XMTdeluxe wrote: Tue Jan 31, 2023 5:55
Honda sekarang mesinnya kok jadi lemes2 gitu ya?
ada 2 faktor.
mesin DOHC power band nya geser ke tengah-atas. masalahnya di tengah-atas, mesin ini harusnya nenggak bensin RON92 ke atas (basic design L15B1 DOHC direct injection disunatin jadi DOHC multipoint injection) lalu udah gitu dipaksa nenggak RON90 ke bawah. konsekuensinya? yep. timingnya pun dibuat mundur. kalau yg sudah pernah TD pasti ngerasa top end L15ZF ini beratnya kayak ketahan powernya padahal seharusnya bisa lebih.
L15Z1 sebelumnya itu tuning masih ron91. SOHC pula.
yang kedua final drive ratio di city HB dan WRV itu lebih halussss daripada BRV.
BR-V di 5.985,
WRV 5.436.
city hatchback lebih long lagi : 4.992.
artinya walau di kertas BRV paling berat, justru uniknya dia bakal menang komparasi drag race karena dengan mesin sama final gearnya lebih kasar.
sebenernya nggak usah heran karena kalau kita pernah cek komparasi honda non-turbo yang lawas-lawas, emang untuk akselerasi jarak pendek honda bertransmisi automatic ngga pernah juara dalam komparasi 0-100 figure atau 0-402m. penyakitnya selalu sama gearingnya kepanjangan.
CRV 2.4 dibabat Xtrail 2.5 dan CX-5 2.5 (bahkan yang RM dibabat CX-5 2.0), Accord 2.4 dibabat camry 2.4, accord 3.5 dibabat camry 3.5. bahkan honda jazz GE8 matic? ngga lebih kenceng dari yaris atau swift kok dulu. padahal pake 4-speed purba itu 2.
terus emang brio 1.2 matic non-CVT kenceng? 0-100 nya 14 detik juga. lambat. yang matic CVT juga sebenernya cuma 12 detik. honda bertransmisi matic itu emang memble akselerasi bawahnya karena dia selalu dituning untuk irit. dalam hal ini kenapa honda yang baru-baru prefer pakai longer final drive ya jelas karena supaya ngejar irit.
lalu kenapa kok honda kecil sekarang memble? bukan memble, karena dulu menangnya ke-be-tu-lan

dulu ertiga cuma pake mesin 1.4 90 hp, xpander gendut banget dengan mesin 104 hp dan penyakitnya sama final drivenya hualussss banget. avanza? final drive kependekan dan mesinnya nafas cepet habis.
lalu 121psnya bohong? engga. coba aja itu drag race diterusin sampe 200 kmh, gw yakin yang lain makin susah ngikutin karena napasnya udah abis. hp besar itu kan teritikalnya menang top speed apalagi gear rasionya halus gitu. tapi kan balik lagi siapa yang mau setir mobil kecil econobox gini sampe top speed kan?
jadi kalau mau beli honda yang kenceng, jangan beli transmisi matic, kecuali yang turbo turboan

karena honda NA engine torque curvenya payah. yang turbo kenapa bisa kenceng banget, ya karena torsi nya udah ada dari 2000an rpm rata sampe 5000an.