DOHC wrote: Thu Jan 16, 2020 6:46
Utk HR dan MR series enjin sebenernya didevelop utk gantiin QR series yg ud obsolete banget, cman somehow knapa HR dan MR series mentok d 2.0 liter displacement, utk 2.5 nya mreka masi stuck di QR
QR series pun kluar d jaman ahond dgn D, K, B series nya, mitsu masi d 4G series nya, atoyot dgn 4-A series nya.. jd yah bsa kbayang masi gmana kualiti nya
Utk urusan teknologi dan kualiti sehh MR am HR series sehh ga maen2.. boring silinder sekelas teknologi mobil balap, noken as ama kruk as mirror finishin.. ga heran bsa pake teknologi gt krn dibuat di pabrik yg sama ama tranny GTR
Makanya ane blg sayang ini merek, ad potensi utk bkin mobil bagus tp d rusak ama printilan2 nya, blm lg pas awal2 after sales nya yg amburadul
HR ama MR bukannya tergantung cc kayak ahond gt yak?
Nissan HR12,HR15 = Honda L12,L15
Nissan MR18, MR20 = Honda R18,R20
Nissan QR20, QR25 = Honda K20,K24.
dst.
tapi emang penyakit enjin batumakam sebenernya jarang ada yang ajaib-ajaib sih.
kunaskun wrote: Thu Jan 16, 2020 7:29
ya begitulah. somehow sebenernya yang beruntung Renault, banyak mesin kecil nissan di rebrand kan.
secara umum powerhouse nissan kalau saya baca2 ga banyak yang aneh2 lah, CVT? merek apa si yg ga problem? dibandingkan geared AT.
HR12 punya cooling fan akibat bahan bushing dari plastik/nylon bukan dari metal, alhasil kalah sama cuaca Indo yg panas = nyala terus. Padahal itu part bikinin Nidec. g
ebleknya lagi jual pengganti satu assy dengan blade, ga bisa motor saja. padahal bisa dibongkar juga ternyata, dan modal 100 ribuan ganti itu bushing as fan dari brass/metal/kuningan.
kayanya karena HR itu memang di develop ga buat kapasitas gede. mungkin prediksinya ga ada lagi mobil yg butuh mesin kapasitas gede. kalau ada ya kasihin saja mesin kuno. Karena nyatanya HR itu sampe sekarang terus beranak pinak dengan macem2 varian kan.
QR > MR > HR jadi gitu ya urutannya.
pernah baca soal HR15, nasibnya di bully2 netijen indo karena hobi ngelitik. kalau di break down, not bad at all dari segi tech, material, dsb, apalagi ternyata memang disiapin untuk force induction. tapi ya begitulah
apalagi di indo, sempet
merangsek top three, bikin daitoyo, ahond, suzuki berbenah, mati pelan2 ga cuma karena dibawah bendera indomobil, juga karena ternyata HQ kacau balau
Renault si beruntung itu Keleus pake mesin QR uda terkenal robust. HR sebenernya liat track record lipina ga pernah prone to engine problem aneh-aneh, lipina taun 2007 jg jalan-jalan aja biarpun udah kucel dekil dan bunyi semua kaki-kaki
merek jepang yang populer pake CVT di indo kurang lebihnya :
batumakam, mitsu, blakangan baru toyota honda nyusul. Batumakam ama mitsu CVTnya sepabrik (jatco). honda inhouse, toyota ntah biasanya aisin.
case nya jatco CVT sebenernya agak unik krn cukup random dan yang punya problem bawaan itu kalo setau ane Xtronic gen awal (T31, J32 Teana, Juke) itupun ada jg yang tembus ratusan ribu. Otlendir semprot dan Mirage kurang tau, mgk dikembanginnya ama Xtronic gen-2 jadi gak terlalu prone to trouble.
plus kebanyakan user transmisi CVT gak ngerti perawatan CVT dan cilakanya beres juga nggak ngasih tau ho-oh ho-oh aja ama service manual krn mekaniknya kebanyakan jg baru lulus SMK dan percaya aja sama apa tuh alat di beres nissunk yang bisa baca umur CVTF. Honda gak punya alat gini jadi yah ikut buku, 2yrs/40k. Kmrn SA ahond sampe bingung kok ane minta ganti padahal kilometer rendah blm disaranin ganti lah iye kan di buku elu bilangnya 2thn/40k

alasan sebenernya : mobil udah tuned lebih prone to wear, cm gak bilang SA nya tar gugur garansi
Cilakanya lagi mayoritas pengguna mobil pasti main percaya ama beres juga
oooh kejawab sekarang kenapa kok itu fan lemah sekali, kadang malah bisa as early as itungan bulan itu kipas pendingin mati
yang jadi "warisan" batu makam ampe skrg adalah naikin standar LMPV dari papanjah gen awal yang naikannya kek grobak jadi lebih manusiawi

iya ada Ertiga abis itu, tapi jangan lupa mungkin Suzuki juga blajar gimana bikin LMPV enak dari batumakam jg. Daitoyo sempat ketar-ketir di awal muncul GL sampe keluar video legendaris "GL ga bisa nanjak di parkiran mall" yang untuk internal sales Toyota yang kok bisa bocor ke luar.
terus bikin ahond keluarin CRV mesin 2.4 sejak T30 ngerusak pasar dengan mesin 2.5 yang tenaganya buas dan harganya mepet.