Mantep toyota
Semoga onda jg ada diskon
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Mantep toyota
apakah di videokan dari awal? kalau iya, lumayanlah ada "senjata" untuk komplain.sangudara wrote: Fri Jan 03, 2020 12:33 Jadi tadi teknisi/mekaniknya udah dateng.. pas adzan maghrib
Lah, dia malah nyaranin nyambungin accu.. karena butuh listrik buat buka epb dan buka setir.
Trus dia blg itu ud resiko nanti micu rusak.. apalagi kalo kena air
(Dalam hati, di manualnya aja drekomendasiin untuk pake flatbed towing buat narik hrv ini)
Karena kan setirnya jg kekunci, gmn cara nurunin dr garasi ke towing..
(Dalam hati: bener uga lau)
Dia jg ngmg kalo nanti rusak, selama masi garansi 3 tahun, bisa dganti cuma2..
(Dalam hati seneng banget tp jg bertanya2, ah yg boneng)
Yaudah akhirnya saya nurut aja, lha wong sy bukan anak mobil....
Saya ambil accu dr dlm rmh, disambungin ke accu lah...
Tanpa injek rem, (ada temennya jg, pake baju bebas) mencet tombol start/off, bisa kelepas lah EPB.. trus saya liat ga ada tombol tambahan lain (biasanya kalo dr off>acc>on kan ada tuh bbrp warning lights)..
Eh, sekonyong2 tuh org pindahin stick dari P ke N.. ya gelinding dikit lah... (garasi sy agak turun dikit)..
Lgsg pindahin ke P lg sm dia....
Eh sekonyong2 lg, dia pas mo matiin (ke off), DIA MASI INJEK REM SODARA2.
Alhasil mencoba start lah itu mobil itu... TAPI GA IDUP
CM KELUAR AIR dari knalpot...
Udah gitu, abis kejadian itu dia tetep nyaranin accu terpasang... gpp katanya
Tiba2, lampu rem blkg nyala... trus dia blg ah udah korslet..
Santai bgt..
Lgsg cabut kutub min accu deh...
Ah sedihlah saya..
Bayangin brp duid itu buat bongkar mesin
knp ga sesuai SOP aja sih..
Atau emg ga ada SOP nya?
Bingung ni besok gmn cara.. berarti harus ttp ke ACC baru bisa gerakin tuh mobil... Takut jg kalo nyala lampu2 ajaib
Arghhhh
Emang aneh si itu om, knp dia starter jg.kunaskun wrote:apakah di videokan dari awal? kalau iya, lumayanlah ada "senjata" untuk komplain.sangudara wrote: Fri Jan 03, 2020 12:33 Jadi tadi teknisi/mekaniknya udah dateng.. pas adzan maghrib
Lah, dia malah nyaranin nyambungin accu.. karena butuh listrik buat buka epb dan buka setir.
Trus dia blg itu ud resiko nanti micu rusak.. apalagi kalo kena air
(Dalam hati, di manualnya aja drekomendasiin untuk pake flatbed towing buat narik hrv ini)
Karena kan setirnya jg kekunci, gmn cara nurunin dr garasi ke towing..
(Dalam hati: bener uga lau)
Dia jg ngmg kalo nanti rusak, selama masi garansi 3 tahun, bisa dganti cuma2..
(Dalam hati seneng banget tp jg bertanya2, ah yg boneng)
Yaudah akhirnya saya nurut aja, lha wong sy bukan anak mobil....
Saya ambil accu dr dlm rmh, disambungin ke accu lah...
Tanpa injek rem, (ada temennya jg, pake baju bebas) mencet tombol start/off, bisa kelepas lah EPB.. trus saya liat ga ada tombol tambahan lain (biasanya kalo dr off>acc>on kan ada tuh bbrp warning lights)..
Eh, sekonyong2 tuh org pindahin stick dari P ke N.. ya gelinding dikit lah... (garasi sy agak turun dikit)..
Lgsg pindahin ke P lg sm dia....
Eh sekonyong2 lg, dia pas mo matiin (ke off), DIA MASI INJEK REM SODARA2.
Alhasil mencoba start lah itu mobil itu... TAPI GA IDUP
CM KELUAR AIR dari knalpot...
Udah gitu, abis kejadian itu dia tetep nyaranin accu terpasang... gpp katanya
Tiba2, lampu rem blkg nyala... trus dia blg ah udah korslet..
Santai bgt..
Lgsg cabut kutub min accu deh...
Ah sedihlah saya..
Bayangin brp duid itu buat bongkar mesin
knp ga sesuai SOP aja sih..
Atau emg ga ada SOP nya?
Bingung ni besok gmn cara.. berarti harus ttp ke ACC baru bisa gerakin tuh mobil... Takut jg kalo nyala lampu2 ajaib
Arghhhh
menurut saya si memang dari awal sudah electrical failure terlihat kan dari speedo yg blank. untuk EPB akan tetap jalan, karena prinsipnya sama seperti Airbag, ada jalur, computer dan assy tersendiri sebagai bagian dari safety.
tapi aneh juga ya itu mekanik, mungkin lelah jadi lupa atau apa? ngapain juga start mesin dan tetep pasang accu? lah sudah jelas electrical failure. apa sekalian rusakin semua biar ga perlu repot2 troubleshooting? dan gimana cara kerendam air akibat bencana bisa di klaim garansi?
Ga rekam om..kunaskun wrote: Fri Jan 03, 2020 13:36apakah di videokan dari awal? kalau iya, lumayanlah ada "senjata" untuk komplain.sangudara wrote: Fri Jan 03, 2020 12:33 Jadi tadi teknisi/mekaniknya udah dateng.. pas adzan maghrib
Lah, dia malah nyaranin nyambungin accu.. karena butuh listrik buat buka epb dan buka setir.
Trus dia blg itu ud resiko nanti micu rusak.. apalagi kalo kena air
(Dalam hati, di manualnya aja drekomendasiin untuk pake flatbed towing buat narik hrv ini)
Karena kan setirnya jg kekunci, gmn cara nurunin dr garasi ke towing..
(Dalam hati: bener uga lau)
Dia jg ngmg kalo nanti rusak, selama masi garansi 3 tahun, bisa dganti cuma2..
(Dalam hati seneng banget tp jg bertanya2, ah yg boneng)
Yaudah akhirnya saya nurut aja, lha wong sy bukan anak mobil....
Saya ambil accu dr dlm rmh, disambungin ke accu lah...
Tanpa injek rem, (ada temennya jg, pake baju bebas) mencet tombol start/off, bisa kelepas lah EPB.. trus saya liat ga ada tombol tambahan lain (biasanya kalo dr off>acc>on kan ada tuh bbrp warning lights)..
Eh, sekonyong2 tuh org pindahin stick dari P ke N.. ya gelinding dikit lah... (garasi sy agak turun dikit)..
Lgsg pindahin ke P lg sm dia....
Eh sekonyong2 lg, dia pas mo matiin (ke off), DIA MASI INJEK REM SODARA2.
Alhasil mencoba start lah itu mobil itu... TAPI GA IDUP
CM KELUAR AIR dari knalpot...
Udah gitu, abis kejadian itu dia tetep nyaranin accu terpasang... gpp katanya
Tiba2, lampu rem blkg nyala... trus dia blg ah udah korslet..
Santai bgt..
Lgsg cabut kutub min accu deh...
Ah sedihlah saya..
Bayangin brp duid itu buat bongkar mesin
knp ga sesuai SOP aja sih..
Atau emg ga ada SOP nya?
Bingung ni besok gmn cara.. berarti harus ttp ke ACC baru bisa gerakin tuh mobil... Takut jg kalo nyala lampu2 ajaib
Arghhhh
menurut saya si memang dari awal sudah electrical failure terlihat kan dari speedo yg blank. untuk EPB akan tetap jalan, karena prinsipnya sama seperti Airbag, ada jalur, computer dan assy tersendiri sebagai bagian dari safety.
tapi aneh juga ya itu mekanik, mungkin lelah jadi lupa atau apa? ngapain juga start mesin dan tetep pasang accu? lah sudah jelas electrical failure. apa sekalian rusakin semua biar ga perlu repot2 troubleshooting? dan gimana cara kerendam air akibat bencana bisa di klaim garansi?![]()
Mgkn karena kagok om..thirdstar7 wrote: Fri Jan 03, 2020 13:53Emang aneh si itu om, knp dia starter jg.kunaskun wrote:apakah di videokan dari awal? kalau iya, lumayanlah ada "senjata" untuk komplain.sangudara wrote: Fri Jan 03, 2020 12:33 Jadi tadi teknisi/mekaniknya udah dateng.. pas adzan maghrib
Lah, dia malah nyaranin nyambungin accu.. karena butuh listrik buat buka epb dan buka setir.
Trus dia blg itu ud resiko nanti micu rusak.. apalagi kalo kena air
(Dalam hati, di manualnya aja drekomendasiin untuk pake flatbed towing buat narik hrv ini)
Karena kan setirnya jg kekunci, gmn cara nurunin dr garasi ke towing..
(Dalam hati: bener uga lau)
Dia jg ngmg kalo nanti rusak, selama masi garansi 3 tahun, bisa dganti cuma2..
(Dalam hati seneng banget tp jg bertanya2, ah yg boneng)
Yaudah akhirnya saya nurut aja, lha wong sy bukan anak mobil....
Saya ambil accu dr dlm rmh, disambungin ke accu lah...
Tanpa injek rem, (ada temennya jg, pake baju bebas) mencet tombol start/off, bisa kelepas lah EPB.. trus saya liat ga ada tombol tambahan lain (biasanya kalo dr off>acc>on kan ada tuh bbrp warning lights)..
Eh, sekonyong2 tuh org pindahin stick dari P ke N.. ya gelinding dikit lah... (garasi sy agak turun dikit)..
Lgsg pindahin ke P lg sm dia....
Eh sekonyong2 lg, dia pas mo matiin (ke off), DIA MASI INJEK REM SODARA2.
Alhasil mencoba start lah itu mobil itu... TAPI GA IDUP
CM KELUAR AIR dari knalpot...
Udah gitu, abis kejadian itu dia tetep nyaranin accu terpasang... gpp katanya
Tiba2, lampu rem blkg nyala... trus dia blg ah udah korslet..
Santai bgt..
Lgsg cabut kutub min accu deh...
Ah sedihlah saya..
Bayangin brp duid itu buat bongkar mesin
knp ga sesuai SOP aja sih..
Atau emg ga ada SOP nya?
Bingung ni besok gmn cara.. berarti harus ttp ke ACC baru bisa gerakin tuh mobil... Takut jg kalo nyala lampu2 ajaib
Arghhhh
menurut saya si memang dari awal sudah electrical failure terlihat kan dari speedo yg blank. untuk EPB akan tetap jalan, karena prinsipnya sama seperti Airbag, ada jalur, computer dan assy tersendiri sebagai bagian dari safety.
tapi aneh juga ya itu mekanik, mungkin lelah jadi lupa atau apa? ngapain juga start mesin dan tetep pasang accu? lah sudah jelas electrical failure. apa sekalian rusakin semua biar ga perlu repot2 troubleshooting? dan gimana cara kerendam air akibat bencana bisa di klaim garansi?
Semoga aja nggak kena modul2nya om(abs, airbag dll) yg letaknya dibawah jok kabelnya biasanyasangudara wrote:Mgkn karena kagok om..thirdstar7 wrote: Fri Jan 03, 2020 13:53Emang aneh si itu om, knp dia starter jg.kunaskun wrote: apakah di videokan dari awal? kalau iya, lumayanlah ada "senjata" untuk komplain.
menurut saya si memang dari awal sudah electrical failure terlihat kan dari speedo yg blank. untuk EPB akan tetap jalan, karena prinsipnya sama seperti Airbag, ada jalur, computer dan assy tersendiri sebagai bagian dari safety.
tapi aneh juga ya itu mekanik, mungkin lelah jadi lupa atau apa? ngapain juga start mesin dan tetep pasang accu? lah sudah jelas electrical failure. apa sekalian rusakin semua biar ga perlu repot2 troubleshooting? dan gimana cara kerendam air akibat bencana bisa di klaim garansi?
Susah adaptasi emg kalo pake tombol start/stop begitu
Tp ya emg berpotensi bikin damage di area lain
sangudara wrote: Fri Jan 03, 2020 13:59 Ga rekam om..
Ud maghrib pulak, jd lmyn gelap..
Anuu, itu speedo ga blank.. teteup ada bbrp warning light yg standar nyala ketika di posisi “on” tanpa mesin idup
ohh tadi saya baca saya kira speedo blank, mungkin mekanik pede karena melihat speedo indikator normal? kelewat pede?
atau ada yang lebih mudah lagi: cabut fuse/relay IGN di fuse box. berlaku di semua jenis mesin bakar. dan ini semacam anti malingiritpoll wrote: Fri Jan 03, 2020 14:23 Klo mau aman, pertama adalah buka semua busi.
Electronic rusak, ya gimana lagi namanya juga kerendam air.
Buka busi sudah pasti terhindar water hammer pas sewaktu waktu piston gerak sperti kasus diatas. Menghindari mechanical rusak.
Omnibus wrote:hehehe coba nurut kemaren lepasin sekring dan relay .... paling ga starter motor udah disabled
Kmrn ud saya sampein cara om, tp ga mau teknisinyaOmnibus wrote: Fri Jan 03, 2020 16:27 hehehe coba nurut kemaren lepasin sekring dan relay .... paling ga starter motor udah disabled
Lepas busi... Biar klo smpe ada air di dlm ruang bkr g bikin jebolsangudara wrote: Fri Jan 03, 2020 15:29 Kalo buka busi itu maksudnya apakah lepasin busi atau cukup lepasin kepala/connector di atas busi nya aja cukup?
fuse box ada di ruang mesin (biasanya di dekat aki) dan jg di dalam kabin (didekat pedal gas). keterangannya ada dibalik tutup boxnya. tergantung mobilnya apa, cari yg utk motor starter. kl bisa yg utk ecu juga spy aman ga korslet. biasanya tulisan Starter atau IGN/ignition atau IG1 atau IG2 atau Main.Slowslowglow wrote: Sat Jan 04, 2020 0:41 LG nunggu di jemput derek nih...
Posisi sekring dan relay yg mana aja om...Omnibus wrote:hehehe coba nurut kemaren lepasin sekring dan relay .... paling ga starter motor udah disabled
teknisi yang aneh...sangudara wrote: Sat Jan 04, 2020 1:32 Kmrn ud saya sampein cara om, tp ga mau teknisinya
Katanya waktunya sedikit, nanti mo ke tempat org lain lagi...
Haha
Kalo lepasin sekring yg buat starter itu yg label yg mana ya om?
Kotak sekring yg d dalem atau yg d luar jg?
Saya baca2 manual malah bingung
eh iya juga ya, selain ada beberapa mobil yg susah/ga bisa juga ya mesti flat parking area. supaya transmisi ga ada beban dari nahan bobot kendaran.Omnibus wrote: Sat Jan 04, 2020 2:47 fuse box ada di ruang mesin (biasanya di dekat aki) dan jg di dalam kabin (didekat pedal gas). keterangannya ada dibalik tutup boxnya. tergantung mobilnya apa, cari yg utk motor starter. kl bisa yg utk ecu juga spy aman ga korslet. biasanya tulisan Starter atau IGN/ignition atau IG1 atau IG2 atau Main.
ok, kl susah sy ada trik lagi, khusus utk yg matic dgn tuas persneling biasa (bukan electronic macam mercy). caranya pakai shift lock release pindahkan ke D atau ke S atau L paling bawah. Dgn begini roda mobil bisa bebas tapi tdk bisa distarter secara tdk sengaja utk menghindari water hammer kl ada air di ruang bakar. Krn ada PNP switch sbg protection. memang betul busi sebaiknya dilepas tp bbrp mobil sulit aksesnya dan skill hrs yg lbh advanced. ini kan sekedar jaga2 kejadian konyol tukang derek tdk terjadi lagi. mrk juga fatigue jd kemungkinan itu pasti ada.
awas mobil gelinding pas di shift keluar dr P kl di jalan tanjakan atau turunan.
bahayanya kalau air yang lewat itu ada arus deras/banjir bandang. rentan kepleset dari bata blok tsb.pengendiesel wrote: Sat Jan 04, 2020 3:05 Liat di youtubenya d*kt*rmob*l, disarankan kalo tau mobil bakal kerendam banjir, coba tiap roda didongkrak kemudian ganjal keempat roda setinggi mungkin...mungkin pake paving, murah meriah.
Tujuannya untuk naikkan gc beberapa puluh cm, mungkin bisa meminimalkan kerusakan.
Tapi ini kalo posisi mobil di rumah. Kalo di jalan agak susah, kecuali di mobil sedia paving, gak praktis banget.
sepertinya tukang derek ga sengaja .... menurut cerita kan pas pindahin dr P ke N mobil gelinding jd dia injak rem, pindahin ke P lagi, dan tekan start button maksudnya mau switch off tp lupa kl kaki masih injak rem ya jd start engine lah ....