep nyambangin toko Mandala kalo lagi butuh Sparepart?
Pas ditanya si Risol bilang, abis buat saya harga lebih mahal 2000 perak worth waktu+bensin saya yg kebuang kalo musti pergi ke 20 toko buat nyari 20 parts, duit 2000 perak juga worth rasa was2 saya kalo ternyata parts yg dikasi bukan asli, duit 2000 perak worth dengan jaminan bahwa kalo barangnya gak pas boleh dibalikin sama Om Mandala, duit 2000 perak worth waktu saya kalo saya harus telp Om Mandala ttg tata cara masang parts, dll, dll.....Hal2 tsb yg membuat si Risol OK nambah 2000 perak buat 1 parts......

Artinya pada waktu si Risol kasi extra 2000 perak, si Risol gak kasi om Mandala duit tsb secara cuma2, atau istilahnya bro Captivated "Memberi Angin" ke mandala. Om Mandala juga pada waktu terima duit extra 2000 perak juga bukan hasil ngemis2 sama si risol, atau hasil "nipu" si Risol.....bukan. :mrgreen:
Kenapa dibilang bukan? Karena itulah harga pasar dari parts yg dijual dari toko Mandala. Dua belah pihak sama2 seneng.

Tapi buat Mandala pun, sehebat2nya servisnya, ada patokan harga yg gak boleh dia lewatin.......Kalo dia lewatin, si Risol pun akan kabur dibuatnya dan cari toko lain. Jadi misal mandala naikkin harga sampe 5000, kalo Risol pikir harga masih masuk, maka dia akan bayar (Mungkin ini yg terjadi ke kasus Fortie sekarang).
Tapi kalo mandala ambil untung 10rb, maka Risol pun gak akan mao bayar dan akibatnya akan pergi ke toko Garuda. Kalo pasar monopoli, mao Mandala nguntungin 100rb, mao gak mao Risol harus bayar karena kalo engga angkot2nya pada gak jalan semua :mrgreen:

Siapa yg nentuin sampe dititik harga mana Mandala bisa jual spare part ke Risol? Yg nentuin adalah pasar.
Kalo pas Mandala naikkin harga jadi 5000 dan cuma si Risol seorang yg nolak beli, bukan berarti pasar udah engga mao beli (atau pasar harus ikutin si Risol).
Didalam konteks Fortie, hanya karena bro Captivated merasa harga Fortie udah gak sesuai dengan produk yg ditawarkan, bukan berarti ribuan orang yg sekarang inden Fortie jg harus bersikap begitu, kalo engga bakal kena cap "Memberi angin" atau cap "kurang bijak"......

Spt yg pernah saya bilang sebelumnya, kalo mao diurut ke produk2 lain, pasti banyak produk2 yg juga jatuh ke scenario spt ini, bukan cuma TAM dengan Fortienya (Atau Avanza-nya).

Di analogi diatas cuma pake perumpamaan spare part yg sama jenisnya dan bisa didapat di toko2 lain saingan mandala, bagaimana kasusnya jika cuma toko Mandala doang yg punya 1 parts "unggulan" tsb, yg orang2 menganggap sebagai parts yg bagus........berarti lebih kuat lagi bargaining positionnya toko Mandala (spt yg terjadi di TAM......kalo mao Avanza dan Fortuner, cuma di toko TAM adanya)

Kalo soal patok-mematok harga Fortie Vs Pajero Sport, (Mungkin jg Vs Captiva :mrgreen: ):
Dimana2 yg Market leader yg patok harga. Kalo merek baru dgn produk baru yg persis di kelas yg sama dengan si market leader matok harga jual sama dengan si market leader, maka merek/produk baru tsb artinya kemahalan, karena kalo semua faktor adalah sama, maka logikanya sebagian besar orang pasti ambil si market leader), sebaliknya jika semua faktor adalah sama, dan si market leader lebih mahal, maka boleh dibilang hal tsb adalah wajar (soal gede kecilnya perbedaan harga tsb sebaiknya gak usah didebatkan, cukup menurut penilaian masing2 ajah)
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by GTR »

true offroader memang yg chassis pendek & terutama lebih ringan, misal Pajero short daripada Pajero long.
makanya positioning toyota untuk LC200 adalah "king of 4wd", biar lebih pas.

jumlah baut roda innova - fortuner (atau hilux Scab - Dcab) tidak korelasi langsung ke perbedaan chassis, perbedaan utama jumlah baut roda adalah dari wheel-hub-assy di balik rem; termasuk kalo sampe ada "penyesuaian suspensi maupun rem" masing2 untuk model lebih ceper & berbobot lebih ringan, termasuk misal di S-CAB lain.

udah biasa ada perbedaan hub roda di mobil chassis sama misal : phanter 4 lug dan phanter 6 lug... s/d "sasis" civic gen lama ada 4 / 5 lugs hub, maupun beda rem disc dan tromol di roda.

kalo perbedaan dari hub ini dianggap beda, nanti fortuner dan hilux Dcab pun akan lebih beda lagi, karena perbedaan konstruksi suspensi belakang jauh lebih berbeda daripada perbedaan komponen hub roda.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote: jd size bs sama tp harga bs berlipat2 bedanya, tinggal kejelian para pembeli (yg bijak) utk menimbang plus minusnya (tp kl mslh gengsi... no komen dah)
dan YA! kl konsumen rame2 ga mau beli rmh di pi pasti developernya berpikir seribu kl spy bs compete :
- nurunin margin
- spek down
- bikin perumahan laen yg harga tanahnya lbh murah dr di pi:
Sekali lagi kalo orang cuma liat dari spek teknis produk, dan gak peduli thd faktor2 lain yg dibawa dari mobil tsb (termasuk gengsi), maka yg semestinya berjaya di dunia sekarang adalah produk2 Malay dan China.....karena mereka udah bisa membuktikan bisa membuat mobil murah dengan fitur2 segudang.
Tapi buktinya gak kan? Pasar bilang "Tidak Sekarang"............ :mrgreen:

Bukti lainnya juga udh dikasi sama GM dan Chrysler yg hampir terlikuidasi. Semua resep bro Captivated diatas udah diikutin sama GM/Chrysler tuh, spek teknis tinggi2 dan harga murah.
Mobil2 domestik disini dengan harga yg sama dengan rival jepangnya bisa dapet mesin setingkat diatas, fitur2 jauh lebih lengkap, dan kalo ngitung rebate/cashback2-nya, jato2nya bisa lebih murah dari mobil jepang/eropa sekelas.......Tapi pasar berkata lain. Perceived quality itu gak cuma diliat dari spek teknis semata bro :mrgreen:
Captivated wrote: knp harga tanah di pi mahal? krn njop-nya jg udh tinggi
knp njop-nya tinggi? krn harga tanahnya udh mahal duluan... ini namanya kompor-mengompori :mrgreen:
siapa menciptakan harga2 tsb? penjual-pembeli-pemerintah, msg2 ada porsi kontribusinya:
betul......campuran interaksi dari stakeholder2 tsb lah yg disebut pasar. Kalo PI suatu saat kena badai dan rata dengan tanah sehingga gak ada yg mao tinggal disono lagi, maka percaya deh NJOP nya pun akan turun :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
Risol1 wrote: Yah gimana ..... :mrgreen: .
kalo keunggulan cuma diukur dari spek teknis, berarti sekarang yg paling unggul ya proton lah.... atau produk otomotif dari China. Mereka2 kayaknya pasti unggul di spek teknis, kalo melihat dari sisi harga......Jadi kalo patokannya begitu (Keunggulan = Spek tinggi), ya ane susah juga ngomongnya.
bener, produk dr cina dan malaysia udh hrs ditanggapi serius oleh pembeli maupun produsen (pesaing)
tinggal mslh spek yg ditawarkan (produk2 dr cina biasanya performa mesinnya msh agak lemah) plus "tkt penerimaan" dr pembeli
knp rame2 bikin pabrikan di negara2 ketiga? safe cost & efisiensi toh?
ga mslh dibikin dmana, yg pntg kualitas yg dihasilkan setara
Harus ditanggapi dengan serius kan bukan berarti paling unggul bro :mrgreen: , lama2 saya percaya koq mereka bakal jadi produsen mobil kelas dunia.
Ya setuju, gak masalah dibikin dimana pun......
Last edited by Risol1 on Tue Aug 25, 2009 2:35, edited 1 time in total.
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Abu2 »

@risol : sesekali ane masuk dong dalam cerita skenario ente.... :frm_tumbright: :ngacir:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by GTR »

apa mungkin maksud bro captivated, memang ada nilai / hasil yg bermanfaat dibalik sekedar spec teknis doang.
secara kalo just compare dari spec teknis doang yah nanti pun udah kalah dari merk2 "baru" kaya bro risol bilang.