biembiru wrote:Salam buat senior2, gue baru join di forum ini ternyata seru juga ngebahas otomotif khususnya TOP speed. Pengalaman gue sekedar hanya untuk mencoba TOP speed, bukan untuk kebut2an:
Mitsubishi Lancer GLXi CB4 SOHC 1600cc 4 cyl inline 16 valve tahun 1994
Mesin standar, velg alloy R17, ban Goodyear F1, 190km/h di Jagorawi dekat Cibinong.
Mitsubishi Lancer GTi CB5 DOHC 1800cc 4 cyl inline 16 valve tahun 1996
Mesin standar, velg alloy standar R14, ban Bridgestone Potenza RE 711, bbm pertamax plus, 200km/h di Jagorawi. Penumpang 2.
BMW 318i E36 M40 SOHC 1800cc 4 cyl inline 8 valve tahun 1993
Mesin standar, velg kaleng standar R15, ban Bridgestone Regno 325, bbm premium, top speed 180km/h di Tol Merak, juga di Jagorawi, mobil ini payah banget, stabil tapi kecepatan dah mentok. Penumpang 4.
BMW 323i E36 M52 DOHC 2500cc 6 cyl inline 24 valve tahun 1996
Mesin standar, velg alloy standard R16, bbm pertamax plus, 220km/h di Jagorawi dekat Cibubur, gigi 4 rpm 6000 lebih dikit. Udah coba 2 kali. Rencananya mo dimentokin sampe 240km/h tapi keburu banyak mobil di depan. Stabil. Penumpang 2.
Kasian kalo mobil keseringan dipaksa sampe 200km/h (baca RPM tinggi), mesinnya bisa cepat rontok.
Normalnya gue di tol sekitar 80-100 km/h
Top speed dari mobil bisa dihitung dari rpm, rasio gigi dan final gear dan ukuran ban yang digunakan. Jadi bisa ketahuan boong atau jujur.
Oh ya spec bm itu benar apa adanya, coba aja ikuti forum2 bm di luar.

)