DOHC wrote: Mon Aug 10, 2020 15:30
R engine bisa iya bisa tidak jg sehh mods
di beberapa pasar, R enjin masi survive loh, bahkan di aussie aj, lebi sering civic entry level (R series 1.8 l) yg berkeliaran drpd yg 1.5 turbo. Pasar dsana jg rada unik, cc imut2 blom jd hype dsana..
toh sebenernya R series ini jg ga jelek2 amat, irit iya, power jg ga malu2in... dan R enjin ini jg lah jawaban honda utk ZZ - ZR enjin nya atoyot
plus nya lg, bahkan d saat atoyot aj ampe musti develop dr ZZ ke ZR, ahond dgn santuy nya bertahan dgn R series nya, yg ternyata mmg cukup robust
nahh makanya kalo R aja masih dipertahanin susah buat ga pertahanin K... nahh masalahnya ini satu satunya mesin ahond yang blom kena ubahan apapun dan upcomingnya kyk ga bakal ada penerusnya. ngeliat honda makin kesini platformnya dibuat makin ramping.
di saat L sudah switch ke DOHC GDI, R masih bertahan dengan format SOHC PGM-FI biasa, yah ini platform mesin paling muda juga sih baru dipake 2005... L dan K udah dari 2000 awal.
mungkin yah dipertahanin buat beberapa market. indo saja masih ada CRV 2.0 khan

still masih ada market buat mesin mesin jadul gini selama msh ada BBM pertalit
Or4cle wrote: Mon Aug 10, 2020 16:13
Kayaknya life-span mesin K-series masih panjang, seri yang terakhir keluar mesin earth dream di K24W, cmiiw.
Dan sepertinya umur K-series tergantung dari keseriusan Honda mengembangkan mesin seri L, kalau fokus ke force induction bisa-bisa L-series yang dikembangkan & K-series pensiun dini.
Di muricans mesin K-series cukup populer. Parts kompetisi bertebaran buat support perfomance K-Series (Skunk2, Brian Crower, CP Carillo, etc). Dan edannya ada yang bangun mesin K24A1 sampai 1000HP !
Bayangin, mesin 4 cylinder ... FWD ... 1000 HP, overkill !
K20 klo ane liat mirip BMW inline-six, udah jadi signature platform. BMW walaupun udah punya i8 dengan hybrid 1.500cc imut imut yang 0-100 nya imbang sama M lineup dengan inline six... tetep ngembangin ntu inline six buat performance dan high-end lineup.
buat performance cars rasanya downsizing bukan trend

volkswagen saja yang platformnya super duper ringkas tetep pake 2.0 turbocharged nggak pake 1.4 buat GTI dan R. GTI dari dulu malah ngga pernah downsized.
Golf R downsized dari 3.2L VR6 ke 2.0L I4 turbo alesan handling, 6 silinder di platform FWD bikin nose heavy. AMG dan M downsizing lebih ke emisi... yah mesin NA silinder banyak displacement gede...
yang gila sih trio detroit... ford downsize yang mustang V6 jadi 2.3 saja, yang V8 GT sih tetep dibikin, so as GM dan chrysler dengan camaro SS dan challenger.... ga lolos emisi gampang, gausah dijual aja skalian

makanya detroit di masa downsized malah bikin mobil-mobil gila macem dodge demon...
yup di US tuning buat K series itu berlimpah... tinggal brani branian duit aja
