Page 3 of 4

Re: Tanya, beli baru untuk anak, Baleno atau Sonet?

Posted: Tue Jan 31, 2023 5:59
by Suryaputra
kunaskun wrote: Sat Jan 28, 2023 14:37
Suryaputra wrote: Fri Jan 27, 2023 14:39 Klo Beda Nomor KK, namun alamat sama,
yg dilihat No KK nya.
https://www.gridoto.com/read/222371944/ ... -progresif
yang ini tetap lihat alamat walapun beda KK, pengalaman saya 10 tahun terakhir ini gitu ya.
bahkan ganti mobil dengan nopol beda pun tetap kena progresif. hanya satu kali lolos dari progresif tapi tahun berikutnya balik kena progresif lagi :big_dunno:
hoo ok
nice info mbah :mky_03:

Re: Tanya, beli baru untuk anak, Baleno atau Sonet?

Posted: Tue Jan 31, 2023 7:46
by peterming77
XMTdeluxe wrote: Tue Jan 31, 2023 5:55 Sabar-sabar dulu Om. Tahun ini rentang harga segitu banyak keluar yang baru. Bisa jadi pilihan, kalau kebutuhannya hanya dari titik A ke B. Sepertinya Astra gak akan tinggal diam melihat Brio petentang petenteng di atas.
IIMS2023 dengar2 mau launching mobil baru?

Tapi kalau WRV atau Baleno, saya pilih Baleno sih. Apalagi dites oleh Mauladin, BHB bisa mengalahkan City HB drag race 0-100 kmph. Honda sekarang mesinnya kok jadi lemes2 gitu ya?
Ada yg bilang krn berubah dari SOHC ke DOHC. Sayang ya, padahal yg dipamerkan waktu jualan itu power nya yg paling gede sekelas nya, tapi dilapangan malah kalah dari saingan yg diatas kertas power nya kalah.

Re: Tanya, beli baru untuk anak, Baleno atau Sonet?

Posted: Tue Jan 31, 2023 7:58
by grimjow
XMTdeluxe wrote: Tue Jan 31, 2023 5:55 Sabar-sabar dulu Om. Tahun ini rentang harga segitu banyak keluar yang baru. Bisa jadi pilihan, kalau kebutuhannya hanya dari titik A ke B. Sepertinya Astra gak akan tinggal diam melihat Brio petentang petenteng di atas.
IIMS2023 dengar2 mau launching mobil baru?

Tapi kalau WRV atau Baleno, saya pilih Baleno sih. Apalagi dites oleh Mauladin, BHB bisa mengalahkan City HB drag race 0-100 kmph. Honda sekarang mesinnya kok jadi lemes2 gitu ya?

Iya tunggu IIMS aja bulan depan manatau keluar mobil2 masa depan dan biasanya mobil2 existing bakal lumayan diskon nya. Penasaran ama Grand Vitara dan Alvez kaya apa, atau yang ekstrim Omoda. :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Re: Tanya, beli baru untuk anak, Baleno atau Sonet?

Posted: Tue Jan 31, 2023 8:23
by ChZ
XMTdeluxe wrote: Tue Jan 31, 2023 5:55 Honda sekarang mesinnya kok jadi lemes2 gitu ya?
ada 2 faktor.

mesin DOHC power band nya geser ke tengah-atas. masalahnya di tengah-atas, mesin ini harusnya nenggak bensin RON92 ke atas (basic design L15B1 DOHC direct injection disunatin jadi DOHC multipoint injection) lalu udah gitu dipaksa nenggak RON90 ke bawah. konsekuensinya? yep. timingnya pun dibuat mundur. kalau yg sudah pernah TD pasti ngerasa top end L15ZF ini beratnya kayak ketahan powernya padahal seharusnya bisa lebih.

L15Z1 sebelumnya itu tuning masih ron91. SOHC pula.

yang kedua final drive ratio di city HB dan WRV itu lebih halussss daripada BRV.
BR-V di 5.985,

WRV 5.436.

city hatchback lebih long lagi : 4.992.

artinya walau di kertas BRV paling berat, justru uniknya dia bakal menang komparasi drag race karena dengan mesin sama final gearnya lebih kasar.

sebenernya nggak usah heran karena kalau kita pernah cek komparasi honda non-turbo yang lawas-lawas, emang untuk akselerasi jarak pendek honda bertransmisi automatic ngga pernah juara dalam komparasi 0-100 figure atau 0-402m. penyakitnya selalu sama gearingnya kepanjangan.

CRV 2.4 dibabat Xtrail 2.5 dan CX-5 2.5 (bahkan yang RM dibabat CX-5 2.0), Accord 2.4 dibabat camry 2.4, accord 3.5 dibabat camry 3.5. bahkan honda jazz GE8 matic? ngga lebih kenceng dari yaris atau swift kok dulu. padahal pake 4-speed purba itu 2.

terus emang brio 1.2 matic non-CVT kenceng? 0-100 nya 14 detik juga. lambat. yang matic CVT juga sebenernya cuma 12 detik. honda bertransmisi matic itu emang memble akselerasi bawahnya karena dia selalu dituning untuk irit. dalam hal ini kenapa honda yang baru-baru prefer pakai longer final drive ya jelas karena supaya ngejar irit.

lalu kenapa kok honda kecil sekarang memble? bukan memble, karena dulu menangnya ke-be-tu-lan :big_peace: dulu ertiga cuma pake mesin 1.4 90 hp, xpander gendut banget dengan mesin 104 hp dan penyakitnya sama final drivenya hualussss banget. avanza? final drive kependekan dan mesinnya nafas cepet habis.

lalu 121psnya bohong? engga. coba aja itu drag race diterusin sampe 200 kmh, gw yakin yang lain makin susah ngikutin karena napasnya udah abis. hp besar itu kan teritikalnya menang top speed apalagi gear rasionya halus gitu. tapi kan balik lagi siapa yang mau setir mobil kecil econobox gini sampe top speed kan?

jadi kalau mau beli honda yang kenceng, jangan beli transmisi matic, kecuali yang turbo turboan :big_peace: karena honda NA engine torque curvenya payah. yang turbo kenapa bisa kenceng banget, ya karena torsi nya udah ada dari 2000an rpm rata sampe 5000an.

Re: Tanya, beli baru untuk anak, Baleno atau Sonet?

Posted: Tue Jan 31, 2023 8:30
by Suryaputra
ChZ wrote: Tue Jan 31, 2023 8:23
XMTdeluxe wrote: Tue Jan 31, 2023 5:55 Honda sekarang mesinnya kok jadi lemes2 gitu ya?
ada 2 faktor.

mesin DOHC power band nya geser ke tengah-atas. masalahnya di tengah-atas, mesin ini harusnya nenggak bensin RON92 ke atas (basic design L15B1 DOHC direct injection disunatin jadi DOHC multipoint injection) lalu udah gitu dipaksa nenggak RON90 ke bawah. konsekuensinya? yep. timingnya pun dibuat mundur. kalau yg sudah pernah TD pasti ngerasa top end L15ZF ini beratnya kayak ketahan powernya padahal seharusnya bisa lebih.

L15Z1 sebelumnya itu tuning masih ron91. SOHC pula.

yang kedua final drive ratio di city HB dan WRV itu lebih halussss daripada BRV.
BR-V di 5.985,

WRV 5.436.

city hatchback lebih long lagi : 4.992.

artinya walau di kertas BRV paling berat, justru uniknya dia bakal menang komparasi drag race karena dengan mesin sama final gearnya lebih kasar.

sebenernya nggak usah heran karena kalau kita pernah cek komparasi honda non-turbo yang lawas-lawas, emang untuk akselerasi jarak pendek honda bertransmisi automatic ngga pernah juara dalam komparasi 0-100 figure atau 0-402m. penyakitnya selalu sama gearingnya kepanjangan.

CRV 2.4 dibabat Xtrail 2.5 dan CX-5 2.5 (bahkan yang RM dibabat CX-5 2.0), Accord 2.4 dibabat camry 2.4, accord 3.5 dibabat camry 3.5. bahkan honda jazz GE8 matic? ngga lebih kenceng dari yaris atau swift kok dulu. padahal pake 4-speed purba itu 2.

terus emang brio 1.2 matic non-CVT kenceng? 0-100 nya 14 detik juga. lambat. yang matic CVT juga sebenernya cuma 12 detik. honda bertransmisi matic itu emang memble akselerasi bawahnya karena dia selalu dituning untuk irit. dalam hal ini kenapa honda yang baru-baru prefer pakai longer final drive ya jelas karena supaya ngejar irit.

lalu kenapa kok honda kecil sekarang memble? bukan memble, karena dulu menangnya ke-be-tu-lan :big_peace: dulu ertiga cuma pake mesin 1.4 90 hp, xpander gendut banget dengan mesin 104 hp dan penyakitnya sama final drivenya hualussss banget. avanza? final drive kependekan dan mesinnya nafas cepet habis.

lalu 121psnya bohong? engga. coba aja itu drag race diterusin sampe 200 kmh, gw yakin yang lain makin susah ngikutin karena napasnya udah abis. hp besar itu kan teritikalnya menang top speed apalagi gear rasionya halus gitu. tapi kan balik lagi siapa yang mau setir mobil kecil econobox gini sampe top speed kan?

jadi kalau mau beli honda yang kenceng, jangan beli transmisi matic, kecuali yang turbo turboan :big_peace: karena honda NA engine torque curvenya payah. yang turbo kenapa bisa kenceng banget, ya karena torsi nya udah ada dari 2000an rpm rata sampe 5000an.
Tambahan buat moladin

- 0-1000 meter
- Rolling drag race dr 60 kph

Yg penting tetap patuhi kondisi lalin jalan raya/ umum :ngacir:

Re: Tanya, beli baru untuk anak, Baleno atau Sonet?

Posted: Tue Jan 31, 2023 8:39
by Duvebriliant0
Suryaputra wrote: Tue Jan 31, 2023 8:30
ChZ wrote: Tue Jan 31, 2023 8:23
XMTdeluxe wrote: Tue Jan 31, 2023 5:55 Honda sekarang mesinnya kok jadi lemes2 gitu ya?
ada 2 faktor.

mesin DOHC power band nya geser ke tengah-atas. masalahnya di tengah-atas, mesin ini harusnya nenggak bensin RON92 ke atas (basic design L15B1 DOHC direct injection disunatin jadi DOHC multipoint injection) lalu udah gitu dipaksa nenggak RON90 ke bawah. konsekuensinya? yep. timingnya pun dibuat mundur. kalau yg sudah pernah TD pasti ngerasa top end L15ZF ini beratnya kayak ketahan powernya padahal seharusnya bisa lebih.

L15Z1 sebelumnya itu tuning masih ron91. SOHC pula.

yang kedua final drive ratio di city HB dan WRV itu lebih halussss daripada BRV.
BR-V di 5.985,

WRV 5.436.

city hatchback lebih long lagi : 4.992.

artinya walau di kertas BRV paling berat, justru uniknya dia bakal menang komparasi drag race karena dengan mesin sama final gearnya lebih kasar.

sebenernya nggak usah heran karena kalau kita pernah cek komparasi honda non-turbo yang lawas-lawas, emang untuk akselerasi jarak pendek honda bertransmisi automatic ngga pernah juara dalam komparasi 0-100 figure atau 0-402m. penyakitnya selalu sama gearingnya kepanjangan.

CRV 2.4 dibabat Xtrail 2.5 dan CX-5 2.5 (bahkan yang RM dibabat CX-5 2.0), Accord 2.4 dibabat camry 2.4, accord 3.5 dibabat camry 3.5. bahkan honda jazz GE8 matic? ngga lebih kenceng dari yaris atau swift kok dulu. padahal pake 4-speed purba itu 2.

terus emang brio 1.2 matic non-CVT kenceng? 0-100 nya 14 detik juga. lambat. yang matic CVT juga sebenernya cuma 12 detik. honda bertransmisi matic itu emang memble akselerasi bawahnya karena dia selalu dituning untuk irit. dalam hal ini kenapa honda yang baru-baru prefer pakai longer final drive ya jelas karena supaya ngejar irit.

lalu kenapa kok honda kecil sekarang memble? bukan memble, karena dulu menangnya ke-be-tu-lan :big_peace: dulu ertiga cuma pake mesin 1.4 90 hp, xpander gendut banget dengan mesin 104 hp dan penyakitnya sama final drivenya hualussss banget. avanza? final drive kependekan dan mesinnya nafas cepet habis.

lalu 121psnya bohong? engga. coba aja itu drag race diterusin sampe 200 kmh, gw yakin yang lain makin susah ngikutin karena napasnya udah abis. hp besar itu kan teritikalnya menang top speed apalagi gear rasionya halus gitu. tapi kan balik lagi siapa yang mau setir mobil kecil econobox gini sampe top speed kan?

jadi kalau mau beli honda yang kenceng, jangan beli transmisi matic, kecuali yang turbo turboan :big_peace: karena honda NA engine torque curvenya payah. yang turbo kenapa bisa kenceng banget, ya karena torsi nya udah ada dari 2000an rpm rata sampe 5000an.
Tambahan buat moladin

- 0-1000 meter
- Rolling drag race dr 60 kph

Yg penting tetap patuhi kondisi lalin jalan raya/ umum :ngacir:
harus cari runway nih biar kyk Carwow :mky_02:

Re: Tanya, beli baru untuk anak, Baleno atau Sonet?

Posted: Tue Jan 31, 2023 9:27
by peterming77
ChZ wrote: Tue Jan 31, 2023 8:23
XMTdeluxe wrote: Tue Jan 31, 2023 5:55 Honda sekarang mesinnya kok jadi lemes2 gitu ya?
ada 2 faktor.

mesin DOHC power band nya geser ke tengah-atas. masalahnya di tengah-atas, mesin ini harusnya nenggak bensin RON92 ke atas (basic design L15B1 DOHC direct injection disunatin jadi DOHC multipoint injection) lalu udah gitu dipaksa nenggak RON90 ke bawah. konsekuensinya? yep. timingnya pun dibuat mundur. kalau yg sudah pernah TD pasti ngerasa top end L15ZF ini beratnya kayak ketahan powernya padahal seharusnya bisa lebih.

L15Z1 sebelumnya itu tuning masih ron91. SOHC pula.

yang kedua final drive ratio di city HB dan WRV itu lebih halussss daripada BRV.
BR-V di 5.985,

WRV 5.436.

city hatchback lebih long lagi : 4.992.

artinya walau di kertas BRV paling berat, justru uniknya dia bakal menang komparasi drag race karena dengan mesin sama final gearnya lebih kasar.

sebenernya nggak usah heran karena kalau kita pernah cek komparasi honda non-turbo yang lawas-lawas, emang untuk akselerasi jarak pendek honda bertransmisi automatic ngga pernah juara dalam komparasi 0-100 figure atau 0-402m. penyakitnya selalu sama gearingnya kepanjangan.

CRV 2.4 dibabat Xtrail 2.5 dan CX-5 2.5 (bahkan yang RM dibabat CX-5 2.0), Accord 2.4 dibabat camry 2.4, accord 3.5 dibabat camry 3.5. bahkan honda jazz GE8 matic? ngga lebih kenceng dari yaris atau swift kok dulu. padahal pake 4-speed purba itu 2.

terus emang brio 1.2 matic non-CVT kenceng? 0-100 nya 14 detik juga. lambat. yang matic CVT juga sebenernya cuma 12 detik. honda bertransmisi matic itu emang memble akselerasi bawahnya karena dia selalu dituning untuk irit. dalam hal ini kenapa honda yang baru-baru prefer pakai longer final drive ya jelas karena supaya ngejar irit.

lalu kenapa kok honda kecil sekarang memble? bukan memble, karena dulu menangnya ke-be-tu-lan :big_peace: dulu ertiga cuma pake mesin 1.4 90 hp, xpander gendut banget dengan mesin 104 hp dan penyakitnya sama final drivenya hualussss banget. avanza? final drive kependekan dan mesinnya nafas cepet habis.

lalu 121psnya bohong? engga. coba aja itu drag race diterusin sampe 200 kmh, gw yakin yang lain makin susah ngikutin karena napasnya udah abis. hp besar itu kan teritikalnya menang top speed apalagi gear rasionya halus gitu. tapi kan balik lagi siapa yang mau setir mobil kecil econobox gini sampe top speed kan?

jadi kalau mau beli honda yang kenceng, jangan beli transmisi matic, kecuali yang turbo turboan :big_peace: karena honda NA engine torque curvenya payah. yang turbo kenapa bisa kenceng banget, ya karena torsi nya udah ada dari 2000an rpm rata sampe 5000an.
Remap apa membantu Bro? Soalnya kalo posisi dalam kota enaknya selip2 itu kalo punya power band di RPM bawah, ditotol sedikit udah kabur kayak Swift 2013, itu power band bawahnya gesit sampe suka lompat mobilnya kalo dibejek dari diam + bonus mobil sekecil itu enteng bodinya seberapa :big_grin: (terngiang2 Swift yg baru dilego mgu lalu :big_blushing: )

Re: Tanya, beli baru untuk anak, Baleno atau Sonet?

Posted: Tue Jan 31, 2023 9:27
by ChZ
Suryaputra wrote: Tue Jan 31, 2023 8:30 Tambahan buat moladin

- 0-1000 meter
- Rolling drag race dr 60 kph

Yg penting tetap patuhi kondisi lalin jalan raya/ umum :ngacir:
Wkwkwk sebenernya gimana ya...

Kalo test drag race >400m dan rolling race itu kan kurang relevan juga krn small car gini paling ya dipake buat speed ga lebih dari 100.

I get it moladin sebenernya cuma for fun aja. Tapi komparasi by data gini rentan misleading. Apalagi yang jadi bahan bulan bulanan dibilang claim 121ps nya ga bener.

Padahal kan poinnya bukan itu. Kalo claimnya mau dibuktiin beneran ya naik dyno.

Contoh throttle house waktu compare kenapa FL5 dibabat FK8 dari standing start dia coba lagi next attempt, terus rolling race. Hasilnya variatif. Dia ngejelasin FL5 gearnya lebih panjang.

Re: Tanya, beli baru untuk anak, Baleno atau Sonet?

Posted: Tue Jan 31, 2023 9:34
by ChZ
peterming77 wrote: Tue Jan 31, 2023 9:27 Remap apa membantu Bro? Soalnya kalo posisi dalam kota enaknya selip2 itu kalo punya power band di RPM bawah, ditotol sedikit udah kabur kayak Swift 2013, itu power band bawahnya gesit sampe suka lompat mobilnya kalo dibejek dari diam + bonus mobil sekecil itu enteng bodinya seberapa :big_grin: (terngiang2 Swift yg baru dilego mgu lalu :big_blushing: )
Kalau berharap powerband bergeser ke bawah ya nggak bisa dengan remap. Remap cuma menggemukkan kurva standar aja fungsinya.

Tapi improve? Jelas. Dan enaknya karena basic design mesinnya oke feel bawanya malah bisa lebih linear. Beberapa engine merk lain soalnya di atas kurvanya jelek.

Re: Tanya, beli baru untuk anak, Baleno atau Sonet?

Posted: Tue Jan 31, 2023 9:50
by Iriawans
sorry oot, sharing aja minggu kemarin pas servis mobil nyobain test drive WRV dari Imora Sentul sampai ke Taman Budaya, kondisi jalan menanjak terus powernya cukup, malahan lebih enak dari HRV 1.5 baru (jelas krn lebih bongsor). Handlingnya juga mirip2 dgn GK5, menurut saya yg gak ngerti2 amat driving dynamic whatsoever..... :mky_01:

Re: Tanya, beli baru untuk anak, Baleno atau Sonet?

Posted: Tue Jan 31, 2023 14:00
by grimjow
ChZ wrote: Tue Jan 31, 2023 8:23
XMTdeluxe wrote: Tue Jan 31, 2023 5:55 Honda sekarang mesinnya kok jadi lemes2 gitu ya?
ada 2 faktor.

mesin DOHC power band nya geser ke tengah-atas. masalahnya di tengah-atas, mesin ini harusnya nenggak bensin RON92 ke atas (basic design L15B1 DOHC direct injection disunatin jadi DOHC multipoint injection) lalu udah gitu dipaksa nenggak RON90 ke bawah. konsekuensinya? yep. timingnya pun dibuat mundur. kalau yg sudah pernah TD pasti ngerasa top end L15ZF ini beratnya kayak ketahan powernya padahal seharusnya bisa lebih.

L15Z1 sebelumnya itu tuning masih ron91. SOHC pula.

yang kedua final drive ratio di city HB dan WRV itu lebih halussss daripada BRV.
BR-V di 5.985,

WRV 5.436.

city hatchback lebih long lagi : 4.992.

artinya walau di kertas BRV paling berat, justru uniknya dia bakal menang komparasi drag race karena dengan mesin sama final gearnya lebih kasar.

sebenernya nggak usah heran karena kalau kita pernah cek komparasi honda non-turbo yang lawas-lawas, emang untuk akselerasi jarak pendek honda bertransmisi automatic ngga pernah juara dalam komparasi 0-100 figure atau 0-402m. penyakitnya selalu sama gearingnya kepanjangan.

CRV 2.4 dibabat Xtrail 2.5 dan CX-5 2.5 (bahkan yang RM dibabat CX-5 2.0), Accord 2.4 dibabat camry 2.4, accord 3.5 dibabat camry 3.5. bahkan honda jazz GE8 matic? ngga lebih kenceng dari yaris atau swift kok dulu. padahal pake 4-speed purba itu 2.

terus emang brio 1.2 matic non-CVT kenceng? 0-100 nya 14 detik juga. lambat. yang matic CVT juga sebenernya cuma 12 detik. honda bertransmisi matic itu emang memble akselerasi bawahnya karena dia selalu dituning untuk irit. dalam hal ini kenapa honda yang baru-baru prefer pakai longer final drive ya jelas karena supaya ngejar irit.

lalu kenapa kok honda kecil sekarang memble? bukan memble, karena dulu menangnya ke-be-tu-lan :big_peace: dulu ertiga cuma pake mesin 1.4 90 hp, xpander gendut banget dengan mesin 104 hp dan penyakitnya sama final drivenya hualussss banget. avanza? final drive kependekan dan mesinnya nafas cepet habis.

lalu 121psnya bohong? engga. coba aja itu drag race diterusin sampe 200 kmh, gw yakin yang lain makin susah ngikutin karena napasnya udah abis. hp besar itu kan teritikalnya menang top speed apalagi gear rasionya halus gitu. tapi kan balik lagi siapa yang mau setir mobil kecil econobox gini sampe top speed kan?

jadi kalau mau beli honda yang kenceng, jangan beli transmisi matic, kecuali yang turbo turboan :big_peace: karena honda NA engine torque curvenya payah. yang turbo kenapa bisa kenceng banget, ya karena torsi nya udah ada dari 2000an rpm rata sampe 5000an.
Great explanation,Om Chz.
Honda memang keluarin mesin2 yang ke arah efesiensi. Cuman karena paradigma 121 ps (jargon nya : Tenaga terbesar di kelasnya) dan juga tuh balapan Sentul pake nya Jazz / Brio , jadinya ekspetasi user kadang berlebihan.
Kalo masuk area akselerasi di speed menengah ke atas memang baru berasa enak tuh mesin.

Re: Tanya, beli baru untuk anak, Baleno atau Sonet?

Posted: Tue Jan 31, 2023 14:15
by Suryaputra
grimjow wrote: Tue Jan 31, 2023 14:00
ChZ wrote: Tue Jan 31, 2023 8:23
XMTdeluxe wrote: Tue Jan 31, 2023 5:55 Honda sekarang mesinnya kok jadi lemes2 gitu ya?
ada 2 faktor.

mesin DOHC power band nya geser ke tengah-atas. masalahnya di tengah-atas, mesin ini harusnya nenggak bensin RON92 ke atas (basic design L15B1 DOHC direct injection disunatin jadi DOHC multipoint injection) lalu udah gitu dipaksa nenggak RON90 ke bawah. konsekuensinya? yep. timingnya pun dibuat mundur. kalau yg sudah pernah TD pasti ngerasa top end L15ZF ini beratnya kayak ketahan powernya padahal seharusnya bisa lebih.

L15Z1 sebelumnya itu tuning masih ron91. SOHC pula.

yang kedua final drive ratio di city HB dan WRV itu lebih halussss daripada BRV.
BR-V di 5.985,

WRV 5.436.

city hatchback lebih long lagi : 4.992.

artinya walau di kertas BRV paling berat, justru uniknya dia bakal menang komparasi drag race karena dengan mesin sama final gearnya lebih kasar.

sebenernya nggak usah heran karena kalau kita pernah cek komparasi honda non-turbo yang lawas-lawas, emang untuk akselerasi jarak pendek honda bertransmisi automatic ngga pernah juara dalam komparasi 0-100 figure atau 0-402m. penyakitnya selalu sama gearingnya kepanjangan.

CRV 2.4 dibabat Xtrail 2.5 dan CX-5 2.5 (bahkan yang RM dibabat CX-5 2.0), Accord 2.4 dibabat camry 2.4, accord 3.5 dibabat camry 3.5. bahkan honda jazz GE8 matic? ngga lebih kenceng dari yaris atau swift kok dulu. padahal pake 4-speed purba itu 2.

terus emang brio 1.2 matic non-CVT kenceng? 0-100 nya 14 detik juga. lambat. yang matic CVT juga sebenernya cuma 12 detik. honda bertransmisi matic itu emang memble akselerasi bawahnya karena dia selalu dituning untuk irit. dalam hal ini kenapa honda yang baru-baru prefer pakai longer final drive ya jelas karena supaya ngejar irit.

lalu kenapa kok honda kecil sekarang memble? bukan memble, karena dulu menangnya ke-be-tu-lan :big_peace: dulu ertiga cuma pake mesin 1.4 90 hp, xpander gendut banget dengan mesin 104 hp dan penyakitnya sama final drivenya hualussss banget. avanza? final drive kependekan dan mesinnya nafas cepet habis.

lalu 121psnya bohong? engga. coba aja itu drag race diterusin sampe 200 kmh, gw yakin yang lain makin susah ngikutin karena napasnya udah abis. hp besar itu kan teritikalnya menang top speed apalagi gear rasionya halus gitu. tapi kan balik lagi siapa yang mau setir mobil kecil econobox gini sampe top speed kan?

jadi kalau mau beli honda yang kenceng, jangan beli transmisi matic, kecuali yang turbo turboan :big_peace: karena honda NA engine torque curvenya payah. yang turbo kenapa bisa kenceng banget, ya karena torsi nya udah ada dari 2000an rpm rata sampe 5000an.
Great explanation,Om Chz.
Honda memang keluarin mesin2 yang ke arah efesiensi. Cuman karena paradigma 121 ps (jargon nya : Tenaga terbesar di kelasnya) dan juga tuh balapan Sentul pake nya Jazz / Brio , jadinya ekspetasi user kadang berlebihan.
Kalo masuk area akselerasi di speed menengah ke atas memang baru berasa enak tuh mesin.
Emang mbah Chz suhu dan BA nya Honda :mky_03:

City HB kan ada manualnya
Itu nikmat sih di kelas cenggo CC

Short throw and Quick, gear shift nya
Best manual gearbox klo honda sih :big_exellent:

Re: Tanya, beli baru untuk anak, Baleno atau Sonet?

Posted: Tue Jan 31, 2023 14:24
by Venturtle
kalo boleh saran, mending tunggu Grand Vitara yang bakal launching di IIMS 2023 :big_peace:

Re: Tanya, beli baru untuk anak, Baleno atau Sonet?

Posted: Wed Feb 01, 2023 3:01
by ChZ
grimjow wrote: Tue Jan 31, 2023 14:00 Great explanation,Om Chz.
Honda memang keluarin mesin2 yang ke arah efesiensi. Cuman karena paradigma 121 ps (jargon nya : Tenaga terbesar di kelasnya) dan juga tuh balapan Sentul pake nya Jazz / Brio , jadinya ekspetasi user kadang berlebihan.
Kalo masuk area akselerasi di speed menengah ke atas memang baru berasa enak tuh mesin.
sbenernya ini yang ane gatel jg sama tim marketing honda masa kini. apalagi misleadingnya waktu viral veloz ga kuat nanjak dia malah bilang "121PS kuat nanjak". nggak gitu woi.

udah mobil2 gini iklanin aja irit bbm. apalagi kalo gak jual transmisi manual. itu dari pengetesan moladin walau displacement dia paling gede tapi iritnya luar biasa itu WRV. nggak ketinggalan jauh sama raize yg 1000cc.

dulu honda bikin civic FD mesin 1.8liter itu iritnya setara dengan mesin cc lebih kecil seukuran 1400-1500cc. yang manual kencengnya kayak setan buat ukuran mesin segitu. aksel 0-100 nya langit bumi sama yang matic :mky_03:

even civic turbo/ CRV turbo kalo diniatin lari 80-100 di tol bisa dapet 20 kml masalahnya ane gak niat, luar kota 130kmh up melulu :mky_03: itu aja msh dapet 13 kml. performance di mobil2 gini itu hanya bonus tiap keluar generasi baru honda cuma mikirin biar gimana irit.

performance biar user aja yang buktiin sendiri adu aduan top speed yang ternyata ngga kalah sama duo gajah diesel cuma kalah torsi tapi ngejer di 120 up :mky_03: udah kebukti kok gw pernah liat sendiri seberapa kenceng honda freed dari 100 ke 160 dibanding 0-100 nya :mky_07: pitek kikin yooo

Re: Tanya, beli baru untuk anak, Baleno atau Sonet?

Posted: Wed Feb 01, 2023 4:25
by timbermaniac123
Kalau saya kemarin iseng2 reset FC city, di tol cruising santai di tol luar kota dari pik ke puri (4km) speed 30-40kmh, dapet di 28kpl. kalau pake voxy saya kayanya mentok cuma di 19kpl. Tapi kalau cruising tol dalam kota lancar speed 70-80kmh ya paling 1:19

Re: Tanya, beli baru untuk anak, Baleno atau Sonet?

Posted: Wed Feb 01, 2023 5:33
by grimjow
ChZ wrote: Wed Feb 01, 2023 3:01
grimjow wrote: Tue Jan 31, 2023 14:00 Great explanation,Om Chz.
Honda memang keluarin mesin2 yang ke arah efesiensi. Cuman karena paradigma 121 ps (jargon nya : Tenaga terbesar di kelasnya) dan juga tuh balapan Sentul pake nya Jazz / Brio , jadinya ekspetasi user kadang berlebihan.
Kalo masuk area akselerasi di speed menengah ke atas memang baru berasa enak tuh mesin.
sbenernya ini yang ane gatel jg sama tim marketing honda masa kini. apalagi misleadingnya waktu viral veloz ga kuat nanjak dia malah bilang "121PS kuat nanjak". nggak gitu woi.

udah mobil2 gini iklanin aja irit bbm. apalagi kalo gak jual transmisi manual. itu dari pengetesan moladin walau displacement dia paling gede tapi iritnya luar biasa itu WRV. nggak ketinggalan jauh sama raize yg 1000cc.

dulu honda bikin civic FD mesin 1.8liter itu iritnya setara dengan mesin cc lebih kecil seukuran 1400-1500cc. yang manual kencengnya kayak setan buat ukuran mesin segitu. aksel 0-100 nya langit bumi sama yang matic :mky_03:

even civic turbo/ CRV turbo kalo diniatin lari 80-100 di tol bisa dapet 20 kml masalahnya ane gak niat, luar kota 130kmh up melulu :mky_03: itu aja msh dapet 13 kml. performance di mobil2 gini itu hanya bonus tiap keluar generasi baru honda cuma mikirin biar gimana irit.

performance biar user aja yang buktiin sendiri adu aduan top speed yang ternyata ngga kalah sama duo gajah diesel cuma kalah torsi tapi ngejer di 120 up :mky_03: udah kebukti kok gw pernah liat sendiri seberapa kenceng honda freed dari 100 ke 160 dibanding 0-100 nya :mky_07: pitek kikin yooo
Jadi kesimpulan thread ini opsinya antara pertahanin Brio nya atau ganti WRV. :big_biglaugh: :upss: .
Btw, tuh Brio kapan keluar next gen nya ya

Re: Tanya, beli baru untuk anak, Baleno atau Sonet?

Posted: Wed Feb 01, 2023 5:58
by c_adhi_k
ChZ wrote: Tue Jan 31, 2023 9:27
Suryaputra wrote: Tue Jan 31, 2023 8:30 Tambahan buat moladin

- 0-1000 meter
- Rolling drag race dr 60 kph

Yg penting tetap patuhi kondisi lalin jalan raya/ umum :ngacir:
Wkwkwk sebenernya gimana ya...

Kalo test drag race >400m dan rolling race itu kan kurang relevan juga krn small car gini paling ya dipake buat speed ga lebih dari 100.

I get it moladin sebenernya cuma for fun aja. Tapi komparasi by data gini rentan misleading. Apalagi yang jadi bahan bulan bulanan dibilang claim 121ps nya ga bener.

Padahal kan poinnya bukan itu. Kalo claimnya mau dibuktiin beneran ya naik dyno.

Contoh throttle house waktu compare kenapa FL5 dibabat FK8 dari standing start dia coba lagi next attempt, terus rolling race. Hasilnya variatif. Dia ngejelasin FL5 gearnya lebih panjang.

Hasil dyno matic 73 whp
Kalau bener mesinnya 120 brati losses transmisinya parah

Re: Tanya, beli baru untuk anak, Baleno atau Sonet?

Posted: Wed Feb 01, 2023 6:01
by ChZ
timbermaniac123 wrote: Wed Feb 01, 2023 4:25 Kalau saya kemarin iseng2 reset FC city, di tol cruising santai di tol luar kota dari pik ke puri (4km) speed 30-40kmh, dapet di 28kpl. kalau pake voxy saya kayanya mentok cuma di 19kpl. Tapi kalau cruising tol dalam kota lancar speed 70-80kmh ya paling 1:19
wkwkwk teorinya terbukti kan, after reset 4 km bisa 28 kml efek final gear panjang rpm waktu cruise pasti rendah banget :mky_02: ane pernah PP full toll smg sala3 pp habis refuel reset konstan jaga di 80-100 bisa dapet average 17 kml. udah remap dan jalan naik turun padahal.
grimjow wrote: Wed Feb 01, 2023 5:33 Jadi kesimpulan thread ini opsinya antara pertahanin Brio nya atau ganti WRV. :big_biglaugh: :upss: .
Btw, tuh Brio kapan keluar next gen nya ya
nah ini ada desas desus ayla agya baru keluar, brio mungkin bentar lagi :mky_02: life spannya udah panjang dari 2012. itu brio all new kan cuma gen 1.5 kayak GL L10 ke L11, kode masih sama jg brio pantat setrika ke yang sekarang masih DD1.

Re: Tanya, beli baru untuk anak, Baleno atau Sonet?

Posted: Wed Feb 01, 2023 6:04
by ChZ
c_adhi_k wrote: Wed Feb 01, 2023 5:58
Hasil dyno matic 73 whp
Kalau bener mesinnya 120 brati losses transmisinya parah
kalo nggak salah dulu GE8 matic juga di 70-80an whp pada dyno. tinggal beban dyno nya seberapa sih.

slip di roda nya gede berarti. BRV CVT ane juga slip nya rasanya gede banget.

Re: Tanya, beli baru untuk anak, Baleno atau Sonet?

Posted: Wed Feb 01, 2023 6:59
by Suryaputra
ChZ wrote: Wed Feb 01, 2023 6:04
c_adhi_k wrote: Wed Feb 01, 2023 5:58
Hasil dyno matic 73 whp
Kalau bener mesinnya 120 brati losses transmisinya parah
kalo nggak salah dulu GE8 matic juga di 70-80an whp pada dyno. tinggal beban dyno nya seberapa sih.

slip di roda nya gede berarti. BRV CVT ane juga slip nya rasanya gede banget.
Jauh banget sama HRV RU manual remap an



Itu bisa 140 hp on wheel :upss:

Anggap deviasi dyno engine nya 5-10% : ttp aja jauh :big_biglaugh:

Re: Tanya, beli baru untuk anak, Baleno atau Sonet?

Posted: Wed Feb 01, 2023 7:52
by ChZ
Suryaputra wrote: Wed Feb 01, 2023 6:59
Jauh banget sama HRV RU manual remap an



Itu bisa 140 hp on wheel :upss:

Anggap deviasi dyno engine nya 5-10% : ttp aja jauh :big_biglaugh:
HRV RU sih mobil gila itu. compared ke 1.8 nya ngga lemot lemot amat walau iritnya ya imbang-imbang juga.

bahkan some tuners bilang kalo mau tune HRV beli yang 1.5 aja. lbh bisa dioprek.

Re: Tanya, beli baru untuk anak, Baleno atau Sonet?

Posted: Wed Feb 01, 2023 8:25
by alvin23
Suryaputra wrote:
grimjow wrote: Tue Jan 31, 2023 14:00
ChZ wrote: Tue Jan 31, 2023 8:23 ada 2 faktor.

mesin DOHC power band nya geser ke tengah-atas. masalahnya di tengah-atas, mesin ini harusnya nenggak bensin RON92 ke atas (basic design L15B1 DOHC direct injection disunatin jadi DOHC multipoint injection) lalu udah gitu dipaksa nenggak RON90 ke bawah. konsekuensinya? yep. timingnya pun dibuat mundur. kalau yg sudah pernah TD pasti ngerasa top end L15ZF ini beratnya kayak ketahan powernya padahal seharusnya bisa lebih.

L15Z1 sebelumnya itu tuning masih ron91. SOHC pula.

yang kedua final drive ratio di city HB dan WRV itu lebih halussss daripada BRV.
BR-V di 5.985,

WRV 5.436.

city hatchback lebih long lagi : 4.992.

artinya walau di kertas BRV paling berat, justru uniknya dia bakal menang komparasi drag race karena dengan mesin sama final gearnya lebih kasar.

sebenernya nggak usah heran karena kalau kita pernah cek komparasi honda non-turbo yang lawas-lawas, emang untuk akselerasi jarak pendek honda bertransmisi automatic ngga pernah juara dalam komparasi 0-100 figure atau 0-402m. penyakitnya selalu sama gearingnya kepanjangan.

CRV 2.4 dibabat Xtrail 2.5 dan CX-5 2.5 (bahkan yang RM dibabat CX-5 2.0), Accord 2.4 dibabat camry 2.4, accord 3.5 dibabat camry 3.5. bahkan honda jazz GE8 matic? ngga lebih kenceng dari yaris atau swift kok dulu. padahal pake 4-speed purba itu 2.

terus emang brio 1.2 matic non-CVT kenceng? 0-100 nya 14 detik juga. lambat. yang matic CVT juga sebenernya cuma 12 detik. honda bertransmisi matic itu emang memble akselerasi bawahnya karena dia selalu dituning untuk irit. dalam hal ini kenapa honda yang baru-baru prefer pakai longer final drive ya jelas karena supaya ngejar irit.

lalu kenapa kok honda kecil sekarang memble? bukan memble, karena dulu menangnya ke-be-tu-lan :big_peace: dulu ertiga cuma pake mesin 1.4 90 hp, xpander gendut banget dengan mesin 104 hp dan penyakitnya sama final drivenya hualussss banget. avanza? final drive kependekan dan mesinnya nafas cepet habis.

lalu 121psnya bohong? engga. coba aja itu drag race diterusin sampe 200 kmh, gw yakin yang lain makin susah ngikutin karena napasnya udah abis. hp besar itu kan teritikalnya menang top speed apalagi gear rasionya halus gitu. tapi kan balik lagi siapa yang mau setir mobil kecil econobox gini sampe top speed kan?

jadi kalau mau beli honda yang kenceng, jangan beli transmisi matic, kecuali yang turbo turboan :big_peace: karena honda NA engine torque curvenya payah. yang turbo kenapa bisa kenceng banget, ya karena torsi nya udah ada dari 2000an rpm rata sampe 5000an.
Great explanation,Om Chz.
Honda memang keluarin mesin2 yang ke arah efesiensi. Cuman karena paradigma 121 ps (jargon nya : Tenaga terbesar di kelasnya) dan juga tuh balapan Sentul pake nya Jazz / Brio , jadinya ekspetasi user kadang berlebihan.
Kalo masuk area akselerasi di speed menengah ke atas memang baru berasa enak tuh mesin.
Emang mbah Chz suhu dan BA nya Honda :mky_03:

City HB kan ada manualnya
Itu nikmat sih di kelas cenggo CC

Short throw and Quick, gear shift nya
Best manual gearbox klo honda sih :big_exellent:
Wah kalau Honda penjelasannya panjang ya ternyata mod Chz wkwkwk




Re: Tanya, beli baru untuk anak, Baleno atau Sonet?

Posted: Wed Feb 01, 2023 9:43
by XMTdeluxe
ChZ wrote: Tue Jan 31, 2023 8:23
ada 2 faktor.

mesin DOHC power band nya geser ke tengah-atas. masalahnya di tengah-atas, mesin ini harusnya nenggak bensin RON92 ke atas (basic design L15B1 DOHC direct injection disunatin jadi DOHC multipoint injection) lalu udah gitu dipaksa nenggak RON90 ke bawah. konsekuensinya? yep. timingnya pun dibuat mundur. kalau yg sudah pernah TD pasti ngerasa top end L15ZF ini beratnya kayak ketahan powernya padahal seharusnya bisa lebih.

L15Z1 sebelumnya itu tuning masih ron91. SOHC pula.

yang kedua final drive ratio di city HB dan WRV itu lebih halussss daripada BRV.
BR-V di 5.985,

WRV 5.436.

city hatchback lebih long lagi : 4.992.

artinya walau di kertas BRV paling berat, justru uniknya dia bakal menang komparasi drag race karena dengan mesin sama final gearnya lebih kasar.

sebenernya nggak usah heran karena kalau kita pernah cek komparasi honda non-turbo yang lawas-lawas, emang untuk akselerasi jarak pendek honda bertransmisi automatic ngga pernah juara dalam komparasi 0-100 figure atau 0-402m. penyakitnya selalu sama gearingnya kepanjangan.

CRV 2.4 dibabat Xtrail 2.5 dan CX-5 2.5 (bahkan yang RM dibabat CX-5 2.0), Accord 2.4 dibabat camry 2.4, accord 3.5 dibabat camry 3.5. bahkan honda jazz GE8 matic? ngga lebih kenceng dari yaris atau swift kok dulu. padahal pake 4-speed purba itu 2.

terus emang brio 1.2 matic non-CVT kenceng? 0-100 nya 14 detik juga. lambat. yang matic CVT juga sebenernya cuma 12 detik. honda bertransmisi matic itu emang memble akselerasi bawahnya karena dia selalu dituning untuk irit. dalam hal ini kenapa honda yang baru-baru prefer pakai longer final drive ya jelas karena supaya ngejar irit.

lalu kenapa kok honda kecil sekarang memble? bukan memble, karena dulu menangnya ke-be-tu-lan :big_peace: dulu ertiga cuma pake mesin 1.4 90 hp, xpander gendut banget dengan mesin 104 hp dan penyakitnya sama final drivenya hualussss banget. avanza? final drive kependekan dan mesinnya nafas cepet habis.

lalu 121psnya bohong? engga. coba aja itu drag race diterusin sampe 200 kmh, gw yakin yang lain makin susah ngikutin karena napasnya udah abis. hp besar itu kan teritikalnya menang top speed apalagi gear rasionya halus gitu. tapi kan balik lagi siapa yang mau setir mobil kecil econobox gini sampe top speed kan?

jadi kalau mau beli honda yang kenceng, jangan beli transmisi matic, kecuali yang turbo turboan :big_peace: karena honda NA engine torque curvenya payah. yang turbo kenapa bisa kenceng banget, ya karena torsi nya udah ada dari 2000an rpm rata sampe 5000an.
Jelas, terang benderang dan gamblang :mky_02: Luar biasa penjelasannya Om Chz :big_exellent:
Bener Om, kalau top speed saya yakin masih menang Honda (kalau nggak dilimit). Tapi utk "marketing" lumayan kan, setidaknya bisa bilang: "tuh... sama yg lebih gede tenaganya aja ini bisa menang." Dan beneran aja, udah masuk di Hoedjat Mobile barusan.
peterming77 wrote: Tue Jan 31, 2023 7:46 Ada yg bilang krn berubah dari SOHC ke DOHC. Sayang ya, padahal yg dipamerkan waktu jualan itu power nya yg paling gede sekelas nya, tapi dilapangan malah kalah dari saingan yg diatas kertas power nya kalah.
Tapi kenapa honda kok gak bedakan mesin utk tiap entry ya? WRV pakai 1500cc SOHC, city HB yg 1500cc DOHC? apa manufakturingnya beda kah?
Sepengamatan saya (yg maaf kalau agak sotoy, CMIIW), mesin NR 1-2-3 (kebetulan semua pernah pakai) sama persis utk kompresi bahkan kebutuhan oli. Sepertinya itu 1 konstruksi mesin yg sama tapi dibedain dikit2 strokenya atau borenya? Dan tiap jenis entry mobil bisa beda2 cc nya.
Kalau mesin honda apa nggak cuma "tinggal" nambahin noken as aja ya? :mky_01: Dari SOHC ke DOHC gitu, hehehehe.... kan CC nya sama. Maaf masih awam.

Re: Tanya, beli baru untuk anak, Baleno atau Sonet?

Posted: Thu Feb 02, 2023 2:53
by ChZ
alvin23 wrote: Wed Feb 01, 2023 8:25
Suryaputra wrote: Emang mbah Chz suhu dan BA nya Honda :mky_03:

City HB kan ada manualnya
Itu nikmat sih di kelas cenggo CC

Short throw and Quick, gear shift nya
Best manual gearbox klo honda sih :big_exellent:
Wah kalau Honda penjelasannya panjang ya ternyata mod Chz wkwkwk
ma'lum emang ada keterikatan batin sama brand satu ini jadi lebih mendalami mesin-mesin honda dibanding yang lain :mky_03: cheap cheerful econobox gampang dioprek.
XMTdeluxe wrote: Wed Feb 01, 2023 9:43 Jelas, terang benderang dan gamblang :mky_02: Luar biasa penjelasannya Om Chz :big_exellent:
Bener Om, kalau top speed saya yakin masih menang Honda (kalau nggak dilimit). Tapi utk "marketing" lumayan kan, setidaknya bisa bilang: "tuh... sama yg lebih gede tenaganya aja ini bisa menang." Dan beneran aja, udah masuk di Hoedjat Mobile barusan.

Tapi kenapa honda kok gak bedakan mesin utk tiap entry ya? WRV pakai 1500cc SOHC, city HB yg 1500cc DOHC? apa manufakturingnya beda kah?
Sepengamatan saya (yg maaf kalau agak sotoy, CMIIW), mesin NR 1-2-3 (kebetulan semua pernah pakai) sama persis utk kompresi bahkan kebutuhan oli. Sepertinya itu 1 konstruksi mesin yg sama tapi dibedain dikit2 strokenya atau borenya? Dan tiap jenis entry mobil bisa beda2 cc nya.
Kalau mesin honda apa nggak cuma "tinggal" nambahin noken as aja ya? :mky_01: Dari SOHC ke DOHC gitu, hehehehe.... kan CC nya sama. Maaf masih awam.
perang marketingnya seru nih... ky bales dendam

marketing honda waktu veloz gagal nanjak viral : tuh merek sebelah gagal nanjak CVTnya payah.
marketing toyota waktu WRV kalah drag race : ih malu maluin merk sebelah 121PS kalah drag race

sepertinya walau code sama L15, konstruksinya banyak berbeda om. ngubah dari single ke twincam itu susah banyak banget ubahannya. coba liat itu paling enak bedain SOHC vs DOHC ya honda D16 (SOHC) sama B16 (DOHC) zaman dulu, D16 keliatan ramping banget konstruksinya dibanding B16 lebih padet wkwkwkkw.

D16
Image

B16
Image

Re: Tanya, beli baru untuk anak, Baleno atau Sonet?

Posted: Thu Feb 02, 2023 6:55
by y_anjasrana
brio ga masuk nih? banyak part & accessories, model anak muda banget. jarak sopir dan penumpang bisa deket banget..... :ngacir: