Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
himaatoo wrote: Fri Jan 06, 2023 1:21
Selamat pagi om semua.
Maaf nih nubi mau tanya karena kebetulan buta sekali di dunia perlendiran motor, hehe.
Alhamdulillah baru meminang PCX 160 dan sekarang baru 50KM.
Di bukman sih bilangnya begini
Screenshot_20230106_081559_Xodo Docs.jpg
Yang mau saya tanyakan, haruskah olinya bersertifikasi JASO MB? Atau oli bensin apa saja bisa (Tanpa JASO dan APInya lebih baik dari SG)?
Terima kasih sebelumnya.
JASO MB = Oli motor metik , oli disini berkerja seperti oli mesin mobil pada umumnya. Untuk melumasi, membersihkan dan mendinginkan mesin. Pake oli mobil apa aja bisa asal spek seperti yang om bilang lebih baik apinya. Tapi saya rekomendasiin kalo buat motor mending pake oli mobil yang bagus, karena motor rpmnya tinggi dibanding dengan mobil.
JASO MA= dia ada friction modifier, supaya saat di pake di kopling basah gak selip. (Licin bagus untuk mesin karena gesekan minim, tapi untuk keperluan khusus seperti kopling kalo terlalu licin akan selip)
himaatoo wrote: Fri Jan 06, 2023 1:21
Selamat pagi om semua.
Maaf nih nubi mau tanya karena kebetulan buta sekali di dunia perlendiran motor, hehe.
Alhamdulillah baru meminang PCX 160 dan sekarang baru 50KM.
Di bukman sih bilangnya begini
Screenshot_20230106_081559_Xodo Docs.jpg
Yang mau saya tanyakan, haruskah olinya bersertifikasi JASO MB? Atau oli bensin apa saja bisa (Tanpa JASO dan APInya lebih baik dari SG)?
Terima kasih sebelumnya.
Bisa oli bensin
Pakai w30 kelas dexos 1, Api SP: spt Bardahl 5w30 XTC S9
Atau acea a5 b5 ada bbrp pilihan, salah satunya PTT 5w30 a5 b5 api sn
sahabatq8 wrote:
himaatoo wrote: Fri Jan 06, 2023 1:21
Selamat pagi om semua.
Maaf nih nubi mau tanya karena kebetulan buta sekali di dunia perlendiran motor, hehe.
Alhamdulillah baru meminang PCX 160 dan sekarang baru 50KM.
Di bukman sih bilangnya begini
Screenshot_20230106_081559_Xodo Docs.jpg
Yang mau saya tanyakan, haruskah olinya bersertifikasi JASO MB? Atau oli bensin apa saja bisa (Tanpa JASO dan APInya lebih baik dari SG)?
Terima kasih sebelumnya.
JASO MB = Oli motor metik , oli disini berkerja seperti oli mesin mobil pada umumnya. Untuk melumasi, membersihkan dan mendinginkan mesin. Pake oli mobil apa aja bisa asal spek seperti yang om bilang lebih baik apinya. Tapi saya rekomendasiin kalo buat motor mending pake oli mobil yang bagus, karena motor rpmnya tinggi dibanding dengan mobil.
JASO MA= dia ada friction modifier, supaya saat di pake di kopling basah gak selip. (Licin bagus untuk mesin karena gesekan minim, tapi untuk keperluan khusus seperti kopling kalo terlalu licin akan selip)
Apa ada komen ga om om disini ttg bukan oli mesin bensin yg dipake tp malah oli diesel.
Plusnya apa ya?
Dari tes oli terakhir yg q8 5w30 tbn masi bagus, cuma nguap aja di 2600km.
Apa oli diesel lebih resistif?
Oli repsol motosyn yg saya pake di 3/4 postingan diatas dah nguap dikit di lubang intip kapasitas oli (dulu pas pake oli mobil penguapan terlihat di 800km keatas), padahal baru 250an km sejak gantol.
Balik oli mobil lagi ini kyknya. Cuma oli mesin bensin ato diesel ya[emoji28]
himaatoo wrote: Fri Jan 06, 2023 1:21
Selamat pagi om semua.
Maaf nih nubi mau tanya karena kebetulan buta sekali di dunia perlendiran motor, hehe.
Alhamdulillah baru meminang PCX 160 dan sekarang baru 50KM.
Di bukman sih bilangnya begini
Screenshot_20230106_081559_Xodo Docs.jpg
Yang mau saya tanyakan, haruskah olinya bersertifikasi JASO MB? Atau oli bensin apa saja bisa (Tanpa JASO dan APInya lebih baik dari SG)?
Terima kasih sebelumnya.
Bisa oli bensin
Pakai w30 kelas dexos 1, Api SP: spt Bardahl 5w30 XTC S9
Atau acea a5 b5 ada bbrp pilihan, salah satunya PTT 5w30 a5 b5 api sn
sahabatq8 wrote:
himaatoo wrote: Fri Jan 06, 2023 1:21
Selamat pagi om semua.
Maaf nih nubi mau tanya karena kebetulan buta sekali di dunia perlendiran motor, hehe.
Alhamdulillah baru meminang PCX 160 dan sekarang baru 50KM.
Di bukman sih bilangnya begini
Screenshot_20230106_081559_Xodo Docs.jpg
Yang mau saya tanyakan, haruskah olinya bersertifikasi JASO MB? Atau oli bensin apa saja bisa (Tanpa JASO dan APInya lebih baik dari SG)?
Terima kasih sebelumnya.
JASO MB = Oli motor metik , oli disini berkerja seperti oli mesin mobil pada umumnya. Untuk melumasi, membersihkan dan mendinginkan mesin. Pake oli mobil apa aja bisa asal spek seperti yang om bilang lebih baik apinya. Tapi saya rekomendasiin kalo buat motor mending pake oli mobil yang bagus, karena motor rpmnya tinggi dibanding dengan mobil.
JASO MA= dia ada friction modifier, supaya saat di pake di kopling basah gak selip. (Licin bagus untuk mesin karena gesekan minim, tapi untuk keperluan khusus seperti kopling kalo terlalu licin akan selip)
Apa ada komen ga om om disini ttg bukan oli mesin bensin yg dipake tp malah oli diesel.
Plusnya apa ya?
Dari tes oli terakhir yg q8 5w30 tbn masi bagus, cuma nguap aja di 2600km.
Apa oli diesel lebih resistif?
Oli repsol motosyn yg saya pake di 3/4 postingan diatas dah nguap dikit di lubang intip kapasitas oli (dulu pas pake oli mobil penguapan terlihat di 800km keatas), padahal baru 250an km sejak gantol.
Balik oli mobil lagi ini kyknya. Cuma oli mesin bensin ato diesel ya[emoji28]
Ane belom pernah coba sih om, iya pernah denger oli diesel banyak yang cari buat motor. Tapi sebenernya mesin diesel kan justru low rpm ya. Ada beberapa jg customer ya pake FT7000 kita di skutik
himaatoo wrote: Fri Jan 06, 2023 1:21
Selamat pagi om semua.
Maaf nih nubi mau tanya karena kebetulan buta sekali di dunia perlendiran motor, hehe.
Alhamdulillah baru meminang PCX 160 dan sekarang baru 50KM.
Di bukman sih bilangnya begini
Screenshot_20230106_081559_Xodo Docs.jpg
Yang mau saya tanyakan, haruskah olinya bersertifikasi JASO MB? Atau oli bensin apa saja bisa (Tanpa JASO dan APInya lebih baik dari SG)?
Terima kasih sebelumnya.
Bisa oli bensin
Pakai w30 kelas dexos 1, Api SP: spt Bardahl 5w30 XTC S9
Atau acea a5 b5 ada bbrp pilihan, salah satunya PTT 5w30 a5 b5 api sn
sahabatq8 wrote:
himaatoo wrote: Fri Jan 06, 2023 1:21
Selamat pagi om semua.
Maaf nih nubi mau tanya karena kebetulan buta sekali di dunia perlendiran motor, hehe.
Alhamdulillah baru meminang PCX 160 dan sekarang baru 50KM.
Di bukman sih bilangnya begini
Screenshot_20230106_081559_Xodo Docs.jpg
Yang mau saya tanyakan, haruskah olinya bersertifikasi JASO MB? Atau oli bensin apa saja bisa (Tanpa JASO dan APInya lebih baik dari SG)?
Terima kasih sebelumnya.
JASO MB = Oli motor metik , oli disini berkerja seperti oli mesin mobil pada umumnya. Untuk melumasi, membersihkan dan mendinginkan mesin. Pake oli mobil apa aja bisa asal spek seperti yang om bilang lebih baik apinya. Tapi saya rekomendasiin kalo buat motor mending pake oli mobil yang bagus, karena motor rpmnya tinggi dibanding dengan mobil.
JASO MA= dia ada friction modifier, supaya saat di pake di kopling basah gak selip. (Licin bagus untuk mesin karena gesekan minim, tapi untuk keperluan khusus seperti kopling kalo terlalu licin akan selip)
Apa ada komen ga om om disini ttg bukan oli mesin bensin yg dipake tp malah oli diesel.
Plusnya apa ya?
Dari tes oli terakhir yg q8 5w30 tbn masi bagus, cuma nguap aja di 2600km.
Apa oli diesel lebih resistif?
Oli repsol motosyn yg saya pake di 3/4 postingan diatas dah nguap dikit di lubang intip kapasitas oli (dulu pas pake oli mobil penguapan terlihat di 800km keatas), padahal baru 250an km sejak gantol.
Balik oli mobil lagi ini kyknya. Cuma oli mesin bensin ato diesel ya[emoji28]
Yamaha kondisi std kan butuh w40 nih mbah.
Apalagi si mbah udah naik kubikasi mesin, beda lg itungannya, higher power, malah w40 jd nya minimal, yg direkomen biasanya klo motor bore-up malah naik visco (klo di xmax mbah berarti better ke w50)
Klo oli diesel lom prnh coba dan lom prnh test lab
Jd blm bisa komen
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote:
Bisa oli bensin
Pakai w30 kelas dexos 1, Api SP: spt Bardahl 5w30 XTC S9
Atau acea a5 b5 ada bbrp pilihan, salah satunya PTT 5w30 a5 b5 api sn
sahabatq8 wrote:
JASO MB = Oli motor metik , oli disini berkerja seperti oli mesin mobil pada umumnya. Untuk melumasi, membersihkan dan mendinginkan mesin. Pake oli mobil apa aja bisa asal spek seperti yang om bilang lebih baik apinya. Tapi saya rekomendasiin kalo buat motor mending pake oli mobil yang bagus, karena motor rpmnya tinggi dibanding dengan mobil.
JASO MA= dia ada friction modifier, supaya saat di pake di kopling basah gak selip. (Licin bagus untuk mesin karena gesekan minim, tapi untuk keperluan khusus seperti kopling kalo terlalu licin akan selip)
Apa ada komen ga om om disini ttg bukan oli mesin bensin yg dipake tp malah oli diesel.
Plusnya apa ya?
Dari tes oli terakhir yg q8 5w30 tbn masi bagus, cuma nguap aja di 2600km.
Apa oli diesel lebih resistif?
Oli repsol motosyn yg saya pake di 3/4 postingan diatas dah nguap dikit di lubang intip kapasitas oli (dulu pas pake oli mobil penguapan terlihat di 800km keatas), padahal baru 250an km sejak gantol.
Balik oli mobil lagi ini kyknya. Cuma oli mesin bensin ato diesel ya[emoji28]
Ane belom pernah coba sih om, iya pernah denger oli diesel banyak yang cari buat motor. Tapi sebenernya mesin diesel kan justru low rpm ya. Ada beberapa jg customer ya pake FT7000 kita di skutik
Nah, ga tau kenapa banyak aliran oli diesel.
Sekilas spek diesel tinggi tbn, tapi bener rpm lbh rendah. Harusnya sih di pemakaian motor tbn ga ngaruh.
Heran juga hehe
Suryaputra wrote:
Bisa oli bensin
Pakai w30 kelas dexos 1, Api SP: spt Bardahl 5w30 XTC S9
Atau acea a5 b5 ada bbrp pilihan, salah satunya PTT 5w30 a5 b5 api sn
sahabatq8 wrote:
JASO MB = Oli motor metik , oli disini berkerja seperti oli mesin mobil pada umumnya. Untuk melumasi, membersihkan dan mendinginkan mesin. Pake oli mobil apa aja bisa asal spek seperti yang om bilang lebih baik apinya. Tapi saya rekomendasiin kalo buat motor mending pake oli mobil yang bagus, karena motor rpmnya tinggi dibanding dengan mobil.
JASO MA= dia ada friction modifier, supaya saat di pake di kopling basah gak selip. (Licin bagus untuk mesin karena gesekan minim, tapi untuk keperluan khusus seperti kopling kalo terlalu licin akan selip)
Apa ada komen ga om om disini ttg bukan oli mesin bensin yg dipake tp malah oli diesel.
Plusnya apa ya?
Dari tes oli terakhir yg q8 5w30 tbn masi bagus, cuma nguap aja di 2600km.
Apa oli diesel lebih resistif?
Oli repsol motosyn yg saya pake di 3/4 postingan diatas dah nguap dikit di lubang intip kapasitas oli (dulu pas pake oli mobil penguapan terlihat di 800km keatas), padahal baru 250an km sejak gantol.
Balik oli mobil lagi ini kyknya. Cuma oli mesin bensin ato diesel ya[emoji28]
Yamaha kondisi std kan butuh w40 nih mbah.
Apalagi si mbah udah naik kubikasi mesin, beda lg itungannya, higher power, malah w40 jd nya minimal, yg direkomen biasanya klo motor bore-up malah naik visco (klo di xmax mbah berarti better ke w50)
Klo oli diesel lom prnh coba dan lom prnh test lab
Jd blm bisa komen
Yes, betul om. Itu sisa oli simpenan, sayang ga kepake. Kirain naik visco aja cukup.
Tapi sepertinya memang oli skutik bare minimum.
5w30 oli mobil keraton aja lifetimenya bisa lbh lama dr 10w40 motor punya.
Next Change eksperimen oli mobil buntut 40 dl yg keraton juga. Abis itu coba yg 50 deh.
Coba nyari sweet spotnya.
Tapi mungkin coba compare buntut 40 bensin vs 40 diesel dulu bwt head 2 head. Lets see, coba dan tes ke Trakindo kalo niat [emoji28]
hackers11 wrote: Fri Jan 06, 2023 4:11
Apa ada komen ga om om disini ttg bukan oli mesin bensin yg dipake tp malah oli diesel.
Plusnya apa ya?
Dari tes oli terakhir yg q8 5w30 tbn masi bagus, cuma nguap aja di 2600km.
Apa oli diesel lebih resistif?
Oli repsol motosyn yg saya pake di 3/4 postingan diatas dah nguap dikit di lubang intip kapasitas oli (dulu pas pake oli mobil penguapan terlihat di 800km keatas), padahal baru 250an km sejak gantol.
Balik oli mobil lagi ini kyknya. Cuma oli mesin bensin ato diesel ya[emoji28]
Yamaha kondisi std kan butuh w40 nih mbah.
Apalagi si mbah udah naik kubikasi mesin, beda lg itungannya, higher power, malah w40 jd nya minimal, yg direkomen biasanya klo motor bore-up malah naik visco (klo di xmax mbah berarti better ke w50)
Klo oli diesel lom prnh coba dan lom prnh test lab
Jd blm bisa komen
Yes, betul om. Itu sisa oli simpenan, sayang ga kepake. Kirain naik visco aja cukup.
Tapi sepertinya memang oli skutik bare minimum.
5w30 oli mobil keraton aja lifetimenya bisa lbh lama dr 10w40 motor punya.
Next Change eksperimen oli mobil buntut 40 dl yg keraton juga. Abis itu coba yg 50 deh.
Coba nyari sweet spotnya.
Tapi mungkin coba compare buntut 40 bensin vs 40 diesel dulu bwt head 2 head. Lets see, coba dan tes ke Trakindo kalo niat [emoji28]
Super Nice experiment mbah
Sampai bore up xmax nyaa
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
hackers11 wrote: Fri Jan 06, 2023 4:11
Apa ada komen ga om om disini ttg bukan oli mesin bensin yg dipake tp malah oli diesel.
Plusnya apa ya?
Dari tes oli terakhir yg q8 5w30 tbn masi bagus, cuma nguap aja di 2600km.
Apa oli diesel lebih resistif?
Oli repsol motosyn yg saya pake di 3/4 postingan diatas dah nguap dikit di lubang intip kapasitas oli (dulu pas pake oli mobil penguapan terlihat di 800km keatas), padahal baru 250an km sejak gantol.
Balik oli mobil lagi ini kyknya. Cuma oli mesin bensin ato diesel ya[emoji28]
Yamaha kondisi std kan butuh w40 nih mbah.
Apalagi si mbah udah naik kubikasi mesin, beda lg itungannya, higher power, malah w40 jd nya minimal, yg direkomen biasanya klo motor bore-up malah naik visco (klo di xmax mbah berarti better ke w50)
Klo oli diesel lom prnh coba dan lom prnh test lab
Jd blm bisa komen
Yes, betul om. Itu sisa oli simpenan, sayang ga kepake. Kirain naik visco aja cukup.
Tapi sepertinya memang oli skutik bare minimum.
5w30 oli mobil keraton aja lifetimenya bisa lbh lama dr 10w40 motor punya.
Next Change eksperimen oli mobil buntut 40 dl yg keraton juga. Abis itu coba yg 50 deh.
Coba nyari sweet spotnya.
Tapi mungkin coba compare buntut 40 bensin vs 40 diesel dulu bwt head 2 head. Lets see, coba dan tes ke Trakindo kalo niat [emoji28]
Di Q8 aja oli motor sama mobil sama aja mbah harganya, malah kadang bisa mahalan oli motor. Lah kalo di Indonesia sini oli motor standard lebih murah daripada migor
Suryaputra wrote:
Yamaha kondisi std kan butuh w40 nih mbah.
Apalagi si mbah udah naik kubikasi mesin, beda lg itungannya, higher power, malah w40 jd nya minimal, yg direkomen biasanya klo motor bore-up malah naik visco (klo di xmax mbah berarti better ke w50)
Klo oli diesel lom prnh coba dan lom prnh test lab
Jd blm bisa komen
Yes, betul om. Itu sisa oli simpenan, sayang ga kepake. Kirain naik visco aja cukup.
Tapi sepertinya memang oli skutik bare minimum.
5w30 oli mobil keraton aja lifetimenya bisa lbh lama dr 10w40 motor punya.
Next Change eksperimen oli mobil buntut 40 dl yg keraton juga. Abis itu coba yg 50 deh.
Coba nyari sweet spotnya.
Tapi mungkin coba compare buntut 40 bensin vs 40 diesel dulu bwt head 2 head. Lets see, coba dan tes ke Trakindo kalo niat [emoji28]
Super Nice experiment mbah
Sampai bore up xmax nyaa
Sementara ga ada yg tahan diatas 2000km dgn spek sekarang penguapan masi normal.
Mau tesnya gampang jadinya wkwkwk
hackers11 wrote: Fri Jan 06, 2023 5:14
Yes, betul om. Itu sisa oli simpenan, sayang ga kepake. Kirain naik visco aja cukup.
Tapi sepertinya memang oli skutik bare minimum.
5w30 oli mobil keraton aja lifetimenya bisa lbh lama dr 10w40 motor punya.
Next Change eksperimen oli mobil buntut 40 dl yg keraton juga. Abis itu coba yg 50 deh.
Coba nyari sweet spotnya.
Tapi mungkin coba compare buntut 40 bensin vs 40 diesel dulu bwt head 2 head. Lets see, coba dan tes ke Trakindo kalo niat [emoji28]
Super Nice experiment mbah
Sampai bore up xmax nyaa
Sementara ga ada yg tahan diatas 2000km dgn spek sekarang penguapan masi normal.
Mau tesnya gampang jadinya wkwkwk
Salah satu bengkel customer kita untuk xmax boreup make 5w40 /0w40, kalo buat touring pake 10w50 ato 10w60.
Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 1:54
Bisa oli bensin
Pakai w30 kelas dexos 1, Api SP: spt Bardahl 5w30 XTC S9
Atau acea a5 b5 ada bbrp pilihan, salah satunya PTT 5w30 a5 b5 api sn
sahabatq8 wrote: Fri Jan 06, 2023 3:14
JASO MB = Oli motor metik , oli disini berkerja seperti oli mesin mobil pada umumnya. Untuk melumasi, membersihkan dan mendinginkan mesin. Pake oli mobil apa aja bisa asal spek seperti yang om bilang lebih baik apinya. Tapi saya rekomendasiin kalo buat motor mending pake oli mobil yang bagus, karena motor rpmnya tinggi dibanding dengan mobil.
JASO MA= dia ada friction modifier, supaya saat di pake di kopling basah gak selip. (Licin bagus untuk mesin karena gesekan minim, tapi untuk keperluan khusus seperti kopling kalo terlalu licin akan selip)
Mantap mbah
Kalau prinsip lebih encer lebih baik bisa dipakai di motor PCX ini ga ya mbah?
Agak penasaran nyoba juga abis baca postingan mbah DrivingPotato varionya pake 0w20.
Atau lebih baik stick to w30 atau bahkan dinaikin aja sekalian?
Dengan kondisi mesin yang bakalan maintain standar aja tanpa modifan, hehe
Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 1:54
Bisa oli bensin
Pakai w30 kelas dexos 1, Api SP: spt Bardahl 5w30 XTC S9
Atau acea a5 b5 ada bbrp pilihan, salah satunya PTT 5w30 a5 b5 api sn
sahabatq8 wrote: Fri Jan 06, 2023 3:14
JASO MB = Oli motor metik , oli disini berkerja seperti oli mesin mobil pada umumnya. Untuk melumasi, membersihkan dan mendinginkan mesin. Pake oli mobil apa aja bisa asal spek seperti yang om bilang lebih baik apinya. Tapi saya rekomendasiin kalo buat motor mending pake oli mobil yang bagus, karena motor rpmnya tinggi dibanding dengan mobil.
JASO MA= dia ada friction modifier, supaya saat di pake di kopling basah gak selip. (Licin bagus untuk mesin karena gesekan minim, tapi untuk keperluan khusus seperti kopling kalo terlalu licin akan selip)
Mantap mbah
Kalau prinsip lebih encer lebih baik bisa dipakai di motor PCX ini ga ya mbah?
Agak penasaran nyoba juga abis baca postingan mbah DrivingPotato varionya pake 0w20.
Atau lebih baik stick to w30 atau bahkan dinaikin aja sekalian?
Dengan kondisi mesin yang bakalan maintain standar aja tanpa modifan, hehe
W30 ajah aman nya dan non energy conserving.
krn energy conserving cenderung encer.
A5 B5 udah pas itu, sweet spotnya, pakai aja sampai 3rb km or 4-6 bulan
sambil monitor penguapan tiap Seceng km.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 1:54
Bisa oli bensin
Pakai w30 kelas dexos 1, Api SP: spt Bardahl 5w30 XTC S9
Atau acea a5 b5 ada bbrp pilihan, salah satunya PTT 5w30 a5 b5 api sn
sahabatq8 wrote: Fri Jan 06, 2023 3:14
JASO MB = Oli motor metik , oli disini berkerja seperti oli mesin mobil pada umumnya. Untuk melumasi, membersihkan dan mendinginkan mesin. Pake oli mobil apa aja bisa asal spek seperti yang om bilang lebih baik apinya. Tapi saya rekomendasiin kalo buat motor mending pake oli mobil yang bagus, karena motor rpmnya tinggi dibanding dengan mobil.
JASO MA= dia ada friction modifier, supaya saat di pake di kopling basah gak selip. (Licin bagus untuk mesin karena gesekan minim, tapi untuk keperluan khusus seperti kopling kalo terlalu licin akan selip)
Mantap mbah
Kalau prinsip lebih encer lebih baik bisa dipakai di motor PCX ini ga ya mbah?
Agak penasaran nyoba juga abis baca postingan mbah DrivingPotato varionya pake 0w20.
Atau lebih baik stick to w30 atau bahkan dinaikin aja sekalian?
Dengan kondisi mesin yang bakalan maintain standar aja tanpa modifan, hehe
stick to w30 aja om..
saya pake PTT 0w20 botol emas itu nguap di 2000an KM pemakaian 1 tahun di Vario 125 LED ..
kecuali mau cek rutin tiap bulan sih..
skrg saya pake Fastron Gold 5w30 curah aja, 60rban tiap ganti oli, udh enak olinya, ganti tiap 2500km aja..
himaatoo wrote: Fri Jan 06, 2023 1:21
Selamat pagi om semua.
Maaf nih nubi mau tanya karena kebetulan buta sekali di dunia perlendiran motor, hehe.
Alhamdulillah baru meminang PCX 160 dan sekarang baru 50KM.
Di bukman sih bilangnya begini
Screenshot_20230106_081559_Xodo Docs.jpg
Yang mau saya tanyakan, haruskah olinya bersertifikasi JASO MB? Atau oli bensin apa saja bisa (Tanpa JASO dan APInya lebih baik dari SG)?
Terima kasih sebelumnya.
JASO MB = Oli motor metik , oli disini berkerja seperti oli mesin mobil pada umumnya. Untuk melumasi, membersihkan dan mendinginkan mesin. Pake oli mobil apa aja bisa asal spek seperti yang om bilang lebih baik apinya. Tapi saya rekomendasiin kalo buat motor mending pake oli mobil yang bagus, karena motor rpmnya tinggi dibanding dengan mobil.
JASO MA= dia ada friction modifier, supaya saat di pake di kopling basah gak selip. (Licin bagus untuk mesin karena gesekan minim, tapi untuk keperluan khusus seperti kopling kalo terlalu licin akan selip)
Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 1:54
Bisa oli bensin
Pakai w30 kelas dexos 1, Api SP: spt Bardahl 5w30 XTC S9
Atau acea a5 b5 ada bbrp pilihan, salah satunya PTT 5w30 a5 b5 api sn
sahabatq8 wrote: Fri Jan 06, 2023 3:14
JASO MB = Oli motor metik , oli disini berkerja seperti oli mesin mobil pada umumnya. Untuk melumasi, membersihkan dan mendinginkan mesin. Pake oli mobil apa aja bisa asal spek seperti yang om bilang lebih baik apinya. Tapi saya rekomendasiin kalo buat motor mending pake oli mobil yang bagus, karena motor rpmnya tinggi dibanding dengan mobil.
JASO MA= dia ada friction modifier, supaya saat di pake di kopling basah gak selip. (Licin bagus untuk mesin karena gesekan minim, tapi untuk keperluan khusus seperti kopling kalo terlalu licin akan selip)
Mantap mbah
Kalau prinsip lebih encer lebih baik bisa dipakai di motor PCX ini ga ya mbah?
Agak penasaran nyoba juga abis baca postingan mbah DrivingPotato varionya pake 0w20.
Atau lebih baik stick to w30 atau bahkan dinaikin aja sekalian?
Dengan kondisi mesin yang bakalan maintain standar aja tanpa modifan, hehe
Jaso MB hths minimal 2,9 om. Oli 0w20 kayaknya bisa di bawah itu. Amannya buat matik honda baiknya tetep pakai w30 aja. Kebetulan saya juga pake pcx, olinya pakai motul scoot expert 10w30 ganti tiap 1.500-2.000 km/ 3 bulan udah enak sih. Kalau pakai oli mobil males nyimpen sisaan oli nya, secara ga ada yang ukuran 800 ml, hahaha.
Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 1:54
Bisa oli bensin
Pakai w30 kelas dexos 1, Api SP: spt Bardahl 5w30 XTC S9
Atau acea a5 b5 ada bbrp pilihan, salah satunya PTT 5w30 a5 b5 api sn
sahabatq8 wrote: Fri Jan 06, 2023 3:14
JASO MB = Oli motor metik , oli disini berkerja seperti oli mesin mobil pada umumnya. Untuk melumasi, membersihkan dan mendinginkan mesin. Pake oli mobil apa aja bisa asal spek seperti yang om bilang lebih baik apinya. Tapi saya rekomendasiin kalo buat motor mending pake oli mobil yang bagus, karena motor rpmnya tinggi dibanding dengan mobil.
JASO MA= dia ada friction modifier, supaya saat di pake di kopling basah gak selip. (Licin bagus untuk mesin karena gesekan minim, tapi untuk keperluan khusus seperti kopling kalo terlalu licin akan selip)
Mantap mbah
Kalau prinsip lebih encer lebih baik bisa dipakai di motor PCX ini ga ya mbah?
Agak penasaran nyoba juga abis baca postingan mbah DrivingPotato varionya pake 0w20.
Atau lebih baik stick to w30 atau bahkan dinaikin aja sekalian?
Dengan kondisi mesin yang bakalan maintain standar aja tanpa modifan, hehe
W30 ajah aman nya dan non energy conserving.
krn energy conserving cenderung encer.
A5 B5 udah pas itu, sweet spotnya, pakai aja sampai 3rb km or 4-6 bulan
sambil monitor penguapan tiap Seceng km.
A5/B5 bukanya kebanyakan resource conserving/energy conserving mbah? Kan dia termasuk versi low hthsnya A3/B4 supaya irit bbm.
Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 1:54
Bisa oli bensin
Pakai w30 kelas dexos 1, Api SP: spt Bardahl 5w30 XTC S9
Atau acea a5 b5 ada bbrp pilihan, salah satunya PTT 5w30 a5 b5 api sn
sahabatq8 wrote: Fri Jan 06, 2023 3:14
JASO MB = Oli motor metik , oli disini berkerja seperti oli mesin mobil pada umumnya. Untuk melumasi, membersihkan dan mendinginkan mesin. Pake oli mobil apa aja bisa asal spek seperti yang om bilang lebih baik apinya. Tapi saya rekomendasiin kalo buat motor mending pake oli mobil yang bagus, karena motor rpmnya tinggi dibanding dengan mobil.
JASO MA= dia ada friction modifier, supaya saat di pake di kopling basah gak selip. (Licin bagus untuk mesin karena gesekan minim, tapi untuk keperluan khusus seperti kopling kalo terlalu licin akan selip)
Mantap mbah
Kalau prinsip lebih encer lebih baik bisa dipakai di motor PCX ini ga ya mbah?
Agak penasaran nyoba juga abis baca postingan mbah DrivingPotato varionya pake 0w20.
Atau lebih baik stick to w30 atau bahkan dinaikin aja sekalian?
Dengan kondisi mesin yang bakalan maintain standar aja tanpa modifan, hehe
Jaso MB hths minimal 2,9 om. Oli 0w20 kayaknya bisa di bawah itu. Amannya buat matik honda baiknya tetep pakai w30 aja. Kebetulan saya juga pake pcx, olinya pakai motul scoot expert 10w30 ganti tiap 1.500-2.000 km/ 3 bulan udah enak sih. Kalau pakai oli mobil males nyimpen sisaan oli nya, secara ga ada yang ukuran 800 ml, hahaha.
Oli gardan/gearboxnya pake apa om? Kalo aliran pake oli mobil kadang suka banyak yang samain pake oli mesin (jadi sisa 200mlnya buat gearbox) tapi gak tau ini efek jangka panjangnya gmn
Kalau prinsip lebih encer lebih baik bisa dipakai di motor PCX ini ga ya mbah?
Agak penasaran nyoba juga abis baca postingan mbah DrivingPotato varionya pake 0w20.
Atau lebih baik stick to w30 atau bahkan dinaikin aja sekalian?
Dengan kondisi mesin yang bakalan maintain standar aja tanpa modifan, hehe
W30 ajah aman nya dan non energy conserving.
krn energy conserving cenderung encer.
A5 B5 udah pas itu, sweet spotnya, pakai aja sampai 3rb km or 4-6 bulan
sambil monitor penguapan tiap Seceng km.
A5/B5 bukanya kebanyakan resource conserving/energy conserving mbah? Kan dia termasuk versi low hthsnya A3/B4 supaya irit bbm.
Hths nya >2.9 mbah
Klo equipped GF5 atau GF6 nah itu masuk energy conserving
Krn a5 b5 bisa buat diesel jg
Kondisi oli "bensin-diesel" gini gak masuk kategori "energy conserving" buat mesin bbm bensin
Skutik pk oli mobil:
- API SL SN SP
- a5 b5
- Dexos 2
Klo ada spec GF5 atau GF6 ini masuk kategori energy conserving
Cmiiw
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Oli gardan/gearboxnya pake apa om? Kalo aliran pake oli mobil kadang suka banyak yang samain pake oli mesin (jadi sisa 200mlnya buat gearbox) tapi gak tau ini efek jangka panjangnya gmn
Oli gardan saya beli yang khusus gardan skutik om, hampir semua merk oli motor kayaknya punya. Kalau saya sekalian pakai yang motul jadi pas beli udah sepaket hehe. Sama ukurannya udah pas 120 ml jadi ga perlu nakar volume oli buat gardan (misal pakai oli mobil 1 lt)
Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 8:07
W30 ajah aman nya dan non energy conserving.
krn energy conserving cenderung encer.
A5 B5 udah pas itu, sweet spotnya, pakai aja sampai 3rb km or 4-6 bulan
sambil monitor penguapan tiap Seceng km.
sesame wrote: Fri Jan 06, 2023 8:19
stick to w30 aja om..
saya pake PTT 0w20 botol emas itu nguap di 2000an KM pemakaian 1 tahun di Vario 125 LED ..
kecuali mau cek rutin tiap bulan sih..
skrg saya pake Fastron Gold 5w30 curah aja, 60rban tiap ganti oli, udh enak olinya, ganti tiap 2500km aja..
semarnanjak wrote: Fri Jan 06, 2023 11:45
Jaso MB hths minimal 2,9 om. Oli 0w20 kayaknya bisa di bawah itu. Amannya buat matik honda baiknya tetep pakai w30 aja. Kebetulan saya juga pake pcx, olinya pakai motul scoot expert 10w30 ganti tiap 1.500-2.000 km/ 3 bulan udah enak sih. Kalau pakai oli mobil males nyimpen sisaan oli nya, secara ga ada yang ukuran 800 ml, hahaha.
Alhamdulillah dapat pencerahan, terima kasih ilmunya mbah.
Final decisionnya bakal maintain w30 ajah
sahabatq8 wrote: Fri Jan 06, 2023 12:11
A5/B5 bukanya kebanyakan resource conserving/energy conserving mbah? Kan dia termasuk versi low hthsnya A3/B4 supaya irit bbm.
Hths nya >2.9 mbah
Klo equipped GF5 atau GF6 nah itu masuk energy conserving
Krn a5 b5 bisa buat diesel jg
Kondisi oli "bensin-diesel" gini gak masuk kategori "energy conserving" buat mesin bbm bensin
Skutik pk oli mobil:
- API SL SN SP
- a5 b5
- Dexos 2
Klo ada spec GF5 atau GF6 ini masuk kategori energy conserving
Cmiiw
Iya deh, dia termasuk low hths dan fuel saving tapi belom termasuk "resource conserving" ya
Iyaa fuel saving nya buat mesin diesel sebetulnya
Tp klo mesin dah panas sih encer2 juga, soalnya sy pernah experimen ngerebus oli mesin di atas sendok besar.
Even oli motor hi rpm w40 pun juga encer banget klo dah 90 C lebih
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Ada yg pernah pakai oli total buat motornya? Baca2 di sini belum nemu reviewnya yg pernah pakai oli total buat di motor. Lg pengen coba total hi-perf 10w-40 buat supra karbu.
Oh iya baca2 soal oli ptt beberapa ada yg api nya masih SL, apakah lebih rekomen dibanding yg malah api nya SN karena sempet baca2 api SL kadar ZDDP nya masih cukup banyak dibanding SN yg udh dikurangin
Mohon pencerahannya suhu dimari
daimler wrote: Tue Jan 17, 2023 3:41
Ada yg pernah pakai oli total buat motornya? Baca2 di sini belum nemu reviewnya yg pernah pakai oli total buat di motor. Lg pengen coba total hi-perf 10w-40 buat supra karbu.
Oh iya baca2 soal oli ptt beberapa ada yg api nya masih SL, apakah lebih rekomen dibanding yg malah api nya SN karena sempet baca2 api SL kadar ZDDP nya masih cukup banyak dibanding SN yg udh dikurangin
Mohon pencerahannya suhu dimari
API SL setau sy gtu mbah
ZDDP higher than most SN
bahkan oli motul untuk skutik jg masih pakai API SL