Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

ilhamr
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Tue Oct 25, 2016 11:27

Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011

Post by ilhamr »

oya om/suhu yg sebelumnya piara 1nz+4at, mau tanya kalo kons bbm (Shell Super/Pertamax) untuk dalkot Jakbar (avg speed 21 km/h) normalnya di berapaan ya, kalo di mid dapatnya 10,7 km/l, kok kurang irit yaa wkwkwk padahal ngegasnya udah pake diurut halus, kemarin tune up ringan udah lihat busi bersih dan intake sudah bersih, kira2 apa lagi yg bisa dioptimalkan supaya target dalkot rute yg sama jadi kisaran 12-13 km/L, pakein Hotshot GE buat purging yg dicampur sm ke tangki bensin mungkin lebih aman daripada pake cairan purging takutnya seal2nya pada kalah
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1684
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011

Post by t105erd »

ilhamr wrote: Fri Jul 25, 2025 1:38 oya om/suhu yg sebelumnya piara 1nz+4at, mau tanya kalo kons bbm (Shell Super/Pertamax) untuk dalkot Jakbar (avg speed 21 km/h) normalnya di berapaan ya, kalo di mid dapatnya 10,7 km/l, kok kurang irit yaa wkwkwk padahal ngegasnya udah pake diurut halus, kemarin tune up ringan udah lihat busi bersih dan intake sudah bersih, kira2 apa lagi yg bisa dioptimalkan supaya target dalkot rute yg sama jadi kisaran 12-13 km/L, pakein Hotshot GE buat purging yg dicampur sm ke tangki bensin mungkin lebih aman daripada pake cairan purging takutnya seal2nya pada kalah
coba full to full om, kayanya segitu wajar sih kalo 1nz matik, kalo saya manual gampang 12.5 - 13 kpl, luar kota 15 - 16 kpl. ganti atf yg oke coba om, supaya lebih responsif
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1149
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011

Post by azu »

ilhamr wrote: Fri Jul 25, 2025 1:38 oya om/suhu yg sebelumnya piara 1nz+4at, mau tanya kalo kons bbm (Shell Super/Pertamax) untuk dalkot Jakbar (avg speed 21 km/h) normalnya di berapaan ya, kalo di mid dapatnya 10,7 km/l, kok kurang irit yaa wkwkwk padahal ngegasnya udah pake diurut halus, kemarin tune up ringan udah lihat busi bersih dan intake sudah bersih, kira2 apa lagi yg bisa dioptimalkan supaya target dalkot rute yg sama jadi kisaran 12-13 km/L, pakein Hotshot GE buat purging yg dicampur sm ke tangki bensin mungkin lebih aman daripada pake cairan purging takutnya seal2nya pada kalah
kelihatannya segitu wajar sih om, saya dulu yg manual aja di dalkot Bandung sering di range 1:9-10 an :big_biglaugh:

setuju dengan mbah T105erd bisa coba kuras ATF supaya lebih responsif, sama bensin yg bagusan juga cukup ngaruh. untuk oli mesinnya pakai apa om? bisa coba juga pakai yg 5W-30 dan jangan lupa tekanan angin dijaga.

Sambil coba MIDnya di tampilan instan fuel consumption, dari situ coba pelajari aja om cara akselerasi yg pas dengan fuel consumption paling dikit. terkadang gas urut halus itu malah lebih boros daripada akselerasi biasa tapi udahnya jaga putaran mesin di kurva torsi tertinggi
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12975
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011

Post by Suryaputra »

ilhamr wrote: Fri Jul 25, 2025 1:38 oya om/suhu yg sebelumnya piara 1nz+4at, mau tanya kalo kons bbm (Shell Super/Pertamax) untuk dalkot Jakbar (avg speed 21 km/h) normalnya di berapaan ya, kalo di mid dapatnya 10,7 km/l, kok kurang irit yaa wkwkwk padahal ngegasnya udah pake diurut halus, kemarin tune up ringan udah lihat busi bersih dan intake sudah bersih, kira2 apa lagi yg bisa dioptimalkan supaya target dalkot rute yg sama jadi kisaran 12-13 km/L, pakein Hotshot GE buat purging yg dicampur sm ke tangki bensin mungkin lebih aman daripada pake cairan purging takutnya seal2nya pada kalah
nambahin selain rekomen dgn suhu2 di atas.
tekanan ban nya dibuat minimal 35 psi.

selain lbh aman, minimize resiko benjol, dan juga lbh gelinding.
apalagi klo bannya turanza, yg gripnya di atas Eco.
hambatan gulirnya lbh tinggi.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27672
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011

Post by DOHC »

ilhamr wrote: Fri Jul 25, 2025 1:38 oya om/suhu yg sebelumnya piara 1nz+4at, mau tanya kalo kons bbm (Shell Super/Pertamax) untuk dalkot Jakbar (avg speed 21 km/h) normalnya di berapaan ya, kalo di mid dapatnya 10,7 km/l, kok kurang irit yaa wkwkwk padahal ngegasnya udah pake diurut halus, kemarin tune up ringan udah lihat busi bersih dan intake sudah bersih, kira2 apa lagi yg bisa dioptimalkan supaya target dalkot rute yg sama jadi kisaran 12-13 km/L, pakein Hotshot GE buat purging yg dicampur sm ke tangki bensin mungkin lebih aman daripada pake cairan purging takutnya seal2nya pada kalah
di kita orang seh mirip koq , sgitu jg dapetnya

ini mesin emg bukan irit2 banget koq , tp buat tarik2an

yg penting oli 5-30, rajin ganti, ama busi wajip cek gap, kl ud 1 mili apalagi lebih, buang, ganti yg std 0.8 mili , drpd shell super (apalagi pertamak), mending naekin sikit ke vpower nitro, beda bumi langit rasa jambakan nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ilhamr
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Tue Oct 25, 2016 11:27

Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011

Post by ilhamr »

t105erd wrote: Fri Jul 25, 2025 2:22 coba full to full om, kayanya segitu wajar sih kalo 1nz matik, kalo saya manual gampang 12.5 - 13 kpl, luar kota 15 - 16 kpl. ganti atf yg oke coba om, supaya lebih responsif
Oke om, dalam waktu dekat ganti atf jadi prioritas walaupun di stick masih lumayan bening, soalnya kadang agak ada nyendul pas pergantian gigi kalo ngegasnya nanggung di low speed, bukan pas start awal nyendulnya

Untuk atf ws, selain bawaan toyota ada rekomendasi brand oli yg value for moneynya bagus om?
azu wrote: Fri Jul 25, 2025 4:21 kelihatannya segitu wajar sih om, saya dulu yg manual aja di dalkot Bandung sering di range 1:9-10 an :big_biglaugh:

setuju dengan mbah T105erd bisa coba kuras ATF supaya lebih responsif, sama bensin yg bagusan juga cukup ngaruh. untuk oli mesinnya pakai apa om? bisa coba juga pakai yg 5W-30 dan jangan lupa tekanan angin dijaga.

Sambil coba MIDnya di tampilan instan fuel consumption, dari situ coba pelajari aja om cara akselerasi yg pas dengan fuel consumption paling dikit. terkadang gas urut halus itu malah lebih boros daripada akselerasi biasa tapi udahnya jaga putaran mesin di kurva torsi tertinggi
Untuk kuras atf yg pake mesin itu ya om? Apa bener ya klw km dah tinggi tidak direkomendasikan?, dan kuras pake mesin bisa berpotensi nyumbat bodyvalve dan jadinya jeduk, kalo pake cara ganti dari oil pan tapi dibuat short usage (per 15rb/20rb ganti, dalam 2 atau 3x siklus) bisa menyamain kualitas bersih² pake jet clean kah?

Untuk oli mesin masih bening tapi sudah masuk wishlist ganti juga om
Suryaputra wrote: Fri Jul 25, 2025 4:26 nambahin selain rekomen dgn suhu2 di atas.
tekanan ban nya dibuat minimal 35 psi.

selain lbh aman, minimize resiko benjol, dan juga lbh gelinding.
apalagi klo bannya turanza, yg gripnya di atas Eco.
hambatan gulirnya lbh tinggi.
Oke om, ini langsung ane terapin, angin rata di 38psi, ane kira ban agak kempes tapi ternyata ban eco²an angin 35 pun masih kelihatan spt kurang angin
DOHC wrote: Fri Jul 25, 2025 10:01 di kita orang seh mirip koq , sgitu jg dapetnya

ini mesin emg bukan irit2 banget koq , tp buat tarik2an

yg penting oli 5-30, rajin ganti, ama busi wajip cek gap, kl ud 1 mili apalagi lebih, buang, ganti yg std 0.8 mili , drpd shell super (apalagi pertamak), mending naekin sikit ke vpower nitro, beda bumi langit rasa jambakan nya
Untuk busi lungsuran dari ex owner pake bosch super 4, kondisinya masih bagus ga kotor dan basah, waduh elit bener seekor vios pake vpower :big_think: untuk oli 5w-30 next list untuk belanja, kondisi sejak pake superground dan lightweight pulley nginjek gas dari diem perlu di diurut tipis² kalo injekan normal berasa kaya nyendul ngagetin
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1149
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011

Post by azu »

ilhamr wrote: Tue Jul 29, 2025 15:56
t105erd wrote: Fri Jul 25, 2025 2:22 coba full to full om, kayanya segitu wajar sih kalo 1nz matik, kalo saya manual gampang 12.5 - 13 kpl, luar kota 15 - 16 kpl. ganti atf yg oke coba om, supaya lebih responsif
Oke om, dalam waktu dekat ganti atf jadi prioritas walaupun di stick masih lumayan bening, soalnya kadang agak ada nyendul pas pergantian gigi kalo ngegasnya nanggung di low speed, bukan pas start awal nyendulnya

Untuk atf ws, selain bawaan toyota ada rekomendasi brand oli yg value for moneynya bagus om?
azu wrote: Fri Jul 25, 2025 4:21 kelihatannya segitu wajar sih om, saya dulu yg manual aja di dalkot Bandung sering di range 1:9-10 an :big_biglaugh:

setuju dengan mbah T105erd bisa coba kuras ATF supaya lebih responsif, sama bensin yg bagusan juga cukup ngaruh. untuk oli mesinnya pakai apa om? bisa coba juga pakai yg 5W-30 dan jangan lupa tekanan angin dijaga.

Sambil coba MIDnya di tampilan instan fuel consumption, dari situ coba pelajari aja om cara akselerasi yg pas dengan fuel consumption paling dikit. terkadang gas urut halus itu malah lebih boros daripada akselerasi biasa tapi udahnya jaga putaran mesin di kurva torsi tertinggi
Untuk kuras atf yg pake mesin itu ya om? Apa bener ya klw km dah tinggi tidak direkomendasikan?, dan kuras pake mesin bisa berpotensi nyumbat bodyvalve dan jadinya jeduk, kalo pake cara ganti dari oil pan tapi dibuat short usage (per 15rb/20rb ganti, dalam 2 atau 3x siklus) bisa menyamain kualitas bersih² pake jet clean kah?

Untuk oli mesin masih bening tapi sudah masuk wishlist ganti juga om
Suryaputra wrote: Fri Jul 25, 2025 4:26 nambahin selain rekomen dgn suhu2 di atas.
tekanan ban nya dibuat minimal 35 psi.

selain lbh aman, minimize resiko benjol, dan juga lbh gelinding.
apalagi klo bannya turanza, yg gripnya di atas Eco.
hambatan gulirnya lbh tinggi.
Oke om, ini langsung ane terapin, angin rata di 38psi, ane kira ban agak kempes tapi ternyata ban eco²an angin 35 pun masih kelihatan spt kurang angin
DOHC wrote: Fri Jul 25, 2025 10:01 di kita orang seh mirip koq , sgitu jg dapetnya

ini mesin emg bukan irit2 banget koq , tp buat tarik2an

yg penting oli 5-30, rajin ganti, ama busi wajip cek gap, kl ud 1 mili apalagi lebih, buang, ganti yg std 0.8 mili , drpd shell super (apalagi pertamak), mending naekin sikit ke vpower nitro, beda bumi langit rasa jambakan nya
Untuk busi lungsuran dari ex owner pake bosch super 4, kondisinya masih bagus ga kotor dan basah, waduh elit bener seekor vios pake vpower :big_think: untuk oli 5w-30 next list untuk belanja, kondisi sejak pake superground dan lightweight pulley nginjek gas dari diem perlu di diurut tipis² kalo injekan normal berasa kaya nyendul ngagetin
ATF kalau saran saya sih sekalian ganti strainer/filter yg di dalam transmisi aja om, jadi buka oil pan/karternya. itu harusnya bisa 70-80% ATF keluar.

kalau ATF rekomendasi tunggu yg lain aja deh kebetulan ga punya mobil yg pakai ATF WS :mky_01:

tapi by Spec ATF WS ini cukup encer sih dengan V100 di 5,5 cst
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.