hunter wrote:memang. memang blower no 1 di GL itu lebih kencang drpd mobil2 biasa. tapi maksudku, blower no 1 di GL lebih kecil suaranya dibanding blower no 2 pd mobil2 lain (tergantung mobil loh..). karena kan keluhannya blower no 1 di GL seperti blower no 2 pd mobil lain.Indra piliang wrote:Mr. Hunter,
Dari uji coba saya dengan perbandingan Avanza, Vios dan Timor, rata-rata dari mobil yang sebutkan ini dan posisi nomor 1, Blowernya cukup hening, beda dengan GL...ngggak tau lagi kalau kebetulan GL yang saya coba (baik di MT Haryono dan BSD) sama-sama mempunyai AC yang berisik. Oh ya....saya indent GL 1.8 M/T untuk bulan september ini.
Tabik
anyway, nurut rekan2 apakah NMI akan merubah setingan blower AC ? nurutku sih gak bakal. at least tidak dlm waktu dekat ini. mungkin kalo next generationnya.
Masalah di Grand Livina 1500 M/T
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
penasaran emang bunyi blowernya gede banget yah? duh unitkuu kapannn datengg yakk.. pengen dennger blowernya nih, lho?! ehheheh
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
ohh kalo gitu masih bisa sangat ditolerir sekali donk permasalahan AC ini
tomat wrote:ichsan_n wrote:kecil banget sampe rasanya percuma aja gitu ada AC ditengah?
Ngga juga sih, dirasa-rasa keseluruhan udah adem banget ampe baris belakang, kalau dari tengah anginnya kenceng, bisa beku penumpang di tengah ma belakang (ini aja baby-ku yg duduk ditengah udah kedinginan, trus kalau knop-nya ditarik kebawah anginnya ngga kerasa tuh...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 225
- Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
hehehe ini sih saya rasa semua sdh tau bung wardana.wardana wrote:Guys,
kalo menurut saya nih kenapa hembusan AC GL no 1 kenceng supaya hembusan blower sampai ke baris ketiga, mungkin saya salah..
tp banyak dr mrk yg ngusul, no 1, tetep saja kecil, gapapa blower utk baris 3 gak terlalu kena. tapi begitu pake blower no 2, baru, baris 3 disejukkan begitu keinginan mrk.
begitu....
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 62
- Joined: Wed Apr 11, 2007 9:52
domisili di Bandung bung Tomat...but kerja di Jakarta. Punya saya Black Sapphire 1,8 XV M/T nopol D 1529 JJ...testarossa wrote:
Sepertinya ga bisa Pak... saya ga nemu di buku manualnya... o ya... selain kelemahan di atas, kelemahan lainnya adalah blower AC utk penumpang baris kedua di konsol tengah di belakang tuas Handbrake sepertinya cuman hiasan saja karna di unit saya, hembusannya nyaris ga berasa... Yang udah dapet apakah juga seperti itu? thanks all...
Betul bung testarossa, yang konsol tengah ngga bisa dimatiin and hembusannya dikit banget.... ngomong2 domisili di Bandung ya? GL type, warna, & No berapa?
punyaku D1814VG, 1.5XV, Orange Metalic
Yup .... bahwa ga selalu baris ke-3 ada penumpangnya jadi seharusnya hembusan blower-nya diset spt standar mobil lainnya saja... Untuk level 1 memang cukup berisik klo mobil dlm keadaan diam tp klo lagi jalan rasa2nya bisa ditolerir, beda halnya dengan level 2 dst yang cukup berisik walaupun mobil dalam keadaan berjalan.
wardana wrote:
Guys,
kalo menurut saya nih kenapa hembusan AC GL no 1 kenceng supaya hembusan blower sampai ke baris ketiga, mungkin saya salah..
hehehe ini sih saya rasa semua sdh tau bung wardana.
tp banyak dr mrk yg ngusul, no 1, tetep saja kecil, gapapa blower utk baris 3 gak terlalu kena. tapi begitu pake blower no 2, baru, baris 3 disejukkan begitu keinginan mrk.
begitu....
Bung Wardana dan lainnya yang udah terima unit apakah udah coba blower kecil di belakang tuas handbrake utk baris ke-2 ? Apakah hembusannya sekencang blower di dashboard? karna punya saya nyaris ga terasa hembusannya padahal blower di dashboard dah kenceng banget...
Thanks All...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
wahh interesting opinion bung hunter.. bener baris ke 3 mungkin kebanyakan malah jadi tempat barang. saya belum pernah tahu sih seberapa brisiknya kalo di no.2, karena pas TD saya ingat benar itu AC di no 2, tapi saya tidak begitu ngedenger adanya suaranya berisik yang mengganggu dari AC (sorry udah dibayar cukup besar oleh nissanlover biar SPK livina gw kaga disobek2 kekekeke)
hunter wrote:hehehe ini sih saya rasa semua sdh tau bung wardana.wardana wrote:Guys,
kalo menurut saya nih kenapa hembusan AC GL no 1 kenceng supaya hembusan blower sampai ke baris ketiga, mungkin saya salah..
tp banyak dr mrk yg ngusul, no 1, tetep saja kecil, gapapa blower utk baris 3 gak terlalu kena. tapi begitu pake blower no 2, baru, baris 3 disejukkan begitu keinginan mrk.
begitu....
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 225
- Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31
Bung wardana pernah coba ga km 5 ganti gigi langsung mati mesin???????
Ada suara gluduk2 di shock depan belakang ga. Gw belum merasakannya nih.[quote][/quote]
saya kurang mengerti km 5 ganti gigi dari gigi berapa ke gigi berapa?
suara gluduk gak ada, kemungkinan tekanan ban terlalu kenceng penyebab suara gluduk.
Ada suara gluduk2 di shock depan belakang ga. Gw belum merasakannya nih.[quote][/quote]
saya kurang mengerti km 5 ganti gigi dari gigi berapa ke gigi berapa?
suara gluduk gak ada, kemungkinan tekanan ban terlalu kenceng penyebab suara gluduk.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
hahaha.. dari gigi 1 ke 2 kan? pada kecepatan rendah terus ganti ke 2 langsung maksudnya mungkin. sampean pake tipe apa? 1.5 atau 1.8?
wardana wrote:Bung wardana pernah coba ga km 5 ganti gigi langsung mati mesin???????
Ada suara gluduk2 di shock depan belakang ga. Gw belum merasakannya nih.saya kurang mengerti km 5 ganti gigi dari gigi berapa ke gigi berapa?
suara gluduk gak ada, kemungkinan tekanan ban terlalu kenceng penyebab suara gluduk.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
blower ac livina emang kenceng.. tp tingkat kebisingan nya masi dalam batas yg bisa ditoleransi kok.. terkompensasi ama peredaman mesin n suara dari luar nya..
kemarin saya melintas di jalan yg buener2 rusak.. aspal nya ngga rata, lubang2, weh.. kejam.. biasa naek CRV, suara ban, suspensi kerasa.. tp pas naek livina.. weh.. empuk banget.. ngga kerasa suara2 aneh2..
cuman yg bikin ilfil, side mirror nya.. kekecilan kyk nya.. jd ngga pede..
oh ya, tentang handling.. enak kok.. kl cuman untuk kecepatan 60-80kmh.. buat belok2 masi oke.. tp kl diatas itu blum tau..
tarikan pas rpm 3000-4500 aja yg agak lemot.. *1.5matic* but its okay.. bukan buat kebut2an juga..
kemarin saya melintas di jalan yg buener2 rusak.. aspal nya ngga rata, lubang2, weh.. kejam.. biasa naek CRV, suara ban, suspensi kerasa.. tp pas naek livina.. weh.. empuk banget.. ngga kerasa suara2 aneh2..
cuman yg bikin ilfil, side mirror nya.. kekecilan kyk nya.. jd ngga pede..
oh ya, tentang handling.. enak kok.. kl cuman untuk kecepatan 60-80kmh.. buat belok2 masi oke.. tp kl diatas itu blum tau..
tarikan pas rpm 3000-4500 aja yg agak lemot.. *1.5matic* but its okay.. bukan buat kebut2an juga..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 157
- Joined: Tue Apr 17, 2007 3:56
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 230
- Joined: Sat Apr 28, 2007 6:02
waktu gue testdrive gl 1.5manual, juga ngerasa kalo blower fan bersuara cukup keras.
Semoga kedepannya segera di koreksi, bikin settingan yang agak pelan... biar makin yahud deh...
Semoga kedepannya segera di koreksi, bikin settingan yang agak pelan... biar makin yahud deh...
=== 2ZR-FXE, L15Z1, K24Z9, MZR L 2.0, L15A7, 3.6L V6, 2.5 LCV, 2.4L G4KC, 2.0 TDI, K3-VE, 1.8 Nu MPi, 1.4L, 2TR-FE, QR25DE, SR20DE, 2.6 V6, W124 M103, 1.8 7K, 1.3 2E
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Mobil gue ada double blower nya, ada tempat duduk baris ke 3. Tapi semenjak musim hujan berhenti, baris ke 3 jarang sekali digunakan. Jadi blower yang dibelakang juga jarang dipakai.... Ada yang berminat pakai blower belakang mobil gue.... hehheheeee ...
Pemikiran gue mungkin gak ya ???? :
Kompresor AC bekerja berdasarkan suhu kabin. Nah kalau kedua blower gue hidupkan... suhu kabin lebih cepat dinginnya kan... yang berarti kompresor tidak perlu bekerja berat akibatnya mesin juga tidak terbebani. Efek akhirnya, bensin jadi lebih irit....
Waktu gue pakai Zook Vitara, kipas mesin yang sebelumnya mekanik (ikut putaran mesin) gue ganti dengan elektrik model suction dengan ukuran agak besar. Jadi angin yang tembus (throughput) kondensor AC dan radiator selain dari ekstra kipas juga dari hisapan kipas mesin. AC menyembur udara lebih dingin dan kompresor jadi awet juga.
Tapi untuk menghindari efek negatif ke mesin (mesin juga gak boleh terlalu dingin khan),,, putaran kipas elektrik gue sambung ke thermoswitch juga.... gitu lho.... naah nanti kalau masa garansi GL nya udah habis... coba saja kutak-katik kipas AC yang di kondensor.
Pemikiran gue mungkin gak ya ???? :
Kompresor AC bekerja berdasarkan suhu kabin. Nah kalau kedua blower gue hidupkan... suhu kabin lebih cepat dinginnya kan... yang berarti kompresor tidak perlu bekerja berat akibatnya mesin juga tidak terbebani. Efek akhirnya, bensin jadi lebih irit....
Waktu gue pakai Zook Vitara, kipas mesin yang sebelumnya mekanik (ikut putaran mesin) gue ganti dengan elektrik model suction dengan ukuran agak besar. Jadi angin yang tembus (throughput) kondensor AC dan radiator selain dari ekstra kipas juga dari hisapan kipas mesin. AC menyembur udara lebih dingin dan kompresor jadi awet juga.
Tapi untuk menghindari efek negatif ke mesin (mesin juga gak boleh terlalu dingin khan),,, putaran kipas elektrik gue sambung ke thermoswitch juga.... gitu lho.... naah nanti kalau masa garansi GL nya udah habis... coba saja kutak-katik kipas AC yang di kondensor.
Dari Solo ke Oslo


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
saya baru ambil unit saya 1.5 AT hari sabtu 16 jun.
puji Tuhan... saya gak menemukan masalah2 yg pernah dikomplain disini.
- soal blower AC, bagi saya tdk masalah sama sekali.
- soal suara kayak mesin motor matik di kabin juga tdk ada.
- soal suara gluduk gluduk, sepanjang pemakaian saya yg normal2, alias tdk hantam2an, tdk ada masalah. untuk dicatat, saya tinggal di daerah yg jalanannya rusak2, dan maksudku bener2 rusak, kayak kubangan, dan polisi tidurnya banyak. poldurnya terbuat dr semen yg pelit, jadi modelnya kotak2. so far, selama saya drivenya normal2, seperti mobil2 lainnya, tdk ketemu yg aneh2. n saya tdk berniat mencoba melewati poldur dlm kecepatan diatas 20km/jam... untuk apa? hanya mau ngetest? hehehehe. di jalanan yg saya sering lewati, mau mercy, mau innova, mau pickup, mau apa saja, yg lewat poldur model gitu, semuanya pelan kayak siput.
bayangkan saja, poldurnya model kotak, kayak bongkahan bata ditaro ditengah jalan. 
- soal tarikan yg lemot? saya ga merasa. waktu masih di showroom, saya sdh ajak sales saya test unit saya dulu, seblon saya bawa pulang, dan langsung saya bejek habis gasnya. transmisi AT langsung menyesuaikan, perpindahan gigi antara +- 3000-4000rpm dan tarikan nurut saya cukup responsif dan cepat. saya baru ingat, unit baru, RPM jangan sampe di atas 4000. hehehe. langsung saya gak ngebut lagi...
yg kurang buat saya:
- seat belt tdk bisa dinaik turunkan. jadi pd posisi bangku yg agak maju, untuk postur badan saya, seat belt menyentuh tulang di deket leher ke pundak, dan terasa sakit. tp setelah posisi bangku saya adjust mundur dikit, gak sakit lagi.
pd awal2nya, waktu menyetel audio, jari jempol kiri saya suka memencet/kepencet lampu hazard mlulu, yg posisinya ada dibawah audio. tp gak lama, saya sdh tidak pencet lampu hazard lagi... xixixixi
nurut saya sih, kualitas GL yg saya dapat sangat worthed. built-nya not bad sama sekali. tinggal yg harus diuji adala long term built-nya. apakah kualitasnya cukup baik untuk jangka panjang atau mudah rusak. we will see...
puji Tuhan... saya gak menemukan masalah2 yg pernah dikomplain disini.
- soal blower AC, bagi saya tdk masalah sama sekali.
- soal suara kayak mesin motor matik di kabin juga tdk ada.
- soal suara gluduk gluduk, sepanjang pemakaian saya yg normal2, alias tdk hantam2an, tdk ada masalah. untuk dicatat, saya tinggal di daerah yg jalanannya rusak2, dan maksudku bener2 rusak, kayak kubangan, dan polisi tidurnya banyak. poldurnya terbuat dr semen yg pelit, jadi modelnya kotak2. so far, selama saya drivenya normal2, seperti mobil2 lainnya, tdk ketemu yg aneh2. n saya tdk berniat mencoba melewati poldur dlm kecepatan diatas 20km/jam... untuk apa? hanya mau ngetest? hehehehe. di jalanan yg saya sering lewati, mau mercy, mau innova, mau pickup, mau apa saja, yg lewat poldur model gitu, semuanya pelan kayak siput.


- soal tarikan yg lemot? saya ga merasa. waktu masih di showroom, saya sdh ajak sales saya test unit saya dulu, seblon saya bawa pulang, dan langsung saya bejek habis gasnya. transmisi AT langsung menyesuaikan, perpindahan gigi antara +- 3000-4000rpm dan tarikan nurut saya cukup responsif dan cepat. saya baru ingat, unit baru, RPM jangan sampe di atas 4000. hehehe. langsung saya gak ngebut lagi...
yg kurang buat saya:
- seat belt tdk bisa dinaik turunkan. jadi pd posisi bangku yg agak maju, untuk postur badan saya, seat belt menyentuh tulang di deket leher ke pundak, dan terasa sakit. tp setelah posisi bangku saya adjust mundur dikit, gak sakit lagi.
pd awal2nya, waktu menyetel audio, jari jempol kiri saya suka memencet/kepencet lampu hazard mlulu, yg posisinya ada dibawah audio. tp gak lama, saya sdh tidak pencet lampu hazard lagi... xixixixi
nurut saya sih, kualitas GL yg saya dapat sangat worthed. built-nya not bad sama sekali. tinggal yg harus diuji adala long term built-nya. apakah kualitasnya cukup baik untuk jangka panjang atau mudah rusak. we will see...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 94
- Joined: Tue May 29, 2007 1:06
Bung hunter,hunter wrote:saya baru ambil unit saya 1.5 AT hari sabtu 16 jun.
puji Tuhan... saya gak menemukan masalah2 yg pernah dikomplain disini.
- soal blower AC, bagi saya tdk masalah sama sekali.
- soal suara kayak mesin motor matik di kabin juga tdk ada.
- soal suara gluduk gluduk, sepanjang pemakaian saya yg normal2, alias tdk hantam2an, tdk ada masalah. untuk dicatat, saya tinggal di daerah yg jalanannya rusak2, dan maksudku bener2 rusak, kayak kubangan, dan polisi tidurnya banyak. poldurnya terbuat dr semen yg pelit, jadi modelnya kotak2. so far, selama saya drivenya normal2, seperti mobil2 lainnya, tdk ketemu yg aneh2. n saya tdk berniat mencoba melewati poldur dlm kecepatan diatas 20km/jam... untuk apa? hanya mau ngetest? hehehehe. di jalanan yg saya sering lewati, mau mercy, mau innova, mau pickup, mau apa saja, yg lewat poldur model gitu, semuanya pelan kayak siput.bayangkan saja, poldurnya model kotak, kayak bongkahan bata ditaro ditengah jalan.
- soal tarikan yg lemot? saya ga merasa. waktu masih di showroom, saya sdh ajak sales saya test unit saya dulu, seblon saya bawa pulang, dan langsung saya bejek habis gasnya. transmisi AT langsung menyesuaikan, perpindahan gigi antara +- 3000-4000rpm dan tarikan nurut saya cukup responsif dan cepat. saya baru ingat, unit baru, RPM jangan sampe di atas 4000. hehehe. langsung saya gak ngebut lagi...
yg kurang buat saya:
- seat belt tdk bisa dinaik turunkan. jadi pd posisi bangku yg agak maju, untuk postur badan saya, seat belt menyentuh tulang di deket leher ke pundak, dan terasa sakit. tp setelah posisi bangku saya adjust mundur dikit, gak sakit lagi.
pd awal2nya, waktu menyetel audio, jari jempol kiri saya suka memencet/kepencet lampu hazard mlulu, yg posisinya ada dibawah audio. tp gak lama, saya sdh tidak pencet lampu hazard lagi... xixixixi
nurut saya sih, kualitas GL yg saya dapat sangat worthed. built-nya not bad sama sekali. tinggal yg harus diuji adala long term built-nya. apakah kualitasnya cukup baik untuk jangka panjang atau mudah rusak. we will see...
di milis livina pake nama Ninja 97 ya !!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Tue Apr 03, 2007 6:20
Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T
Saya baru dpt GL 1.5 XV M/T, sejauh ini tidak punya keluhan apa-apa. Shock breaker empuk sekali apa lg untuk di jalan yg rusak. Juga untuk larinya, nggak kalah dgn Innova (innv bisa disalip dgn mudah).
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Tue May 29, 2007 3:35
Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T
wahyudirizal wrote:Saya baru dpt GL 1.5 XV M/T, sejauh ini tidak punya keluhan apa-apa. Shock breaker empuk sekali apa lg untuk di jalan yg rusak. Juga untuk larinya, nggak kalah dgn Innova (innv bisa disalip dgn mudah).
Selamat ya om ...,udah joint ke livina club?..
/cakcok