Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
DOHC wrote: Mon Sep 28, 2020 2:53
Mau distilled water super duper murni ?
Beli air aki botol biru, bejana pyrex 2 biji yg ukuran literan, bunsen, selang tahan air panas
Nahh panasin deh tuh air aki, lalu kumpulin uap nya pake selang lalu arahin ke bejana pyrex yg kosong.. jadi deh air distilasi super duper ultra mega murni
sama air suling bagus mana?
Err.. bukannya yang dijelasin om Klep itu adalah cara bikin air suling ya... ?
DOHC wrote: Mon Sep 28, 2020 2:53
Mau distilled water super duper murni ?
Beli air aki botol biru, bejana pyrex 2 biji yg ukuran literan, bunsen, selang tahan air panas
Nahh panasin deh tuh air aki, lalu kumpulin uap nya pake selang lalu arahin ke bejana pyrex yg kosong.. jadi deh air distilasi super duper ultra mega murni
sama air suling bagus mana?
Err.. bukannya yang dijelasin om Klep itu adalah cara bikin air suling ya... ?
kalau yang saya maksud, air suling dalam arti yang sebenarnya. air yang ada di dalam suling.
snoepje wrote: Mon Sep 28, 2020 3:32
Pake ini aja om, biar nggak repot manasin air
Hehehe
Itu kan kasus nya utk bagi yg pengen bener2 dapetin air distilasi super murni om
Kl saya mah, buat radiator, either lgs beli galonan dr pabrikan terpecaya, atau nambahin pake aer aki botol biru yg dibeli d toko terpecaya aj.. beresss
Sorry Om, kalau saya nih ya , selama ini kalau top up coolant yang direservoirnya selalu langsung tuang coolant nya yang bewarna biru ke reservoir coolant di mobil biar praktis ngak repot repot walaupun di botol coolantnya request 30:70 mixture ratio between long life coolant and demineralized or distilled water. So far
selama ini tidak ada effect negatip yg saya temukan dan belum pernah mobil sampai overheat seh selama ini.
IMG_20200928_115604.jpg
IMG_20200928_120620.jpg
Dulu pernah cobain karena baca pentunjuk boleh 50:50 atau 70:30 di prestone extendend life.
Karena gk paham awal", pikir makin pekat makin bagus makin tinggi titik didihnya, akhirnya make campuran 70% konsentrat prestone extendlife : 30 air amidis alhasil gk lama dr ganti air radiator kemudian waterpump kena ngorok gara" sealnya bocor buat basah bearing waterpump wkwkwk
Itu kan kasus nya utk bagi yg pengen bener2 dapetin air distilasi super murni om
Kl saya mah, buat radiator, either lgs beli galonan dr pabrikan terpecaya, atau nambahin pake aer aki botol biru yg dibeli d toko terpecaya aj.. beresss
Sorry Om, kalau saya nih ya , selama ini kalau top up coolant yang direservoirnya selalu langsung tuang coolant nya yang bewarna biru ke reservoir coolant di mobil biar praktis ngak repot repot walaupun di botol coolantnya request 30:70 mixture ratio between long life coolant and demineralized or distilled water. So far
selama ini tidak ada effect negatip yg saya temukan dan belum pernah mobil sampai overheat seh selama ini.IMG_20200928_115604.jpgIMG_20200928_120620.jpg
Dulu pernah cobain karena baca pentunjuk boleh 50:50 atau 70:30 di prestone extendend life.
Karena gk paham awal", pikir makin pekat makin bagus makin tinggi titik didihnya, akhirnya make campuran 70% konsentrat prestone extendlife : 30 air amidis alhasil gk lama dr ganti air radiator kemudian waterpump kena ngorok gara" sealnya bocor buat basah bearing waterpump wkwkwk
70 % konsentrat mah itu buat yg tinggal di daerah kaya islandia, recvjavik , quebec dsb
kl yg tropis kaya kita mah 30 % jg ud ckup banget
aussie aj yg kl winter nya sering deket2 2-3 derajat aj pd jual 30 % konsentrat saja koq
Herman7103 wrote:Sorry Om, kalau saya nih ya , selama ini kalau top up coolant yang direservoirnya selalu langsung tuang coolant nya yang bewarna biru ke reservoir coolant di mobil biar praktis ngak repot repot walaupun di botol coolantnya request 30:70 mixture ratio between long life coolant and demineralized or distilled water. So far
selama ini tidak ada effect negatip yg saya temukan dan belum pernah mobil sampai overheat seh selama ini.IMG_20200928_115604.jpgIMG_20200928_120620.jpg
Dulu pernah cobain karena baca pentunjuk boleh 50:50 atau 70:30 di prestone extendend life.
Karena gk paham awal", pikir makin pekat makin bagus makin tinggi titik didihnya, akhirnya make campuran 70% konsentrat prestone extendlife : 30 air amidis alhasil gk lama dr ganti air radiator kemudian waterpump kena ngorok gara" sealnya bocor buat basah bearing waterpump wkwkwk
70 % konsentrat mah itu buat yg tinggal di daerah kaya islandia, recvjavik , quebec dsb
kl yg tropis kaya kita mah 30 % jg ud ckup banget
aussie aj yg kl winter nya sering deket2 2-3 derajat aj pd jual 30 % konsentrat saja koq
Haha iyah om pelajaran sih saya.
Dipetunjuknya klo pake 70% konsentrat agar makin titik didihnya celcius lebih tinggi dibanding 50% brp celsius.
Soalnya dulu suka aga gk percaya klo pake ready to use pke merk" yg ada byk dijual bengkel, rata" cuman air tanpa mineral dan dikasih pewarna yg unjung"nya gk lama kemudian air radiatornya jadi bening pewarnanya rontok [emoji1787]
Untung persepsinya skrng udh bener setelah baca" disini wkwkw.
tokezz wrote: Tue Sep 29, 2020 3:11
Dulu pernah cobain karena baca pentunjuk boleh 50:50 atau 70:30 di prestone extendend life.
Karena gk paham awal", pikir makin pekat makin bagus makin tinggi titik didihnya, akhirnya make campuran 70% konsentrat prestone extendlife : 30 air amidis alhasil gk lama dr ganti air radiator kemudian waterpump kena ngorok gara" sealnya bocor buat basah bearing waterpump wkwkwk
70 % konsentrat mah itu buat yg tinggal di daerah kaya islandia, recvjavik , quebec dsb
kl yg tropis kaya kita mah 30 % jg ud ckup banget
aussie aj yg kl winter nya sering deket2 2-3 derajat aj pd jual 30 % konsentrat saja koq
Haha iyah om pelajaran sih saya.
Dipetunjuknya klo pake 70% konsentrat agar makin titik didihnya celcius lebih tinggi dibanding 50% brp celsius.
Soalnya dulu suka aga gk percaya klo pake ready to use pke merk" yg ada byk dijual bengkel, rata" cuman air tanpa mineral dan dikasih pewarna yg unjung"nya gk lama kemudian air radiatornya jadi bening pewarnanya rontok [emoji1787]
Untung persepsinya skrng udh bener setelah baca" disini wkwkw.
Setuju sama Oom DOHC. Pernah baca2 juga, glycol itu masih dibawah air dalam hal kemampuan sebagai penghantar panas. Kalau lagi winter yang sub zero memang butuh konsentrat glycol lebih tinggi untuk menurunkan freezing pont dari cairan pendingin mesin. Apa jadinya kalau cairan pendingin mesin mobil kita keburu beku? Apa bisa jalan mesin mobil kita?
Kalau soal kemampuan glycol yang bisa menaikan titik didih cairan pendingin mesin, saya masih agak rancu nih. Misalnya cairan pendingin mesin mobil kita mencapai 120°C tapi belum mendidih karena masih ditahan oleh kandungan chemical yang ada di dalam cairan pendinginnya, tapi apa kabarnya dengan jeroan mesin kita? Suhu cairan pendingin berbanding lurus dengan suhu jeroan mesin kita khan?
Jadi kalau menurut pendapat awam saya, saya ngga terlalu concern dengan iming2 bisa menaikkan boiling point sampai sekian derajat celcius, CMIIW.
Lebih penting ke kemampuan heat dissipation nya daripada seberapa tinggi boiling point yang bisa diperoleh. Mohon koreksi, bisa saja pemahaman saya yang salah selama ini
Berawal dari percobaan ganti Termostat ke 76 C (bawaan pabrik Termos 82 C)
maaf om turbo membangkitkan thread lama, saya juga rencana mau pakai thermostat 82c (bawaan hyundai 88c)
nyari2 online dimari gak ada yg jual
di luar ada yg jual harga masih masuk akal juga
nah yang jd pertanyaan apakaah konsumsi bbm menjadi boros dengan mengganti thermostat ke suhu yang lebih rendah ?
Berawal dari percobaan ganti Termostat ke 76 C (bawaan pabrik Termos 82 C)
maaf om turbo membangkitkan thread lama, saya juga rencana mau pakai thermostat 82c (bawaan hyundai accent 88c)
nyari2 online dimari gak ada yg jual
di luar ada yg jual harga masih masuk akal juga
nah yang jd pertanyaan apakaah konsumsi bbm menjadi boros dengan mengganti thermostat ke suhu yang lebih rendah ?
Berawal dari percobaan ganti Termostat ke 76 C (bawaan pabrik Termos 82 C)
maaf om turbo membangkitkan thread lama, saya juga rencana mau pakai thermostat 82c (bawaan hyundai accent 88c)
nyari2 online dimari gak ada yg jual
di luar ada yg jual harga masih masuk akal juga
nah yang jd pertanyaan apakaah konsumsi bbm menjadi boros dengan mengganti thermostat ke suhu yang lebih rendah ?
terima kasih
harus dilihat apakah type mesin yg sama di negara lain yg iklim panas semisal Oz / Saudi pakai Termos yg suhu lebih rendah ?
kalo 2KD karena 2KD yg versi 2002 Euro 1 (HiLux lama) dulu Termos nya 76 C