Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
dimasapri wrote:Pak Turbo,
Kalau oli dg kandungan spt ini:
- Sulfated Ash: 1.3 % wt
- Zinc : 0.146 % wt
- TBN : 11.3
Apakah masih aman untuk mobil bensin flat tapet cam & non catalytic converter?
Kira2 masih aman untuk ring piston gak ya?
Oli ini msh API SL SAE 15W40.
Terima kasih sebelumnya
Bisa....tapi kentel amat.....itu pasti oli Diesel yah
Utk Gasoline lebih enak pakai 10W40 aja.....or lebih enak lagi pakai 5W30 jika selama ini ga pernah terjadi penguapan yg besar.
Turboman wrote:
Bisa....tapi kentel amat.....itu pasti oli Diesel yah
Utk Gasoline lebih enak pakai 10W40 aja.....or lebih enak lagi pakai 5W30 jika selama ini ga pernah terjadi penguapan yg besar.
Mobilnya tahun brp ?
Benar Pak Turbo, ini oli CI-4 / SL.
Mobil tua tahun 2000, makanya tidak berani pakai oli encer.
Yang saya kuatirkan itu TBN & ash-nya.
Kalau terlalu tinggi untuk mobil bensin, takutnya merusak mesin terutama valve & ring piston.
Zinc 0.146 % wt apa sama maksudnya dengan ZDDP? Konversinya ke ppm berapa ya?
Turboman wrote:
Bisa....tapi kentel amat.....itu pasti oli Diesel yah
Utk Gasoline lebih enak pakai 10W40 aja.....or lebih enak lagi pakai 5W30 jika selama ini ga pernah terjadi penguapan yg besar.
Mobilnya tahun brp ?
Benar Pak Turbo, ini oli CI-4 / SL.
Mobil tua tahun 2000, makanya tidak berani pakai oli encer.
Yang saya kuatirkan itu TBN & ash-nya.
Kalau terlalu tinggi untuk mobil bensin, takutnya merusak mesin terutama valve & ring piston.
Zinc 0.146 % wt apa sama maksudnya dengan ZDDP? Konversinya ke ppm berapa ya?
Kalo mesin masih prima, penguapan oli kecil, pakai 10W40 ga masalah
TBN sampe 12 masih masuk range wajar utk mesin gasoline, oli2 Amsoil rata2 TBN nya 12
Turboman wrote:
Penguapan oli sejauh ini masih kecil atau besar ?
Kalo dah gede boleh coba kasih Nano Energizer, trus oli pake 15W40 aja
Utk mesin super high mileage pemakaian engine treatment seringkali membantu
*bukan seles additip*
ngk besar kok paling 3bln baru nambah sangat sedikit...saya sih ngk terlalu suka juga nambahin additip2 begitu...emang dampak 5W-50 itu apa? beda jauh y sama 5W-40?
tanya lg ke master2 dsni...kok mobil ane itu sering berisik y skrng mesinnya...kyk agk bergetar gt kl lg berhenti di rem...biasa sih pas lg stop and go lagi kena macet2 di jakarta...
kl jln lancar mah hening, distop sekali tahan rem ngk bergetar....ni ada hubungannya ngk y sama oli mesin atau maticnya??
frozenova wrote:tanya lg ke master2 dsni...kok mobil ane itu sering berisik y skrng mesinnya...kyk agk bergetar gt kl lg berhenti di rem...biasa sih pas lg stop and go lagi kena macet2 di jakarta...
kl jln lancar mah hening, distop sekali tahan rem ngk bergetar....ni ada hubungannya ngk y sama oli mesin atau maticnya??
ada bbrp faktor spt kualitas BBM / kondisi tensioner V belt or bearing2 sekitar puli
frozenova wrote:tanya lg ke master2 dsni...kok mobil ane itu sering berisik y skrng mesinnya...kyk agk bergetar gt kl lg berhenti di rem...biasa sih pas lg stop and go lagi kena macet2 di jakarta...
kl jln lancar mah hening, distop sekali tahan rem ngk bergetar....ni ada hubungannya ngk y sama oli mesin atau maticnya??
sudah periksa selang vakum booster rem dan check valve-nya?
Mau nanya nih oli yang bagus buat civic fd apa ya? Selama ini pake honda genuine oil 5w-30 eco blue, ganti rutin di 5000km, skrg mobil udah jalan 91rb km. pemakaian normal oper gigi sebelum 3rb rpm, luar kota 200km ++ sebulan 1 kali. yang buat saya bingung itu kalau pagi2 start mobil ada suara "mendesis" dari mesinnya apakah itu pengaruh dari oli ?
Saya kemarin dikasih info oleh teman kalau oli pake fk massimo freshing 5w-30, itu gimana ya bagus ga kira2 oli nya?
posisi di palembang agak susah kalau cari oli yang bagus. oli yang recommended buat civic fd saya dalam kondisi sekarang gimana ?
SM ers sebelomnya mobil ane olinya pke shell rimula r3x SAE 15W40, API CH-4
skrng ane mo ganti oli laen ni berhubung ane liat kok shell rimula buat heavy dutty ya?
mobil ane panther turbo 2009..
kalo ane ganti ke shell helix hx 5 SAE 15W50, API SL/CF lebih bagus ga ya???
atau ada saran dr SM ers mending ganti oli merek apa?
thx ya...
nitrous wrote:300 rb an lah kurang lbh buat 4 ato 5 ltr gt
Kalo 300 rb tuk 4 L bisa coba Shell HX7 Diesel 10W40
Kalo tuk 5 L bisa coba Fastron Diesel 15W40
Yg utk mobil Diesel sih kalo sy pribadi juga lebih preferf yg API Cx / ACEA Ex utk Heavy Duty Diesel, krn TBN lebih tinggi, ganti oli bisa lebih jauh dan ZDDP lebih tinggi, biasanya efek ke suara mesin lebih adem
nitrous wrote:SM ers sebelomnya mobil ane olinya pke shell rimula r3x SAE 15W40, API CH-4
skrng ane mo ganti oli laen ni berhubung ane liat kok shell rimula buat heavy dutty ya?
mobil ane panther turbo 2009..
kalo ane ganti ke shell helix hx 5 SAE 15W50, API SL/CF lebih bagus ga ya???
atau ada saran dr SM ers mending ganti oli merek apa?
thx ya...
kenapa mw ganti dari Shell rimula om?? ane panther tahun 2000 juga ud lama ane pakein Shell rimula, pas buka cover klep juga bersih kok.
@ mario : abis shell rimula di situ tulisannya ga buat turbocharged... sedangkann kl hx 5 kan ada tulisan buat turbocharged direct injection...
@ rakean : Q 8 tu merek oli nya apa ya? total, shell ato apa ya? hehehehe
@ om turboman : om sebenernya patokan nya dalam pilih oli tu kl api na makin tinggi makin bgs apa ga ya? mis api ch-4 ma api cf/sl
kalo panther kan std nya 15w 40 olinya.. kl dikasi yg 10w 40 tu makin enteng tarikannya ato gmn si?
nitrous wrote:@ mario : abis shell rimula di situ tulisannya ga buat turbocharged... sedangkann kl hx 5 kan ada tulisan buat turbocharged direct injection...
@ rakean : Q 8 tu merek oli nya apa ya? total, shell ato apa ya? hehehehe
@ om turboman : om sebenernya patokan nya dalam pilih oli tu kl api na makin tinggi makin bgs apa ga ya? mis api ch-4 ma api cf/sl
kalo panther kan std nya 15w 40 olinya.. kl dikasi yg 10w 40 tu makin enteng tarikannya ato gmn si?
nggak mungkin oli shell tidak turbo approved, coba dibaca lagi label di kemasan olinya baik-baik, atau langsung liat link di atas dan baca kalimat di sebelah kiri tabel yang sub judulnya "Protective power". saya juga pake shell rimula r3-x buat mesin bensin 2300cc.
nitrous wrote:
@ om turboman : om sebenernya patokan nya dalam pilih oli tu kl api na makin tinggi makin bgs apa ga ya? mis api ch-4 ma api cf/sl
kalo panther kan std nya 15w 40 olinya.. kl dikasi yg 10w 40 tu makin enteng tarikannya ato gmn si?
Dari API CF ke CI-4 maka tentu CI-4 akan lebih unggul dalam banyak hal.
Tetapi utk API CJ-4 itu sebetulnya bukan lebih unggul dari CI-4, hanya saja CJ-4 lebih ramah thd katalis / exhaust aftertreatment dimana jumlah ZDDP & SAPS disunat. Utk kondisi Indonesia dimana kadar sulphur pada BBM masih berkisar 500 - 1000 ppm lebih cocok pakai CI-4, walau CJ-4 juga acceptable utk Passenger Diesel vehicle.
Selain API, standard ACEA juga dapat kita lihat :
Utk mobil Diesel penumpang standard-nya Bx (B3 / B4), kalo Heavy Duty Diesel standardnya Ex (E4 / E6 / E7 / E9)
nitrous wrote:@ mario : abis shell rimula di situ tulisannya ga buat turbocharged... sedangkann kl hx 5 kan ada tulisan buat turbocharged direct injection...
@ rakean : Q 8 tu merek oli nya apa ya? total, shell ato apa ya? hehehehe
@ om turboman : om sebenernya patokan nya dalam pilih oli tu kl api na makin tinggi makin bgs apa ga ya? mis api ch-4 ma api cf/sl
kalo panther kan std nya 15w 40 olinya.. kl dikasi yg 10w 40 tu makin enteng tarikannya ato gmn si?