Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by ak4ng »

om turbo.... kl yg glx 4wd mt di tuning 250 hp apa harus ganti kopling set HD??
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

ak4ng wrote:om turbo.... kl yg glx 4wd mt di tuning 250 hp apa harus ganti kopling set HD??
Wah gak paham, tapi kemungkinan besar sih iya.

Btw mobil siapa Kang ? Orangnya udah tune mesin sampe segitu atau baru rencana ?
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Hansen »

masih angan2... :mky_03:
Image
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1327
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by mr_mytplx »

Turboman wrote:
DEX cukup isi Rp. 100.000 dan sisany Top Up dengan Biosolar + additive solar bermutu

Dari pengamatan ane kualitas DEX pun bisa bervariasi antar SPBU.

Utk additive solar hingga hari ini saya masih kasih score paling tinggi utk CRC botol silver - sticker biru muda yg Complete fuel system cleaner, krn ngeliat di MSDS nya kandungannya lengkap, dr CN booster, Fuel Conditioner hingga zat pelumas, memang benar saat dipake tarikan cukup nendang dan suara mesin halus.

Kalo Diesel Power Max cetane boost suara mesin halus tapi tarikan kurang

Ada lagi buatan lokal merek Methorel, tarikannya galak, bahkan lebih galak dari CRC, hanya saja suara mesin agak garing, nah rencananya ane mau coba combine dgn Norival-nya om Jeskoneng, dgn harapan performa dapet, kehalusan dapet, nanti baru bisa kasih score kira-kira 3 minggu lagih.

*Bukan penjual additive BBM*
makasih banyak sarannya om turboman...nt saya mau coba dl pake crc...

di tunggu jg review norivalnya... :off_good_job:
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 398
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by firawan6275 »

Btw sesudah tenaga naik, gaya nyetir bisa lebih santai, gas cukup tekan agak dalam sebentar aja, begitu mobil sudah melesat kan tinggal meluncur atau nge-gas secukupnya aja (Pulse and Glide)

He3x..OOT dikit, jadi inget Cherokee saya Om Turbo, kaki capek karena nggak bisa panteng digas. Harus pulse and glide ini...towel sedikit ngacir, kekencengan towwel gasnya repot ngerem..

Saya penasaran apakah PS Sport yg udah ditune s/d 250 HP misalnya apakah responnya seperti ini atau malah lebih ganas? Pernah nyoba adu sama Dakar (standar), kayaknya lawan yg sepadan Captiva VCDi..

Secara teknis sih, Power Cherokee lebih gede (klo baru), tapi torque cherokee kalah sama kedua mobil ini.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

firawan6275 wrote: Saya penasaran apakah PS Sport yg udah ditune s/d 250 HP misalnya apakah responnya seperti ini atau malah lebih ganas? Pernah nyoba adu sama Dakar (standar), kayaknya lawan yg sepadan Captiva VCDi..
Sebetulnya gak mesti mencapai 250 Hp, dgn piggyback yg maen di FRP / MAP / MAF aja kalo RPM rendah di setting naeknya gede + intake dan exhaust sudah diperlancar sehingga di RPM rendah Torsi udah gede maka ditowel sedikit juga pasti ngacir.

Kalo Dakar 5 sp gigi 1 nya lebih "pendek" dan rasio antar gigi lebih rapat, maka lebih enak.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 398
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by firawan6275 »

Turboman wrote:
firawan6275 wrote: Saya penasaran apakah PS Sport yg udah ditune s/d 250 HP misalnya apakah responnya seperti ini atau malah lebih ganas? Pernah nyoba adu sama Dakar (standar), kayaknya lawan yg sepadan Captiva VCDi..
Sebetulnya gak mesti mencapai 250 Hp, dgn piggyback yg maen di FRP / MAP / MAF aja kalo RPM rendah di setting naeknya gede + intake dan exhaust sudah diperlancar sehingga di RPM rendah Torsi udah gede maka ditowel sedikit juga pasti ngacir.

Kalo Dakar 5 sp gigi 1 nya lebih "pendek" dan rasio antar gigi lebih rapat, maka lebih enak.
Hmm..jadi drop putaran engine waktu shift antar speed nggak banyak maksudnya Om? Thanks
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by htannis »

firawan6275 wrote: He3x..OOT dikit, jadi inget Cherokee saya Om Turbo, kaki capek karena nggak bisa panteng digas. Harus pulse and glide ini...towel sedikit ngacir, kekencengan towwel gasnya repot ngerem..

Saya penasaran apakah PS Sport yg udah ditune s/d 250 HP misalnya apakah responnya seperti ini atau malah lebih ganas? Pernah nyoba adu sama Dakar (standar), kayaknya lawan yg sepadan Captiva VCDi..

Secara teknis sih, Power Cherokee lebih gede (klo baru), tapi torque cherokee kalah sama kedua mobil ini.
Saya ada datanya nih om firawan
Vehicle : Pajero sport dakar reloaded 4*2 2012

Power : 270HP
Image

0 to 100 kmh in 7.9 second
Image

402m in 15.58 second
Image
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 398
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by firawan6275 »

htannis wrote:
firawan6275 wrote: He3x..OOT dikit, jadi inget Cherokee saya Om Turbo, kaki capek karena nggak bisa panteng digas. Harus pulse and glide ini...towel sedikit ngacir, kekencengan towwel gasnya repot ngerem..

Saya penasaran apakah PS Sport yg udah ditune s/d 250 HP misalnya apakah responnya seperti ini atau malah lebih ganas? Pernah nyoba adu sama Dakar (standar), kayaknya lawan yg sepadan Captiva VCDi..

Secara teknis sih, Power Cherokee lebih gede (klo baru), tapi torque cherokee kalah sama kedua mobil ini.
Saya ada datanya nih om firawan
Vehicle : Pajero sport dakar reloaded 4*2 2012

Power : 270HP
Image

0 to 100 kmh in 7.9 second
Image

402m in 15.58 second
Image
Wuihh..mantab banget lonjakan performanya Om..Nggak seribet klo mau oprek engine bensin..
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by ilhami »

EGR itu sudah pasangannya dengan Diesel Particulate filter dan Catalytic converter.
Tanpa EGR emisi NOx menjadi tinggi. Kenapa NOx sangat diperhatikan, karena efeknya sangat berbahaya.

NOx akan menjadi amonia trus menjadi Asam Nitrat (jenis asam kuat) yang sangat merusak paru-paru.
Ketika NOx dan volatile organic compounds dan terkena sinar matahari, akan menjadi Ozone di atmosfer rendah dan menimbulkan kabut putih. Coba lihat gedung-gedung di jakarta kalau siang hari tertutup kabut putih karena smog ini.

EGR kotor itu bisa dibersihkan. Itu sih pemalas aja yang punya mobil. Mobil 400 jt perawatan ala kopaja. Dimana hatimu?

Pertadex/shell diesel mahal? Solar non subsidi juga mahal. Makanya di kalimantan Industri berusaha membeli solar subsidi.
Bukan Pertadex yang mahal. Masalahnya adalah mental masih doyan bbm subsidi.

Kalau di kalimantan masih banyak hutan masih bisa aja pakai solar kualitas rendah. Masuk kategori hutan hujan tropis, tiap hari udara dibersihkan oleh hujan. Tapi kalau dijakarta, sekali jalan dari cibubur-semanggi menyembur ribuan orang kena efeknya, biaya RS makin tinggi. Yang punya mobil dapet subsidi + mampu bayar rumah sakit. Yang tidak punya mobil penghasilan pas pasan + kena efek polusi paling besar.
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Belphegor »

Bukannya sudah dijelaskan om Turboman, selama kualitas solar Indonesia masih busuk (termasuk Dex dan Shell Diesel), maka yang terjadi adalah EGR kotor dan polusi pun tidak bisa tereduksi banyak. Meskipun saya pengguna Shell Diesel, saya juga dalam waktu dekat akan menutup EGR karena toh ntar saya yg kerepotan sendiri kalo sudah kotor dan mobil ngadat. Ibaratnya, anda sudah bayar pajak mahal2, bbm non subsidi mahal2, tapi tetap saja EGR kotor, mungkin tidak anda tetap bersikukuh pakai EGR agar pengguna jalan lain tidak terkena dampak negatifnya, di sisi lain anda dihantui perasaan suatu saat mobil bakal ngadat dan keluar biaya dan waktu tambahan untuk membersihkan EGR?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

ilhami wrote:EGR itu sudah pasangannya dengan Diesel Particulate filter dan Catalytic converter.
Tanpa EGR emisi NOx menjadi tinggi. Kenapa NOx sangat diperhatikan, karena efeknya sangat berbahaya.

NOx akan menjadi amonia trus menjadi Asam Nitrat (jenis asam kuat) yang sangat merusak paru-paru.
Ketika NOx dan volatile organic compounds dan terkena sinar matahari, akan menjadi Ozone di atmosfer rendah dan menimbulkan kabut putih. Coba lihat gedung-gedung di jakarta kalau siang hari tertutup kabut putih karena smog ini.

EGR kotor itu bisa dibersihkan. Itu sih pemalas aja yang punya mobil. Mobil 400 jt perawatan ala kopaja. Dimana hatimu?
:capede:

Daripada cuman ngomong doank di forum, bergeraklah ke ESDM......minta mereka utk set standard batas sulphur solar 500 ppm dan sulphur Gasoline 100 ppm !

Daripada cuman ngomong doank di forum, bergeraklah ke Pemda DKI, minta keluarkan peraturan gak boleh bakar sampah sembarangan + jadikan uji emisi sbg mandatory tiap tahun & mobil ngebul di jalan ditangkap tanpa pandang bulu !

Daripada cuman ngomong doank di forum, bergeraklah ke PLTU Pluit, minta mereka pasang water scrubber di exhaust-nya.......pernah gak ukur emisi Nox / PM / SO2 nya berapa ?

Polusi suatu kota harus dilihat in a big picture, gak bisa dilihat in just small fragment.

Btw pernah baca gak yah soal emission devices berdasar std Euro II / III / IV / V apa saja ? DPF itu mandatory di Euro V yg mana sulphur solar-nya juga harus 10 ppm cuy !!

Std emisi di kita masih Euro II dan BBM nya pun banyak yg bahkan gak masuk std Euro I (sulphur Max Diesel Euro I = 1500 ppm)

Emission devices sangat erat kaitannya dgn kadar sulphur pada BBM, gak bisa dipisahkan.

Hayuhhhh baca baca dulu lebih banyak..........

*Bukan ane sok pintar, hanya heran saja*
Last edited by Turboman on Thu Jun 21, 2012 2:52, edited 1 time in total.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

Belphegor wrote:Bukannya sudah dijelaskan om Turboman, selama kualitas solar Indonesia masih busuk (termasuk Dex dan Shell Diesel), maka yang terjadi adalah EGR kotor dan polusi pun tidak bisa tereduksi banyak. Meskipun saya pengguna Shell Diesel, saya juga dalam waktu dekat akan menutup EGR karena toh ntar saya yg kerepotan sendiri kalo sudah kotor dan mobil ngadat. Ibaratnya, anda sudah bayar pajak mahal2, bbm non subsidi mahal2, tapi tetap saja EGR kotor, mungkin tidak anda tetap bersikukuh pakai EGR agar pengguna jalan lain tidak terkena dampak negatifnya, di sisi lain anda dihantui perasaan suatu saat mobil bakal ngadat dan keluar biaya dan waktu tambahan untuk membersihkan EGR?
Yap, karena std sulphur dr ESDM itu masih 3500 ppm dan penjual BBM "tidak mau tahu" akan hal lain, mrk mengacu ke std ESDM........zaman dulu sy pernah hampir debat dgn marketing Fuel si Kerang mengenai standard sulphur, dimana sy menyarankan Kerang utk jual Diesel dgn sulphur 500 ppm.

Sulphur tinggi memang penyebab emisi tinggi, musuh emission devices & oli cepat jenuh.

usia Cat Conv menjadi lebih pendek jika dilewati senyawa sulphur like SO2, intake jadi cepat kotor, bersihkan katup EGR sih gampang, tapi intake tetep aja lama2 penuh sludge hitam dan mengeras.

Sayangnya lagi di Jkt gak ada yg jual cat Conv free flow spt di US (spt Stillen punya), kalo ada sih menarik, saya juga tertarik utk pasang jika harganya gak mahal (di US sekitar 250 - 300 dollar)
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by htannis »

ilhami wrote:Itu sih pemalas aja yang punya mobil. Mobil 400 jt perawatan ala kopaja. Dimana hatimu?
Jadi kalau mobil dibawah 400 jt boleh perawatan ala kopaja?
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Belphegor »

@htannis: Captiva ane berarti boleh tu om perawatan ala Kopaja, kalo Dakar om belom boleh :mky_07:
EGR itu sudah pasangannya dengan Diesel Particulate filter dan Catalytic converter.
Tanpa EGR emisi NOx menjadi tinggi. Kenapa NOx sangat diperhatikan, karena efeknya sangat berbahaya.

NOx akan menjadi amonia trus menjadi Asam Nitrat (jenis asam kuat) yang sangat merusak paru-paru.
Ketika NOx dan volatile organic compounds dan terkena sinar matahari, akan menjadi Ozone di atmosfer rendah dan menimbulkan kabut putih. Coba lihat gedung-gedung di jakarta kalau siang hari tertutup kabut putih karena smog ini.

EGR kotor itu bisa dibersihkan. Itu sih pemalas aja yang punya mobil. Mobil 400 jt perawatan ala kopaja. Dimana hatimu?

Pertadex/shell diesel mahal? Solar non subsidi juga mahal. Makanya di kalimantan Industri berusaha membeli solar subsidi.
Bukan Pertadex yang mahal. Masalahnya adalah mental masih doyan bbm subsidi.
Yang nulis diatas, dia juga nulis di bawah
Powered by BBM Subsidi
:off_good_job: :off_good_job: :off_good_job:
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by evolution21 »

mantabbb :drinking:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by VanzMatic »

Berarti penekanannya di kualiti bahan bakar ya.... :e-think: :e-think:

Kalau perangkat pereduksi emisi nya udh bagus, berarti tinggal 'upgrade' kualitas bbm dari kitanya sendiri kan? :mky_02:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

VanzMatic wrote:Berarti penekanannya di kualiti bahan bakar ya....

Kalau perangkat pereduksi emisi nya udh bagus, berarti tinggal 'upgrade' kualitas bbm dari kitanya sendiri kan?
Biasanya fasa fasanya itu : BBM nya dulu yg disediakan, setelah BBM nya tersedia barulah implementasi standard Euro terkini.

Bukan mobilnya dulu yg hrs comply baru kemudian BBM yg sesuai muncul belakangan, di negara maju gak ada itu.........
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

Betewe yah kalo ada yg mau jadi "Pahlawan Lingkungan" yah dari kasus yg paling besar dahulu yaitu : Penggundulan hutan dan perusakan terumbu Karang !

Hutan itu menyerap emisi CO2 sgt besar, demikian juga Koral koral yg sehat !

Juga perjuangkan Transportasi massal yg baik sehingga orang mau naek MRT dan gak pake mobil, mau mesin Euro VI sekalipun yah tetap aja polusi dibanding Electric Train dgn listrik dari PLTA (misalnya).

Kalo yg ributin suruh pakai BBM Lux yah jangan jangan sales BBM Lux ? .........kalau benar yah caranya bukan dgn "pemaksaan" dong, tapi yah bikin promo dong beli 2 L dapat 1 L misalnya dan kasih test report keunggulan BBM Lux thd performa dan kons BBM, Dynotest dan road test.

SOL

:mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by VanzMatic »

Turboman wrote:
ilhami wrote:EGR itu sudah pasangannya dengan Diesel Particulate filter dan Catalytic converter.
Tanpa EGR emisi NOx menjadi tinggi. Kenapa NOx sangat diperhatikan, karena efeknya sangat berbahaya.

NOx akan menjadi amonia trus menjadi Asam Nitrat (jenis asam kuat) yang sangat merusak paru-paru.
Ketika NOx dan volatile organic compounds dan terkena sinar matahari, akan menjadi Ozone di atmosfer rendah dan menimbulkan kabut putih. Coba lihat gedung-gedung di jakarta kalau siang hari tertutup kabut putih karena smog ini.

EGR kotor itu bisa dibersihkan. Itu sih pemalas aja yang punya mobil. Mobil 400 jt perawatan ala kopaja. Dimana hatimu?
:capede:

Daripada cuman ngomong doank di forum, bergeraklah ke ESDM......minta mereka utk set standard batas sulphur solar 500 ppm dan sulphur Gasoline 100 ppm !

Daripada cuman ngomong doank di forum, bergeraklah ke Pemda DKI, minta keluarkan peraturan gak boleh bakar sampah sembarangan + jadikan uji emisi sbg mandatory tiap tahun & mobil ngebul di jalan ditangkap tanpa pandang bulu !

Daripada cuman ngomong doank di forum, bergeraklah ke PLTU Pluit, minta mereka pasang water scrubber di exhaust-nya.......pernah gak ukur emisi Nox / PM / SO2 nya berapa ?

Polusi suatu kota harus dilihat in a big picture, gak bisa dilihat in just small fragment.

Btw pernah baca gak yah soal emission devices berdasar std Euro II / III / IV / V apa saja ? DPF itu mandatory di Euro V yg mana sulphur solar-nya juga harus 10 ppm cuy !!

Std emisi di kita masih Euro II dan BBM nya pun banyak yg bahkan gak masuk std Euro I (sulphur Max Diesel Euro I = 1500 ppm)

Emission devices sangat erat kaitannya dgn kadar sulphur pada BBM, gak bisa dipisahkan.

Hayuhhhh baca baca dulu lebih banyak..........

*Bukan ane sok pintar, hanya heran saja*
Ijin copas ya om...!

Posting penuh gizi nih...! :off_good_job:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Nightster Guy »

Ujung2nya ke policy migas secara keseluruhan. Beh, kelamaan.
Das Beste oder nichts.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by VanzMatic »

Maaf bukan jadi sales...

Makanya ane lebih sreg nambahin additive bbm ke premium. Hanya repot dikit nakar 'obat urut' kok, tapi umur CC diharapkan bisa jadi lebih panjang, buat mesin juga lebih baik karena kita ngasih minum yang bermutu...

Just my 2C..
:mky_01: :mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by abrof »

Lha gasoline kita masih ada sulphurnya diatas 100 ppm om Turbo???.... :big_slap: bener2 parah deh Indonesiaku???
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

abrof wrote:Lha gasoline kita masih ada sulphurnya diatas 100 ppm om Turbo???.... :big_slap: bener2 parah deh Indonesiaku???
http://www.migas.esdm.go.id/#

Produksi & spesifikasi then see Spesifikasi mutu BBM

Ternyata BBM Lux bensin masih diijinkan sulphur sampe 0,05% aka 500 ppm boo !!

Jadi kalo konsumen argue utk low sulphur fuel, produsen tinggal berkilah : Gue gak nyalahin peraturan kok ! :mrgreen:

Ini perbandingan kadar sulphur BBM Indonesia vs negara2 tetangga :
http://www.unep.org/transport/pcfv/PDF/ ... ch2012.pdf

Bisa dilihat terutama kadar sulphur pada Diesel / solar, dan lihat kolom Fuel Quality Comment, bbrp negara tetangga sudah planning segera masuk std Euro IV (Diesel en gasoline max. 50 ppm)

Jadi benar sekali yg pernah diulas oleh salah 1 rekan SM yg mengatakan bahwa jenis mesin di Indonesia yg benar2 cocok dgn standard BBM yg ada sebenarnya mesin bensin karburator dan Diesel mekanikal...........or sistem EFI / CRD yg disesuaikan dgn standard BBM ber-sulphur tinggi :mrgreen:

SOL
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by JESKONENG »

menyimak penjelasan bro Turboman, jadi inget crita bro mecho off (anggota SM yg adalah technical warranty staff T*M Sunter) yg menemukan banyak masalah pada kendaraan produk T*M : ngelitik, tenaga loyo, timbunan kerak di ruang bakar, dan semuanya berpangkal pada kualitas bbm yg sangat jauh di bawah persyaratan yg diminta oleh spec mesin yg mensyaratkan bbm euro3 dan 4
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999