Mencampur bahan bakar (Split Post)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

johnlegend wrote: tanya nya banyak banget.. lengkapp.. hehehe

hee.h..e.eh.e.he.h..he. kebanyakan ya......:D
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

handling wrote:
PenyuTurbo wrote: Untuk jangka panjang mesin ... apapun yang diminumkan ke Boil ... Premium atau Pertamax atau Pertamax Plus atau Adonannya ... maka campurlah dengan acetone 100 cc kedalam 40 liter BBM.
Acetone 100cc gunanya utk apa ya pak? utk jangka panjang gimana tuh?
bisa di dapetin dimana ? harganya kisaran berapa tuh?
rawan terhadap api gak? kalo di jerigen plastik bahaya gak?

thanks :)
1. Acetone berguna untuk membantu penguapan BBM yang disemburkan kedalam ruang bakar sehingga BBM akan terbakar secara sempurna. Membersihkan saluran BBM sehingga supply BBM jadi lancar.

2. Jangka panjangnya ... akan menjadikan mesin sehat selalu dan umur akan bertambah panjang. Disamping itu dengan sempurnanya pembakaran ... maka interval pergantian oli bisa diperpanjang.

3. Dapetinnya di toko-toko bahan kimia atau di tempat tukang cat atau di apotek kimia farma.

4. Harga bervariasi bergantung pada jumlah yang kita beli dan tempat pembelian ... sebagai gambaran kalau di apotek Kimia Farma seliternya sekitar 30rb ... tapi kalau di tukang cat bisa sekitar 15rb an.

5. Sama dengan BBM ... keduanya akan rawan api ... dan memang tidak untuk dimain-mainkan dengan api.

6. Jerigen plastik gak apa-apa ... asal bahan Plastiknya daei HDPE ... High Density Poly Ethylene.

Mudah-mudahan menjawab semua ... ringkas saja lah.
Image
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

ok ..thanks berat penjelasannya Pak Penyu....:)
Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

Pak Penyu

Konon pihak "Pasti Pas" meng claim kalau Premium / Pertamax / P. Plus yg beredar di Jkt di suplai dari Balongan sudah bebas timbal & utk Ptmx / P. Plus menggunakan HOMC sbg peningkat oktan.

Apakah betul kenyataan di lapangan hingga saat ini kalau Ptmx / P. Plus masih menggunakan octane booster dari bahan yg mengandung logam spt. MMT ? Masalahnya di sini berbagai LSM yg bergerak di bidang emisi umumnya menyorot soal kadar Timbal & kurang / tidak mensurvei kandungan unsur logam lain pada gasoline.

Bagaimana pula dgn gasoline Shell yg dijual di Indonesia ?

Mohon pencerahannya

(karena ane juga pakai mobil gasoline yg ber CC & ber EGR)
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Turboman wrote:Pak Penyu

Konon pihak "Pasti Pas" meng claim kalau Premium / Pertamax / P. Plus yg beredar di Jkt di suplai dari Balongan sudah bebas timbal & utk Ptmx / P. Plus menggunakan HOMC sbg peningkat oktan.

Apakah betul kenyataan di lapangan hingga saat ini kalau Ptmx / P. Plus masih menggunakan octane booster dari bahan yg mengandung logam spt. MMT ? Masalahnya di sini berbagai LSM yg bergerak di bidang emisi umumnya menyorot soal kadar Timbal & kurang / tidak mensurvei kandungan unsur logam lain pada gasoline.

Bagaimana pula dgn gasoline Shell yg dijual di Indonesia ?

Mohon pencerahannya

(karena ane juga pakai mobil gasoline yg ber CC & ber EGR)

Bung Turboman,

HOMC ... High Octane MOGAS Component itu sebenarnya bisa dua kemungkinan :

- Kemungkinan pertama adalah hydrocarbon jenis aromatic ... Naphthalene ... ini mahal sekali dan juga toxic ... alternatif ini gak bagus dari dua segi ... yaitu dari segi environment dan dari segi biaya (Cut Cost)

- Yang ada hanya kemungkinan kedua ... yaitu penggunaan MCMT ... Methyl Cyclopentadiene Manganese Tricabonyl yang merek dagangnya adalah MMT

MMT ini sudah ada sejak tahun 50an ... dan waktu itu sudah didahului dengan TEL (Tetra Ethyl Lead - Timbal) yang ada sejak tahon 35an. Dengan dilarangnya penggunaan Timbal (logam) ... orang mencari solusi pengganti yang bukan Timbal UNLEADED ... maka dicampurkanlah MTBE (Methyl Tertiary Butyl Ether) yang kononnya environment friendly ... belakangan MTBE ini dilarang juga karena jika bereaksi dengan ZDDP (yang ada dalah additive engine oil) akan membentuk Nerve Gas. Barulah alternatif penggunaan MMT dilirik karena lebih murah ... cukup hanya dengan 10mg MMT per liter BBM bisa meningkatkan nilai oktan sebesar 2 ke 3 RON (yang kalau digunakan timbal diperlukan 15 gram TEL/Liter BBM).

MMT ini jauh lebih murah ketimbang Naphthalene ... solusi paling menguntungkan bagi pihak oil company ...

Oleh karena memang timbal itu sudah dilarang ... dan sampai sekarang gak ada kasus yang dilaporkan tetang environment destruction ataupun orang mati akibat debu Timbal ... adalah bijaksana bila LSM memfokuskan pada additive baru untuk menaikkan oktan ... yaitu MMT ... Karena Timbal adalah Logam demikian juga Manganese juga logam ... Jika benar dampak terhadap human health dan environment adalah merugikan ... kenapa kita mesti mengganti Logam (Timbal) dengan Logam (Manganese).

Tanpa menujuk merek BBM yang dijual di Indonesia ... MMT ini sudah banyak digunakan di 45 negara dan berbagai brand name BBM ... termasuk CANADA ... yang sekarang sudah melarang penggunaan MMT.

Tentang Shell dan Petronas di Indonesia ... Walallu 'Aalam ... untuk bisa bersaing pada BBM beroktan tinggi ... hanya satu-satunya yang bisa memenuhi ... MMT ... Jadi percumah saja LSM menyorot pada penggunaan Timbal ... wong Timbalnya udah diganti dengan Manganese ...
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Tentang Manganese

Post by PenyuTurbo »

Quote wrote: HEALTH EFFECTS OF MANGANESE

Manganese has long been known to be a health hazard to workers at high doses. Its effects at low doses are poorly understood. There appear to be three major targets for toxicity: the brain, the lungs, and the testes. At high doses, such as those found in some workplaces, manganese causes a severe, Degenerative Neurologic condition almost indistinguishable from Parkinson's disease. This disease, known as Manganism, begins as a loss of appetite, apathy, fatigue, psychotic behavior, and clumsiness. The final stages include an expressionless, mask-like face, difficulty initiating movements, a shuffling gait, and tremors. At lower levels of exposure, delayed reaction time, poor hand-eye coordination, memory loss and tremors have been reported.

Several studies suggest a subtle effect of manganese on behavioral characteristics and learning ability in children. Infants fed formula enriched with manganese have significantly higher hair manganese levels and more trouble with hyperactivity and learning disabilities.

Although infants are unquestionably a susceptible population, the elderly may also be at risk of accelerated neurologic decline from low-level manganese exposure. Victims of Parkinson's disease may be particularly susceptible.
Inhalation of manganese is toxic to the lungs, and produces an inflammatory reaction which increases susceptibility to pneumonia and bronchitis. Low level air exposures have been reported to increase the prevalence of respiratory symptoms (phlegm, wheezing, sore throat) in school children.

Animal studies have shown that exposure to manganese during fetal development at doses below those which cause other toxic effects retards growth of the testes and reduces testosterone concentrations. The research in male rats is supported by similar findings in human workers. In one study, workers exposed at levels averaging one fifth of the allowable workplace exposure limit had significantly fewer children during the period of exposure to the metal compared to similar unexposed workers. This finding suggests an adverse effect of manganese on male fertility.


ANTICIPATED EXPOSURES

Estimates of the amount of manganese that will enter the environment from the use of MMT in fuel are generally quite low. Studies in Canada where MMT has been used for several years in gasoline confirm that exposures are not high. However it is important to remember that environmental levels of manganese are normally extremely low. In the U.S., levels of airborne manganese fell substantially between 1970 and 1982 as a result of air pollution controls. The introduction of MMT would result in almost a tripling of current air levels.

Airborne manganese eventually settles to the ground where it contaminates the surface. A recent study showed strong correlations between manganese concentrations in soil and distance from major roadways. Over time, accumulation near roadways and in urban areas may lead to unacceptably high levels in the soil.

Manganese accumulation in the environment may result in significantly increased manganese levels in living organisms. It accumulates in certain plants, as demonstrated in an experimental study on oats and beans. A study of pigeons in Canada, where MMT is used, has shown that urban pigeons have higher manganese concentrations in their bodies than rural pigeons, showing that accumulation of manganese is possible. It is unclear whether most of the manganese emitted from automobiles will remain on surface dust where it may intermittently become airborne again, whether it will be mostly taken up by plants, or whether it will contaminate groundwater in significant amounts.

CONCLUSION

MMT fuel additive is likely to contribute to a small but significant increase in manganese concentrations in the environment. The health implications of this increase in ambient manganese are not yet certain. However, there are indications that some highly exposed or susceptible subpopulations might be at increased risk for neurological, respiratory, and reproductive toxicity from low level manganese exposure. Such at-risk populations include infants, the elderly, those with iron deficiency, people with Parkinson's disease, and workers exposed to gasoline or exhaust fumes.

While many petroleum refiners currently claim that they are voluntarily withholding MMT from their gasoline, there is still reason for concern and a need for more decisive action. The ready availability of alternative octane enhancers makes the case for adding MMT to gasoline almost exclusively a cost-savings argument. Minor cost-savings should not take precedence over potentially severe damage to human health.


Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Sekiranya sudah di claim bahwa BBM yang dipasarkan di Indonesia sudah Bebas TIMBAL ... akan tetapi warna porcelain busi menjadi merah bata atau coklat ... itu menandakan ada additif logam di dalamnya ... yang tidak lain adalah MMT.

Logam bersifat KONDUKTIF, Jika endapan logam banyak menumpuk pada hidung porcelain, hal ini akan mempengaruhi performance mesin boil ... Poor Drivability.
Image
alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Post by alim ulama »

waks.. busiku udah jalan 10rb km warna di porcelain merah PPT. saya pakenya kadang2 premium, kadang2 pertamax plus, kadang2 super extra, kadang2 ELF Racing Fuel, baru belakangan campur Toluene-Xylene-Acetone-ATF (TXAA).

gmn yah?
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

alim ulama wrote:waks.. busiku udah jalan 10rb km warna di porcelain merah PPT. saya pakenya kadang2 premium, kadang2 pertamax plus, kadang2 super extra, kadang2 ELF Racing Fuel, baru belakangan campur Toluene-Xylene-Acetone-ATF (TXAA).

gmn yah?
Ya gak ada pilihan lagi ... Timbalnya dihilangin (Bebas Timbal) ... tapi diganti dengan Manganese. Nanti kalau udah ganti busi yang baru ... jangan ditambahin dulu ELF racing fuel ... tapi boleh pakai TXAA ... karena gak ada logamnya. Periksa warna businya setelah jalan 1000 km. Kalau emang ada warna merah ... ya positive Manganese (dengan catatan kata-kata Bebas Timbal dapat dipercaya).
Image
alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Post by alim ulama »

wokehhh..
RF udah abis, lgan mahal kali.. seliter 55rb :(
skrg pake yg ekonomis aja deh, TXAA ala PPT. huhuhuhu,
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

alim ulama wrote:wokehhh..
RF udah abis, lgan mahal kali.. seliter 55rb :(
skrg pake yg ekonomis aja deh, TXAA ala PPT. huhuhuhu,
TXAA ... TAAX ... T2AX ... AXAT ?
Image
gunawan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56

Post by gunawan98 »

PenyuTurbo wrote:
BudiDarmawan wrote:Waduh jadi bingung :?
lebih bagus mana yah untuk jangka panjang mesin dan Cat jika dihadapkan 2 pilihan di bawah ini
1. premium 100%
2. premium 50% + pertamax plus 50%
:? hmmm ....


PenyuTurbo wrote:
Masing-masing ngerusak ... kalau dua-duanya ada kan tambah banyak ... hanya daya rusaknya kemungkinan berbeda bergantung pada reaktifitas masing-masing nya dengan Platina yang ada di CAT.
Untuk jangka panjang mesin ... apapun yang diminumkan ke Boil ... Premium atau Pertamax atau Pertamax Plus atau Adonannya ... maka campurlah dengan acetone 100 cc kedalam 40 liter BBM.
pak Penyu...

saya sudah mencoba dengan menambahkan acetone kedalam BBM. tapi saya merasa efeknya tidak ada. Makanya saya tidak isi lagi. Kira-kira pengalaman pak Penyu dalam memakai acetone ini apa bener bisa dirasakan secara nyata?

waktu pertama pakai, saya baca di internet bahwa bisa menghemat bbm sampe 20%. Dan yang paling penting menghilangkan efek ping (nglitik?). Nah pengelaman saya, penghematan tidak begitu nyata (mungkin ada, tapi tidak substansial). Sedangkan efek ping(nglitik), masih terjadi di mobil saya. Tapi yang kasus ke 2, saya duga mobil saya mungkin perlu tune up.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Acetone dicampur dalam bensin jangan melebihi 0.2% dari jumlah bensin yg diisi (filled up).

Fungsi Acetone bukan sbg octane booster... tp hanya berfungsi sebagai pembersih yg dapat menjaga dan membersihkan ruang bakar, tapi kalo kebanyakan karat2 selang bisa lembek semua, jadi jangan lebih dari 0.2%
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

oh MY! 1liter 55rb? buat maem2 aja dari pada buat bensin bro.. hehehe..

unless.. u could make more money dengan isi bensin 55rb..
gunawan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56

Post by gunawan98 »

johnlegend wrote:oh MY! 1liter 55rb? buat maem2 aja dari pada buat bensin bro.. hehehe..

unless.. u could make more money dengan isi bensin 55rb..
kan buat campuran aja.. paling jg 100 cc aja yang dipake, bukan 1 ltr..
coba lihat octane booster itu lebih mahal lagi..
gunawan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56

Post by gunawan98 »

maxx wrote:Acetone dicampur dalam bensin jangan melebihi 0.2% dari jumlah bensin yg diisi (filled up).

Fungsi Acetone bukan sbg octane booster... tp hanya berfungsi sebagai pembersih yg dapat menjaga dan membersihkan ruang bakar, tapi kalo kebanyakan karat2 selang bisa lembek semua, jadi jangan lebih dari 0.2%
coba google aja di internet.. banyakan juga berfungsi sebagai octane booster.
Kadang emang harus diuji secara realitas. Dalam hal saya, saya baru pake 4x pengisian. Semua sesuai aturan. Hasilnya tidak seperti yang saya harapkan.
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

saya coba nya setelah para tester dari seraya motor berhasil menemukan penyesuaian nya :D:D:D

dana mepet sih.. hehehe
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

gunawan98 wrote:
PenyuTurbo wrote:
BudiDarmawan wrote:Waduh jadi bingung :?
lebih bagus mana yah untuk jangka panjang mesin dan Cat jika dihadapkan 2 pilihan di bawah ini
1. premium 100%
2. premium 50% + pertamax plus 50%
:? hmmm ....


Untuk jangka panjang mesin ... apapun yang diminumkan ke Boil ... Premium atau Pertamax atau Pertamax Plus atau Adonannya ... maka campurlah dengan acetone 100 cc kedalam 40 liter BBM.
pak Penyu...

saya sudah mencoba dengan menambahkan acetone kedalam BBM. tapi saya merasa efeknya tidak ada. Makanya saya tidak isi lagi. Kira-kira pengalaman pak Penyu dalam memakai acetone ini apa bener bisa dirasakan secara nyata?

waktu pertama pakai, saya baca di internet bahwa bisa menghemat bbm sampe 20%. Dan yang paling penting menghilangkan efek ping (nglitik?). Nah pengelaman saya, penghematan tidak begitu nyata (mungkin ada, tapi tidak substansial). Sedangkan efek ping(nglitik), masih terjadi di mobil saya. Tapi yang kasus ke 2, saya duga mobil saya mungkin perlu tune up.
Mesti sabar ... ibarat urat nadi yang udah banyak tumpukan lemak ... pengobatannya perlu waktu ... begitu juga dengan sistem pemipaan/selang dan filter BBM (kalau udah akut ... boil jadul misalnya) mestilah perlu beberapa terapi ... kalau cuman sekali ya masih belum dirasaain ... Setelah memakai beberapa kali (2 atau 3 tangki bensin) ... lalu ganti filter bensinnya ... test lagi.
Image
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

gunawan98 wrote:
maxx wrote:Acetone dicampur dalam bensin jangan melebihi 0.2% dari jumlah bensin yg diisi (filled up).

Fungsi Acetone bukan sbg octane booster... tp hanya berfungsi sebagai pembersih yg dapat menjaga dan membersihkan ruang bakar, tapi kalo kebanyakan karat2 selang bisa lembek semua, jadi jangan lebih dari 0.2%
coba google aja di internet.. banyakan juga berfungsi sebagai octane booster.
Kadang emang harus diuji secara realitas. Dalam hal saya, saya baru pake 4x pengisian. Semua sesuai aturan. Hasilnya tidak seperti yang saya harapkan.
Salah kaprah tuh ... acetone tidak berfungsi sbg octane booster... yg bener liat penjelasan di wikipedia
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

acetone untuk ilangin kutek kuku :D
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

johnlegend wrote:acetone untuk ilangin kutek kuku :D
Jangan pake yg dijual di supermarket malah bikin rusak mesin .. tp beli acetone technical grade di toko kimia
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

maxx wrote:
johnlegend wrote:acetone untuk ilangin kutek kuku :D
Jangan pake yg dijual di supermarket malah bikin rusak mesin .. tp beli acetone technical grade di toko kimia
ooohh.. i'll keep this in my mind.. *jgn sampe lupa nih*
User avatar
tonie
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Sat May 05, 2007 3:07

Post by tonie »

maxx wrote:
johnlegend wrote:acetone untuk ilangin kutek kuku :D
Jangan pake yg dijual di supermarket malah bikin rusak mesin .. tp beli acetone technical grade di toko kimia
daleman mesinnya bisa bersih skalian..... :D klo pke acetone yg buat hapus kutek :D
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

emang ce?
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Post by mansetha »

menarik deh, kalo pake octane boster merk STP bagus nggak, saya akhir-akhir ini pake ... trims