Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Kalau pengalaman saya pribadi di mesin 1NZ-FE antara pre-fill oli ke filter oli setelah ganti oli:
- Pre-fill oli ke dalam filter oli: saat start pertama setelah ganti oli, lampu cek oli langsung mati atau menyalanya kurang dari 1 detik setelah mesin menyala.
- Tanpa pre-fill, langsung pasang saja filter oli: saat start pertama setelah ganti oli, lampu cek oli akan menyala sesaat sekitar 1-2 detik setelah mesin menyala baru lampunya padam. Kalau start sesudahnya sih normal saja begitu mesin menyala langsung mati lampu cek olinya.
terakhir kali saya ganti oli saya coba tanpa pre-fill. kayanya yg berikutnya saya mau pre-fill aja sih
dan untuk filter oli spin on biasanya saya rapatkan sampai hand-tight saja sih tidak ada rembes ya
kecuali pernah sekali saya rapetinnya pas masih pakai sarung tangan dan sarung tangannya masih agak licin, pas besoknya lihat ada oli rembes. langsung saya bersihkan filter olinya pakai brake cleaner dan dirapatkan pakai tangan tanpa sarung tangan, ternyata memang kurang rapat karena masih ada sekitar 1/2 putaran lagi
kalau mau hand-tight setelah kejadian tersebut saya pastikan tangan kering dan tidak ada bekas oli, bodi filter olinya saya semprot brake cleaner dulu untuk bersihkan kalau2 kena tetesan oli
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli. Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
marmut wrote: Mon Feb 19, 2024 5:06
kita bahas filter oli spin on ya, bukan cartridge.
perlu.
itu namanya priming,
ini tetep jd tanda tanya buat sy mbah. tribologist (yutuber) ad yg ngelakuin experiment a vs b tp caranya nurut sy salah n jadi inconclusive (dia ga dibuka lg filter olinya jd vacuum seal ga di release).
prinsipnya sy setuju ttg priming tapi ...
bayangin gini kang, stop kran pompa air (sanyo, grundfos, shimizu, whatever) kl dr posisi close trus kita puter ke open dgn:
#1. kondisi pipa kosong sampai katakanlah sebuah kran di dapur, itu angin palsu yg di dalam pipa kan keluar dgn mudah dr kran dapur tsb bareng dgn air yg keluarnya halus.
#2. kondisi pipa ada airnya tp ga full terisi (mirip selang rem atau selang radiator yg belom padat terisi, semi2 kosong), pas stop kran dibuka kan akan nabrak2 air itu (hydrolock) membuat tekanan ga stabil dan angin palsu yg harusnya keluar dgn mudah di kran dapur jd akhirnya moncrot2 crott crott crott baru air keluar stabil.maksud sy yg jd penyebab hydrolock nya yaitu oli yg di prefill di oil filter.
beda dgn kondisi setelah start mesin pertama yg mana ada kondisi vacuum seal dr anti drain back valve utk mencegah oli di pipa s/d strainer balik ke sump (tetap padat). terbukti dgn kondisi ini pas mesin distart, gambar teko merah nyaris langsung padam.
atau
bsa jg pas abis gantol, cabut sekring EFI, trus starter bebrapa kl aj mbah
marmut wrote: Mon Feb 19, 2024 5:06
kita bahas filter oli spin on ya, bukan cartridge.
perlu.
itu namanya priming,
ini tetep jd tanda tanya buat sy mbah. tribologist (yutuber) ad yg ngelakuin experiment a vs b tp caranya nurut sy salah n jadi inconclusive (dia ga dibuka lg filter olinya jd vacuum seal ga di release).
prinsipnya sy setuju ttg priming tapi ...
bayangin gini kang, stop kran pompa air (sanyo, grundfos, shimizu, whatever) kl dr posisi close trus kita puter ke open dgn:
#1. kondisi pipa kosong sampai katakanlah sebuah kran di dapur, itu angin palsu yg di dalam pipa kan keluar dgn mudah dr kran dapur tsb bareng dgn air yg keluarnya halus.
#2. kondisi pipa ada airnya tp ga full terisi (mirip selang rem atau selang radiator yg belom padat terisi, semi2 kosong), pas stop kran dibuka kan akan nabrak2 air itu (hydrolock) membuat tekanan ga stabil dan angin palsu yg harusnya keluar dgn mudah di kran dapur jd akhirnya moncrot2 crott crott crott baru air keluar stabil.maksud sy yg jd penyebab hydrolock nya yaitu oli yg di prefill di oil filter.
beda dgn kondisi setelah start mesin pertama yg mana ada kondisi vacuum seal dr anti drain back valve utk mencegah oli di pipa s/d strainer balik ke sump (tetap padat). terbukti dgn kondisi ini pas mesin distart, gambar teko merah nyaris langsung padam.
atau
bsa jg pas abis gantol, cabut sekring EFI, trus starter bebrapa kl aj mbah
amann
wkwkwk sebelum jij ngomong barusan udah eksekusi. tau ndiri kan fuse box ntu ga ada tulisannya, hrs nyari2 dulu online. udah gitu ga ada pula fuse nya di slot efi, khusus usdm yg ada. adanya fuse coil doang. cobain tp confirmed pake scanner kl injector msh nyemprot.
azu wrote: Mon Feb 19, 2024 9:09
Kalau pengalaman saya pribadi di mesin 1NZ-FE antara pre-fill oli ke filter oli setelah ganti oli:
- Pre-fill oli ke dalam filter oli: saat start pertama setelah ganti oli, lampu cek oli langsung mati atau menyalanya kurang dari 1 detik setelah mesin menyala.
- Tanpa pre-fill, langsung pasang saja filter oli: saat start pertama setelah ganti oli, lampu cek oli akan menyala sesaat sekitar 1-2 detik setelah mesin menyala baru lampunya padam. Kalau start sesudahnya sih normal saja begitu mesin menyala langsung mati lampu cek olinya.
terakhir kali saya ganti oli saya coba tanpa pre-fill. kayanya yg berikutnya saya mau pre-fill aja sih
dan untuk filter oli spin on biasanya saya rapatkan sampai hand-tight saja sih tidak ada rembes ya
kecuali pernah sekali saya rapetinnya pas masih pakai sarung tangan dan sarung tangannya masih agak licin, pas besoknya lihat ada oli rembes. langsung saya bersihkan filter olinya pakai brake cleaner dan dirapatkan pakai tangan tanpa sarung tangan, ternyata memang kurang rapat karena masih ada sekitar 1/2 putaran lagi
kalau mau hand-tight setelah kejadian tersebut saya pastikan tangan kering dan tidak ada bekas oli, bodi filter olinya saya semprot brake cleaner dulu untuk bersihkan kalau2 kena tetesan oli
berarti bedanya 1 detik aja dry run kan om. hehehe rusak ga?
itu oil tribologist di yutup parno porsche nya jd ada Pb pas di uoa. sebab dia ga bisa prefill oil canister nya (model cartridge). next dia coba prefill, ga tau caranya bagaimana, tp uoa kali ini Pb nya 0. dia yakin prefill bikin Pb nya jd 0
ini tetep jd tanda tanya buat sy mbah. tribologist (yutuber) ad yg ngelakuin experiment a vs b tp caranya nurut sy salah n jadi inconclusive (dia ga dibuka lg filter olinya jd vacuum seal ga di release).
prinsipnya sy setuju ttg priming tapi ...
bayangin gini kang, stop kran pompa air (sanyo, grundfos, shimizu, whatever) kl dr posisi close trus kita puter ke open dgn:
#1. kondisi pipa kosong sampai katakanlah sebuah kran di dapur, itu angin palsu yg di dalam pipa kan keluar dgn mudah dr kran dapur tsb bareng dgn air yg keluarnya halus.
#2. kondisi pipa ada airnya tp ga full terisi (mirip selang rem atau selang radiator yg belom padat terisi, semi2 kosong), pas stop kran dibuka kan akan nabrak2 air itu (hydrolock) membuat tekanan ga stabil dan angin palsu yg harusnya keluar dgn mudah di kran dapur jd akhirnya moncrot2 crott crott crott baru air keluar stabil.maksud sy yg jd penyebab hydrolock nya yaitu oli yg di prefill di oil filter.
beda dgn kondisi setelah start mesin pertama yg mana ada kondisi vacuum seal dr anti drain back valve utk mencegah oli di pipa s/d strainer balik ke sump (tetap padat). terbukti dgn kondisi ini pas mesin distart, gambar teko merah nyaris langsung padam.
atau
bsa jg pas abis gantol, cabut sekring EFI, trus starter bebrapa kl aj mbah
amann
wkwkwk sebelum jij ngomong barusan udah eksekusi. tau ndiri kan fuse box ntu ga ada tulisannya, hrs nyari2 dulu online. udah gitu ga ada pula fuse nya di slot efi, khusus usdm yg ada. adanya fuse coil doang. cobain tp confirmed pake scanner kl injector msh nyemprot.
gpp lah banjir dikit cuma 3x crank doang ini
*jauhkanlah FD dr pikiranku
lah emg d vrz ama GK ga ad skring fuel pump atau efi mbah ??
di rebon aj ad loh
atauu pake cara asemreges aj
buka jok blakang, buka cover fuel pump, cabut tu kabel nya
DOHC wrote: Mon Feb 19, 2024 10:52
lah emg d vrz ama GK ga ad skring fuel pump atau efi mbah ??
di rebon aj ad loh
atauu pake cara asemreges aj
buka jok blakang, buka cover fuel pump, cabut tu kabel nya
buka jok belakang ketemunya bukan fuel pump mbah. itu mode khusus bawa pot bunga. hrv ngana dulu kan sama. "di honda kami menamakannya Magic Seats"
disabling fuel pump mah cabut relay di kick panel kanan sebelah pedal gas. cuma ribet encok mbah kayang begitu.
ahh bener jg
inget nya si malah si 1KR-JZGTE
magic seat bahlul itu namanya, ruang kolong kursi depan jd sempit, mo masukin saloon musti cari yg slim punya, itupun jg suara jd kurang nendang gara2 mefet ama kursi
berarti bedanya 1 detik aja dry run kan om. hehehe rusak ga?
itu oil tribologist di yutup parno porsche nya jd ada Pb pas di uoa. sebab dia ga bisa prefill oil canister nya (model cartridge). next dia coba prefill, ga tau caranya bagaimana, tp uoa kali ini Pb nya 0. dia yakin prefill bikin Pb nya jd 0
Iya sih om, ngga rusak juga
Terus pas ganti oli yg Nav1 kan pakainya model cartridge menyamping gitu, jadi ga bisa prefill soalnya pasti bahe itu oli , malah ini saya lihat lampu cek olinya langsung mati seperti biasa
Kalau liat di youtube memang beda2 sih ada yg bilang bagus prefill ada yg bilang jangan juga. Apa saya coba selang seling aja deh tiap ganti oli, sekarang ga prefill nanti yg berikutnya prefill
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli. Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2. kalo ganti filter oli, apa perlu isi oli dikit ke filter, cukup di oles di seal/surface filter atau ngga sama sekali?
kita bahas filter oli spin on ya, bukan cartridge.
perlu.
itu namanya priming, gunanya buat ngebantu sistem pelumasan supaya "masuk angin"-nya nggak kelamaan.
kalo filter dibiarin kosong saat terpasang, pas mesin nyala akan ada saatnya jalur oli "masuk angin" sesaat krn oli musti menuhin ruang di filter dulu.
kapasitas filter sampe penuh itu yg seukuran honda mobilio bisa nampung sekitar 200ml.
kalo oles oli di gasketnya, ya perlu juga.
masalah berapa banyaknya ngisi oli ke filter, saya pribadi biasa isi sampe penuh buat filter yg mulutnya ngadep ke atas kaya sigra sienta ignis vrz rebon.
yg mulutnya kesamping kaya honda nisan, isi setengah kapasitas aja supaya nggak tumpah.
yg mulutnya ngadep bawah kaya kisup ama 2kd, ya terserah mau diisi apa enggak krn tergantung si filter itu punya drain back valve bagus apa enggak.
yg nggak kalah penting, ditorsi sesuai permintaan. 10nm kah? 12nm kah?
nggak punya kunci torsi? kencengin pake tangan kondisi baru sarapan roti tawar selembar tanpa isi.
yg terahir, langkah² diatas cuma saran. mau dilakuin apa enggak ya terserah yg punya mobil.
Makasih pencerahannya Om
Selama ini sy emang ganti oli sendiri Om, trus terbiasa ngisi dikit oli ke filter (yg filternya madep samping) kalo ganti oli di SGV 2.4 per 5000 km
kunci momen ada (kitab suci bilang momen pengencangan 14Nm), tapi krn akses ke filter oli yg tricky bin susah banget (ratchet cuma bisa di pake buka filter), sy kencenginnya pake tangan aja (asal kenceng aja ngga pake urat/otot) Om
Oh iya mohon review & sarannya juga soal Filter Sakura C-1404 (sy pakenya ini selama ini krn filter SGP lumayan mahal)
Kalo mesti switch, yg ekonomis tp kualitas lumayan bagus brand apa Om? saya taunya cuma brand Denso, Sarp, Aspira & Aegis tapi ngga tau tipe yg cocok buat SGV 2.4
2. kalo ganti filter oli, apa perlu isi oli dikit ke filter, cukup di oles di seal/surface filter atau ngga sama sekali?
kita bahas filter oli spin on ya, bukan cartridge.
perlu.
itu namanya priming, gunanya buat ngebantu sistem pelumasan supaya "masuk angin"-nya nggak kelamaan.
kalo filter dibiarin kosong saat terpasang, pas mesin nyala akan ada saatnya jalur oli "masuk angin" sesaat krn oli musti menuhin ruang di filter dulu.
kapasitas filter sampe penuh itu yg seukuran honda mobilio bisa nampung sekitar 200ml.
kalo oles oli di gasketnya, ya perlu juga.
masalah berapa banyaknya ngisi oli ke filter, saya pribadi biasa isi sampe penuh buat filter yg mulutnya ngadep ke atas kaya sigra sienta ignis vrz rebon.
yg mulutnya kesamping kaya honda nisan, isi setengah kapasitas aja supaya nggak tumpah.
yg mulutnya ngadep bawah kaya kisup ama 2kd, ya terserah mau diisi apa enggak krn tergantung si filter itu punya drain back valve bagus apa enggak.
yg nggak kalah penting, ditorsi sesuai permintaan. 10nm kah? 12nm kah?
nggak punya kunci torsi? kencengin pake tangan kondisi baru sarapan roti tawar selembar tanpa isi.
yg terahir, langkah² diatas cuma saran. mau dilakuin apa enggak ya terserah yg punya mobil.
Makasih pencerahannya Om
Selama ini sy emang ganti oli sendiri Om, trus terbiasa ngisi dikit oli ke filter (yg filternya madep samping) kalo ganti oli di SGV 2.4 per 5000 km
kunci momen ada (kitab suci bilang momen pengencangan 14Nm), tapi krn akses ke filter oli yg tricky bin susah banget (ratchet cuma bisa di pake buka filter), sy kencenginnya pake tangan aja (asal kenceng aja ngga pake urat/otot) Om
Oh iya mohon review & sarannya juga soal Filter Sakura C-1404 (sy pakenya ini selama ini krn filter SGP lumayan mahal)
Kalo mesti switch, yg ekonomis tp kualitas lumayan bagus brand apa Om? saya taunya cuma brand Denso, Sarp, Aspira & Aegis tapi ngga tau tipe yg cocok buat SGV 2.4
Thanks in advance
bantu jawab yaa,
karena saya sering ganti2 merk filter oli yg harganya ekonomis. Menurut saya yg oke merk bosch dan denso, dibawahnya merk sakura/acdelco, dibawahnya lagi merk aspira
Oh iya mohon review & sarannya juga soal Filter Sakura C-1404 (sy pakenya ini selama ini krn filter SGP lumayan mahal)
Kalo mesti switch, yg ekonomis tp kualitas lumayan bagus brand apa Om? saya taunya cuma brand Denso, Sarp, Aspira & Aegis tapi ngga tau tipe yg cocok buat SGV 2.4
Thanks in advance
saya ga bisa review karena ga pernah pake sakura dan bukan ilmuwan juga.
kalo mau ekononis, pake aja filter oli buat ertiga.
susuki kan semua sama diameter lubang sama dratnya. yg beda hanya ukuran filternya.
denso umum dan gampang didapet.
sarp belum pernah tau.
aspira paling murah setau saya.
aegis berapa kali pasang dratnya ga ada yg beres.
mau nambahin yg bung
t105erd
kasih daftarnya, ada ken, itu produsen filter oli buat honda.
Oh iya mohon review & sarannya juga soal Filter Sakura C-1404 (sy pakenya ini selama ini krn filter SGP lumayan mahal)
Kalo mesti switch, yg ekonomis tp kualitas lumayan bagus brand apa Om? saya taunya cuma brand Denso, Sarp, Aspira & Aegis tapi ngga tau tipe yg cocok buat SGV 2.4
Thanks in advance
saya ga bisa review karena ga pernah pake sakura dan bukan ilmuwan juga.
kalo mau ekononis, pake aja filter oli buat ertiga.
susuki kan semua sama diameter lubang sama dratnya. yg beda hanya ukuran filternya.
denso umum dan gampang didapet.
sarp belum pernah tau.
aspira paling murah setau saya.
aegis berapa kali pasang dratnya ga ada yg beres.
mau nambahin yg bung
t105erd
kasih daftarnya, ada ken, itu produsen filter oli buat honda.
Makasih masukannya mbah
Artinya ukuran filter ngga masalah ya selama dratnya sama aja? Mau eksperiment pake filter ertiga, takut jebol mbah
Ring/washer baut drain perlu ganti juga ngga sih setiap ganti oli mbah?
Washer drain plug diganti setiap ganti oli om, di setiap service manual yg saya baca selalu seperti itu. Harganya juga paling 10-15 ribu aja, saran sih beli aja untuk stok minimal 2 pcs.
Jangan seperti kebanyakan bengkel yg pakai seal tape di dratnya, potensi sleknya tinggi apalagi kalau yang kencenginnya ga kira-kira
Pas saya tahun lalu beli mobil seken terus ganti oli sendiri, itu seal tape di drain plugnya tebel bgt sampai lumayan effort bersihinnya, mana washernya juga udah nempel bgt ke drain plugnya sampai harus diketok2 biar lepas dari drain plugnya. Untungnya pas saya pasang lagi dengan drain plug baru dan dipasang dengan kunci torsi murmer aja sesuai dengan torque spec pabrikan ga rembes itu dari drain plugnya.
Mengenai washer drain plug, untuk sisi yang ada bagian yg nantinya menempel itu dipasang ke sisi bagian topi drain plugnya kan ya? soalnya saya pernah pasang yg bagian menempel ke sisi oil pan, pas dibuka drain plugnya untuk ganti oli itu washer malah jadi nempel ke oil pan nya
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli. Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
Artinya ukuran filter ngga masalah ya selama dratnya sama aja? Mau eksperiment pake filter ertiga, takut jebol mbah
Ring/washer baut drain perlu ganti juga ngga sih setiap ganti oli mbah?
sama²
jebol kenapa? selama ukuran lubang sama drat sama ya gaada masalah. mau pake kepunyaan karimun wagon juga bisa, tapi kan itu jadi kecil banget filternya.
mitsusi anps bisa pake filter oli kepunyaan honda kalo mau ekonomis, plug & play.
crush washer ganti lah, barang receh sekali pake. kalo di tempat saya dapet gratis.
itu yang paling bawah di pin caliper om? apa ga malah jadi macet itu kalipernya ya
iya pin kaliper.
sudah pasti macet. dan gilanya di mobil spt itu, kalo sekelas kijang bak angkut semen atau espas ya wajar pin kaliper digituin....
atau lg di tengah² hutan yg kalo ke kota terdekat bisa 3 hari perjalanan, oke lah ngakalin pake siltip.
yang terakhir saya bersihin itu mirip yg di gambar 2 om, sampai ada yg nempel juga di drat oil pan
itu yang paling bawah di pin caliper om? apa ga malah jadi macet itu kalipernya ya
Innova Reborn saya juga sempat dililit PTFE tape slider pin kalipernya oleh Auto2000.
Civic FD saya juga sempat dililit PTFE tape slider pin kalipernya oleh dua bengkel kaki-kaki di Ruko Frankfurt Gading Serpong.
Dua, yang satunya tau, yang satunya lg siapa ya om
Bengkel kaki-kaki di ruko Frankfurt yang sebelahnya jualan bakso yang paling parah. Suspensi depan bunyi "tok" ketika "main" dibilang slider pin kaliper yang sudah "kena". Mentang-mentang bunyinya dominan muncul ketika hard braking, yakin banget habis dililit-lilit PTFE tape + dikasih gemuk chassis Burgari langsung sembuh. Sok tahu banget, padahal hard braking membuat suspensi depan jadi berkerja, makanya bunyi "tok".
Akhirnya langsung minta opini alternatif ke bengkel kaki-kaki di ruko Frankfurt yang disebelahnya jualan bakmie dekat toko spareparts "spesialis kaca mobil". Disana diketemukan bahwa mounting strut saya sudah retak. Kasus fixed. Lalu langsung mampir ke bengkel ex-moderator forum ini yang lokasinya di ruko Glaze untuk buang PTFE tapenya dan diberikan gemuk rem yang sesuai. Sehari visit 3 bengkel.
Tahun ini pergi ke bengkel kaki-kaki ruko Frankfurt yang disebelahnya jualan bakmie dengan keluhan suspensi belakang bunyi klutuk-klutuk. Mereka nyerah, dan diakal-akalin slider pin kaliper belakang dililit PTFE lalu dikasih gemuk chassis.
Akhirnya mobil saya serahkan kepada mbah
marmut wrote:
Dan dia menemukan shock KYB Excel-G saya yang bermasalah. Padahal shock KYB made in Japan, barang baru dibeli dari bengkel ruko Frankfurt disebelah jualan bakmie pada bulan Mei 2023
Innova Reborn saya juga sempat dililit PTFE tape slider pin kalipernya oleh Auto2000.
Civic FD saya juga sempat dililit PTFE tape slider pin kalipernya oleh dua bengkel kaki-kaki di Ruko Frankfurt Gading Serpong.
Dua, yang satunya tau, yang satunya lg siapa ya om
Bengkel kaki-kaki di ruko Frankfurt yang sebelahnya jualan bakso yang paling parah. Suspensi depan bunyi "tok" ketika "main" dibilang slider pin kaliper yang sudah "kena". Mentang-mentang bunyinya dominan muncul ketika hard braking, yakin banget habis dililit-lilit PTFE tape + dikasih gemuk chassis Burgari langsung sembuh. Sok tahu banget, padahal hard braking membuat suspensi depan jadi berkerja, makanya bunyi "tok".
Akhirnya langsung minta opini alternatif ke bengkel kaki-kaki di ruko Frankfurt yang disebelahnya jualan bakmie dekat toko spareparts "spesialis kaca mobil". Disana diketemukan bahwa mounting strut saya sudah retak. Kasus fixed. Lalu langsung mampir ke bengkel ex-moderator forum ini yang lokasinya di ruko Glaze untuk buang PTFE tapenya dan diberikan gemuk rem yang sesuai. Sehari visit 3 bengkel.
Tahun ini pergi ke bengkel kaki-kaki ruko Frankfurt yang disebelahnya jualan bakmie dengan keluhan suspensi belakang bunyi klutuk-klutuk. Mereka nyerah, dan diakal-akalin slider pin kaliper belakang dililit PTFE lalu dikasih gemuk chassis.
Akhirnya mobil saya serahkan kepada mbah
marmut wrote:
Dan dia menemukan shock KYB Excel-G saya yang bermasalah. Padahal shock KYB made in Japan, barang baru dibeli dari bengkel ruko Frankfurt disebelah jualan bakmie pada bulan Mei 2023
Ah oke, JA toh, ane gak ngeh kalau dia bengkel kaki kaki wkwkwk