ChZ wrote: Wed Mar 11, 2020 4:57
gaspol wrote: Wed Mar 11, 2020 4:37
Kalo dulu om pernah pakai dm pre fl, coba pake dm fl..lebih empuk mantul2 bodyroll cem kapal

punya saya dulu dikasih spring buffer biar lebih keras n lebih stabil.
Pernah juga pake tucson bensin 1-2 bulanan kira2..enak buat dalam kota, lincah, rigid, respon mesin sm trans nya bagus buat sruntulan walaupun yah agak keras
Dari data eksak mungkin angka nya ga seberapa jauh beda om saya tau itu. Masih didalam range 8s 0-100. Yang paling berasa saat di jalanan Pake turbodiesel betul2 nyantai ga perlu geber rpm tinggi2 buat mencapai lets say 140kph, suara mesin jauh Lebih senyap lebih nyaman
Btw, kalo santi masih kelas cx9 apa ga kejauhan om? Mengingat secara dimensi nya aja udah beda lumayan jauh kan.
Tucson CRDi mesinnya enak sayang kalo menurut saya transmisi 6-speednya masih rada suka bingung dan setirnya terlalu enteng di mode normal, nggak coba di mode sport.
Sebenernya skali lagi yang ditekankan disini adalah membahas soal pengujian profesional (membahas di artikel TS), dan dalam konteks
pengujian profesional terukur, data eksak adalah ukuran objektifnya (menentukan mobil itu kencang atau tidak). Yang saya bahas dari awal tidak jauh-jauh dari ini, supaya tidak melebar kemana-mana.
Plus, data eksak kadang memberi kita gambaran sebenernya soal karakter powerband mobil, makanya yang lebih fair sebenernya akselerasi dari 0-60, 40-80, 0-100, 60-100, 80-100, 100-120.
Cara lebih gampang : dragrace dengan rolling start dan dari diem seperti kata oom Suryaputra.
Sedangkan feel berkendara pastinya tinggal menyesuaikan selera dan real-world feeling bisa sangat berbeda krn pengaruh karakter powerband mesin dan transmisi yang digunakan.
Makanya dunia engine tuning itu rumit, nggak sekedar mau angka horsepower berapa dan torsi berapa. Harus menyesuaikan dengan real-world conditions.
hmmm bener juga, tapi dengan CR-V masalahnya, panjangnya juga beda hampir 20 cm, dan ukuran CR-V sebenernya lebih mendekati Tucson malah.
CR-V RW
4.587 x 1.854 x 1.679 mm
Wheelbase : 2.659 mm
Tucson
4.475 x 1.850 x 1.645 mm
Wheelbase : 2.670 mm
Santi TM
4.770 x 1.890 x 1.705 mm
Wheelbase : 2.765 mm
CX-8
4.900 x 1.840 x 1.730 mm
Wheelbase : 2.930 mm
CX-9
5.075 x 1.969 x 1.747 mm
Wheelbase : 2.930 mm
Bandingin mesin diesel turbo vs bensin turbo ini gak apple to apple sebetulnya.
karakter powerband nya aja udah beda banget overall, blm lagi bicara torque.
pada umumnya, mesin diesel itu punya karakter galak di rpm bawah - tengah.
Makanya dia punya redline paling di kisaran 4K RPM dipasangkan dgn gear-ratio yang puanjang ala mak erot.
di RPM mendekati redline, torsinya dah melorot biasa nya.
That's why untuk dapat top speed di mesin diesel, gak perlu RPM setinggi mesin bensin.
Mesin bensin turbo rata2 galak di RPM tengah - atas, jd butuh "raungan" untuk dapat max powah.
untuk di sirkuit dan kebut2an di jalan, suara mesin bensin bisa kasih "adrenaline yang plus plus"
balik lagi ini soal selera.
gak semua orang suka mesin disel, krn suara yg khas & baunya gak enak dan rentan berasap, even pk DEX sekalipun.
& gak semua orang suka mesin bensin, krn butuh RPM tinggi untuk dapat max powah, ditambah, lbh boros dibanding disel.
klo mau compare yah bensin vs bensin ajah, atau disel vs disel.
jd fair gtu loh.
