Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
VanzMatic wrote:Mohon dijelaskan dong, mod imsus...
Wah, susah jelasinnya pak Mod
Revoknuckle, dikembangkan untuk meminimalkan torque steering. Biasanya mobil2 fwd yg power/torque nya besar, saat akselerasi dari diam, kerasa tuh setirnya goyang2 ngga karuan. Ini torque steering
Kalau LSD (di Ford Focus pakai buatan Quaife), tujuannya supaya torsi mesin dapat disalurkan dengan baik di roda.
Di salah satu video klip-nya, judulnya provokatif banget; Ford Focus RS being driven at the Le Mans track, having a E30 BMW for breakfast.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
ilhami wrote:Kalau safety lebih aman fwd atau rwd ?
Buat pengemudi harian/awam, menurut saya sudah tentu FWD
FWD = Safe
RWD = Fun
Fun tidak selalu safe
FWD cenderung understeering, kalau sudah kejadian begini, kontrol dan counter relatif lebih mudah. Kurangi gas, injak rem gradual dan arahkan setir (teorinya sih)
RWD cenderung oversteering, kalau sudah kejadian apalagi jalan licin, butuh skill yang lebih untuk kontrol dan counter. Di jalan licin, sering resiko fishtailing alias buritan megal-megol, apalagi kalau ban belakang sudah hilang traksi
intinya kan antara FWD dan RWD tergantung dari kehandalan supirnya jg klo ada kejadian yg gak berkenan ...
Last edited by Godwill on Tue Mar 11, 2014 14:21, edited 1 time in total.
billyd1773dz wrote:sebenernya RWD tampa LSD.............. minim atw err sulit terjadi oversteer di sengaja aja sulit...
sedangkan FWD 78ps AT aja uda bisa kerasa terjadi understeer.
Betul pak,
Yang jadi point-nya, kalau sama2 kejadian baik understeer maupun oversteer, secara teori (pengemudi awam), kontrol dan counter understeer relatif lebih mudah dibanding oversteer
betul pak.... maksud ane, RWD kebanyakan tidak lebih berbahaya dari FWD
ane coba banting2 ipah 180Hp 400Nm MT ga pernah err sulit bisa jadi oversteer, yang ada ban spin sebelah aja,sisi ban satu lagi jadi pengaman yg diam nahan oversteer...ban imut std oem, jd errr rwd jg relatif aman...
sedangkan taft di RWD cukup 115ps 280nm dengan LSD yang baik mudah aja bikin oversteer.....
klw mira.. errrr 78ps sipiti uda bisa terjadi understeer klw belok sambil di gas terlalu cepat. ban lebar profile tipis padahal
yg nyupir ya skill sama err sama2 ane.... gejala out of control lebih sering di FWD
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
Kayaknya emang VW yg bener2 berusaha membuat mobil FWD itu gak kalah sama RWD... VW Scirocco ... Kemajuan teknologi membuat gap antara RWD dan FWD menjadi makin kecil ..sama kayak matic dan manual, teknologi mbl matic skr akselerasinya bisa mendekati manual..
Mobil2 eropa < 3000 cc msh ada yg menggunakan FWD spt VW golf, scrirocco, Audi A3-A4-TT, mini cooper, mercy A-B Class, peugeot seri 2 & 3, BMW pun kini memproduksi FWD utk seri 2 terbaru.. yg menariknya mobil2 keluaran VW & Audi yg satu group tdk ada RWD, semuanya FWD utk compact car dan AWD utk high-end.. klo kata org2 eropa dan amrik, FWD lbh bgs handlingnya di tanah salju/es , berhubung gw blm pernah bawa mobil di tanah salju jd gak tau deh