kiting wrote:Halo bro semua! berhubung hari puasa pertama, saya ucapkan selamat berpuasa bagi yang menjalankan mudah2an sukses melawan "diri sendiri"!!
wah maap nih br bisa log-in hr ini...kayaknya lg pada seru tuh bahas senior-junior hehehe kayaknya g gk mau terlibat polemik dah..bukan apa2 tampang sih masih junior cuman ktp gk bisa di-boongin
santi g alhamdulillah udh sehat setelah 2 minggu kemaren nginep 4 malam di beres cilandak, akhirnya mereka menemukan problem yang buat santi g jalannya ndut2an, knalpot nembak en mesin mati. Masalahnya ternyata sensor CPK pecah (kalo gk salah namanya, kotak kecil hitam dengan kabel panjang plus piringan) yang posisinya ada disamping timing belt, sensor itu katanya berupa magnet dan koil. Nah setelah diganti dengan biaya 1,024 jt termasuk jasa 300 rebu, keluhan awal sudah ilang

. Seminggu sebelum kejadian emang g ganti timing belt+fund belt di bengkel biasa langganan g (bukan beres), nah kemungkinan -dugaan sih-si mekanik secara gk sengaja merusak sensor tsb dan menurut beres juga kecil kemungkina sensor tsb pecah dalam posisi normal mengingat letaknya yang rada nyempil. gitu deh sekedar info buat yang mo ganti timing belt jg coba di ingetin si montir biar rada ati2

halo juga pak kiting...
yaah syukur masalah santi-nya sudah ketemu....
Well, kadangkala, untuk membuat kita lebih sayang dan lebih dekat/mengenal si dia, kita memang dihadapkan kepada situasi seperti pak kiting gitu loh.... Yang namanya mencintai kan ya apa adanya, susah dan senang kan hehehe...
Saya dulu juga gitu kok pak, pertama kali sampe hampir stress....ni doi rewel dan ngambek melulu, yang inilah yang itulah dll...
Tetapi setelah "ditelateni" dan didalami, sekarang sih saya sudah tau "maunya" dia...yaahh syukur sudah lama tidak ada masalah dengan santi.
Yang perlu dicermati, di santi ini banyak kelistrikannya yang dapat dibilang ringkih dan begitu banyak sensor di ruang mesinnya. Padahal, boil santi ni kan tidak populer di indonesia, jadi banyak mekanik umum di indonesia jadi kurang "familiar'. Efeknya ya, kalo mereka otak-atik mesin ini, mereka jadi kurang "aware/waspada" terhadap beberapa parts sensor/kelistrikan.
Pengalaman saya pribadi, saya pernah mengalami pecah selang power steering, ta bawa bengkel sembarang yang terdekat, toh pikir saya cuma ganti selang power steering ini. Waktu si mekanik ini otak-atik di ruang mesin, dia nyeletuk, "wah ni mesin banyak sekali kabel dan colokkan berseliweran, bikin ribet aja"...dari situ saya lantas hati - hati ga sembarang pilih bengkel/mekanik buat otak atik mesin/kelistrikan.
Terus terang mekanik "tradisional" di negara kita, kalo ada masalah teknis, penyelesaiannya adalah cenderung bagaimana "mengakali" daripada berusaha bagaimana "mengembalikannya seperti aslinya". Yaa, pertimbangannya banyaklah, dari biaya, kecepatan kerja, opini pribadi, dll....
Makanya boil - boil yang secara beredar di tanah air, yg secara teknologi lebih advance (kalo gabole dibilang canggih), malah dijauhi dan dianggap rewel...heheheh.... Padahal sama para engineer pabrikannya, teknologi itu dibuat advance tujuannya supaya nggak rewel dan "less in maintenance"