Setelah panjang lebar reviewnya... gw pengen tau nih kesimpulan dari bos ichsan... dg harga segitu dg segala kelebihan dan kekurangannya yg bejibun .. GL wothed ga sih dibeli sbg family car MPV?ichsan_n wrote:hmm.. gw jg masih bingung.. ini yang buat sakit pinggang apa mungkin karena posisi pedal gas dan rem agak nyamping ke kanan sedangkan posisi tempat dudukanya agak lebih ke kiri kali yah. dan posisi stir jg agak nanggung tingginya walaupun sudah distell sampai bawah habis.. better rendahan dikit mungkin lumayan. kalo dibangku ke 3 sih sudah pasti karena mereka duduknya pada serong karena kakinya pada panjang. Selain itu jg 2 temen gw dan gw jg mengalami gejala sama di jari tengah kakinya.. kesemutan! karena kita pada telanjang kaki pas nyetir dan memang pedal gas livina ini agak2 bergetar. But so far unit yang gw terima sih ngga ada problem selain bau kampas rem itu aja. mungkin karena masih baru.
dion wrote:gue salut sm elu bro, OBJECTIVES..OBJECTIVES...OBJECTIVES
meski mobil sendiri tapi enggak sok menghibur diri sendiri.
btw, posisi miring yg bikin encok itu apa karena stir agak kurang center/agak kekiri?
Yg udah dapet Livina absen disiniii.........
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 228
- Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31
mnrt gue livina worth bgt, cuma ya itu.... penjualnya ga bisa dipegang mulutnya. Janji doang muluk. Memang gue akui utk mobil segitu, deh bagus hargganya dan brgnya
kalo soal jalan jauh, dimana2 enak bawa supir dan penumpang tdk banyak. Kalo bawa penumpang bangku terisi semua, sebesar apapun mobilnya ttp cape, kecuali di mobil bisa tiduran...mobilnya mo panjang ampe gimane? apalagi di situasi ini, penumpangnya semua rata2 tingginya 170-180cm. itu sih deh pasti sempit di livina, krn emang pada dasarnya ga cocok penumpang gituan naek livina, hrsnya naek harrier/alphard.
bisa bayangin ade rai naek jazz? ga cocok kan? kan ga masuk akal jg kalo aderai bilang jazz sempit, badan pegel....wong dimasukinnya penumpang kaya babon
kalo soal jalan jauh, dimana2 enak bawa supir dan penumpang tdk banyak. Kalo bawa penumpang bangku terisi semua, sebesar apapun mobilnya ttp cape, kecuali di mobil bisa tiduran...mobilnya mo panjang ampe gimane? apalagi di situasi ini, penumpangnya semua rata2 tingginya 170-180cm. itu sih deh pasti sempit di livina, krn emang pada dasarnya ga cocok penumpang gituan naek livina, hrsnya naek harrier/alphard.
bisa bayangin ade rai naek jazz? ga cocok kan? kan ga masuk akal jg kalo aderai bilang jazz sempit, badan pegel....wong dimasukinnya penumpang kaya babon
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
Honest nih?! ini kita bicara dalam konteksnya gw aja yah. so tidak mewakili orang banyak loh.
kalo bicara masalah harga, ini tergantung. masing2 orang punya persepsi antara uang dan kualitas yang diinginkan. Memang dengan 156-170 dapet mobil interior bagus, hening, bantingan ok, and okelah 6 speed. tapi kalo konteksnya (dalam konteks gw) elu pergi rame2, dan pas keluar pinggang pada encok semua karena ditanjakan ngga kuat so harus dikosongin dulu.. gw rasa, even 6 speed livina dengan fitur standartnya pake full car entertainment pun sudah ngga menghibur hati lagi. Kita jalan jauh nyari mobil nyaman baik pelan maupun kencang dan bisa all terain (bukan jalan tol yang lurus dan tidak nanjak doank) setidaknya (namanya jg jalan jauh). dan livina 1.5AT ini, so far penilaian gw hanya cukup untuk dalam kota dengan jumlah penumpang 4 atau 5 maksimal dengan anak kecil. tapi bro, gw beli ini mobil memang peruntukkannya lebih banyak untuk dalam kota. untuk luar kota, gw sih masih nyaman pake CRV.. jakarta-pekalongan 7 jam nonstop dan tanpa sakit pinggang plus FC yang masih katagori oke lah buat mesin 2000cc sama bawa barang bawaan bejibun (1:11 oke donk?).
dg harga segitu dg segala kelebihan dan kekurangannya yg bejibun .. GL wothed ga sih dibeli sbg family car MPV?
??
Oke ini kan elu bicara konteksnya kalo saat ini budget elu cuman punya 156-170 juta dan ingin 7 seater gimana?! iya kan max hehehe? kalau misalnya memang ini mobil ternyata bener boros, loyo ditanjakan, and buat pinggang sakit.. no, livina ngga worthed! tahu gini gw better ambil kijang innova/stream. karena :
1. bensin sama aja bedanya cuman sesendok! kalo kata yamaha. FC 1:7-8 untuk innova dan 1:8-10 buat livina/stream untuk dalam kota.. sedang untuk luar kota innova jg bisa 1:9-10 (stream lebih irit lah), livina 1.5 AT 1:11-12 tapi di innova elu dapet 3row yang lega dan posisi nyetir yang enak serta fitur yang lebih baik. dan yang penting, anak istri di 2nd row bisa tidur pulass dikabin yang lapang, sama pembantu di 3row bisa bisa tetep senyum tanpa sakit tulang. Interior? gw rasa yang lain jg setuju kalo innova lebih mewah lah wong beda harga jg toh (beda tipis sih). sedang untuk stream, lebih cocok buat keluarga kecil seperti gw yagn memang 3row kan berfungsi sebagai extrabagasi. cuman di second row livina masih kalah lah.
2. Intinya untuk keperluan kombinasi luar dan dalam kota, untuk kasus gw ini, persepsi gw masih belum beranjak kalo beli mobil MPV itu sudahlah honda atau toyota saja. memang di downgrade, tapi mengenai performa mesin maupun kenyamanan (buat indo loh yah), Honda dan toyota masih masuk di struktur tulang gw. (gw belum coba xtrail loh yah). ingat, gimanapun livina ini masih butuh longterm tes. diatas kertas bolehlah hitung2an matematiknya oke, tapi ini jakarta bung. dan jalanan lebih keras daripada kertas euy.
Mengenai konsumsi bensin, gw rasa setelah lewat masa ingreyen baru gw bisa dapet angka yang lebih reliable. tapi kalau nantinya irit, ini adalah point plus. gimana max?
kalo bicara masalah harga, ini tergantung. masing2 orang punya persepsi antara uang dan kualitas yang diinginkan. Memang dengan 156-170 dapet mobil interior bagus, hening, bantingan ok, and okelah 6 speed. tapi kalo konteksnya (dalam konteks gw) elu pergi rame2, dan pas keluar pinggang pada encok semua karena ditanjakan ngga kuat so harus dikosongin dulu.. gw rasa, even 6 speed livina dengan fitur standartnya pake full car entertainment pun sudah ngga menghibur hati lagi. Kita jalan jauh nyari mobil nyaman baik pelan maupun kencang dan bisa all terain (bukan jalan tol yang lurus dan tidak nanjak doank) setidaknya (namanya jg jalan jauh). dan livina 1.5AT ini, so far penilaian gw hanya cukup untuk dalam kota dengan jumlah penumpang 4 atau 5 maksimal dengan anak kecil. tapi bro, gw beli ini mobil memang peruntukkannya lebih banyak untuk dalam kota. untuk luar kota, gw sih masih nyaman pake CRV.. jakarta-pekalongan 7 jam nonstop dan tanpa sakit pinggang plus FC yang masih katagori oke lah buat mesin 2000cc sama bawa barang bawaan bejibun (1:11 oke donk?).
dg harga segitu dg segala kelebihan dan kekurangannya yg bejibun .. GL wothed ga sih dibeli sbg family car MPV?
Oke ini kan elu bicara konteksnya kalo saat ini budget elu cuman punya 156-170 juta dan ingin 7 seater gimana?! iya kan max hehehe? kalau misalnya memang ini mobil ternyata bener boros, loyo ditanjakan, and buat pinggang sakit.. no, livina ngga worthed! tahu gini gw better ambil kijang innova/stream. karena :
1. bensin sama aja bedanya cuman sesendok! kalo kata yamaha. FC 1:7-8 untuk innova dan 1:8-10 buat livina/stream untuk dalam kota.. sedang untuk luar kota innova jg bisa 1:9-10 (stream lebih irit lah), livina 1.5 AT 1:11-12 tapi di innova elu dapet 3row yang lega dan posisi nyetir yang enak serta fitur yang lebih baik. dan yang penting, anak istri di 2nd row bisa tidur pulass dikabin yang lapang, sama pembantu di 3row bisa bisa tetep senyum tanpa sakit tulang. Interior? gw rasa yang lain jg setuju kalo innova lebih mewah lah wong beda harga jg toh (beda tipis sih). sedang untuk stream, lebih cocok buat keluarga kecil seperti gw yagn memang 3row kan berfungsi sebagai extrabagasi. cuman di second row livina masih kalah lah.
2. Intinya untuk keperluan kombinasi luar dan dalam kota, untuk kasus gw ini, persepsi gw masih belum beranjak kalo beli mobil MPV itu sudahlah honda atau toyota saja. memang di downgrade, tapi mengenai performa mesin maupun kenyamanan (buat indo loh yah), Honda dan toyota masih masuk di struktur tulang gw. (gw belum coba xtrail loh yah). ingat, gimanapun livina ini masih butuh longterm tes. diatas kertas bolehlah hitung2an matematiknya oke, tapi ini jakarta bung. dan jalanan lebih keras daripada kertas euy.
Mengenai konsumsi bensin, gw rasa setelah lewat masa ingreyen baru gw bisa dapet angka yang lebih reliable. tapi kalau nantinya irit, ini adalah point plus. gimana max?
maxx wrote:Setelah panjang lebar reviewnya... gw pengen tau nih kesimpulan dari bos ichsan... dg harga segitu dg segala kelebihan dan kekurangannya yg bejibun .. GL wothed ga sih dibeli sbg family car MPV?ichsan_n wrote:hmm.. gw jg masih bingung.. ini yang buat sakit pinggang apa mungkin karena posisi pedal gas dan rem agak nyamping ke kanan sedangkan posisi tempat dudukanya agak lebih ke kiri kali yah. dan posisi stir jg agak nanggung tingginya walaupun sudah distell sampai bawah habis.. better rendahan dikit mungkin lumayan. kalo dibangku ke 3 sih sudah pasti karena mereka duduknya pada serong karena kakinya pada panjang. Selain itu jg 2 temen gw dan gw jg mengalami gejala sama di jari tengah kakinya.. kesemutan! karena kita pada telanjang kaki pas nyetir dan memang pedal gas livina ini agak2 bergetar. But so far unit yang gw terima sih ngga ada problem selain bau kampas rem itu aja. mungkin karena masih baru.
dion wrote:gue salut sm elu bro, OBJECTIVES..OBJECTIVES...OBJECTIVES
meski mobil sendiri tapi enggak sok menghibur diri sendiri.
btw, posisi miring yg bikin encok itu apa karena stir agak kurang center/agak kekiri?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
Hahahah.. dulu gw jg bilang gitu bro waktu nunggu.. ihihihihih.. nahh itu lah masalahnya, gw dulu miss disitu. size does matter ternyata!
HasanFenny wrote:mnrt gue livina worth bgt, cuma ya itu.... penjualnya ga bisa dipegang mulutnya. Janji doang muluk. Memang gue akui utk mobil segitu, deh bagus hargganya dan brgnya
kalo soal jalan jauh, dimana2 enak bawa supir dan penumpang tdk banyak. Kalo bawa penumpang bangku terisi semua, sebesar apapun mobilnya ttp cape, kecuali di mobil bisa tiduran...mobilnya mo panjang ampe gimane? apalagi di situasi ini, penumpangnya semua rata2 tingginya 170-180cm. itu sih deh pasti sempit di livina, krn emang pada dasarnya ga cocok penumpang gituan naek livina, hrsnya naek harrier/alphard.
bisa bayangin ade rai naek jazz? ga cocok kan? kan ga masuk akal jg kalo aderai bilang jazz sempit, badan pegel....wong dimasukinnya penumpang kaya babon
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 69
- Joined: Thu Apr 26, 2007 4:20
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
well dont know.. but 4 of my friends told me the same buat dalam kota kondisi macet jadi agak boros.. tapi gini lah pak jhon.. ambil konteks nya jazz.. dengan driving style normal ala macet jakarta apakah konsumsi jauh beda? karena nyatanya mau saya, temen saya, tetangga saya bahkan opini publik pun sudah banyak bilang kalo jazz itu bensinya 1:10-11 untuk dalam kota... so bisa dibilang punya tingkat FC yang ngga jauh beda terlepas dari driving style, karena setiap mesin itu punya karakteristik "boros/irit maksimal" sepertinya. jadi kalo rata2 orang yang pake CRV itu FC rata2nya 1 : 9-10 yahh mungkin.. dipake saya sama temen2 saya bisa 1:5 hhehehhehe kidding.. atau kalo motor ambil nouvo, seboros2nya nouvo itu yah 1:28an.. dibawah itu artiya dia pake mesin mobil! atau di bore-up (naik CC). so mesin 1.5 pun saya rasa pun punya boros/irit maksimal seharusnya yang ngga bakalan sama dengan mesin 1.8.. kecuali itu mesin ngga beres lo yah. gini lah, borosan mana harrier 2.4G dengan CRV 2.0? cuman beda 400cc loh.. atau masa lebih irit 1.8 ternyata dibanding 1.5 untuk dalam kota?
btw 1:14 itu luar kota atau dalam kota yah? dengan isi berapa orang dengan berat
& tinggi berapa pak jhon?
btw 1:14 itu luar kota atau dalam kota yah? dengan isi berapa orang dengan berat
& tinggi berapa pak jhon?
johnlegend wrote:tp livina saya kok irit banget ya? 1:14 masuk lho.. *km kurang dari 1000*
rute sama.. CRV saya minum 1:9-10..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
bro maxx STNK ku cuma 3 hari loh udah jadi. BTW selamet yah hehehe.. mau puas tidak puas.. yang penting.. sama2 cape nunggu.. kekekekek
maxhari wrote:Sesuai saran para suhu sekalian, akhirnya saya minta kirim unitnya duluan. Hari Sabtu 18 Agustus kemarin unit sudah sampai di rumah.
Akhirnya nyampe juga GL di garasi (setelah menunggu lebih dari 4 bulan)....walaupun STNK belum jadi...so baru diliat-liat deh..
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Bos ichsan.. ini sdh gw post di thread sebelah.. tp gw post lagi disini agar dapat bisa jadi masukan dan membuka wawasan bagi kita semua.
he he he... yg gw yakin sih kaki lo gemesan u/ injek pedal gas saat stop and go dalkot . he he he.. .gw udah pernah jelasin.. bila pada kondisi stop and go saat lo bejek tuh TBW si ECU baru selesai siapkan campuran "kaya" lo udah injek rem lagi, alhasil campuran "kaya" yg sudah disiapkan u/ tingkatin power mesin jadi terbuang percuma.. ya ujung2nya boros deh.
Dari info2 yg disharing dimilis rata2 u/ GL 1.5 dalkot 1:10-12 dan luar kota :14-16, dan kalo GL 1.8 dalkot 1:9-11 luar kota 1:12-14.
Yg gw rasain waktu TD juga gitu tuh... GL 1.5 pada RPM +/- dibawah 3000 agak lemot yg kondisinya mungkin ditujukan u/ jalan nglosor dalam kota, kalo bisa ngikutin nglosor pasti irit. .. makanya gw ambil yg 1.8MT 6Speed .. yg serasa lebih penuh tenaga disemua tingkatan RPM
Ini ada Tips safety Driving dari Om Didi Hardianto (Director of Training Sentul Safety Driving) di kutip dari majalah Autocar
=============================================
Menurut berbagai sumber, car penekanan pedal akselerator cukup dominan dalam mempengaruhi besarnya konsumsi BB sebuah mobil.
Pengemudi yg berkendara secara agressif, berakselerasi dan berdeselerasi secara cepat akan membuat pemakaian BB meningkat hingga lebih dari 30%. Yang lebih tepat, penekanan pedal akselerator harus diikuti penyesuaian putaran mesin saat kita menginginkan konsumsi BB lebih efisien.
bla bla bla.... caraya, lihat indikator putaran mesin, ketika perpindahan gear 1 smp 5 misalnya, harus dijaga agar putaran mesin berada di 3000-4000 rpm saat perpindahan gear. Tujuannya agar pembakaran terjadi pada batas-batas putaran mesin yg dibutuhkan saja. Yang terbaik, jangan terlalu sering melakukan akselerasi dg cara penekanan pedal secara ekstrem, lakukan dg tekanan secara lembut.
bla . bla .. bla.. akan lebih mudah bila mobil anda bertransmisi otomatis, cukup lakukan penekanan pedal dg lembut. Saat jalanan dalam kondisi macet, pindahkan tuas transmisi di posisi N saat berhenti. Salein menghemat BBM, hal ini sekaligus menjaga rem agar tidak cepat aus.
Biasanya manufatur mobil sudah memikirkan perbandingan gear ratio dg penyelarasan penggunaan BB. Yang belum disiapkan adalah kemampuan pengemudi u/ melakukan efisiensi dengan mengatur tekanan pada pedal akseleratornya. Jika anda bisa mengendalikan putaran mesin, tak akan banyak energi yg terbuang sia-sia.
======================
Dari bacaan diatas pasti tips tersebut berlaku u/ semua jenis mobil bukan cuma GL doang.
So, coba deh lebih bersabar injek pedal gas saat stop and go... coba sendiri buktikan bener ga tips diatas tsb.
Trus jangan lupa u/ AT perhatikan soal OD on atau off, krn saat OD on (lampu OD mati) transmisi hanya bermain dari gigi 1-3 saja.. tentu akan lebih boros tetapi respondnya lebih galak... soal OD on / off baca di buku manualnya deh.. jujur aja gw blm punya dan liat buku manualnya krn cuma inget2 saat Technical Meeting yg diadaan NLC dg NMI, yg katanya OD off/on berpengaruh terhadap FC juga.
he he he... yg gw yakin sih kaki lo gemesan u/ injek pedal gas saat stop and go dalkot . he he he.. .gw udah pernah jelasin.. bila pada kondisi stop and go saat lo bejek tuh TBW si ECU baru selesai siapkan campuran "kaya" lo udah injek rem lagi, alhasil campuran "kaya" yg sudah disiapkan u/ tingkatin power mesin jadi terbuang percuma.. ya ujung2nya boros deh.
Dari info2 yg disharing dimilis rata2 u/ GL 1.5 dalkot 1:10-12 dan luar kota :14-16, dan kalo GL 1.8 dalkot 1:9-11 luar kota 1:12-14.
Yg gw rasain waktu TD juga gitu tuh... GL 1.5 pada RPM +/- dibawah 3000 agak lemot yg kondisinya mungkin ditujukan u/ jalan nglosor dalam kota, kalo bisa ngikutin nglosor pasti irit. .. makanya gw ambil yg 1.8MT 6Speed .. yg serasa lebih penuh tenaga disemua tingkatan RPM
Ini ada Tips safety Driving dari Om Didi Hardianto (Director of Training Sentul Safety Driving) di kutip dari majalah Autocar
=============================================
Menurut berbagai sumber, car penekanan pedal akselerator cukup dominan dalam mempengaruhi besarnya konsumsi BB sebuah mobil.
Pengemudi yg berkendara secara agressif, berakselerasi dan berdeselerasi secara cepat akan membuat pemakaian BB meningkat hingga lebih dari 30%. Yang lebih tepat, penekanan pedal akselerator harus diikuti penyesuaian putaran mesin saat kita menginginkan konsumsi BB lebih efisien.
bla bla bla.... caraya, lihat indikator putaran mesin, ketika perpindahan gear 1 smp 5 misalnya, harus dijaga agar putaran mesin berada di 3000-4000 rpm saat perpindahan gear. Tujuannya agar pembakaran terjadi pada batas-batas putaran mesin yg dibutuhkan saja. Yang terbaik, jangan terlalu sering melakukan akselerasi dg cara penekanan pedal secara ekstrem, lakukan dg tekanan secara lembut.
bla . bla .. bla.. akan lebih mudah bila mobil anda bertransmisi otomatis, cukup lakukan penekanan pedal dg lembut. Saat jalanan dalam kondisi macet, pindahkan tuas transmisi di posisi N saat berhenti. Salein menghemat BBM, hal ini sekaligus menjaga rem agar tidak cepat aus.
Biasanya manufatur mobil sudah memikirkan perbandingan gear ratio dg penyelarasan penggunaan BB. Yang belum disiapkan adalah kemampuan pengemudi u/ melakukan efisiensi dengan mengatur tekanan pada pedal akseleratornya. Jika anda bisa mengendalikan putaran mesin, tak akan banyak energi yg terbuang sia-sia.
======================
Dari bacaan diatas pasti tips tersebut berlaku u/ semua jenis mobil bukan cuma GL doang.
So, coba deh lebih bersabar injek pedal gas saat stop and go... coba sendiri buktikan bener ga tips diatas tsb.
Trus jangan lupa u/ AT perhatikan soal OD on atau off, krn saat OD on (lampu OD mati) transmisi hanya bermain dari gigi 1-3 saja.. tentu akan lebih boros tetapi respondnya lebih galak... soal OD on / off baca di buku manualnya deh.. jujur aja gw blm punya dan liat buku manualnya krn cuma inget2 saat Technical Meeting yg diadaan NLC dg NMI, yg katanya OD off/on berpengaruh terhadap FC juga.
ichsan_n wrote:well dont know.. but 4 of my friends told me the same buat dalam kota kondisi macet jadi agak boros.. tapi gini lah pak jhon.. ambil konteks nya jazz.. dengan driving style normal ala macet jakarta apakah konsumsi jauh beda? karena nyatanya mau saya, temen saya, tetangga saya bahkan opini publik pun sudah banyak bilang kalo jazz itu bensinya 1:10-11 untuk dalam kota... so bisa dibilang punya tingkat FC yang ngga jauh beda terlepas dari driving style, karena setiap mesin itu punya karakteristik "boros/irit maksimal" sepertinya. jadi kalo rata2 orang yang pake CRV itu FC rata2nya 1 : 9-10 yahh mungkin.. dipake saya sama temen2 saya bisa 1:5 hhehehhehe kidding.. atau kalo motor ambil nouvo, seboros2nya nouvo itu yah 1:28an.. dibawah itu artiya dia pake mesin mobil! atau di bore-up (naik CC). so mesin 1.5 pun saya rasa pun punya boros/irit maksimal seharusnya yang ngga bakalan sama dengan mesin 1.8.. kecuali itu mesin ngga beres lo yah. gini lah, borosan mana harrier 2.4G dengan CRV 2.0? cuman beda 400cc loh.. atau masa lebih irit 1.8 ternyata dibanding 1.5 untuk dalam kota?
btw 1:14 itu luar kota atau dalam kota yah? dengan isi berapa orang dengan berat
& tinggi berapa pak jhon?
johnlegend wrote:tp livina saya kok irit banget ya? 1:14 masuk lho.. *km kurang dari 1000*
rute sama.. CRV saya minum 1:9-10..
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
Wahh.. thanks maxx for the tips... kalo macet ke N sih emang gw jg biasa gitu. coba nanti deh gw liat lagi, siapa tahu maticnya GL ini emang beda. dan mesin masih masa ingreyen jg belum stabil, komponen2nya masih banyak yang seret lah.
maxx wrote:Bos ichsan.. ini sdh gw post di thread sebelah.. tp gw post lagi disini agar dapat bisa jadi masukan dan membuka wawasan bagi kita semua.
he he he... yg gw yakin sih kaki lo gemesan u/ injek pedal gas saat stop and go dalkot . he he he.. .gw udah pernah jelasin.. bila pada kondisi stop and go saat lo bejek tuh TBW si ECU baru selesai siapkan campuran "kaya" lo udah injek rem lagi, alhasil campuran "kaya" yg sudah disiapkan u/ tingkatin power mesin jadi terbuang percuma.. ya ujung2nya boros deh.
Dari info2 yg disharing dimilis rata2 u/ GL 1.5 dalkot 1:10-12 dan luar kota :14-16, dan kalo GL 1.8 dalkot 1:9-11 luar kota 1:12-14.
Yg gw rasain waktu TD juga gitu tuh... GL 1.5 pada RPM +/- dibawah 3000 agak lemot yg kondisinya mungkin ditujukan u/ jalan nglosor dalam kota, kalo bisa ngikutin nglosor pasti irit. .. makanya gw ambil yg 1.8MT 6Speed .. yg serasa lebih penuh tenaga disemua tingkatan RPM
Ini ada Tips safety Driving dari Om Didi Hardianto (Director of Training Sentul Safety Driving) di kutip dari majalah Autocar
=============================================
Menurut berbagai sumber, car penekanan pedal akselerator cukup dominan dalam mempengaruhi besarnya konsumsi BB sebuah mobil.
Pengemudi yg berkendara secara agressif, berakselerasi dan berdeselerasi secara cepat akan membuat pemakaian BB meningkat hingga lebih dari 30%. Yang lebih tepat, penekanan pedal akselerator harus diikuti penyesuaian putaran mesin saat kita menginginkan konsumsi BB lebih efisien.
bla bla bla.... caraya, lihat indikator putaran mesin, ketika perpindahan gear 1 smp 5 misalnya, harus dijaga agar putaran mesin berada di 3000-4000 rpm saat perpindahan gear. Tujuannya agar pembakaran terjadi pada batas-batas putaran mesin yg dibutuhkan saja. Yang terbaik, jangan terlalu sering melakukan akselerasi dg cara penekanan pedal secara ekstrem, lakukan dg tekanan secara lembut.
bla . bla .. bla.. akan lebih mudah bila mobil anda bertransmisi otomatis, cukup lakukan penekanan pedal dg lembut. Saat jalanan dalam kondisi macet, pindahkan tuas transmisi di posisi N saat berhenti. Salein menghemat BBM, hal ini sekaligus menjaga rem agar tidak cepat aus.
Biasanya manufatur mobil sudah memikirkan perbandingan gear ratio dg penyelarasan penggunaan BB. Yang belum disiapkan adalah kemampuan pengemudi u/ melakukan efisiensi dengan mengatur tekanan pada pedal akseleratornya. Jika anda bisa mengendalikan putaran mesin, tak akan banyak energi yg terbuang sia-sia.
======================
Dari bacaan diatas pasti tips tersebut berlaku u/ semua jenis mobil bukan cuma GL doang.
So, coba deh lebih bersabar injek pedal gas saat stop and go... coba sendiri buktikan bener ga tips diatas tsb.
Trus jangan lupa u/ AT perhatikan soal OD on atau off, krn saat OD on (lampu OD mati) transmisi hanya bermain dari gigi 1-3 saja.. tentu akan lebih boros tetapi respondnya lebih galak... soal OD on / off baca di buku manualnya deh.. jujur aja gw blm punya dan liat buku manualnya krn cuma inget2 saat Technical Meeting yg diadaan NLC dg NMI, yg katanya OD off/on berpengaruh terhadap FC juga.
ichsan_n wrote:well dont know.. but 4 of my friends told me the same buat dalam kota kondisi macet jadi agak boros.. tapi gini lah pak jhon.. ambil konteks nya jazz.. dengan driving style normal ala macet jakarta apakah konsumsi jauh beda? karena nyatanya mau saya, temen saya, tetangga saya bahkan opini publik pun sudah banyak bilang kalo jazz itu bensinya 1:10-11 untuk dalam kota... so bisa dibilang punya tingkat FC yang ngga jauh beda terlepas dari driving style, karena setiap mesin itu punya karakteristik "boros/irit maksimal" sepertinya. jadi kalo rata2 orang yang pake CRV itu FC rata2nya 1 : 9-10 yahh mungkin.. dipake saya sama temen2 saya bisa 1:5 hhehehhehe kidding.. atau kalo motor ambil nouvo, seboros2nya nouvo itu yah 1:28an.. dibawah itu artiya dia pake mesin mobil! atau di bore-up (naik CC). so mesin 1.5 pun saya rasa pun punya boros/irit maksimal seharusnya yang ngga bakalan sama dengan mesin 1.8.. kecuali itu mesin ngga beres lo yah. gini lah, borosan mana harrier 2.4G dengan CRV 2.0? cuman beda 400cc loh.. atau masa lebih irit 1.8 ternyata dibanding 1.5 untuk dalam kota?
btw 1:14 itu luar kota atau dalam kota yah? dengan isi berapa orang dengan berat
& tinggi berapa pak jhon?
johnlegend wrote:tp livina saya kok irit banget ya? 1:14 masuk lho.. *km kurang dari 1000*
rute sama.. CRV saya minum 1:9-10..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 94
- Joined: Tue May 29, 2007 1:06
Lama banget gw gak ikutan SM, ternyata ada kabarnya jugabahwa bro Ichsan sudah dapet unitnya.
Selamat ya
Meskipun agak kecewa juga ya karena over ekspektasi tentang GL sebelumnya.
Gw juga jadi ingin nanya tentang hubungan AutoBild dengan Nissan. Karena yg jor2-an muji GL itu Auto Bild dibanding majalah/tabloid otomotif yg lain.
Dalam hati kecil gw juga sebenarnya agak kecewa jg dg ekpektasi gw sebelumnya. Kenapa gw ga milih Grandis seken saja kemarin ...
Tapi yah dengan harga segitu utk mobil baru memang masih worth it. Kalo mau bandingin GL, ya harus dengan mobil 3 baris yg lain. Seperti Avanza, Xenia, Carens utk harga baru yg relatif sama.
kalo dibandingin dg mobil2 diatas, GL masih dianggap paling bagus lah.
Sudah nambah apa Bro utk GL-nya ?? Jadi nambah EM ??
Gw lagi nyari box atas nih. Kalo bisa yg Probox , Soalnya Thule warnanya silver saja, gak ada yg item.
Gw lg cari Probox warna hitam, gak usah yg metalic. Abu2 juga gak masalah.
Mungkin ada yg bisa kasih info ??
Ato ada yg udah pasang roof box gak disini ??
Selamat ya



Meskipun agak kecewa juga ya karena over ekspektasi tentang GL sebelumnya.
Gw juga jadi ingin nanya tentang hubungan AutoBild dengan Nissan. Karena yg jor2-an muji GL itu Auto Bild dibanding majalah/tabloid otomotif yg lain.
Dalam hati kecil gw juga sebenarnya agak kecewa jg dg ekpektasi gw sebelumnya. Kenapa gw ga milih Grandis seken saja kemarin ...
Tapi yah dengan harga segitu utk mobil baru memang masih worth it. Kalo mau bandingin GL, ya harus dengan mobil 3 baris yg lain. Seperti Avanza, Xenia, Carens utk harga baru yg relatif sama.
kalo dibandingin dg mobil2 diatas, GL masih dianggap paling bagus lah.
Sudah nambah apa Bro utk GL-nya ?? Jadi nambah EM ??
Gw lagi nyari box atas nih. Kalo bisa yg Probox , Soalnya Thule warnanya silver saja, gak ada yg item.
Gw lg cari Probox warna hitam, gak usah yg metalic. Abu2 juga gak masalah.
Mungkin ada yg bisa kasih info ??
Ato ada yg udah pasang roof box gak disini ??
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
Thanks bos kucluk.. kita punya pemikiran sama kalo gitu.. hanseenn!!! kenapa dulu elu kaga jadi tuker giling livina ama grandis elu ke gw seeehh!!! ihihihihi \
ngga bos, gw ngga tambah2 dulu, percuma kalo dijual lagi jg malah rugi. palingan jg EM aja, itu jg mungkin hahahha.. gw malah pengen ada lazzy boy di baris ke 2 dan bangku driver kalo bisa malah.. kekekek biar kaga sakit pinggang.
ngga bos, gw ngga tambah2 dulu, percuma kalo dijual lagi jg malah rugi. palingan jg EM aja, itu jg mungkin hahahha.. gw malah pengen ada lazzy boy di baris ke 2 dan bangku driver kalo bisa malah.. kekekek biar kaga sakit pinggang.
kucluk wrote:Lama banget gw gak ikutan SM, ternyata ada kabarnya jugabahwa bro Ichsan sudah dapet unitnya.
Selamat ya![]()
![]()
![]()
Meskipun agak kecewa juga ya karena over ekspektasi tentang GL sebelumnya.
Gw juga jadi ingin nanya tentang hubungan AutoBild dengan Nissan. Karena yg jor2-an muji GL itu Auto Bild dibanding majalah/tabloid otomotif yg lain.
Dalam hati kecil gw juga sebenarnya agak kecewa jg dg ekpektasi gw sebelumnya. Kenapa gw ga milih Grandis seken saja kemarin ...
Tapi yah dengan harga segitu utk mobil baru memang masih worth it. Kalo mau bandingin GL, ya harus dengan mobil 3 baris yg lain. Seperti Avanza, Xenia, Carens utk harga baru yg relatif sama.
kalo dibandingin dg mobil2 diatas, GL masih dianggap paling bagus lah.
Sudah nambah apa Bro utk GL-nya ?? Jadi nambah EM ??
Gw lagi nyari box atas nih. Kalo bisa yg Probox , Soalnya Thule warnanya silver saja, gak ada yg item.
Gw lg cari Probox warna hitam, gak usah yg metalic. Abu2 juga gak masalah.
Mungkin ada yg bisa kasih info ??
Ato ada yg udah pasang roof box gak disini ??
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
mmh.. driving style tiap orang jelas2 pengaruh lah.. kl driving style pas aggressive.. mmh.. crv saya minum nya 1:6.. kl pas saya kalem.. ngga mepet2 mobil depan.. ngga rem mendadak.. dll yah.. 1:8-10 bisa deh.. ngaruh gede banget..
penelitian di us si.. ngaruh nya 30%..
kl livina saya, mostly si nyetir normal.. overtake kl diperlu'in.. kl jalan kosong ya kecepatan tinggi.. tp rpm dijaga dikisaran 2000 terus tuh..
kl rpm diatas 2500.. mobil jadi boros banget.. oh iya, O/D jg perlu.. biar ngga boros..
tapiii.. kalo lagi macett... saya yakin.. semua mobil jg sama2 boros kok.. mungkin kelas small car kyk jazz lebih hemat.. tp liat lagi UKURAN nya.. hehehe.. tul ga? mo lebih hemat lagi? karimum estillo sekalian deh.. mobil ringan banget.. kecil..
mo hemat lagi? beli AIRCAR aja.. 3euro untuk 200-300km..
penelitian di us si.. ngaruh nya 30%..
kl livina saya, mostly si nyetir normal.. overtake kl diperlu'in.. kl jalan kosong ya kecepatan tinggi.. tp rpm dijaga dikisaran 2000 terus tuh..
kl rpm diatas 2500.. mobil jadi boros banget.. oh iya, O/D jg perlu.. biar ngga boros..
tapiii.. kalo lagi macett... saya yakin.. semua mobil jg sama2 boros kok.. mungkin kelas small car kyk jazz lebih hemat.. tp liat lagi UKURAN nya.. hehehe.. tul ga? mo lebih hemat lagi? karimum estillo sekalian deh.. mobil ringan banget.. kecil..
mo hemat lagi? beli AIRCAR aja.. 3euro untuk 200-300km..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 278
- Joined: Thu May 17, 2007 13:32
akhirnya ada juga neh reviewnya om ichsan_n,
saya sempat kaget juga, ngebacanya...! tapi setelah saya pikir-pikir...
kasian juga ni om ichsan, sudah waktu nuggu unitnya lama.. tertunda-tunda..
sempat belajar santet ke banten lah... siapin granatlah... trus apalagi..?
wah pokoknya lengkaplah...! untung aja tu sales ama kacab nya gak sempat bonyok..he..he..
:lol::lol:
dan setelah terima..... mobilnya..... ternyata gak sesuai ama om ichsan harapkan.......!?
ya..... pasti kecewalah...!
ya... saya cuman bisa kasih saran aja neh.... tu juga kalu' berkenan!
cuba deh, om ichsan, renung-renung kembali.... pandang2 lagi, liat2 lagi, timbang2 lagi....!
maksudnya;
cuba om ichsan banding2in gih sisi positipnya dan sisi negatipnya GL 1.5AT bagi om.
walopun om ichsan bilang;
"but overall, yah masih okelah even ada yang kurang ana-ini"
mudah2an bisa ngobatin rasa kecewanya deh...!
saya sempat kaget juga, ngebacanya...! tapi setelah saya pikir-pikir...
kasian juga ni om ichsan, sudah waktu nuggu unitnya lama.. tertunda-tunda..
sempat belajar santet ke banten lah... siapin granatlah... trus apalagi..?
wah pokoknya lengkaplah...! untung aja tu sales ama kacab nya gak sempat bonyok..he..he..

dan setelah terima..... mobilnya..... ternyata gak sesuai ama om ichsan harapkan.......!?
ya..... pasti kecewalah...!
ya... saya cuman bisa kasih saran aja neh.... tu juga kalu' berkenan!
cuba deh, om ichsan, renung-renung kembali.... pandang2 lagi, liat2 lagi, timbang2 lagi....!
maksudnya;
cuba om ichsan banding2in gih sisi positipnya dan sisi negatipnya GL 1.5AT bagi om.
walopun om ichsan bilang;
"but overall, yah masih okelah even ada yang kurang ana-ini"
mudah2an bisa ngobatin rasa kecewanya deh...!
ichsan_n wrote:Okee.. first of all.. setelah gw baca2 thread.. komsumsi bensin 1.5AT masih bisa beda2 right? sekarang giliran gw cerita pengalaman bawa GL 1.5 AT ini.
Day 1
hari kamis mobil gw ambil dari dealer, sengaja gw kaga mau dianter karena 3 hari ini gw pengen intensif coba ini mobil, dari gading gw puterin tol jakarta yang kebetulan SANGAT macet dihari kamis kemarin, kalo ada yang keluar siang pasti tahu. sebelum itu gw isi PREMIUM aja, yang katanya emang ini mobil premium. Situasi jalan macet total, dari tol gading menuju bandara via tol sudirman memakan waktu hampirrr 3.5 jam, sampai digrogol isi bensin lagi.. besoknya jalan ke ancol. ehh didalam ancol macet sampe 2 jam lebih (yang jumat kemaren ke ancol pasti jg tahu macet mampuss tuh didalemnya, kaga bergerak!!).. akhirnya keluar.. puter2 dalam kota, isi bensin (premium).. hitung konsumsi.. 8.4 KM/L!! oke.. hari itu stop.. oh iya ada fitur baru ternyata di GL AT ini, pertama, bau karet gosong!!, kedua bunyi AC pas dinyalain pertama kaya rem mayasari bakti. dan Ketiga, waduhh.. posisinya ngebuat pinggang pegelll!!
Day 2
Hari sabtu.. ajak ngiter2 lagi ke mal2.. kaga ngitung lagi bensinnya, udah males...
Hari ke 3
HP gw berdering,, ternyata temen2 gw minta tes livina. Oke deh secara ini mobil legendaris tahun ini. ketemuan di kebayoran, gw undang 6 orang temen gw dengan tinggi sekitar 178-180 rata2. Untuk singkatnya kita pake TC 1, TC 2, dst untuk panggilan teman2 ku ini. TC 1 jg memiliki livina 1.5AT, TC 2 sehari-hari memakai gallant V6-24 AT, TC 3 Kia Picanto M/T, TC 4 Jazz AT, TC 5 Jazz AT, TC 6 CRV/Harrier AT.
Gw : TC 1, tanya donk.. punya elu (livinanye bukan itunya) bau rem gosong ngga waktu awal2 elu pake?
TC 1: hahaha, nahh itu salah satu fitur tambahan tuh.. sampe sekarang jg masih (km 4000)
Gw : wah besok gw tanya bengkel deh, ini fitur kok kaga ada di brosur sih? jangan2 seal TC kemakan.
TC 2 : ayoo dehh ke coba kebandung, ini irit ngga?
Gw : wahh... elu coba sendiri deh, tanya aja tuh TC 1 irit apa kaga?
TC 1 : yaahhh kalo dibanding gallant elu mahhh mungkin iritan ini lah!
Gw : Gini aje dehh.. gw jg mau tes nih, kemaren sih gw cuman dapet 1:8, TC 4 elu cobain deh maticnya gimana dibanding steermaticnya jazz
Oke, setelah semuanya masuk, kita isi bensin bentar di shell... campur ajee, cuek manehh.. KM di 153.
(dalam mobil)
TC 3 : waduhh, baris ke 3nya kok sempit yah? weii.. majuan donk lu!
TC 6 : iya nih, kaki gw harus serong samping nih bro.
Suasana canda tawa, sepanjang jalan, tiba2 di sekitar puncak sebelum taman safari TC 4 menepi
TC 4 : ehh.. bro (TC 2), gantian elu deh yang nyetir.. sumpahh ini kok posisi nyetrinya ngebuat sakit pinggang yah posisinya? pegel kaki gw agak2 ngegantung gini sama nyerong (ganti dengan TC 2)
TC 5 & 6 : woii gantian jg donk lu duduk belakang, pinggang gw mau copot nehh!!!!
Oke, setelah tukar posisi (gw mah tetep dibangku kiri depan donk, wong udah tau.. hehehe) perjalanan dilanjutkan, tapi mampir dulu ke gunung mas buat makan siang.
TC 2 : "nggg.. guys, ini kok tarikannya lemot banget yah? ditanjakan tadi kok gw ngerasa lemes banget tenaganya.
TC 1 : Pake gigi 1 bro kalo tanjakannya rada tinggi, gigi 2 or D ngga bakalan narik deh.
GW : yeeeee! ya jangan elu samain sama Gallant lahh!! gw kira tadi elunya yang masih gerogi, puantes kok pelan banget.
(so guys buat tanjakan di yang agak2 tinggi, better oper ke 1. ini udah gw cobain sendiri, kalo gigi 2 agak2 ngeden)
TC 2 : ehh, tapi jazz gw kaga gini amat! lagipula perpindahan giginya kok ngga halus kaya jazz yah? tarikannya jg masih mendingan jazz kok..
GW : eh, ini mobil transmisinya ya jangan elu samain sama CVT di jazz donk.. ini masih biasa! maklum lahh, tapi kan dengan harga sama dengan jazz, gw dapet jazz 7 seater pan? lagipula bobot jazz jg lebih ringan kali.
Tc2 : ohh, iya, iya.. but so far sih secara keselurahn ini mobil buat gw ketik C spasi D... cuapeee Deee!!
dan karena keluhan2 di seputar pinggang dari teman2 yang lain, walhasil perjalan ke bandung kita batalkan dan memutuskan untuk balik saja sebelum kena encok permanen.
Kesimpulan :
untuk fun to drive, overall masih setuju honda jazz masih lebih enak, posisinya nyetir livina ini ngebuat masalah untuk yang berkaki panjang karena agak2 ngegantung di kaki sehingga ngebuat pegel. Selain itu posisi nyetir yang agak mencong cukuppp.. ngebuat sakit pinggang. apalagi yang udah lemah macem gw ini. But untuk lux interior ataupun keheningan kabin okelah. Dan satu hal lagi, kata siapa ini mobil senyap?! dari dalem kabin iya, coba dari luar,.. busyett itu suara fan kenceng amirr?! ngga jauh beda lah dari jazz. dan aliran udara panasnya dari bawah itu lohh kalo pas nurunin kaki kerasa banget, ini mobil panas mesinnya! macem gallant banget.
Untuk performa : ini mobil untuk tarikan atas memang oke lah.. RPM 2300 di 100km/jam, RPM 2500 di 120, dan 3000 sudah di 140. tapi buat dari 0 ke 60.. busyett!!! Dan untuk tanjakan yang agak tinggi (macem masuk parkiran di metro atom pasar baru), yap ini mobil harus ke gigi 1 baru mau nanjak.. kalo elu pake D or 2.. bakalan kesel sendiri deh. oh iya, di 140 mobil ini sudah mulai nampak gejala limbung.. tapi minim sih, masih bisa ditoleransi deh. dan kabin jg lumayan lah even suara2 luar mulai masuk jg tapi ngga separah honda jazz or CRV.
Konsumsi bensin :
Pulang dari puncak itu, gw isi lagi di jakarta.. and hasilnya?! 11.6 km/L!! alamak! CRV aja buat luar kota masih segitu, lah ini mesin 1500? and please note : semua yang nyetir itu sudah terbiasa nyetir AT transmission yah (tp yang CVT kali yak? hehehe).
Ultimate Driving Comfort : Alamak.. sudahlah.. buang jauh2 persepsi ini kalo tinggi badang elu rata 178 keatas.. semuanya ngeluh sakit pinggang!!!! terlebih di posisi driver dan 3rd row! so kalo buat pulang kampung or jalan jauh, kayanya gw ngga bakalan pake livina deh, bahaya buat kesehatan pinggang. masih mending jazz/CRV/Stream kemana2 buat masalah ini even bantingannya keras jg, tapi setidaknya ngga ngebuat pinggang sakit buat jalan jakarta bandung aje deh.
Fitur tambahan : Bau karet gosong! ini jg dialami oleh unit AT temanku. kemarin sudah telpon bengkel minta di cek. takutnya dari seal TC.
Kesimpulan : jangan overexpectasi! itu aja. Buat yang kebiasa nyetir mobil kelas2 macem CRV, Xtrail, harrier or CVT matic jazz/city... duhh.. better jangan banyak ngarep yah selain kemewahan interior dibanding xenia, dan keheningan kabin serta bantingan yang emang lumayan empuk. for ini, this is just JAZZ 7 Seater. uang ngga pernah bohong kalo kata orang. "you get what you paid kalo kata conan". Ini mobil menurut gw lebih cocok kalo yang nyetir berpostur antara 155-175 kali yah. but overall, yah masih okelah even ada yang kurang ana-ini. Dan menurut gw buat yang suka AT better pilih yang 1.8 mungkin yah.
Siapa tahu, next year ada livina ber transimisi CVT plus triptonic dengan harga 180jtan. Satu yang gw salut adalah marketing dan engineering nya Nissan.. ini konteks management hebat dalam meramu "sop batu" menjadi nikmat. Salute dari dalam hati paling dalam for real. But sorri, ini mobil masih kurang enak buat jalan jauh (IMHO loh!). Potret nyusul yah bro.
sidalausa wrote:om ichsan_n,
mana neh....potret dan review GLnya...?
kemana aje...liburan proklamasainya....?
sibuk hut di RT...?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
wahh hallo om sidd.. long time no see jg.. ahhh gw mah santai aja om sid.. kecewa2 banget sih ngga lah.. cuman kan disini saya dari sisi pandang seorang konsumen.. dan SM kan sarana tuker pikiran jg.. yang penting disini,.. bukan bersikap difensif bahwa kita adalah orang pintar kalo membeli livina, bukan, hanya minum tolak anginlah kita jadi orang pintar.. hahaha.. tapi di SM sini kan kita berusaha agar kita bisa dapat informasi untuk membeli "the right car on the right needs" bener ngga? mungkin buat om sid livina sesuai dgn kebutuhan, buat saya sih cuman cocok untuk dalam kota. Bensinnya jg lumayan boros lah.. oke maxx oke.. dengan driving style gw.. hahah puas.. puas...
on personal note sih, sukurin aja dulu apa yang didapet, iya ngga? ngga semerta-merta itu mobil gw jual jg.. pake aja dulu. wong masih ada alternatif jg kok pak dirumah. cuman penggunaanya aja kok, buat jalan jauh ngga lah gw pake ini mobil, tapi buat dalam kota oke lah (itu jg kalo kaga boros). halahh om sid.. ini cuman kaleng di cat dikasih mesin di bandrol 156 jt.. ngga ada untungnya buat gw jg bersikap offensif or difensif terhadap kaleng ini.. wong keluar duit jg tohh? lagipula yang gw utarain jg apa adanya.. sikap kontra satu orang ngga bakalan pengaruh ke penjualan NMI jg toh pak. produsen kan sama aja.. ngga seneng yah pilih merek lain.. gampang saja.. piye pak unitmu? sudah berapa km sekarang? puasti jalan teruss pisan sampean.
on personal note sih, sukurin aja dulu apa yang didapet, iya ngga? ngga semerta-merta itu mobil gw jual jg.. pake aja dulu. wong masih ada alternatif jg kok pak dirumah. cuman penggunaanya aja kok, buat jalan jauh ngga lah gw pake ini mobil, tapi buat dalam kota oke lah (itu jg kalo kaga boros). halahh om sid.. ini cuman kaleng di cat dikasih mesin di bandrol 156 jt.. ngga ada untungnya buat gw jg bersikap offensif or difensif terhadap kaleng ini.. wong keluar duit jg tohh? lagipula yang gw utarain jg apa adanya.. sikap kontra satu orang ngga bakalan pengaruh ke penjualan NMI jg toh pak. produsen kan sama aja.. ngga seneng yah pilih merek lain.. gampang saja.. piye pak unitmu? sudah berapa km sekarang? puasti jalan teruss pisan sampean.
sidalausa wrote:akhirnya ada juga neh reviewnya om ichsan_n,
saya sempat kaget juga, ngebacanya...! tapi setelah saya pikir-pikir...
kasian juga ni om ichsan, sudah waktu nuggu unitnya lama.. tertunda-tunda..
sempat belajar santet ke banten lah... siapin granatlah... trus apalagi..?
wah pokoknya lengkaplah...! untung aja tu sales ama kacab nya gak sempat bonyok..he..he..:lol::lol:
dan setelah terima..... mobilnya..... ternyata gak sesuai ama om ichsan harapkan.......!?
ya..... pasti kecewalah...!
ya... saya cuman bisa kasih saran aja neh.... tu juga kalu' berkenan!
cuba deh, om ichsan, renung-renung kembali.... pandang2 lagi, liat2 lagi, timbang2 lagi....!
maksudnya;
cuba om ichsan banding2in gih sisi positipnya dan sisi negatipnya GL 1.5AT bagi om.
walopun om ichsan bilang;
"but overall, yah masih okelah even ada yang kurang ana-ini"
mudah2an bisa ngobatin rasa kecewanya deh...!
ichsan_n wrote:Okee.. first of all.. setelah gw baca2 thread.. komsumsi bensin 1.5AT masih bisa beda2 right? sekarang giliran gw cerita pengalaman bawa GL 1.5 AT ini.
Day 1
hari kamis mobil gw ambil dari dealer, sengaja gw kaga mau dianter karena 3 hari ini gw pengen intensif coba ini mobil, dari gading gw puterin tol jakarta yang kebetulan SANGAT macet dihari kamis kemarin, kalo ada yang keluar siang pasti tahu. sebelum itu gw isi PREMIUM aja, yang katanya emang ini mobil premium. Situasi jalan macet total, dari tol gading menuju bandara via tol sudirman memakan waktu hampirrr 3.5 jam, sampai digrogol isi bensin lagi.. besoknya jalan ke ancol. ehh didalam ancol macet sampe 2 jam lebih (yang jumat kemaren ke ancol pasti jg tahu macet mampuss tuh didalemnya, kaga bergerak!!).. akhirnya keluar.. puter2 dalam kota, isi bensin (premium).. hitung konsumsi.. 8.4 KM/L!! oke.. hari itu stop.. oh iya ada fitur baru ternyata di GL AT ini, pertama, bau karet gosong!!, kedua bunyi AC pas dinyalain pertama kaya rem mayasari bakti. dan Ketiga, waduhh.. posisinya ngebuat pinggang pegelll!!
Day 2
Hari sabtu.. ajak ngiter2 lagi ke mal2.. kaga ngitung lagi bensinnya, udah males...
Hari ke 3
HP gw berdering,, ternyata temen2 gw minta tes livina. Oke deh secara ini mobil legendaris tahun ini. ketemuan di kebayoran, gw undang 6 orang temen gw dengan tinggi sekitar 178-180 rata2. Untuk singkatnya kita pake TC 1, TC 2, dst untuk panggilan teman2 ku ini. TC 1 jg memiliki livina 1.5AT, TC 2 sehari-hari memakai gallant V6-24 AT, TC 3 Kia Picanto M/T, TC 4 Jazz AT, TC 5 Jazz AT, TC 6 CRV/Harrier AT.
Gw : TC 1, tanya donk.. punya elu (livinanye bukan itunya) bau rem gosong ngga waktu awal2 elu pake?
TC 1: hahaha, nahh itu salah satu fitur tambahan tuh.. sampe sekarang jg masih (km 4000)
Gw : wah besok gw tanya bengkel deh, ini fitur kok kaga ada di brosur sih? jangan2 seal TC kemakan.
TC 2 : ayoo dehh ke coba kebandung, ini irit ngga?
Gw : wahh... elu coba sendiri deh, tanya aja tuh TC 1 irit apa kaga?
TC 1 : yaahhh kalo dibanding gallant elu mahhh mungkin iritan ini lah!
Gw : Gini aje dehh.. gw jg mau tes nih, kemaren sih gw cuman dapet 1:8, TC 4 elu cobain deh maticnya gimana dibanding steermaticnya jazz
Oke, setelah semuanya masuk, kita isi bensin bentar di shell... campur ajee, cuek manehh.. KM di 153.
(dalam mobil)
TC 3 : waduhh, baris ke 3nya kok sempit yah? weii.. majuan donk lu!
TC 6 : iya nih, kaki gw harus serong samping nih bro.
Suasana canda tawa, sepanjang jalan, tiba2 di sekitar puncak sebelum taman safari TC 4 menepi
TC 4 : ehh.. bro (TC 2), gantian elu deh yang nyetir.. sumpahh ini kok posisi nyetrinya ngebuat sakit pinggang yah posisinya? pegel kaki gw agak2 ngegantung gini sama nyerong (ganti dengan TC 2)
TC 5 & 6 : woii gantian jg donk lu duduk belakang, pinggang gw mau copot nehh!!!!
Oke, setelah tukar posisi (gw mah tetep dibangku kiri depan donk, wong udah tau.. hehehe) perjalanan dilanjutkan, tapi mampir dulu ke gunung mas buat makan siang.
TC 2 : "nggg.. guys, ini kok tarikannya lemot banget yah? ditanjakan tadi kok gw ngerasa lemes banget tenaganya.
TC 1 : Pake gigi 1 bro kalo tanjakannya rada tinggi, gigi 2 or D ngga bakalan narik deh.
GW : yeeeee! ya jangan elu samain sama Gallant lahh!! gw kira tadi elunya yang masih gerogi, puantes kok pelan banget.
(so guys buat tanjakan di yang agak2 tinggi, better oper ke 1. ini udah gw cobain sendiri, kalo gigi 2 agak2 ngeden)
TC 2 : ehh, tapi jazz gw kaga gini amat! lagipula perpindahan giginya kok ngga halus kaya jazz yah? tarikannya jg masih mendingan jazz kok..
GW : eh, ini mobil transmisinya ya jangan elu samain sama CVT di jazz donk.. ini masih biasa! maklum lahh, tapi kan dengan harga sama dengan jazz, gw dapet jazz 7 seater pan? lagipula bobot jazz jg lebih ringan kali.
Tc2 : ohh, iya, iya.. but so far sih secara keselurahn ini mobil buat gw ketik C spasi D... cuapeee Deee!!
dan karena keluhan2 di seputar pinggang dari teman2 yang lain, walhasil perjalan ke bandung kita batalkan dan memutuskan untuk balik saja sebelum kena encok permanen.
Kesimpulan :
untuk fun to drive, overall masih setuju honda jazz masih lebih enak, posisinya nyetir livina ini ngebuat masalah untuk yang berkaki panjang karena agak2 ngegantung di kaki sehingga ngebuat pegel. Selain itu posisi nyetir yang agak mencong cukuppp.. ngebuat sakit pinggang. apalagi yang udah lemah macem gw ini. But untuk lux interior ataupun keheningan kabin okelah. Dan satu hal lagi, kata siapa ini mobil senyap?! dari dalem kabin iya, coba dari luar,.. busyett itu suara fan kenceng amirr?! ngga jauh beda lah dari jazz. dan aliran udara panasnya dari bawah itu lohh kalo pas nurunin kaki kerasa banget, ini mobil panas mesinnya! macem gallant banget.
Untuk performa : ini mobil untuk tarikan atas memang oke lah.. RPM 2300 di 100km/jam, RPM 2500 di 120, dan 3000 sudah di 140. tapi buat dari 0 ke 60.. busyett!!! Dan untuk tanjakan yang agak tinggi (macem masuk parkiran di metro atom pasar baru), yap ini mobil harus ke gigi 1 baru mau nanjak.. kalo elu pake D or 2.. bakalan kesel sendiri deh. oh iya, di 140 mobil ini sudah mulai nampak gejala limbung.. tapi minim sih, masih bisa ditoleransi deh. dan kabin jg lumayan lah even suara2 luar mulai masuk jg tapi ngga separah honda jazz or CRV.
Konsumsi bensin :
Pulang dari puncak itu, gw isi lagi di jakarta.. and hasilnya?! 11.6 km/L!! alamak! CRV aja buat luar kota masih segitu, lah ini mesin 1500? and please note : semua yang nyetir itu sudah terbiasa nyetir AT transmission yah (tp yang CVT kali yak? hehehe).
Ultimate Driving Comfort : Alamak.. sudahlah.. buang jauh2 persepsi ini kalo tinggi badang elu rata 178 keatas.. semuanya ngeluh sakit pinggang!!!! terlebih di posisi driver dan 3rd row! so kalo buat pulang kampung or jalan jauh, kayanya gw ngga bakalan pake livina deh, bahaya buat kesehatan pinggang. masih mending jazz/CRV/Stream kemana2 buat masalah ini even bantingannya keras jg, tapi setidaknya ngga ngebuat pinggang sakit buat jalan jakarta bandung aje deh.
Fitur tambahan : Bau karet gosong! ini jg dialami oleh unit AT temanku. kemarin sudah telpon bengkel minta di cek. takutnya dari seal TC.
Kesimpulan : jangan overexpectasi! itu aja. Buat yang kebiasa nyetir mobil kelas2 macem CRV, Xtrail, harrier or CVT matic jazz/city... duhh.. better jangan banyak ngarep yah selain kemewahan interior dibanding xenia, dan keheningan kabin serta bantingan yang emang lumayan empuk. for ini, this is just JAZZ 7 Seater. uang ngga pernah bohong kalo kata orang. "you get what you paid kalo kata conan". Ini mobil menurut gw lebih cocok kalo yang nyetir berpostur antara 155-175 kali yah. but overall, yah masih okelah even ada yang kurang ana-ini. Dan menurut gw buat yang suka AT better pilih yang 1.8 mungkin yah.
Siapa tahu, next year ada livina ber transimisi CVT plus triptonic dengan harga 180jtan. Satu yang gw salut adalah marketing dan engineering nya Nissan.. ini konteks management hebat dalam meramu "sop batu" menjadi nikmat. Salute dari dalam hati paling dalam for real. But sorri, ini mobil masih kurang enak buat jalan jauh (IMHO loh!). Potret nyusul yah bro.
sidalausa wrote:om ichsan_n,
mana neh....potret dan review GLnya...?
kemana aje...liburan proklamasainya....?
sibuk hut di RT...?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 278
- Joined: Thu May 17, 2007 13:32
pihak NMI paling tidak juga kudu introspeksi neh atas keluhan2 dari users livina...!
ya.. NMI musti nurunin engineernya... untuk ngecek ulang, ngetest ulang semua keluhan2 yang ada.... pada GL!
abis itu press release!
sehingga kita-kita ngarti dan tau apa yang sebenarnya dan gimana yang sebenarnya....
jadi clear gitu!!!!
ya.. NMI musti nurunin engineernya... untuk ngecek ulang, ngetest ulang semua keluhan2 yang ada.... pada GL!
abis itu press release!
sehingga kita-kita ngarti dan tau apa yang sebenarnya dan gimana yang sebenarnya....
jadi clear gitu!!!!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
betul tuh bro Sida....
sebelom beli mobil, sah2 aja kalo kita research2 dulu, banding2in semua mobil2 yang ada di list belanja kita, TD sebanyak2nya........
tapi kalo udah beli, ya dibawa seneng aja om ichsan....liat2 positifnya aja om....soalnya gw jg pernah ngalamin make mobil yang sebenernya kita gak suka/kecewa....jadinya kita gak enjoy makenya dan kalo kita gak enjoy/gak sayang, males kita ngerawatnya, dan ujung2nya mobil lebih cepet ancur beneran...
makanya sekali lagi dan yg selalu sy tekankan di setiap posting sy yg lalu bahwa sebelom kita beli mobil, jangan terlalu OVER-EKSPEKTASI thd suatu merek.....jangan terlalu terpengaruh sama review2 orang/cerita2 di milis (anggap saja sebagai masukan), kita sendiri yang mustinya merasakan apakah mobil ini sesuai dengan kebutuhan kita...lha kan ujung2nya bayarnya pake duit sendiri
sebelom beli mobil, sah2 aja kalo kita research2 dulu, banding2in semua mobil2 yang ada di list belanja kita, TD sebanyak2nya........
tapi kalo udah beli, ya dibawa seneng aja om ichsan....liat2 positifnya aja om....soalnya gw jg pernah ngalamin make mobil yang sebenernya kita gak suka/kecewa....jadinya kita gak enjoy makenya dan kalo kita gak enjoy/gak sayang, males kita ngerawatnya, dan ujung2nya mobil lebih cepet ancur beneran...

makanya sekali lagi dan yg selalu sy tekankan di setiap posting sy yg lalu bahwa sebelom kita beli mobil, jangan terlalu OVER-EKSPEKTASI thd suatu merek.....jangan terlalu terpengaruh sama review2 orang/cerita2 di milis (anggap saja sebagai masukan), kita sendiri yang mustinya merasakan apakah mobil ini sesuai dengan kebutuhan kita...lha kan ujung2nya bayarnya pake duit sendiri

-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Gw mo info aja soal EM.. anak NLC udah ada yg pake EM Yaris tp yg dari aftermarket.. alias brg TW bukan asli, udah bisa foldable lagi.. 1.8jt termasuk pasang... ga perlu ubah2 kedudukan .. cuma perlu atur2 nyocokin kabel disocketnya .... met hunting deh.
ichsan_n wrote:Thanks bos kucluk.. kita punya pemikiran sama kalo gitu.. hanseenn!!! kenapa dulu elu kaga jadi tuker giling livina ama grandis elu ke gw seeehh!!! ihihihihi \
ngga bos, gw ngga tambah2 dulu, percuma kalo dijual lagi jg malah rugi. palingan jg EM aja, itu jg mungkin hahahha.. gw malah pengen ada lazzy boy di baris ke 2 dan bangku driver kalo bisa malah.. kekekek biar kaga sakit pinggang.
kucluk wrote:Lama banget gw gak ikutan SM, ternyata ada kabarnya jugabahwa bro Ichsan sudah dapet unitnya.
Selamat ya![]()
![]()
![]()
Meskipun agak kecewa juga ya karena over ekspektasi tentang GL sebelumnya.
Gw juga jadi ingin nanya tentang hubungan AutoBild dengan Nissan. Karena yg jor2-an muji GL itu Auto Bild dibanding majalah/tabloid otomotif yg lain.
Dalam hati kecil gw juga sebenarnya agak kecewa jg dg ekpektasi gw sebelumnya. Kenapa gw ga milih Grandis seken saja kemarin ...
Tapi yah dengan harga segitu utk mobil baru memang masih worth it. Kalo mau bandingin GL, ya harus dengan mobil 3 baris yg lain. Seperti Avanza, Xenia, Carens utk harga baru yg relatif sama.
kalo dibandingin dg mobil2 diatas, GL masih dianggap paling bagus lah.
Sudah nambah apa Bro utk GL-nya ?? Jadi nambah EM ??
Gw lagi nyari box atas nih. Kalo bisa yg Probox , Soalnya Thule warnanya silver saja, gak ada yg item.
Gw lg cari Probox warna hitam, gak usah yg metalic. Abu2 juga gak masalah.
Mungkin ada yg bisa kasih info ??
Ato ada yg udah pasang roof box gak disini ??
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Yup sama spt pendapat gw... for the moment .. GL is one of best choice for value MPV .. jangan ketinggian deh ekspetasinya tar kecewa.
Betuk kata bos kucluk .. bandingin GL jangan sama mobil pd kelas diatasnya.. apalg bila lo expect will get Grandis/Wish Features dg harga GL.. ya mimpi aja deh .. pasti lo bakal kecewa.
Betuk kata bos kucluk .. bandingin GL jangan sama mobil pd kelas diatasnya.. apalg bila lo expect will get Grandis/Wish Features dg harga GL.. ya mimpi aja deh .. pasti lo bakal kecewa.
kucluk wrote:Lama banget gw gak ikutan SM, ternyata ada kabarnya jugabahwa bro Ichsan sudah dapet unitnya.
Selamat ya![]()
![]()
![]()
Meskipun agak kecewa juga ya karena over ekspektasi tentang GL sebelumnya.
Gw juga jadi ingin nanya tentang hubungan AutoBild dengan Nissan. Karena yg jor2-an muji GL itu Auto Bild dibanding majalah/tabloid otomotif yg lain.
Dalam hati kecil gw juga sebenarnya agak kecewa jg dg ekpektasi gw sebelumnya. Kenapa gw ga milih Grandis seken saja kemarin ...
Tapi yah dengan harga segitu utk mobil baru memang masih worth it. Kalo mau bandingin GL, ya harus dengan mobil 3 baris yg lain. Seperti Avanza, Xenia, Carens utk harga baru yg relatif sama.
kalo dibandingin dg mobil2 diatas, GL masih dianggap paling bagus lah.
Sudah nambah apa Bro utk GL-nya ?? Jadi nambah EM ??
Gw lagi nyari box atas nih. Kalo bisa yg Probox , Soalnya Thule warnanya silver saja, gak ada yg item.
Gw lg cari Probox warna hitam, gak usah yg metalic. Abu2 juga gak masalah.
Mungkin ada yg bisa kasih info ??
Ato ada yg udah pasang roof box gak disini ??
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
oh pake punya yaris toh.. thanks maxx. itu udah pake sein jg? apa pasang lagi yang mirror sein nya?
maxx wrote:Gw mo info aja soal EM.. anak NLC udah ada yg pake EM Yaris tp yg dari aftermarket.. alias brg TW bukan asli, udah bisa foldable lagi.. 1.8jt termasuk pasang... ga perlu ubah2 kedudukan .. cuma perlu atur2 nyocokin kabel disocketnya .... met hunting deh.
ichsan_n wrote:Thanks bos kucluk.. kita punya pemikiran sama kalo gitu.. hanseenn!!! kenapa dulu elu kaga jadi tuker giling livina ama grandis elu ke gw seeehh!!! ihihihihi \
ngga bos, gw ngga tambah2 dulu, percuma kalo dijual lagi jg malah rugi. palingan jg EM aja, itu jg mungkin hahahha.. gw malah pengen ada lazzy boy di baris ke 2 dan bangku driver kalo bisa malah.. kekekek biar kaga sakit pinggang.
kucluk wrote:Lama banget gw gak ikutan SM, ternyata ada kabarnya jugabahwa bro Ichsan sudah dapet unitnya.
Selamat ya![]()
![]()
![]()
Meskipun agak kecewa juga ya karena over ekspektasi tentang GL sebelumnya.
Gw juga jadi ingin nanya tentang hubungan AutoBild dengan Nissan. Karena yg jor2-an muji GL itu Auto Bild dibanding majalah/tabloid otomotif yg lain.
Dalam hati kecil gw juga sebenarnya agak kecewa jg dg ekpektasi gw sebelumnya. Kenapa gw ga milih Grandis seken saja kemarin ...
Tapi yah dengan harga segitu utk mobil baru memang masih worth it. Kalo mau bandingin GL, ya harus dengan mobil 3 baris yg lain. Seperti Avanza, Xenia, Carens utk harga baru yg relatif sama.
kalo dibandingin dg mobil2 diatas, GL masih dianggap paling bagus lah.
Sudah nambah apa Bro utk GL-nya ?? Jadi nambah EM ??
Gw lagi nyari box atas nih. Kalo bisa yg Probox , Soalnya Thule warnanya silver saja, gak ada yg item.
Gw lg cari Probox warna hitam, gak usah yg metalic. Abu2 juga gak masalah.
Mungkin ada yg bisa kasih info ??
Ato ada yg udah pasang roof box gak disini ??
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
sayang.. nyamannya aja masih kalah sama jazz.. ngga usah grandis lah.. jazz dulu aja lah
maxx wrote:Yup sama spt pendapat gw... for the moment .. GL is one of best choice for value MPV .. jangan ketinggian deh ekspetasinya tar kecewa.
Betuk kata bos kucluk .. bandingin GL jangan sama mobil pd kelas diatasnya.. apalg bila lo expect will get Grandis/Wish Features dg harga GL.. ya mimpi aja deh .. pasti lo bakal kecewa.
kucluk wrote:Lama banget gw gak ikutan SM, ternyata ada kabarnya jugabahwa bro Ichsan sudah dapet unitnya.
Selamat ya![]()
![]()
![]()
Meskipun agak kecewa juga ya karena over ekspektasi tentang GL sebelumnya.
Gw juga jadi ingin nanya tentang hubungan AutoBild dengan Nissan. Karena yg jor2-an muji GL itu Auto Bild dibanding majalah/tabloid otomotif yg lain.
Dalam hati kecil gw juga sebenarnya agak kecewa jg dg ekpektasi gw sebelumnya. Kenapa gw ga milih Grandis seken saja kemarin ...
Tapi yah dengan harga segitu utk mobil baru memang masih worth it. Kalo mau bandingin GL, ya harus dengan mobil 3 baris yg lain. Seperti Avanza, Xenia, Carens utk harga baru yg relatif sama.
kalo dibandingin dg mobil2 diatas, GL masih dianggap paling bagus lah.
Sudah nambah apa Bro utk GL-nya ?? Jadi nambah EM ??
Gw lagi nyari box atas nih. Kalo bisa yg Probox , Soalnya Thule warnanya silver saja, gak ada yg item.
Gw lg cari Probox warna hitam, gak usah yg metalic. Abu2 juga gak masalah.
Mungkin ada yg bisa kasih info ??
Ato ada yg udah pasang roof box gak disini ??
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
BETUULLLL

Risol1 wrote:betul tuh bro Sida....
sebelom beli mobil, sah2 aja kalo kita research2 dulu, banding2in semua mobil2 yang ada di list belanja kita, TD sebanyak2nya........
tapi kalo udah beli, ya dibawa seneng aja om ichsan....liat2 positifnya aja om....soalnya gw jg pernah ngalamin make mobil yang sebenernya kita gak suka/kecewa....jadinya kita gak enjoy makenya dan kalo kita gak enjoy/gak sayang, males kita ngerawatnya, dan ujung2nya mobil lebih cepet ancur beneran...![]()
makanya sekali lagi dan yg selalu sy tekankan di setiap posting sy yg lalu bahwa sebelom kita beli mobil, jangan terlalu OVER-EKSPEKTASI thd suatu merek.....jangan terlalu terpengaruh sama review2 orang/cerita2 di milis (anggap saja sebagai masukan), kita sendiri yang mustinya merasakan apakah mobil ini sesuai dengan kebutuhan kita...lha kan ujung2nya bayarnya pake duit sendiri
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
YUP.. Yaris punya .. soal udah ada sen ato belum meski liat sendiri wujudnya yg sudah terpasang gw lupa2 inget tuh.. udah lama juga sih liatnya cuma sekilas pula saat dulu kopdar ke Bandung.
ichsan_n wrote:oh pake punya yaris toh.. thanks maxx. itu udah pake sein jg? apa pasang lagi yang mirror sein nya?
maxx wrote:Gw mo info aja soal EM.. anak NLC udah ada yg pake EM Yaris tp yg dari aftermarket.. alias brg TW bukan asli, udah bisa foldable lagi.. 1.8jt termasuk pasang... ga perlu ubah2 kedudukan .. cuma perlu atur2 nyocokin kabel disocketnya .... met hunting deh.
ichsan_n wrote:Thanks bos kucluk.. kita punya pemikiran sama kalo gitu.. hanseenn!!! kenapa dulu elu kaga jadi tuker giling livina ama grandis elu ke gw seeehh!!! ihihihihi \
ngga bos, gw ngga tambah2 dulu, percuma kalo dijual lagi jg malah rugi. palingan jg EM aja, itu jg mungkin hahahha.. gw malah pengen ada lazzy boy di baris ke 2 dan bangku driver kalo bisa malah.. kekekek biar kaga sakit pinggang.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport