Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Saya pertama beli busi iridium malah di Beres Toyota, sebiji gak sampe 100rb tuh. Denso Iridium Tough VK16, sekitar 2 taon lalu dah. Trus beberapa minggu lalu beli Iridium power IK16 di Graha Sakti, sebiji cuman 70an rebu...
Tapi emang ada beres yang iridiumnya mahal 1/2 idup, saya tanya di Beres Subaru alsut, ratusan rebu katanya sebiji...mending cari sendiri part number dan ganti
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
ecco wrote:Saya pertama beli busi iridium malah di Beres Toyota, sebiji gak sampe 100rb tuh. Denso Iridium Tough VK16, sekitar 2 taon lalu dah. Trus beberapa minggu lalu beli Iridium power IK16 di Graha Sakti, sebiji cuman 70an rebu...
Tapi emang ada beres yang iridiumnya mahal 1/2 idup, saya tanya di Beres Subaru alsut, ratusan rebu katanya sebiji...mending cari sendiri part number dan ganti
liat mobilnya subaru jg tau gimana mereka set harganya om
ecco wrote:Saya pertama beli busi iridium malah di Beres Toyota, sebiji gak sampe 100rb tuh. Denso Iridium Tough VK16, sekitar 2 taon lalu dah. Trus beberapa minggu lalu beli Iridium power IK16 di Graha Sakti, sebiji cuman 70an rebu...
Tapi emang ada beres yang iridiumnya mahal 1/2 idup, saya tanya di Beres Subaru alsut, ratusan rebu katanya sebiji...mending cari sendiri part number dan ganti
liat mobilnya subaru jg tau gimana mereka set harganya om
wkwkwkwk...waktu dikasih tau harga sama KaBeng...saya langsung mikir...nyang boneng aja iridium sebiji mahal gitu...ntar tunggu tanggalnya, tak bawa sendiri itu busi (kalok boleh) he..he..he..
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
Suhu2 sekalian, boleh tanya seberapa sulit kah mengganti seal Busi? kalo nggak sulit saya mau coba ganti sendiri di Yaris saya. sejauh ini kemampuan DIY saya cuman sebatas ganti busi, oli, filter oli, bersihin MAF he..he..he...
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
seal di utk engine head cover om maksud nya?? kalo di yaris / vios seinget ane karet utk masing2 seal busi dan engine head cover nya jadi satu paket... bentuknya mirip kaya ipah, cuman di ipah dipisah aja...
ganti nya sehh seharus nya ga sulit yahh di yaris, copot cover plastik tulisan vvt-i nya, trus copotin coil nya, copotin selang2 uap oli nya, trus buka 8-9 baut sekeliling engine head cover dan 2 baut gede di tengah2 engine head cover, antara coil 2 dan 3, busi ga perlu di copotin.... beres... kalo ada klip2 yg ngiket kabel nya, di congkel aja pake obeng philips yg pipih... stelah smua baut dibuka, coil di cabut... tinggal diangkat engine head cover nya, trus ntuh karet di tinggal di congkel dibuang...
btw, pola pengencangan baut2 nanti nya, seinget ane ada pattern nya, ga bisa maen asal kencengin...
usahakan kencangkan dulu baut2 sisi luar engine head nya, yg 2 baut di tengah itu yg terakhir dikencengin...
utk baut2 sisi luar, usahakan kencangkan dulu yg sisi paling kiri dan kanan secara diagonal atas bawah... nah sisa ditengah nya, tinggal di kencangkan dgn pola diagonal, dst...
kalo dulu ane bongkar enjin head ipah ane, sblom di bongkar, masing2 baut ane semprotin dulu pake penetran trus ane diemkan dulu... yg bkin horor d ipah ada 8 baut di tengah enjin head buat megang karet seal cover busi, itu karena posisi nya di tengah, dan agak ngejoglok ke dalem, rawan nampung air, bkin baut karatan dan rentan patah... kalo 10-12 baut di sisi luar enjin head nya mahh ga pusing, baut nya kuat2... kalo kata tukang jual baut di glodok, itu baut2 sisi luar nya campuran besi dan baja nya tinggi... beda ama baut tengah yg buat megang seal cover busi tsb, itu dari campuran aluminium dan besi nikel... ga terlalu kuat... entah bener atau kaga, ane ngangguk2 aja waktu dikasi tau...
ecco wrote:Suhu2 sekalian, boleh tanya seberapa sulit kah mengganti seal Busi? kalo nggak sulit saya mau coba ganti sendiri di Yaris saya. sejauh ini kemampuan DIY saya cuman sebatas ganti busi, oli, filter oli, bersihin MAF he..he..he...
om berarti punya pompa itu ya yg seperti tambal ban dipinggir jalan?
Om DOHC, terima kasih banyak atas informasinya. Sepertinya gak sulit2 amat yah he..he..he..blom yakin sih mau eksekusi sendiri atau serahkan yang lebih ahli .
Om montir, buat apa pompa?
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
ecco wrote:Om DOHC, terima kasih banyak atas informasinya. Sepertinya gak sulit2 amat yah he..he..he..blom yakin sih mau eksekusi sendiri atau serahkan yang lebih ahli .
Om montir, buat apa pompa?
ecco wrote:Om DOHC, terima kasih banyak atas informasinya. Sepertinya gak sulit2 amat yah he..he..he..blom yakin sih mau eksekusi sendiri atau serahkan yang lebih ahli .
Om montir, buat apa pompa?
semprot itu oli bekasbiar keluar om?
Nggak perlu Om, cukup biarkan menetes lalu tuang oli murah buat dorong sisanya untuk keluar. Trus dorong lagi oli murah pakai sedikit oli yang mau kita pakai. isi deh...ini pernah dibahas sebelumnya oleh Om Turbo juga . Dan saya cuman mempraktekan he..he..he..
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
ecco wrote:Om DOHC, terima kasih banyak atas informasinya. Sepertinya gak sulit2 amat yah he..he..he..blom yakin sih mau eksekusi sendiri atau serahkan yang lebih ahli .
Om montir, buat apa pompa?
semprot itu oli bekasbiar keluar om?
Nggak perlu Om, cukup biarkan menetes lalu tuang oli murah buat dorong sisanya untuk keluar. Trus dorong lagi oli murah pakai sedikit oli yang mau kita pakai. isi deh...ini pernah dibahas sebelumnya oleh Om Turbo juga . Dan saya cuman mempraktekan he..he..he..
master2 busi skalian... ane mau konsul donk busi ipah ane...
umur baru 2000 km, bbm premios slalu, oli 5-30, coil masi bagus, mesin ga geter2 pincang, start up pagi mudah, aki baru ganti, filter udara baru ganti, TB abis di poles... FC dalkot stabil di 1:7an, lurkot dgn style pembalap ga lulus bsa 1:9-10... kombinasi 1:8an...
tp knapa busi nya koq ada putih2 gt yahh di kepala nya, sperti yg ane kotakin merah.... apakah pembakaran ane terlalu lean ??
P1080582.JPG
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
saya perhatiin mesin jaman sekarang warna businya aneh kaya rada lean. mungkin karena waktu pengapian yang selalu maju mundur dan jumlah bahan bakar yang nyembur dari injektor nggak konstan bisa bikin warna busi kaya gitu. beda sama mesin non ecu dan masih karburator, yang waktu pengapiannya udah dipatok segitu nggak bisa berubah, warna businya bisa merah bata.
jadi selama nggak ngelitik, ya biarin aja (IMO).
btw jangan lupa periksa gap-nya busi.
marmut wrote:saya perhatiin mesin jaman sekarang warna businya aneh kaya rada lean. mungkin karena waktu pengapian yang selalu maju mundur dan jumlah bahan bakar yang nyembur dari injektor nggak konstan bisa bikin warna busi kaya gitu. beda sama mesin non ecu dan masih karburator, yang waktu pengapiannya udah dipatok segitu nggak bisa berubah, warna businya bisa merah bata.
jadi selama nggak ngelitik, ya biarin aja (IMO).
btw jangan lupa periksa gap-nya busi.
itu ipah ane warna busi nya kaya gt karena CO meter nya ane maenin om... waktu pake avo meter, ane stel ke 2, sekian volt... tp waktu ane stel ke 3 volt lebih, ntuh busi warna nya item legam... dan aneh nya kalo stelan bengkel resmi dulu jg selalu ntuh busi warna item legam berkerak....
mengenai warna merah bata... ada fenomena menarik di premios kta dulu... kaya nya ane perna post foto busi ipah ane jg dsini, kalo busi nya warna nya merah bata dengan endapan serbuk2 gt warna merah bata jg... demikian pula dgn busi livina dan apanja ane dl... kondisi busi nya sama persis... merah bata dgn serbuk2 merah... tp pas skrg dibuka lg, dgn setttingan mesin sama... uda ga perna lg kejadian kaya gt...
marmut wrote:saya perhatiin mesin jaman sekarang warna businya aneh kaya rada lean. mungkin karena waktu pengapian yang selalu maju mundur dan jumlah bahan bakar yang nyembur dari injektor nggak konstan bisa bikin warna busi kaya gitu. beda sama mesin non ecu dan masih karburator, yang waktu pengapiannya udah dipatok segitu nggak bisa berubah, warna businya bisa merah bata.
jadi selama nggak ngelitik, ya biarin aja (IMO).
btw jangan lupa periksa gap-nya busi.
Mesin mesin Closed Loop selalu mempertahankan AFR spy gak lari jauh dr 14,7 : 1 termasuk saat WOT
beda ama mesin2 open loop yg saat WOT bisa slightly rich
DOHC wrote:
itu ipah ane warna busi nya kaya gt karena CO meter nya ane maenin om... waktu pake avo meter, ane stel ke 2, sekian volt... tp waktu ane stel ke 3 volt lebih, ntuh busi warna nya item legam... dan aneh nya kalo stelan bengkel resmi dulu jg selalu ntuh busi warna item legam berkerak....
mengenai warna merah bata... ada fenomena menarik di premios kta dulu... kaya nya ane perna post foto busi ipah ane jg dsini, kalo busi nya warna nya merah bata dengan endapan serbuk2 gt warna merah bata jg... demikian pula dgn busi livina dan apanja ane dl... kondisi busi nya sama persis... merah bata dgn serbuk2 merah... tp pas skrg dibuka lg, dgn setttingan mesin sama... uda ga perna lg kejadian kaya gt...
kalo gitu coba kasih rich dikit tapi jangan sampe berkerak. kalopun ada kerak harusnya tipis banget dan gampang ilang pake kain lap.
Turboman wrote:Mesin mesin Closed Loop selalu mempertahankan AFR spy gak lari jauh dr 14,7 : 1 termasuk saat WOT
beda ama mesin2 open loop yg saat WOT bisa slightly rich
saat knock sensor ngedeteksi ping di silinder, AFR jadi agak rich kan oom? harus pendalaman materi sama oom Turbo biar tambah ngerti nih....
marmut wrote:
saat knock sensor ngedeteksi ping di silinder, AFR jadi agak rich kan oom? harus pendalaman materi sama oom Turbo biar tambah ngerti nih....
Setahu ane pengapian nya yg mundur, kalau AFR jadi agak rich / engga itu kurang paham / tergantung pemrograman ECU oleh si pabrik
Tapi yg jelas utk mesin2 yg meet std Euro III / beyond itu udah Closed Loop all the way, mau part OT atau WOT
Apalagi yg meet std Euro V, krn uji emisi Euro V ada klausul uji emisi saat WOT juga.
maka itu mesin2 closed loop tarikannya gak se - "nonjok" mesin2 open loop / karbu zaman dulu (spec & cc yg sama)
umur baru 2000 km, bbm premios slalu, oli 5-30, coil masi bagus, mesin ga geter2 pincang, start up pagi mudah, aki baru ganti, filter udara baru ganti, TB abis di poles... FC dalkot stabil di 1:7an, lurkot dgn style pembalap ga lulus bsa 1:9-10... kombinasi 1:8an...
tp knapa busi nya koq ada putih2 gt yahh di kepala nya, sperti yg ane kotakin merah.... apakah pembakaran ane terlalu lean ??