Perlakuan thd aki & embel2nye....

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by doq »

wah...lp udate :mrgreen: :mrgreen:
akhirnya setelah terpakai selama 2 thn lebih, aki kering baleno sy meninggalkan dunia fana utk selama2nya :upss: :upss:
setelah mengalami macem2 siksaan (kehabisan daya selama 2 bulan lbh & short body)
merk: amaron
type: lupa :mrgreen:

d ganti lg dg merk dan type yg sama pada awal november kmaren.......puas bgt pk nya hehehehe
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by BADAK »

Ya begitualah namanya aki, banyak faktor yg mempengaruhi umurnya.
Jangankan aki di mobil lama, aki di mobil yg sama2 baru pun belum tentu sama umurnya.
Makanya jaman sekarang percuma fanatik thd satu merk aki aja.
Oiya om sjam, setau gw aki hybrid plat nya memiliki kandungan calcium lebih tinggi dr tipe konvensional? Apakah hal ini berpengaruh thd aki, karena yg saya tau calcium ini mengurangi terjadi nya pengerak'an pada plat.
Antara aki konvensional dgn hybrid manakah yg memiliki cranking power lebih tinggi?
Saat ini yuasa mengeluarkan produk hybrid nya tanpa tambahan air zuur, sehingga pemakaiannya sama dgn yuasa konvensional. Tapi dr info yg saya dapat, aki hybrid ini memiliki umur lebih lama dan lebih bebas perawatan. Hanya kelemahannya tidak langsung start, alias menunggu min 3 jam. Gimana pendapat om sjam?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

BADAK wrote:1.Ya begitualah namanya aki, banyak faktor yg mempengaruhi umurnya.
Jangankan aki di mobil lama, aki di mobil yg sama2 baru pun belum tentu sama umurnya.
Makanya jaman sekarang percuma fanatik thd satu merk aki aja.

2.Oiya om sjam, setau gw aki hybrid plat nya memiliki kandungan calcium lebih tinggi dr tipe konvensional? Apakah hal ini berpengaruh thd aki, karena yg saya tau calcium ini mengurangi terjadi nya pengerak'an pada plat.

3.Antara aki konvensional dgn hybrid manakah yg memiliki cranking power lebih tinggi?

4.Saat ini yuasa mengeluarkan produk hybrid nya tanpa tambahan air zuur, sehingga pemakaiannya sama dgn yuasa konvensional. Tapi dr info yg saya dapat, aki hybrid ini memiliki umur lebih lama dan lebih bebas perawatan. Hanya kelemahannya tidak langsung start, alias menunggu min 3 jam. Gimana pendapat om sjam?
maap ya dak, untuk memudahkan menjawabnya, ane membagi menjadi 4 bagian......
1. setuju, banyak faktor yg mempengaruhi umur aki, makanya perawatan yg teratur harus diperhatikan, jangan ampe aki kekeringan airnya..... jadi wlp aki disebut maintenance free bukan bearti air akinya ga bisa berkurang lohhh.... jadi tetap aja air akinya bisa berkurang, wlp pengurangan air akinya lbh lama dari aki biasa....
mengenai merk aki, tergantung kepercayaan masing2.......
2. terus terang ane ga tau dak, krn ane ga ngarti apa itu calcium n ane ga tau cara liatnya apakah di aki tsb ada calciumnya..... jadi terima nasib aja, klo diboongin......
3. ini juga ane ga tau, krn ga punya alat ukurnya...... jadi tinggal liat di tulisannya aja yg tertera di akinya...... (klo diboongin nt juga ga tau khan).......
4. hmmm.... ane belon tau detailnya produk ini..... tp klo mau amannya sih, sebaiknya ikuti cara ane ajah, yaitu aki disetroom dulu ampe full, baru deh dipake akinye..... dah pasti ok......

Sekali lagi dak, wlp dibilang maintenance free, aki tetap memerlukan perawatan...... terutama di bagian kepala akinya yg suka timbul spt garam putih2 gitu.......klo dah timbul garam tsb, tp didiamkan aja, mk bisa dipastikan performa aki jadi menurun....... buntutnya adalah aki diganti, wlp sebenarnya aki msh bisa dipake......

smoga bermanfaat.............. :e-pray:
eNeR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1266
Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
Location: 64112

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by eNeR »

cara ngilangin 'garam' di kepala aki gimana?
...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by DOHC »

sirem air panas ama di amplas kalo cara ane sigh...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

DOHC wrote:sirem air panas ama di amplas kalo cara ane sigh...
ati2 bro DOHC, klo pake air panas.... salah2 kesirem lohhhh....... so mendingan diamplas aja......
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by DOHC »

emang kalo soal air panas musti yg ahli nya prop.... jadi ada baik nya kalo soal tuang2 air panas gt, panggil mpok warung indomie seberang gang aja... scara tiap ari kerjaan nya seduh indomie mulu kan... :big_weee: :big_weee: :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
eNeR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1266
Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
Location: 64112

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by eNeR »

siip, lha kalo buat nyegah biar gak muncul lagi?
...
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by doq »

tinggal d olesin gemuk aja oom ener....cukup membantu utk penghambatan timbulnya garam2 itu :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

DOHC wrote:emang kalo soal air panas musti yg ahli nya prop.... jadi ada baik nya kalo soal tuang2 air panas gt, panggil mpok warung indomie seberang gang aja... scara tiap ari kerjaan nya seduh indomie mulu kan... :big_weee: :big_weee: :big_weee:
itu khan warung langganannya si mandala.......hahahahaha...... :upss:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by DOHC »

lah kalo pake gemuk bukanya ntar malah ntuh gemuk menghambat hantaran listrik nya yah ???

ahh kalo warung nya om meong mahhh itu di gang sebelah nya lagi prop.... agak remang2 gt soalnya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

DOHC wrote:lah kalo pake gemuk bukanya ntar malah ntuh gemuk menghambat hantaran listrik nya yah ???

ahh kalo warung nya om meong mahhh itu di gang sebelah nya lagi prop.... agak remang2 gt soalnya...
kaga bro, makanya gemuk dioleskan setelah kepala akinya terpasang.............

waksss..... kok nt tau sih..... jangan2 nt sering ke sana ya......... wakakakakakaka....... :upss:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by DOHC »

sering ngintip aja bro, kaga dikasi masuk ama preman2 sana, masi dibawah umur katanya... :frm_bang_head:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

DOHC wrote:sering ngintip aja bro, kaga dikasi masuk ama preman2 sana, masi dibawah umur katanya... :frm_bang_head:
mangkenye makan yg banyak do (dohc)..... biar cepet gede gituuu...... wakakakakakaka....... :upss:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

doq wrote:wah...lp udate :mrgreen: :mrgreen:
akhirnya setelah terpakai selama 2 thn lebih, aki kering baleno sy meninggalkan dunia fana utk selama2nya :upss: :upss:
setelah mengalami macem2 siksaan (kehabisan daya selama 2 bulan lbh & short body)
merk: amaron
type: lupa :mrgreen:

d ganti lg dg merk dan type yg sama pada awal november kmaren.......puas bgt pk nya hehehehe
mudah2an akinye panjang umur doq...... :mrgreen:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by doq »

amiiiin :mrgreen: :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by DOHC »

ane jg doain biar panjang umur deh aki nya om dog






















* eh maksud ane, om doq gt.... :mrgreen: :mrgreen:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by BADAK »

aki amaron bagus ya? ada yg udah pernah pake? tuh cuman keluar untuk tipe aki kering doang?
Setau gw tuh aki digaransi 1th :e-think:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

DOHC wrote:ane jg doain biar panjang umur deh aki nya om dog


* eh maksud ane, om doq gt.... :mrgreen: :mrgreen:
belon aja sehhh..... nt digigit ama dia....... secara giginye khan dah diasah............ :upss: .....

kaboerrrrrrrrrrrrrrr............ sebelon digigit........... :ngacir: :ngacir: :ngacir: ...........
eNeR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1266
Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
Location: 64112

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by eNeR »

thanks, segera ditindak lanjutkan, ganti..... krrrrk....
eh, ngemeng-ngemeng seumpama gemuknya diganti ama chainlube/oli gimana ya? soalnya di tempatku gemuknya sekarang udah kurus.....
...
herbid
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by herbid »

Sharing, Kijang capsul pake Aki GS 45 umurnya udah 3,5 tahun (dari April 2006),
kondisi Standar AC, belum power window, tidak pakai power steering dan tanpa Central lock (Alarm).
kira2x 2 minggu terakhir sudah agak mulai berat kalo Cranking pagi.

Tipsnya,
Setiap pulang ke rumah setelah perjalanan yang panas,
saya biasa membuka kap mesin lalu mengkompres aki tsb dengan kain yg dibasahi air ledeng,
kompres saya biarkan semalaman hingga mau dipakai besok paginya.

Tujuannya biar aki menjadi lebih dingin,
karena aki yang dingin lebih mampu menyimpan tegangan.

Smoga bermanfaat.
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

^^
:thanks: ... :frm_tumbright:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by maskopat »

sjamsul wrote:
DOHC wrote: logh anehh... yuasa yg ane pake di civic ane masi awet tuh ampe ari ini, uda lewat 2 taon logh padahal... cuman yah tiap ari mobil ada dipanasin sigh, ama kontrol air aki ga perna alpha....
di mbl bini ane....... wlp dah ampir 3 taon ga masalah bro....... pake merk incoe tipe NS60..... cuma yah itu..... bini ane jadi ketakutan ndiri.... krn udah hampir 3 taon aki ga rusak2....... akhirnya wlp aki belon mati, bini ane minta digantiin deh akinya...... pake GS tipe NS60 ........... n ditambahkan ramuan ajaib.......biar akinye panjang umur......... hehehe...... :upss:
nah, yang ane gede dan besarin tuh perlu dikasih tahu... :big_peace:

ane pake GS Hybrid, air sering kosong (ngecek air aki kalo inget doang), 1 minggu gak pernah jalan.. pernah kejadian lampu idup seharian (lupa matiin).. tahan tuh 4 tahun lebih... :e-whistle:
tapi ya itu, mobil ane SL... yang kagak pernah rusak... :ngacir: :ngacir:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

maskopat wrote:
sjamsul wrote:
DOHC wrote: logh anehh... yuasa yg ane pake di civic ane masi awet tuh ampe ari ini, uda lewat 2 taon logh padahal... cuman yah tiap ari mobil ada dipanasin sigh, ama kontrol air aki ga perna alpha....
di mbl bini ane....... wlp dah ampir 3 taon ga masalah bro....... pake merk incoe tipe NS60..... cuma yah itu..... bini ane jadi ketakutan ndiri.... krn udah hampir 3 taon aki ga rusak2....... akhirnya wlp aki belon mati, bini ane minta digantiin deh akinya...... pake GS tipe NS60 ........... n ditambahkan ramuan ajaib.......biar akinye panjang umur......... hehehe...... :upss:
nah, yang ane gede dan besarin tuh perlu dikasih tahu... :big_peace:

ane pake GS Hybrid, air sering kosong (ngecek air aki kalo inget doang), 1 minggu gak pernah jalan.. pernah kejadian lampu idup seharian (lupa matiin).. tahan tuh 4 tahun lebih... :e-whistle:
tapi ya itu, mobil ane SL... yang kagak pernah rusak... :ngacir: :ngacir:
klo mau tau, tinggal angkat tlp aja bro, nanti kite ngobrol2 di tlp.... ok...

air sering kosong, maksudnya gimana bro...... apakah air sering berkurang dlm jangka waktu yg sama ?.... misalkan klo di awal cuma nambah 1/2 botol dlm jangka waktu 3 bulan, trus apakah dlm jangka waktu yg sama penambahan air akinya jadi lbh banyak....misalkan jadi 1 botol ato lbh.....
klo benar, bearti cell akinya dah mulai kurang baik...... :mrgreen: ...
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by BADAK »

Om sjam, gw barusan beli charger merk Delta yg kyk om bilang. Tapi kata penjualnya Delta japan udah ga ada, akhirnya gw beli yg lokal aja. Kira2 gimana ya cara make nya om, tolong pencerahannya? Kalo accumulater cell tester itu cara kerjanya gimana ya om? thx..
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today