kayaknya gak sesederhana itu om zwei.. soalnya rasio kompresi antara DID dan DID+ berbeda.. bisa dilihat di spek mesinnya. dari sini dugaan ane, kalo boost injection dan turbo ditinggiin.. cmiiw..zweifellos wrote:quick reply : itu dia om. kalo emang beneran, PS bisa digituin juga dong. apalagi kalo bisa dibuat switch on-off gitu, kalo butuh tambahan power, tinggal pencet on. jadi biar tetap ga boros gitu. hehehemaskopat wrote:nanti kita cari lagi yah.. mantap dong kalo gitu, 4D56 masih bisa dipush untuk tenaga dan torsi yang lebih besar..
About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
iya om, saya dapat di situ dan ga ada penjelasannya. hanya disebutkan ada versi baru yaitu 2.5 DI-D+ punya power dan torsi yang lebih besar dari versi biasa (2.5 DI-D biasa). Di situ cuman dibahas tentang ini L200 ramah lingkungan dan ramah kantong (karena ada opsi transmisi automatis 4-speed). Sayang, sama sekali ga disebutin penjelesan lebih lanjut tentang DI-D+ ini. Mesti cek-cek lagi nih apa 2.5 DI-D+ ini memang versi baru L200 atau cuman 'kerjaannya' Mitsubishi sana yang ngutak-atik itu DI-D bisa jadi DI-D+.gmx wrote:^^mungkin di webnya ada penjelasannya om mengenai 2.5 DI-D+ itu tapi pake bahasa jerman, ngga ngerti
ada yang ngerti ngga?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
wakakaka iya om, itu postingan saya sebelumnya cuman harapan orang awam yang ga ngerti masalah ginian.maskopat wrote:kayaknya gak sesederhana itu om zwei.. soalnya rasio kompresi antara DID dan DID+ berbeda.. bisa dilihat di spek mesinnya. dari sini dugaan ane, kalo boost injection dan turbo ditinggiin.. cmiiw..zweifellos wrote:quick reply : itu dia om. kalo emang beneran, PS bisa digituin juga dong. apalagi kalo bisa dibuat switch on-off gitu, kalo butuh tambahan power, tinggal pencet on. jadi biar tetap ga boros gitu. hehehemaskopat wrote:nanti kita cari lagi yah.. mantap dong kalo gitu, 4D56 masih bisa dipush untuk tenaga dan torsi yang lebih besar..
intinya saya penasaran aja apa L200 dan PS di Indo bisa 'diubah' jadi DI-D+. Kan lumayan bgt tuh penambahannya (power dan torsinya).
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
Jadi perubahan yang ada pada DI-D+ dibanding DI-D biasa (saya bandingin L200 Double Cabin Intense):
- rasio kompresi jadi 16,5 : 1 (sebelumnya 17,5 : 1)
- akselerasi 100 km/j : 11,6 s (sebelumnya 15,0 s)
- kecepatan maksimum : sekitar 179 km/j (sebelumnya sekitar 167 km/j)
- berat kosong :1965-2095 kg (sebelumya 1955-2085 kg)
- berat isi : 755-885 kg (sebelumnya 765-895 kg)
- emisi CO2 : 228 g/km (sebelumnya 227 g/km)
- penggunaan bahan bakar (luar kota) : 7,5 l/100 km (sebelumnya 7,3 l/100km) *
- penggunaan bahan bakar (dalam kota): 10,6 l/100 km (sebelumnya 10,8 l/100 km *
- penggunaan bahan bakar (kombinasi) 8,6 l/100 km (sebelumnya 8,6 l/100 km) *
* ada tulisan (1999 / 100 / EG) setelah kata 'penggunaan bahan bakar'. sepertinya ini bagian dari European Community Directive.
- rasio kompresi jadi 16,5 : 1 (sebelumnya 17,5 : 1)
- akselerasi 100 km/j : 11,6 s (sebelumnya 15,0 s)
- kecepatan maksimum : sekitar 179 km/j (sebelumnya sekitar 167 km/j)
- berat kosong :1965-2095 kg (sebelumya 1955-2085 kg)
- berat isi : 755-885 kg (sebelumnya 765-895 kg)
- emisi CO2 : 228 g/km (sebelumnya 227 g/km)
- penggunaan bahan bakar (luar kota) : 7,5 l/100 km (sebelumnya 7,3 l/100km) *
- penggunaan bahan bakar (dalam kota): 10,6 l/100 km (sebelumnya 10,8 l/100 km *
- penggunaan bahan bakar (kombinasi) 8,6 l/100 km (sebelumnya 8,6 l/100 km) *
* ada tulisan (1999 / 100 / EG) setelah kata 'penggunaan bahan bakar'. sepertinya ini bagian dari European Community Directive.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
bisa om, seperti dulu tahun 93 ada eterna lemans, tapi ngubahnyanya biayanya 50jt sendiri.. 50jt pada tahun itu...zweifellos wrote:
intinya saya penasaran aja apa L200 dan PS di Indo bisa 'diubah' jadi DI-D+. Kan lumayan bgt tuh penambahannya (power dan torsinya).

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
50 jt taun itu udah sekitar 200 juta sekarang...gmx wrote:bisa om, seperti dulu tahun 93 ada eterna lemans, tapi ngubahnyanya biayanya 50jt sendiri.. 50jt pada tahun itu...zweifellos wrote:
intinya saya penasaran aja apa L200 dan PS di Indo bisa 'diubah' jadi DI-D+. Kan lumayan bgt tuh penambahannya (power dan torsinya).
alamak jang

No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
om dal masih monitor?
om dal pernah denger ga free wheel hub/freelock Aisin buat pajero gen 2? kalo ada, gw mau dah.. lumayan buat irit2 BBM, kali aja bisa 1:12 hahaha..

kalo dari http://www.aisinaftermarket.jp/en/tooll ... 1HQ-19.pdf, product numbernya MB160940 ata MB886389.. baca2 katanya sama dengan punya triton?
om dal pernah denger ga free wheel hub/freelock Aisin buat pajero gen 2? kalo ada, gw mau dah.. lumayan buat irit2 BBM, kali aja bisa 1:12 hahaha..
kalo dari http://www.aisinaftermarket.jp/en/tooll ... 1HQ-19.pdf, product numbernya MB160940 ata MB886389.. baca2 katanya sama dengan punya triton?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
^^ I still watching u.......hehehehe......
Itu kamsudnya parts replacement atau ori nya mitsu om? Kalo ori mitsu mudah2an ane bisa bantu....tapi kalo replacement atau tambahan ane mesti nanya ke master aisin dulu
Paling telat besok om gmx pasti dah dapet jawaban nya......
Itu kamsudnya parts replacement atau ori nya mitsu om? Kalo ori mitsu mudah2an ane bisa bantu....tapi kalo replacement atau tambahan ane mesti nanya ke master aisin dulu

Paling telat besok om gmx pasti dah dapet jawaban nya......

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
^^
emang beda kalo orang dalem nya atpm2 bagian spare part kalo uda turun tangan... 1 hari kelar cuy... urusan bank aja kadang bisa ampe 3 hari...

emang beda kalo orang dalem nya atpm2 bagian spare part kalo uda turun tangan... 1 hari kelar cuy... urusan bank aja kadang bisa ampe 3 hari...


numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
mandala1 wrote:^^ I still watching u.......hehehehe......
Itu kamsudnya parts replacement atau ori nya mitsu om? Kalo ori mitsu mudah2an ane bisa bantu....tapi kalo replacement atau tambahan ane mesti nanya ke master aisin dulu
Paling telat besok om gmx pasti dah dapet jawaban nya......
Justru itulah...ayo kita dukung meneer mandala supaya cepet2 jadi affiliate di SM, supaya urusan jauh lebih cepatDOHC wrote:^^
emang beda kalo orang dalem nya atpm2 bagian spare part kalo uda turun tangan... 1 hari kelar cuy... urusan bank aja kadang bisa ampe 3 hari...![]()


...........................

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
^^
Maklum lah bro......namanya juga sales.... wakakaka......
Maklum lah bro......namanya juga sales.... wakakaka......

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
ayoo... lebih cepat lebih baik... lanjutkennn..imsus2c wrote:mandala1 wrote:^^ I still watching u.......hehehehe......
Itu kamsudnya parts replacement atau ori nya mitsu om? Kalo ori mitsu mudah2an ane bisa bantu....tapi kalo replacement atau tambahan ane mesti nanya ke master aisin dulu
Paling telat besok om gmx pasti dah dapet jawaban nya......Justru itulah...ayo kita dukung meneer mandala supaya cepet2 jadi affiliate di SM, supaya urusan jauh lebih cepatDOHC wrote:^^
emang beda kalo orang dalem nya atpm2 bagian spare part kalo uda turun tangan... 1 hari kelar cuy... urusan bank aja kadang bisa ampe 3 hari...![]()
![]()
![]()
...........................
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
^^^
Setuju.....siapp....
pilihannya cuman 2.... jadi affiliate atau jadi moderator.......
Setuju.....siapp....
pilihannya cuman 2.... jadi affiliate atau jadi moderator.......

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
^^
betul, dan ga bole ada putaran ke dua yah...
btw, ntuh sparepart yg bro gmx maksud itu buat apa yah guna nya ??
betul, dan ga bole ada putaran ke dua yah...
btw, ntuh sparepart yg bro gmx maksud itu buat apa yah guna nya ??
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
enakan jadi ooters......imsus2c wrote:^^^
Setuju.....siapp....
pilihannya cuman 2.... jadi affiliate atau jadi moderator.......




-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
makasih om dal
aftermarket itu om, di mobil standardnya ga ada..

aftermarket itu om, di mobil standardnya ga ada..
ini omDOHC wrote:^^
betul, dan ga bole ada putaran ke dua yah...
btw, ntuh sparepart yg bro gmx maksud itu buat apa yah guna nya ??
Freelock
Bentuk umum Freelock
Nama lengkap dari alat ini adalah Free Wheel Hub. Dari namanya kita bisa mengambil kesimpulan awal adalah alat untuk melepas hub roda. Free Wheel Hub atau yang lebih tenar dengan nama Free Lock (diambil dari tulisan yang tertera pada face plate benda tersebut) berguna untuk ‘mengisolasi’ as roda dari gerakan hub roda yang berputar bersamaan dengan berputarnya roda kendaraan. Mengapa as roda harus diisolasi dari gerakan hub roda? As roda yang ikut berputar akan mengakibatkan bertambahnya benda yang bergerak seiring jalannya roda, yang mana sedikit banyak hal ini akan berpengaruh pada konsumsi BBM dan panjangnya umur as roda itu sendiri. Dengan mengisolasi gerakan hub roda dari as roda juga berakibat umur telapak ban sedikit lebih awet, dikarenakan roda berputar dengan beban yang lebih ringan sehingga dapat lebih bebas bergerak dan antara poros kiri dan poros kanan benar benar terputus hubungannya.
Di dalam freelock terdapat 2 buah gigi, gigi yang pertama (gigi A) menempel pada body freelock, sedangkan gigi yang kedua (gigi B) berada di dalam gigi yang pertama dan bagian dalamnya menempel pada as roda. Pada posisi “Freeâ€Â, gigi A terpisah dari gigi B, Gigi A didorong oleh sebuah per agar kedua gigi tersebut tidak berhubungan (gigi A terdorong mendekati face plate). Ketika freelock dipindah ke posisi “Lockâ€Â, face plate dari freelock mendorong gigi A kebawah sehingga gigi B berada di dalam gigi A. Dengan terhubungnya gigi A dan gigi B, bodi Freelock yang menempel pada hub roda terhubung dengan as roda sehingga poros roda depan dapat diputar oleh as roda depan ketika posisi transfercase dipindahkan ke 4H atau 4L.
mekanisme
Freelock sendiri memiliki 2 macam, yaitu freelock manual dan freelock automatic. Cara kerja kedua tipe ini sama, hanya metode pengunciannya saja yang berbeda. Untuk freelock manual, posisi “Lock†dan “Free†dapat dipindah dengan cara memutar tuas pada face plate Freelocknya, tentunya sebelum mengaktifkan sistem gerak 4 roda, freelock tersebut harus diaktifkan terlebih dahulu. Untuk freelock automatic (selanjutnya disebut freelock matik), penguncian dilakukan oleh alat yang dapat mendeteksi adanya torsi yang tersalur pada as roda depan. Ketika gerak 4 roda diaktifkan, as roda depan akan berputar dan menimbulkan gaya torsi. Gaya inilah yang ditangkap oleh sensor freelock matik terebut sehingga langsung menurunkan gigi A sehingga posisi gigi B berada di dalam gigi A. Untuk menonfungsikan freelock tersebut, pindahkan tuas transfercase ke posisi 2H, lalu mundurkan mobil beberapa meter, otomatis freelock tersebut akan berpindah ke posisi “Freeâ€Â. Kerugian dari freelock matik ini, ketika kendaraan melalui jalan turunan panjang yang terjal, ketika torsi pada as roda depan hilang karena posisi pedal gas diangkat, sensor torsi tidak dapat mendeteksi adanya torsi pada roda depan sehingga dapat tiba tiba melepas kuncian pada hub roda depan, tentunya hal ini berbahaya karena pada traksi pada roda depan bisa hilang dengan tiba tiba. Untuk menyiasatinya, ketika melalui turunan model tersebut, mobil tetap harus di gas sedikit agar sensor freelock dapat tetap mendeteksi torsi pada as roda depan.
Selain yang memiliki sensor torsi ini, ada lagi jenis Freelock pneumatik, yaitu operasi penguncian dan pelepasannya mengandalkan tiupan angin yang dihasilkan oleh sebuah katup pneumatik. Ketika tuas transfercase dipindah ke posisi 4H atau 4L, sebuah switch yang terhubung dengan katup pneumatik tersebut membuka katup tersebut dan tiupan udara akan tersalur pada freelock dan mendorong gigi A untuk terhubung dengan gigi B.
Selain jenis jenis diatas, ada lagi alat yang fungsinya mirip dengan Freelock, yaitu ADD (Automatic Disconnecting Differential). Alat tersebut berada diantara as roda dengan differensial gardan depan. Di dalam alat tersebut terdapat sebuah sleeve yang bisa bergeser sesuai dengan perintah dari tuas transfercase. Ketika tuas transfercase dipindah ke posisi 4H dan 4L, sebuah switch akan memberikan perintah kepada katup pneumatik untuk membuka dan meniupkan udara untuk menggeser sleeve di dalam ADD sehingga as roda depan tersambung dengan sistem diferensial depan dan as roda depan dapat berputar sesuai dengan putaran gigi diferensial.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
makanya, cocok banget jadi momod kan om???DOHC wrote:^^
emang beda kalo orang dalem nya atpm2 bagian spare part kalo uda turun tangan... 1 hari kelar cuy... urusan bank aja kadang bisa ampe 3 hari...![]()
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
makasih om dal.. kirain pajero ngga ada free wheel hub-nya, ternyata KTB juga nyediain ya.. lumayan mudah2an bisa ngirit BBM 

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 142
- Joined: Mon Apr 24, 2006 9:08
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
wah seru nih tret pajero disini
numpang baca2 dulu ya om
sekalian memperkenalkan diri
.... tp .... saya nggak punya pajero
numpang baca2 dulu ya om
sekalian memperkenalkan diri

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 76
- Joined: Tue Jul 14, 2009 0:46
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
brosgmx wrote:makasih om dal.. kirain pajero ngga ada free wheel hub-nya, ternyata KTB juga nyediain ya.. lumayan mudah2an bisa ngirit BBM
gimana kalo besok pagi, kita ngumpul lg di poncab
jam 8.30
main dikit, sesi pemotretan, dan silaturahmi jelang ramadhan
gimana
gmx ? micko ? maskopat ? sting ? mandala ? pak ramli ? welly fortie ?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
ane gak dulu deh.. jadi supir pribadi soalnye..hendra pajero wrote:brosgmx wrote:makasih om dal.. kirain pajero ngga ada free wheel hub-nya, ternyata KTB juga nyediain ya.. lumayan mudah2an bisa ngirit BBM
gimana kalo besok pagi, kita ngumpul lg di poncab
jam 8.30
main dikit, sesi pemotretan, dan silaturahmi jelang ramadhan
gimana
gmx ? micko ? maskopat ? sting ? mandala ? pak ramli ? welly fortie ?


Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
^^ane juga.....belom bisa hadir, sabtu2 gini masih banyak gawean.... 

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
@ bro gmx : thx ilmu nya bro... mantap... ngerti ane skrg...
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
affiliate akan diluluskan kalo mandala bersedia jadi momod dulu... makanya coba kita dukung vote for mandala...imsus2c wrote:mandala1 wrote:^^ I still watching u.......hehehehe......
Itu kamsudnya parts replacement atau ori nya mitsu om? Kalo ori mitsu mudah2an ane bisa bantu....tapi kalo replacement atau tambahan ane mesti nanya ke master aisin dulu
Paling telat besok om gmx pasti dah dapet jawaban nya......Justru itulah...ayo kita dukung meneer mandala supaya cepet2 jadi affiliate di SM, supaya urusan jauh lebih cepatDOHC wrote:^^
emang beda kalo orang dalem nya atpm2 bagian spare part kalo uda turun tangan... 1 hari kelar cuy... urusan bank aja kadang bisa ampe 3 hari...![]()
![]()
![]()
...........................

