feri307 wrote: Mon Sep 03, 2018 1:12
ginting wrote: Sun Sep 02, 2018 15:36
feri307 wrote:Maaf ni, angkat trit lagi.
Saya rencana mau naikin ukuran ban jadi lebih besar OD-nya. Katanya mesti setting ulang agar pembacaan speedo, odo dan fungsi ABS+EBD-nya bisa ngikutin. Hal2 tadi termasuk ke dalam kategori remap ECU apa enggak ya?
kalo cuma itu, sayang kalo remap, oom
hitung aja ratio ban baru vs ban lama
misalnya naek 10%
maka anggap aja odo itu harus harus ditambah 10%. supaya sesuai real odo
supaya gak telat ganti oli
Makasih banyak udah dijawab bang..
Omong2, sayangnya kenapa itu bang? Apa karena biayanya mahal? Kalo boleh tau, berapa perkiraan sekali remap untuk sekelas city car gitu?
Yg paling saya khawatirkan sebenarnya fungsi ABS sama EBD, seandainya gak dikalibrasi ulang.
nubie sok pinter bantu jawab.
biaya remap kemahalan aja, oom untuk fungsi / tujuan seperti yg oom bilang.
perkiraan sih tergantung remap di tuner mana..anggap saja 4 jt - 7 jt
fungsi ABS kayaknya gak dipengaruhi ukuran ban.
ABS mencegah supaya gak ngelock system remnya.
kalau ada rem yg ngelock, dimana mobil masih laju tapi roda udah gak nggelinding...alias ngesot...maka ABS langsung beraksi dgn cara kurangi cengkeraman roda..
EBD - itu membantu distribusi beban pengereman supaya gak melintir.
Kalau oom mau naek power, power band lebih merata, speed limit removal, tutup EGR, dll boleh lah remap....
tapi ini cuman pendapat saya selaku nubie...saya cuma ingin memastikan bahwa tujuan yg hendak dicapai selaras dengan usaha yang ditempuh....

(sebelum diledek oom Bogart)