Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Jangan yg keras2 mbah... Ring washer kan kudu meng-gepeng (halah gak jelas ) dan ntr fit/ngepas diantara drain bolt sama oil pan ketika dikasih momen puntir tertentu.. nah fitnya ini yg bikin oli nggk bocor...
Au ah belibet bgt ane jelasinnya
Maklum bkn suhu bkn plopesol
mbah cari yg sebox aja. ukuran ring washer itu ada 3 yg jd perhatian; internal diameter (ini sesuai diameter ulir satuannya misal 12mm tulisannya M12. M stands for Metric), external diameter (ikutin diameter bibir drain plug), dan thickness.
bahan jangan yg baja mbah, yg kalah nanti oil pan nya. harusnya kan yg kalah ring washernya (mengikuti ketidak-rataan permukaan di oil pan.)
nah ini emg saya kepikiran mau beli sbox jg, cuman binggung mo yg mana
kan ini jg dah mo ganti oli, trus karena inget si mbah marmut perna wanti2 ampe pake kemoceng , kl ga bole make seal tape keran (padahal sbg aliran asemreges, saya sering pake seal tape).. dan si mbah omni perna pamerin ring2 washer dia
makanya saya kepikiran kali ini gantol nya mau yg proper.. pake washer2 an
cuman mikir2 kl ring baja lebi awet, knapa musti pake aluminum yg cuman skali pake
kl gt saya beli yg m12 ama m14 aj kali yah buat lobang2 jepun.. ehh mobil jepun
Taufiq6210 wrote: Sun Nov 15, 2020 10:08
Ikutan nimbrung mbah
Saya jadi ikutan nyari tau tentang ring washer, kalau masukin part no. nya ke google (0313 27) yang muncul itu bentuknya lebih ke arah kayak donat sementara di toped kalau nyari ring oli kebanyakan itu bentuknya kayak plat pipih gitu.
Screen Shot 2020-11-15 at 17.00.27.jpg
Bisa pake yang pipih aja ga ya atau harus tetep yang kayak gini?
Yg kaya donat itu sprtinya o ring karet yah
Biasa dipasang di sambungan/connector saluran aer...atau di connector saluran di mesin2 pompa aer, jet washer, dll... Cmiiw...
Ini nemu di ebay katanya bahannya tembaga... tapi masa ring washer aja sampe impor segala
0843185c-9f19-4a66-8375-1e50fbb95bdf.jpg
d luar negeri mmg ckup lumrah pake yg tembaga om.. malah di supermarket sparepart mobil di aussie, ring2 washer gt, banyak banget yg cuman tembaga doank
pengalaman ane di pasaran jarang ada ring washer yg ukurannya plek sama dgn bawaan mobil sebab drain plugnya aja ukurannya seenak'e dewek gitu, makanya ane aliran beli di beres yg ori. but ... your mileage may vary.
atau coba trik mbah dekan tuh, ke beres dpt hratis naik sepeda ontel pakai kaos belel sendal swallow muka cemong sarung tangan item.
, saya sering pake seal tape).. dan si mbah omni perna pamerin ring2 washer dia
-
membayangkan :
ngelilit seal tape ke baut drain plug.
pasang drain plug.
kencengin.
ada remah-remah seal tape masuk ke oil pan.
keisep dan nyangkut di strainer bawah.
ganti oli berikutnya, melakukan hal sama.
ada remah-remah seal tape masuk ke oil pan.
keisep dan nyangkut di strainer bawah.
makin banyak, makin banyak, makin banyak yang nyangkut di strainer, makin segerrrrr.........
wkwkwkwkwkwkw........
, saya sering pake seal tape).. dan si mbah omni perna pamerin ring2 washer dia
-
membayangkan :
ngelilit seal tape ke baut drain plug.
pasang drain plug.
kencengin.
ada remah-remah seal tape masuk ke oil pan.
keisep dan nyangkut di strainer bawah.
ganti oli berikutnya, melakukan hal sama.
ada remah-remah seal tape masuk ke oil pan.
keisep dan nyangkut di strainer bawah.
makin banyak, makin banyak, makin banyak yang nyangkut di strainer, makin segerrrrr.........
wkwkwkwkwkwkw........
coba kalo lagi iseng buka drain plug, masukin borescope trus intip strainernya.... sapa tau cilukbaaaa ada 2 gulung sealtape disitu.
ngomongin seal tape
jd inget waktu pertama kl buka baut drain tap ATF inofa saya, ternjata dipakein seal tape loh, entah itu SOP aisin warner dr jepun sana, atau pihak fabrik improvisasi sendiri
malam semua... .., ada 1 ganjalan di pikiran pas mau ganti pulley crankshaft.., menurut para sesepuh..,berdasarkan gambar ini apa fungsi dari parit lingkaran di tengah lubang as ini..,krn ada saya dpt yg gak ada paritnya dan ada paritnnya juga..,tapi sama2 untuk innova https://ibb.co/1RL0RsL dan ini yg tidak ada paritnya https://ibb.co/qpzbYbj
gentongxz wrote: Mon Nov 16, 2020 14:03
malam semua... .., ada 1 ganjalan di pikiran pas mau ganti pulley crankshaft.., menurut para sesepuh..,berdasarkan gambar ini apa fungsi dari parit lingkaran di tengah lubang as ini..,krn ada saya dpt yg gak ada paritnya dan ada paritnnya juga..,tapi sama2 untuk innova https://ibb.co/1RL0RsL dan ini yg tidak ada paritnya https://ibb.co/qpzbYbj
nah.... pertanyaan yang sama untuk para shifu disini.
gentongxz wrote: Mon Nov 16, 2020 14:03
malam semua... .., ada 1 ganjalan di pikiran pas mau ganti pulley crankshaft.., menurut para sesepuh..,berdasarkan gambar ini apa fungsi dari parit lingkaran di tengah lubang as ini..,krn ada saya dpt yg gak ada paritnya dan ada paritnnya juga..,tapi sama2 untuk innova https://ibb.co/1RL0RsL dan ini yg tidak ada paritnya https://ibb.co/qpzbYbj
nubie pikir itu gunanya utk duduknya oil seal yg di front covernya. oil seal yg ada lipatan (pasangannya groove itu). sedangkan kl oil sealnya sdh diganti aftermarket yg profil lipatannya berbeda maka dipasangkan dgn flange yg tanpa groove spy ga bocor. flat aja dudukannya jadinya.
ah tapi ini kan pendapat nubie aja yg ngalor ngidul apalagi sedang jet lag abis nyetir dr bali ke surabaya yg selisih 1 jam.
gentongxz wrote: Mon Nov 16, 2020 14:03
malam semua... .., ada 1 ganjalan di pikiran pas mau ganti pulley crankshaft.., menurut para sesepuh..,berdasarkan gambar ini apa fungsi dari parit lingkaran di tengah lubang as ini..,krn ada saya dpt yg gak ada paritnya dan ada paritnnya juga..,tapi sama2 untuk innova https://ibb.co/1RL0RsL dan ini yg tidak ada paritnya https://ibb.co/qpzbYbj
nah.... pertanyaan yang sama untuk para shifu disini.
ini dirinya sendiri maha shifu mbah rektor institut vorsprung durch technik yg punya pengalaman seabrek2 sampai multimeter meleduk mcb nyjepret bukannya jd narasumber malah ikut2an nanya.
gentongxz wrote: Mon Nov 16, 2020 14:03
malam semua... .., ada 1 ganjalan di pikiran pas mau ganti pulley crankshaft.., menurut para sesepuh..,berdasarkan gambar ini apa fungsi dari parit lingkaran di tengah lubang as ini..,krn ada saya dpt yg gak ada paritnya dan ada paritnnya juga..,tapi sama2 untuk innova https://ibb.co/1RL0RsL dan ini yg tidak ada paritnya https://ibb.co/qpzbYbj
Samain aj ama bawaan nya om
Ntuh parit mungkin sperti kata mbah omni, buat neken seal kruk as
Atau buat neken plaat sensor kruk as d mobil laen yg ukuran pulley nya sama
gentongxz wrote: Mon Nov 16, 2020 14:03
malam semua... .., ada 1 ganjalan di pikiran pas mau ganti pulley crankshaft.., menurut para sesepuh..,berdasarkan gambar ini apa fungsi dari parit lingkaran di tengah lubang as ini..,krn ada saya dpt yg gak ada paritnya dan ada paritnnya juga..,tapi sama2 untuk innova https://ibb.co/1RL0RsL dan ini yg tidak ada paritnya https://ibb.co/qpzbYbj
nubie pikir itu gunanya utk duduknya oil seal yg di front covernya. oil seal yg ada lipatan (pasangannya groove itu). sedangkan kl oil sealnya sdh diganti aftermarket yg profil lipatannya berbeda maka dipasangkan dgn flange yg tanpa groove spy ga bocor. flat aja dudukannya jadinya.
ah tapi ini kan pendapat nubie aja yg ngalor ngidul apalagi sedang jet lag abis nyetir dr bali ke surabaya yg selisih 1 jam.
kemungkinan ada benarnya..,kalo di liat untuk mencegah terjadi gesekan ke oil sealnya dan pertanyaan ke 2 coba perhatikan bagian kepalanya..,1 yg ada groove memiliki cekungan lebih dalam dari pada yg tidak groove..,apa fungsinya..?
gentongxz wrote: Mon Nov 16, 2020 14:03
malam semua... .., ada 1 ganjalan di pikiran pas mau ganti pulley crankshaft.., menurut para sesepuh..,berdasarkan gambar ini apa fungsi dari parit lingkaran di tengah lubang as ini..,krn ada saya dpt yg gak ada paritnya dan ada paritnnya juga..,tapi sama2 untuk innova https://ibb.co/1RL0RsL dan ini yg tidak ada paritnya https://ibb.co/qpzbYbj
Samain aj ama bawaan nya om
Ntuh parit mungkin sperti kata mbah omni, buat neken seal kruk as
Atau buat neken plaat sensor kruk as d mobil laen yg ukuran pulley nya sama
Atau produsen nya iseng aj ngasi tu parit
iya Pak DOHC harus beli yg sesuai ..,bisa bahaya kalo beda..,bisa terjadi gesekan di sana.. ,bisa jadi yg tidak ada groove untuk mesin 2TR-FE..,krn yg mesin 1TR-FE kayaknya harus memiliki groove/parit..,ada selisih di bagian kedudukan dalam cover timingnya..,kemungkinan yha
Last edited by gentongxz on Tue Nov 17, 2020 2:19, edited 1 time in total.
ini dirinya sendiri maha shifu mbah rektor institut vorsprung durch technik yg punya pengalaman seabrek2 sampai multimeter meleduk mcb nyjepret bukannya jd narasumber malah ikut2an nanya.
ini dirinya sendiri maha shifu mbah rektor institut vorsprung durch technik yg punya pengalaman seabrek2 sampai multimeter meleduk mcb nyjepret bukannya jd narasumber malah ikut2an nanya.
..............
mahashifu dari hongkong......
make obd scanner aja nyoloknya terbalik.
ga percaya. ga mungkin kebalik orang itu socket didesain idiot-proof
ini dirinya sendiri maha shifu mbah rektor institut vorsprung durch technik yg punya pengalaman seabrek2 sampai multimeter meleduk mcb nyjepret bukannya jd narasumber malah ikut2an nanya.
..............
mahashifu dari hongkong......
make obd scanner aja nyoloknya terbalik.
ga percaya. ga mungkin kebalik orang itu socket didesain idiot-proof
cuma bisa masup satu arah
Anuuu mbah
Saya pertama kali nyolok OBD dongle blutut cungkwo yg cuman citbango , jg tebalik koq
gentongxz wrote: Mon Nov 16, 2020 14:03
malam semua... .., ada 1 ganjalan di pikiran pas mau ganti pulley crankshaft.., menurut para sesepuh..,berdasarkan gambar ini apa fungsi dari parit lingkaran di tengah lubang as ini..,krn ada saya dpt yg gak ada paritnya dan ada paritnnya juga..,tapi sama2 untuk innova https://ibb.co/1RL0RsL dan ini yg tidak ada paritnya https://ibb.co/qpzbYbj
Samain aj ama bawaan nya om
Ntuh parit mungkin sperti kata mbah omni, buat neken seal kruk as
Atau buat neken plaat sensor kruk as d mobil laen yg ukuran pulley nya sama
Atau produsen nya iseng aj ngasi tu parit
iya Pak DOHC harus beli yg sesuai ..,bisa bahaya kalo beda..,bisa terjadi gesekan di sana.. ,bisa jadi yg tidak ada groove untuk mesin 2TR-FE..,krn yg mesin 1TR-FE kayaknya harus memiliki groove/parit..,ada selisih di bagian kedudukan dalam cover timingnya..,kemungkinan yha
2TR pun mustinya sama ya om
Soalnya dl saya perna beli vbelt, bearing2 ama tensioner nya aj dikasi tau nya sama antara 1 dan 2TR..
Ntuh parit mungkin sperti kata mbah omni, buat neken seal kruk as
Atau buat neken plaat sensor kruk as d mobil laen yg ukuran pulley nya sama
Atau produsen nya iseng aj ngasi tu parit
iya Pak DOHC harus beli yg sesuai ..,bisa bahaya kalo beda..,bisa terjadi gesekan di sana.. ,bisa jadi yg tidak ada groove untuk mesin 2TR-FE..,krn yg mesin 1TR-FE kayaknya harus memiliki groove/parit..,ada selisih di bagian kedudukan dalam cover timingnya..,kemungkinan yha
2TR pun mustinya sama ya om
Soalnya dl saya perna beli vbelt, bearing2 ama tensioner nya aj dikasi tau nya sama antara 1 dan 2TR..
mungkin ada parts lain yg berbeda..,karena menurut buku toyota dari YT ..,selisih beda cover 2TR dan 1TR sekitar 29mm..,tinggian 2TR...