All About Pulsar - Part 07

Segala motor tipe sport (GL, CBR, Tiger, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
SarItem200
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 528
Joined: Tue Aug 19, 2008 4:39

Re: All About Pulsar - Part 07

Post by SarItem200 »

^ mungkin juga sih, entar deh sabtu ini minta dicek, sekalian service, udah waktunya juga.

[spoiler]
ps: kira2 disini ada yg naksir motor ini juga gak?
Image

yg klx yah, bukan dtracker (mahal euy)
[/spoiler]
Black_wolf
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Thu May 28, 2009 8:04

Re: All About Pulsar - Part 07

Post by Black_wolf »

Ya ampun kok error trus seh padahal dah login eh gak bs masuk thread sama sekali

www.prides-online.com ada apa denganmu
Ijunk
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Fri Jul 18, 2008 8:55

Re: All About Pulsar - Part 07

Post by Ijunk »

siang semuaaa......... :big_smoking: .........lama tak mampir..... :mrgreen:
jawara
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Sat May 10, 2008 17:29
Location: Bandung

Re: All About Pulsar - Part 07

Post by jawara »

Duh.........kangen dah lama kagak ke rumah lama...........home sweet home......... :big_peace:
KEEP SAFETY RIDING FOREVER

[email protected]
agsstwn
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Oct 29, 2008 4:44

Re: All About Pulsar - Part 07

Post by agsstwn »

Ijunk wrote:siang semuaaa......... :big_smoking: .........lama tak mampir..... :mrgreen:
Ngejunk disana ngejunk dimari... :weekk:
jawara
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Sat May 10, 2008 17:29
Location: Bandung

Re: All About Pulsar - Part 07

Post by jawara »

agsstwn wrote:
Ijunk wrote:siang semuaaa......... :big_smoking: .........lama tak mampir..... :mrgreen:
Ngejunk disana ngejunk dimari... :weekk:

wakakakakakaka,,,,,,,,,,,,,,,nyaut juga disini..........
KEEP SAFETY RIDING FOREVER

[email protected]
f371no
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Mon Sep 08, 2008 10:39

Re: All About Pulsar - Part 07

Post by f371no »

Pagi semua dah lama ngga login kesini krn lupa id nya
banks19
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Thu Apr 16, 2009 16:09

Re: All About Pulsar - Part 07

Post by banks19 »

he...numpang jualan :big_peace:
single seater bajaj pulsar 200
harga hitam 240rb
epoxy 200rb
warna lain 260rb
Image
Image
Image
hub 081802846201
email atau YM : [email protected]
biar ketuan bini klo keluar g bw yg laen :big_weee:
http://karettromolbajajpulsar.wordpress.com/
http://dampermotor.wordpress.com/
User avatar
junzxxx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Mon May 05, 2008 19:30

Re: All About Pulsar - Part 07

Post by junzxxx »

malam All...
sharing tentang motor gw yg bunyi gemerincing, walau sedih juga jalan ceritanya T_T

cerpen tapi agak panjang nih..........:)

Sabtu bawa ke beres pasuruan. analisa dari mekanik -begitu dengar bunyi recehan, itu adalah pipa dalam knalpot yg 'lepas' jadi musti di las lagi. dan dia bilang udah banyak kasus begitu *waduh, berarti senada dengan bro Benny...*

coba tanya owner dealernya, apakah ada garansinya?
(siapa tau beruntung kayak bro Benny :)
sayangnya dijawab tidak, apalagi udah lebih setaun. :(

oleh mekanik beres di anjurkan ke bengkel las knalpot di malang.
berhubung gak ada waktu ke Malang, siang ini nyoba cari sekitaran pasuruan dan nemu bengkel las knalpot rumahan.
setelah denger penyakitnya, -dia bilang umum terjadi di motor batangan kayak megapro tiger dll, knalpot (pzoo) diturunkan dan........ dimulailah ke-sok-tauannya :(

gw yakin bunyi tsb deket di sekitaran leher angsa, tapi menurut orang bengkel ada di silencernya.
ya udah, karena gw merasa dia lebih tau, akhirnya gw relain gelang alumunium yg terpasang rivet-keling di-preteli satu-persatu.
satu gelang lepas, knalpot diberdirikan setelah itu dipukul kebawah -maksudnya biar lepas.

Karena gak lepas-lepas, perasaan gw jadi ga enak.
"mas... mungkin alumunium ini cuman covernya saja. coba buka baut yg ini biar keliatan betul gak"
adapter+baut yg menghubungkan knalpot ke footstep belakang dilepas.
disitu keliatan klo ternyata alumunium knalpot hanya cover saja. :(

"wah, kok beda ya.. gak kayak motor lain nih,.. " ucapnya tak bersalah.
*gubrak..........*

ternyata menurut orang bengkel, knalpot motor lain terpisah bodinya,... jadi asumsi awal dia klo gelang tadi copot sebelah (salah satu) saja, praktis langsung terbelah dan terbuka jerohannya.

akhirnya karena bingung mo ngapain, orang bengkel tsb insiatif untuk las pipa diujung dekat mulut knalpot. karena menurutnya kok pipanya agak "aneh".
gw iyakan karena menurut gw memang bunyinya berasal dari situ...
akhirnya dilas deh....

selesai, dia masih penasaran mau bongkar silencernya :(
"Udah mas... gak usah." cegah gw.
"ini sekarang dipasang dulu aja biar keliatan hasilnya. klo memang masih bunyi, biar saya bawa ke malang aja lah..." tambah gw.

"yo wis.." akhirnya dia nyuruh asistennya bawa knalpot ini ke bengkel sebelah buat memaku rivet-keling untuk pasang kembali gelang yg tadi dipreteli karena dia gak punya alatnya.

Kembali perasaan gw gak enak, akhirnya gw ikuti si asisten itu.
Karena posisi lubang sudah gak presisi, ternyata mau langsung di bor. T_T
gw tanya, klo misal dibor dan lubang dalem jadi lebar, apa gak bocor?
dia gak yakin jawabnya..

"wis, mas, gak usah aja... biarin gak usah dipasanglah gelangnya." pinta gw.


finally, knalpot dipasang ke motor kembali.
langsung test geber, suara gemerincing udah ilang gak ada lagi.
cuman suara knalpot sedikit aneh karena dari lubang rivet-keling keluar udara buang.

"dah gpp mas, biar gini aja..." gw bilang.
"berapa mas?"
"15ribu"
"10rb deh ya"
"yo wis, saya kepothokan (ketanggungan) yg itu tadi sih.." jawab dia.

langsung pulang deh.
dan sepanjang jalan udah gak berisik (dan memalukan) lagi pulsar gw.

Dan kebetulan, pas perjalanan pulang, gw liat ada megapro yg di leher angsanya ada bisulnya (tambalan las).
jadi inget cerita tukang las tadi, misal penyakitnya ada di badan knalpot maka pipanya dilubangi, trus dilas dalemannya, abis gitu ditambal lagi. :O


hmmmhh..
tinggal cari bengkel buat pasang gelang+rivet kelingnya.



sorry kepanjangan, buat share aja diakhir pekan :)
..::Silver Pulsar::..
http://mypulsar200.multiply.com/

NagaLuv is her name
Image
User avatar
SarItem200
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 528
Joined: Tue Aug 19, 2008 4:39

Re: All About Pulsar - Part 07

Post by SarItem200 »

aye juga numpang ngeshare,

kemaren ini aye nyambungin kabel dari coil kiri ke kanan (1 kabel aja, yg bagian atas) supaya busi kanan tetep nyala >6rb rpm, hasilnya menurut aye sih cukup lumayan, terutama di putaran atas.
User avatar
L6688GE
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 113
Joined: Mon Sep 29, 2008 9:18
Location: Surabaya

Re: All About Pulsar - Part 07

Post by L6688GE »

SarItem200 wrote:aye juga numpang ngeshare,

kemaren ini aye nyambungin kabel dari coil kiri ke kanan (1 kabel aja, yg bagian atas) supaya busi kanan tetep nyala >6rb rpm, hasilnya menurut aye sih cukup lumayan, terutama di putaran atas.
Siap-siap aja duwit buat beli piston Bro.........
User avatar
SarItem200
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 528
Joined: Tue Aug 19, 2008 4:39

Re: All About Pulsar - Part 07

Post by SarItem200 »

^ memang bahaya yah....

soalnya pernah baca, asal timing dari cdi kiri ama kanan sama, gak masalah....cuma gak tau cdi asli pulsar timingnya sama apa kagak...
User avatar
L6688GE
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 113
Joined: Mon Sep 29, 2008 9:18
Location: Surabaya

Re: All About Pulsar - Part 07

Post by L6688GE »

SarItem200 wrote:^ memang bahaya yah....

soalnya pernah baca, asal timing dari cdi kiri ama kanan sama, gak masalah....cuma gak tau cdi asli pulsar timingnya sama apa kagak...
kondisi Putaran tinggi Busi primer (Kiri ) sudah memberikan loncatan bunga api yang besar lho klo harus ditambah Busi sekunder ( kanan ) ikut menyala itu akan memberi beban yang lebih kepada Ujung kepala piston untuk menerima besarnya loncatan api busi, bila itu dilakukan untuk jarak jauh dalam waktu lama otomatis akan terjadi pemanasan yang berlebih dan yang kalah akhirnya Piston (karena titik pemuaian antara besi dengan Alluminium berbeda), Mungkin untuk Balapan lain Bro mereka membutuhkan suplai Api yang besar untuk mengimbangi pasokan bensin yang besar pula dan lagian kalo balap tidak digunakan untuk harian, ini sekedar share lho bro bukan menggurui semua tergantung kang bro semua klo motor mau awet yo biarin kondisi pengapian tetep standar namun diimbangi dengan penggantian coil racing, penggantian spuyer atau bore-up untuk mendapatkan power yang lebih HOT seperti PIBO bro J3FF dan P200 Om Jess Koneng.
User avatar
SarItem200
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 528
Joined: Tue Aug 19, 2008 4:39

Re: All About Pulsar - Part 07

Post by SarItem200 »

@L6688GE: kagak merasa digurui kok, justru aye trima kasih karena dapet ilmu setelah dijelasin diatas.... :thanks:
banks19
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Thu Apr 16, 2009 16:09

Re: All About Pulsar - Part 07

Post by banks19 »

ane mau tnya nih pada saat jalan motor bunyi tek tek tpi klo direm depan ilang saat dimaiinin rem depan suara ilang tenyta master bermaslah kmrn dah dibongkar mslah ilang tapi bsknya bunyi lagi napa y?
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: All About Pulsar - Part 07

Post by JESKONENG »

memang dinding kepala piston std P200 itu termasuk tipis bro... dinding kepala piston Scorpio jauh lebih tebal dan kuat juga mestinya ya...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
sewaka
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Thu Jul 19, 2007 6:08

Re: All About Pulsar - Part 07

Post by sewaka »

ngapsen ah....... :big_weee:
safe going safe coming
User avatar
SarItem200
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 528
Joined: Tue Aug 19, 2008 4:39

Re: All About Pulsar - Part 07

Post by SarItem200 »

@JESKONENG: situ punya gimana, soalnya aye baca postingannya diawal pake cara gitu juga (udah agak lama sih)
Ijunk
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Fri Jul 18, 2008 8:55

Re: All About Pulsar - Part 07

Post by Ijunk »

numpang absen dulu aaah...:D
User avatar
SarItem200
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 528
Joined: Tue Aug 19, 2008 4:39

Re: All About Pulsar - Part 07

Post by SarItem200 »

nitip info dari detik, kali ada yg belom baca.
akarta - Geraldino Krisna Akbar (14), putra dari Darmawan Edwin Sudibyo (51), hanya bisa menangis saat teror pengendara motor gede (moge) terjadi. Dia dan adik-adiknya, Athaa (7) dan Raditya (4), melihat di depan mata mereka perlakuan tidak sopan dari para pengendara moge kepada ayah mereka.

"Ayah diludahi dan dipukul. Kami hanya bisa menangis kesal," kata Akbar saat berbincang melalui telepon dengan detikcom, Senin (15/6/2009).

Akbar menuturkan, peristiwa itu bermula saat diberlakukan jalur searah (one way) di jalur Puncak mengarah ke Jakarta pada Minggu 24 Mei pukul 16.00 WIB. Saat itu kendaraan milik Edwin sudah sampai di dekat Hotel Bima Cakti. Sementara rombongan moge dengan dipimpin vorrijder dari kepolisian meminta didahulukan. Lalu para pengendara lainnya pun meminggirkan kendaraan mereka ke sisi kiri.

"Waktu itu karena ayah pikir sudah habis konvoinya, ayah mengambil ke kanan. Tapi ternyata ada pengendara yang ketinggalan dari rombongan," jelas siswa SMP kelas 2 ini.

Rombongan yang tercecer meminta mobil Nissan X-Trail yang ditumpangi keluarga Edwin menepi kembali ke kiri. "Ayah sudah mau menepi tapi lalu lintas padat jadi tidak bisa langsung masuk. Kemudian mereka memukul-mukul mobil," jelas Akbar.

Karena panik, Edwin memencet klakson. Tapi para pengendara moge justru tidak terima. "Ada 7-10 orang yang menutup jalan mobil, waktu ayah mau keluar, pintu mobilnya malah ditahan dan waktu buka kaca mobil ayah malah ada yang mukul dan diludahi," imbuhnya.

Insiden yang berlangsung sekitar 10 menit ini kemudian selesai saat seorang petugas peolisi datang dan memisahkan keributan ini. "Ayah kemudian lapor ke Polsek Cisarua, tapi motor gede itu sudah hilang, pergi," jelas Akbar yang merasa trauma dengan kejadian itu.

Kini, meski sudah beberapa waktu berlalu, Akbar masih menyimpan kenangan buruk itu. "Kenapa mereka berbuat seperti itu ya?" tanya remaja ini.
User avatar
junzxxx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Mon May 05, 2008 19:30

Re: All About Pulsar - Part 07

Post by junzxxx »

SarItem200 wrote:Kini, meski sudah beberapa waktu berlalu, Akbar masih menyimpan kenangan buruk itu. "Kenapa mereka berbuat seperti itu ya?" tanya remaja ini.

semoga menjadi bahan renungan kita bersama....
..::Silver Pulsar::..
http://mypulsar200.multiply.com/

NagaLuv is her name
Image
hemu hemu
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Wed Jun 17, 2009 4:27

Re: All About Pulsar - Part 07

Post by hemu hemu »

Bro sekalian..
ane baru mo beli p200 nihh...

mm,, ada yang ane mo tanyain dikit nihh..
tadi siang ane abis ngetes langsung p200 ma p180 di dealer..
pas dites, p200 rasanya sok depannya ga seempuk p180 ya.. ato hanya perasaan ane aja ya??
tujuannya apa tuh?? mohon pencerahan juragan sekalian..

minta saran untuk mengurangi posisi menunduk p200 yg agak pegel,, kira2 bisa diakalin gimana ya?
tadi sih liat ada yang ganti pegangan stang jadi AHRS,, jadinya agak tinggian dikit. mayan enak, tp ttp pegel kayanya. ada saran lain ga juragan??

oya,, masa tadi ane ditawarin beli p200 produksi th 2008 yang masih pake harga lama (20,7 jt). emang bedanya apa sama yang th 2009 (21 jt)??

bener2 butuh pencerahan sebelum mengambil cek ke bank nih.. xp
biar makin mantabb..

makasih Bro sekalian..
mohon bimbingan para senior..
hemu hemu
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Wed Jun 17, 2009 4:27

Re: All About Pulsar - Part 07

Post by hemu hemu »

oya, masalah yang berita itu,,
tadi pagi ada di TVone..
pada nonton ga Bro??

kata perwakilan moge,
sebelumnya pak edwin (pengemudi mobil) tiba2 mengambil jalur kanan sehingga hampir nyerempet pengendara moge sampe hampir jatuh. terus kawan2 moge yang lain yang liat kejadian itu langsung berusaha untuk ngejar mobil itu minta tanggung jawab, biar ga senggol lari..
tapi malah nyolot pak edwinnya..

yahh,, itu dari sisi pengendara moge..
ane ga tau jelasnya juga..

oya,, untuk info,,
tata cara group riding udah dijelasin sama bro Ferdinand Neman (Kadiv PSRT Pulsarian Community). sourcenya lupa, tapi ane punya copyannya..
panjang bro,, enaknya di share dimana nih?? disini ato gimane?

oya,, coba nonton ini ya..
dari MSF (motorcycle safety foundation):
http://www.youtube.com/watch?v=erpkyD7SMfw

maaf kalo repost..
cuma share info aja.. :)
hehe..
agsstwn
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Oct 29, 2008 4:44

Re: All About Pulsar - Part 07

Post by agsstwn »

SarItem200 wrote:nitip info dari detik, kali ada yg belom baca.
akarta - Geraldino Krisna Akbar (14), putra dari Darmawan Edwin Sudibyo (51), hanya bisa menangis saat teror pengendara motor gede (moge) terjadi. Dia dan adik-adiknya, Athaa (7) dan Raditya (4), melihat di depan mata mereka perlakuan tidak sopan dari para pengendara moge kepada ayah mereka.

"Ayah diludahi dan dipukul. Kami hanya bisa menangis kesal," kata Akbar saat berbincang melalui telepon dengan detikcom, Senin (15/6/2009).

Akbar menuturkan, peristiwa itu bermula saat diberlakukan jalur searah (one way) di jalur Puncak mengarah ke Jakarta pada Minggu 24 Mei pukul 16.00 WIB. Saat itu kendaraan milik Edwin sudah sampai di dekat Hotel Bima Cakti. Sementara rombongan moge dengan dipimpin vorrijder dari kepolisian meminta didahulukan. Lalu para pengendara lainnya pun meminggirkan kendaraan mereka ke sisi kiri.

"Waktu itu karena ayah pikir sudah habis konvoinya, ayah mengambil ke kanan. Tapi ternyata ada pengendara yang ketinggalan dari rombongan," jelas siswa SMP kelas 2 ini.

Rombongan yang tercecer meminta mobil Nissan X-Trail yang ditumpangi keluarga Edwin menepi kembali ke kiri. "Ayah sudah mau menepi tapi lalu lintas padat jadi tidak bisa langsung masuk. Kemudian mereka memukul-mukul mobil," jelas Akbar.

Karena panik, Edwin memencet klakson. Tapi para pengendara moge justru tidak terima. "Ada 7-10 orang yang menutup jalan mobil, waktu ayah mau keluar, pintu mobilnya malah ditahan dan waktu buka kaca mobil ayah malah ada yang mukul dan diludahi," imbuhnya.

Insiden yang berlangsung sekitar 10 menit ini kemudian selesai saat seorang petugas peolisi datang dan memisahkan keributan ini. "Ayah kemudian lapor ke Polsek Cisarua, tapi motor gede itu sudah hilang, pergi," jelas Akbar yang merasa trauma dengan kejadian itu.

Kini, meski sudah beberapa waktu berlalu, Akbar masih menyimpan kenangan buruk itu. "Kenapa mereka berbuat seperti itu ya?" tanya remaja ini.
Kalakuan para orang2 sok & sombong... merasa dirinya paling benar... parah... :frm_shock: :2gunfire: :2gunfire: :snipersmile: :frm_snipper:
hemu hemu
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Wed Jun 17, 2009 4:27

Re: All About Pulsar - Part 07

Post by hemu hemu »

Ini tips dari bro Ferdinand..
Monggo dibaca.. :)


"Tips Berkendara secara GROUP RIDING

Written by Benny The Great
Friday, 05 June 2009 10:01
Tips Berkendara GROUP RIDING dari KaDiv PRST Pulsarian Community, Bro Ferdinand Neman

1. “Rombongan” Memang punya prioritas. Semakin besar rombongan semakin besar prioritasnya, karena kalo rombongan tidak diprioritaskan makan semakin besar kemungkinan masalah yang timbul di jalanan seperti kemacentan dsb. 1 motor betingkah gak akan bikin macet sebagaimana 5 motor betingkah. Masalahnya tidak semua orang berfikiran demikian.

2. Semakin besar rombongan, makin susah diatur. MSF bilang 7 motor itu ideal. Menurut gw 12 motor maximum. Lebih dari 12 … possible but …

3. Semua orang adalah sama. Sama sama menggunakan jalan yang sama, memiliki hak dan kewajiban yang sama, dan menjadi subyek hukum yang sama juga.

4. Tidak semua pengguna motor punya “Safety” mindset dan juga jelas tidak punya pengetahuan tentang group riding.

5. Dalam group riding, ada officer, yang mana mempunyai tanggung jawab untuk menjaga rombongan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Seluruh peserta group riding hendaknya tidak melakukan aktifitas apapun yang bisa mengakibatkan iterpretasi buruk dan juga menjaga etika dalam berkendara, dan juga menjaga norma-norma kesopanan.

Saya kira, kita semua setuju dengan poin-poin diatas. Jadi, dengan penalaran normal, saya coba tarik kesimpulan bahwa :
1. Rombongan memang seyogyanya memiliki prioritas dalam menggunakan jalan raya. Tapi prioritas tersebut bukanlah segalanya.

2. Peserta hendaknya tidak terlalu banyak karena kalau terlalu banyak akan berimbas pada resiko, keamanan dan kenyamanan baik bagi para peserta atau bagi lingkungan sekitar rombongan.

3. Peserta harusnya sadar bahwa jalan adalah bukan milik rombongan. Pengguna jalan lain juga punya HAK untuk menggunakan jalan yang dilalui.

4. Seharusnya, peserta sadar mengenai etika berkendara ini dan dengan berlapang dada mau berbagi dengan pengendara lain.

5. Seharusnya, officer sadar mengenai tugasnya masing-masing untuk meyakinkan bahwa seluruh potensi bahaya yang bisa mengancam keutuhan dan keselamatan rombongan bisa diatasi, DENGAN CARA YANG ELEGAN.

Terus… harusnya kita gimana ???
1. Apa bila ada pengendara motor/mobil lain yang masuk kedalam rombongan peserta hendaknya membiarkan dan menyesuaikan, selama tamu tersebut tidak membuat aktifitas yang membahayakan. Secara progressif dan sopan, peserta kembali mencoba menyatukan barisan kembali (bila rombongan lebih cepat, perlahan-lahan meninggalkan. Bila rombongan lebih lamban, perlahan lahan memberikan jalan bagi yang mau lewat).

2. Bila tamu yang masuk terlihat bingung, ingin mendahului tapi gak bisa karena rombongan, maka officer hendaknya mendekati dan menginstruksikan agar mengikutinya untuk diantar melewati rombongan.

3. Bila tamu yang masuk terlihat tidak ada niatan yang baik, ugal-ugalan dan mungkin berbahaya, maka officer hendaknya membantu peserta untuk segera meninggalkan tamu tersebut dibelakang, atau menginstruksikan peserta untuk (menepi dan melambat) memberikan jalan bagi tamu untuk menjauh.

4. Bila tamu tidak memiliki atensi positif, dan menunjukan niat untuk menggangu, maka officer hendaknya memperingatkan dengan baik dan sopan terhadap tamu tersebut.

5. Bila tamu tetap dirasakan membayakan dan tidak bisa diperingatkan dengan baik, maka officer berhak untuk melakukan tindakan supressif dengan alasan menjaga keamanan rombongan. Tidak dibenarkan melakukan tindakan supressif dengan cara yang arogan atau untuk alasan lain, selain karena memang benar-benar membahayakan.
Yang harus dibenahi sebenarnya bukan bagaimana si tamu harus bertingkah laku, tapi peserta sendiri juga harus memiliki suatu mindset positif yang baik. Seperti :
1. Tidak ada salahnya kalau dalam barisan, motor kita diselingi 2 motor lain bukan peserta dengan motor peserta lain didepan/belakang kita. Selama kita benar-benar tidak tertinggal.
2. Mungkin yang barusan motong barisan ada masalah yang urgent sehingga “beliau” buru-buru. Jadi ya gak apa-apa toh ?
3. Mungkin juga justru peserta dalam barisan yang bikin orang lain jadi tidak nyaman sehingga mereka terpancing untuk masuk/mengganggu barisan.
4. Kalau saya jadi mereka… mungkin saya juga akan bertingkah seperti itu…

Kesimpulannya :
1. Ada motor mau masuk barisan… emang kenapa ? gak papa to ? orang sama-sama pengguna jalan.

2. Kalo terganggu karena motor yang masuk barisan… ya jangan terpancing, santai saja. bertindak yang arif, lewati dengan arif, atau jauhi saja… ya gak Rif…?

3. Kalo sudah sangat menggangu dan bisa-bisa jadi bahaya, maka biarkan officer yang melakukan tugasnya, peserta santai saja.

4. Officer tidak harus arogan dan perlu kungfu untuk membereskan masalah seperti ini, cukup kesopan dan intuisi. Seperti; secara aktif membantu tamu untuk lewat, memperingatkan peserta agar membiarkan tamu lewat, sampai memperingatkan dengan sopan.

5. Kalo Officer sampe galak sama tamu, itu adalah demi kebaikan tamu itu sendiri dan demi kebaikan rombongan.

6. Kalo Officer sampe “kelihatan” arogan dan sok jadi polisi dadakan… ya… emang itu tugasnya kok… demi keselamatan, keamanan dan kenyamanan rombongan.

7. Rombongan kecil gampang di atur. Resiko kecil. dan yang penting, Rombongan kecil, tau diri.. he he he… cuma 3 motor kok udah kayak ngawal pawai aja. hehehe."



source: lupa ane.. maaf..