Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
om turbo.... kl yg glx 4wd mt di tuning 250 hp apa harus ganti kopling set HD??
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Wah gak paham, tapi kemungkinan besar sih iya.ak4ng wrote:om turbo.... kl yg glx 4wd mt di tuning 250 hp apa harus ganti kopling set HD??
Btw mobil siapa Kang ? Orangnya udah tune mesin sampe segitu atau baru rencana ?
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1327
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
makasih banyak sarannya om turboman...nt saya mau coba dl pake crc...Turboman wrote:
DEX cukup isi Rp. 100.000 dan sisany Top Up dengan Biosolar + additive solar bermutu
Dari pengamatan ane kualitas DEX pun bisa bervariasi antar SPBU.
Utk additive solar hingga hari ini saya masih kasih score paling tinggi utk CRC botol silver - sticker biru muda yg Complete fuel system cleaner, krn ngeliat di MSDS nya kandungannya lengkap, dr CN booster, Fuel Conditioner hingga zat pelumas, memang benar saat dipake tarikan cukup nendang dan suara mesin halus.
Kalo Diesel Power Max cetane boost suara mesin halus tapi tarikan kurang
Ada lagi buatan lokal merek Methorel, tarikannya galak, bahkan lebih galak dari CRC, hanya saja suara mesin agak garing, nah rencananya ane mau coba combine dgn Norival-nya om Jeskoneng, dgn harapan performa dapet, kehalusan dapet, nanti baru bisa kasih score kira-kira 3 minggu lagih.
*Bukan penjual additive BBM*
di tunggu jg review norivalnya...

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
- Location: Medan
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Btw sesudah tenaga naik, gaya nyetir bisa lebih santai, gas cukup tekan agak dalam sebentar aja, begitu mobil sudah melesat kan tinggal meluncur atau nge-gas secukupnya aja (Pulse and Glide)
He3x..OOT dikit, jadi inget Cherokee saya Om Turbo, kaki capek karena nggak bisa panteng digas. Harus pulse and glide ini...towel sedikit ngacir, kekencengan towwel gasnya repot ngerem..
Saya penasaran apakah PS Sport yg udah ditune s/d 250 HP misalnya apakah responnya seperti ini atau malah lebih ganas? Pernah nyoba adu sama Dakar (standar), kayaknya lawan yg sepadan Captiva VCDi..
Secara teknis sih, Power Cherokee lebih gede (klo baru), tapi torque cherokee kalah sama kedua mobil ini.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Sebetulnya gak mesti mencapai 250 Hp, dgn piggyback yg maen di FRP / MAP / MAF aja kalo RPM rendah di setting naeknya gede + intake dan exhaust sudah diperlancar sehingga di RPM rendah Torsi udah gede maka ditowel sedikit juga pasti ngacir.firawan6275 wrote: Saya penasaran apakah PS Sport yg udah ditune s/d 250 HP misalnya apakah responnya seperti ini atau malah lebih ganas? Pernah nyoba adu sama Dakar (standar), kayaknya lawan yg sepadan Captiva VCDi..
Kalo Dakar 5 sp gigi 1 nya lebih "pendek" dan rasio antar gigi lebih rapat, maka lebih enak.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
- Location: Medan
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Hmm..jadi drop putaran engine waktu shift antar speed nggak banyak maksudnya Om? ThanksTurboman wrote:Sebetulnya gak mesti mencapai 250 Hp, dgn piggyback yg maen di FRP / MAP / MAF aja kalo RPM rendah di setting naeknya gede + intake dan exhaust sudah diperlancar sehingga di RPM rendah Torsi udah gede maka ditowel sedikit juga pasti ngacir.firawan6275 wrote: Saya penasaran apakah PS Sport yg udah ditune s/d 250 HP misalnya apakah responnya seperti ini atau malah lebih ganas? Pernah nyoba adu sama Dakar (standar), kayaknya lawan yg sepadan Captiva VCDi..
Kalo Dakar 5 sp gigi 1 nya lebih "pendek" dan rasio antar gigi lebih rapat, maka lebih enak.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Saya ada datanya nih om firawanfirawan6275 wrote: He3x..OOT dikit, jadi inget Cherokee saya Om Turbo, kaki capek karena nggak bisa panteng digas. Harus pulse and glide ini...towel sedikit ngacir, kekencengan towwel gasnya repot ngerem..
Saya penasaran apakah PS Sport yg udah ditune s/d 250 HP misalnya apakah responnya seperti ini atau malah lebih ganas? Pernah nyoba adu sama Dakar (standar), kayaknya lawan yg sepadan Captiva VCDi..
Secara teknis sih, Power Cherokee lebih gede (klo baru), tapi torque cherokee kalah sama kedua mobil ini.
Vehicle : Pajero sport dakar reloaded 4*2 2012
Power : 270HP

0 to 100 kmh in 7.9 second

402m in 15.58 second

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
- Location: Medan
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Wuihh..mantab banget lonjakan performanya Om..Nggak seribet klo mau oprek engine bensin..htannis wrote:Saya ada datanya nih om firawanfirawan6275 wrote: He3x..OOT dikit, jadi inget Cherokee saya Om Turbo, kaki capek karena nggak bisa panteng digas. Harus pulse and glide ini...towel sedikit ngacir, kekencengan towwel gasnya repot ngerem..
Saya penasaran apakah PS Sport yg udah ditune s/d 250 HP misalnya apakah responnya seperti ini atau malah lebih ganas? Pernah nyoba adu sama Dakar (standar), kayaknya lawan yg sepadan Captiva VCDi..
Secara teknis sih, Power Cherokee lebih gede (klo baru), tapi torque cherokee kalah sama kedua mobil ini.
Vehicle : Pajero sport dakar reloaded 4*2 2012
Power : 270HP
0 to 100 kmh in 7.9 second
402m in 15.58 second
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
EGR itu sudah pasangannya dengan Diesel Particulate filter dan Catalytic converter.
Tanpa EGR emisi NOx menjadi tinggi. Kenapa NOx sangat diperhatikan, karena efeknya sangat berbahaya.
NOx akan menjadi amonia trus menjadi Asam Nitrat (jenis asam kuat) yang sangat merusak paru-paru.
Ketika NOx dan volatile organic compounds dan terkena sinar matahari, akan menjadi Ozone di atmosfer rendah dan menimbulkan kabut putih. Coba lihat gedung-gedung di jakarta kalau siang hari tertutup kabut putih karena smog ini.
EGR kotor itu bisa dibersihkan. Itu sih pemalas aja yang punya mobil. Mobil 400 jt perawatan ala kopaja. Dimana hatimu?
Pertadex/shell diesel mahal? Solar non subsidi juga mahal. Makanya di kalimantan Industri berusaha membeli solar subsidi.
Bukan Pertadex yang mahal. Masalahnya adalah mental masih doyan bbm subsidi.
Kalau di kalimantan masih banyak hutan masih bisa aja pakai solar kualitas rendah. Masuk kategori hutan hujan tropis, tiap hari udara dibersihkan oleh hujan. Tapi kalau dijakarta, sekali jalan dari cibubur-semanggi menyembur ribuan orang kena efeknya, biaya RS makin tinggi. Yang punya mobil dapet subsidi + mampu bayar rumah sakit. Yang tidak punya mobil penghasilan pas pasan + kena efek polusi paling besar.
Tanpa EGR emisi NOx menjadi tinggi. Kenapa NOx sangat diperhatikan, karena efeknya sangat berbahaya.
NOx akan menjadi amonia trus menjadi Asam Nitrat (jenis asam kuat) yang sangat merusak paru-paru.
Ketika NOx dan volatile organic compounds dan terkena sinar matahari, akan menjadi Ozone di atmosfer rendah dan menimbulkan kabut putih. Coba lihat gedung-gedung di jakarta kalau siang hari tertutup kabut putih karena smog ini.
EGR kotor itu bisa dibersihkan. Itu sih pemalas aja yang punya mobil. Mobil 400 jt perawatan ala kopaja. Dimana hatimu?
Pertadex/shell diesel mahal? Solar non subsidi juga mahal. Makanya di kalimantan Industri berusaha membeli solar subsidi.
Bukan Pertadex yang mahal. Masalahnya adalah mental masih doyan bbm subsidi.
Kalau di kalimantan masih banyak hutan masih bisa aja pakai solar kualitas rendah. Masuk kategori hutan hujan tropis, tiap hari udara dibersihkan oleh hujan. Tapi kalau dijakarta, sekali jalan dari cibubur-semanggi menyembur ribuan orang kena efeknya, biaya RS makin tinggi. Yang punya mobil dapet subsidi + mampu bayar rumah sakit. Yang tidak punya mobil penghasilan pas pasan + kena efek polusi paling besar.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Bukannya sudah dijelaskan om Turboman, selama kualitas solar Indonesia masih busuk (termasuk Dex dan Shell Diesel), maka yang terjadi adalah EGR kotor dan polusi pun tidak bisa tereduksi banyak. Meskipun saya pengguna Shell Diesel, saya juga dalam waktu dekat akan menutup EGR karena toh ntar saya yg kerepotan sendiri kalo sudah kotor dan mobil ngadat. Ibaratnya, anda sudah bayar pajak mahal2, bbm non subsidi mahal2, tapi tetap saja EGR kotor, mungkin tidak anda tetap bersikukuh pakai EGR agar pengguna jalan lain tidak terkena dampak negatifnya, di sisi lain anda dihantui perasaan suatu saat mobil bakal ngadat dan keluar biaya dan waktu tambahan untuk membersihkan EGR?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
ilhami wrote:EGR itu sudah pasangannya dengan Diesel Particulate filter dan Catalytic converter.
Tanpa EGR emisi NOx menjadi tinggi. Kenapa NOx sangat diperhatikan, karena efeknya sangat berbahaya.
NOx akan menjadi amonia trus menjadi Asam Nitrat (jenis asam kuat) yang sangat merusak paru-paru.
Ketika NOx dan volatile organic compounds dan terkena sinar matahari, akan menjadi Ozone di atmosfer rendah dan menimbulkan kabut putih. Coba lihat gedung-gedung di jakarta kalau siang hari tertutup kabut putih karena smog ini.
EGR kotor itu bisa dibersihkan. Itu sih pemalas aja yang punya mobil. Mobil 400 jt perawatan ala kopaja. Dimana hatimu?

Daripada cuman ngomong doank di forum, bergeraklah ke ESDM......minta mereka utk set standard batas sulphur solar 500 ppm dan sulphur Gasoline 100 ppm !
Daripada cuman ngomong doank di forum, bergeraklah ke Pemda DKI, minta keluarkan peraturan gak boleh bakar sampah sembarangan + jadikan uji emisi sbg mandatory tiap tahun & mobil ngebul di jalan ditangkap tanpa pandang bulu !
Daripada cuman ngomong doank di forum, bergeraklah ke PLTU Pluit, minta mereka pasang water scrubber di exhaust-nya.......pernah gak ukur emisi Nox / PM / SO2 nya berapa ?
Polusi suatu kota harus dilihat in a big picture, gak bisa dilihat in just small fragment.
Btw pernah baca gak yah soal emission devices berdasar std Euro II / III / IV / V apa saja ? DPF itu mandatory di Euro V yg mana sulphur solar-nya juga harus 10 ppm cuy !!
Std emisi di kita masih Euro II dan BBM nya pun banyak yg bahkan gak masuk std Euro I (sulphur Max Diesel Euro I = 1500 ppm)
Emission devices sangat erat kaitannya dgn kadar sulphur pada BBM, gak bisa dipisahkan.
Hayuhhhh baca baca dulu lebih banyak..........
*Bukan ane sok pintar, hanya heran saja*
Last edited by Turboman on Thu Jun 21, 2012 2:52, edited 1 time in total.
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Yap, karena std sulphur dr ESDM itu masih 3500 ppm dan penjual BBM "tidak mau tahu" akan hal lain, mrk mengacu ke std ESDM........zaman dulu sy pernah hampir debat dgn marketing Fuel si Kerang mengenai standard sulphur, dimana sy menyarankan Kerang utk jual Diesel dgn sulphur 500 ppm.Belphegor wrote:Bukannya sudah dijelaskan om Turboman, selama kualitas solar Indonesia masih busuk (termasuk Dex dan Shell Diesel), maka yang terjadi adalah EGR kotor dan polusi pun tidak bisa tereduksi banyak. Meskipun saya pengguna Shell Diesel, saya juga dalam waktu dekat akan menutup EGR karena toh ntar saya yg kerepotan sendiri kalo sudah kotor dan mobil ngadat. Ibaratnya, anda sudah bayar pajak mahal2, bbm non subsidi mahal2, tapi tetap saja EGR kotor, mungkin tidak anda tetap bersikukuh pakai EGR agar pengguna jalan lain tidak terkena dampak negatifnya, di sisi lain anda dihantui perasaan suatu saat mobil bakal ngadat dan keluar biaya dan waktu tambahan untuk membersihkan EGR?
Sulphur tinggi memang penyebab emisi tinggi, musuh emission devices & oli cepat jenuh.
usia Cat Conv menjadi lebih pendek jika dilewati senyawa sulphur like SO2, intake jadi cepat kotor, bersihkan katup EGR sih gampang, tapi intake tetep aja lama2 penuh sludge hitam dan mengeras.
Sayangnya lagi di Jkt gak ada yg jual cat Conv free flow spt di US (spt Stillen punya), kalo ada sih menarik, saya juga tertarik utk pasang jika harganya gak mahal (di US sekitar 250 - 300 dollar)
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Jadi kalau mobil dibawah 400 jt boleh perawatan ala kopaja?ilhami wrote:Itu sih pemalas aja yang punya mobil. Mobil 400 jt perawatan ala kopaja. Dimana hatimu?
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
@htannis: Captiva ane berarti boleh tu om perawatan ala Kopaja, kalo Dakar om belom boleh


Yang nulis diatas, dia juga nulis di bawahEGR itu sudah pasangannya dengan Diesel Particulate filter dan Catalytic converter.
Tanpa EGR emisi NOx menjadi tinggi. Kenapa NOx sangat diperhatikan, karena efeknya sangat berbahaya.
NOx akan menjadi amonia trus menjadi Asam Nitrat (jenis asam kuat) yang sangat merusak paru-paru.
Ketika NOx dan volatile organic compounds dan terkena sinar matahari, akan menjadi Ozone di atmosfer rendah dan menimbulkan kabut putih. Coba lihat gedung-gedung di jakarta kalau siang hari tertutup kabut putih karena smog ini.
EGR kotor itu bisa dibersihkan. Itu sih pemalas aja yang punya mobil. Mobil 400 jt perawatan ala kopaja. Dimana hatimu?
Pertadex/shell diesel mahal? Solar non subsidi juga mahal. Makanya di kalimantan Industri berusaha membeli solar subsidi.
Bukan Pertadex yang mahal. Masalahnya adalah mental masih doyan bbm subsidi.
Powered by BBM Subsidi



-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Berarti penekanannya di kualiti bahan bakar ya....
Kalau perangkat pereduksi emisi nya udh bagus, berarti tinggal 'upgrade' kualitas bbm dari kitanya sendiri kan?


Kalau perangkat pereduksi emisi nya udh bagus, berarti tinggal 'upgrade' kualitas bbm dari kitanya sendiri kan?

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Biasanya fasa fasanya itu : BBM nya dulu yg disediakan, setelah BBM nya tersedia barulah implementasi standard Euro terkini.VanzMatic wrote:Berarti penekanannya di kualiti bahan bakar ya....
Kalau perangkat pereduksi emisi nya udh bagus, berarti tinggal 'upgrade' kualitas bbm dari kitanya sendiri kan?
Bukan mobilnya dulu yg hrs comply baru kemudian BBM yg sesuai muncul belakangan, di negara maju gak ada itu.........
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Betewe yah kalo ada yg mau jadi "Pahlawan Lingkungan" yah dari kasus yg paling besar dahulu yaitu : Penggundulan hutan dan perusakan terumbu Karang !
Hutan itu menyerap emisi CO2 sgt besar, demikian juga Koral koral yg sehat !
Juga perjuangkan Transportasi massal yg baik sehingga orang mau naek MRT dan gak pake mobil, mau mesin Euro VI sekalipun yah tetap aja polusi dibanding Electric Train dgn listrik dari PLTA (misalnya).
Kalo yg ributin suruh pakai BBM Lux yah jangan jangan sales BBM Lux ? .........kalau benar yah caranya bukan dgn "pemaksaan" dong, tapi yah bikin promo dong beli 2 L dapat 1 L misalnya dan kasih test report keunggulan BBM Lux thd performa dan kons BBM, Dynotest dan road test.
SOL

Hutan itu menyerap emisi CO2 sgt besar, demikian juga Koral koral yg sehat !
Juga perjuangkan Transportasi massal yg baik sehingga orang mau naek MRT dan gak pake mobil, mau mesin Euro VI sekalipun yah tetap aja polusi dibanding Electric Train dgn listrik dari PLTA (misalnya).
Kalo yg ributin suruh pakai BBM Lux yah jangan jangan sales BBM Lux ? .........kalau benar yah caranya bukan dgn "pemaksaan" dong, tapi yah bikin promo dong beli 2 L dapat 1 L misalnya dan kasih test report keunggulan BBM Lux thd performa dan kons BBM, Dynotest dan road test.
SOL

* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Ijin copas ya om...!Turboman wrote:ilhami wrote:EGR itu sudah pasangannya dengan Diesel Particulate filter dan Catalytic converter.
Tanpa EGR emisi NOx menjadi tinggi. Kenapa NOx sangat diperhatikan, karena efeknya sangat berbahaya.
NOx akan menjadi amonia trus menjadi Asam Nitrat (jenis asam kuat) yang sangat merusak paru-paru.
Ketika NOx dan volatile organic compounds dan terkena sinar matahari, akan menjadi Ozone di atmosfer rendah dan menimbulkan kabut putih. Coba lihat gedung-gedung di jakarta kalau siang hari tertutup kabut putih karena smog ini.
EGR kotor itu bisa dibersihkan. Itu sih pemalas aja yang punya mobil. Mobil 400 jt perawatan ala kopaja. Dimana hatimu?![]()
Daripada cuman ngomong doank di forum, bergeraklah ke ESDM......minta mereka utk set standard batas sulphur solar 500 ppm dan sulphur Gasoline 100 ppm !
Daripada cuman ngomong doank di forum, bergeraklah ke Pemda DKI, minta keluarkan peraturan gak boleh bakar sampah sembarangan + jadikan uji emisi sbg mandatory tiap tahun & mobil ngebul di jalan ditangkap tanpa pandang bulu !
Daripada cuman ngomong doank di forum, bergeraklah ke PLTU Pluit, minta mereka pasang water scrubber di exhaust-nya.......pernah gak ukur emisi Nox / PM / SO2 nya berapa ?
Polusi suatu kota harus dilihat in a big picture, gak bisa dilihat in just small fragment.
Btw pernah baca gak yah soal emission devices berdasar std Euro II / III / IV / V apa saja ? DPF itu mandatory di Euro V yg mana sulphur solar-nya juga harus 10 ppm cuy !!
Std emisi di kita masih Euro II dan BBM nya pun banyak yg bahkan gak masuk std Euro I (sulphur Max Diesel Euro I = 1500 ppm)
Emission devices sangat erat kaitannya dgn kadar sulphur pada BBM, gak bisa dipisahkan.
Hayuhhhh baca baca dulu lebih banyak..........
*Bukan ane sok pintar, hanya heran saja*
Posting penuh gizi nih...!

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Ujung2nya ke policy migas secara keseluruhan. Beh, kelamaan.
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Maaf bukan jadi sales...
Makanya ane lebih sreg nambahin additive bbm ke premium. Hanya repot dikit nakar 'obat urut' kok, tapi umur CC diharapkan bisa jadi lebih panjang, buat mesin juga lebih baik karena kita ngasih minum yang bermutu...
Just my 2C..

Makanya ane lebih sreg nambahin additive bbm ke premium. Hanya repot dikit nakar 'obat urut' kok, tapi umur CC diharapkan bisa jadi lebih panjang, buat mesin juga lebih baik karena kita ngasih minum yang bermutu...
Just my 2C..


" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 949
- Joined: Sat May 24, 2008 11:07
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Lha gasoline kita masih ada sulphurnya diatas 100 ppm om Turbo???....
bener2 parah deh Indonesiaku???

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
http://www.migas.esdm.go.id/#abrof wrote:Lha gasoline kita masih ada sulphurnya diatas 100 ppm om Turbo???....bener2 parah deh Indonesiaku???
Produksi & spesifikasi then see Spesifikasi mutu BBM
Ternyata BBM Lux bensin masih diijinkan sulphur sampe 0,05% aka 500 ppm boo !!
Jadi kalo konsumen argue utk low sulphur fuel, produsen tinggal berkilah : Gue gak nyalahin peraturan kok !

Ini perbandingan kadar sulphur BBM Indonesia vs negara2 tetangga :
http://www.unep.org/transport/pcfv/PDF/ ... ch2012.pdf
Bisa dilihat terutama kadar sulphur pada Diesel / solar, dan lihat kolom Fuel Quality Comment, bbrp negara tetangga sudah planning segera masuk std Euro IV (Diesel en gasoline max. 50 ppm)
Jadi benar sekali yg pernah diulas oleh salah 1 rekan SM yg mengatakan bahwa jenis mesin di Indonesia yg benar2 cocok dgn standard BBM yg ada sebenarnya mesin bensin karburator dan Diesel mekanikal...........or sistem EFI / CRD yg disesuaikan dgn standard BBM ber-sulphur tinggi

SOL
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
menyimak penjelasan bro Turboman, jadi inget crita bro mecho off (anggota SM yg adalah technical warranty staff T*M Sunter) yg menemukan banyak masalah pada kendaraan produk T*M : ngelitik, tenaga loyo, timbunan kerak di ruang bakar, dan semuanya berpangkal pada kualitas bbm yg sangat jauh di bawah persyaratan yg diminta oleh spec mesin yg mensyaratkan bbm euro3 dan 4
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999