Aki mobil yang dipakai
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Mon Oct 20, 2014 15:40
Re: Aki mobil yang dipakai
Kl rajin di kontrol volume air nya trus di kuras mungkin bisa lebih awet Aki basah
Sent from my iPhone using Tapatalk
Sent from my iPhone using Tapatalk
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Aki mobil yang dipakai
betul om chacha udah gitu sering si strom..maksudnya di starter ..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Aki mobil yang dipakai
Airnya harus dikuras om?chacha9239 wrote:Kl rajin di kontrol volume air nya trus di kuras mungkin bisa lebih awet Aki basah
Sent from my iPhone using Tapatalk
Ga perna kuras sih cuna nambahin terus aja. Hehe.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Aki mobil yang dipakai
selalu pake aki basah, kasih tambahan kabel ground, tiap mobil abis dipake kap mesin dibuka biar panas mesin terbuang dan ga kejebak d mesin coz musuh baterai adalah panas dan air, hasilnya umur aki bisa sampe 5 tahun
ramah d kantong dan ramah lingkungan
ramah d kantong dan ramah lingkungan
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Aki mobil yang dipakai
oalah..gara2 untuk saving erm...mungkin ga sampai 400rb namun harus buka mesin setiap abis jalan..rasanya kalo dirata2, itu ongkos bayarin buka kap dan tutup tidak sampai rp500.lemonadelovers wrote:selalu pake aki basah, kasih tambahan kabel ground, tiap mobil abis dipake kap mesin dibuka biar panas mesin terbuang dan ga kejebak d mesin coz musuh baterai adalah panas dan air, hasilnya umur aki bisa sampe 5 tahun
ramah d kantong dan ramah lingkungan

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Aki mobil yang dipakai
Untung aki saya di bagasi...lemonadelovers wrote:selalu pake aki basah, kasih tambahan kabel ground, tiap mobil abis dipake kap mesin dibuka biar panas mesin terbuang dan ga kejebak d mesin coz musuh baterai adalah panas dan air, hasilnya umur aki bisa sampe 5 tahun
ramah d kantong dan ramah lingkungan
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Aki mobil yang dipakai
maksud om?octafiantos wrote:Untung aki saya di bagasi...lemonadelovers wrote:selalu pake aki basah, kasih tambahan kabel ground, tiap mobil abis dipake kap mesin dibuka biar panas mesin terbuang dan ga kejebak d mesin coz musuh baterai adalah panas dan air, hasilnya umur aki bisa sampe 5 tahun
ramah d kantong dan ramah lingkungan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Aki mobil yang dipakai
Ga perlu buka kap mesin kalo mau awet hehe. Orang akinya dah di bagasi, ga kena panas.montirangin wrote:maksud om?octafiantos wrote:Untung aki saya di bagasi...lemonadelovers wrote:selalu pake aki basah, kasih tambahan kabel ground, tiap mobil abis dipake kap mesin dibuka biar panas mesin terbuang dan ga kejebak d mesin coz musuh baterai adalah panas dan air, hasilnya umur aki bisa sampe 5 tahun
ramah d kantong dan ramah lingkungan
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Aki mobil yang dipakai
mesinnya dimana?octafiantos wrote: Ga perlu buka kap mesin kalo mau awet hehe. Orang akinya dah di bagasi, ga kena panas.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Aki mobil yang dipakai
Emang perna baca sih relokasi aki ditaro di bagasi, mesin tetap di depan. Hehehe. Tapi ga tau prosedurnya gimana, om montir.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Aki mobil yang dipakai
Sangat bisa jadi mobil eropa..montirangin wrote:mesinnya dimana?octafiantos wrote: Ga perlu buka kap mesin kalo mau awet hehe. Orang akinya dah di bagasi, ga kena panas.
Sent from my Siemens C35 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 960
- Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07
Re: Aki mobil yang dipakai
Wah, ide bagus tuh. Saya minat pindahin ecu dan aki ke tempat yg lbh adem he he he
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Aki mobil yang dipakai
jadi mesin depan aki belakang gitu?VanzMatic wrote:Sangat bisa jadi mobil eropa..montirangin wrote:mesinnya dimana?octafiantos wrote: Ga perlu buka kap mesin kalo mau awet hehe. Orang akinya dah di bagasi, ga kena panas.
Sent from my Siemens C35 using Tapatalk
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Aki mobil yang dipakai
Iya om, mesin di depan aki di bagasi. Kalo yang model gini biasanya ada terminal + di kompartemen. Jadi kalo nyari arus atau mogok bisa dijumper via terminal depan.montirangin wrote:jadi mesin depan aki belakang gitu?VanzMatic wrote:Sangat bisa jadi mobil eropa..montirangin wrote: mesinnya dimana?
Sent from my Siemens C35 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 611
- Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36
Re: Aki mobil yang dipakai
Honda Nouva swap pake B16 juga rata-rata akinya di bagasi... Ruang mesinnya udah ga muat 
Aki basah saya pake NS bawaan pabrik, bertahan hampir 4 tahun. Masih bisa dipakai start hingga muatan listrik terakhir (malam normal, pagi kaput :p)
Sekarang pake GS MF aja. Yang jual bisa delivery soalnya, hehehe

Aki basah saya pake NS bawaan pabrik, bertahan hampir 4 tahun. Masih bisa dipakai start hingga muatan listrik terakhir (malam normal, pagi kaput :p)
Sekarang pake GS MF aja. Yang jual bisa delivery soalnya, hehehe
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Aki mobil yang dipakai
Kalo bukan bawaan ya modal kabel. Pake kabel las bisa, yang bisa hantar arus tinggi ditarik ke belakang via firewall terus ke belakang sampai bagasi. Di kompartemen mesin dibikinin terminal buat kutub (+) , jadi kalo mogok mau jump start ga perlu buka bagasi.sintoni wrote:Emang perna baca sih relokasi aki ditaro di bagasi, mesin tetap di depan. Hehehe. Tapi ga tau prosedurnya gimana, om montir.
Sent from my R821 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Aki mobil yang dipakai
Nanggung om.ecco wrote:Wah, ide bagus tuh. Saya minat pindahin ecu dan aki ke tempat yg lbh adem he he he
Ada aliran sendiri, wire tuck. Sekalian aja semua wiring, ecu, booster, selang2 dll diumpetin. Jadi kompartemen trondol isi mesin doang kelihatannya. Kabel diumpetin di firewall sama di fender. Coba aja googling wire tuck [emoji51]
Sent from my R821 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Aki mobil yang dipakai
semua hanya untuk ....??? omgoctafiantos wrote:Nanggung om.ecco wrote:Wah, ide bagus tuh. Saya minat pindahin ecu dan aki ke tempat yg lbh adem he he he
Ada aliran sendiri, wire tuck. Sekalian aja semua wiring, ecu, booster, selang2 dll diumpetin. Jadi kompartemen trondol isi mesin doang kelihatannya. Kabel diumpetin di firewall sama di fender. Coba aja googling wire tuck [emoji51]
Sent from my R821 using Tapatalk
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Aki mobil yang dipakai
Kalo biasa orang2 di forum, bisa bantu pendinginan di enjin bay om.
Terus jg kasi space buat pasang parts2 aftermarket gt
Terus jg kasi space buat pasang parts2 aftermarket gt
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 960
- Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07
Re: Aki mobil yang dipakai
Om Montir, kalo saya tujuan utamanya bukan aki, tapi ecu he he he...jadi bukan untuk hemat duit aki kok wkwkwkwk...begitu start pagi lbh lama dari yg biasa, aki lgsg saya ganti
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Aki mobil yang dipakai
oooo..kalo ecu wajar..itu barang berharga banget. kirain akiecco wrote:Om Montir, kalo saya tujuan utamanya bukan aki, tapi ecu he he he...jadi bukan untuk hemat duit aki kok wkwkwkwk...begitu start pagi lbh lama dari yg biasa, aki lgsg saya ganti


-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Mon Feb 03, 2014 14:31
Re: Aki mobil yang dipakai
Untuk beberapa mobil buatan eropa yg saya tau memang menempatkan baterry di bagasi (BMW mulai E36 klo gak salah) malah ada yg di bawah jok belakang (mercedes benz w210 aka new eyes).montirangin wrote:
jadi mesin depan aki belakang gitu?
- mungkin untuk distribusi bobot
- mungkin kompartemen mesin sudah terlalu penuh
- mungkin untuk safety
- dll para ahli tolong tambah
Nah kalau yg batery nya diletakkan di bagasi atau di bawah jok belakang, wajib hukumnya pakai aki kering (kering ya bukan MF) karena kalo pakai batery basah, terancam kena asma tuh penumpang mobil hirup uap batery
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Aki mobil yang dipakai
emang kenapa sih dengan posisi aki nggak di ruang mesin? daihatsu taft 80'an akinya dibawah jok supir....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Aki mobil yang dipakai
ga pa pa om. hanya kalo udah selalu punya mobil yg di gabung posisinya, kayaknya gimana gitumarmut wrote:emang kenapa sih dengan posisi aki nggak di ruang mesin? daihatsu taft 80'an akinya dibawah jok supir....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Aki mobil yang dipakai
Aki di bawah jok tertutup jok dan cover bawah jok serta terlindung karpet. Tersedia lubang hawa juga untuk aki basah buat buang hawa dan kelebihan air aki. Rasanya sih berlebihan kalo hawa aki tembus kabin sampe asma. Belum pernah denger pemakai e34 komplain soal hal ini, hehehe.tiara245 wrote:Untuk beberapa mobil buatan eropa yg saya tau memang menempatkan baterry di bagasi (BMW mulai E36 klo gak salah) malah ada yg di bawah jok belakang (mercedes benz w210 aka new eyes).montirangin wrote:
jadi mesin depan aki belakang gitu?
- mungkin untuk distribusi bobot
- mungkin kompartemen mesin sudah terlalu penuh
- mungkin untuk safety
- dll para ahli tolong tambah
Nah kalau yg batery nya diletakkan di bagasi atau di bawah jok belakang, wajib hukumnya pakai aki kering (kering ya bukan MF) karena kalo pakai batery basah, terancam kena asma tuh penumpang mobil hirup uap batery
Apalagi yang di bagasi.
Saya pakai aki basah di bagasi.
Sent from my R821 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.