ak4ng wrote:nah... bensin 1.6L short yg 2.0L long..... cb inget2.. peleknya kaleng atw alloy?? AC nya single atw dobel?? kl ga salah bedanya deluxe, diamond and grandia yaitu di kelengkapan interior + exterior... tiap2 type ada opsi long atw short tergantung milih mesin yg mana... tp ane kurang tau apa yg 1.6L short juga berlaku di grandia.... cmiiw sangat..
Yang ane tau sih cuman: Pelek baja (awam:kaleng), ac single.
Ane malah nda begitu yakin akan adanya long maupun short chassis. Kalaupun short chassis ditandai dengan bangku row tiga konfig FTF, nyatanya ada yang Grandia dimodif jadi FTF, pakai seat FTF Deluxe juga.
Grandia, rasanya sih, ngga mungkin ada versi 1.6 gasoline. Adanya 2.0 MPi MT / AT dan Diesel 2.5 MT.
Sekarang gini aja deh, buat yang nyari Kuda di post sebelum2nya, carinya yg bujet berapa? Ane rasa lebih ke arah situ aja. Dan, saran ane, ambil yang diesel.
Sesuai rekomen salah satu master Diesel di atas, lebih baik ke Diesel.
Kalau sampe ada pedege suggest ke gasoline, mungkiiin itu hanya taktik dia aja supaya yang versi gasoline bisa laku.
Coz, untuk diketahui aja, versi gasoline memang ngga bisa dibilang irit, baik versi 1600cc apalagi 2000cc, kecuali kalau pakai doping bensin dagangan om Jeskoneng, masih worthed.
Trust me, Diesel lebih tangguh, sangat minim perawatan. Hanya ganti oli mesin, persneling, gardan, air filter, ama filter solar. Dah itu doank yang malah bisa dikerjain ndiri alias nda perlu ke Be-REs.. Apalagi kalo udh gape setting pompa solar buat buang angin akibat 'masuk angin'.
Kalau mau lebih sempurna, lakukan:
1. Kuras tangki solar. Bersihin total.
2. Bersihin filter solar, nda perlu didobel dobel filter solar.
3. Cek radiator, servis besar. Kalau ada lebih dana, ganti sekalian radiatornya.
4. Cek kipas radiator. Kalau saat mesin nyala trus dimatiin kipas radiatornya engga langsung berhenti seketika alias masih muter dikit, ada yang ngga beres di pulinya. Ini bakal bikin mesin cenderung overheat.
Apalagi ya?
Nanti disambung lagi ya...
