sjamsul wrote:Sudah lama ane mancari tau kenapa aki klo sdh diganti dari bawaan mobil itu umurnya tidak seawet dari bawaan mobil baru.
Sudah cukup bosan juga menanyakan kesana kemari mengenai hal yg sama tapi jawabannya tidak membuat ane puas, oleh sebab itu ane memutuskan untuk melakukan eksperimen sendiri guna mengetahui jawaban tsb.
Dengan dibekali oleh beberapa peralatan yg cukup sederhana dan kelinci percobaannye adalah aki basah, inilah kesimpulannye:
Pada aki baru sebaiknya di charge dulu sebelum dipakai guna mencapai kapasitas stroom yg maksimal / full charge, walaupun voltage menunjukkan angka di atas 12 volt sekalipun.
Pada tingkat ini aki bisa dipakai untuk starter mobil, tapi bisa mengakibatkan umur aki menjadi lebih pendek.
Tulisan spt ini sdh pernah saya tulis di beberapa tempat, salah satunya di sharing jumper aki yg benar, tapi nampaknya kurang mendapatkan perhatian.
Pembuktiannya adalah sbb: aki baru stl diisi aki zuur trus didiamkan sampai satu bahkan dua haripun tidak akan mencapai full charge, hanya mengandalkan charge dari alternator mobil guna mencapai full charge. Hal ini terbukti klo dilihat dg alat ukur yg bernama hidromoter (klo tdk salah nulisnye). Pada alat ini menunjukkan bahwa aki zuur maseh tawar (bhs sehari2nye). Supaya tidak tawar maka aki butuh di charge, supaya air akinye tidak tawar lagi.
Setelah di charge dan air akinye tidak tawar lagi, barulah aki tsb dipasang di mobil,en dapat dipastikan klo umur aki tsb akan lebih tahan lama lagi.
Nah, semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pemake aki. ok.
Uppss..sorry om kalo ternyata saya salah mengartikan kata2 om. Saya pikir maxud kata2 yg dibold itu adl tidak akan mencapai full charge yg dalam arti 12,5V.
Thx om atas share nya, saya jg tertantang untuk mendalami aki agar penjualan saya jg meningkat
Karena saya sendiri jg ingin memberikan sesuatu pembeda dengan toko aki yg lain, seperti misalnya memberikan bubuk kimia yg katanya bisa memperpanjang umur aki, atau memberikan vitamin aki seperti yg om bilang. Jadi setidak2nya saya tidak hanya memikirkan kuantitas penjualan saja, tetapi jg kualitas dlm penjualan.
Hanya susah jg om kl tiap ada orang membeli kita hrs melakukan charge dulu, soalnya biasa orang2 tidak mau ribet. Maunya isi langsung start. Tapi kl smp aki nya keok, ganti aki nya yg disalahin
Menurut om sjam apakah kualitas air zuur&air aki berpengaruh besar thd umur aki?