Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Tue Oct 16, 2012 16:17
- Location: PIK
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04
om turbo kalo crv di kasih honda genuine oil yang e pro gold 0W-20 boleh gak yah?
trus outlander kalo dikasih oli 0W-20 boleh gak yah?
trus outlander kalo dikasih oli 0W-20 boleh gak yah?
one small step for a man, a giant leap for mankind
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 116
- Joined: Tue Jun 05, 2012 16:43
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04
Turboman wrote:belom tentu
Shell lately agressive sekali menyerbu pasar
Di toko2 HX7 kadang lebih mudah ditemukan drpd Fastron ijo 10W40
Kecuali kalo kelas low end / mineral based yah tetap Pertamina rajanya since ada Mesran super / Prima XP / Prima 10W40 synthetic force / Mediteran 40 / Mediteran SC dan ada toko yg jual scr eceran dr drum.

-
- SM Specialist
- Posts: 22080
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04
Utk CRV, jika :hbobo wrote:om turbo kalo crv di kasih honda genuine oil yang e pro gold 0W-20 boleh gak yah?
trus outlander kalo dikasih oli 0W-20 boleh gak yah?
- Traffic lancar terus
- BBM bagus (gak premios)
- Ga pernah bawa beban berat
monggo aja
di luar kondisi itu, better use 0W-30 atau 5W30
utk OS :
Di manualnya diijinkan gak 0W20 utk ambient s/d 30 - 35 deg C ?
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 143
- Joined: Thu Dec 05, 2013 14:43
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04
yg lagi agresiv castrol tu, di lotte mart 4L : 250rb anTurboman wrote:belom tentuaceagung wrote:
kalo soal murah meriah paling hebat fastron dong..
Shell lately agressive sekali menyerbu pasar
Di toko2 HX7 kadang lebih mudah ditemukan drpd Fastron ijo 10W40
Kecuali kalo kelas low end / mineral based yah tetap Pertamina rajanya since ada Mesran super / Prima XP / Prima 10W40 synthetic force / Mediteran 40 / Mediteran SC dan ada toko yg jual scr eceran dr drum.

tkp semarang....

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Fri Jan 16, 2009 16:10
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04
Om Turboman & yang lainnya,
CX-5 2000 CC bagusan pakai Mazda Genuine Oil 0w-20 /5w-30 ya?
karena banyak banget yang bilang 0w-20 tidak cocok di negara beriklim tropis
Note: ane sudah menggunakan 0w-20
Honda CR-V RE3 2.4 cocok gk ya dengan shell helix hx-8 5w-30?
Satu lagi, Honda Odyssey Absolute RB3 dengan mesin K24A bagusnya pake oli mesin apa? dan oli matic apa ya? setau saya transmisinya 5at speed bkn CVT.
Thanks ya hehe
CX-5 2000 CC bagusan pakai Mazda Genuine Oil 0w-20 /5w-30 ya?
karena banyak banget yang bilang 0w-20 tidak cocok di negara beriklim tropis

Note: ane sudah menggunakan 0w-20
Honda CR-V RE3 2.4 cocok gk ya dengan shell helix hx-8 5w-30?
Satu lagi, Honda Odyssey Absolute RB3 dengan mesin K24A bagusnya pake oli mesin apa? dan oli matic apa ya? setau saya transmisinya 5at speed bkn CVT.
Thanks ya hehe
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Mon Jan 30, 2012 6:15
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04
Om Turbo... akhirnya saya pakai Mobile1 5w-30 di Nissan GL... Apakah cocok mengingat saat ini tiap bulan odo mencapai 2000km. Pakai tiap hari Depok- kuningan - Bandara SHIA
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 116
- Joined: Tue Jun 05, 2012 16:43
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04
Shell HX8 5W-30. Saya pakai ini skrg.kodokk wrote:Om Turboman & yang lainnya,
CX-5 2000 CC bagusan pakai Mazda Genuine Oil 0w-20 /5w-30 ya?
karena banyak banget yang bilang 0w-20 tidak cocok di negara beriklim tropis![]()
Note: ane sudah menggunakan 0w-20
Honda CR-V RE3 2.4 cocok gk ya dengan shell helix hx-8 5w-30?
Satu lagi, Honda Odyssey Absolute RB3 dengan mesin K24A bagusnya pake oli mesin apa? dan oli matic apa ya? setau saya transmisinya 5at speed bkn CVT.
Thanks ya hehe




-
- SM Specialist
- Posts: 22080
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04
Baik Honda dan Mazda Gasoline NA mengijinkan oli 0W20kodokk wrote:Om Turboman & yang lainnya,
CX-5 2000 CC bagusan pakai Mazda Genuine Oil 0w-20 /5w-30 ya?
karena banyak banget yang bilang 0w-20 tidak cocok di negara beriklim tropis![]()
Note: ane sudah menggunakan 0w-20
Honda CR-V RE3 2.4 cocok gk ya dengan shell helix hx-8 5w-30?
Satu lagi, Honda Odyssey Absolute RB3 dengan mesin K24A bagusnya pake oli mesin apa? dan oli matic apa ya? setau saya transmisinya 5at speed bkn CVT.
Thanks ya hehe
Cuman kalo saya pribadi sih, jika :
- Pakai BBM bagus terus (esp RON 95)
- Mobil jarang beban berat
- Traffic lancar terus
Oke aja pakai 0W20
Jika di luar kondisi itu, saya pribadi pilih 0W30
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Fri Jan 16, 2009 16:10
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04
Thanks om Turboman & limsandy,
CX-5 akan selalu mnm Ron92, jd ok ya pake 0w-20 hehe
Untk Odyssey pake 5w-30 ok lha ya? Ada rekomendasi merek oli yg bgs untk Rb3?
Thanks
CX-5 akan selalu mnm Ron92, jd ok ya pake 0w-20 hehe
Untk Odyssey pake 5w-30 ok lha ya? Ada rekomendasi merek oli yg bgs untk Rb3?
Thanks
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Mon Dec 09, 2013 10:28
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04
Selamat Pagi semua..
Om turboman..
Saya mau tanya nih..
Ini spek olinya..
Mobil Super 2000 X2
SAE Grade 10W-40
API SN/SM/SL
Viscosity, ASTM D 445
cSt @ 40ºC 92
cSt @ 100ºC 14.4
Viscosity Index, ASTM D 2270 154
Sulfated Ash, wt%, ASTM D 874 0.97
HTHS Viscosity., mPa•s @ 150ºC, ASTM D4683 4.0
Pour Point, ºC, ASTM D 97 -36
Flash Point, ºC, ASTM D 92 220
Density @ 15 ºC, kg/l, ASTM D4052 0.869
Meet
VW 505.00 /501.01
MB-Approval 229.1
API CF
Sama ada kandungan ini nih di MSDS nya..
ZINC DITHIOPHOSPHATE 1 - 2.5% (* All concentrations are percent by weight unless ingredient is a gas)
Mobil saya camry 2200cc tahun 2001, info yang punya sebelumnya pake shell hx5. Saya ganti ke HX7 (sempet pake yang API SM sebelum baca2 forum ini) API SN.
Dari HX 5 ke HX 7 API SM maupun SN ada bunyi2 di deket timing belt krek3 halus pada saat start dingin, 30 detik ilang.
Nah sekarang saya pake Mobil super 2000 API SN, bunyi di waktu dingin tuh ilang...Mobil kerasanya si lebih enteng, tapi baru pake 200km..
Menurut Om turbo oli yang saya pake cukup tepat gak?
Ganti oli 5000 km biasanya 3 s.d 5 bulan, malah waktu pertama pindah dari hx5 ke hx7 2000 saya ganti..gk sampe 6 bulan tentunya..
Mobil Mayoritas luar kota, rpm maks cuman di 3500, seringnya 2700 da ganti gigi..
Kalo misal mau ganti jadi buntut 30 yang harganya gk samp 400rb per 4 liter kira2 apa ya om?
Makasih ya om....
Om turboman..
Saya mau tanya nih..
Ini spek olinya..
Mobil Super 2000 X2
SAE Grade 10W-40
API SN/SM/SL
Viscosity, ASTM D 445
cSt @ 40ºC 92
cSt @ 100ºC 14.4
Viscosity Index, ASTM D 2270 154
Sulfated Ash, wt%, ASTM D 874 0.97
HTHS Viscosity., mPa•s @ 150ºC, ASTM D4683 4.0
Pour Point, ºC, ASTM D 97 -36
Flash Point, ºC, ASTM D 92 220
Density @ 15 ºC, kg/l, ASTM D4052 0.869
Meet
VW 505.00 /501.01
MB-Approval 229.1
API CF
Sama ada kandungan ini nih di MSDS nya..
ZINC DITHIOPHOSPHATE 1 - 2.5% (* All concentrations are percent by weight unless ingredient is a gas)
Mobil saya camry 2200cc tahun 2001, info yang punya sebelumnya pake shell hx5. Saya ganti ke HX7 (sempet pake yang API SM sebelum baca2 forum ini) API SN.
Dari HX 5 ke HX 7 API SM maupun SN ada bunyi2 di deket timing belt krek3 halus pada saat start dingin, 30 detik ilang.
Nah sekarang saya pake Mobil super 2000 API SN, bunyi di waktu dingin tuh ilang...Mobil kerasanya si lebih enteng, tapi baru pake 200km..
Menurut Om turbo oli yang saya pake cukup tepat gak?
Ganti oli 5000 km biasanya 3 s.d 5 bulan, malah waktu pertama pindah dari hx5 ke hx7 2000 saya ganti..gk sampe 6 bulan tentunya..
Mobil Mayoritas luar kota, rpm maks cuman di 3500, seringnya 2700 da ganti gigi..
Kalo misal mau ganti jadi buntut 30 yang harganya gk samp 400rb per 4 liter kira2 apa ya om?
Makasih ya om....
-
- SM Specialist
- Posts: 22080
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04
Udah cocok lahanel wrote:Selamat Pagi semua..
Om turboman..
Saya mau tanya nih..
Ini spek olinya..
Mobil Super 2000 X2
SAE Grade 10W-40
API SN/SM/SL
Viscosity, ASTM D 445
cSt @ 40ºC 92
cSt @ 100ºC 14.4
Viscosity Index, ASTM D 2270 154
Sulfated Ash, wt%, ASTM D 874 0.97
HTHS Viscosity., mPa•s @ 150ºC, ASTM D4683 4.0
Pour Point, ºC, ASTM D 97 -36
Flash Point, ºC, ASTM D 92 220
Density @ 15 ºC, kg/l, ASTM D4052 0.869
Meet
VW 505.00 /501.01
MB-Approval 229.1
API CF
Sama ada kandungan ini nih di MSDS nya..
ZINC DITHIOPHOSPHATE 1 - 2.5% (* All concentrations are percent by weight unless ingredient is a gas)
Mobil saya camry 2200cc tahun 2001, info yang punya sebelumnya pake shell hx5. Saya ganti ke HX7 (sempet pake yang API SM sebelum baca2 forum ini) API SN.
Dari HX 5 ke HX 7 API SM maupun SN ada bunyi2 di deket timing belt krek3 halus pada saat start dingin, 30 detik ilang.
Nah sekarang saya pake Mobil super 2000 API SN, bunyi di waktu dingin tuh ilang...Mobil kerasanya si lebih enteng, tapi baru pake 200km..
Menurut Om turbo oli yang saya pake cukup tepat gak?
Ganti oli 5000 km biasanya 3 s.d 5 bulan, malah waktu pertama pindah dari hx5 ke hx7 2000 saya ganti..gk sampe 6 bulan tentunya..
Mobil Mayoritas luar kota, rpm maks cuman di 3500, seringnya 2700 da ganti gigi..
Kalo misal mau ganti jadi buntut 30 yang harganya gk samp 400rb per 4 liter kira2 apa ya om?
Makasih ya om....
Utk mobil th 2001 yg gak rekomen pake buntut 30
Kalau mau yg lebih "lighter" maka bisa pakai 5W40 atau 0W40 Full Synth yg meet MB 229.3 atau .5
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22080
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Penggunaan oli 0w20
Utk mobil2 tertentu yg ngijinin pemakaian oli 0W20, pesan saya hati2 krn spt nya standard-nya belum benar2 baku antar produsen
Kalo baca2 di BITOG spt nya oli 0w20 yg menarik justru oli genuine-nya Mazda 0W20
ALUMINUM 0
CHROMIUM 0
IRON 0
COPPER 0
LEAD 0
TIN 0
MOLYBDENUM 664
NICKEL 0
MANGANESE 0
SILVER 0
TITANIUM 0
POTASSIUM 0
BORON 266
SILICON 6
SODIUM 4
CALCIUM 2318
MAGNESIUM 18
PHOSPHORUS 732
ZINC 842
BARIUM 0
INSOLUBLES 0
WATER 0
FLASHPOINT ºF 430
SUS VIS 210ºF 53.6
cSt @ 100ºF 8.37
http://www.bobistheoilguy.com/forums/ub ... er=2781625
Total antiwearnya sampai 1700 ppm (oli oli 0W20 lain byk yg kadar AW nya jauh lebih kecil, sekitar 1000 - 1100 ppm aja)
Make sense krn lapisan film ultra tipis, harus dibantu dgn zat zat Zn / Mo / Bo yg akan melapisis permukaan logam
Dengan catatan :
Asal oli genuine Mazda 0w20 di sini spec nya sama persis spt yg di US
Kalo baca2 di BITOG spt nya oli 0w20 yg menarik justru oli genuine-nya Mazda 0W20
ALUMINUM 0
CHROMIUM 0
IRON 0
COPPER 0
LEAD 0
TIN 0
MOLYBDENUM 664
NICKEL 0
MANGANESE 0
SILVER 0
TITANIUM 0
POTASSIUM 0
BORON 266
SILICON 6
SODIUM 4
CALCIUM 2318
MAGNESIUM 18
PHOSPHORUS 732
ZINC 842
BARIUM 0
INSOLUBLES 0
WATER 0
FLASHPOINT ºF 430
SUS VIS 210ºF 53.6
cSt @ 100ºF 8.37
http://www.bobistheoilguy.com/forums/ub ... er=2781625
Total antiwearnya sampai 1700 ppm (oli oli 0W20 lain byk yg kadar AW nya jauh lebih kecil, sekitar 1000 - 1100 ppm aja)
Make sense krn lapisan film ultra tipis, harus dibantu dgn zat zat Zn / Mo / Bo yg akan melapisis permukaan logam
Dengan catatan :
Asal oli genuine Mazda 0w20 di sini spec nya sama persis spt yg di US
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 116
- Joined: Tue Jun 05, 2012 16:43
Re: Penggunaan oli 0w20
Bro, thank you buat info nya. Baru tau kalo MGO 0W-20 sebagus ini.... Anti-wear nya tinggi, encer dan ekonomis lagi. Tapi harganya di dealer sih mahal nya minta amit. Saya mau hemat dan ganti oli sendiri pake Shell HX8. Qualitas nya jauh beda gak ya?Turboman wrote:Utk mobil2 tertentu yg ngijinin pemakaian oli 0W20, pesan saya hati2 krn spt nya standard-nya belum benar2 baku antar produsen
Kalo baca2 di BITOG spt nya oli 0w20 yg menarik justru oli genuine-nya Mazda 0W20
ALUMINUM 0
CHROMIUM 0
IRON 0
COPPER 0
LEAD 0
TIN 0
MOLYBDENUM 664
NICKEL 0
MANGANESE 0
SILVER 0
TITANIUM 0
POTASSIUM 0
BORON 266
SILICON 6
SODIUM 4
CALCIUM 2318
MAGNESIUM 18
PHOSPHORUS 732
ZINC 842
BARIUM 0
INSOLUBLES 0
WATER 0
FLASHPOINT ºF 430
SUS VIS 210ºF 53.6
cSt @ 100ºF 8.37
http://www.bobistheoilguy.com/forums/ub ... er=2781625
Total antiwearnya sampai 1700 ppm (oli oli 0W20 lain byk yg kadar AW nya jauh lebih kecil, sekitar 1000 - 1100 ppm aja)
Make sense krn lapisan film ultra tipis, harus dibantu dgn zat zat Zn / Mo / Bo yg akan melapisis permukaan logam
Dengan catatan :
Asal oli genuine Mazda 0w20 di sini spec nya sama persis spt yg di US

-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Sat Dec 07, 2013 5:30
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04
@ om turbo..
spesifikasi oil mazda yg om turbo dapat..(http://www.bobistheoilguy.com/forums/ub ... er=2781625)
itu beda dengan yg dijual di delaer INDO.
Di us API SN, sedangkan yg dijual di indo API SM
Ini ada sumber lain dari BITOG juga, saya rasa lbh mirip, sama2 api SM
http://www.bobistheoilguy.com/forums/ub ... er=2631837

Ada yg berminat test olinya biar lebih pasti? heheheh
Kemarin saya mau ambil sampelnya pas ganti oli, tapi terlambat ..olinya sudah masuk ke penampungan oli bekas.
Btw, kalo mau test oli, di bandung ada labnya ga?
spesifikasi oil mazda yg om turbo dapat..(http://www.bobistheoilguy.com/forums/ub ... er=2781625)
itu beda dengan yg dijual di delaer INDO.
Di us API SN, sedangkan yg dijual di indo API SM
Ini ada sumber lain dari BITOG juga, saya rasa lbh mirip, sama2 api SM
http://www.bobistheoilguy.com/forums/ub ... er=2631837

Ada yg berminat test olinya biar lebih pasti? heheheh
Kemarin saya mau ambil sampelnya pas ganti oli, tapi terlambat ..olinya sudah masuk ke penampungan oli bekas.
Btw, kalo mau test oli, di bandung ada labnya ga?
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Mon Dec 09, 2013 10:28
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04
Turboman wrote:Udah cocok lahanel wrote:Selamat Pagi semua..
Om turboman..
Saya mau tanya nih..
Ini spek olinya..
Mobil Super 2000 X2
SAE Grade 10W-40
API SN/SM/SL
Viscosity, ASTM D 445
cSt @ 40ºC 92
cSt @ 100ºC 14.4
Viscosity Index, ASTM D 2270 154
Sulfated Ash, wt%, ASTM D 874 0.97
HTHS Viscosity., mPa•s @ 150ºC, ASTM D4683 4.0
Pour Point, ºC, ASTM D 97 -36
Flash Point, ºC, ASTM D 92 220
Density @ 15 ºC, kg/l, ASTM D4052 0.869
Meet
VW 505.00 /501.01
MB-Approval 229.1
API CF
Sama ada kandungan ini nih di MSDS nya..
ZINC DITHIOPHOSPHATE 1 - 2.5% (* All concentrations are percent by weight unless ingredient is a gas)
Mobil saya camry 2200cc tahun 2001, info yang punya sebelumnya pake shell hx5. Saya ganti ke HX7 (sempet pake yang API SM sebelum baca2 forum ini) API SN.
Dari HX 5 ke HX 7 API SM maupun SN ada bunyi2 di deket timing belt krek3 halus pada saat start dingin, 30 detik ilang.
Nah sekarang saya pake Mobil super 2000 API SN, bunyi di waktu dingin tuh ilang...Mobil kerasanya si lebih enteng, tapi baru pake 200km..
Menurut Om turbo oli yang saya pake cukup tepat gak?
Ganti oli 5000 km biasanya 3 s.d 5 bulan, malah waktu pertama pindah dari hx5 ke hx7 2000 saya ganti..gk sampe 6 bulan tentunya..
Mobil Mayoritas luar kota, rpm maks cuman di 3500, seringnya 2700 da ganti gigi..
Kalo misal mau ganti jadi buntut 30 yang harganya gk samp 400rb per 4 liter kira2 apa ya om?
Makasih ya om....
Utk mobil th 2001 yg gak rekomen pake buntut 30
Kalau mau yg lebih "lighter" maka bisa pakai 5W40 atau 0W40 Full Synth yg meet MB 229.3 atau .5
Makasih infonya Om..
Oh ya om,
Kalo mencantumkan Meet ACEA A3/B3 itu berarti sudah pasti standar keluaran tahun yang terakhir ya?
Maksudnya gk mungkin nyantumin standar A3 / B3 tapi masih pake yang tahun lama, padahal sudah ada yang keluaran terbaru...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 37
- Joined: Wed Dec 11, 2013 15:40
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04
Om turbo dan rekan lainnya...mohon pencerahannya...mobil saya vios 2008 matic, td siang service rutin 60rb km di beres, kq oli transmisinya dikasih "cvt fluid tc" ya?aman ga?heran deh...padahal di buku manual pakenya "atf-ws", apa oli ini bisa saling substitusi?
-
- SM Specialist
- Posts: 22080
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04
BeRes mana itu om ?iritbensin wrote:Om turbo dan rekan lainnya...mohon pencerahannya...mobil saya vios 2008 matic, td siang service rutin 60rb km di beres, kq oli transmisinya dikasih "cvt fluid tc" ya?aman ga?heran deh...padahal di buku manual pakenya "atf-ws", apa oli ini bisa saling substitusi?
Report ke KaBeng nya dan minta flush / ganti dgn ATF-WS segera
* Bukan ajakan Beli *
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Tue Jun 18, 2013 16:41
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04
om turbo salam kenal, saya ada pertanyaan newbie banget omTurboman wrote:BeRes mana itu om ?iritbensin wrote:Om turbo dan rekan lainnya...mohon pencerahannya...mobil saya vios 2008 matic, td siang service rutin 60rb km di beres, kq oli transmisinya dikasih "cvt fluid tc" ya?aman ga?heran deh...padahal di buku manual pakenya "atf-ws", apa oli ini bisa saling substitusi?
Report ke KaBeng nya dan minta flush / ganti dgn ATF-WS segera

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 37
- Joined: Wed Dec 11, 2013 15:40
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04
Wah berarti emang ga bisa substitusi...ngaco deh tuh bengkel...di nasmoco cilacap, ini termasuk beres bukan?aku udh kirim email ke cs-nya toyota astra sih....biasanya ditanggepin ga?atau ada sarana lain buat ngaduin ini?Turboman wrote:BeRes mana itu om ?iritbensin wrote:Om turbo dan rekan lainnya...mohon pencerahannya...mobil saya vios 2008 matic, td siang service rutin 60rb km di beres, kq oli transmisinya dikasih "cvt fluid tc" ya?aman ga?heran deh...padahal di buku manual pakenya "atf-ws", apa oli ini bisa saling substitusi?
Report ke KaBeng nya dan minta flush / ganti dgn ATF-WS segera
-
- SM Specialist
- Posts: 22080
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04
A3 / B4 selalu update tiap 2 - 3 tahun sekalianel wrote: Kalo mencantumkan Meet ACEA A3/B3 itu berarti sudah pasti standar keluaran tahun yang terakhir ya?
Maksudnya gk mungkin nyantumin standar A3 / B3 tapi masih pake yang tahun lama, padahal sudah ada yang keluaran terbaru...
latest update at 2010
see :
http://origin-qps.onstreammedia.com/ori ... index.html
Cuman biasanya di label oli hanya terulis A3 / B4, gak ditulis yg edisi tahun brp, tapi biar yg keluaran th 2002 juga gak masalah, oli2 lama justru ZDDP nya lebih tinggi drpd oli2 generasi baru
A3 = Gasoline engine non Low SAPS
B4 = Passenger Diesel Direct Injection non low SAPS
Buat di kita oli low SAPS (ACEA Cx) gak cocok karena kadar sulphur solar kita masih sekitar 500 - 1500 ppm & mobil Diesel gak ada mandatory utk pakai exhaust aftertreatment spt DPF / NOx SCR
* Bukan ajakan Beli *
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Sat Dec 07, 2013 5:30
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04
om turbo,
salam kenal saya newbie dari bandung..
Saya rencananya mau ganti oli untuk innova D4D, oli full syntetic yg recomend ada apa aja ya? kalo boleh sarannya..
Q8 exel ? atau Shell helix ultra ?
Selama ini pakai shell hx7 diesel, sekarang mau coba oli full syntetic.
Oo iya sekalian, mau coba test lab oli bekas ... ada info bisa test dimana kalo di bandung?
salam kenal saya newbie dari bandung..
Saya rencananya mau ganti oli untuk innova D4D, oli full syntetic yg recomend ada apa aja ya? kalo boleh sarannya..
Q8 exel ? atau Shell helix ultra ?
Selama ini pakai shell hx7 diesel, sekarang mau coba oli full syntetic.
Oo iya sekalian, mau coba test lab oli bekas ... ada info bisa test dimana kalo di bandung?
-
- SM Specialist
- Posts: 22080
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04
'aloha wrote:om turbo,
salam kenal saya newbie dari bandung..
1. Saya rencananya mau ganti oli untuk innova D4D, oli full syntetic yg recomend ada apa aja ya? kalo boleh sarannya..
Q8 exel ? atau Shell helix ultra ?
Selama ini pakai shell hx7 diesel, sekarang mau coba oli full syntetic.
2. Oo iya sekalian, mau coba test lab oli bekas ... ada info bisa test dimana kalo di bandung?
1. budgetnya brp ?
2. teman2 sy yg dr Bdg aja testnya ke Corelab - Cilandak
Mau test oli apa pak ?
kalau ada oli yg unik, saya bersedia patungan.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Sat Dec 07, 2013 5:30
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04
1. Budget 120-150rb/ literTurboman wrote:'aloha wrote:om turbo,
salam kenal saya newbie dari bandung..
1. Saya rencananya mau ganti oli untuk innova D4D, oli full syntetic yg recomend ada apa aja ya? kalo boleh sarannya..
Q8 exel ? atau Shell helix ultra ?
Selama ini pakai shell hx7 diesel, sekarang mau coba oli full syntetic.
2. Oo iya sekalian, mau coba test lab oli bekas ... ada info bisa test dimana kalo di bandung?
1. budgetnya brp ?
2. teman2 sy yg dr Bdg aja testnya ke Corelab - Cilandak
Mau test oli apa pak ?
kalau ada oli yg unik, saya bersedia patungan.
2. mau test oli shell HX7 diesel dan oli mazda golden eco.
Berapa ya biaya testnya?
dan test ke corelab cilandak itu sample olinya bisa dikirim atau harus langsung ke sana ?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 37
- Joined: Wed Dec 11, 2013 15:40
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04
Report...
Td pagi saya menanyakan perihal "cvt fluid tc" yg dimasukkan ke transmisi mobil saya. dari komunikasi antara saya dengan pihak bengkel kesimpulannya kurang lebih seperti ini; stock atf-ws yg impor langsung dari jepang sangat terbatas karena ada pembatasan kuota impor dari pemerintah, sehingga untuk mengantisipasi adanya permintaan penggantian oli yg menggunakan atf ws, dapat diganti dengan atf dextron VI (sory kl salah eja) saya sudah membaca surat edaran tersebut. Berhubung di pasar stok dextron VI jg terbatas bisa diganti dg "cvt fluid tc" tp untuk yg edaran ini saya belum lihat surat dari TAM (menurut pihak bengkel blm.nemu arsipnya). Mereka mengklaim kl "cvt fluid tc" aman untuk transmisi mobil saya, namun karena hanya penggantian oli transmisi saja (bukan kuras) maka masih ada atf-ws dan cvt fluid tc yg tercampur di transmisi saya..ini yg menurut saya mengkhawatirkan, krn oli dg spesifikasi berbeda tercampur jd satu.
Solusi yg ditawarkan mereka ; mobil saya akan dikuras oli transmisinya menggunakan atf-ws lokal (ada ya?) yg harus pesan diluarkota Sebagai ganti atas cvt fluid yg sudah terlanjur masuk ke transmisi mobil saya..free tanpa biaya tambahan
Doain mobil saya baik2 aja ya...maklum mobil tua udh ga garansi.
Kl ada orang toyota disini...tolong konfirmasikan apakan benar surat edaran tersebut.
Saya senang respon mereka cepat, tp tetap saja saya merasa dirugikan dengan kejadian ini.
Untuk bro n sis SMers tolong perhatikan lg kl service, sedikit kritis mungkin itu lebih baik
Thanks to pak turboman...n SMers lainnya...report lg besok
Td pagi saya menanyakan perihal "cvt fluid tc" yg dimasukkan ke transmisi mobil saya. dari komunikasi antara saya dengan pihak bengkel kesimpulannya kurang lebih seperti ini; stock atf-ws yg impor langsung dari jepang sangat terbatas karena ada pembatasan kuota impor dari pemerintah, sehingga untuk mengantisipasi adanya permintaan penggantian oli yg menggunakan atf ws, dapat diganti dengan atf dextron VI (sory kl salah eja) saya sudah membaca surat edaran tersebut. Berhubung di pasar stok dextron VI jg terbatas bisa diganti dg "cvt fluid tc" tp untuk yg edaran ini saya belum lihat surat dari TAM (menurut pihak bengkel blm.nemu arsipnya). Mereka mengklaim kl "cvt fluid tc" aman untuk transmisi mobil saya, namun karena hanya penggantian oli transmisi saja (bukan kuras) maka masih ada atf-ws dan cvt fluid tc yg tercampur di transmisi saya..ini yg menurut saya mengkhawatirkan, krn oli dg spesifikasi berbeda tercampur jd satu.
Solusi yg ditawarkan mereka ; mobil saya akan dikuras oli transmisinya menggunakan atf-ws lokal (ada ya?) yg harus pesan diluarkota Sebagai ganti atas cvt fluid yg sudah terlanjur masuk ke transmisi mobil saya..free tanpa biaya tambahan
Doain mobil saya baik2 aja ya...maklum mobil tua udh ga garansi.
Kl ada orang toyota disini...tolong konfirmasikan apakan benar surat edaran tersebut.
Saya senang respon mereka cepat, tp tetap saja saya merasa dirugikan dengan kejadian ini.
Untuk bro n sis SMers tolong perhatikan lg kl service, sedikit kritis mungkin itu lebih baik
Thanks to pak turboman...n SMers lainnya...report lg besok
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04
Stock terbatas? Atau stock habis? Kok sampai dipaksa pakai cvtf?iritbensin wrote:Report...
Td pagi saya menanyakan perihal "cvt fluid tc" yg dimasukkan ke transmisi mobil saya. dari komunikasi antara saya dengan pihak bengkel kesimpulannya kurang lebih seperti ini; stock atf-ws yg impor langsung dari jepang sangat terbatas karena ada pembatasan kuota impor dari pemerintah, sehingga untuk mengantisipasi adanya permintaan penggantian oli yg menggunakan atf ws, dapat diganti dengan atf dextron VI (sory kl salah eja) saya sudah membaca surat edaran tersebut. Berhubung di pasar stok dextron VI jg terbatas bisa diganti dg "cvt fluid tc" tp untuk yg edaran ini saya belum lihat surat dari TAM (menurut pihak bengkel blm.nemu arsipnya). Mereka mengklaim kl "cvt fluid tc" aman untuk transmisi mobil saya, namun karena hanya penggantian oli transmisi saja (bukan kuras) maka masih ada atf-ws dan cvt fluid tc yg tercampur di transmisi saya..ini yg menurut saya mengkhawatirkan, krn oli dg spesifikasi berbeda tercampur jd satu.
Solusi yg ditawarkan mereka ; mobil saya akan dikuras oli transmisinya menggunakan atf-ws lokal (ada ya?) yg harus pesan diluarkota Sebagai ganti atas cvt fluid yg sudah terlanjur masuk ke transmisi mobil saya..free tanpa biaya tambahan
Doain mobil saya baik2 aja ya...maklum mobil tua udh ga garansi.
Kl ada orang toyota disini...tolong konfirmasikan apakan benar surat edaran tersebut.
Saya senang respon mereka cepat, tp tetap saja saya merasa dirugikan dengan kejadian ini.
Untuk bro n sis SMers tolong perhatikan lg kl service, sedikit kritis mungkin itu lebih baik
Thanks to pak turboman...n SMers lainnya...report lg besok
Btw, lokasi BeRes kota mana pak?
Sekitar sebulan lalu, di pinggiran kota kecil (Semarang), saya mampir ke salah satu gerai shop n drive, beli air aki
Saya lihat disitu ada stock beberapa kaleng ATF T-IV dan ATF-WS, kemasan kaleng 2L, Made In Japan
Jadi agak aneh kalau BeRes sampai kehabisan

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking