Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Saya punya innova diesel matic 2kd 2012, remap. Odo 228rb.
Sebelumnya saya pakai oli ptt 10w-30.
Setelah jalan 8000 km, sudah ganti oli arahan teman ke oli liqui moly 5w-40 leichlauf yg warna ungu, kasih ceratec, ganti filer oli.
Impresinya, Tarikan awalnya agak berat ya dibanding ptt 10w-30.
Pertanyaan saya :
1. Apakah karakter oli 5w-40 emank lebih berat tarikan nya drpd 10w-30 ?
2. Sama viksositas 5w-40, apakah beda merek oli akan beda encernya dan tarikannya?
3. Rencana pengen balik ke ptt tp masih bingung mau ke 5w-30 atau 5w-40? Atau ad saran oli yg lain?
Terima kasih
ijin bantu jawab, kalau ada suhu yg lain menambahkan silahkan.
1. sae 5w40 memang lebih kental dibanding dengan 10w30 sehingga kecenderungan akan lbh berat, namun biasanya suara mesin akan lbh halus
2. sesama 5w40 beda merk secara viskosity bisa berbeda beda, namun masih masuk dalam range yang berdekatan
3. coba lihat buku manualnya saja, saran pakai sae buntut 30 atau 40.
sebelum memutuskan ke pertanyaan ke 3, apa selama ini sae 30 penguapan normal?
Thx jawabannya suhu..
Pas di KM menuju 8000, penguapannya minim sih. Tp emank suara mesin pas ganti ke 5w-40 lebih adem drpd 10w-30.
Di buku manual , 2kd disarankan buntut 40 sih.
Next mau cb ptt yg 5w-40 abis ini.
Saya punya innova diesel matic 2kd 2012, remap. Odo 228rb.
Sebelumnya saya pakai oli ptt 10w-30.
Setelah jalan 8000 km, sudah ganti oli arahan teman ke oli liqui moly 5w-40 leichlauf yg warna ungu, kasih ceratec, ganti filer oli.
Impresinya, Tarikan awalnya agak berat ya dibanding ptt 10w-30.
Pertanyaan saya :
1. Apakah karakter oli 5w-40 emank lebih berat tarikan nya drpd 10w-30 ?
2. Sama viksositas 5w-40, apakah beda merek oli akan beda encernya dan tarikannya?
3. Rencana pengen balik ke ptt tp masih bingung mau ke 5w-30 atau 5w-40? Atau ad saran oli yg lain?
Terima kasih
ijin bantu jawab, kalau ada suhu yg lain menambahkan silahkan.
1. sae 5w40 memang lebih kental dibanding dengan 10w30 sehingga kecenderungan akan lbh berat, namun biasanya suara mesin akan lbh halus
2. sesama 5w40 beda merk secara viskosity bisa berbeda beda, namun masih masuk dalam range yang berdekatan
3. coba lihat buku manualnya saja, saran pakai sae buntut 30 atau 40.
sebelum memutuskan ke pertanyaan ke 3, apa selama ini sae 30 penguapan normal?
Thx jawabannya suhu..
Pas di KM menuju 8000, penguapannya minim sih. Tp emank suara mesin pas ganti ke 5w-40 lebih adem drpd 10w-30.
Di buku manual , 2kd disarankan buntut 40 sih.
Next mau cb ptt yg 5w-40 abis ini.
kalau sae 30 minim penguapan, brarti masih ok pakai SAE30, tp sebaiknya mengikuti buku manual saja.
SAE buntut 40 ada ctx,ptt, adnoc, dll pastikan asli saja, jgn lupa pakai filter oli yg berkualitas jg.
3. Pabrikan aditif dan OEM belum riset spesifik di B30
Beberapa hasil riset di Thailand, Malaysia, dan Eropa menunjukkan bahwa:
Pada campuran B5–B10, aditif diesel biasa masih kompatibel.
Pada B20–B30, beberapa aditif menunjukkan degradasi kimia (misalnya pelarutnya bereaksi dengan FAME, menurunkan stabilitas oksidasi).
Oleh sebab itu, belum banyak pabrikan besar yang berani mengklaim “suitable for B30+”.
Kalaupun ada, biasanya terbatas di OEM additive package langsung dari produsen biodiesel atau refinery, bukan produk ritel botolan.