maskopat wrote:VanzMatic wrote:Saya bukan master om.. Saya hanya rahayat jelantah..eh..jelata..
Kalo antara Kijang diesel atau Kuda Diesel, butuhnya yang bener2 bisa angkut jumlah banyak atau tidak?
Kalau seingat ane, dari sisi mesin, Kijang Diesel kuat di torsi, kalau udah high speed, udah nggerung gerung.
Kalau Kuda diesel, kekuatan torsi sedikiit dibawah Tokidis, tapi hirev di Kuda engga separah tokidis gerung2 nya.
Ini subjektif di ane lo.
Tokidis LSX/LGX diesel, cukup lapaaang dalemannya. Apalagi row ketiga nya si tokidis, nyaman buanget.
row ketiga Kuda, dengkul ane udah hamper mentok dgn kursi row dua.
Perawatan, sama sama kendaraan tuir, Tokidis lebih mudah dicari sparepartsnya. Kalo Kuda Diesel, sangat disarankan cari spareparts di bengkel resmi saja, walaupun di bengkel biasa juga berceceran spare parts yang banyak sama dengan L300. Tapi, berhubung sebab akibat Kuda ini dari sono nya emang diciptakan untuk highspeed, secara otomatis, mau tidak mau, suka tidak suka, tubuh kita juga jadi kepengaruh untuk bejek gas terus kalo mesinnya sehat.
Kalau Tokidis, entah kenapa, ane jadi ngga mood untuk narik narikan/bejek2 gas.
*mana nih mod Kopat?

hadir om.... ya faktor pemilihan Kudis dan Kidis sih seperti yang om VM bilang..
oh ya, om billyd1773dz rasanya pernah miara kudis dan kidis... kita tunggu aja apakah beliau bersedia share di sini...
hadir om....
kebetulan pernah miara kuda kijang n panther hehehe
yg pertama dipinang kuda diesel dulu taun 2000an waktu pertama kli keluar tu varian diesel first carnya bokap gw....

, terus 1 thun kemudian L300 minibus kantor di tuker kijang diesel 97. L300 pickup diganti panther 2002 pickup...

gw masih sd/smp waktu itu........
yup ampir sama kya kata suhu2 di atas... soal karakter mesin.. Kuda mantep bngt high rev nya untuk diesel n.a di putaran atas tidak ngegerung dan masih bisa laju. di tol d jamannya asa uda pling enak aja...
sebaliknya kijang di putaran atas ngegerung dan berisik d tol kurang nyaman. tpi soal nanjak.. sekalipun kijangnya lebih tua 3-4thnan tapi lebih kuat kijang mudah aja nempel kuda, yg waktu itu kudany uda di oprek dikit2 sma bokap pke turbo2an elektrik gtu.. dikit sih efeknya..
bawa kijang memang rada beda, usable rpmnya sampai 2500 uda hrs di oper.. lebih dri itu uda g ada tenaganya n berisik... tp dengan shift cepat di gigi tinggi kijang masih bisa lari dan kuat nanjak... karna mainya rpm rendah otomatis di atara kuda n panther jadi pling irit.
kuda harus main RPM atas.. di panteng dan shift saat redline mantep dan g ngegerung... rasanya nyoba diesel n.a cuma kuda aja yg gini.... yup enak bwat d tol dan jalur rata.. namun sayang bwat nanjak kurang enak mesti sering downshift, meski ga ngegerung tetep aja ke penumpang lebih berisik dan kurang nyaman
panther........ dulu gw bljr nyupir dri L300, kuda kijang, panther... yang paling susah nyupir panther.... asa pling liar n responsif putaran bawahnya. ke putaran atas juga enak aja ga ngegerung kaya kijang... rasanya rata. throttle control *kaki kanan* jaman sd kls 6 gw susah amet bikin akselerasi smooth.... pasti jedut2an wkwkw

meski ujungnya akhir smp 2-3 thn kemudian yg di ksih permit bawa malah panther haha

rpm brp nya g tw.. karna pickup kaga ada tachometernya haha
tahun 2004 yg kuda paling pertama kerasa makin kendor tenaganya........ asap kebul, dan uda g asik aja larinya, kijang n panther masih seger2 aja tuh... memang kelebihan kuda di tol dan high speed, syangnya kota gw d tasik y g bgtu berguna yah... hehe

akhirny d d putusin di lepas kudanya, bokap tuker sedan.
yg kuda yg paling di rawat karna punya bokap pribadi, kijang panther itu punya kantor.. jadi y tau lah bnyk tangan yg pakai, ada yg perlu juga di pinjem2in...
pernah turing dgn temen2 SMA k pgnd gw pke kijang.. temen pke panther touring turbo baru.... sempet gantian nyupir, n klw nanjak juga keliat panther touring selalu g bisa nempel tokidis, bru d jalan datar panther lebih kenceng. catatan refueling juga kijang lebih irit. lupa lg detailnya 1: brpnya hehe
panther yg baru memang lebih kecil tenaganya di banding yg lama.
baru 2010-11 kemarin yg kijang akhirnya d jual tuker ipah diesel... KM uda 500K lebih, blm pernah turun mesin, dan rasanya blm pernah mogok atw rusak berat. memang uda kendor juga ni mesin.. blm pernah di kalibrasi atau purging haha

padahal ni tokidis di pasang ban MT 30" dan klw rocky gw lg di kandangin, sering iseng2 masuk jalur oprut pke tu tokidis, 4x2 bearti kuncinya momentum jadi ada apa di didepan gaspoll hajarr............ haha

bandel ni mobil.
panther sampai skrng masih di pakai... uda sedih klw liat body n kabinnya penyok karat n robek di sana sini bukti joroknya orng yg pke....... tp klw gw pinjem n pakai.... engine masih responsif bngt....enak di pkenya.. :thumbup: asap masih wajar, clutch n gb juga wajar. kelemahan panther di axle blkng klw g salah jadi ada 2 bagian... di situ pernah patah dan ban nya lepas.... memang pickup suka di pke ngangkut berat sih..

panthernya masih yg baut 4, yg baru kan 6
setelah kuda di lepas... panther n kijang di kasih ban MT 30" biar klw ke kebon n kepaksa asruk2an g takut wkwkw
handling n suspensi... kuda pling baik.. apalagi punya bokap di ganti als coil spring axle blkngnya.... haha

panther nya pickup jd y keras.. seengaknya stir bisa di nilai, masih ball n nut jadi g sesensitif rack n pinion kya di kijang n kuda.
kabin.. paling gede n lega jelas kijang... ini juga alasan kijang yg d pertahanin sekalipun lebih tua...
kualitasnya sih memang lebih baik kuda yah, desain juga lebih baik kuda. kuda gw masih yg first gen.. jok 3rd juga masih adu dengkul... tp di modip sih yg tengah ke blkng.. yg tengah jadi captain seat. itu pun rasanya masih sempit.
imho ke3 mobilnya ini bandel semua, rasanya g akan salah pilih salah satu dri ini....
tenaga pling berkesan sih panther... soal halus dan highspeed kuda.. bandel n irit kijang hehe
sebelum punya mbl ini keluarga pke L300 minibus n pickup... kenangan pling berkesan.. selain mbl pertama bljr nyupir juga saat mogok wkwk.. gw masih terlalu kecil bwat inget penyebapnya detailny apa. dulu l300nya yg bensin.. kyanya seputar pengapian.. paling sering klw lagi banjir.. yg klw mesin kolong rawan bngt kena air..

dulu demen bngt klw banjir n mobil masuk ke situ *main air* dan klw pke L300 pasti mogok hahaha

jadi klw bokap mw ngajak main air, pke chevy Luv ... sblmnya punya taft kebo sih, syang di jual..
cmiiw
