Saran mobil harian-trans jawa

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 475
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV + LCGC

Re: Saran mobil harian-trans jawa

Post by FR6 »

black2345 wrote: Mon Jan 06, 2020 11:09 OOT..
wih itu expander dipake kemana aja keluaran 2019 km uda 178rb?
so far parts apa aja om yg minta ganti paling sering?

Kalau sering masuk-masuk ke pedalaman jatim, ya prefer new terios meskipun nggak terlalu nyaman, veloz nggak masuk inceran om?

FR6 wrote: Mon Jan 06, 2020 9:28 dipake buat jam terbang tinggi ya Om? saran saya cari mobil yg gratis biaya service, kaya All New Livina atau Xpander. Saya lebih saranin Livina tipe tertinggi (kalau ga salah VL). tinggal nambah Cruise Control sama ganti lampu depan. Kalau Xpander, susah nambah DRL krn banyak DRL flexible yang ga seterang DRL oem pabrikan.

Setuju sama Om dibawah, saya Xpander 2019 ga ada masalah soal kaki-kaki, mobil udh nempuh 178xxx, dipake kira-kira 1000 km/bulan kalau gak termasuk jalan-jalan ke luar kota. Anyway, Xpander Ultimate udh ada Cruise Control nya Om
Sorry typo Om, 17800an sekarang :mky_01:
arief225 wrote: Tue Jan 07, 2020 6:13 dapet 1:9 jakarta cirebon?[emoji23] ama crv 2400 aja iritan crv 2400 dong[emoji23]

Gambar 1
Jakarta cikapmpek. crv 2400 mode irit dapet 1:18

Gambar 2
Jawa bali lombok muter muter lah pokoknya. Crv 1500 tc mode irit dapet 1:20,2

*note
-Mobil remap
-bbm 92
-isi 4 orang dan baju serta kebutuhan jalan jalanIMG-20190327-WA0002.jpegIMG20190813133436.jpeg
Remap di mana Om? Boleh nih di DM ke saya :mky_02: saya pake Xpander setengah mati nyentuh 19,8 toll Jakarta-Cikampek wkwkw jaga banget max speed 100, rata2 di 80-90 an.
Last edited by FR6 on Tue Jan 07, 2020 7:00, edited 1 time in total.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Saran mobil harian-trans jawa

Post by DOHC »

Numpang saran,

Kl nyari mobil yg bakal muter odo nya cepet, baik nya cari yg reliable in the long run, jgn pentingin irit dl, mobil irit tp cepet jebol yah ujung2 nya mehong jg.

Kl ane pribadi sehh dgn kriteria ts, malah ngincer matic TC, dan kl kaki masi kuat ngopling, ane vote manual.

Cvt dgn sgala kelebihan nya, tetep aj ga bakal skuat matic TC, coba aj gugel atau yutube cvt subaru, ad beberapa kes jebol. Cvt ahond jg ga luput, coba gugel cvt mobilio jebol, nanti kluar critanya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1354
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Saran mobil harian-trans jawa

Post by sh00t »

Fatf00 wrote: Mon Jan 06, 2020 13:20
sh00t wrote: Mon Jan 06, 2020 12:41 Saran saya ambil Rio om. Itu potensi mesinnya bisa jadi 137 hp. Non CVT pula. :big_love:
maap oot diapain tuh om rio nya om... :emo-big_love:


back to topic.
kalo saya ambil ertiga, puas pake ertiga setahun kira 40rb km.
irit, cukup kedap, bantingan juga nyaman.

kalo di watchlist om. saya akan coba all new sirion,
bentuk nya cakep banget. mesin juga pakai 1nrve yang sharing dengan mesin avanza.
Tinggal bawa aja ke Mbah Bebonk om. Si mbah aja udah naksir, sayangnya aja diskonnya gak bisa 50.000.000. :big_biglaugh:
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1354
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Saran mobil harian-trans jawa

Post by sh00t »

zzzprince wrote: Tue Jan 07, 2020 0:44 Wah bisikin dong om resepnya apa jadi 137hp... Apa ada perubahan mekanikal atau cukup software unlock saja..
sh00t wrote:Saran saya ambil Rio om. Itu potensi mesinnya bisa jadi 137 hp. Non CVT pula. :big_love:
Tinggal remap ECU aja om ke Mbah Bebonk. :big_love: :big_exellent:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Saran mobil harian-trans jawa

Post by evanbngdor »

pengendiesel wrote: Tue Jan 07, 2020 5:59
Kaki kanannya perlu disekolahkan lagi kalo segitu om hahaha.
Ane pake sienta di tol gampang dapet 1:18, lukot kominasi 1:16. Tapi ya itu, kalo di tol mesti sering2 ngelirik tacho supaya gak melar.
Kalo pake mode triptonic memang mirip banget manual...hampir gak ada selip, tapi gigi 7nya terlalu kasar, jadi gak enak buat cruising di tol.
Ane lebih seneng matic tc biasa kalo penggunaan tol, gak sering melar sana sini.
Nyetir sienta dalkot aja hampir selalu melar itu RPM ke 3000, luar kota apalagi. Tp kalo kita yg nurutin mesin sih pasti bisa irit itu mesin.
:mky_01:

Iya bener gigi 7 nya kasar, speed 100 aja rasanya udah 3000 lebih RPM nya, begitu pindahin ke D langsung turun ke 2000an.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1422
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Saran mobil harian-trans jawa

Post by iwing »

klo untuk mobil capek, jangan cvt om. cvt itu kurang kuat. udah hukum alam
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran mobil harian-trans jawa

Post by ChZ »

zzzprince wrote: Tue Jan 07, 2020 5:58 Benar om, budget ada di range segitu, sukur2 bisa dibawah itu ahahaha selama value to moneynya pas..

280 ke 300 sisa 20 an mau jaga2 buat pasang perintilan entah audio, klakson, lampu2 atau unlock feature kaya cruise control dsb.. atau pasang peredam di bbrp titik... Kalo saran om condong ke merk H tegak ya om,
ya karena di kelas 1.200-1.500 yang secara spek dan pengalaman ane, paling enak buat luar kota mesinnya H tegak yang udah ber CVT. Dulu pake Mobilio gen awal ke luar kota enak banget mesinnya selalu ada tenaga buat nyalip dan halus lg. Ciri khas mesin H tegak itu powerbandnya luas dan kuat di atas enak buat luar kotaan yang tanpa stop and go, konstan sambil sesekali nyalip-nyalip kendaraan lain.

oh ya ada yang sebut Sienta mungkin bisa jadi alternatif krn bodi MPV nya dan cukup rendah. Tol TransJ penting bodi rendah biar gak berasa lompat-lompat dan limbungnya.

Tapi sayang mesin 1.500 selain H tegak ini powernya rata-rata dibuang di bawah semua, atasnya memble, giliran luar kota berasa underpowered. Pengalaman sekali pake Espender ke luar kota kapok nyalip truk di tanjakan susah banget. udah gitu ntah kenapa ya lebih pede salip menyalip dengan Ipah 2KD dibanding espender yang monokok... Buat dalem kota espender enak sih, tapi luar kota berasa semua kekurangan-kekurangan ini.

mgk karena menyesuaikan dengan karakter konsumen kelas ini mayoritas yang butuh timing retard (pakai bensin paling murah)... jadi output mesin tidak dimaksimalkan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: Saran mobil harian-trans jawa

Post by andyez86 »

ga cb nego cashback gede buat sienta?saaran saya ambil tipe tinggi nya dan push cashback.....ini mbl tinggal upgrade ban yg bagusan dikit aja nyaman dipakai di tol....pengalaman pake sienta yg ban nya ecopia aja di tol masih enak koq...buat dpt top speed 180kmh jg ga susah2 amat...cvt dan suara mesin jg halus...fitur lmyan lengkap
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Saran mobil harian-trans jawa

Post by kunaskun »

kalau boleh saran, bisa dicek juga SX4? seperti biasanya suzuki, harga miring spek maksimal. tapi kalau di toll terus, saya kok prefer sedan sekalian ya, vios atau city bantingan mestinya oke dan lebih stabil plus karena sedan ya lebih proper saja untuk cruising = less fatigue. hanya seken tahun baru yang sulit dicari :mky_01:
budidarmj1
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Fri Jul 20, 2018 5:14
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Xenia

Re: Saran mobil harian-trans jawa

Post by budidarmj1 »

Kok ngga ada yang nyarannin Baleno fl 2020 ya...? :weekk:
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1422
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Saran mobil harian-trans jawa

Post by iwing »

kunaskun wrote: Tue Jan 07, 2020 9:57 kalau boleh saran, bisa dicek juga SX4? seperti biasanya suzuki, harga miring spek maksimal. tapi kalau di toll terus, saya kok prefer sedan sekalian ya, vios atau city bantingan mestinya oke dan lebih stabil plus karena sedan ya lebih proper saja untuk cruising = less fatigue. hanya seken tahun baru yang sulit dicari :mky_01:
kalo soal sparepart ori, jangan sx4 om. lebih tinggi dibanding yg lain. misal sama2 suzuki, ertiga dan sx4, beda nya jauh. cek aja di katalog online nya
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Saran mobil harian-trans jawa

Post by evanbngdor »

kunaskun wrote: Tue Jan 07, 2020 9:57 kalau boleh saran, bisa dicek juga SX4? seperti biasanya suzuki, harga miring spek maksimal. tapi kalau di toll terus, saya kok prefer sedan sekalian ya, vios atau city bantingan mestinya oke dan lebih stabil plus karena sedan ya lebih proper saja untuk cruising = less fatigue. hanya seken tahun baru yang sulit dicari :mky_01:
TS menghindari sedan Om.

Sedan apalagi big sedan sih top markotop tuh buat cruising di trans jawa. Misal camry XV50 gitu pasti dapet sih tahun 2014-2015 kalo budget 250-280an. XV50 di luar negeri banyak yg di-abuse sampe 100rb miles jg sih
:mky_01:

Saya naik sedan tua great corolla tahun 1995, terakhir Jakarta-Semarang aja nyamannya masih dapet banget
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
koboiy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Wed Feb 08, 2017 2:58
Location: jogja
Daily Vehicle: be er pe X be at

Re: Saran mobil harian-trans jawa

Post by koboiy »

baleno aja om, dapet kembalian banyak buat nyari ban silent...
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Saran mobil harian-trans jawa

Post by sandal »

Kalo saya pilih Rush TRD mungkin bisa dapet diskon gede....
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
Mamen009
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Wed Jan 24, 2018 5:01
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2000 Mitsubishi Galant ST MT

Re: Saran mobil harian-trans jawa

Post by Mamen009 »

Beberapa waktu lalu berkesempatan libas Jakarta - Surabaya pake 2 jenis mobil:

Ertiga M/T 2019, irit dan empuk :frm_tumbleft: , tapi kalo pake ban bawaan, jalan 100 aja udah wanti2 setir geser sendiri, apalagi kalo lagi jalan 100+ terus disalip sama yang lebih kenceng, berasa banget anginnya ke setir.

Galant Hiu M/T, bisa dapet 1:13 ternyata :shrug: , untuk waktu menyetir yang lama, kenyamanan sedan emang ga boong, bawaannya napak terus di jalan dan ga mental mentul. Dan yang penting, pada waktu tertentu pasti bosen jalan kecepatan konstan selama 9 jam, ada momen2 tertentu yang bakal mewarnai perjalanan dengan ngegas kecil-kecil :ngacir:

Kesimpulannya sih cari mobil yang stabil, low center of gravity dan punya tenaga yang mumpuni buat melekin mata kalo lagi bosen.

Sedan sekarang udah relatif murah kok, mungkin bisa lirik New Altis 2014 up. harga udah 175+ ada yang manual dan CVT, tinggal sesuaikan kebutuhan aja. untuk perawatan harusnya bersahabat ya karena toyota. :e-think: Toh juga dari 280 kurangin 175 ada kembalian banyak sekalee :drinking:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4384
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Saran mobil harian-trans jawa

Post by ginting »

Mamen009 wrote:Beberapa waktu lalu berkesempatan libas Jakarta - Surabaya pake 2 jenis mobil:

Ertiga M/T 2019, irit dan empuk :frm_tumbleft: , tapi kalo pake ban bawaan, jalan 100 aja udah wanti2 setir geser sendiri, apalagi kalo lagi jalan 100+ terus disalip sama yang lebih kenceng, berasa banget anginnya ke setir.

Galant Hiu M/T, bisa dapet 1:13 ternyata :shrug: , untuk waktu menyetir yang lama, kenyamanan sedan emang ga boong, bawaannya napak terus di jalan dan ga mental mentul. Dan yang penting, pada waktu tertentu pasti bosen jalan kecepatan konstan selama 9 jam, ada momen2 tertentu yang bakal mewarnai perjalanan dengan ngegas kecil-kecil :ngacir:

Kesimpulannya sih cari mobil yang stabil, low center of gravity dan punya tenaga yang mumpuni buat melekin mata kalo lagi bosen.

Sedan sekarang udah relatif murah kok, mungkin bisa lirik New Altis 2014 up. harga udah 175+ ada yang manual dan CVT, tinggal sesuaikan kebutuhan aja. untuk perawatan harusnya bersahabat ya karena toyota. :e-think: Toh juga dari 280 kurangin 175 ada kembalian banyak sekalee :drinking:
Biasanya kalau saya nyetir lukot spt Jakarta ke Bali, maka saya bikin caranya :

1 jam driving dynamic, gas krjar kejaran sama yg mau diajak jogging
1 jam berikutnya nyetir kalem, supaya relax dan stamina terjaga
thestoneroses
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 616
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: Saran mobil harian-trans jawa

Post by thestoneroses »

Om, saya punya yaris 2019 juli, km baru 2044
Luar kota kayaknya ngga enak banget deh, di dalem kota aja kurang enak, dipake awal2 karena istri penasaran aja.
Ini abis servis 6 bulan bengkelnya kagok km nya rendah gitu

Dilihat sih oke ya, cuma dibawa2 biasa aja, bensin kyknya juga lama habisnya
Ron Asheton Forever
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4632
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Saran mobil harian-trans jawa

Post by Profith83 »

mr_mytplx wrote: Tue Jan 07, 2020 6:34 kl mobil bensin 1500 cc 4sp sekarang ini rata2 rpm @ 100 km/jamnya 2700-2900.

masih acceptable lah.

lain cerita kl diesel, 2700 aja udah agak gimana gt suaranya.

kl mau liat2 rpm @ 100km/jam bisa mampir ke trit ini om.

viewtopic.php?f=4&t=26489
Kalau diesel kalau jalan 100 KM/jam. RPM cuma 1700-1800 an Innova Reborn Diesel matic
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4632
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Saran mobil harian-trans jawa

Post by Profith83 »

DOHC wrote: Tue Jan 07, 2020 6:42 Numpang saran,

Kl nyari mobil yg bakal muter odo nya cepet, baik nya cari yg reliable in the long run, jgn pentingin irit dl, mobil irit tp cepet jebol yah ujung2 nya mehong jg.

Kl ane pribadi sehh dgn kriteria ts, malah ngincer matic TC, dan kl kaki masi kuat ngopling, ane vote manual.

Cvt dgn sgala kelebihan nya, tetep aj ga bakal skuat matic TC, coba aj gugel atau yutube cvt subaru, ad beberapa kes jebol. Cvt ahond jg ga luput, coba gugel cvt mobilio jebol, nanti kluar critanya
Apa itu TC ?
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1107
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Saran mobil harian-trans jawa

Post by qushay20019 »

zzzprince wrote: Tue Jan 07, 2020 5:54 Nah kalau jazz rs gk5 di compare dgn brv prestige gimana om? Brv minus di cruise control tapi poin plus di 7 seaternya. Buat mesin dan kelengkapan lain rasanya mirip saja..
Jazz ane gak tau om. Ane ada BRV MT ‘16 prefacelift. Kalo om minat BRV Prestige, bagusnya ya krn 7 seater & baris ketiga masih manusiawi buat yg gak terlalu tinggi. Power nya gede (120 PS di 6000 rpm) & transmisi CVT itu lbh hemat BBM daripada MT, apalagi torque converter. Yg facelift skrg udah ada DRL, keyless entry + start stop button, sama jok sopir bisa dinaik-turunin (fitur lain ane gak apal).
Jeleknya BRV, ban bawaan eco2an gak enak, BQ interior gampang rattle sama peredaman rada minim. Suspensi rada keras kalo dibandingin LMPV 7 seater lain, apalagi kalo sering nyetir sendiri dalam mobil pasti berasa banget kerasnya.


Kalo BRV mau diempukin, ada 3 alternatif:
- pasang peredam butyl rubber di seluruh pintu, lantai sama atap + karet balon di bibir pintu2 buat nanggulangin masalah peredaman & kerasnya suspensi sekaligus. Risiko solusi ini: mobil jd lebih berat & sedikit lebih boros BBM.

- ganti ban pake profil yg lbh tebal & kompon karet yg lbh empuk. Ban standarnya pake enasave 195/60/R16, bisa ganti pake hankook/ conti/ mich 205/60/R16. Risiko solusi ini: steering makin hambar & kurang permanen krn namanya ban pasti ganti suatu saat

- ganti per 1 set pake per oem mobilio, tapi ane gak saranin. BRV ane udah pake peredam butyl rubber & mau ane empukin lagi pake per mobilio, eh taunya malah kelewat empuk bikin ane mabok tiap kali bawa mobil. Jadinya ane balikin ke per BRV. Tapi ada efek samping lain yg lbh parah: shock depan ane bocor jadinya. Terpaksa harus ganti shock depan padahal km baru 19ribuan. Ini shock belakang juga udah mulai bunyi2 kayaknya.
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1107
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Saran mobil harian-trans jawa

Post by qushay20019 »

Profith83 wrote: Tue Jan 07, 2020 11:53
Apa itu TC ?
Torque converter om
User avatar
arief225
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: Fri Feb 10, 2017 6:26
Daily Vehicle: CRV

Re: Saran mobil harian-trans jawa

Post by arief225 »

Ambigu dengan Turbo Charge
qushay20019 wrote:
Profith83 wrote: Tue Jan 07, 2020 11:53
Apa itu TC ?
Torque converter om
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1107
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Saran mobil harian-trans jawa

Post by qushay20019 »

arief225 wrote: Tue Jan 07, 2020 12:02 Ambigu dengan Turbo Charge
Kayaknya ane gak pernah denger sih turbocharger disingkat TC, tapi ya sah2 aja kalo ada yg mo nyingkat gitu.
CMIIW
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4632
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Saran mobil harian-trans jawa

Post by Profith83 »

Kalau mau irit biaya bahan bakar jelas solar 5.150 wakakaka

Harga 280 jt kebawah, yah Innova diesel 2015 G AT bisa dapat harga 240 an yang barang masih bagus dan KM dibawah 50rb KM.
Atau Innova reborn 2016 diesel AT bisa dibawah 300.

Mobil saya G AT diesel thn 2012 pakai 7 thn KM 70rb cuma ganti long tie road. dan ganti timing belt.
Pada waktu ganti timing belt kelihatan masih bagus sekali, harusnya bias sampai 9 thn atau 100rb KM kuat. Tapi saya takut karena ada bahan karetnya sudah 7 thn takut karet keras dan bias getas.

Kalau Matic benar kalau mau kuat jangan CVT.

CVT kuat saja asal sering ganti oli CVT di tiap 20rb KM DAN jangan sering 2x bejek habis (RPM atas 3000)
Tampanman
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: Saran mobil harian-trans jawa

Post by Tampanman »

thestoneroses wrote: Tue Jan 07, 2020 11:44 Om, saya punya yaris 2019 juli, km baru 2044
Luar kota kayaknya ngga enak banget deh, di dalem kota aja kurang enak, dipake awal2 karena istri penasaran aja.
Ini abis servis 6 bulan bengkelnya kagok km nya rendah gitu

Dilihat sih oke ya, cuma dibawa2 biasa aja, bensin kyknya juga lama habisnya
Ga enaknya kenapa om?, Bisa lebih spesifik..