Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 822
- Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
Bicara soal kendaraan manusia ini sbnrnya hanya memindahkan polusi dari polusi 1 ke polusi lainnya, tinggal mana yg lbh parah nyisain polusinya.
Inget dong, dulu sblm ada mobil....orang2 bepergian dgn kereta kuda, ini ngk ada polusi pabrik2, asep2 kendaraan, tapi TAI kuda bikin polusi dijalanan2 dan kata orang tua dulu kalo ada lecet dan jato ke tai kuda, bisa langsung tetanus......akhirnya teknologi motor ditemukan dan mulai lah kuda ditinggalkan dan berganti ke mobil dgn bbm fosil, polusinya yah asap mobil dan limbah mobil.......skrg mau bikin EV, udah pasti polusi asep dipindahin ke penambangan bahan baku, pabrik2 yg produksi batere, dan yg pasti baterenya juga bakal jadi limbah, entah sampe seberapa worth di daur ulang, tp kayaknya batere ABC aja kalo udah mati juga ngk ada yg refurbish jadi batere ABC seken.
Filing2 ane, mobil EV udah dibikin mirip kayak smartphone raksasa dgn roda, once you buy Samsung Flip dan menjualnya 1 atau 2 taon kmdn harganya udah drop 50%, yg beli seken nerusin pake dan tinggal liat baterenya tahan brp lama lagi, kalo udah soak yah tinggal dibuang aja.
Contoh nyata, sy punya jam Amazfit bergaransi resmi, pake 2 tahunan terus batere soak, dan ngk bisa charge full. Ane telpon lah itu CS nya dan dibilang, ngk bisa svc om.....lah kalo gitu garansi buat apa......garansi itu kalo ada kerusakan kami ganti baru, atau kami kanibal dgn part jika ada, tp kalo udah ngk garansi yah sudah tidak bisa di svc lagi om.....yah sudah mau gmn lagi, beli lagi lah jam digital baru dan tetep belinya amazfit,.....krn murmer....rusak buang.
Dan mgkn ini yg jg bakal kejadian di mobil EV.
Inget dong, dulu sblm ada mobil....orang2 bepergian dgn kereta kuda, ini ngk ada polusi pabrik2, asep2 kendaraan, tapi TAI kuda bikin polusi dijalanan2 dan kata orang tua dulu kalo ada lecet dan jato ke tai kuda, bisa langsung tetanus......akhirnya teknologi motor ditemukan dan mulai lah kuda ditinggalkan dan berganti ke mobil dgn bbm fosil, polusinya yah asap mobil dan limbah mobil.......skrg mau bikin EV, udah pasti polusi asep dipindahin ke penambangan bahan baku, pabrik2 yg produksi batere, dan yg pasti baterenya juga bakal jadi limbah, entah sampe seberapa worth di daur ulang, tp kayaknya batere ABC aja kalo udah mati juga ngk ada yg refurbish jadi batere ABC seken.
Filing2 ane, mobil EV udah dibikin mirip kayak smartphone raksasa dgn roda, once you buy Samsung Flip dan menjualnya 1 atau 2 taon kmdn harganya udah drop 50%, yg beli seken nerusin pake dan tinggal liat baterenya tahan brp lama lagi, kalo udah soak yah tinggal dibuang aja.
Contoh nyata, sy punya jam Amazfit bergaransi resmi, pake 2 tahunan terus batere soak, dan ngk bisa charge full. Ane telpon lah itu CS nya dan dibilang, ngk bisa svc om.....lah kalo gitu garansi buat apa......garansi itu kalo ada kerusakan kami ganti baru, atau kami kanibal dgn part jika ada, tp kalo udah ngk garansi yah sudah tidak bisa di svc lagi om.....yah sudah mau gmn lagi, beli lagi lah jam digital baru dan tetep belinya amazfit,.....krn murmer....rusak buang.
Dan mgkn ini yg jg bakal kejadian di mobil EV.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12525
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
ya emang spt itu om.Asfur wrote: Thu Sep 29, 2022 1:56 Bicara soal kendaraan manusia ini sbnrnya hanya memindahkan polusi dari polusi 1 ke polusi lainnya, tinggal mana yg lbh parah nyisain polusinya.
Inget dong, dulu sblm ada mobil....orang2 bepergian dgn kereta kuda, ini ngk ada polusi pabrik2, asep2 kendaraan, tapi TAI kuda bikin polusi dijalanan2 dan kata orang tua dulu kalo ada lecet dan jato ke tai kuda, bisa langsung tetanus......akhirnya teknologi motor ditemukan dan mulai lah kuda ditinggalkan dan berganti ke mobil dgn bbm fosil, polusinya yah asap mobil dan limbah mobil.......skrg mau bikin EV, udah pasti polusi asep dipindahin ke penambangan bahan baku, pabrik2 yg produksi batere, dan yg pasti baterenya juga bakal jadi limbah, entah sampe seberapa worth di daur ulang, tp kayaknya batere ABC aja kalo udah mati juga ngk ada yg refurbish jadi batere ABC seken.
Filing2 ane, mobil EV udah dibikin mirip kayak smartphone raksasa dgn roda, once you buy Samsung Flip dan menjualnya 1 atau 2 taon kmdn harganya udah drop 50%, yg beli seken nerusin pake dan tinggal liat baterenya tahan brp lama lagi, kalo udah soak yah tinggal dibuang aja.
Contoh nyata, sy punya jam Amazfit bergaransi resmi, pake 2 tahunan terus batere soak, dan ngk bisa charge full. Ane telpon lah itu CS nya dan dibilang, ngk bisa svc om.....lah kalo gitu garansi buat apa......garansi itu kalo ada kerusakan kami ganti baru, atau kami kanibal dgn part jika ada, tp kalo udah ngk garansi yah sudah tidak bisa di svc lagi om.....yah sudah mau gmn lagi, beli lagi lah jam digital baru dan tetep belinya amazfit,.....krn murmer....rusak buang.
Dan mgkn ini yg jg bakal kejadian di mobil EV.
EV ini fully electric. Mulai dr power steering, braking system, kompresor AC, dsb semua dikontrol secara elektronik dan computerized.
Jadi klo ada yg rusak, bisa merembet (chain reaction) sampai ke pcb dan micro chip controller nya.
bahasa simple nya gtu.
Karena sistemnya modular, terlalu risky untuk diservis apalagi disolder" gtu

jadi klo ada yg rusak? ya ganti 1 modul baru.
udah makin banyak yg rusak, ya dijual apa adanya, dan beli EV yg baru.
Contoh: spt CPU gaming,
klo rusak VGA nya, kan gak bisa diservis, yg ada muncul artifact images, jadinya ya ganti utuh 1 VGA baru.
Rusak processornya, ganti utuh processornya.
Motherboard, RAM, SSD, dsb, rusak jg lembiru.
Emang EV ini marketnya untuk orang yg diijinkan Tuhan; punya kelebihan uang.
Beli baru gak perlu mikir panjang, tinggal SPK, cicil/cash, bawa pulang.
gak diperbudak mobil
Gak usah mikir resale value, apalagi buat liquid jual cepet.
Ya ikhlaskan aja di masa depan, klo rusaknya dah merembet kmn".
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Fri Apr 03, 2009 12:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Subaru XV
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
IONIQ5 Battery packnya pake liquid coolant, enggak kyk sodara2nya di batu makam yg msh air coolant, jd kl di tes posisi diem udh pasti adem yg IONIQ5, kl si daun sm kicks udh pasti lbh panas.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sat May 09, 2015 8:55
- Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
- Daily Vehicle: Potato Car
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
Barusan ngeliat videonya Moladin, uji komparasi Agya 1200cc vs Brio old 1200cc vs Ayla old 1000cc, semuanya pake transmisi manual.
Ga nyangka bener itu ayla 1000cc bisa dapet 29,7km/l full to full pertamax dgn rute mayoritas toll jalanan lancar, jarak sekitar 78,5km.
Nah dari video itu kesimpulannya adalah.. mari kita balik lagi pake lcgc manual
Walaupun kaga enak yg penting bensin irit, perawatan murah, nyetirnya gampang, dijual lagi juga gampang..
Wah saya ngomong kaya gini bisa2 ditimpuk netizen si paling car enthusiast nich wkwkwk
Ga nyangka bener itu ayla 1000cc bisa dapet 29,7km/l full to full pertamax dgn rute mayoritas toll jalanan lancar, jarak sekitar 78,5km.
Nah dari video itu kesimpulannya adalah.. mari kita balik lagi pake lcgc manual

Walaupun kaga enak yg penting bensin irit, perawatan murah, nyetirnya gampang, dijual lagi juga gampang..
Wah saya ngomong kaya gini bisa2 ditimpuk netizen si paling car enthusiast nich wkwkwk
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12525
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
yahh gak heran mbah,Syauqi wrote: Thu Sep 29, 2022 2:29 Barusan ngeliat videonya Moladin, uji komparasi Agya 1200cc vs Brio old 1200cc vs Ayla old 1000cc, semuanya pake transmisi manual.
Ga nyangka bener itu ayla 1000cc bisa dapet 29,7km/l full to full pertamax dgn rute mayoritas toll jalanan lancar, jarak sekitar 78,5km.
Nah dari video itu kesimpulannya adalah.. mari kita balik lagi pake lcgc manual![]()
Walaupun kaga enak yg penting bensin irit, perawatan murah, nyetirnya gampang, dijual lagi juga gampang..
Wah saya ngomong kaya gini bisa2 ditimpuk netizen si paling car enthusiast nich wkwkwk
tiga cyl kapasitas total 1 liter.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
makannya belakangan kalo ada nanya beli mobil tapi masih mikir BBM lsg saya suruh beli raize atau rocky 1.0 turbo mau loe apain juga bisa kalo berasa kurang power, handling parts pasti banyak karena JDM asal kuat duitnya ajaSyauqi wrote: Thu Sep 29, 2022 2:29 Barusan ngeliat videonya Moladin, uji komparasi Agya 1200cc vs Brio old 1200cc vs Ayla old 1000cc, semuanya pake transmisi manual.
Ga nyangka bener itu ayla 1000cc bisa dapet 29,7km/l full to full pertamax dgn rute mayoritas toll jalanan lancar, jarak sekitar 78,5km.
Nah dari video itu kesimpulannya adalah.. mari kita balik lagi pake lcgc manual![]()
Walaupun kaga enak yg penting bensin irit, perawatan murah, nyetirnya gampang, dijual lagi juga gampang..
Wah saya ngomong kaya gini bisa2 ditimpuk netizen si paling car enthusiast nich wkwkwk

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sat May 09, 2015 8:55
- Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
- Daily Vehicle: Potato Car
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
Kalo saya tetep heran krn saya sendiri pake mobil itu, paling irit ngitung full to full pertalite dapet 19,4km/l. Tapi ntahlah saya belum pernah coba juga pengujian ala mereka, krn itu saya itung dgn kondisi mobil udh dipake bbrp hari.
Apalagi ntu mesin kaga ada teknologinya apa2 wkwk
Mesin turbo tapi karena orang2 pada nganggep mesinnya sama kaya agya jadinya diisi pertalie HAHA kalo mau pake sebentar 3 tahun jual gapapa dah paling yg apes ya yg ngelanjutin ngerawatnya.b0ku wrote: Thu Sep 29, 2022 2:33
makannya belakangan kalo ada nanya beli mobil tapi masih mikir BBM lsg saya suruh beli raize atau rocky 1.0 turbo mau loe apain juga bisa kalo berasa kurang power, handling parts pasti banyak karena JDM asal kuat duitnya aja![]()
Raize/Rocky turbo itu sebenarnya potensial buat jadi bahan ya, remap dikit setting buat minum RON 95/98, modif mesin dikit" udah deh 0-100 bisa sub 8s. Kalo ga jebol aja itu DCVT nya
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12525
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
coba mattin ac mbahSyauqi wrote: Thu Sep 29, 2022 2:58Kalo saya tetep heran krn saya sendiri pake mobil itu, paling irit ngitung full to full pertalite dapet 19,4km/l. Tapi ntahlah saya belum pernah coba juga pengujian ala mereka, krn itu saya itung dgn kondisi mobil udh dipake bbrp hari.
Apalagi ntu mesin kaga ada teknologinya apa2 wkwk
Mesin turbo tapi karena orang2 pada nganggep mesinnya sama kaya agya jadinya diisi pertalie HAHA kalo mau pake sebentar 3 tahun jual gapapa dah paling yg apes ya yg ngelanjutin ngerawatnya.b0ku wrote: Thu Sep 29, 2022 2:33
makannya belakangan kalo ada nanya beli mobil tapi masih mikir BBM lsg saya suruh beli raize atau rocky 1.0 turbo mau loe apain juga bisa kalo berasa kurang power, handling parts pasti banyak karena JDM asal kuat duitnya aja![]()
Raize/Rocky turbo itu sebenarnya potensial buat jadi bahan ya, remap dikit setting buat minum RON 95/98, modif mesin dikit" udah deh 0-100 bisa sub 8s. Kalo ga jebol aja itu DCVT nya
hahahaha.
AC itu bikin beban mesin cukup besar, klo kapasitas nya <1.8L
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
mending BEV sekalian um, pusing sekalian aja dah. atau ICE biasab0ku wrote: Wed Sep 28, 2022 4:20 ini yang selalu saya omong cuma tuhan yang tahu batre itu tewasnya kapan ud koma aja kita bisa kagak tau, bagus kalo ada warranty kalo gak da apa gak bolong tuh kantong ngirit belom seberapa ud kena cost gede
saya curiga pihak nissan lagi tahap denial karena mereka juga males ngurus claim garansinya![]()
beli hibrid modelan begini ribet, ud mesti rawat mesin, mesti nabung buat batere pula
jadi dobel dobel, ujungnya gada yg dihemat
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
ya gimana kaga cpt drop, org masih air cooling
tpi sistem cooling batere kicks tu gimana ya? klo toyota ama oonda kan ambil dari udara dingin ac jg
kicks gitu jg ga ya?
masa 20 rebu baru drop, nissin at its finest
hibrid toyota aja ga segitunya
lagian phase out ICE jg masi lama, jauh diatas 2030, oe perkirakan 2040 lah baru mulai
tpi sistem cooling batere kicks tu gimana ya? klo toyota ama oonda kan ambil dari udara dingin ac jg
kicks gitu jg ga ya?
masa 20 rebu baru drop, nissin at its finest

hibrid toyota aja ga segitunya

lagian phase out ICE jg masi lama, jauh diatas 2030, oe perkirakan 2040 lah baru mulai
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
sama aja om EV dan Hybrid cuma bedanya EV batre lebih long last aja cuma 2 2nya sama2x buat gorok duitdarrelund wrote: Thu Sep 29, 2022 3:11 mending BEV sekalian um, pusing sekalian aja dah. atau ICE biasa
beli hibrid modelan begini ribet, ud mesti rawat mesin, mesti nabung buat batere pula
jadi dobel dobel, ujungnya gada yg dihemat

EV apa yang di hemat cost batrenya juga 2-10x harga batre hybrid juga om

kalo omongin irit BBM itu cuma orang kaya aja om ntar di itung2x juga lebih buang duit banyak karena belom tentu mereka abuse pake gila2xan, yang modelan saya mau beli apa2x bundle aja mikir duitnya bisa buat yang laen ya beli EV ibarat beli makanan bundle jatohnya lebih murah tapi gak tau dipake apa kagak sampe masa expired

soalnya batre itu bisa di abuse sampe kilometer gila2xan selama umurnya di bawah masa garansi biasa kalo di tesla 300.000 mile pun baek2x aja mungkin baru tewas pas 400-500rban mile slama umurnya di bawah 5-8thn nah kalo pakenya gini ya gak bakalan rugi masalahnya di indo apalagi jakarta pake mobil sampe 300rb km aja gak gampang saya banyak jual mobil exs taxi mayoritas kilometer juga 200-300rban soalnya


kebiasaan om teknologinya baru tapi ngejar setoran tuningnya juga suka ngawur paling parah di kasus livina L11 dari 110 ke 115hp 5hpnya buat ngeden di CVT mana lebih letoy pula dari 4AT , dulu seneng banget pertama bawa L11 bisa nyobain livina baru eh malah kuciwa tau gitu bawa l10 aja dehdarrelund wrote: Thu Sep 29, 2022 3:15 ya gimana kaga cpt drop, org masih air cooling
tpi sistem cooling batere kicks tu gimana ya? klo toyota ama oonda kan ambil dari udara dingin ac jg
kicks gitu jg ga ya?
masa 20 rebu baru drop, nissin at its finest![]()
hibrid toyota aja ga segitunya
lagian phase out ICE jg masi lama, jauh diatas 2030, oe perkirakan 2040 lah baru mulai

kalo mereka bisa phase out paling susah itu nyingkirin diesel

di us ud banyak kasus SUT EV gak sanggup towing jauh range drop dari 500 bisa ke 80mile

mungkin salah satu alesan cybertruck gak keluar2x sampe sekarang masih nyari formulanya sampe bego......

-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
kalau d indo yang vokal ngomong gini si opung dan govt officials, ane udah ga liat sisi environmentalnya dimanadaimler wrote: Wed Sep 28, 2022 9:05 "EV is a not a solution because combustion engine is not the problem"
Emang peralihan dari ICE ke EV ini bukan berarti bikin emisi jd berkurang, udara lebih bersih, langit lebih cerah, lingkungan lebih terawat. Media mainstream+government pula pake gembor2in isu lingkungan terselesaikan dengan beralih ke EV padahal lebih berefek kalo kontrol emisi dilakukan ke industri pabrik2, manufaktur, tambang, dll dibanding kendaraan pribadi.
Peralihan dari karbu ke injeksi dulu ga seperti ICE ke EV karena yg berubah cuma sistem penyaluran bbm nya. Sumber bbm nya masih sama. Ya kalo agenda ini terlaksana apalagi first world country pd ngasi subsidi buat beli EV bahkan beberapa jalan hanya bisa dilalui pakai EV di cina sono, ICE ga boleh lewat.
Ya wasalam kita liat isu2 problema batere EV di masa depan![]()

bahkan peralihan steam engine ke ICE pun sebenernya gak kayak ICE ke EV. gw yakin dulu zaman steam engine ke ICE gak sulit tuh mekanik adaptasi wong sama-sama mekanikal.
hybrid itu sebenernya recipe for disaster mau secanggih apapun cooling system itu batre doomed to fail. batrenya kecil otomatis jadi sering habis = sering charge. masalahnya gak ngerti juga kapan nge charge nya suka-suka sistemnya. kebetulan di batu makam tendangan dulu ane TD punya dealer, tuh genset kalo dibejeg hampir 100% nyala terus. udah boros ngebunuh batre. wkwkwkwkwk.ac235287 wrote: Wed Sep 28, 2022 10:31 Worst of both worlds, ini mungkin yg tepat ya. Kenapa?
Karena klo rusak salah satu nya itu mobil jd rongsokan. Dia produce pollutants of the both worlds hahahaha asap iya, limbah oli iya nah tetep aja ntar punya limbah batere.
Secara maintenance dia bawa headache both worlds, masalah2 kerusakan ICE nya dan motor listrik/batere.
Nahh dia bakal makan biaya tinggi buat maintenance, karena butuh tools dan skill of both worlds. Tools buat ICE dan listrik nya. Skilset engineer/tech nya juga musti ada buat both worlds hahahaha.
Kalo Masi mau hybrid, Mending ambil yg paralell hybrid macam Camry/Honda punya. Atau sekalian EV. Biar sakit kepalannya di one world aja hahaha. Peace ya. Just my 50 rupiah.
makanya om saya udah males sama ini merek sejak punya T32 dulu, durabilitynya kelas chinese car. desain mekanikal juga setengah mateng banyak banget yang punya masalah long term. too much corners cut.Joehard30 wrote: Wed Sep 28, 2022 11:37
Harusnya secara teori, model kicks ini lebih simpel dan well proven drpda hybrid yg lain yg masih pake transmisi. Udah berdekade2 Loko kereta pake drivetrain serupa kan diesel-elektrik, batu makam aja yg ngehek paling, g serius2 amat trouble shooting nya
kalau batre udah kena sih to be expected. mo bilang gini gak enak sama camer pdhl gw mau saranin udah lem biru aja beliin HRV SE

wkwkwkwk ce ane pdhl udah seneng banget ini mobil irit banget. ternyata baru pake setaun bikin keselkingpower wrote: Wed Sep 28, 2022 18:06 Wah mau nikmatin hybrid series malah jadi dongkol ya om chz.
Ditunggu update penanganannya ya om. Semoga cepet kelar masalahnya.
Padahal di indo kalo ga salah garansi batre nya lumayan lama ini 8th compare to toyota lineup yang cuma 5 tahun

kata om ween waktu itu sistem epower garansinya 5 tahun.
jepang sebenernya udah paling bener solusi buat urban transport ya bikin aja kebijakan kei-car / small car. cc maksimal 660cc + turbo. dimensi maksimal sekian x sekian. maksimalin aja yang sudah ada.Syauqi wrote: Thu Sep 29, 2022 2:29 Barusan ngeliat videonya Moladin, uji komparasi Agya 1200cc vs Brio old 1200cc vs Ayla old 1000cc, semuanya pake transmisi manual.
Ga nyangka bener itu ayla 1000cc bisa dapet 29,7km/l full to full pertamax dgn rute mayoritas toll jalanan lancar, jarak sekitar 78,5km.
Nah dari video itu kesimpulannya adalah.. mari kita balik lagi pake lcgc manual![]()
Walaupun kaga enak yg penting bensin irit, perawatan murah, nyetirnya gampang, dijual lagi juga gampang..
Wah saya ngomong kaya gini bisa2 ditimpuk netizen si paling car enthusiast nich wkwkwk
EV terlalu gede lah yang harus disiapin. investment nya ngga sebanding dengan efek ke lingkungannya alias sama-sama buruk juga.
fun fact sebenernya pake kuda pun emisinya tidak lebih bersih daripada mobil bensin wkwkwkkwkw.Asfur wrote: Thu Sep 29, 2022 1:56 Bicara soal kendaraan manusia ini sbnrnya hanya memindahkan polusi dari polusi 1 ke polusi lainnya, tinggal mana yg lbh parah nyisain polusinya.
Inget dong, dulu sblm ada mobil....orang2 bepergian dgn kereta kuda, ini ngk ada polusi pabrik2, asep2 kendaraan, tapi TAI kuda bikin polusi dijalanan2 dan kata orang tua dulu kalo ada lecet dan jato ke tai kuda, bisa langsung tetanus......akhirnya teknologi motor ditemukan dan mulai lah kuda ditinggalkan dan berganti ke mobil dgn bbm fosil, polusinya yah asap mobil dan limbah mobil.......skrg mau bikin EV, udah pasti polusi asep dipindahin ke penambangan bahan baku, pabrik2 yg produksi batere, dan yg pasti baterenya juga bakal jadi limbah, entah sampe seberapa worth di daur ulang, tp kayaknya batere ABC aja kalo udah mati juga ngk ada yg refurbish jadi batere ABC seken.
emission free itu emang susah sih selama ada orang ya pasti menghasilkan emisi. kita idup aja sbenernya udah bikin emisi.
paling bener solusi energi itu ya population control dan infrastruktur kota dulu


1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
ditunggu perkembangan kasusnya om...
sbtlnya hybrid model kick atau corolla cross ni paling cocok sebelum era full ev
sbtlnya hybrid model kick atau corolla cross ni paling cocok sebelum era full ev
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
yang pada bilang 2030-2035, gw yakin ntar juga mundur2. dulu ada yang bilang 2020 jg pada mundur.darrelund wrote: Thu Sep 29, 2022 3:15 ya gimana kaga cpt drop, org masih air cooling
tpi sistem cooling batere kicks tu gimana ya? klo toyota ama oonda kan ambil dari udara dingin ac jg
kicks gitu jg ga ya?
masa 20 rebu baru drop, nissin at its finest![]()
hibrid toyota aja ga segitunya
lagian phase out ICE jg masi lama, jauh diatas 2030, oe perkirakan 2040 lah baru mulai
industri maksa kita tuh ganti mobil 5 tahun sekali. 5 tahun keluarin model lebih baru, lebih keren. dipaksa ngikutin model terus.
padahal kalau dipikir-pikir mobil usia 20 tahun tuh masih oke lho. di USA pada mileage nya serem-serem tuh honda civic sama toyota corolla. blom ada major repair sama sekali. bahkan ampe VW atau shirr repairing plisurr emang ganti apa mesinnya paling paking2 rembes aja sama sensor2 ama karet interior lainnya masih works.
lha mobil idola forum ini, innivii dijil mitic, tarohan ama gw 10 tahun lagi jg blom ada repair serius. blom ngomong literal tank macem land cruiser. 50 thn juga masih jalan.
gak yakin hybrid atau EV bisa gini. minimal thn ke 7-8 batre udah kenapa-napa.
jadi ICE lebih sustainable donk malahan

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
masalahnya ICE itu dicari2x mulu kesalahannya apalagi di amrik EPA ud jadi Ev Protection Agency ditambah si musk ngomporin muluChZ wrote: Thu Sep 29, 2022 3:49 yang pada bilang 2030-2035, gw yakin ntar juga mundur2. dulu ada yang bilang 2020 jg pada mundur.
industri maksa kita tuh ganti mobil 5 tahun sekali. 5 tahun keluarin model lebih baru, lebih keren. dipaksa ngikutin model terus.
padahal kalau dipikir-pikir mobil usia 20 tahun tuh masih oke lho. di USA pada mileage nya serem-serem tuh honda civic sama toyota corolla. blom ada major repair sama sekali. bahkan ampe VW atau shirr repairing plisurr emang ganti apa mesinnya paling paking2 rembes aja sama sensor2 ama karet interior lainnya masih works.
lha mobil idola forum ini, innivii dijil mitic, tarohan ama gw 10 tahun lagi jg blom ada repair serius. blom ngomong literal tank macem land cruiser. 50 thn juga masih jalan.
gak yakin hybrid atau EV bisa gini. minimal thn ke 7-8 batre udah kenapa-napa.
jadi ICE lebih sustainable donk malahan![]()

yang tua2x aja di incer lewat smog test

tapi EV keknya bebas banget kek mesin gak punya dosa

-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
elon musk padahal hipokrit abis,b0ku wrote: Thu Sep 29, 2022 3:58
masalahnya ICE itu dicari2x mulu kesalahannya apalagi di amrik EPA ud jadi Ev Protection Agency ditambah si musk ngomporin mulu![]()
yang tua2x aja di incer lewat smog test![]()
liat aja koleksi mobilnya dia emang EV semua


1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
apalagi yang ini ditanya apa jawabnya apa gak nyambung, kualitas presiden modelannya kek gini USA pulaChZ wrote: Thu Sep 29, 2022 4:00 elon musk padahal hipokrit abis,
liat aja koleksi mobilnya dia emang EV semuasama aja kayak china gak peduli barang kayak apa yang dijual (tesla build quality hello?), yang penting kekayaannya buat dia nikmatin mobil2 ICE mewah
![]()

presiden ngerangkap influenza keknya ........

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Sat Jan 09, 2016 13:24
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
Plausible? Harusnya sih iya. Cadangan nikel indo 50% cadangan dunia. If indo can manage it well, bikin industri hulu-hilir lokal, semua akan jauh lebih terjangkau. Mungkin bs kyk arab nanti rakyat bs nikmatin batre subsidi.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12525
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
yes, it could be,Zboy wrote: Thu Sep 29, 2022 4:16 Plausible? Harusnya sih iya. Cadangan nikel indo 50% cadangan dunia. If indo can manage it well, bikin industri hulu-hilir lokal, semua akan jauh lebih terjangkau. Mungkin bs kyk arab nanti rakyat bs nikmatin batre subsidi.
but not today...

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
Zboy wrote: Thu Sep 29, 2022 4:16 Plausible? Harusnya sih iya. Cadangan nikel indo 50% cadangan dunia. If indo can manage it well, bikin industri hulu-hilir lokal, semua akan jauh lebih terjangkau. Mungkin bs kyk arab nanti rakyat bs nikmatin batre subsidi.



ngimpi di siang bolong yang ada kita disuruh pake EV biar subsidi BBM mereka hemat

-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
Dari pengalaman yang sudah sudah sih tidak pernah berhasil. Polanya kan raw material emang ambil di kita, tp diolah diproses di luar, dijual lg di sini mahalZboy wrote: Thu Sep 29, 2022 4:16 Plausible? Harusnya sih iya. Cadangan nikel indo 50% cadangan dunia. If indo can manage it well, bikin industri hulu-hilir lokal, semua akan jauh lebih terjangkau. Mungkin bs kyk arab nanti rakyat bs nikmatin batre subsidi.

Industri batre dalam negeri? Ha ha ha.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12525
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
Hush jangan gtuu.ChZ wrote: Thu Sep 29, 2022 5:09Dari pengalaman yang sudah sudah sih tidak pernah berhasil. Polanya kan raw material emang ambil di kita, tp diolah diproses di luar, dijual lg di sini mahalZboy wrote: Thu Sep 29, 2022 4:16 Plausible? Harusnya sih iya. Cadangan nikel indo 50% cadangan dunia. If indo can manage it well, bikin industri hulu-hilir lokal, semua akan jauh lebih terjangkau. Mungkin bs kyk arab nanti rakyat bs nikmatin batre subsidi.![]()
Industri batre dalam negeri? Ha ha ha.
Kan generasi boomers as govt officials akan phase-out, digantikan sm generasi milennials dan gen-z yg lebih baik, jujur, cerdas dan enerjikk (aamiin)
Last edited by Suryaputra on Thu Sep 29, 2022 5:18, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 182
- Joined: Tue Dec 29, 2015 1:59
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
Mbah klo teknologi kayak gini gimn?
Mesin tetep ICE, ga pake motor n baterai tapi bahan bakarnya hydrogen
Lg prototyping di GR Corolla
Mesin tetep ICE, ga pake motor n baterai tapi bahan bakarnya hydrogen
Lg prototyping di GR Corolla
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
Nah sbenernya menarik ni kenapa kok japan ga terlalu tertarik di electric car. Ternyata bukan gegara eksekutif boomer ga mau maju macem propaganda fans tesla yg jelekin toyota (little did they know toyota jg ada saham di tesla).Mrvin wrote: Thu Sep 29, 2022 5:14 Mbah klo teknologi kayak gini gimn?
Mesin tetep ICE, ga pake motor n baterai tapi bahan bakarnya hydrogen
Lg prototyping di GR Corolla
Krn energi mereka tu mayoritas import, ngga strategis buat maksa penduduknya beralih ke ev. Mereka lbh tertarik hydrogen soalnya itu cocok sama kondisi geografis jepang yang dikelilingi laut.
Makanya sebenernya indo tuh mirip2 jd gak perlu latah mobil listrik. Ikutan jepang aja kembangin hydrogen.
Cm kayaknya skrg opung lbh hobi salaman ma china sih

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
masalahnya mbikin hydrogen ini lebih ga efisien dibanding bikin e-fuel, butuh listrik gede hasil ga seberapa banyakMrvin wrote: Thu Sep 29, 2022 5:14 Mbah klo teknologi kayak gini gimn?
Mesin tetep ICE, ga pake motor n baterai tapi bahan bakarnya hydrogen
Lg prototyping di GR Corolla
emang bersih
cuma inves dari hulu ke hilir mao pindah ke hydrogen terlalu boros, krn semua komponen mesti khusus. lawannya bukan cuma pressure, tapi sama kondensasi juga
di amrik aja yg pom hydrogen khsus aja masih trobel, biasanya selang & katupnya pada beku. mau nyolokin jadi susah

makanya drpd hydrogen mending e-fuel aja, krn bisa pke existing infra